REVIEW Menikahlah Denganku + GIVEAWAY

menikahlah denganku 1

Setipis apa pun, pernikahan akan melahirkan sekat antara seseorang yang menikah dengan kehidupan di luar rumah tangganya. Seseorang yang menikah akan memiliki garis teritori yang tegas dalam hidupnya. (hlm. 25)

Jenna dan Satura yang sudah berpacaran, tinggal hitungan bulan akan naik ke pelaminan. Nuansa pernikahan pun sesuai yang mereka inginkan. Awalnya, orangtua Jenna ikut campur dengan persiapan pernikahan anaknya ini, Jenna akhirnya memutuskan untuk membiaya pernikahannya sendiri, tentunya dengan Satura. Dengan alasan itu, Jenna bisa mengatur konsep pernikahannya sesuai yang diimpikan.

Dibutuhkan tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan untuk melangsungkan sebuah pernikahan. Setelah merinci hal-hal yang diperlukan, Jenna dan Satura membutuhkan biaya seratus juta rupiah, padahal tabungan mereka belum menyentuh nominal tersebut.

Namanya juga kawinan. Kalau nggak mau ribet, ya jomblo aja selamanya. (hlm. 58)

Ada banyak rincian keribetan dalam mempersiapkan sebuah pernikahan. Dimulai dari menentukan tanggal pernikahan sesuai hari weton, sovenir dan undangan yang unik, hingga gaun yang sesuai diinginkan. Terlepas dari semua itu. Masalah biaya adalah hal paling krusial dalam mempersiapkan sebuah pernikahan.

Karena keinginan kuat Jenna untuk mandiri atas biaya pernikahannya, ia pun bekerja keras. Begitu pula dengan Satura. Mereka sama-sama berjuang dan bekerja keras untuk biaya pernikahan.

Menikah bukanlah hal mudah. Itu adalah gerbang buat kita menerima sepaket tugas yang harus dituntaskan, juga sepaket tanggung jawab yang harus dijalankan satu per satu, bersama-sama. (hlm. 126)

Posisi kerja Jenna sebagai videographer dan Rigel sebagai fotografer yang juga merangkap tukang edit video membuat keduanya dekat. Mereka sama-sama bekerja di sebuah perusahaan video maker yang kini sudah berkembang menjadi biro iklan. Jika pekejaan sedang menumpuk, biasanya Jenna akan memaksimalkan kerjanya untuk mengedit video di kantor hingga malam dan pulang sebelum pukul sembilan. Sedangkan Rigel, bahkan terkadang menginap di kantor jika ia harus melakukan pekerjaan yang sama sampai tengah malam. Mereka adalah personel senior yang dipercaya menangani proyek-proyek kelas kakap. Jenna harus mempersiapkan persentasinya, agar ide kreaifnya diterima dibandingkan persentasi relasi kerjanya, Regel. Sebenarnya Regel juga membutuhkan dana yang tidak sedikit. Dia berniat memboyong ibunya untuk mendiami rumah baru, agar tidak seatap lagi dengan kakaknya yang kini seakan menguasai rumah peninggalan ayahnya. Jadi, Regel dan Jenna harus bersaing ketat untuk melancarkan proyek bernilai angka fantastis.

Begitu juga dengan Satura. Demi melancarkan usahanya lewat Saturion Modif, ia harus menggunakan tabungan untuk persiapan pernikahannya terlebih dahulu untuk modalnya. Ia harus menyediakan dulu semua suku cadang yang dibutuhkan untuk memodif tiga puluh unit mobil yang masing-masing membutuhkan dana minimal tiga puluh juta. Setelah melakukan perhitungan secara terperinci sebelumnya, ternyata seluruh modal berupa uang dan inventory yang dimiliki masih kurang. Maka, meminjam dana dari simpanan untuk pernikahannya adalah satu-satunya jalan. Pada saat begini, ingin ia rasanya meminta pendapat Jenna yang selama ini selalu menjadi penepis keraguannya akan banyak hal. Namun, tidak kali ini.

