REVIEW Move On!

WP_20150703_005

“Jangan asal menuduh sembarangan. Beri waktu untuk menjelaskan.” (hlm. 15)

“Nyontek itu kan enggak boleh.” (hlm. 47)

Adalah Alisyiffa Nurunismana yang biasa dipanggil dengan nama Syifa. Dia bersekolah di Indonesia Cooking School. Kelas dinamakan 5 Rachel Ray. Ada yang tahu apa arti dari nama Rachel Ray? Beliau adalah nama koki yang sangat terkenal di dunia. Ini sekolah memasak, jadi semuanya berhubungan dengan masak-memasak. Meskipun begitu, di Indonesia Cooking School ini tetap ada pelajaran umum lainnya seperti sekolah biasa.

“Sekolah kita diundang untuk lomba memasak se-Indonesia. Masing-masing sekolah hanya boleh mewakilkan satu muridnya saja. Nah, semua guru sepakat untuk mencalonkan kamu sebagai peserta dalam ajang lomba ini.” (hlm. 23)

Lomba memasak yang diikuti Syiffa ini adalah lomba memasak tingkat nasional yang diselenggarakan di Jakarta, Karena Syiffa lolos di babak pertama, akhirnya Syiffa masuk tingkat nasional. Awalnya, Mama tidak memberi Syiffa izin untuk mengikuti lomba tersebut. Mama khawatir dengan ujian kenaikan kelas. Namun, Syiffa berhasil meyakinkan mama sehingga Syiffa bisa mengikuti lomba memasak tingkat nasional ini.

Sebulan sebelum Syiffa mengikuti lomba, Chef Faris memberi Syiffa pelajaran memasak tambahan. Syifa diajari memasak makanan khas daerah. Pelajaran ini dilakukan setiap pulang sekolah. Tak jarang juga Chef Faris memberi pelajaran memasak tambahan saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Syiffa pun sering tak ikut pelajaran. Hal inilah yang membuat Syiffa sering ketinggalan pelajaran.

“Miss Anggraini bilang, kamu terancam tidak lulus UN tahun depan. Sekarang, silahkan kamu pilih. Masa depanmu ada di tanganmu sendiri, Siffa.”

“Masih adacara lain, Ma. Bukan berarti Syiffa bisa sukses. Susah, Ma, untuk beradaptasi lagi. Mama, kan, tahu Syiffa sulit beradaptasi dengan lingkungan baru.”

“Mama tahu kamu sangat suka memasak. Kalau masih sekolah di sini, konsentrasimu pasti tetap akan terpecah antara masak dan UN. Kalau di rumah kakek dan nenek, kamu bisa fokus belajar untuk UN. Hanya setahun Syiffa. Sekali lagi, demi masa depanmu.” (hlm. 57)

“Kalau mama sayang sama Syiffa, kenapa mama meninggalkan Syiffa?”

“Mama bukan meninggalkan kamu. Mama hanya ingin kamu belajar mandiri dan disiplin. Mama ingin masa depanmu sukses, Sayang.”

“Kalau mama ingin masa depanmu sukses, kenapa mama membuang aku ke rumah nenek? Ma, kalau suatu hari aku sukses, yang dikenal itu bukan mama, tapi nenek. Aku akan dikenal sebagai anak asuh nenek, Ma.”

“Enggak apa-apa, Sayang. Kalau nantinya kamu akan dikenal sebagai anak nenek, bukan anak mama. Asal kamu sukses, mama ikhlas.” (hlm. 78)

Tidak mudah bagi Syiffa harus memilih antara hobinya dan masa depannya. Awalnya dia tidak menyukai kehidupan di desa bersama kakek dan neneknya. Sampai dia bertemu Arfan yang bisa mengubah pandangannya tentang arti pentingnya memiliki keluarga yang lengkap dan bahagia. Ada bagian yang nyesek pas bacany, di halaman 101 saat Arfan menceritakan pengalaman hidupnya pada Syiffa :’)

Keterangan Buku:

Judul                  : Move On!

Penyunting          : Aan Wulandari

Penyelaras aksara: Lani Rachmah

Penata aksara      : Nurhasanah Ridwan

Perancang sampul: CDDC

Ilustrasi isi & sampul: Dini Marlina

Penerbit              : Noura Books

Terbit                 : Mei 2015

Tebal                  : 128 hlm.

ISBN                    : 978-602-0989-63-1

PicsArt_05_07_2015 14_13_09

8 thoughts on “REVIEW Move On!

  1. Pingback: Daftar Bacaan tahun 2015 | Luckty Si Pustakawin

  2. Ahh itu gambar di dalam bukunya lucuu :3 temanya memasak gitu, apa ada resep2 makanan yg diselipin di buku ini?

  3. Emang susah kalo ngomongin hobi dan masa depan. Tapi seenggaknya harus lulus SMA untuk pendidikan, syukur-syukur bisa nerusin hobi bareng lanjut ke pendidikan yang lebih tinggi lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s