[BLOGTOUR] REVIEW Berlabuh di Lindoya + Giveaway

WP_20150905_002

Bagaimana kamu menikahi orang yang tidak melamarmu? (hlm. 243)

Sam namanya. Sama seperti saya, dari nama, Sam sering dikira laki-laki. Nama yang ambigu seringkali mengecoh seseorang menduga kita adalah laki-laki x)) #TosAmaSam

Sam ini seakan memiliki dua kepribadian. Kalau di kantor, ia selalu ramah. Semua kenal karena dia enak diajak ngobrol dan perhatian. Sam bukanlah orang yang kerjaannya hanya duduk di depan komputer, melulu kerja, menegur kolega saja susah. Sama sama sekali tidak seperti itu.

Bedanya jika di luar kantor, dia justru tipe penyendiri. Ia nyaris menolak tawaran manajemen Det Norgeolje, perusahaan tempatnya bekerja, untuk bergabung dalam proyek di kantor pusat. Karena itu berarti ia harus tinggal di ibu kota Norwegia. Namanya juga ibu kota, pasti banyak penduduknya. Sementara ia pergi ke negara ini bukan untuk bersosialisasi. Namun semua rekan kerjanya di kota Harstad mengatakan bahwa kesempatan ini tidak akan datang untuk kedua kalinya, sehingga ia gila kalau melewatkan tawaran ini.

Mungkin sudah suratan takdir, apartemen yang biasa ditempati pegawai kantor cabang ketika ditarik ke pusat, mengalami kerusakan pipa air, sehingga ia harus mencari tempat tinggal lain. Untung juga ada Inga Hjelpsom, sekretaris senior di kantor cabang Harstad yang sudah seperti ibunya sendiri. Sam boleh menyewa rumahnya.

Rumah tua Inga berada di pulau sepi bernama Lindoya, hal ini justru membuat Sam semakin berapi-api untuk tinggal di sana. Memang itu yang Sam inginkan. Berdiam jauh dari siapa saja.

Tidak. Aku tidak ingin begini terus. Kehilangan cahaya karena orang lain? Tidak. Aku harus pergi. Ke tempat aku dapat meninggalkan semua ini. Sejauh mungkin, sehingga aku dapat melahirkan diriku lagi sebagai manusia berhati penuh warna. Ke dunia baru. Ke hidup baru. (hlm. 171)

Sebenarnya Sam yang sekarang bukanlah pribadinya yang dulu. Cerita dalam buku ini terdiri alur maju dan mundur. Kejadian di masa lalu membentuk Sam menjadi pribadi yang tidak mudah memercayai orang lain yang asing di kehidupannya, terutama pada laki-laki. Termasuk kepada Rasmus, tetangga barunya di Lindoya. Meski Rasmus selalu menawarkan kebaikan pada, Sam selalu waspada terhadap Rasmus. Terlebih lagi, tiap malam menjelang Sam tidur, rumah Rasmus selalu gaduh dengan banyak orang yang beraneka rupa. Sam pun dibuat jengkel olehnya.

“Aku bukan perempuan baik. Yang kamu lihat di depanmu hanya perempuan yang menipu dirinya sendiri. Mencoba mengontrol hidupnya, yang sebenarnya sudah lama mati.” (hlm. 213)

Sejak pertama kali bertemu Sam, Rasmus heran dengan sikap Sam kepadanya. Apa pun yang dilakukannya, seakan salah di mata Sam. Kebaikan apa pun yang diberikannya pada Sam dengan tulus justru ditanggapi dingin oleh Sam. Rasmus pun serba salah. Padahal, menurut cerita Inga, tetangga yang kini rumahnya di tempati Sam, dia bercerita bahwa Sam sebenarnya adalah orang yang baik dan menyenangkan. Berbeda sekali sikapnya dengan perlakuan terhadap dirinya.

Jika saja aku dapat meminta Sam memindahkan rasa sakitnya kepadaku, semua akan aku tanggung untuknya. Jika saja robek di jiwanya dapat kubalut, jika saja aku dapat menyembuhkan kembali luka hatinya. Aku ingin membuatnya bahagia. Aku akan membuatnya bahagia. Aku mencintainya! (hlm. 217)

Rasmus bisa melihat ada luka yang mendalam di sorot mata Sam. Perempuan itu seperti menyimpan kenangan yang buruk di masa lalunya. Seandainya Sam mau berbagi kesedihannya itu, Rasmus siap menampung air matanya. Sayangnya, Sam bukanlah perempuan cengeng dan menye-menye yang meminta belas kasihan dan menangis di pundak laki-laki. Setegar-tegarnya Sam, Rasmus bisa membaca jika sebenarnya ada sesuatu yang membuat hati Sam remuk.

“Yang bisa menjahit hati yang robek di mana?”

“Ya, mari kita cari tempat yang bisa menjahit hati yang robek buat Rasmus.” (hlm. 254)

Beberapa kalimat favorit dalam buku ini:

  1. Semua akan baik-baik saja. (hlm. 49)
  2. Kalau bisa menolong, kenapa tidak? (hlm. 180)
  3. Trauma masa lalu membuat cara orang menyikapi sesuatu jadi beda. (hlm. 184)
  4. Tidak ada alasan apa pun yang membenarkan seseorang merampas sesuatu yang bukan haknya. (hlm. 214)

Banyak juga selipan sindiran halus dalam buku ini:

  1. Perempuan cantik pun banyak yang jadi penipu ulung, bukan? (hlm. 19)
  2. Cowok beres mana yang tenang saja disuguhi tarian di depan umum oleh seorang gadis dan masih dapat dengan senyum mengomentari? (hlm. 39)
  3. Hujan, angin, dan dingin membungkam. Bahkan perampok pun malas keluar rumah pada cuaca seperti itu. (hlm. 41)
  4. Bukan rahasia umum bahwa senior yang susah lulus sering meminta –tepatnya memaksa- juniornya memberikan jawaban dalam ujian. Beberapa junior melakukan dengan sukarela, beberapa karena terpaksa. (hlm. 54)
  5. Kalau mau ribut, antri dulu deh. (hlm. 58)
  6. Kalau mau sistem kebut begitu, kita harus belajar tiap hari. (hlm. 65)
  7. Kalian berdua aneh. Tetanggan, tapi tidak saling berbicara langsung. (hlm. 79)
  8. Tak kenal maka tak sayang, kan? (hlm. 95)
  9. Makanya jangan hanya menilai buku dari sampulnya saja. (hlm. 109)
  10. Semakin kamu ngotot, semakin kamu lupa lagunya. (hlm. 130)
  11. Cewek seksi banyak di mana-mana. Cewek jujur kayak lo, susah nyarinya. (hlm. 146)
  12. Lagian, nggak semua cewek matre. (hlm. 146)
  13. Tingkat kekayaan tidak berbanding lurus dengan tingkat kerakusan seseorang. (hlm. 155)
  14. Mengapa orang-orang disekitarnya selalu mengaitkan hidup baru dengan menikah? Hanya itukah arti hidup baru? (hlm. 171)

Ada banyak alasan mengapa seseorang merantau atau pergi dari kehidupan masa lalunya. Seperti halnya Sam ini. Indonesia, negara kelahirannya ini menyimpan luka dan kenangan pahit. Sam tidak ingin hidupnya tercabik-cabik akan masa lalu. Samahita. Manusia teliti yang selalu tegar. Ia akan membuktikan bahwa ia mampu menjunjung nama pemberian kakeknya.

