[BLOGTOUR] REVIEW Re-Write + GIVEAWAY

PicsArt_11_10_2015_23_10_46[2]

“Dalam cinta dan peduli, kau akan terluka. Dalam susah dan senang, kau akan terluka. Itu adalah harganya. Kita akan terluka karena dan oleh orang yang kita kasihi.” (hlm. 153)

Beth selalu melihat yang terbaik dari sisi seseorang. Ia tak percaya bahwa orang yang ia kenal bisa bersikap buruk atau licik. Sejak dulu selalu begitu. Jika kakaknya, Sheila bersikap praktis dan realistis seperti Papa, Beth meniru optimisme dari Mama. Ia selalu percaya ada harapan, bahkan di situasi yang paling buruk dalam hidup seseorang. Untuk Sheila, harapan tak lebih dari cara seseorang membohongi diri sendiri. Untuk Beth, itu caranya bertahan melewati waktu. Dengan mempertahankan impiannya.

“Kamu selalu bilang ya kalau Jared meminta sesuatu. Seumur kamu dekat dengan cowok itu, aku nggak ingat kapan kamu pernah bilang nggak.” (hlm. 72)

“Dia takkan pernah menolak permintaanku. Dia terlalu polos, dan terlalu mencintaiku untuk dapat menolakku.” (hlm. 148)

Beberapa tahun terakhir, Jared selalu menghiasi mimpi Beth. Ya, mereka kenal sejak bangku sekolah hingga kini mereka kuliah. Jared bukanlah pacar Beth, tapi hanya teman. Meski begitu, Beth selalu ada untuk Jared. Beth tidak pernah berkata tidak saat berhadapan dengan Jared, sekalipun itu adalah hal yang susah bagi Beth, termasuk menggantikan tugas Jared di FashionSheet. Jared beralasan dia butuh pekerjaan ini sementara dia harus selalu mendampingi Gwen pacarnya. Beth adalah salah satu cara agar bisa mempertahankan hubungannya dengan pacarnya itu dan pekerjaannya.

“Berilah dia kesempatan. Lagipula Rick, separuh dirimu berasal dari Indonesia. Apa yang menyebabkanmu membenci mereka?” (hlm. 30)

“Mungkin awalnya nggak gampang buat kamu mengerti Rick, Beth. Tapi setelah kamu melewati titik itu, aku jamin kamu akan menyukainya.” (hlm. 33)

Ketika seseorang jatuh cinta, biasanya akan membutakan segalanya. Seperti yang dialami Beth. Meski kakaknya, Sheila selalu menegurnya karena selalu memenuhi permintaan Jared, Beth tetap tak kuasa menolaknya dengan alasan karena Jared hanya satu-satunya lelaki yang diberikan ruang dalam hatinya. Beth ini hidupnya konstan banget. Bahkan kaos kaki yang dimilikinya pun semua berwarna sama; abu-abu. Seperti itulah hidup Beth, tidak mau merasakan kehadiran warna lain yang bisa mewarnai hari-harinya.

Membaca kisah Beth ini jadi teringat beberapa pengalaman teman, malah yang rata-rata justru cowok. Saat duduk di bangku SMA, sahabat saya, suka banget ama cewek di kelas kami. Apa pun dilakukan demi cewek itu, bahkan yang paling saya ingat adalah ketika sang cewek idamannya itu ketinggalan buku PR Matematikanya, dia rela memberi buku PR-nya untuk si cewek, sementara dia di hukum karena dianggap tidak mengerjakan PR. Ternyata nggak cuma teman saya itu yang berharap, ada beberapa cowok lainnya yang juga berperasaan sama. Siapa sangka, pas kelas 3, si cewek malah jadian ama mantan pacar sahabatnya sendiri. Yang ngenes lagi, pas lulus kuliah, si cewek akhirnya malah nikah ama teman sekantornya. Drama banget macam sinetron x))

Pas kuliah pun juga pernah punya teman setipikal Beth, dan lagi-lagi cowok. Si cewek yang juga satu kelas dengan kami ini selalu meminta pertolongan jika membutuhkan. Pas nggak butuh, kadang malah pura-pura nggak kenal. Duh, saya dan juga teman-teman yang lain jadi gemas melihatnya. Kasihan teman saya ini cintanya gak bersambut, dimanfaatkan pula. Pengen getok si cewek ini x))

Ternyata saya pun kena batunya, saya pun pernah mengalaminya setelah lulus kuliah. Ni cowok udah kita bantuin dari jaman susah. Pas susah juga selalu ngehubungi. Giliran udah sukses, langsung lupa gitu aja. Nanti kalo susah, kontak lagi, bye bye sajalah manusia macam ini. Kalo istilah jaman anak sekarang namanya; PHP alias Pemberi Harapan Palsu x))

Beberapa kalimat favorit dalam buku ini:

  1. Life slips by so quickly. Make every second counts. Do not waste your life staring at your phone’s screen. (hlm. 48)
  2. Memotret makanan dan tempat-tempat indah yang kita datangi itu menyenangkan. (hlm. 199)
  3. Kau perlu bahu untuk bersandar. Telinga untuk bisa mendengar. (hlm. 130)
  4. Dengan menggugah gambar di instagram, atau menulis sepotong status di twitter, suatu saat ketika kau me-scrolltimeline-mu, kau akan mendapatkan kenangan itu. Momen bahagiamu. (hlm. 200)
  5. Ketika kau mencintai seseorang, terluka adalah syaratnya. Itu adalah harga yang harus dibayar. Kau akan terluka, oleh dan karena orang yang kaukasihi. (hlm. 231)
  6. Hidup tak berhenti ketika kita kehilangan. Kita harus tetap berjalan, sesakit apa pun itu. Hanya saja percayalah, waktu memudarka luka. Percayalah itu ketika hatimu sakit. (hlm. 248)

Beberapa selipan sindiran halus dalam buku ini:

  1. Jangan terlalu serius menghadapi hidup. Kamu masih muda. (hlm. 41)
  2. Tak usah sinis begitu. (hlm. 49)
  3. Jangan berlagak seperti orang dewasa jika kau tidak bisa bersikap seperti mereka. (hlm. 56)
  4. Jangan pernah menaruh kunci kebahagiaanmu di tangan orang lain, selain dirimu sendiri. (hlm. 82)
  5. Kau tak perlu melakuka hal yang tak ingin kaulakukan demi orang lain. Jangan merendahkan dirimu sedemikian rupa pada laki-laki. Seberapa dalam kau mencintai mereka. (hlm. 117)
  6. Penyesalan seharusnya tidak perlu terjadi. Penyesalan hanyalah permainan kenangan. (hlm. 134)
  7. Kau tak pernah tahu kapan waktu seseorang usai di dunia. Jangan menyalahkan dirimu sendiri. (hlm. 226)

