REVIEW Sincerely Yours + GIVEAWAY

WP_20150919_004

“Bagaimanapun, sulit menyayangi orang lain kalau kau masih membenci dirimu sendiri.” (hlm. 115)

Sekar Wangi Tembanglaras merupakan nama pemberian ibunya. Ketika kuliah di jurusan Antropologi UGM dulu, Linda, ibunya jatuh cinta pada Suluk Tambanglaras, terjemahan sekaligus versi singkat Serat Centhini. Ketika dia masih kecil, setiap kali Linda menceritakaa soal asal-usul namanya, Inge bisa merasakann dadanya membuncah dan hidunya kembang-kempis, bangga karena dia merasa bagian dari sesuatu yang besar dan tua, meski tak benar-benar mengerti apa maksudnya.

Teman-teman di kelas bilang, ibunya punya pacar lagi. Mereka tahu dari ibu-ibu mereka. Dan ibu-ibu selalu benar. Mungkin teman-teman SD-nya yang kejamlah yang membuat Inge lebih siap menjadi penulis. Surat permintaan cerai datang ke rumah sebulan setelah peristiwa ayah dan anak menangis di ruang makan. Perceraian Lindan dan Budi, ayahnya berjalan mulus dan tanpa ribut-ribut. Sebagian besar karena Linda tak meminta apa pun. Tidak harta gono-gini, tidak pula hak asuh putri semata wayangnya.

Sejak ditinggal ibunya, dia memulai kampanye agar orang berhenti memanggilnya Sekar dan mulai meminta dipanggil Inge.

Bahkan sampai dewasa, Inge masih benci dipanggil Sekar. Mengingatkannya akan anak perempuan berusia sepuluh tahun kesepian, penuh amarah, dan tak berdaya. Kepolosannya, kepercayaannya soal kebaikan dunia, terenggut oleh kepergian ibunya. Tak mudah melupakan hal-hal semacam itu.

“Aku juga merasa tak punya siapa-siapa saat Ibu meninggalkanku, tapi toh aku baik-baik saja.”

“Kamu masih marah sama ibu?”

“Aku masih butuh waktu.”

“Berapa lama?”

“Untuk sekarang, aku tidak tahu.” (hlm. 75)

Beberapa kalimat favorit dalam buku ini:

  1. Hidup selalu berada dalam kendalinya. (hlm. 53)
  2. Kapan sebenarnya orang bisa memutuskan bahwa mereka jatuh cinta? Cinta mungkin mudah diucapkan ketika berumur belasan. Makin dewasa, cinta makin butuh alasan dan pembenaran. (hlm. 128)
  3. Nasib adalah kesunyian masing-masing. (hlm. 163)
  4. Kamu harus berusaha merasionalisasi perselingkuhan. Karena itulah gunanya komitmen. Agar orang bertahan, dan tidak serta merta lari tunggang-langgang mengejar sesuatu yang kira mereka kebahagiaan. (hlm. 166)
  5. Yang terbaik pantas ditunggu. (hlm. 180)
  6. Perdamaian hanya bisa dicapai dengan kebenaran. (hlm. 209)
  7. Yang dibutuhkan bukan sekadar harapan, tapi keajaiban. (hlm. 215)

Banyak juga selipan sindiran halus dalam buku ini:

  1. Tak semua orang menganggap menggunakan baju orang yang sudah meninggal adalah sesuatu yang patut dilakukan. (hlm. 36)
  2. Pria zaman sekarang kebanyakan, muram, dingin, sulit didekati, penuh teka-teki, atau memiliki masa lalu tragis. (hlm. 37)
  3. Percayalah, jadi penulis tak segendang sepenarian dengan banyak duit. Apalagi untuk penulis cerita horor dan misteri. (hlm. 39)
  4. Kecuali miliuner tentu saja, mereka boleh menyebalkan dan menggerutu, dan tak ada yang protes. (hlm. 40)
  5. Hidup seorang diri sebenarnya menyenangkan, tapi tanggung jawabnya pun luar biasa. (hlm. 49)
  6. Manusa adalah mahluk sosial, manusia tak boleh bertindak dan berkata tanpa memikirkan perasaan lawan bicara. (hlm. 70)
  7. Mungkin memang begitu kalau berteman dengan orang-orang yang sudah punya pasangan. Mereka selalu menganggap berpasangan adalah definisi paripurna dan kebahagiaan. (hlm. 130)
  8. Orang yang meninggalkan kita begitu saja tanpa meninggalkan alasan, tanpa mau mendengar penjelasan apa pun, tak pantas ditunggu. (hlm. 160)
  9. Apa salahnya mengejar kebahagiaan? (hlm. 193)
  10. Kebencian itu seperti kamu meminum racun, tapi berharap orang yang kamu benci akan mati. (hlm. 193)
  11. Kata-kata hanya akan mengecilkan kejadian yang sebenarnya. (hlm. 214)
  12. Tapi menjadi pengecut memang selalu mudah. Melarikan diri memang selalu mudah. (hlm. 239)

Penulis sangat kuat menuliskan sosok Inge yang pekerjaannya merupakan penulis juga. Ada selipan pengetahuan seputaran dunia penulis. Misalnya di halaman 42 tentang pandangan orang terhadap Inge yang berprofesi sebagai penulis novel thriller, ada selipan tentang dua teknik penulisan; membiarkan tulisan mengalir apa adanya dan menuliskan jalan cerita secara garis besar dari prolog hingga penutup di halaman 133, tentang menulis sebagai profesi bukan sebagai hobi atau pekerjaan sampingan yang berarti harus menulis tanpa menunggu inspirasi di halaman 156-157. Lewat tokoh Inge dijelaskan jika penulis yang menjadikan menulis sebagai profesi utama, jika hanya menulis saat merasa terinspirasi, akan mati kelaparan. Bahasan tentang editor juga ada lengkap di halaman 191; editor-editor yang cakap bukanlah mereka yang pandai mencari kesalahan, tapi yang paling jeli melihat potensi. Kalau semua naskah yang memiliki karakter lemah, logika bolong, dan salah ketik langsung ditolak di kesempatan pertama, mungkin hanya ada tiga buku yang diterbitkan tiap tahun. Yang paling menohok adalah sindiran di halaman 64 tentang gosip kehidupanmu sangat berat dibandingkan resensi paling sadis di kolom budaya koran minggu dan Goodreads jadi terasa seperti angin surga. Jadi inget kalo buku pertama Mbak Tia memang pernah ada yang mengkritik pedas di blognya. Bagi saya sih bacaan adalah masalah selera seperti memilih makanan, setiap orang seleranya tidak sama😉

Tidak hanya pada tokoh Inge, penjabaran tentang pekerjaa Alan yang memiliki usaha Lindung Tenteram. Saya membayangkan Alan ini ibarat Super Mario, yang setiap saat sedia memperbaiki kebocoran atau melapisi atap menggunakan cat pelapis antibocor.