Waktu itu Sam berhasil diterima di Det Norgeolje, dengan penempatan pertama di Kutub Utara. Ia pikir, berlari sejah mungkin dari kenangan pahitnya, ia telah selesai menutup masa lalunya.

Buku ini menawarkan kehidupan perempuan yang terjebak dengan masa lalunya. Betapa masa lalu sangat mempengaruhi kehidupan seseorang di masa depan. Masa lalu memang harus diselesaikan, bukan sekedar untuk dihindari.

Covernya berupa nuansa danau ada beberapa sampan di sekitarnya, merepresntasikan kehidupan Sam yang tinggal di Lindoya. Sampan putih yang terombang-ambing di tengah danau seperti hidup Sam, sedangkan sampan dipinggir danau menandakan Rasmus yang menunggu Sam untuk melabuhkan hati kepadanya.

Keterangan Buku:

Judul                                     : Berlabuh di Lindoya

Penulis                                 : K. Fischer

Editor                                    : Irna Permanasari

Desain sampul                   : Orkha Creative

Layout                                  : Ayu Lestari

Penerbit                              : PT Gramedia Pustaka Utama

Terbit                                    : 2015

Tebal                                     : 280 hlm.

ISBN                                      : 978-602-03-1866-0

Dapatkan buku ini di toko buku online Bukupedia

http://www.bukupedia.com/id/book/id-32-98863/novel-fiksi-cerpen/amore-berlabuh-di-lindoya.html

blogtour00main

MAU PAKET BUKU DARI GRAMEDIA?!?

Simak syaratnya:

1. Peserta tinggal di Indonesia

2. Follow akun twitter @lucktygs dan @utiauthor. Jangan lupa share dengan hestek #GABerlabuhDiLindoeya dan mention via twitter.

3. Follow blog ini, bisa via wordpress atau email.

4. LIKE FP Mbak Kusumastuti

5. Jawab pertanyaan di kolom komentar di bawah, plus nama, akun twitter, dan kota tinggal. Pertanyaannya adalah jika kamu ditakdirkan hidup di kutub utara, apa yang akan kamu lakukan? Berikan alasannya😀

6. Giveaway ini juga boleh di share via blog, facebook, dan sosmed lainnya. Jangan lupa sertakan hestek #GABerlabuhDiLindoeya yaaa… 😉

Event ini gak pake helikopter, eh Rafflecofter yang ribet itu. Jadi pemenang ditentukan dari segi jawabannya yaaa… ( ‘⌣’)人(‘⌣’ )

#GABerlabuhDiLindoeya ini berlangsung seminggu saja: 5-11 Oktober 2015. Pemenang akan diumumkan tanggal 12 Oktober 2015.

Akan ada SATU PEMENANG yang akan mendapatkan PAKET BUKU dari GRAMEDIA. Hadiah akan langsung dikirimkan oleh penerbitnya! ;)

Silahkan tebar garam keberuntungan dan merapal jampi-jampi buntelan yaaa… ‎(ʃƪ´▽`) (´▽`ʃƪ)!

-@lucktygs-

51 thoughts on “[BLOGTOUR] REVIEW Berlabuh di Lindoya + Giveaway

  1. Nama : Evi Dwi Puspitasari
    Twitter : @littleephie
    Email : evi_asl@yahoo.com
    Kota : Sidoarjo

    jika kamu ditakdirkan hidup di kutub utara, apa yang akan kamu lakukan? Berikan alasannya

    Berdoa! Semoga itu cuma mimpi bukan takdir. Karena jujur nggak bisa ngebayangin hidup di tempat super maksimal dinginnya. Kalau memang harus hidup di kutub utara yah mau nggak mau harus coba bertahan hidup. Coba membaur dengan suku Eskimo. Siap dengan pola makan daging mentahnya. Mencoba terbiasa dengan kegelap gulitaannya, karena matahari tak muncul. Kalaupun muncul hanya beberapa menit saja. Say goodbye sama gadget. Nggak ada lagi yang namanya selfie-selfie an. Stay dengan baju dan jaket tebel.

  2. nama : pramestya
    akun twitter : @p_ambangsari
    kota tinggal : temanggung

    Aku mau ikut pelestarian hewan kutub, mereka kan spesiesnya tinggal dikit jadi aku sebagai sesama makhluk mau membantu makhluk lain.

    Ikut jadi promotor ‘Kurangi Global Warming, Kutub Gagal Mencair’

    Kegiatan lainnya, mau ikut ekspedisi untuk suatu penelitian. Kayak mencari harta karun titanic mungkin *plak* meneliti apa ajalah.

    Dan yg paling penting, aku mau beradaptasi dan berpetualangan. Berusaha nggak ngeluh, terus berbuat hal yg baik.

  3. Nama : Putri
    Akun twitter : @putrireview
    Kota Tinggal : Jakarta

    Pertanyaan : Jika kamu ditakdirkan hidup di kutub utara, apa yang akan kamu lakukan? Berikan alasannya!

    Jawaban : Saya ingin jatuh cinta. Pada pemandangan, pada penguin, pada beruang kutub, pada budaya lokal, dan seorang pemuda berpipi merah dan berjaket bulu tebal. Niscaya kalau hati hangat, tubuh akan tetap hangat, bukan?🙂

  4. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    kota tinggal: Serang

    Pertanyaan: jika kamu ditakdirkan hidup di kutub utara, apa yang akan kamu lakukan? Berikan alasannya.

    Jawaban:
    Ya ampuun….ngebayanginnya aja udah menggigil nih badan (di ruang AC soalnya wkwkwkkkk)
    Mo tanya dulu nih mba lucky, takdirnya itu karena emang di lahirin di kutub utara, atau karena harus pindah ke kutub utara?

    Kalau emang karena takdir lahir di sana dan jadi orang eskimo aku pasti bakalan fine-fine aja dan pastinya mampu beradaptasi, karena kalau Tuhan memberikan takdir seperti itu pasti karena memang aku sanggup hidup di sana.

    Tapi kalau karena harus pindah ke kutub utara, kayaknya aku bakalan cari jalan utk keluar dari kutub utara deh! Paling gak tinggal di negara sekitarnya aja deh yaa. Aku tuh gak tahan udara dingin, punya alergi, pastinya gak bakalan bertahan kalau hidup di sana.

  5. Nama : Agatha Vonilia Marcellina
    Akun twitter : @Agatha_AVM
    Domisili : Jember

    “Jika kamu ditakdirkan hidup di kutub utara, apa yang akan kamu lakukan? Berikan alasannya.”