Ini buku kedua dari Emma Grace yang saya baca, sebelumnya ada Pay it Forward. Ceritanya selalu sendu. Mengambil benang merah yang sama; sebuah proyek unik dan masalah keluarga. Jika di Pay it Forward kita diajak mengikuti permainan seperti judul buku tersebut yang artinya kita diberi orang lain dan nantinya kita balik memberi kepada orang yang lainnya lagi, di buku ini membahas proyek di website FashionSheet yaitu dengan cara dalam periode waktu tertentu, setiap unggahan ucapan selamat dari pembaca akan diposting di twitter. Kemudian pada hari anniversary, akan diumumkan siapa yang meng-upload ucapan selamat hari jadi paling unik dan nantinya akan dipilih tiga pemenang paling unik, ini akan menaikkan klik portal website tersebut. Unik ya idenya…😉

Keterangan Buku:

Judul                                     : Re-Write

Penulis                                 : Emma Grace

Editor                                    : Tri Saputra Sakti

Desain sampul                   : Eduard Iwan Mangopang

Penerbit                              : PT. Gramedia Pustaka Utama

Terbit                                    : 2015

ISBN                                      : 978-602-03-2115-8

blogtour rewrite

MAU BUKU INI?!?

Simak syaratnya:

1. Peserta tinggal di Indonesia

2. Follow akun twitter @lucktygs dan @emmagrac3 Jangan lupa share dengan hestek #GAReWrite dan mention via twitter.

3. Follow blog ini, bisa via wordpress atau email.

4. Jawab pertanyaan di kolom komentar di bawah, plus nama, akun twitter, dan kota tinggal. Pertanyaannya adalah jika kamu sudah tahu di PHP, tetap maju untuk bersama dia atau mundur teratur? Berikan alasannya😀

5. Giveaway ini juga boleh di share via blog, facebook, dan sosmed lainnya. Jangan lupa sertakan hestek #GAReWrite yaaa… 😉

Event ini gak pake helikopter, eh Rafflecofter yang ribet itu. Jadi pemenang ditentukan dari segi jawabannya yaaa… ( ‘⌣’)人(‘⌣’ )

#GAReWrite ini berlangsung enam hari saja: 14-19 Oktober 2015. Pemenang akan diumumkan tanggal 22 Oktober 2015.

Akan ada SATU PEMENANG yang akan mendapatkan buku ini. Hadiah akan langsung dikirimkan oleh penulisnya! ;)

Silahkan tebar garam keberuntungan dan merapal jampi-jampi buntelan yaaa… ‎(ʃƪ´▽`) (´▽`ʃƪ)!

-@lucktygs-

54 thoughts on “[BLOGTOUR] REVIEW Re-Write + GIVEAWAY

  1. Nama : Ratnani
    Twitter : @ratnaShinju2chi
    Kota : Jepara

    jika kamu sudah tahu di PHP, tetap maju untuk bersama dia atau mundur teratur? Berikan alasannya

    Jawab : Saya memilih mundur teratur. Alasannya simpel. Daripada saya sakit hati, makan hati dan digantungin mulu. Orang yang suka PHP lebih baik ditinggalkan dan memilih yang jelas-jelas saja.

    Jadi ingat dulu pernah dih dekat sama teman cowok. Dia baik perhatian. Pintar pula. Itu lah yang dulu membuat saya kagum. Tapi setelah tahu dia itu tukang PHP saya langsung deh menjauh. Nggak mau ah dekat-dekat. Nanti makan hati. Dulu aja kalau butuh sesuatu dan lagi nggak ada teman dengan santainya menghubungi saya. La, saya kalau bisa bantu sih bantu aja. Simple. Tapi lama-lama ngerasa juga. Nih orang cuma memanfaatkan keluguan yang saya miliki. Buktinya selain dekat dengan saya dia pun dekat dengan banyak cewek lain dan selalu ngegombal. Hadeh. Ya sudah sejak menyadari itu, lansung pasang antipati. hehh

  2. Ikutan ya Mba Luckty n Mba Emma🙂
    Nama : Desi Namora
    Akun twitter : @namoradesi
    Kota tinggal : Bogor
    Jawaban pertanyaan: Kalo sudah tahu di PHP in, aku mending milih mundur teratur atau sekalian mundur cantik aja deh hehe.. alasannya sama saja dengan menenggelamkan diri ke kubangan hitam penuh duka a.k.a bunuh diri. Kenapa harus memuja-muja orang yang sudah jelas-jelas gak bisa membuat hati bahagia. Kenapa harus mengundang sesuatu yang pasti akan mengiris luka di hati. Mending banyak berharap sama Tuhan saja biar dia jauh-jauh dari kehidupan kita. Orang yang suka PHP-in orang, agak susah diubah karena sudah menjadi karakter dalam dirinya, banyak-banyak kecewain deh pokoknya. Moga kita dijauhkan sama orang yang suka PHP.

    Wish me Luck🙂

  3. Nama : Angelina Arum Wulandari
    Twitter: @angeliaaw249
    Domisili: Surabaya

    “Jika kamu sudah tahu di PHP, tetap maju untuk bersama dia atau mundur teratur? Berikan alasannya.”

    Kalau aku itu tipikal orang yang jangan diajak cari gara-gara hehehe. Ya memang aku keliatannya baik, banget, kalau sudah kenal tapi kalau belum, muka manisku keliatan judes *sedih*. Tapi beneran deh, jangan cari masalah sama Lina, soalnya kalau aku sudah marah kata-kataku pedes, nancep di hati tapi apa yang aku katain itu benar adanya. Meskipun aku marah aku masih bisa mikir logis loh hehehe jadi pasti tengkar sama aku itu bermanfaat banget untuk menyadarkan diri sendiri *gak ding* hehehe. Halah kok aku malah curhat. Jadi kalau misalnya aku di PHP-in, aku nunggu dulu agak lama sampek aku bener-bener dapet informasi yang bisa gebrak tuh orang. Ya memang aku bakal sakit hati, but hey aku disakitin terus aku harus begitu aja mundur? Gak, yang kamu sakiti itu hatiku dan mukamu yang gantian bakal sakit *canda kakak*. Kadang orang yang nge-PHP-in orang itu emang gak sadar kalau baru me-PHP-kan orang *bingung kan*. Jadi kita sebagai korban jangan malah nyalahin dia, kita harus buat dia sadar kalau dia salah karena aku sendiri gak mau ada cewek lain yang dia sakitin dan aku juga gak mau dia di cap jelek sama orang-orang *nurunin harga diriku yang pernah suka sama dia dong, realistis* So aku bakal maju timik-timik ehehehe.

    Hehehe gitu aja deh kak, makasih ya😀

  4. Nama: Yuliza Sachira
    Twitter: @zasachi
    Kota Tinggal: Kota Binjai-SUMUT

    Pertanyaannya: jika kamu sudah tahu di PHP, tetap maju untuk bersama dia atau mundur teratur? Berikan alasannya!