Banyak kalimat favorit dalam buku ini:

  1. Bukankah Tuhan tidak akan mengubah keadaan suatu kaum jika kaum itu tidak berusaha mengubah keadaannya sendiri? (hlm. 16)
  2. Bukankah mandat tertinggi untuk mengatur hidup kita adalah diri kita sendiri? (hlm. 33)
  3. Tak ada salahnya membantu mempermudah urusan orang yang sedang berusaha menyempurnakan separuh agama, bukan? (hlm. 53)
  4. Jadikan bahu ini rumahmu. Bukan saja untuk bahagiamu, tapi juga letihmu. (hlm. 70)
  5. Takdir Tuhan yang membuat keadaan menjadi seperti ini. Hidup kita tidak dikendalikan oleh weton. (hlm. 162)
  6. Tannguh bukan berarti tak menangis. (hlm. 164)
  7. Pernikahan itu sesuatu yang mulia. Tapi, kamu juga harus siap dengan kehidupan setelahnya. (hlm. 191)
  8. Kamu memang harus bisa merasakan berbagai rasa itu kalau mau hidupmu lebih punya warna dan makna. (hlm. 192)
  9. Hal terberat yang kita lalui adalah kita sama-sama berjuang untuk saling melupakan. Tapi, semakin kita menjauh, ternyata simpul di hati kita semakin kuat menaut. (hlm. 207)
  10. Cinta akan bermuara pada satu titik yang mengikat dua manusia meleburkan hati secara bersama-sama. (hlm. 239)
  11. Tuhan bekerja lebih tegas dalam menentukan takdir-Nya. (hlm. 251)

Banyak juga selipan kalimat sindiran halus dalam buku ini:;

  1. Perempuan mana ada yang mau disama-samain? (hlm. 13)
  2. Telepon saja ada yang ngegenggam, masa kamu nggak? (hlm. 21)
  3. Jangan jadi orang lucu karena ujung-ujungnya cuma enak dijadiin temen. (hlm. 22)
  4. Sebagai anak, kamu harus nguwongke orangtua, dengan tidak membuat malu orangtuamu! (hlm. 31)
  5. Jangan buang banyak waktu. (hlm. 31)
  6. Jajanan-jajanan in pengawetnya sangat berbahaya bagi anak-anak. Kalau mereka kenapa-kenapa gimana? (hlm. 45)
  7. Kawin aja pakai aneh-aneh. Unik sama norak itu beda tipis. Kalo lo gagal unik, ya, pasti akan jadi norak maksimal. (hlm. 59)
  8. Yang kawin siapa, yang ikut rempong siapa. (hlm. 61)
  9. Yang sabar ya. Jodoh lo nggak bakalan lari, mungkin lagi dipinjem orang aja. Entar kalo udah bosen juga dibalikin ke lo. Berdoa aja dia dikembalikan ke lo sebelum uzur. (hlm. 73)
  10. Ati-ati kemakan sumpah sendiri. (hlm. 85)
  11. Kadang kita lupa memikirkan hati sendiri dan lebih sibuk mencintai hati lain. (hlm. 172)
  12. Bahwa hidup harus terus berjalan, itu memang mutlak diperjuangkan. Sedikit saja terlena dengan keterpurukan, kita akan terseret arusnya, lalu tenggelam. (hlm. 175)
  13. Kamu ini cantik. Pasti gampang cari jodoh ganteng dan mapan. Masa belum ada calonnya to? (hlm. 182)

