REVIEW Misteri Tambang Menggerung + GIVEAWAY

misteri tambang 1

“Makanya kita harus bijak dalam memanfaatkan alam. Yang kita pakai hari ini sebenarnya pinjaman dari anak cucu kita.” (hlm. 78)

Sebelum berangkat ke Buntok, Kalimantan Tengah, Dyffa sempat membayangkan rumah dinas ayahnya adalah rumah panggung kayu yang sederhana. Ternyata ia salah. Rumah ini sama saja dengan rumah-rumah yang ada di kota besar. Berdinding tembok, beratap genteng dengan teras kecil di bagian depan.

Dyffa dan ibunya baru tiba di Buntok lewat tengah hari. Untuk mengisi liburan, Ibu mengajak Dyffa menjenguk Ayah. Ayah bekerja di pertambangan batubara di Buntok, sementara Ibu dan Dyffa tetap tinggal di Jakarta. Alasannya, sekolah Dyffa sekarang lebih bagus daripada yang ada di Buntok. Akibatnya, ia hanya bisa bertemu ayahnya setiap dua bulan sekali.

Buntok adalah kota kecil yang cantik karena semuanya serba tertata. Kota terakhir yang dapat dikunjungi dengan jalur darat dari Palangkaraya ke ibukota kabupaten Barito Selatan. Karena itu, banyak yang bilang Buntok berasal dari plesetan kata ‘buntu’ atau ‘mentok’. Moto Buntok adalah ‘Dahani Dahanai Tuntung Tulus’ yang artinya selamat sentosa, adil dan makmur selamanya.

Selain seputaran Buntok, lewat tokoh Dyffa, kita diajak menelusuri kehidupan di kota kecil ini. akan ada banyak selipan pengetahuan di dalamnya. Pertama, ada kucing ala Buntok yang merupakan kucing hutan. Warna bulunya mirip macan. Kuning kecoklatan dengan belang-belang hitam di kepala sampai bagian tengkuk. Selebihnya bertotol-totol hitam. Bagian bawah perutnya putih dengan totol-totol cokelat tua. Ekornya panjang, lebih dari setengah panjang tubuhnya. Dinamakan juga macan akar karena penampilannya seperti macan dan sering terlihat di antara akar-akar pohon yang menonjol. Kucing hutan termasuk satwa liar mamalia yang dilindungin undang-undang. Orang yang terlibat jual beli kucing hutan bisa didenda seratus juta rupiah.

Meski begitu, ada banyak sekali yang mengincar kucing hutan ini, bahkan hanya alasan gengsi. Biasanya pemilik kucing hutan bangga bisa punya hewan peliharaan yang lain daripada yang lain. Apalagi bulunya mirip macan.

Tidak cuma kucing hutan. Banyak tumbuhan dan hewan khas Kalimantan yang sebenarnya dilindungi malah diselundupkan. Bukan cuma di dalam negeri, bisa juga diselundupkan sampai negara tetangga seperti Malaysia. Yang seperti ini juga terjadi di Papua. Sedihnya, tak jarang ada yang menukar hewan yang dilindungi itu hanya dengan sekardus mie. Sungguh terlalu yaa… x))

Selain membahas kucing hutan, lewat petualangan Dyffa kita jadi tahu tentang beberapa hal yang khas di kota ini. Ada Sungai Barito yang memiliki panjang kurang lebih 1000 kilometer. Ada air hitam yang disebut juga air akar karena sering dijumpai di cekungan antara akar-akar pohon dan bisa langsung diminum karena air hitam memiliki kadar asam yang tinggi sehingga tidak ada bakteri yang sanggup hidup di dalamnya. Ada pengetahuan seputaran Suku Dayak Ngaju yang merupakan suku asli Kalimantan Tengah, suku ini umumnya berkulit putih dan mata yang sedikit sipit. Menurut sejarah, leluhur Dayak Ngaju diyakini berasal dari kerajaan yang terletak di Pegunungan Yunan bagian selatan. Tepatnya di Tiongkok barat laut berbatasan dengan Vietnam.