    Jawaban saya: Mundur dengan pasti. Alasannya satu aja sih, saya gak mau menghabiskan waktu saya untuk sesuatu yang gak jelas. Lebih baik saya membuka hati untuk seseorang di luar sana yang bisa menerima saya dan tulus mencintai saya 😊
    Dan buat kamu2 yang cuma bisa PHP-in orang, sana gih ke Mars aja! 😝😝

  5. Nama lengkap: Safitri Ariyanti
    Akun twitter: @safitriariyanti
    Kota Tinggal: Metro

    Jawaban: Sejujurnya, meskipun udah tahu kalau di-PHP-in, aku pasti tetap aja penginnya maju bersama dia, tetap berharap akan ada akhir yang bahagia. Karena kalau sudah terlanjur suka apalagi cinta, otak rasanya nggak berfungsi untuk mencerna realita. Maunya hati kudu dituruti. #Eaaa.

    Tapi, rasanya di-PHP-in tuh krenyes-krenyes kayak sariawan dikasih albothyl, sakit dan perih gitu. Jadi, sebisa mungkin aku akan berusaha mundur teratur *sebisa mungkin*. Karena kalau maksa maju pun percuma, nggak bakalan ada akhir yang bahagia.

  6. Nama lengkap: Pretty Angelia Wuisan
    Akun twitter: @prettywuisan
    Kota Tinggal: Bogor

    Kalau aku tahu aku diphp-in dari awal, aku bakal tinggalin. Karena pengalaman diphp-in cowok dua tahun, tau-tau dia punya pacar baru, tanpa ngasih kejelasan ke aku. Ya, mungkin karena awal-awal aku berusaha buat sabar, nunggu dia maju duluan, meski udah berkali-kali aku kasih kode. Aku juga mau minta kejelasan udah muak duluan, kesannya kayak aku ngemis2 cinta ke dia, jadi yasudah biarkanlah. Itu artinya memang dia nggak baik buat aku hoho.

    Nunggu orang yang nggak jelas itu makan hati, sama makan waktu, seriusan -,-. Tapi ada hikmahnya sih, aku jadi punya ide bikin novel php dari pengalamanku ini hehe

  7. Nama: Eni Lestari
    Twitter: @dust_pain
    Domisili: Malang

    Jika kamu sudah tahu di PHP, tetap maju untuk bersama dia atau mundur teratur? Berikan alasannya!

    pertanyaannya bikin aku inget someone *nostalgia* oke, fokus. jawabannya jelas, aku akan mundur teratur. PHP itu gak enak banget, cuma bikin sakit hati. buang2 waktu, tenaga, dan biaya juga. daripada hasilnya entar percuma dan sia2, mending menjauh dari orang yang suka PHP. mending sama yang pasti2 aja. atau mending single sambil nunggu the right man datang dalam kehidupan kita🙂

  8. Nama: Alfa Y. (Icha)
    ID Twitter: @kardusepatu
    Kota: Jogja

    Kalau sudah tau di-PHP…hmm…bada 2 pertimbanganku:

    1. Jika aku memang punya perasaan serius padanya, aku akan mundur. Jelas karena aku tak ingin perasaanku yg serius dibalas dengan main-main, bikin capek hati aja. Siapa pula yang mau dipermainkan?

    2. Jika perasaanku tak begitu serius (cuma sebatas naksir), aku tak akan ambil pusing. Aku akan tetap menjalani hubunganku dengannya secara santai. Toh kami tak sama-sama serius. Aku tak keberatan dia mem-PHP aku, karena aku pun sebenarnya tak membutuhkan harapan apapun darinya. Hehehe~

  9. Nama : Alifa Nanda Tarina
    Twitter : @_alifananda
    Alamat : Ampah, Kalimantan Tengah
    Pertanyaan : Jika kamu sudah tahu di PHP, tetap maju untuk bersama dia atau mundur teratur? Berikan alasannya!
    Jawaban : Tetap maju. Alasannya setiap manusia pasti bisa berubah.. Aku sih slalu ngasih kesempatan buat orang untuk berubah. Tapi kalo dia gak berubah jugaa ya udah tinggalin aja.. Masih banyak kok diluar sana yang jauh lebih baik dari dia..

  10. Nama: Fitra Aulianty
    Twitter: @fira_yoopies
    Domisili: Pekanbaru

    Mundur teratur.
    Yang namanya diphpin pasti gak enak banget. Apalagi setelah sering dengar cerita dari beberapa orang yang berjuang di tengah php yang dialaminya, sebagian besar hasilnya cuma makan hati dan nangis karena pada dasarnya tukang php emang gak pernah peduli sama korbannya. Yang dia tahu cuma dia puas dan gak nganggap apa-apa lagi.
    Selain itu, banyak korban php yang jadi mati rasa karena trauma diphpin, sulit dibayangin pokoknya.
    Jadi daripada diphpin lebih baik nyari yang pasti-pasti aja karena manusia adalah makhluk penuh kepastian.

  11. Nama : Ardita Ardyanti
    Twitter : @ardyanti18
    Kota tinggal : Jakarta

    Jika kamu sudah tahu di PHP tetap maju bersama dia atau mundur teratur ? Berikan Alasanya!

    Jawaban :

    Menurut saya lebih baik mundur teratur, untuk apa dilanjutkan lagi jika sudah tahu kalau kita hanya diberikan harapan palsu. Kita seperti orang yang dibodohi saja jika kita sudah tahu dia hanya mempermainkan perasaan kita. Terutama kita yang perempuan, janganlah segitu cintanya sampai sampai kita rela dibodohi oleh laki-laki, masih banyak laki-laki di luar sana yang lebih baik. Semoga kita semua mendapat pasangan yang baik dan bukan PHP. Amin😀

  12. Nama: Furia Ega Tyas S
    Twitter: @egatyas
    Kota: Yogyakarta

    Jawaban:
    Wah, Kak, yang namanya di PHP-in itu pasti enggak enak banget. Dan kalau disuruh milih, aku pilih tetap maju bersama dia, walau udah tau dia PHP. Ya bagus dong, kalau udah tau dia PHP, kita gak akan lagi berharap lebih dan lebih bisa menerima keadaan. Dengan tetap bersama dia, kita bisa sekaligus belajar dewasa, bahwa tidak selamanya apa yang kita mau bisa kita dapatkan dengan mudahnya. Kali aja, setelah tetap maju bersama, dia lama-kelamaan tidak PHP lagi, malah jadi beneran dibalas harapan yang kita punya itu. Hehehehe.