Terlihat juga penulisnya kaya akan dunia literatur khususnya novel, banyak judul buku yang diselipkan dalam isi cerita, mulai dari buku Empat Musim-nya Ilana Tan di halaman 97 bahkan sampai seputaran Stephen King di halaman 156.

Saya gemas akan tokoh Alan. Mulanya saya menyukai tokoh ini, tapi makin ke belakang tampak jika Alan ini plin-plan, terlihat dari beberapa perempuan yang di PHP-nya x)) #PengenGetokAlan

Sama seperti buku pertama yang ditulisnya; Mahogany Hills, cerita yang ditulis meski bernuansa kelam dituturkan secara manis. Berikut juga covernya. Hanya satu yang agak mengganjal adalah ketika Alan menginap di rumah Inge pertama kalinya. Apakah tetangganya gak bergunjing, apalagi Inge tinggal di sebuah kompleks perumahan yang bisa dipastikan tiap rumah jaraknya berdekatan. Trus, Inge nggak takut gitu kalo misalnya nanti diapa-apain ama Alan, laki-laki yang belum dikenalnya waktu itu?!? X))

Terlepas dari itu, menyukai tema yang diangkat penulisnya. Oya, tanpa disadari beberapa bulan ini, saya membaca novel baru terbitan Gramedia yang mengangkat tema hubungan anak – ibu yang tidak berjalan mulus dan akan berpengaruh pada kehidupan percintaan anaknya kelak saat dewasa. Selain buku ini yang mengangkat tema tersebut; ada Kismet yang ditulis Nina Addison dan Segenggam Daun di Tepi La Seine yang di tulis oleh Wuwun Wiati.

Pesan moral dari buku ini adalah dibutuhkan waktu yang lama untuk mengobati luka hati. Masa lalu bukan untuk dihindari, tapi harus dihadapi dan diselesaikan.

Keterangan Buku:

Judul                                     : Sincerely Yours

Penulis                                 : Tia Widiana

Desain sampul                   : Marcel A. W

Penerbit                              : PT Gramedia Pustaka Utama

Terbit                                    : 2015

Tebal                                     : 248 hlm.

ISBN                                      : 978-602-03 2050-2

sincerely yours

MAU BUKU INI?!?

Simak syaratnya:

1. Peserta tinggal di Indonesia

2. Follow akun twitter @lucktygs dan @tiawidia. Jangan lupa share dengan hestek #GASincerelyYours dan mention via twitter.

3. Follow blog ini, bisa via wordpress atau email.

4. Jawab pertanyaan di kolom komentar di bawah, plus nama, akun twitter, dan kota tinggal. Pertanyaannya adalah jika ditakdirkan menjadi penulis, genre apa yang ingin kamu tulis? Berikan alasannya😉

5. Giveaway ini juga boleh di share via blog, facebook, dan sosmed lainnya. Jangan lupa sertakan hestek #GASincerelyYours yaaa… 😉

Event ini gak pake helikopter, eh Rafflecofter yang ribet itu. Jadi pemenang ditentukan dari segi jawabannya yaaa… ( ‘⌣’)人(‘⌣’ )

#GASincerelyYours ini berlangsung enam hari saja: 22-24 Oktober 2015. Pemenang akan diumumkan tanggal 25 Oktober 2015.

Akan ada DUA PEMENANG yang akan mendapatkan buku ini. Hadiah akan langsung dikirimkan oleh penulisnya! ;)

Silahkan tebar garam keberuntungan dan merapal jampi-jampi buntelan yaaa… ‎(ʃƪ´▽`) (´▽`ʃƪ)!

-@lucktygs-

64 thoughts on “REVIEW Sincerely Yours + GIVEAWAY

  1. Nama : Ramadhanul Fitri Mardas
    Akun twitter : @ramadhan_rae
    Kota tinggal : Tangerang

    Kalau aku ditakdirkan jadi penulis, genre yang akan aku tulis adalah genre Misteri Fantasi yang jarang banget diterbitin di Indonesia. Kan di Indonesia kebanyakan yang diterbitin itu genre TeenFiction. Kisah cinta remaja yang bentuknya itu-itu aja. Bukan bermaksud menjatuhkan, ini cuma pendapat aku aja lho ya.
    Jadi aku mau bikin ‘sedikit’ perbedaan sama karya-karya tulisan di Indonesia. Dengan nulis tulisan yang penuh lika-liku, teka-teki dan ketegangan yang bisa bikin pembaca ngerasain masuk jadi tokoh utama dalam cerita itu. Terus ikut terombang-ambing sama konflik yang aku buat. Dan yang penting bisa bikin pembaca enjoy sama tulisan aku.

    Ah, jadi ngebayangin itu beneran kesampean kan ><

  2. Nama: Mela Anjar Mustika
    Twitter: @mela1100_
    Kota: Bogor

    Pertanyaannya adalah
    jika ditakdirkan menjadi
    penulis, genre apa yang ingin
    kamu tulis? Berikan alasannya

    Genre Horror sama Fantasi. Karena aku suka banget sama semua yang berbau horror tapi ga pernah bisa buat satu cerita dengan genre horror, begitupun juga dengan fantasi, aku juga belum pernah buat satu cerita fantasi karna kebanyakan cerita pendek yang ku buat genre romance, salah satu genre yang ngga aku sukain.

    #GASincerelyYours

  3. Nama : Khulatul Mubarokah (Kayla Mubara)
    Twitter : @KMubarokah
    Kota : Yogyakarta

    Bismillah.

    Kalau menjadi penulis, saya akan memilih genre sastra religi. Biar pun genre ini terkesan biasa, saya ingin menuliskan dengan gaya dan rasa yang berbeda. Saya yakin, semakin sering menulis akan bertambah terlihat ciri khas masing-masin orang. Tentu saja dengan terus-menerus belajar.