    Pakai jaket berlapis 3 minimal, sepatu boot dengan kaos kaki, sarung tangan, penutup telinga, topi dan masker, menyiapkan alat mancing beserta perlengkapannya, membawa teko, piring dan gelas serta korek api soalnya aku tidak tahan dengan cuaca dingin bisa sesak napas pokoknya harus pakai baju ekstra tebal dan sering-sering mancing ikan untuk energi ketahan tubuh. Satu lagi setiap hari bermain dengan sekawanan pinguin, foto selfie juga setiap hari dengan mereka karena aku suka sekali dengan pinguin dan menyayanginya. Pasti seruuuu bisa bermain sekaligus merawat mereka. Apalagi sewaktu masih bayi, pastiiii lucuuu bangetttt.🙂

  6. Lutfi , @lutfixx, dari Kebumen
    Pertanyaannya adalah jika kamu ditakdirkan hidup di kutub utara, apa yang akan kamu lakukan? Berikan alasannya

    ………………………………………………………………………………………………
    Pernah lihat film Chloe and Theo, misalnya saya hidup di Kutub utara? Akan mencari cara untuk pergi ke tempat lain jika sudah dewasa. Tapi mungkin akan menghabiskan masa kecil di Kutub utara. Lalu mengejar pendidikan misal kuliah ke negara lain, lalu jika beruntung akan tinggal negara tersebut atau yang lainnya. Tapi jika sudah takdirnya mentok akan tinggal lagi di Kutub utara, maka akan menikah dan memiliki keturunan disana, paling mentok.

  7. Nama: Fitra Aulianty
    Twitter: @fira_yoopies
    Kota: Pekanbaru

    “Jika kamu ditakdirkan hidup di kutub utara, apa yang akan kamu lakukan? Berikan alasannya.”

    Jawaban:

    Aku akan sering-sering main bareng penguin. Kayaknya seru ngikutin perkembangan penguin yang lucu-lucu. Kalau nonton di tv sih, telur penguin dibawa sama penguin jantan, si betina ngikut-ngikut aja tanpa beban. Keren kayaknya, sedikit mirip kuda laut hihi
    Aku juga pengen liatin beruang kutub berantem, mereka berantemnya kayak apa ya kira-kira?
    Sama yang terakhir, pengen ngerasain gimana rasanya tinggal di rumah di kutub, rumahnya bulat gitu, kayaknya kerennnn

  8. nama: Noer Anggadila
    twitter: @noeranggadila
    kota tinggal: Probolinggo

    Ditakdirkan tinggal dan hidup dikutub utara, nobody can regret it because it’s about fate not a choice.

    Cukup menantang sepertinya tinggal di bagian bumi paling utara, jauuuuh pula di atas sana. Tapi untungnya suhu dikutub Utara tidak sedingin di kutub Selatan meskipun begitu tetep aja suhunya dingin banget buat kita yang biasa dimanja iklim tropis. Gak bisa lagi liat persawana hijau membentang luas, yang ada lapisan putih dingin dimana-mana, tapi akhirnya juga kita harus beradaptasi dengan lingkungan.

    Beberapa hal yang ingin aku lakukan di kutub utara:
    1. menjadi pedagang penyedia bahan bakar, kan lumayan di sana sulit untuk buat api, jadi aku akan meneliti alat apa yang cocok digunakan di daerah seperti kutub Utara. Kalau berhasil ya nanti bisa laku keras, amin hehe
    2. Melakukan penelitian guna membantu mempromosikan ‘Stop Global Warming’ nah, disana aku akan sesering mungkin memotret keadaan sekitar, nanti seminggu sekali atau berapa kali gitu aku akan pergi ke kota utama, kota terdekat yang ada jaringan wi-finya. Nah jadi bisa membantu pemerintah kan😀
    3. menjadi pedangan makanan, kan disana sulit buat masak, jadi aku akan usahaan buka rumah makan gitu ya meskipun agak berat nanti melakukannya tapi peluang menjadi sukses ada😀
    4. Nyebarin Islam, kaya menyelam sambil minum air, kan disana ada muslimnya tapi sedikit, maka dari itu perlu dakwah buat mereka [non islam] kali aja dapet hidayah dan mau masuk islam, inshaallah😀 kalau bisa jadi guru agama islam disana

  9. Tri Indah Permatasari
    @LiebeIs0503
    Palembang

    Namanya takdir tidak ada yang bisa menebak apa yang akan terjadi pada kita. so, jalani saja. dan yang jelas Allah tidak akan memberikan ujian pada umatnya jika ia tahu kalau umatnya tidak bisa melaluinya dengan baik. Karena itu sudah takdirku, maka Allah pasti yakin aku bisa menjalaninya, berusaha hidup dengan baik disana, membiasakan diri dengan cuaca dan kehidupan disana, meskipun jauh dari peradaban manusia secara menyeluruh tapi setidaknya disana bisa lebih tenang, tidak akan dibuat pusing dengan namanya dollar naik, sibuk shopping ke mall, atau mau nyalon jadi anggota parpol, harus tinggal di apartemen yang mewah. cukup hidup sederhana di tempat yang luas, menjalin hubungan yang baik sesama manusia yang tinggal disana. kalau aku ditakdirkan tinggal disananya sekarang ini semoga aku bisa memberikan ilmu pada mereka yang tinggal disana atau bisa jadi di sana menciptakan sinyal agar bisa menembus dunia, bisa tahu kehidupan di luar kutub. mengajarkan agama islam juga ^^ semua hal baik yang kumiliki akan ku usahakan untuk membaginya kepada mereka. atau bisa jadi pengusaha minyak.

  10. hal pertama yang kulakukan adalah membangun rumah persis milik beruang seperti yang pernah kulihat di televisi.

    kemudian, aku akan melakukan hibernasi seperti beruang kutub dengan memakai pakaian Super tebal,
    dan menunggu sampai Es mencair.

    Nama : Mega Widyawati
    twitter: @Widy4_W
    Kota Nganjuk

  11. Nama : Veny
    Twitter : @yutakaNoYuki
    Kota : Balikpapan

    Kalau aku ditakdirkan hidup di kutub utara aku ingin jadi pengusaha ekspor es yang sukses. Kenapa ? Karena aku bisa menbantu negara atau daerah yang kekurangan air dengan banyak mengekspor es dengan harga yang murah, hehehe …

  12. Nama : Amalia
    Twitter : @yufman
    tempat tinggal : Bekasi, pondok gede

    Bismillahirohhmanirrohim.

    Jika kamu ditakdirkan hidup dikutub utara, apa yang akan kamu lakukan?

    Kutub utara?. Ya tentu daerah paling utara yang ada dimuka bumi ini, cuacanya ektrim (dinginnya), penghuninya unik.