  13. Nama : Tiara
    Twitter : @tirr_
    Kota : Jakarta Timur

    Jawaban dari pertanyaan:
    Tetap maju pantang mundur! apalagi kalau cinta pertama, rasanya harus diperjuangin sampe akhir. Walaupun udah tau di PHP-in itu rasanya ga enak, tapi tetep positive thinking dan masih menyimpan harapan bahwa mungkin suatu saat keadaan menjadi berubah. Gue bakal usaha sebaik dan setulus mungkin untuk menjadi yang terbaik bagi dia, karna hasilnya pasti akan sebanding dengan usahanya. Setelah usaha, yang pasti adalah berdoa. Percayakan aja semuanya kepada Tuhan. Kalau memang dia buat gue, Tuhan pasti buka jalan supaya dia berubah dan sadar. #Amin . Dan kalau memang tidak, biar Tuhan yang menjauhkannya. Terus dijadikan pelajaran deh, gue bisa jadi lebih ikhlas dan tulus dalam menjalani segala hal, gue bisa mengerti kharakteristik cowo yang semacam itu lagi. hahaha:D

  14. Nama : Asri Rahayu MS
    Twitter : @princessashr
    Kota tinggal : Yogyakarta

    Jika kamu sudah tahu di PHP tetap maju bersama dia atau mundur teratur ? Berikan Alasanya!

    Jawaban :

    Menurut aku, aku akan memilih untuk mundur teratur. Bukan tak ingin memperjuangkan kisah bersama dia yang memPHPkan aku. Tapi, lebih kepada kepastian yang didapat jika bersama dia. Mungkin bisa saja sekarang ini aku di PHP sama dia, kemudian selang beberapa waktu dia tak lagi memPHP aku, kemudian beberapa waktu kemudian di PHP lagi. Nggak ada kepastian yang pasti kalau seperti ini. Berarti dia memang tak serius menjalin hubungan denganku dan hanya mempermainkan aku. So, buat apa tetap bertahan dengan orang yang memPHP kita kalau di luar sana masih ada orang yang mau memberikan kepastian untuk kita.

  15. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    kota tinggal: Serang

    Pertanyaannya adalah jika kamu sudah tahu di PHP, tetap maju untuk bersama dia atau mundur teratur? Berikan alasannya.

    Jawaban:
    Aku bukan orang yg mau buang-buang waktu soal urusan hati.
    Dari dulu kalau ada cowok yg suka sama aku tapi aku gak tertarik, aku langsung menjauh dan gak akan kasih harapan semu sama cowok itu.
    Otomatis, kalau aku tahu di PHP-in cowok, aku pasti milih mundur!
    Aku gak mau tersakiti oleh perasaanku sendiri yg bertepuk sebelah tangan. Aku gak mau membuang waktu, perasaan, juga pikiran hanya untuk sesuatu yg gak pasti, apalagi untuk orang yg gak menghargai perasaan kita seperti cowok tukang PHP itu! Masalah hati/cinta itu gak bisa dipaksakan.
    AKu hanya akan berpikir kalau kami tidak berjodoh, itu saja!
    Dengan begitu aku bisa lebih berlapang hati menerimanya.🙂

  16. Nama: Musdalifah Putri
    Akun twitter: @MusdalifahYeaa
    Kota tinggal: Tangerang Selatan

    Kalau udah tau di PHP pasti aku mundur. Tapi kan yang namanya penyeselan itu datangnya di akhir. Ya aku pun tidak tahu pernah di PHP in atau tidak, tapi pasti aku tau rasanya. Terkadang PHP itu bukan muncul karena orang itu suka memberikan harapan tapi karena diri sendiri juga yang terlalu berharap terlalu tinggi. Rasanya seperti dijatuhkan ke tebing yang curam. Lebih baik kalau udah tau di PHP sama seseorang, lebih baik bikin draft orang yang mau di gebet deh. Biar kalau udah tau di PHP in masih banyak yang lain. Masih banyak orang di luar sana menunggu senyum manis mu!!😀

  17. Nama: Fanda Rosa
    Twitter : @FandaRosa
    Kota : Lamongan,Jatim

    Jika kamu sudah tahu di PHP, tetap maju untuk bersama dia atau mundur teratur?

    Kalau aku bakal mundur teratur dan berusaha move on, bukanya cinta nggak bisa dipaksa? Karena kalau kita tetap maju memperjuangkan si dia malah nyakitin diri sendiri . namun sebelum move on setidaknya kita harus berjuang dulu memastikan apakah dia sebenarnya punya perasaan nggak sama kita,kali aja perasaan kita nggak bertepuk sebelah tangan.

  18. nama: pramestya
    akun twitter: @p_ambangsari
    kota tinggal: temanggung

    Mundur teratur, pasti dan cepat. Aku benci orang yang suka ngasih harapan tapi ternyata cuma omdo. Ngapain juga menyerahkan diri buat disakiti, mending sendiri tapi hepi. Udah sering di PHP, jadi udah bosen, muak, overdosis.

    Aku juga harus mundur cepat dan pasti, biar dia nggak tau kalau aku udah tau dia nge-PHP aku. Kalau dia tau, dia pasti ngeles, nyari cara biar aku nggak pergi, obral gombalan (pede bener?? Lha iya, kalau udah nge PHP berarti cuma main2, dan dia pasti nggak mau kalah).

    Alasan mundur lainnya: mau nunggu jodoh yang pasti buat selamanya. Jodoh yang imbang/sebanding denganku.
    Aku nggak butuh orang yang kayak gitu! Sampah kehidupan😀

  19. Nama: Mela Anjar Mustika
    Akun Twitter: @mela1100_
    Kota: Bogor

    Pertanyaannya adalah jika kamu sudah tahu di PHP, tetap maju untuk bersama dia atau mundur teratur? Berikan alasannya.

    Jawaban:
    MUNDUR TERATUR. Karena aku ngga mau susah payah buat ngilangin rasa sakit hati nantinya. Toh, jodoh sudah ada yang mengatur. Say No To PHP!😀

  20. Nama lengkap: Oktabri Erwandra
    Akun twitter: @0ktabri (dengan nol, bukan huruf o)
    Kota Tinggal: Prabumulih

    Jawaban: Jelas, mundur teratur. Percintaan yang selayaknya saja sudah terasa bittersweet seperti jeruk, apalagi kena PHP. Barang kali rasanya mirip mengunyah daging buah dukuh yang manis-manis manja tapi di tengah kunyahan biji buahnya tergigit tanpa sengaja, pahit dan sepet luar biasa. Berkali-kali (maaf) meludah dan membilas dengan berkumur air putih pun masih terasa pahitnya. Menyisakan trauma yang mendalam.

