REVIEW Spooky Stories: Kagome Kagome

WP_20150530_004

“Ngomong sih gampang, tapi susah dilakuin.” (hlm. 121)

Kata ‘kagome’ dapat berarti tempat hukuman mati yang dikelilingi pagar bambu. Juga bisa berarti segi enam, heksagram, atau wanita hamil. Lirik lagu permainan itu pun melahirkan berbagai cerita misteri, mulai dari kisah wanita hamil yang keguguran karena jatuh didorong mertua, wanita penghibur yang selalu dikurung dan diawasi, hingga sandi menuju lokasi emas terpendam Tokugawa.

Ada legenda dan mitos lagu beserta permainan Kagome Kagome. Ada yang bilang, kagome adalah sangkar burung terbuat dari bambu, di dalamnya ada seekor burung yang terjebak. Ada juga yang menafsirkan, tempat hukuman mati yang dikelilingi pagar bambu.

Nah, Sakura yang berlibur dengan teman-temannya; Aulia, Nafisah, Kharisa dan Sher menginap beberapa hari di sebuah villa tua. Di hari terakhir, teman-temannya mengajak untuk bermain kagome kagome. Awalnya Sakura takut, tapi karena gengsi oleh sindiran teman-temannya yang mengatakan dia penakut, akhirnya dia pun ikutan juga dalam permainan ini.

Siapa sangka, hal yang ditakutkan Sakura pun terjadi. Selepas permainan kagome kagome yang mereka bubarkan sampai permainan selesai, mereka langsung cabut dari villa. Mereka pikir, masalah sudah selesai ketika mereka meninggalkan vila tersebut. Ternyata itu baru permulaan. Teror demi teror kerap menghantui mereka di mana pun meski mereka sudah pulang!

Banyak adegan seram di sini; ada di halaman 43, 45, 65-67, 107. Misalnya saat Nafisah susah tidur saat dini hari yang memutuskan bermain hape, wajah menyeramkan muncul di hapenya. Mungkin perempuan. Satu bola matanya hampir keluar! Lalu, lampu kamar mati dan nyanyian Kagome Kagome terdengar. Beda dengan Kharisa, pas dini hari juga, kasur yang ditempatinya bergoyang, membuatnya jatuh ke lantai. Posisinya ketika jatuh menelungkup dengan wajah tepat menghadap ke kolong kasur. Memang gelap. Tapi beberapa detik kemudian, dari kolong terlihat sebuah cahaya. Anehnya, setelah melihat cahaya itu, dadanya sesak. Karena tak kuat, dia berdiri. Ketika melihat ke kasur, di sana duduk gadis menyeramkan di sana. Kalau Sher juga nggak kalah seram ceritanya, saat dia terbangun sangat terkejut mendapati gadis sedang tidur tepat di sebelahnya. Biarpun matanya tertutup, bibirnya tetap bernyanyi. Hiyyy….. >.<

Keterangan Buku:

Judul                          : Kagome Kagome

Penulis                       : Rafid Nadhif

Penyunting                  : Aan Wulandari

Penyelaras aksara       : Nuraini S.

Penata aksara             : Papersand Studio

Ilustrasi sampul           : Olvyandra

Ilustrasi isi                  : JJ Wind

Penerbit                      : April 2015

Tebal                          : 152 hlm.

ISBN                           : 978-602-0989-53-2

6 thoughts on “REVIEW Spooky Stories: Kagome Kagome

  1. Pingback: Daftar Bacaan tahun 2015 | Luckty Si Pustakawin

  2. Korban ritual nih. Aku selalu suka cerita ritual gini. Endingnya apa dia kembali ke villa? Apa ada cara ngehentiin ini semua? Tantangan seru pasti😀

  3. Nah aku suka nih yg misteri2 gini, berawal dari main permainan terus hal2 ganjil mulai menimpa pemainnya :3

  4. Aku jadi takut kolong kasur ka😥

    Baca istighfar terus ka, tiba-tiba ada yang lewat aku kaget, ternyata ade yang lewat X_X

    Perasaan ini paling nyeremin ka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s