    Banyak tantangan bila saya hidup disana, tapi untuk bertahan hidup saya akan adaptasi dari penduduk asli kutub utara, suku Eskimo.
    Hebat kan mereka tidak terserang hipotermia, bayangkan dingin dengan suhu -45f (woww…).
    Untuk sumber makanan saya akan berburu, memancing, karna memang disana jauh dari technology canggih dan peradaban dunia pada umumnya. Mataharinya saja hanya muncul kurang dari 13 menit dalam setahun, kebayangkan kehidupan sehari hari disana..?
    Intinya, saya akan ikut melestarikan budaya kehidupan dikutub utara.

    Alhamdulillah.

  13. Nama: Putri Prama Ananta
    Akun Twitter: @PutriPramaa
    Kota tinggal: Probolinggo

    Jika kamu ditakdirkan hidup di kutub utara, apa yang akan kamu lakukan? Berikan alasannya!

    Mencari teman. Aku (lebih tepatnya manusia) tidak bisa hidup sendirian. Manusia butuh teman berbicara, teman bertatap muka, dan teman yang saling membantu. Apalagi, aku ditakdirkan untuk hidup di Kutub Utara yang memiliki sedikit penduduk. Aku harus benar-benar mencari teman. Dengan memiliki teman, aku akan lebih mudah beradaptasi di Kutub Utara, misalnya dengan mempelajari bagaimana mereka hidup kesehariannya.
    Teman akan saling melindungi, jadi selama di Kutub Utara aku tidak akan merasa terancam. Teman yang kumaksudkan di sini bukan hanya manusia, melainkan juga hewan dan lingkungan. Kita harus menjaganya dengan baik karena tidak ada hal yang tidak melakukan timbal balik. Bila kita mencintai hewan dan lingkungan, mereka sebenarnya juga mencintai kita dengan apa yang mereka berikan pada kita.🙂

  14. Nama : Velika Natalia
    Twitter : @VelikaNatalia
    Domisili : Semarang’an aja

    Kutub Utara *EsMuaTu kalau lahir di kutub utara, pengen mancing ikan. Nyobain ikan yang bisa hidup disuhu minus nus nus… Sebenarnya cari tau juga ada ikan engga disana tu. Kepo tanah kelahiran sendiri judulnya. Bikin film dokumentasi gimana es mulai retak dan mencair. Trus aku jual ke peneliti yang mampir ngelakuin ekspedisi kutub utara. Uangnya buat beli rumah di negara Sub-Tropis… pengen ngeliat matahari terik di angkasa. Bercocok tanam dengan riang gembira, pengen liak kkambing dimandiin. Di kutub adanya beruang putih penguin ikan jarang-jarang😦.

    TerimaKasih Sudah membaca🙂
    #GABerlabuhDiLindoeya

  15. Nama: April Silalahi
    Twitter : @aprlboanarges
    Jakarta Selatan

    Jika hidup di kutub utara aku pasti akan berusaha untuk tetap bertahan hidup. Tempat yang memiliki iklim yang berbeda tentu saja merupakan suatu masalah yang pasti menyerang tubuhku. Aku harus membiasakan diriku untuk berdaptasi dengan lingkungan sekitar.
    Lalu aku akan menikmati keindahan yang ada dikutub utara, yang tidak akan aku temukan dalam daerah lain.
    Aku akan menikmati ciptaan Tuhan yang tidak dapat aku lihat ditempat lain.
    Burung Pinguin yang saling berinteraksi, salju yang menyapu sepanjang mata memandang.
    Pasti sangat indah😀

  16. Nama :Erin
    Twitter : @RinShoak
    Domisili : Bekasi

    Yoshh…. kalo aku ditakdirkan tinggal dan hidup di kutub utara, tentunya ingin menaklukan beruang kutub dan membuat peternakan. Alasan ku membuat peternakan beruang kutub adalah untuk membudidayakan agara populasinya tidak menurun.
    Aku suka banget mba sama beruag kutub, pasti bakalan hangat kalau meluk mereka.😀

  17. Nama : Mega Widyawati
    Twitter : @widy4_w
    Kota Nganjuk

    Hal pertama yang aku lakuin ketika di kutub adalah membangun rumah persis seperti beruang kutub yang pernah aku lihat di televisi, kemudian aku akan melakukan hibernasi dengan memakai jaket tebal supaya nggak kedinginan, dan menunggu Es mencair…
    jikalau aku terbangun di sela-sela waktu hibernasi aku akan membuat secangkir coklat panas tanpa gula….😀 mungkin begitulah hal yang kulakuin disana.

  18. Nama: Eni Lestari
    Twitter: @dust_pain
    Kota: Malang

    Pertanyaannya adalah jika kamu ditakdirkan hidup di kutub utara, apa yang akan kamu lakukan? Berikan alasannya!

    well, pastinya aku akan mencoba beradaptasi dengan suhu di sana biar gak terkena hiportemia. oh iya, di sana kan ada suku Eskimo. aku akan bergabung dengan salah satu kelompok dan melihat bagaimana mereka bertahan hidup di kutub utara, khususnya tugas yang dilakukan perempuan di sana. setelah baca2 tentang suku Eskimo, aku baru tau kalau di sana ada semacam aturan perilaku di mana para penduduk Eskimo harus saling bantu untuk bertahan hidup dan hidup damai dengan yang lain. tiap tempat pasti ada adat istiadatnya sendiri, jadi selama aku tinggal di kutub utara, aku akan mematuhi aturan yang ada biar aku bisa bertahan hidup di sana🙂

  19. Nama : Septa anggara
    Twitter : @seivtha
    Email : Seivtha@gmail.com
    Kota : Palembang

    Mungkin akan coba ikut dalam penelitian dan pelestarian lingkungan sana.
    nyoba hidup dengan tata cara dan ketentuan sesuai dengan para suku eskimo di sana.

    sebenernya, kutub utara juga bisa jadi alternatif liburan tuh kalau bisa di manfaatkan. Mungkin saya akan nyoba bisnis pariwisata di sana

  20. Nama: Nadia Puspaningtyas A.
    Twitter: @Nadia48nafla
    Kota: Surakarta

    Yang pertama kali dilakukan,
    1. cari tempat yang tinggi,
    2. pantengin langit kutub pas malam hari,
    3. tunggu aurora muncul.
    4. nggak peduli sama beruang kutub *kalau nggak ada* ( ‘_’)\\
    Soalnya yang aku suka dari kutub itu, auroranya. So amazing. Bagiku seperti pelanginya kutub utara. Abis itu, jalan-jalan keliling wilayah kutub, mendaki gunung lewati lembah, kalau beruntung bisa aja nemuin bongkahan es raksasa yang muncul dari dasar lempengan es, ketemulah sang Avatar Aang sama Apha yipyip😀.
    Jangan lupa mancing ikan sambil nyruput secangkir coklat panas, tapi pasti baru jadi langsung berubah menjadi coklat dingin saking dinginnya kutub. Soalnya aku nggak pernah tahu rasanya mancing itu gimana, jadi manfaatin waktu mumpung di kutub utara, jarang-jarang atau mungkin hal yang langka bisa mancing di kutub. Kecuali buat orang suku eskimo, mungkin itu sudah biasa.
    Biar antimainstream, bikin kontrakan buar orang-orang yang tinggal di kutub utara.😀