  21. Nama : Putri Prama Ananta
    Akun twitter : @PutriPramaa
    Kota tinggal : Probolinggo

    Bila diberi pertanyaan seperti itu, tentu jawabanku adalah mundur teratur. Kenapa? Karena …, rasanya membuang-buang waktu bila aku harus mengejar orang yang jelas-jelas telah menolak (baca: PHP) kita. Sebuah hubungan akan terjalin jika dua orang tersebut saling mengejar, kalau yang mengejar hanya salah satu pihak saja, maka (BAM!) hubungan itu tidak akan terjadi. Jadi, kalau sudah tahu jawaban akhirnya adalah ditolak (sebelumnya diPHP-in), kenapa harus diperjuangkan lagi?
    Tapi, sayangnya, kalau diminta menasehati orang kita benar-benar pandai, tapi, ketika hal itu terjadi pada diri kita sendiri, pasti sulit melakukannya dengan alasan “Kamu nggak jadi aku, sih. Coba kamu jadi aku.” Aku bisa saja tidak mundur begitu saja jika sudah tahu diPHP. PHP memang nggak enak, tapi kalau aku benar-benar suka bagaimana? Aku telanjur menceburkan diri terlalu dalam, jadi sekalian saja dibasahin semua. Aku teruskan saja, mungkin nantinya dia akan mengerti, melihatku, lalu akhirnya aku tidak lagi diPHP. Cinta harus diperjuangkan! (Seperti halnya teman-teman memperjuangkan novel ini, hehehe ._.V) Bukannya masih ada pepatah ‘semua orang bisa berubah’? Jadi, kita jalani saja semuanya. Jika bisa, kita minta suatu penegasan, lalu dengan penegasan itu kita tentukan harus bagaimana selanjutnya.

  22. Nama : Titim Nuraini
    Twitter : @titim_nuraini
    Kota tinggal : Pamekasan

    Jawaban : Aku lebih memilih mundur dengan teratur aja deh. Alasannya karena bertahan dengan seseorang yang tidak bisa menepati janji adalah kesia-siaan. Hidup itu terus bergerak. Masih banyak kemungkinan kita bertemu dengan seseorang yang tulus menyayangi kita.

  23. Naning Pratiwi
    @chelseas_lovers
    Tulungagung

    “jika kamu sudah tahu di PHP, tetap maju untuk bersama dia atau mundur teratur? Berikan alasannya ”

    Mundur teratur ajalah.. Hiihihih..
    Ketimbang makan ati teruss.. Hihihih..😀😀

  24. Nama : Ramadhanul Fitri Mardas
    Akun twitter : @ramadhan_rae
    Kota tinggal : Tangerang

    Jawaban :
    Kalau aku tahu diri aku lagi diPHPin, aku bakal milih keputusan tetap bertahan disisi dia.
    Aku tahu, itu emang pemikiran yang bodoh. Tapi kita bisa ambil sisi positifnya, kalau misalnya takdir berbalik dan dia jadi beneran suka sama aku. Kan keren kaya dicerita-cerita dinovel gitu ha-ha.

  25. Nama : Mega Widyawati
    Twitter : @widy4_w
    Kota : Nganjuk

    Pertanyaannya adalah jika kamu sudah tahu di PHP, tetap maju untuk bersama dia atau mundur teratur? Berikan alasannya.

    Jawabanku adalah tetap maju bersama dia. Karena, Jika hatiku sudah memilihnya secara lahir dan batin, yang di butuhkan adalah pengorbananku untuk mendapatkan hatinya. walau yang dia beri itu semua palsu, maka tunjukkan padannya sesungguhnya harapanmu kepada DIA.

    ‘Seperti moto hidupku, maju terus pantang mundur dan jangan mudah putus asa’

  26. Nama : Agatha Vonilia Marcellina
    Akun twitter : @Agatha_AVM
    Kota : Jember

    Jika kamu sudah tahu di PHP, tetap maju untuk bersama dia atau mundur teratur? Berikan alasannya

    Tetap maju untuk bersama dia, siapa tahu hatinya akan luluh. Sekeras-kerasnya hati, pasti akan mencair juga dengan perhatian, pengertian dan kasih sayang tulus yang aku berikan. Yang paling penting untukku, aku nyaman bersama dia dan melihat dia tersenyum sedikit saja akan menambah semangatku untuk tidak menyerah. Aku yakin jauh di lubuk hatinya, dia peduli padaku.

  27. Nama : Lusi Gusma Ningsi
    Twitter : @uchylusiy
    Kota : Padang

    Pertanyaan : jika kamu sudah tahu di PHP, tetap maju untuk bersama dia atau mundur teratur? Berikan alasannya.

    Jawaban : Waaah kebetulan banget nih kak. Aku pernah di PHP in cowok (sahabat sendiri yang entah kenapa setelah kami wisuda rasa itu baru muncul-curcol). awalnya aku memilih mengejar cintaku dengan sahabat ku itu walaupun aku tau dia sebenarnya juga memilki perasaan yang sama dengan ku tapi pada akhirnya dia tidak memilihku. padahal kami udah deket banget, perasaan itu semakin besar. Dan yap, kami menjalani hubungan tanpa status. (itu bisa di bilang PHP gak sih kak?)
    Aku sih lebih memilih mengejar cintaku (bahkan sampai sekarang aku masih mengejar cintaku – masih di PHP_in), gak peduli itu di PHP in atau gak nya yaa terserah. cinta mah mesti dikejar, (kalimat – aku akan bahagia kalau kamu jg bahagia – itu mah bohong). so, walaupun di PHP in, cinta itu mesti dikejar. maju terus pantang mundur.
    mundur nya nanti aja kalau tu cowok udah capek PHP in truz akhirnya ngajak jadian atau mundur saat tuh cowok bilang “kita jangan deket2 lagi.”
    mundur saat udah lelah aja. kalau masih berjuang, jangan berhenti.

  28. Nama : Velika Natalia
    Twitter : @VelikaNatalia
    Domisili : Semarang’an aja ^^

    Kalau ditanya seperti itu tentu aku jawab “ya aku akan tetap maju dengan pasti”
    Karena baru di PHP kan bukan ditinggal nikah, itu beda cerita udahan suami org stsnya. Atau doi meninggal *ItuNgeriJudulnya

    Karena gini, dalam diri aku ga ada maju ragu ragu mundur ragu ragu. Orang bilang sesuatu yang sulit didapatkan belum tentu mustahil mendapatkannya. Mama bilang jangan mudah menyerah. Nenek bilang nenek selalu doain kamu jodoh yang terbaik.
    Cari jodoh itu ibarat cari kerja jangankan 10, 100 perusahaan aku lamar dan di PHP smua. Bayangin abis berapa kilo perasaan dan pikiran belum HVS dan tinta buat CV. Dan aku tetep mencoba karna kerja kebutuhan. Jodoh juga kebutuhan jiwa rohani dan bakal jadi pendamping seumur hidup amin amin amin🙂

    Ada sbuah kisah clasik tentang 2 penggali tambang, mencoba berkali2 menggali pada saat tinggal satu galian dia pulang padahal emas di belakang tanah terakhir. Dan satunya mencoba terus dan terus dan terus dan dia mendapat emas yang dia cari.
    Kuncinya tekun sabar doa.
    PHP lempar jauh. Maju pantang mundur. Nantinya dia akan menoleh sendiri dan menyambut mu dengan *kesal *tersipu *biasa atau mungkin *takjub ngeliat kelakuan pantang mundur aku. Urat malu potong dikit lah. Sapa tau dia jodoh yang bisa ngebahagiaain diri dunia akhirat😀.