  4. Nama: AA. Muizz
    Twitter: @aa_muizz
    Domisili: Sidoarjo – Jatim

    Saya ingin menjadi penulis serbabisa seperti Tere Liye. Beliau bisa menulis novel inspiratif, romance, parenting, aksi, bahkan fantasi. Dan semuanya itu, hanya satu-dua yang membuat saya kecewa. Selebihnya sangat menarik dan jleb di hati.🙂

  5. Nama: Puspa Imanda
    Domisili: Tasikmalaya, jawa barat.
    Twiter : @oephaim

    Jawaban.

    Aku ingin jadi penulis yang menulis kisah romance. Namun mengandung unsur islami dan motivasi. Aku ingin menulis dan memeberikan kisah inspiratif untuk pembaca. Namun aku juga ingin jadi penulis serba bisa. Tidak ingin jadi seperti siapa, maksudku tidak ingin seperti penulis ini dan itu. Tapi aku ingin jadi diriku sendiri. Membuat para pembaca nyaman dengan tulisanku, bukan karena aku siapa.

  6. Nama: pramestya
    twitter: @p_ambangsari
    kota: temanggung

    Mikir keras. mungkin teenlit romance. khayalan masa remaja selalu apik buat di tulis dan dinikmati. terus kalau bisa nulis itu, bisa menghibur diri, nostalgia, dan aku emang suka sama yang berbau romance dan cerita remaja.
    bukan romance picisan, yang bisa memberikan inspirasi dan pengetahuan baru.

  7. Nama: budiman
    Alamat: karawang
    Twitter: @budi_clock

    Jawaban:
    Saya ingin jadi penulis dengan genre komedi dan fiksi, saya tidak suka cerita sedih apa lagi setiap kesedihan yang telah saya lewati jadi saya ingin membagi tawa pada orang lain, kenyataan itu pahit dan keajaiban itu tak selalu serta merta hadir maka saya ingin mengajak orang lain berimajinasi dan angan untuk sejenak

  8. Nama : Novalita Chaesaroh
    Twitter : @chaesaropha
    Kota : Jakarta

    bukan kalau lagi, saya ingin sekali menjadi penulis dengan genre komedi, menceritakan kehidupan sehari-hari sehingga pembaca dapat tertawa dengan benar-benar memahami cerita karena hal yang diceritakan merupakan kehidupan sehari-hari. Sehingga pembaca tidak bosan untuk mengulangi membaca buku yang saya tulis. Tidak terlalu banyak imajinasi yang diciptakan didalamnya. Dan juga tidak lupa menambahkan kisah atau kalimat inspiratif di dalam setiap tulisan, sehingga buku yang saya tulis lebih bermanfaat bagi pembaca, tidak hanya menjadi sarana hiburan semata

  9. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    kota tinggal: Serang
    Pertanyaan: jika ditakdirkan menjadi penulis, genre apa yang ingin kamu tulis? Berikan alasannya.

    Jawaban:
    Komedi romantis. Penuh humor namun tidak konyol, dengan kisah romance yg ringan. Aku ingin memberikan hiburan kepada para pembaca yang mungkin dalam kehidupan nyata mereka kadang merasa jenuh, lelah, sedih, bahkan stres. Dengan membaca tulisanku aku berharap mereka bisa sejenak lepas dari kepenatan dan mendapatkan hiburan, membuat mereka tertawa, juga tersenyum puas dengan kisah yang happy ending. Aku juga berharap kisah yg kutulis memberikan motivasi dan inspirasi untuk pembacanya.
    Semoga aja bisa terwujud, amiiinnn🙂

  10. Nama : Lusi Gusma Ningsi
    Twitter : @uchylusiy
    Domisili : Padang

    jika ditakdirkan menjadi penulis, genre apa yang ingin kamu tulis? Berikan alasannya

    Kalau aku jadi penulis, aku bakalan pilih genre “Cyber + Romance”
    aku gak tau pasti genre itu ada atau tidak. namun, aku pengen banget nulis cerita yang berkaitan dengan dunia cyber, hacking, cracking dan yang berkaitan dengan dunia teknologi. agar ceritanya dapat dimengerti oleh “awam” yang sama sekali ga tau dunia cyber, aku pengen nulisnya dengan bahasa yang ringan ditambah dengan sedikit cerita romance.
    aaah semoga saja aku bisa bikin novel seperti ini.🙂

  11. nama:Sayekti Ardiyani
    @sayektiardiyani
    Magelang

    Kalau ditakdirkan jadi penulis, ya penulis cerita anak, dunia yang dekat dengan saya, dunia anak, sebab saya guru SD, saya bisa menulis hal yang dekat dengan saya. Alhamdulillah, beberapa cerita anak saya sudah dimuat di media lokal. Saya ingin suatu saat punya buku sendiri, buku cerita anak, buku yang bisa menjadi legenda seperti Pippi atau Lupus kecil karena tokoh karakternya yang unik

  12. nama : Fanda Rosa
    Twitter : @fandarosa
    Domisili : lamongan

    Pertanyaannya adalah jika ditakdirkan menjadi penulis, genre apa yang ingin kamu tulis?

    Kalau soal genre saya suka menulis cerita semua genre. Namun saya lebih senang kalau bisa menulis cerita Romance-Thriller karena menulis cerita thriller itu memang gak mudah dan sebisa mungkin saya bikin cerita yang anti mainstream.

  13. Sulis @peri_hutan
    Udah follow via wordpress
    Domisili: Sragen
    Link share: https://twitter.com/peri_hutan/status/657145227006754816

    Kalau ditakdirkan jadi penulis aku pingin nulis genre dark romance atau mental illness karena masih jarang diambil dan aku selalu suka membaca buku dengan genre tersebut. Banyak hal yang bisa dipelajari, kita juga bisa memahami orang-orang yang depresi, mengenal permasalahan apa saja yang bisa terjadi dan mencari solusi. Walau terkesan gelap namun aku yakin proses perjalanan kisahnya akan membawa akhir yang bahagia. Bukankah Tuhan tidak akan memberi cobaan yang tidak bisa kita lalui? Dan aku suka bagaimana seseorang survive menjalani hidup🙂

    *semoga menang, penasaran banget buku ini* :p

  14. Nama: Safitri Ariyanti
    Akun twitter: @safitriariyanti
    Kota tinggal: Metro

    Jawaban: Genre fantasi. Karena aku tergila-gila sama novel-novel fantasi. Entah kenapa kalau baca novel fantasi, ceritanya nggak hilang dari benakku sampai berhari-hari. Tapi aku selalu pengin jadi penulis fantasi yang menghadirkan karakter-karakter yang suka berfalsafah dan melakukan kritik sosial. Jadi seperti perpaduan antara buku fiksi dan non-fiksi gitu.