  21. Nama : Ramadhanul Fitri Mardas
    Akun twitter : @ramadhan_rae
    Kota tinggal : Tangerang

    Jawaban :
    Kalau aku ditakdirkan tinggal di Kutup Utara yang pasti aku akan bersyukur kepada Sang Penguasa karna sudah diberikan kesempatan ngerasain salju yang di Indonesia ngga pernah nongol sedikitpun. Ya walaupun aku orang yang ngga kuat dingin sih sebenernya😀 *kena AC semaleman aja udah meriang hehe*

    Selanjutnya aku bakal berusaha sampai titik darah penghabisan buat beradaptasi sama Kutup Utara, sepertinya bukan waktu yang sebentar. Kalau sudah beradaptasi dengan tempatnya, next aku juga harus beradaptasi sama penduduk aslinya. Mulai dari Beruang, Pinguin, dan sejenisnya. Nah, sudah temenan sama ‘penduduk asli’ kan aku bisa numpang tinggal sebentar sama suku mereka sampai aku nemuin tempat tinggal yang layak. Berdoa saja supaya ngga diburu. Hahaha.

  22. saya akan mengeset pikiran saya seperti anak-anak, setiap hari adalah petualangan dan eksplorasi,,,, dari pada berkutat dengan pikiran negatif betapa dingin dan terasingnya di sana, mending berpikiran seperti Masha and the Bear, hehehe, berpetualang, bersama beruang kutub, bersama pinguin, dsb. hidup di sana bisa jadi pengalaman langka, maka hadapi, hayati, nikmati… menjadikan setiap hari sebagai petualangan mungkin menjadi hal terbaik, mengeksplorasi kehidupan kutub, siapa tahu malah bisa menjadi penulis buku, menulis tentang kehidupan kutub, sebuah buku science pasti keren dan bermanfaat, ya nggak?😀

    nama: sayekti ardiyani
    kota : magelang
    twitter: @sayektiardiyani

  23. Nama: Debora Theresia J
    twitter: @borde2707
    kota: Medan

    haha.. Agak tertarik jg sama pertanyaannya.
    Kalok nih ya gue dilempar ke kutub utara, yg mesti gue lakuin itu byk banget fantasi yg ada dipikiran gue. Gue bisa nyimpen ikan tanpa perlu beli kulkas buat nyimpennya, udah gitu bikin usaha es krim atau es batangan ter-enak didunia (ngalahin magnum ahahaha), gue berharap gue bisa jd Princess Elsa yg lagi nyanyi Let it Go ditengah badai salju sambil berharap bisa membuat istana dari es, gue juga pengen ketemu Olaf si manusia salju.
    Trus kan gue juga pengen ngerasain maen ice skating dengan berbagai gaya dance dari Matt Steffanina salah satu choreographer favorit gue, yg pernah gue tonton lewat youtube.
    Gue juga pngen ngelakuin lebih tepatnya membuat cerita (kalo misalnya ada cowok ganteng nyasar dikutub) “100 hari bersama Pangeran Kutub” jyahahahaha..
    Itu aja ya. Sederhana aja sih tp lumayan konyol juga😀

  24. nama : Annisa Ayunda
    akun twitter : annisayunda_
    kota tinggal : Sukabumi

    Jawaban : Berati aku harus bertahan hidup dengan suhu -45F’ dan menjadi bagian dari suku Eksimo dan tinggal didalam rumah mungil unik dari blok-blok es yang disebut igloo. Tidak lupa, berteman dengan anjing-anjing husky untuk diajak berburu mencari makan, daging pokok di kutub utara sana katanya sih daging singa laut (glek) juga saat musim panas tiba saya bisa bercocok tanam di tanah yang lapisan esnya cair. Karena susah mengolah makanan di Kutub Utara, pastilah aku harus mau tidak mau makan dengan secara mentah-mentah. Gaya pakaian ku juga tidak akan jauh dari kulit-kulit hewan berbulu yang akan menghangatkan badan.
    Selain juga (mungkin) bertetangga dengan beruang-beruang kutub putih itu, setiap malam pasti aku akan menatap langit gelap di atas dan menguji keberuntungan apa bisa melihat aurora borealis di langit Kutub Utara

  25. Ditakdirkan di kutub utara apa yg aku lakukan??

    1. Menjelajah dan mengeksplorasi kutub. Mungkin saja ada rahasia dibawah cairan es tebal kutub yg dapat menggemparkan dunia (kebanyakan baca Digital Fortress)
    2. Mengamati pinguin. Salah satu yg tak mungkin saya sesali seumpama ditakdirkan tinggal di kutub adalah bertemu dengan pinguin. Mengamati perilaku, cara beradaptasi dan cara interaksi pinguin merupakan salah satu keinginan saya.
    3. Menikmati Aurora Borealis. Salah satu kebesaran Allah yg tak mungkin kita lihat dari khatulistiwa. (jadi pengen liat Aurora Borealis, biasanya kan muncul di bulan september-oktober)

    (Pristi Wigati, Karanganyar, @ariasty_96)

  26. Nama: Titim Matun Nuraini
    Twitter: @titim_nuraini
    Kota tinggal: Pamekasan, Madura

    Jika aku takdir membawaku ke kutub utara, hal pertama yang akan aku lakukan adalah berkunjung ke masjid Inuvik tempat komunitas muslim di kutub utara berkumpul.
    Alasannya supaya tetap bisa belajar islam dan belajar cara bertahan hidup dalam cuaca yang sangat ekstrem.

  27. Nama: Dimas Rizky Prasetio
    Twitter: @dimasrizkyp
    Kota tinggal: Purwakarta

    tinggal di kutub utara? semriwing pastinya, apalagi klo dibandingkan dengan tinggal di Purwakarta, cuma kalo dilahirkan di kutub utara saya sih gak bisa bayangin. tapi klo ditakdirkan pindah dari purwakarta ke kutub utara, mungkin bisa makan ikan tiap hari, eh tapi ada ikan patin gak yah disana?..