    Terima kasih sudah membaca
    #GARe-Write

  29. Nama : Alifti Rizqi
    Twitter : @aaleeeph
    Tinggal di kota Malang
    Aku ga pernah merasakan rasanya di PHP-in dalam urusan cinta namun sangat sering dalam masalah lainnya.. hehehe.
    Urusan perasaan memang susah. Orang-orang akan menasehati untuk mundur atau lupakan saja, tapi prakteknya sungguh SUNGGUH susah. Saat dia yang selalu dipikiran, saat apa saja yang dilakukannya begitu baik bahkan bisa membutakan hal-hal buruk yang dilakukannya.
    Bagaimana Beth bertahan walaupun di php-in dengan sangat kejam seperti itu mungkin saja aku lakukan. Tetap selalu mendampingi si cowok walaupun dia udah punya pacar dan kadang melakukan pekerjaannya. Pikiran Beth dan aku tidak terlalu jauh, kita lelah berharap dan lelah untuk kecewa. Kita berdua juga berhati tulus (hohoho) dan cenderung menganggap baik semua orang. Hahaha..mungkin saja perilaku tersebut sedikit masokis, tapi kalau sudah terlanjur sayang mau gimana lagi.
    Satu sisi berharap bahwa kelak dia akan melihat sisi tulusku dan mulai berusaha memahami perasaanku (kalau bisa perasaanku juga tersambut) dan disisi lainnya berusaha menata hati sedikit demi sedikit walaupun susah sekali, berharap ada sebuah cinta yang lain yang bisa kurengkuh.
    Sedikit tidak tegas memang, tapi aku menerima semua kemungkinan. Karena saat masa-masa PHP itu berakhir (dan pasti akan berakhir), entah aku bersama dengan cinta itu atau dengan cinta lain, itu akan memberi sebuah hikmah.

  30. Nama : Eka Sulistiana
    Twitter : @ekasulistiana24
    Kota Tinggal : Palembang

    Jawaban :
    “jika kamu sudah tahu di PHP, tetap maju untuk bersama dia atau mundur teratur? Berikan alasannya :D”

    Sebagai seorang wanita, aku bisa apa selain menunggu. Jika dia ternyata PHP, aku tidak akan tetap maju, juga tidak akan mundur teratur. Yang akan aku lakukan yaitu terus membenahi diri menjadi pribadi yang jauh lebih baik lagi. Karena yang baik, akan dipasangkan dengan yang baik pula. Dan jika dia yang terbaik, pasti akhirnya kami bisa bersama. Meskipun saat ini dia cuma PHP, tapi kita tidak tahu kedepannya akan jadi seperti apa. Bisa jadi dia berubah pikiran. Cukup berdoa kepada Allah, memohon yang terbaik. Karena, hanya Allah yang mampu membolak-balikkan hati manusia.

  31. Nama : Meta
    Twitter : @lyarucha
    Kota Tinggal : Jakarta

    Jawaban :
    “jika kamu sudah tahu di PHP, tetap maju untuk bersama dia atau mundur teratur? Berikan alasannya😀

    Setiap kita punya hak untuk bahagia. Kalau PHP, udah tinggalin aja. Banyak lelaki yang lebih baik yang bisa membahagiakan dan menghapuskan luka, garansi 100% Luka Hilang, kalau enggak uang kembali :p *kiding . Apalagi perempuan, cewe itu cenderung mudah udah untuk jatuh hati dan dibuat jatuh cinta 10 ribu kali dalam sehari. (Mostly). Apalagi cewe macam Beth, itu malah cewe standard banget, dikasih yang kehidupan berwarana-warna aja seminggu, dia pasti lupa sama Jared.
    Jadi, kalau ada yang PHP, ajak ketemuan, tatap dalam-dalam (alias pelototin), trus langsung balik kanan, dan jangan pernah liat-liat lagi dia.
    Dia bukan untukmu.

    Dan yang terpenting, kau terlalu berharga untuk tersakiti seperti itu. Hargai dirimu, hargai hatimu, you are the precious one for your family.🙂

  32. Nama: Anggita Dewi
    Akun twitter: @anggitarav
    Kota tinggal: balikpapan

    “Jika kamu sudah tahu di php. Tetap maju untuk bersama atau mundur teratur? Berikan alasannya?”

    Jawaban: tetap maju (walau mungkin tidak) untuk bersama.

    Kadang sesuatu yang di harapkan tidak selalu sesuai dengan yang kita inginkan. Apalagi perasaan seseorang yang tak bisa di paksakan. Itu lah resiko mencintai.
    Pilihannya; Dia akan ikut jatuh bersamamu. Atau dia mempermainkanmu dan membiarkanmu yang terluka sendiri.
    Mungkin bodoh jika memilih tetap berjuang sedangkan tahu kamu hanya di permainkan. Kenyataannya memang bodoh. Tapi saat kamu jatuh cinta. Kamu tak tahu mana yang benar dan yang salah. Yang kamu pikirkan hanya, “mungkin bukan sekarang. Mungkin belum saatnya dia ikut berjuang. Tapi nanti”
    Dan yang menyandarkan orang bodoh seperti ini hanya waktu. Kalau yang dia lakukan itu sia-sia. Tidak ada hasil. Tapi ada kisah. Memperjuangkan perasaan sendirian itu tidak mudah, apalagi jika dipermainkan. Biarkan ini menjadi pilihan paling bodohku tersendiri. Karena aku telah jatuh cinta. Berarti aku rela untuk terluka.

  33. Nama : Veny
    Twitter : @yutakaNoYuki
    Kota : Balikpapan

    Kalau udah tau di PHP ya mundur teratur … untuk perasaannya, tapi kalau dia butuh bantuan ya tetep bantu aja, cuma bantu semampunya, nggak sampai habis-habisan lah dan tetep waspada dia bener-bener butuh bantuan atau malah manfaatin ? Nggak banget lah melakukan hal berlebihan buat orang yang cuma manfaatin perasaan kita aja ….