  15. Nama : Luthfi Izzaty
    akun twitter : @izzaty2011
    Kota : Jogja

    Jawaban:
    Aku sedang membuat plot genre family romance dan politik. Gabungan dari keduanya lah.. soalnya aku penasaran dengan kehidupan keluarga politisi. Baik itu yang baik2 saja, sampai yang terjerat kasusnya. Aku pengen meng-explore psikologis anak2 nya, terutama. Karena aku suka mengamati perkembangan politik, aku jadi pengen nulis apa yang sebenarnya terjadi di balik itu semua. Itu sih tentang genre yang sedang aku garap..
    Kalau genre lain, aku suka romance dewasa. Bukan romance anak belasan tahun tapi lebih ke yang sudah memiliki kematangan berfikir. Doakan ya kaaak🙂

  16. nama : margareth dwiyanti
    twitter : @mds1708_
    kota : medan

    aku akan menulia novel bergenre family.. tentunya ditambah dengan unsur-unsur romance ala 70-an. aku memang tak lahir di tahun 70-an, tapi aku ingin menghidupkan kembali era-era percintaan keluarga zaman dulu ke generasi abad sekarang. kalian tahu? cinta zaman dulu itu bak puisi kuno yang kental tapi romantis. ada manis-manisnya gitu.. wkwk

  17. nama : margareth dwiyanti
    twitter : @mds1708_
    kota : medan

    aku akan menulia novel bergenre family.. tentunya ditambah dengan unsur-unsur romance ala 70-an. aku memang tak lahir di tahun 70-an, tapi aku ingin menghidupkan kembali era-era percintaan keluarga zaman dulu ke generasi abad sekarang. kalian tahu? cinta zaman dulu itu bak puisi kuno yang kental tapi romantis. ada manis-manisnya gitu.. wkwkwk

  18. nama : emma noer
    akun twitter : emmanoer22
    kota tinggal : Riau

    ” jika ditakdirkan menjadi
    penulis, genre apa yang
    ingin kamu tulis?”

    jawab : Genre Biografi (ada nggak sih ini genre) xD hehe,

    alasannya : Menulis biografi seseorang itu penuh tantangan apalagi biografi tokoh-tokoh penting di dunia atau paling nggak di Negara sendiri, keliling untuk wawancara langsung, berhati-hati dengan semua yang ditulis, dan dipastikan aku bisa dapat inspirasi dari masing-masing narasumber ini. >,< Jadi kalau takdir-ku bisa jadi penulis aku berharap menjadi penulis biografi tokoh-tokoh penting dunia.

  19. Nama : Veny
    Twitter : @yutakaNoYuki
    Kota : Balikpapan

    Kalau jadi penulis aku maunya jadi penulis genre thriller, terutama yang mengangkat tema kriminal-detektif gitu. Soalnya aku memang suka baca atau nonton yang temanya kriminal-detektif gitu. Kalau baca fiksi kriminal-detektif yang pas ceritanya bagus langsung berasa adrenalin naik dan jadi ikut penasaran buat baca sampai akhir. Makanya aku selalu kagum sama penulis kriminal-detektif karena bisa membuat rangkaian cerita, kasus dan misteri yang mampu membuat pembacanya penasaran. Nah, itu yang buat aku pingin jadi penulis genre ini karena bisa menarik rasa penasaran plus membuat pembaca untuk berpikir.

  20. Nama: Arini Angger
    Twiter: @ariniangger
    Kota: Jakarta

    Andaikan saya bisa menjadi penulis, saya kan mengeksplor kemampuan saya dalam genre cinta dan mungkin lebih kepengalaman pribadi untuk pengenalan pertama atau kehidupan yang pernah saya alami. Ini baru penjajakan pertama, jika selanjutnya mungkin saya akan lebih menjajaki berbagai genre dengan pengalaman yang menarik, bisa dengan pengalam atau khayalan. Karena harus tahu dulu bagaimana tanggapan teman- teman diluar dengan tulisan awal saya nanti, baru saya akan bisa menjajaki genre yang lain sebagai tantangan kedepannya untuk saya.
    *sebenarnya ini cita- cita namun tertunda*

  21. Nama : Isnaini
    Twitter: @isnalfa
    Kota: Semarang

    tentu saja penuis genre romance. tentu berawal dari kesukaan aku baca cerita romance. karena cinta itu kalo ditelisik luar biasa. jadi kalo dibuat cerita akan ada banyak sisi. nggak melulu happy ending (walau pribadi lebih suka kalau happy ending). romance bisa juga cinta dalam keluarga atau cinta kepada Sang Pencipta Alam. pokoknya genre yang penuh cinta gitu lah. cinta itu ekspresif. kebutuhan setiap individu.

  22. Nama: Fitra Aulianty
    Twitter: @fira_yoopies
    Kota: Pekanbaru

    Aku akan menulis genre romance, mistery, psikologi. Alasannya karena semua yang ada di dunia ini membutuhkan cinta, walaupun begitu ada beberapa sifat (psikolog) yang harus kita pahami agar cinta itu tidak retak begitu saja. Dan terkadang untuk memahami cinta itu, ada beberapa rahasia tertentu yang harus kita coba ketahui dari orang-orang tersebut.

  23. nama : Ahmad Wahyu Darmawan
    twitter : @WahyuDrmwan
    kota : metro

    jika aku jadi penulis aku ingin menulis genre horor. alasannya karena bisa berimajinasi lebih jauh, mengkreasikan cerita horor orang lain dengan imajinasi sendiri, setelah membacanya akan selalu terbayang dalam fikiran dan imajinasi kita sehingga kita merasa gemas terhadap buku yg telah dibaca

  24. Nama : Ardita Ardyanti
    Twitter : @ardyanti18
    Kota tinggal : Jakarta

    Jawaban :
    Saya akan menulis genre romance dan comedy karena dapat menghibur orang lain, dan dapat menjadi pelepas penat dari rutinitas sehari-hari. Semoga saya beneran dapat menulis bukunya.