  28. Nama : Ridzki Putri
    Domisili : Jakarta
    Twitter : kikikiki_R

    Jika kamu ditakdirkan hidup di kutub utara, apa yang akan kamu lakukan? Berikan alasannya

    Maka saya akan menjadi suku eskimo karena orang-orang yang mendiami kutub utara adalah suku eskimo maka ketika saya ditakdirkan di kutub utara maka saya menjadi bagian dari suku eskimo. Udara dan air dingin di Kutub Utara memberikan Eskimo termasuk saya banyak makanan. Kita bisa memakan daging singa laut karena jika dioleh daging mereka akan terasa enak.ada ikan paus, salmon maupun hewan-hewan lainnya yang bisa dimakan. Bukankah mencoba sesuatu yang lain dan berbeda akan terasa nikmatnya. Saya juga bersyukur kepada Tuhan bisa hidup di tengah suku terkeren di dunia. Di kutub utara tidak selalu mengalami musim dingin tetapi juga ada musim panas. Di saat musim panas, saya bersama teman-teman suku saya akan berburu hewan darat yang hidup di Kutub Utara. Saya akan menangkap beruang kutub.
    Selain berburu, saya akan sering bermigrasi dan membuat rumah yang berbeda ketika musim panas maupun musim dingin. Saya akan memanfaatkan kulit singa laut untuk membuat tempat berlindung dan membuat rumah salju balok-balok ketika musim dingin. Kulit singa laut selain digunakan sebagai bagian dari tempat tinggal, akan saya gunakan untuk melindungi dari dingin atau memakai kulit beruang kutub untuk menghangatkan tubuh.
    Saya jg akan membantu membuatkan pakaian utk kelompok saya. Tinggal di kutub utara merupakan suatu anugrah karena dapat terhindar dari modernisasi yang menyerang benua-benua di luar Kutub Utara. Pasti menyenangkan bisa berada di sana. Berkumpul, bercanda tanpa harus terbebani dgn jadwal padat nan teratur.

  29. nama: diki siswanto
    twitter: @diki_twips
    kota: masamba

    kalau misalnya saya ditakdirkan hidup di Kutub Utara aku akan mikir dulu, kira kira mau ngapain ya di kutub utara?
    nah, kalau saya udah dapet ide insya Allah nanti saya bakal saya kasih tau deh ke mbak luckty. Soalnya bingung juga mau ngapain di kutub utara. tau sendiri kan disana iklimnya beda sama di sini (Indonesia). kesimpulannya saya masih bingung mau jawab apa mbak luckty. Kalau udah takdir ya di jalanin aja, nggak usah neko neko. bisa bertahan hidup aja udah bersyukur banget. hehee😀 maaf ya mbak kalau komentar sekaligus jawaban saya ini nggak nyambung sama pertanyaannya. Maklum, (sekali lagi) bingung

  30. nama : Ardita Ardyanti
    twitter : @ardyanti18
    kota : Jakarta

    kalau saya ditakdirkan hidup di kutub utara, saya akan mendirikan hotel atau hostel buat para tamu yang datang ke kutub utara, seperti para peneliti atau ilmuwan, mengakomodasi mereka tempat tinggal dengan harga yang lumayan, karena jarang ada orang yang tinggal di kutub utara. Sekalian juga mau bawa sirup cocopandan yang banyak biar bisa minum es tiap hari, juga jgn lupa bikin makanan hangat untuk dijual pada para tamu yang datang, mudah mudahan untungnya lumayan.

  31. nama: risma ariesta
    akun twitter: sayonalaanata1
    kota tinggal: magelang

    hmm.. kalo aku ditakdirkan hidup di kutub utara, mungkin hal pertama yang harus kulakukan adalah bersyukur kepada Allah. karena telah memberiku kehidupan yang luar biasa mengagumkan ini.
    lalu seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa di kutub utara jarang terdapat matahari yang bersinar terik sehari penuh. nah, jika aku ditakdirkan hidup di kutub utara, maka aku akan membangun sebuah laboratorium disana. untuk meneliti dan membuat sebuah penemuan, yang pada akhirnya akan menghasilkan matahari buatan. untuk menerangi kutub utara yang terkenal sangat dingin dan jarang ada sinar matahari di sana. mungkin panasnya global warming di belahan bumi yang lain akan kuubah menjadi bahan penyusun matahari buatan yang ramah lingkungan dan tidak mencairkan es di sana. jadi, terjadi hubungan mutuslisme antara global warming dan aku.🙂 hmmm

  32. Nama: Aufa khairunnisa
    Twitter: aufamod27
    Kota: Cirebon

    Tinggal di kutub utara?

    Mungkin aku akan terus menerus mengeluh jika iya. Karena itu sangat tidak adil. Makan susah, jauh dr teknologi, kedinginan, dan bahkan sulit untuk melihat matahari. Tapi sekalipun terlihat tak adil tuhan pasti punya suatu tujuan tertentu. Jadi, aku akan melakukan suatu hal yang dapat membuatku bahagia tinggal disana dan melakukan hal-hal yang membuatku nyaman sehingga tidak lg mengeluh. Mungkin salah satunya aku ingin melakukan suatu hal agar kutub utara terlihat sangat baik, entah apa pun itu karena orang selalu berfikir bahwa kutub utara adalah tempat yg aneh.

  33. Pertanyaannya adalah jika kamu ditakdirkan hidup di kutub utara, apa yang akan kamu lakukan? Berikan alasannya😀

    Naufal RM
    @NaufalRM
    Tangerang

    Pertama, saya akan bersyukur sekali ditakdirkan seperti itu karena sejujurnya (maap nih agak curhat) masa lalu saya tidak terlalu menyenangkan dan mengikuti saya terus sampai sekarang. Sehingga lebih baik pindah ke tempat lain untuk menjadi diri saya yang baru dan menjalani hidup saya dari 0 lagi. Apalagi ini di Kutub Utara. Saya berubahnya bisa total banget karena beneran jauh dari Tangerang. Kalau bisa malah nggak mau pulang ke Indonesia lagi karena bakal bertemu orang-orang yang cuma bikin saya sedih. Jadi, tolong, Mbak Uti, adopsi saya! #lah #udahbangkotanjuga :p

  34. Nama : Naning Pratiwi
    Twitter : @chelseas_lovers
    Email : chelsea_lovers83@yahoo.com
    Kota : Blitar
    “jika kamu ditakdirkan hidup di kutub utara, apa yang akan kamu lakukan? Berikan alasannya!”

    Apaan yaa.. Main sama pinguin, beruang kutub, sama para gletsernya hingga jadi best friend.. Hihihiihhi…
    Kan, kalau udah deket kayak peranglo.. (wiihh…)
    Mungkin nanti jadi translatornya para beruang kutub, pinguin yang manis-manis dan kumpulan bongkahan gletser itu untuk menerjemahkan isi hati mereka pada masyarakat dunia agar tidak membuat mereka punah dan rusak.. Alias menjaga kelestarian, dan save gletser untuk tidak meleleh sebelum waktunya tiba..😀😀 Asekkk…😀😀😀

  35. Nama: Aya Murning
    Twitter: @murniaya
    Kota: Palembang

    Bikin rumah salju atau rumah es sebanyak-banyaknya, biar kayak perumahan di kutub utara. Supaya ada banyak yang mau datang bahkan tinggal di sana nemenin saya. Boleh juga ditinggali oleh hewan lainnya. Apalah artinya hidup kalau cuma sendirian. Lama-lama bisa jadi gila.😀

  36. Ikutan ah, menang gak menang gak masalah deh😀

    Nama: Safitri Ariyanti
    Akun Twitter: @safitriariyanti
    Kota Tinggal: Kota Metro

    Pertanyaan yang cukup sulit untuk dijawab, Bu.
    Kalau memang aku ditakdirkan hidup di kutub utara sejak lahir, aku akan terbiasa dengan keadaan di sana. Dan tentu saja aku akan terlahir sebagai orang eksimo yang hidup dengan cara saling bekerjasama/gotong royong, kurasa nggak akan ada masalah kalau memang seperti itu. Malahan hidup lebih bermakna, karena kehidupan yang serba terbatas akan membuatku lebih memaknai hidup, gak akan ada juga orang yang sibuk menunduk menatap ponsel ketika diajak berbicara. Aku akan senang.😀

    Tapi kalau aku ditakdirkan hidup di sana karena pindah tempat tinggal, kurasa aku akan membutuhkan begitu banyak peralatan agar bisa bertahan hidup. Atau kemungkinan yang paling masuk akal ya aku harus mencari cara untuk keluar dari kutub utara. Ya gimana, biasa hidup di iklim tropis tiba-tiba berada di wilayah yang suhunya sampai minus 45 derajat. Gak kebayang dinginnya seperti apa.