  34. Nama : Ken
    Twitter : @orion____
    Follow blog via : wordpress
    Domisili : Tulungagung, JaTim

    Q : jika kamu sudah tahu di PHP, tetap maju untuk bersama dia atau mundur teratur? Berikan alasannya😀

    A : Jawabannya adalah mundur teratur hahaha pernah ngalamin sih—entah saya beneran diPHP atau saya aja yang kelewat GR dikasih harapan. Alasannya? Karena pada akhirnya juga saya tahu kalau perasaan saya nggak disambut. Pada akhirnya hanya saya yang berjuang sendirian. Pada akhirnya hanya saya yang berharap. Jadi memang lebih baik diselesaikan semuanya. Menunggu, berharap, dan berjuang untuk seseorang yang nggak akan membalas perasaan kita itu sudah sakit, jadi nggak perlu lah diteruskan lagi hubungan itu. Hanya akan terasa seperti bunuh diri pelan-pelan. Lebih baik sakit karena melepaskan dari pada sakit karena perasaan yang cuma digantung atau dipermainkan :’)

  35. Nama : Hana Zahrah
    Twitter : @hanafumiko
    Domisili : Padang

    Q : jika kamu sudah tahu di PHP, tetap maju untuk bersama dia atau mundur teratur? Berikan alasannya

    A : Kalau udah tau di PHP in ya mending mundur teratur deh. ngapain juga berjuang ngejar cinta cuma buat orang yang PHP doank. yang ada malah ntar ujung2 nya ga bakalan dipilih juga (kasarnya cuma buat mainan doank, emangnya kita boneka? ).
    Masih banyak kok orang lain yang lebih baik dari dia. Toh, cowok bukan cuma dia doank.
    Cinta sih cinta, kalau buat urusan hati mah mending cari aman. Buat apa juga nyakitin hati sendiri cuma demi cowok PHP.😉

  36. Nama: Cahya
    Akun Twitter: @chynrm
    Kota Tinggal: Palembang

    Tetap maju, Kak!
    Alasannya bukan karena mau jadi cewek begok yang seenaknya ditindas kok, melainkan sedang menunggu sedikit waktu lagi apakah dia benar akan tetap seperti itu atau berubah baik? Kalau masih nggak berubah juga, ya tinggal memainkan skenario di waktu yang tepat, soalnya aku mau nge-PHP-in dia balik.😄
    Mata dibalas mata, darah dibalas darah, campa dibalas campa. Biar dia bisa tahu rasa kalo di-PHP-in itu nggak enak, dan jangan ngira kalau aku ini cewek yang bisa seenak udelnya ‘dibuang’ gitu aja. Jadinya skor 1-1 dongsss.😛 Women are strong!!!

  37. Nama: Cahya
    Akun Twitter: @chynrm
    Kota Tinggal: Palembang

    Tetap maju, Kak!
    Alasannya bukan karena mau jadi cewek begok yang seenaknya ditindas kok, melainkan sedang menunggu sedikit waktu lagi apakah dia benar akan tetap seperti itu atau berubah baik? Kalau masih nggak berubah juga, ya tinggal memainkan skenario di waktu yang tepat, soalnya aku mau nge-PHP-in dia balik.😄
    Mata dibalas mata, darah dibalas darah, campa dibalas campa. Biar dia bisa tahu rasa kalo di-PHP-in itu nggak enak, dan jangan ngira kalau aku ini cewek yang bisa seenak udelnya ‘dibuang’ gitu aja. Jadinya skor 1-1 dongsss.😛 Women are strong!!!

    Maaf Kak. Komen yang tepat di atas itu nggak nyadar ternyata masih login di akun wordpress-nya sodara di pc ini. Nggak bisa dihapus nih ya?😦 Coba Kakak yang hapus deh biar nggak bingung nanti. Kali aja dia mau ikutan juga dan punya jawaban sendiri.😦

  38. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    Karangasem, Bali

    Waah, kak pertanyaannya nggak nyantai banget ya? Harus mengorek luka para korban PHP hahaa..
    Aku (dengan susah payah) akan memilih untuk mundur teratur, meski godaan untuk tetap maju bersama dia akan terus ada. Ketika tau bahwa dia hanya menjadikan kita pelampiasan/pelarian sementara mestinya kita udah wanti-wanti untuk segera mengakhirinya. Tapi sayangnya, ada juga yang gak bisa langsung melepaskan diri dari jerat tukang PHP. Udah tau dia ujungnya akan nyakitin, tapi pas dia datang lagi kita nerima dengan baik dan bahkan berharap bahwa yang sekarang ini nggak akan di PHP lagi. Nah, itu kesalahannya. Entah pakai sihir macam apa, tapi tukang PHP seringnya mampu membuat kita khilaf dan nggak konsisten lagi sama janji kita untuk ngejauhin dia. Ibaratnya, dengan senyum aja dia udah membuat niat move on kita gagal. Dan kejadian itu mungkin akan terus berlanjut, berulang-ulang. Jadi mending tekadnya dibulatkan, niatnya dimantapkan daripada buang banyak waktu dan sakit hati terus :’)

  39. Nama : Manshur
    Twitter : @manshuri_yusuf
    Kota : Banjarmasin

    jika kamu sudah tahu di PHP, tetap maju untuk bersama dia atau mundur teratur? Berikan alasannya

    Jawab : Tentu saja akan munder secara teratur. Mengapa? Ketimbang bertarung dengan ketidakpastian yang bisa jadi malah berujung tragis pada luka, maka memilih mundur adalah pilihan yang paling realistis.

    Lagipula masih banyak kok yang tidak melakukan PHP, jadi untuk apa melanjutkannya.

  40. Nama: Thia Amelia
    Twitter: @Thia1498
    Kota: Bogor

    Jika kamu sudah tau di PHP, tetap maju untuk bersama dia atau mundur teratur? Berikan alasannya.

    Kalau aku sih memilih dua-duanya. Anak yang nakal, jika dididik dengan benar pasti akan menjadi baik. Begitu juga dengan orang PHP, tidak selamanya dia akan seperti itu. Lalu kenapa saya memilih cara dua-duanya. Karena saya pernah mendengar bahwa seseorang akan diakui keberadaannya jika orang itu telah pergi. Dalam hal ini hal yang pertama kita lakukan jika kita di PHP maka buat hal-hal indah dengan si PHP. Jika sudah seperti itu maka mundurlah secara teratur. Kalau dia masih tidak menyadari kehadiran kita, maka hal yang harus kita lakukan pergi darinya, cari kebahagiaan lain karena diluar sana banyak yg lebih baik dari dia. Jika memang dia menyesal maka maafkan, jika rasa sayang kita besar maka seburuk apapun dia pasti akan kita maafkan.

  41. Nama : Velanina Reiynard
    Twitter: Vreiynard
    Kota: Surabaya

    Kalau saya, awal pertama saya tahu, pasti saya berusaha untuk melupakannya dengan menjauhinya. Tapi, namanya perasaan suka, tentu saja nggak mudah menjauh begitu saja. Butuh waktu dan proses untuk melupakan orang yang kita sukai.