  25. Nama : Tiara I. k.
    Twitter : @tirr_
    Kota tinggal : Jakarta Timur

    Jika ditakdirkan menjadi seorang penulis, aku mau nulis bergenre fantasi anak-anak. Alasannya karena anak-anak jaman sekarang kurang banget minat membacanya. Ditambah lagi anak-anak secara terbuka dihadapkan pada realitas kehidupan yg keras, gampang mendapat informasi yg bukan kebutuhannya, terus moralnya kurang. Jadi tulisan-tulisanku dibuat sesuai porsi anak-anak, sehingga selain untuk menambah minat baca dan menghibur mereka, diharapkan dapat meningkatkan daya imajinasi mereka dan menanamkan nilai-nilai baik melalui gaya tulisan yg ga membosankan.
    Thx ka:)

  26. Nama: Kiki Suarni
    Twitter: @Kimol12
    Kota: Batubara-Sumut
    Jawaban:
    Jika ditakdirkan jadi penulis, maka aku akan memilih gendre romace. Karena memang aku suka dengan gende seperti ini dan juga rasanya gendre seperti ini akan selalu awet dari masa ke masa. Tentunya dengan tema yang berbeda dibumbui dengan gendre lain di dalamnya, seperti fantasy atau horor. Menurutku gendre seperti ini lebih universal tentunya tidak melulu cinta seputaran pasangan tapi juga bisa cinta tentang keluarga, sahabat maupun alam.

  27. Diki Siswanto
    @diki_twips
    Sulawesi Selatan

    Jika ditakdirkan jadi penulis, aku mau nulis genre science-fiction (emang ada yaa?) ceritanya fiktif tetapo tetep ada science di dalamnya.

    Alasan milih genre ini, karena aku rasa tulisan bukan hanya bahan bacaan dan hiburan saja, tetapi juga harus disisipi science yang dapat menambah wawasan pembaca.
    Iya kan, mbak?

  28. Wening Purbawati
    @dabelyuphi

    Ambarawa

    jika ditakdirkan menjadi penulis, genre apa yang ingin kamu tulis? Berikan alasannya

    kalau bisa jadi penulis, aku sih pengen banget bisa menulis semua genre buku. tapi mungkin aku akan cenderung menulis buku-buku yang ber-genre fantasi dan fiksi kali ya, juga pengen nulis buku untuk anak-anak.
    karena aku pengen banget aku bisa menemani anak-anak berimajinasi melalui buku-buku yang aku tulis dari kecil dan kemudian menginspirasi mereka ingin jadi apa mereka saat dewasa nanti.

  29. Nama: Nurul Hikmah
    Twitter: @siwon5858
    Kota: Kendari

    jika ditakdirkan menjadi penulis, genre apa yang ingin kamu tulis? Berikan alasannya

    Ada beberapa genre sih yang Aku tertariik bangeeet,,
    1. Romance => well.. karNa Aku suka bgt ma kisah percintaan..haha😀 mau it yg lebay bgt ampe nangis2..huhu apalagi bisa ngikutin alur ceritanya yg mpe bikin kita kesel sendiri,,tmbah seru deh😀
    2. Thriller => Aku tertarik krna Aku sering bgt nnton film dgn genre kek gini, dgn alur nebak2nya yg gak putus2 mpe ending, enn trnyata biasanya tebakan kita tuh slah besar.. Aku pengen buat cerita yg sperti ini, pengen buat pembacanya penasaran trus mpe akhir😀
    3. Detektif => kalo genre detektif mah, krna Aku suka Sherlock Holmes, Conan, mnrutku mreka itu karakter yg sgt kuat+pintar bgt mecahin kasus apapun..top markotop salut ama penulis+komikusnya, bisa buat cerita hebat kek ghitu,,
    4. Fantasy => baru2 ini sih biz baca Novel “Neo Werewolf” by Ali Reza, d’situ dy ngangkat crita fantasi ttg manusia serigala.. trus kpikiran dehh, kok gak ngangkat crita fantasy nusantara aja ghitu? tp gak ada ide critax ttg apa :v

    tp syg Aku gak ada bakat jadi penulis spertinya, udah nyoba bbrapa kali tp gatot >.<

  30. Nama: Debora Theresia Julyanti
    twitter: @borde2707
    Kota: Medan

    kalo emang gue ditakdirkan jd penulis…
    Gue bakalan buat cerita bergenre Sci-fi dan dipadukan dgn sedikit humor dan unsur cinta didalamnya. Karena gue tertarik dgn sci-fi buatan abang andhyrama di wattpad. Kalo gasalah judul cerita “69”. Agak dewasa gitu ceritanya tp sumfeh gak buat horny. Malah ngebuat ngakak dan membayangkan kalo stiap scene yg gue baca itu berasa adegan film.
    Tp kalo diperbolehkan, gue mau buat semua cerita dgn berbagai genre. Biar gak bosan gitu pembaca setia setiap buku.

  31. Nama : ailina
    Akun twitter : @ailina85
    Kota tinggal : Probolinggo

    Kalau jadi penulis, pengen jadi penulis novel ber-genre humor sama buku anak-anak. Genre humor disini lebih tepatnya lucu, tapi tentang kehidupan sehari-hari yang ada hikmah yang bisa dipetik didalamnya. Kalau buku anak-anak soalnya sekarang ini agak susah mencari buku yang benar-benar layak dibaca sama anak-anak.
    Yang jelas menurut saya, penulis itu pekerjaan yang super duper keren. Bisa bikin pembaca sedih, senang, takut, keren pokoknya ^_^

  32. Nama : Septa Anggara
    Twitter : @seivtha
    Kota : Palembang

    Fantasi, saya suka fantasi karena itulah sangat ingin jadi penulis fantasi. Saya suka dengan cerita dimana tokohnya itu punya kekuatan dan harus bertarung untuk kebaikan. Saya suka menempatkan diri saya dalam imajinasi ikut bertarung dengan semua kekuatan yang saya punya. Karena itulah saya sangat berminat soal tulisan yang bergenre fantasi. apalagi saya memang suka semua film yang seperti itu.

  33. Mareyni Day
    @MareyNi_Day9
    Kediri

    Kalau jadi penulis (Aaamiin….) saya ingin menulis tentang hal-hal yang nggak mainstream. Kayak ngupas sifat buruknya cewek. Apa sih yg sebenarnya dirasakan para cowok. Ya, semoga saja saya bakal benar-benar tahu. Biar jadi refrensi untuk mengambil sikap dan nggak jadi cewek konyol.

    Mungkin nanti genre-nya ya romance. Soalnya romance lebih bisa mengungkapkan emosi

  34. Nama : Ridzki Putri
    Twitter : kikikiki_R
    Kota : Jakarta

    Jawaban :
    Misteri, karena dalam kehidupan ini penuh dengan misteri. Dlam sehari-hari kita dikelilingi oleh misteri bahkan dalam bagian-bagian terkecil tubuh kita juga di penuhi misteri. Dengan hidup yang dipenuhi misteri maka aku akan mengatur cerita yang berusaha mengungkap misteri itu dengan pemecahan-pemecahan yang logis.