  37. Nama: Arini Angger
    Twitter: @ariniangger
    Email: ariniangger@gmail.com
    Kota tinggal: Jakarta

    “Jika kamu ditakdirkan hidup di kutub utara, apa yang akan kamu lakukan?”

    Whoaaa jika saya berlabuh disana walnya saya kan selfie dulu untuk mengabadiakn moment yang ada saat itu, apalagi jika tiba- tiba kendaraan yang saya tumpangi untuk samapai kutub tiba- tiba mati dan akhirnya saya ditakdirkan berada disana selamanya. Apakah saya kan mati atau apa yang saya lakukan?
    Saya tak akan tinggal diam dan duduk manis mencari kehangatan, namun saya akan terus mencoba berkarya dengan berbagai hal yang ada disekitar dengan memanfaatkan berbagai alat yang ada. Dan mungkin bilaman disana susah dengan sinyal atau susah untuk mencari stopcontact, maka saya akan menulis keseharian disana dalam sebuah buku dan menulis berbagai lagu. Saya akan terus berkarya pokoknya dalam keadaan apapun yang ada disana. Jadi jangan anggap dengan kau ditakdirkan hidup dikutub lalu kau akan mati dan tinggal diam. TIDAK. Kau bisa mulai berdiskusi dengan alam, mencari kehangatan sendiri, dank au akan bisa menjadi seorang yang mandiri dan menjadi manusia seutuhnya dalam keadaan selalu dingin.

  38. Nama: Cahya
    Twitter: @chynrm
    Domisili: Palembang

    Kalau aku ditakdirkan hidup di kutub utara, aku mau menjinakkan si beruang kutub yang lucu itu. Aku sadar kalau hidup di sana sangat dingin dan aku tidak boleh kedinginan apalagi sampai kena hipotermia. Jadi, kalau si beruang kutub sudah jinak maka dia bisa dijadikan teman main, bisa juga jadi pemburu buat hunting makanan, dan bisa dijadikan ‘peliharaan’ yang enak dipeluk sebagai penghangat di kala kedinginan. Ehehehe

  39. Nama : Eka Sulistiana
    Twitter : @ekasulistiana24
    Kota Tinggal : Palembang

    Jawaban :
    Yang akan saya lakukan jika ditakdirkan untuk tinggal di kutub utara, yaitu mempelajari terlebih dahulu mengenai kehidupan di sana. Mengenal lebih dalam tentang suku Eskimo, terutama cara mereka bertahan hidup, yaitu dalam mencari makanan. Setelah itu, hal yang harus saya lakukan yaitu beradaptasi. Mau tidak mau, suka tidak suka, saya harus berusaha menyesuaikan diri dengan lingkungan di sana, yang bisa dikatakan sangat berbeda dengan kehidupan normal di belahan bumi lainnya. Cara suku Eskimo dalam mencari makanan dengan cara berburu dan memakan hasil buruannya tanpa dimasak terlebih dahulu, mungkin akan menjadi hal tersulit yang akan saya lakukan. Masalah kesehatan tentu menjadi pertimbangannya. Selain itu, suhu yang sangat rendah menjadi masalah yang tak kalah besar bagi saya. Tubuh juga akan menjadi lemah, letih, lesu, lunglai, karena jarang terpapar sinar matahari. Mungkin jika sejak lahir saya sudah ada di sana, hal itu tak akan pernah dipermasalahkan. Namun, jika saya baru saja hijrah dari belahan bumi lain yang suhunya cukup tinggi, di Indonesia misalnya, saya akan kesulitan untuk menjaga agar tubuh tetap hangat. Tapi, persiapan yang baik sebelum saya berangkat ke sana mungkin akan sedikit membantu. Seperti mempersiapkan berbagai pakaian hangat yang akan saya kenakan di kutub utara. Intinya, seperti pepatah bilang, ‘Ala bisa karena biasa’. Meski sulit, lama-kelamaan saya akan terbiasa dengan lingkungan di sana.

  40. Nama: Bintang Maharani
    Akun twitter: @btgmr
    Kota tinggal: Palembang

    Bikin kampanye ke seluruh benua supaya ada yang pada mau tinggal nemenin aku di kutub utara. Apalah artinya hidup sendirian di sana yang tak ada mall, tak ada tempat karaoke, tak ada sauna. Mungkin matiku akan lebih mengenaskan dibanding Will Smith yang ngeledakin diri sendiri di film I Am Legend untuk membakar para zombie. Maka kehangatan dari kebersamaan dengan teman-teman itulah yang bisa jadi pengobat sepinya kesendirian.🙂

  41. Nama: Regina Kencono Putri
    Akun twitter: @inase_michaelis
    Kota tinggal: Sidoarjo

    Aku kalo hidup di Kutub Utara pengen banget bisa ketemu dan main2 sama beruang kutub.
    Habis mereka putih dan lucu banget,kayaknya juga empuk dan lembut super
    Aku juga pengen belajar bikin patung es sama meneliti es di sana
    Pengen juga wujudin cara mudah manusia nggak mati meski beku gara-gara tenggelam di lautnya

  42. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    Karangasem, Bali

    Kalau ditakdirkan hidup di kutub utara, aku akan menerimanya. Bukankah takdir itu adalah jalan terbaik yang ditunjukkan oleh Tuhan pada umatnya. Entah itu akhirnya kita menyukainya atau nggak. Jadi mau nggak mau harus belajar adaptasi, beli pakaian hangat sebanyak-banyaknya. Ngumpulin kayu bakar biar bisa buat perapian. Persiapan obat-obatan juga deh.Setidaknya harus berusaha jangan sampai sakit atau mati karena kedinginan dan kelaparan