Deskripsi tokoh utamanya kuat; Satura, Jenna dan Rigel. Mulai dari sifat sampai deskripsi profesi mereka dijelaskan secara rinci. Waktu pas kejadian kesalahan fatal Jenna yaitu lupa mengeset pengaturan audio dalam merekam acara penting yang diselenggarakan instansi pemerintahan, saya jadi teringat awal tahun 2015, kasus adik yang bekerja sebagai videographer mirip kisah yang dialami Jenna ini. bedanya, jika Jenna lupa mengeset pengaturan audio, adik saya dan timnya bermasalah saat menerima job sebuah pernikahan seorang petinggi. File foto-foto pernikahan tidak terselamatkan kemakan virus, sedangkan mereka belum sempat mem-backup-nya ke komputer. Alhasil petinggi ini meminta tanggung jawab biaya ganti rugi yang cukup besar dalam kurun waktu singkat. Jika tidak, mereka akan dituntut. Alhasil, mereka berlima harus menanggungnya. Tabungan saya pun sempat terkuras karena kasus ini. Nggak lagi-lagi deh berurusan dengan petinggi, mainnya tuntut menuntut, takut… x))

Begitu juga dengan tokoh selingan seperti Ningsih dan Ikhsan, meski porsinya sedikit tapi berpengaruh pada keputusan hidup Jenna.

Pesan moral dari buku ini adalah terkadang kita begitu sibuk mempersiapkan pernikahan, tapi kita lalai esensi dari sebuah pernikahan. Melangsungkan sebuah pernikahan tidak perlu sesempurna mungkin, apalagi banyak kendala yang harus dihadapi. Makna pernikahan justru tergamblang jelas di BAB 17 lewat kehidupan rumah tangga Ningsih dan Ikhsan :’)

Keterangan Buku:

Judul                                     : Menikahlah Denganku

Penulis                                 : Annisa Andrie

Penyunting                         : Pratiwi Utami & Noni Rosliyani

Perancang sampul           : @labusiam

Pemeriksa aksara             : Yntan

Penata aksara                    : Martin Buczer

Penerbit                              : Bentang

Terbit                                    : Noveber 2014

Tebal                                     : 254 hlm.

ISBN                                      : 978-602-291-073-2

menikahlah denganku 2

MAU BUKU INI?!?

Simak syaratnya:

1. Peserta tinggal di Indonesia

2. Follow akun twitter @lucktygs dan @annisasenja

3. Follow blog ini, bisa via wordpress atau email.

4. Giveaway kali ini tidak menjawab pertanyaan, tapi buat photo quotes dari novel Menikahlah Denganku ini. Setiap peserta membuat satu photo quotes atau boleh lebih dari satu, jadi jumlah photo quotes yang diikutkan tidak dibatasi ya. Quotes pilihannya adalah:

• Setipis apa pun, pernikahan akan melahirkan sekat antara seseorang yang menikah dengan kehidupan di luar rumah tangganya. Seseorang yang menikah akan memiliki garis teritori yang tegas dalam hidupnya.

• Jadikan bahu ini rumahmu. Bukan saja untuk bahagiamu, tapi juga letihmu. • Hal terberat dalam hidup adalah, menyampaikan kabar buruk kepada seseorang yang kepadanya ingin selalu berbagi kabar baik.

• Pada kenyataannya, sebuah masalah harus dihadapi dengan kesatria. Bukan malah ditinggal lari karena dia akan semakin kuat menjadi hantu pikiran yang ingin akal sehatku mati.

• Aku tak akan membiarkan masalah-masalah ini terus meledekku. Dia harus tahu, bahwa Tuhan hanya sedang mencandaiku.

• Aku memberikan cinta, tapi kamu memaksaku menelurkan luka. Asal kamu tahu, usahamu itu sia-sia.

• Lihat! Mata ini kuyu karenamu. Seandainya kamu melihatnya, kamu akan tahu seberapa banyak air mata telah berbicara untuk cinta.

• Pernikahan bukan tentang ijab Kabul dan pesta saja. Sebab, sejatinya pernikahan adalah seribu pekerjaan yang membutuhkan jawaban untuk satu per satu diselesaikan. Pekerjaan yang tak habis-habis dan akan selalu ada selama pernikahan itu hidup.