  35. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    Karangasem, Bali

    Aku ingin menulis novel dg genre romance. Kalau udah bahas cinta, pasti nggak akan ada habisnya. Selalu ada hal menarik yang bisa ditulis jika dikaitkan dengan cinta. Kebanyakan genre ini memang yang paling sering diproduksi dan yang paling banyak punya penggemar.
    Meskipun begitu, aku merasa bahwa menulis genre romance itu banyak tantangannya karena kita dituntut memiliki imajinasi dan penghambaran yang cerdas. Tema boleh monoton, klasik tapi eksekusinya harus diluar ekspektasi pembaca. Tak hanya itu, cerita wajib gak hanya galau, baper arau senang2 aja, harus tetap meninggalkan kesan tersendiri dan moral value yg dapat diteladani🙂

  36. Nama: Pretty Angelia
    @prettywuisan
    Bogor

    Genre yang pengen banget aku tulis itu fantasy. Bisa dibilang itu proyek terbesarku. Settingnya di Indonesia yang aku ubah namanya sesuai dengan keinginanku dan garis besar cerita ingin aku ambil dari sejarah Indonesia tempo dulu.

    Pengen aja ngenalin Indonesia secara berbeda. Sepenglihatanku novel Indonesia yang ada di luar negeri itu bermuatan kearifan lokal banget dan terlihat lebih riil. Aku mau nulis dalam kemasan lain, tapi kesan Indonesianya tetap kerasa.

  37. Nama : Siti nuryanti
    Twitter:@NelyRyanti
    Domisili: Depok jawabarat

    Jika saya jadi penulis…saya ingin menulis genre Religi. Baik itu novel religi atau nonfiksi. Karena saya ingin tulisan yang saya tulis dapat menjadi inspirasi orang lain untuk lebih baik dan mendekatkn diri pada Sang Pencipta

  38. Nama : Afika Yulia Sari
    Twitter : @afikayulia
    Kota tinggal : Jakarta

    Genre yang kupilih adalah Romance. Karena menurutku genre ini adalah yang paling mudah dibayangkan. Meskipun begitu, ceritanya engga melulu tentang cinta yang menyorot pada lawan jenis. Melainkan akan diselipkan unsur persahabatan, keluarga, agama, dan masih bnyak lagi. Alasan lainnya adalah aku bingung dengan genre thiller ketika menulisnya. Apalai dengan horor, sudah ketakutan duluan haha😀

  39. Nama: Titim Nuraini
    Twitter: @titim_nuraini
    Domisili: Pamekasan

    Jawaban: Jika aku ditakdirkan menjadi seorang penulis aku ingin menulis genre romance yang islami. Supaya bisa menciptakan cerita cinta yang manis berdasarkan kisah cinta Rasulullah dan para sahabatnya.

  40. nama: Leny H
    twitter: @Lenny66677291
    domisili: Kota Rantau Kalimantan Selatan
    jawaban: kalau aku ditakdirkan menjadi penulis, aku akan menulis buku inspiratif, entah itu tentang diri sendiri atau tentang org lain dan bisa juga buku non fiksi seperti novel tapi juga inspiratif yang banyak motivasi didalamnya. Karena aku ingin di buku yang aku tulis ada pesan moral yang disampaikan dan juga bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena aku kalau sebagai penulis buku aku pengen banget bisa membuat membacaku terhibur, sekaligus termotivasi. Jadi aku bisa memotivasi orang lain lewat tulisan yang ku buat.

  41. Nama: Feby Yolanda
    Alamat: Bogor
    Twitter: @Bieyol
    Saya ingin menjadi penulis fiksi yang meceritakan pengalaman koas mhasiswa kedokteran hewan yang super unik. Jika kehidupan koas kedokteran berkutat dengan jaga malam, ujian, pasien, rawat inap, dll. Kami mengalami semua hal tersebut diikuti dengan belajar bersihin kandang untuk mengenali penyakit, mempelajari perilaku hewan dan bagaimana melakukan teknik handling ketika sedang pemerikaan dan terapi seperti menyuntik dan memberi obat, serta dipusingkan dengan banyaknya jumlah spesies hewan yang menurut ekspektasi masyarakat harus kamu pahami. Dan lebih khusus saya ingin berbagi tentang satwa liar dan peran seluruh bagian masyarakat untuk pelestarian satwa liar. Saya ingin menuliskan tentang arti mereka bagi ekosistem, jenis2 satwa asli indonesia uang dilindungi serta keunikannya, dan mengapa mereka tidak harus punah.
    Melalui cerita fiksi saya mengharapkan generasi muda lebih peduli lingkungan terutama di bidang konservasi satwa liar.

  42. Nama : Nova Indah Putri Lubis
    Twitter : @n0v4ip
    Domisili : Medan

    Jika ditakdirkan jadi penulis nih, saya ingin menulis genre yang menggabungkan antara psikologis dan romance. Gak tau sih ini jadi genre apa namanya😀 Kenapa ? karena saya ingin menulis buku yang isinya tidak hanya menceritakan kehidupan asmara manusia ‘normal’ pada umumnya tetapi juga menceritakan kisah-kisah kehidupan asmara mereka yang mengalami sakit mental atau keterbelakangan. Misalnya aja kehidupan asmara anak2 korban bully, anak2 autis atau mereka yg memiliki keterbelakangan mental lainnya. Dari tulisan ini kita bisa menunjukkan bahwa “hei, kami yang memiliki keterbelakangan juga bisa jatuh cinta lho”. Pasti seru bisa menceritakan sisi manis dan unyu dari mereka2 yang memiliki keterbatasan :’) tujuannya sih untuk pembelajaran juga agar kita bisa melihat sisi lain dari mereka dan bisa lebih menghargai mereka dan gak menganggap mereka sebelah mata. Semoga terealisasi… ^^

    Terima Kasih mbak Luckty ^^

  43. nama: Putri Prama Ananta
    akun twitter: @PutriPramaa
    kota tinggal: Probolinggo

    Jika ditakdirkan menjadi penulis, genre apa yang ingin kamu tulis? Berikan alasannya.