  43. Margareth Dwiyanti Simatupang
    @mds1708_
    Medan, Sumatera Utara

    yang saya lakukan jika ditakdirkan tinggal di kutub utara ialah tentunya beradaptasi. saya harus bisa menyesuaikan diri dengan kerasnya kondisi alam. tinggal di kutub utara sangat menantang, tidak semua orang bisa ke sana. dan jika aku ditakdirkan ke sana, aku adalah orang yang spesial. oleh sebab itu aku harus berdoa pada Tuhan. “jadikanlah pengalamanku tinggal di sini menjadi berkah bagiku dan bagi semua orang. jangan buat orang susah karena keberadaanku di sini, tapi jadikanlah orang senang dan bahagia karna ku disini. ini adalah berkat dariMu yg memberi ku kesempatan tinggal di sini, maka aku akan selalu bersyukur padaMu. bantu aku Tuhan, kiranya aku mampu bertahan”

    doalah yg membantuku beradaptasi di sana kelak. aku yakin, apapun yang ku lakukan akan berguna bagi orang banyak jika aku mampu beradaptasi.
    ketika aku sudah mampu beradaptasi, kerasnya lingkungan hidupku tidak akan menjadi masalah. dengan begitu, akupun mampu melakukan kehidupan sehari-hari seperti mencari makan. sembari itu, aku tak mau hidupku di kutub utara sia-sia. aku ingin mrngabadikannya dengan foto-foto menarik serta penelitian baru yang menakjubkan.

    setelah semuanya berbuah hasil, tak lupa aku berdoa lagi. “berkatMu yang mampu membuatku bertahan di sini Tuhan. terimakasih”

  44. Nama : Hary Gimulya
    Twitter : @angels_rutherfo
    Kota : Bandung

    Jika aku ditakdirkan hidup di kutub utara, hal yang aku lakukan adalah berpetualang.
    Yup, aku akan menjelajahi setiap sudut kutub utara dan berusaha menemukan hal-hal unik dan menarik dari kutub utara ini.
    Dan tentu saja karena aku hidup di kutub utara, aku pun secara otomatis menjadi bagian dari suku eskimo.
    Untuk bertahan hidup, sebagai suku eskimo aku akan mencari makan dengan cara berburu ataupun memancing ikan.
    Hidup di alam merupakan suatu keasyikan tersendiri, sehingga harus dirasakan sensasinya.:)
    Sebagai tempat istirahat, aku akan tidur di dalam rumah Igloo.
    Rumah Igloo ini cukup unik karena bentuknya seperti dome yang dengan material semuanya dari es dengan pintunya yang berbentuk silinder.
    Walaupun semua konstruksi rumah ini dari material es namun sangat kuat dan kokoh lho karena esnya tak mudah mencair.
    Igloo pada umumnya dibangun saat datangnya musim dingin, dengan tujuan sebagai pelindung dari dinginnya udara serta menghindari adanya serangan
    dari binatang buas. Nah gimana, apa kalian sudah tertarik untuk tinggal di kutub utara dan menjadi seorang petualang seperti aku disana?:)

  45. Nama : Shiela Hartiningtyas
    Twitter : @ruth_shiela
    Kota tinggal : Bandung

    jika kamu ditakdirkan hidup di kutub utara, apa yang akan kamu lakukan? Berikan alasannya.

    Aku tidak pernah membayangkan hidup di daerah kutub utara sana.
    Aku merasa tidak ada yang menarik di kutub utara karena yang bisa dilihat di sekelilingnya hanyalah bongkahan es.
    Selain itu aku pun alergi terhadap udara dingin.
    Tinggal di Bandung saja, di saat udaranya benar-benar sedang dingin aku sering mengalami alergi.
    Apalagi tinggal di daerah kutub utara.
    Oleh karena itu, jika memang aku ditakdirkan hidup di kutub utara, aku akan mencari jalan keluar pergi dari sana.
    Aku akan membuat sebuah perahu rakit, menyiapkan perbekalan, setelah itu dengan perahu yang kubuat aku akan menyusuri lautan untuk bisa
    keluar dari kutub utara.
    Lebih baik aku berusaha survive di lautan daripada tinggal di kutub utara.
    Aku yakin dengan usahaku, aku bisa keluar dari kutub utara dan menemukan daerah yang lebih baik.

  46. Nama : Hardiyanti Rifai
    Twitter : @DYANIZTAS
    Kota Tinggal : Makassar

    Hmm… hal yang dirasakan oleh Sam itu hampir mirip denganku. Kami sama-sama menyimpan luka akibat trauma atau kejadian masa lalu, meskipun pengalaman yang membuatku terluka itu berbeda dengan Sam. Intinya, kami sama menutup diri khususnya terhadap laki-laki dan selalu merasa khawatir terhadap orang lain yang mencoba dekat.

    Apa yang aku lakukan jika ditakdirkan tinggal di kutub utara?
    Kutub utara.. tempat yang ekstrem untuk kehidupan, tapi memang tempat yang cukup damai untuk melarikan diri dari masalah.
    Kutub utara.. jujur aku takut jika ditakdirkan tinggal di sana dan aku juga tidak mungkin mengajak orangtua tinggal di tempat seperti itu. Jadi tentu saja aku akan ke sana sendiri.
    Pertama-tama yang kulakukan adalah mencari cara untuk bertahan hidup tentu saja and kalo ada pekerjaan yang bisa kulakukan di sana, aku akan bekerja supaya tidak mati bosan.
    Kedua, mencari teman? Siapa tahu di sana ada orang yang bernasib sama jadi bisa saling sharing.. hahaha
    Ketiga, mungkin melakukan research tentang hal apa saja yang terdapat di kutub utara. Siapa tahu aku bisa jadi ilmuwan hebat yang berasal dari kutub utara. Hahahahahha

    Sebenarnya, sejauh-jauhnya kita pergi, kita tidak akan pernah terhindar dari masalah. Jadi daripada pusing mencari tempat melarikan diri apalagi di kutub utara, lebih baik kita menghadapi masalah itu karena di sekeliling kita masih banyak orang yang peduli terutama orangtua ataupun keluarga. Tanpa sadar kita mengabaikan berbagai keadaan positif di sekitar kita karena selalu terfokus dengan masa lalu yang membuat kita sulit percaya dengan orang lain. Bahkan orang yang benar-benar peduli kita takut untuk memercayainya dan bisa jadi itu membuat kita semakin kehilangan.
    Yah kalo diibaratkan,, hati yang membeku seperti dinginnya es di kutub utara!

  47. Nama : Alifa Nanda Tarina
    Twitter : @_alifananda
    Alamat : Ampah, Kalimantan Tengah
    Jawaban : aku sih sederhana aja ngabisin hari2 aku dengan pujaan hati disana hidup berdua di kutub utara itu hal yang wow bingitss. Itu aja

  48. Nama: Leny H
    twitter: @Lenny66677291
    kota: Rantau, Kalimantan Selatan
    yang namanya takdir, ya mau bagaimana lagi. Yang pasti sih, ya jalani saja dengan baik dan nikmati semuanya. Karena kan kalau Tuhan menakdirkan kita hidup disana,ya pasti ada alasannya. Jadi ya dinikmatin saja lah dan juga lakukan yang terbaik.

  49. Pingback: Daftar Bacaan tahun 2015 | Luckty Si Pustakawin

  50. Sam representasi dari orang-orang yang hidup berbeda karena tuntutan tekanan hidup.

    Apa Rasmus bisa membuat Sam membuka hatinya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s