  42. Nama : Shiela Hartiningtyas
    Twitter : @ruth_shiela
    Kota : Cirebon

    jika kamu sudah tahu di PHP, tetap maju untuk bersama dia atau mundur teratur? Berikan alasannya

    Bisa jadi membaca pertanyaan ini, bakalan banyak yang menjawab mundur teratur.
    Alasannya simple, si doi melakukan PHP, ngapain juga diterusin.
    Nah tapi buatku tidak semudah itu. Masalahnya aku sudah terlanjur mencintainya dan pastinya tidak mudah buat meninggalkan dia.
    Oleh karena itu aku akan mencoba peruntunganku.Aku akan menanyakan langsung kepadanya mengenai kebenaran berita tersebut.
    Aku juga akan menyelidikinya secara diam-diam.Siapa tahu saja berita yang kudengar itu hanyalah gosip dari orang-orang yang ingin
    hubunganku dengannya putus.

    Jika memang ternyata benar dan terbukti bahwa ia mem-PHP-ku,aku akan menanyakan padanya alasan ia melakukan itu.Hal ini juga menandakan tidak ada
    gunanya meneruskan hubungan yang sudah tidak ada masa depannya ini.Bukan mundur teratur lagi namun langsung mundur saat itu juga.
    Meskipun pastinya sakit, namun aku harus berpisah dengannya.

    Namun jika ternyata tidak terbukti dan ia malahan serius dalam menjalin hubungan, tentu saja aku harus meminta maaf kepadanya karena sudah
    meragukannya. Ini artinya aku bisa tetap maju bersamanya.(^_^)V

  43. Bintang Maharani
    @btgmr
    Palembang

    Mundur teratur. Alasannya ya karena bagiku nggak ada alasan lain yang pantas dijadikan alasan untuk tetap bertahan dengan orang yang nggak bisa pasti kayak gitu.😀

  44. Nama : Hary Gimulya
    Twitter : @angels_rutherfo
    Kota : Bandung

    Tentu saja aku akan memilih pilihan yang kedua, yaitu mundur teratur.
    Ngapain juga meneruskan hubungan yang tidak memiliki masa depan ini.
    Tapi rasanya tidak puas kalau belum memberi pelajaran kepadanya.
    Ia sudah mempermainkan hubungan kami dan malah melakukan PHP.
    Maka sebelum mundur dan memutuskan hubungan, aku harus membalas dulu tindakannya.
    Aku pura-pura saja mem-php-nya.Biar dia juga merasakan sakitnya diphp, sehingga lain kali ia tidak akan melakukan hal yang sama terhadap pasangannya.

  45. Nama : Ridzki Putri
    Twitter : kikikiki_R
    Kota : Jakarta

    Jawaban:
    Langsung mundur gak pake teratur hehehe
    Kejadian sih sama daku ini -___-“ Rasanya bener deh pengen nusuk-nusuk badannya pake jarum pentul. Biar dia tahu kalau diphpin itu rasanya sakit kayak ketusuk ribuan jarum *sakitnyatuhdisini* *nunjukdada*
    Pada akhirnya aku mundur karena untuk apa menikmati kepalsuan yang tidak mendatangkan kemanfaatan bagi diri sendiri yang ada malah ngerusak diri sendiri (Nangis tengah malam dan insomnia). Awalnya sih emang indah tapi kalau lama-lama malah ngeselin. Selain itu, buat apa menjalani hubungan dengan seseorang yang perasaannya mengambang ke daku. Itu beneran deh nyesek banget.
    Buat apa mengejar sesuatu yang gak mungkin didapetin. Setelah mundur langsung menata hati yang retak-retak dengan menambalnya dengan semen berlapiskan ketabahan dan berinstropeksi diri sekaligus menjadikan php yang lalu sebagai pelajaran agar tak masuk ke dalam lubang yang sama.

  46. Nama : Putri
    Twitter : @putrireview
    Kota : Jakarta

    Pertanyaan : jika kamu sudah tahu di PHP, tetap maju untuk bersama dia atau mundur teratur? Berikan alasannya😀

    Jawaban : Tergantung, sesuka/secinta apa saya pada si objek PHP. Kalau hati saya belum tercuri banget2 ya mundur aja, cari yang lain. Tapi kalau masih suka ya jalin hubungan baik saja sampai ilfil dan bisa move on. Apapun jalan yang saya pilih, saya pastikan saya sadar bahwa si objek cuma PHP doang jadi gak usah dianggep serius. Kalau dia anggep saya cuma selingan, ya saya juga anggep dia selingan, at least bisa bikin seneng kalau ngobrol/liat, tapi dianya juga gak perlu tahu.😛

  47. Nama : Diah Pujiawati
    Twitter : @She_Spica
    Kota : Bekasi
    Link share : https://twitter.com/She_Spica/status/656111511924924417

    Kalau di PHP-in sama orang yg saya sukai, saya tidak akan mundur pergi. Saya adalah orang yang menganut paham, bahwa “Silaturahmi adalah Segalanya”. Bukan karena perasaan saya tidak bertepuk tangan, lantas kita memutus silaturahmi begitu saja. Saya sadar sesadar-sadarnya (dan memang sedang saya alami sekarang) bahwa hati tidak bisa memutuskan untuk jatuh kepada siapa. Dan hati dan silaturahmi adalah masalah lain yang tidak bisa dicampuradukan, menurut saya. Sesakit apa pun hati ketika sedang bersama dia, sementara sadar bahwa diri sedang di PHP-in, saya tidak lantas mengibarkan bendera perang untuk berbalik membenci dia, atau mengibarkan bendera putih untuk kalah dan melangkah pergi. Namun, saya hanya akan mengmbil hikmah untuk berbesar hati tertolak olehnya, atau membuka hati selebar-lebarnya untuk memberi kesempatan kepada orang lain untuk masuk dan menggantikan sosok dia. Atau bahkan mungkin suatu saat hatinya terbuka untuk sadar bahwa saya selalu ada di sisi dia, menanti keputusan tentang status kami seperti apa. Dan keputusan apa pun yg terjadi di akhir nanti, insyaAllah saya bisa berbesar hati. Asalkan silaturahmi tidak putus sama sekali, karena bagaimana pun, dia tetaplah pelajran brharga bagi hidup saya, dan sudah sepatutnya saya brterima kasih dengan tidak prgi mengabaikan dia.🙂

  48. nama: Leny H
    twitter: @Lenny66677291
    kota: Rantau Kalimantan Selatan
    mundur teratur, karena kalau udah tahu PHP ngapain lagi dipertahankan, jd lebih baik tinggalkan saja dgn cara mundur perlahan-lahan. Lebih baik cari yang lain saja yg lebih baik lagi kan….

  49. Pingback: Daftar Bacaan tahun 2015 | Luckty Si Pustakawin

  50. Beth selalu melihat yang terbaik dari sisi seseorang. Ia tak percaya bahwa orang yang ia kenal bisa bersikap buruk atau licik. Sejak dulu selalu begitu. #TossAmaBeth

Leave a Reply