    Campuran antara romance-misteri-psikologi. Menurutku, apabila menambahkan unsur misteri di tulisan akan terkesan lebih mendalam tentang pengkarakterannya, sekaligus kita memperkenalkan sesuatu yang tak diketahui pembaca tentang ilmu psikologi tersebut. Lalu, kenapa misteri? Karena psikologi itu seperti teka-teki, jadi tidak bisa terlepas dari misteri. Unsur misterinya bisa digunakan sebagai plot twist yang nantinya akan membuat pembaca gemas karena tidak bisa menebak-nebak alur cerita. Kenapa romance? Karena cinta adalah hal utama yang tersebar di antara, kita bisa pakai cinta antara perempuan laki-laki, kakak dan adik, dll. Jadi, dengan romance, cerita dibuat mengalir dengan realistis.

  44. Nama : Mega Widyawati
    Twitter : @widy4_w
    Kota Tinggal : Nganjuk

    Pertanyaannya
    adalah jika ditakdirkan menjadi penulis, genre apa yang ingin kamu tulis? Berikan alasannya.

    Aku lebih suka Science + Fantasy.
    Cerita genre seperti Science lebih berkesan, seperti halnya dalam memecahkan beberapa masalah dengan rumus kimia, perhitungan,Satuan, Hipotesa, dan sebagainya. Bisa berhubungan dengan Teori dan Expreriment juga kan.

    Yang ada di kepalaku tentang Science : penulis seperti memberikan teka-teki kepada pembaca, sehingga pembaca memberikan hipotesa2-nya.
    Poin jackpot-nya bagi pembaca : bisa menerima wawasan luas menyangkut Ilmiah karena penulis seperti memberikan pelajaran tambahan tentang ‘Ilmu Pengetahuan Alam’ seolah pembaca ikut dalam cerita.
    Apalagi jika cerita itu fantasy, rasanya lengkap sudah Imajinasi-ku dalam menciptakan suatu karya tulis sesuai dengan ‘Impian-KU’ , hehe…

  45. Nama: Silmi
    Twitter: @Takamiwa_
    Kota: Kediri Jatim

    Jawaban:
    Aku akan menulis beragam ganre. Termasuk teenlit, chicklit, misteri, horror, fantasy, dan romance. Aku ingin mencicipi seperti apa rasanya mengalami bermacam-macam hal dalam hidup yang cuma sekali. Lewat tulisan, aku bisa mewujudkannya. Hidup seatap bersama seorang pembunuh contohnya, atau bagaimana rasanya ditaksir sama ketua mafia, atau juga terdampar di tempat antah berantah setelah melewati jembatan gantung. Konflik rumah tangga, cerita anak remaja, semua ingin kutulis, agar semua orang dapat kutarik masuk ke dalam dunia tinta-ku. Terhibur, dan ikut merasakan menjadi tokoh utama di dalamnya.

  46. Nama: Aya Murning
    Twitter: @murniaya
    Kota: Palembang

    Mau tulis genre horror-thriller. Soalnya saya suka sama cerita yang punya banyak twist-nya. Horror karena pasti punya masa lalu yang harus diungkapkan sekaligus busa mwnuangkan pengalaman pribadi di sana😀 sedangkan thriller itu paling bisa mengecoh pembaca untuk salah menerka pelaku yang sebenarnya sebelum si penulis mengarahkan kepada pelaku yang sebenarnya di waktu yang tidak terduga.
    Ada quote yang pernah saya baca, “kalau kamu mau jadi penulis, maka mulailah dengan cara menulis tentang cerita apa yang ingin kamu baca.” Nah, karena saya sukanya yang penuh misteri dan banyak twist, makanya saya pilih genre horror-thriller.🙂

  47. Nama : Mona
    Twitter : @monamuliaa
    Kota tinggal : Trenggalek, Jawa Timur

    “Jika ditakdirkan menjadi penulis, genre apa yang ingin kamu tulis? Berikan alasannya!”

    “Pada intinya saya ingin menulis genre romance. Karena kenyataannya hidup dan cinta tak terpisahkan. Meskipun demikian saya tidak ingin membuat cerita romance yang biasa. Saya tidak ingin hanya menulis cerita yang pure romance. Saya ingin membuat cerita cinta yang dibalut dalam berbagai genre sebab saya ingin mencoba tidak hanya satu genre.”

  48. Nama : Baiq Rara Ayudhia Syaftiana
    Twitter : @Raraayudhia
    Domisili : Mataram,Lombok NTB.

    Jawaban :

    Jadi penulis yang bisa nulis semua jenis genre! Pokonya yang bisa mengaduk-duk perasaan pembaca aja deh xD
    Terus pinginnya juga yang bisa bikin pembaca kesel, marah, seneng, nangis jadi satu kaya orang gila xD pokonya lagi sampe bikin pembaca penasaran terus maksa bikin sequelnya.

    Hah… Merasa kaya penulis ter-asik deh!

  49. Nama : Ken
    Twitter : @orion____
    Follow blog via : justsavemywords.wordpress.com
    Domisili : Tulungagung, JaTim

    Q : jika ditakdirkan menjadi penulis, genre apa yang ingin kamu tulis? Berikan alasannya😉
    A : Misteri!😀 Entah itu thriller atau crimes atau horor, apa saja.
    Alasannya? Karena selama ini saya cuma—baru bisa—bikin cerita tentang roman dan komedi geje haha~ Selain itu, karena saya sendiri emang suka baca genre tersebut, jadi suka iri dengan para penulis yang bisa membuat buku bergenre misteri ini—terutama yang berhasil bikin saya bergairah dan harus berhasil tuntas baca bukunya dalam satu malam. Pernah sih mencoba bikin saat masih duduk di bangku sekolah. Tapi apa daya, berhubung cetek pengalaman di bidang analisis—kala itu pingin bikin cerita tentang detektif—hasilnya JAUH LEBIH JELEK DARI KATA MENGECEWAKAN hahaha~ that’s why kalau saya dikasih kesempatan, terlebih lagi ditakdirkan, saya ingin menulis tentang genre misteri ini😀

  50. Nama : Agatha Vonilia Marcellina
    Akun twitter : @Agatha_AVM
    Domisili : Jember

    Jika ditakdirkan menjadi penulis, genre apa yang ingin kamu tulis? Berikan alasannya.

    Dongeng anak, aku masih belajar menulisnya sampai sekarang. Gaya bahasa dan alur cerita yang sederhana tapi tidak terkesan menggurui masih susah untuk aku tuliskan. Serta pembawaan yang cocok untuk anak-anak pun, aku masih belajar untuk menulisnya. Menurut aku, dongeng anak adalah tantangan paling besar tapi menyenangkan karena melihat senyuman di wajah anak-anak saat membaca cerita dongengku bersama dengan orang tua mereka merupakan impianku. Semoga aku bisa menjadi penulis dongeng anak dan belajar banyak juga dari Maya Lestar Gf dan Kusumastuti Fischer.