• Kalau ada yang mencariku, katakan saja sedang di gunung. Sedang menceritakan kesah pada edelweiss, meletakkan letih di Sembalun, mengubur perih di Mandalawangi, membakar sedih di Kawah Ijen, melempar luka di Jonggring Saloka, dan sibuk menanam mimpi di Cartensz Pyramid.

• Mungkin ini adalah hari di mana terjadi kematian hati. Kadang kita lupa memikirkan hati sendiri dan lebih sibuk mencintai hati lain. Sekarang, sudah saatnya aku menyelamatkan hati yang nyaris mati ini.

• Hal terberat yang kita lalui adalah sama-sama berjuang untuk saling melupakan. Tapi semakin kita menjauh, ternyata simpul di hati kita semakin kuat menaut.

• Besok kita bertemu di depan penghulu saja. Saat ini, kita cukup bertemu di ruang rindu.

• Cinta akan bermuara pada satu titik yang mengikat dua manusia untuk meleburkan hati secara bersama-sama.

• Demi sempurna aku telah menafikkan banyak hal. Namun demi sebentuk cinta yang sempurna, aku mengerti bahwa hati yang tulus mencintaku tanpa ragu, adalah hati terbaik yang selayaknya kupercayakan seluruh cinta kepadanya.

5. Upload photos quotes via twitter dengan format: #GaMenikahlahDenganku @lucktygs @annisasenja @BentangPustaka twitpic photo quotes

6. Di kolom komentar di bawah ini, tuliskan nama, akun twitter, dan kota tinggal,  dan link twitpic yang sudah diupload dari twitter agar mudah dalam pendataan peserta.

7. Giveaway ini juga boleh di share via blog, facebook, dan sosmed lainnya. Jangan lupa sertakan hestek #GAMenikahlahDenganku yaaa… 😉

Event ini gak pake helikopter, eh Rafflecofter yang ribet itu. Jadi pemenang ditentukan dari segi jawabannya ( ‘⌣’)人(‘⌣’ )

#GAMenikahlahDenganku ini berlangsung delapan hari saja: 9-16 September 2015. Pemenang akan diumumkan tanggal 17 September 2015.

Akan ada DUA PEMENANG yang akan mendapatkan buku ini. Hadiah akan langsung dikirimkan oleh penulisnya… ;)

Silahkan tebar garam keberuntungan dan merapal jampi-jampi buntelan yaaa… ‎(ʃƪ´▽`) (´▽`ʃƪ)!

-@lucktygs-

48 thoughts on “REVIEW Menikahlah Denganku + GIVEAWAY

  1. Nama : Ratnani
    Twitter : @ratnaShinju2chi
    Kota : Jepara
    Link : Pict 1. https://twitter.com/ratnaShinju2chi/status/642293125143105537
    Pict 2

    Pict 3

  2. nama : Rifqi Riva Amalia
    akun twitter : @juicemelon
    kota tinggal : Probolinggo
    link twitpic : https://twitter.com/juicemelon/status/642744610633072641

    Semua gambar copyright milik @juicemelon

  3. Nama : Debora Theresia Julyanti
    Twitter: @borde2707
    Kota/Tempat Tinggal: Medan, Sumatera Utara.

    Link twitpic quotes:
    quote 1 >> https://twitter.com/borde2707/status/643713324534751232/photo/1
    quote 2 >> https://twitter.com/borde2707/status/643713664902565888/photo/1
    quote 3 >> https://twitter.com/borde2707/status/643714809289048064/photo/1
    quote 4 >> https://twitter.com/borde2707/status/643718926463987712/photo/1
    quote 5 >> https://twitter.com/borde2707/status/643722842182258688/photo/1

    muup kalo jelek, masih pemula soalnya hahahahah xD

  4. Nama : Rina Eko Wati
    Twitter : @HikariMio
    Kota : Tulungagung
    Link TwitPic : https://twitter.com/HikariMio/status/641950734477451264

    https://mobile.twitter.com/HikariMio/status/643467775705509888?p=v
    https://mobile.twitter.com/HikariMio/status/643468452150276096?p=v

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s