REVIEW Gundam Attack

WP_20150703_004

“Menulis dan memasak sama-sama membutuhkan kreativitas. Kreativitas itu bernama seni. Seni itu membuat Mama selalu semangat. Semangat itu bikin Mama awet muda.” (hlm. 1)

Adalah Ciko dan Sasa, kakak beradik. Sasa anak yang pintar dan berprestasi. Ciko juga salut dengan kakaknya. Ciko selalu berusaha mengikuti prestasi Sasa dan dia berhasil. Namun, kemarin Ciko gagal menyamai nilai rapor Sasa. Dia hanya mampu mencapai peringkat 21 di kelasnya. Sementara Sasa tetap bertahan di tiga besar. Ciko sebenarnya malu, tapi hatinya lebih berat pada daya tarik gunpla.

 

“Kasihan Papa, Chiko. Papa sudah semangat mau mengajak kita, tapi kamu malah ogah-ogahan begitu. Masak kalah sih, ajakan Papa sama gunpla?” (hlm. 9)

 

“Mama enggak mau lihat kamu lebih menomorsatukan gunpla ketimbang belejara dan mengerjakan PR sekolah. Mama enggak mau lihat kamu telah shalat, telat makan, dan telat bangun pagi.” (hlm. 30)

 

“Kamu sih, selalu memilih gunpla ketimbang Mama.” (hlm. 45)

 

Ciko memang lebih peduli dengan gundam plastik akhir-akhir ini. Semua berawal dari hadiah ulang tahunnya setengah tahun lalu. Papa membelikan sekotak gundam plastik yang disingkat dengan sebutan gunpla, untuk Ciko. Sejak itu, Ciko perlahan-lahan berubah. Mama yang paling merasakan perubahan itu. Bahkan sampai nilai rapor kenaikan kelas Ciko pun berubah drastis.

 

Entah berapa kali Ciko tidak memedulikan perintah mama. Kemarin, Ciko tidak sempat menyelesaikan PR Sejarahnya. Dia keasyikan merakit ragam jenis robot dari gunpla. Seminggu lalu, Ciko nyaris ditinggal jemputan sekolah karena kesiagan bangun pagi juga gara-gara merakit gunpla hingga larut malam. Hingga puncaknya, mama tanpa sengaja menemukan selembaran nilai remedi di kamar Ciko!

 

“Bagaimana caranya mengalihkan perhatiannya pada gunpla-gunpla itu?” (hlm. 53)

 

Bermain sesuatu memang menyenangkan. Hitung-hitung buat refreshing melepas rasa penat dari kejenuhan rutinitas sehari-hari. Tapi kalo terlalu banyak waktu yang dihabiskan untuk bermain, juga tidak bagus. Dulu saya pernah kecanduan game The Sims saat awal-awal kuliah. Tidak cuma saya, tapi juga teman-teman kosan. Kita bisa tidur jam 3-an, padahal jam 8 ada kuliah pagi! Alhasil paginya badan loyo dan mata masih mengantuk karena kurang tidur x))

 

Begitu pula dengan Ciko, karena terlalu asyik merakit gunpal, terkadang sampai lupa waktu, lupa makan, lupa mengerjakan PR, bahkan imbasnya adalah nilai-nilai di sekolahnya turun drastis! Alhasil oragtuanya pun kecewa. Berhasilkah Chiko membuat mama papanya bangga dengan prestasinya seperti yang dilakukan Sasa, kakaknya?

 

“Mama mengerti sekali mengapa kamu sangat menyukai gunpla itu. Mama sangat menghargainya. Karena dengan gunpla yang sudah kamu rakit itu, membuktikan kalau kamu cerdas. Sebab, tidak mungkin kamu merakit robot sedemikian rupa bentuknya tanpa didukung oleh kreativitas yang tinggi. Mama bangga sama kamu.” (hlm. 102)

 

 

Keterangan Buku:

Judul                      : Gundam Attack

Penulis                   : Wylvera W. & Darryl Khalid

Penyunting             : Nuraini S.

Penata aksara        : CDDC

Desain sampul        : Dhea Citra

Ilustrasi sampul      : Dhea Citra

Ilustrasi isi              : Dini Marlina

Penerbit                 : Noura Books

Terbit                     : Mei 2015

Tebal                     : 140 hlm.

ISBN                       : 978-602-098942-6

PicsArt_05_07_2015 14_14_21

7 thoughts on “REVIEW Gundam Attack

  1. Pingback: Daftar Bacaan tahun 2015 | Luckty Si Pustakawin

  2. Pingback: Daftar Bacaan tahun 2015 | Luckty Si Pustakawin

  3. Apa saja yang menarik pasti membuat kecanduan. Kalo ka Luckty dulu kena The Sims, sekarang orang-orang demam Pokemon Go. Ini terlalu, karena ada beberapa yang menyebabkan kecelakaan.

    Kalo diingat-ingat, yang berlebihan itu tidak baik, benar adanya ternyata😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s