Dan yang paling menarik tentunya pengetahuan seputaran Panglima Burung yang merupakan legenda suku Dayak. Menurut legenda, Panglima Burung telah hidup selama beratus-ratus tahun. Tinggal di perbatasan antara Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Sepanjang hidupnya, ia bertapa dan bersembunyi di pedalaman. Berwujud gaib dan bisa terlihat sebagai laki-laki atau perempuang, tergantung situasi. Ada pula cerita yang menyebutkan bahwa ia adalah penjelmaan burung enggang, burung yang dianggap keramat dan suci di Kalimantan. Panglima Burung baru akan turun gunung bila kesabarannya telah habis melihat suka Dayak tertindas.

Tuh..penasaran kan?!? Ini adalah buku kedua yang ditulis oleh Mbak Erlita Pratiwi yang diterbitkan Penerbit Kiddo dengan tema MISTERI. Buku ini memiliki rumus yang sama dengan buku sebelumnya yang ditulis penulisnya ini; petualangan dibumbui misteri, mengupas daerah pedalaman yang jarang terjamah dan dilengkapi cerita khas anak-anak!😉

Keterangan Buku:

Judul                                                     : Misteri Tambang Menggerung

Penulis                                                 : Erlita Pratiwi

Penyunting                                         : Pradikha Bestari

Ilustrator                                             : Indra Bayu

Perancang sampul & isi                  : Indra Bayu

Penerbit                                              : Kiddo

Terbit                                                    : 2015

Tebal                                                     : 144 hlm.

ISBN                                                      : 978-979-91-0914-9

misteri tambang

MAU BUKU INI?!?

Simak syaratnya:

1. Peserta tinggal di Indonesia

2. Follow akun twitter @lucktygs , @TakoSoulmate dan @penerbitkiddo. Jangan lupa share dengan hestek #GAMisteriTambangMenggerung dan mention via twitter.

3. Follow blog ini, bisa via wordpress atau email.

4. Jawab pertanyaan di kolom komentar di bawah, plus nama, akun twitter, dan kota tinggal. Pertanyaannya adalah jika mendengar kata ‘daerah Kalimantan’, apa yang terlintas dalam pikiranmu?

5. Giveaway ini juga boleh di share via blog, facebook, dan sosmed lainnya. Jangan lupa sertakan hestek #GAMisteriTambangMenggerung yaaa… 😉

Event ini gak pake helikopter, eh Rafflecofter yang ribet itu. Jadi pemenang ditentukan dari segi jawabannya yaaa… ( ‘⌣’)人(‘⌣’ )

#GAMisteriTambangMenggerung ini berlangsung enam hari saja: 21-26 September 2015. Pemenang akan diumumkan tanggal 27 September 2015.

Akan ada SATU PEMENANG yang akan mendapatkan buku ini. Hadiah akan langsung dikirimkan oleh penulisnya! ;)

Silahkan tebar garam keberuntungan dan merapal jampi-jampi buntelan yaaa… ‎(ʃƪ´▽`) (´▽`ʃƪ)!

-@lucktygs-

 

27 thoughts on “REVIEW Misteri Tambang Menggerung + GIVEAWAY

  1. Nama : yaumul
    akun twitter : @muthyelf_
    kota tinggal : bekasi

    “Tambang Batu bara, jalur khatulistiwa, perkebunan, dan lidah buayanya itu”

  2. Nama : Ramadhanul Fitri Mardas
    Akun twitter : @ramadhan_rae
    Kota tinggal : Tangerang

    Jika mendengar kata ‘daerah Kalimantan’hal pertama yang terlintas dipikiran aku adalah daerah yang jarang aku denger kisahnya😀 jujur lho ini~ kkk

  3. Nama : Alifa Nanda Tarina
    Akun twitter : @_alifananda
    Kota tinggal : Ampah, Kalimantan Tengah

    Pertanyaannya : Jika mendengar kata ‘daerah Kalimantan’, apa yang terlintas dalam pikiranmu?

    Jawaban : “Paru-parunya Dunia”
    Dulu Kalimantan itu paru-parunya dunia apalagi kalo kita menjelajahi jalanan antara buntok dan ampah masih terdapat banyak pepohonan yang hijau dan segar. Dibandingkan sekarang jauh berbeda kebakaran hutan terjadi dimana. Bukannya sistem error malah human error.

  4. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    kota tinggal: Serang
    Pertanyaan: jika mendengar kata ‘daerah Kalimantan’, apa yang terlintas dalam pikiranmu?

    Jawaban: Pulau unik di peta yg bentuknya seperti wajah yg dilihat dari samping, dan adanya di Indonesia loh!😉

  5. pulau yang eksotis, dengan hutan dan sungainya yang bening. yang terngiang di piran adalah tanjung putting dengan keeksotisannya setelah membaca novel Dewi Lestari, kalau nggak salah yang Partikel ya…. ada satwa hutan, monyetnya kemudian jelajah hutan dan sungainya yang sebagian masih perawan… sepertinya eksotis, juga bertemu dengan orang-orang suku dari Kalimantan dengan budayanya yang eksotis. Kalau mendengar ada orang kerja di Kalimantan, yang terpikir adalah kerja di pertambangan-pertambangan, daerah penghasil uang, namun penuh kontroversi, pengerukan sumber daya alam untuk dinikmati pihak-pihak tertentu😦
    nama: Sayekti Ardiyani
    twitter: @nunaalia
    kota tinggal: Serang

  6. Nama : Eka Sulistiana
    Twitter : @ekasulistiana24
    Kota : Palembang
    Jawaban :
    Salah satu pulau terbesar di Indonesia dan yang paling luas. Dilalui garis khatulistiwa, tapatnya di kota Pontianak, Kalimantan Barat. Kaya akan hutannya yang masih alami. Jika dilihat dari peta, bentuknya paling unik. Pulau ini kaya akan budayanya yang kental dan beragam, serta panorama alam yang tak kalah indah dibanding pulau-pulau yang lain.

  7. Nama: FandaRosa
    Twitter: FandaRosa
    Kota;: Lamongan,Jatim
    Jawaban: Pasar terapungnya.. unik banget kan dikota saya ga ada pasar diatas air,pasti seru deh kalau belanja sambil naik perahu.

  8. Nama : Agatha Vonilia Marcellina
    Akun twitter : @Agatha_AVM
    Kota : Jember

    Jawaban : Kebakaran hutan, pray for Kalimantan. Di Kalimantan Barat mencapai 40 titik panas, Kalimantan Tengah 356 hotspot seperti dilansir oleh BNPB setempat. Puluhan pemadam kebakaran, personil TNI dan polisi serta warga setempat dikerahkan untuk memadamkan api. Tapi, asap pekat masih membumbung dan sebagian api masih menjilat-jilat. Benar-benar mengganggu pernapasan dan menganggu aktivitas masyarakat. “Sayangi lingkungan seperti menyayangi diri sendiri”.

  9. nama : Fitra Aulianty
    twitter : @fira_yoopies
    kota asal : Pekanbaru

    jawaban : Pulau terbesar di Indonesia. Selain itu Pontianak juga titik nol derajat dan di sana ada tugu khatulistiwa dan wisata magnet >..< kapan ya hihi

  10. Nama: Heru Nur Cahyono
    Twitter: @HeruNC_
    Kota: Bojonegoro

    Yang terlintas di pikiranku: aku ingat sama novel ‘Batas’ karya Akmal Nasery Basral yg kupinjam dari perpusda, sebuah novel tentang keadaan di daerah perbatasan 2 negara di pulau Kalimantan.

  11. nama : pramestya
    akun twitter : @p_ambangsari
    kota tinggal : temanggung Pertanyaannya adalah jika mendengar
    kata ‘daerah
    Kalimantan’, apa
    yang terlintas
    dalam pikiranmu?

    Kali dan mantan :3 hutan dan hewan langka, pelajaran geografi, pontianak, perbatasan malaysia, tempat transmigrasi, katanya calon ibukota Indonesia.

  12. Nama : Piska Lestari
    Twitter : @kyupishae
    Kota tinggal : Jakarta Barat

    Pertanyaan :
    Jika mendengar kata ‘daerah Kalimantan’, apa yang terlintas dalam pikiranmu?

    Jawaban :
    Yang terlintas dalam pikiranku yah kata Kalimantannya. Tapi pas sekilas baca judul novel itu malah terlintas kata “Tambang” dipikiran. Gak tau apa hubungannya daerah kalimantan dengan tambang, tapi intinya yang terlintas dipikiranku sekarang yah kata “Kalimantan” dan “Tambang”.

  13. Nama :Dini Auliana Putri
    Twitter :@Dini_AP28
    Domisili :Kota Metro

    Jawaban: Yang terlintas dipikiranku dengan kata ‘daerah Kalimantan’ adalah Kalimantan pernah menjadi tempat syuting film Anaconda tepatnya di Kalimantan Timur.

  14. NAMA : MUHAMMAD RIFQI SAIFUDIN
    Twitter : @Rifqi_MULovers
    Kota Tinggal : Barito Kuala

    Kalimantan itu, tempat tinggal Ku. Di seluruh darahku mengalir oksigen dari pohon Kalimantan. Tempat yang penuh dengan misteri dan budaya mistis, mengerikan sekaligus menakjubkan. Kalau mau mencoba, datang sendiri ke sini.

  15. Nama : Karunia Sylviany Sambas
    Twitter : @Karunia_Sambas
    Kota Tinggal : Asahan, Sumatera Utara

    Pulau yang selalu saya rindukan. Kampung halaman yang penuh pesona. Sesuai nama belakang saya, Sambas. Sayangnya hingga saat ini saya belum berkesempatan mengunjungi sang Borneo. Pulau yang dijadikan lokasi syuting film Hollywood berjudul Anacondas. Ah, pulau yang selalu saya rindukan. Semoga kelak bisa menjejak langkah di sana. I love you full, Borneo-ku.

  16. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    Karangasem, Bali

    Yang terlintas ketika mensengar kata Kalimantan adalah Suku Dayak. Wanita yang memanjangkan lubang telinganya dengan mengisi banyak logam berat. Mereka yang menggambar tato di tubuhnya. Unik dan masih lestari🙂

  17. Nama : Nova Indah Putri Lubis
    Twitter : @n0v4ip
    Kota : Medan

    Jika mendengara kata “daerah kalimantan”, yang terlintas dipikiran saya adalah kain sasirangan yang motifnya unik yg merupakan kain khas nya suku Banjar
    dan juga alat musik panting yang bentuknya mirip gambus Arab. Kedua benda diatas sangat unik dan khas dan lain daripada yang lain menurut saya😀

    Thanks mbak ^^

  18. NAMA : Rhyantd
    Twitter : @RB_ian
    Kota Tinggal : Pinrang / Sul-Sel

    Mendengar kata “Daerah Kalimantan” , yang ada dipikirin saya itu;
    1. Eksotis
    2. Tambang
    3. Batu Bara
    4. Minyak Bumi
    5. Kelapa Sawit
    Selain potensi industri yang melimpah, Daerah Kalimantan juga memiliki tujuan wisata yang sangat indah. Masing-masing daerah di Kalimantan mempunyai keunikan suku dan tradisi serta eksotisme khas yang berbeda-beda. Saya tambahkan lagi, mendengar kata “Daerah kalimantan” itu membuat saya berpikir jika tempat itu adalah tempat perantauan yang cukup bagus, soalnya tetangga saya yang ke daerah kalimantan pada sukses semua karena kebanyakan kerja di pertambangan. Jadi kalimantan itu juga pembuka lapangan pekerjaan. Itu Menurut saya🙂

  19. Nama: Aya Murning
    Twitter: @murniaya
    Kota: Palembang

    “Zamrud Khatulistiwa”
    Karena sebelum adanya insiden bakar-bakaran ini, di Kalimantan itu masih banyak hutan yang sangat hijau sehingga kalau dilihat dari jauh (di atas langit) seperti batu zamrud yang indah.

  20. Nama : Tasya Permata Sanjaya
    Twitter : @tasyatasa_
    Kota : Klaten

    Kali atau sungai barisan para mantan berkumpul. soalnya Kalimantan. Nah Kali kalau dalam bahasa Indonesia kan Sungai. Nah kalau mantan adalah masa lalu #assekkk. Yah jadi kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini #eh. adalah jeng jeng jeng Sungai untuk mengenang masa lalu bersama mantan di Pulau kalimantan.

  21. Pingback: Daftar Bacaan tahun 2015 | Luckty Si Pustakawin

  22. Kalimantan nggak jauh jauh daru adat dan misteri nya. Belum pernah kesana tapi tiap baca baca cerita tentang Kalimantan jadi penasaran sama daerahnya langsung😄

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s