  51. Nama : Dian. S
    Twitter : @DeeLaluna
    Domisili : Ngawi

    Aku memang berdoa semoga Tuhan menakdirkan aku menjadi seorang penulis. Dan, selama ini aku lebih suka menulis tentang romance, romance, dan romance. Semua tulisan fiksiku berbau romance. Pokoknya romance.
    Aku sangat menyukai fiksi romance karena cinta tak akan pernah habis untuk dibicarakan, diceritakan, dituangkan dalam bentuk apapun, di setiap masa, di setiap waktu. Cinta tidak akan bisa membuat bosan, karena dia bisa menyatu dengan apapun. Dengan cerita yang sedih, menyeramkan, gembira, maupun penuh dengan filosofi dan nasihat kehidupan sekalipun.

  52. nama: Farah
    twitter: @farrmasi
    kota tinggal: Tegal

    genre roman fantasi mungkin, alasannya karena ada cinta ada khayalan. saya berharap dapat menulis sebuah khayalan tingkat tinggi saya yang berkaitan dengan cinta. cinta yang disulitkan dengan segala perbedaan yang mencengangkan, perbedaan dunia salah satunya.

  53. Nama: Elly Darmawan
    Twitter: @kulanku
    Kota: Jakarta

    Kalau ditakdirkan menjadi penulis, saya mau menjadi penulis misteri. Karena hal yang di luar nalar, bisa disajikan menjadi cerita yang bisa diterima nalar pembaca.

  54. Bintang Maharani
    @btgmr
    Palembang

    Genre romance tapi khusus mariage. Seperti karya-karya @meta_mine atau @lainilaitu gitu loh. Soalnya kalau nulis cerita romance yang sudah dalam ikatan pernikahan tu diharapkan bisa membangun paradigma ke pembaca bahwa: “dalam kondisi yang seperti ini (menikah) loh kalian itu baru boleh begini begitu begono”.

    Dan menurut survey-ku sendiri, scene romantis ala pernikahan itu lebih terasa oh-so-sweet!😄

  55. Nama : Mukhammad Maimun Ridlo
    Twitter : @MukhammadMaimun
    Kota : Sleman, Yogyakarta

    Kalau aku ditakdirkan sebagai penulis (keinginan yang pengen tercapai), aku pengen nulis cerita yang berbau misteri tapi yang agak fantastik dan berbalut romantisme.
    Aku pernah nyoba nulis genre anak, ternyata kurang memahami jiwa anak jadi kurang disukai anak. nyoba nulis genre sastra itu, mbaca aja kadang g paham. palagi nulis. he…
    kalau romance remaja dah pernah and ada beberapa yang nembus majalah remaja, tapi kalau lihat umur sekarang (30) dah pengen move on… tapi buat nulis yang romence keluaarga belum berani. hehe..
    Kayaknya genre seperti di atas pengen nyoba. kalau dibayangin ya kayak harry potter tapi ditambah lagi di sisi romancenya. atau detektif juga boleh. hehehe….

  56. Nama : Shiela Hartiningtyas
    Twitter : @ruth_shiela
    Kota : Cirebon

    jika ditakdirkan menjadi penulis, genre apa yang ingin kamu tulis? Berikan alasannya.

    Aku selalu menyukai genre romance, jadi tentu saja jika ditakdirkan menjadi penulis, aku akan menulis genre romance.
    Namun tidak seru rasanya jika pure hanya genre romance yang ada di dalam cerita yang aku tulis.
    Aku ingin menggabungnya dengan dua unsur lain, yaitu teka-teki/misteri dan persahabatan.
    Unsur teka-teki/misteri karena umumnya orang akan merasa tertantang untuk memecahkan sebuah teka-teki/misteri. Oleh karena itu jika sedari awal
    pembaca disuguhi dengan potongan teka-teki/misteri tersebut, mereka akan merasa penasaran dan terus membaca ceritanya hingga akhir.Bisa dibilang ini
    merupakan pancingan bagi pembaca untuk terus mengikuti dan tantangan bagi penulis bagaimana membuat misteri yang crunchy.
    Unsur persahabatan karena aku merasa bahwa umumnya cinta dimulai dari sebuah persahabatan. Selain itu aku juga ingin menonjolkan unsur ini untuk
    memberikan pesan bahwa persahabatan itu penting dalam kehidupan kita.:)

  57. Nama : Hary Gimulya
    Twitter : @angels_rutherfo
    Kota : Bandung

    Aku ingin membuat genre fiksi fantasy, alasannya karena genre ini sangatlah luas dan mudah dieksplorasi.
    Selain itu aku sangat menggemari kisah Harry Potter dan berkeinginan menulis sebuah kisah seperti ini.
    Syukur-syukur bisa memiliki sekuel seperti Harry Potter.
    Menurutku kisah fiksi fantasy selalu memiliki penggemar yang banyak di dunia. Buktinya banyak kisah fiksi fantasy yang menjadi
    best seller di berbagai negara dan kemudian difilmkan.
    Sayangnya aku merasa belum banyak penulis di Indonesia yang menyentuh genre ini.
    Oleh karena itu aku ingin membangkitkan genre fiksi fantasy ini di Indonesia lewat cerita yang kutulis.

  58. Nama : Indriani
    Twitter : @ryanie31
    Kota : Tangerang

    jika ditakdirkan menjadi penulis, genre apa yang ingin kamu tulis? Berikan alasannya.

    Romance.
    Kenapa? karena dalam cerita bergenre apapun, hal-hal yang bernuansa romance pasti selalu ditemukan di dalamnya. Entah itu bersifat minimalis ataupun mendominasi cerita, namun romance sulit dipisahkan dalam sebuah cerita fiksi maupun nonfiksi. Alangkah senangnya jika romance yang nanti kutulis dapat kusisipi dengan komedi – abisnya teman2 bilang aku orangnya terlalu serius #truscurcol😛 – apalagi ada sedikit unsur teka-teki di dalamnya. (penulis banyak maunya ini mah :P)

  59. Nama : Sofhy Haisyah
    Twitter : @Sofhy_Haisyah
    Kota : Makassar

    Jika ditakdirkan menjadi penulis, genre apa yang ingin kamu tulis? Berikan alasannya !

    Aku pengen jadi penulis dengan genre (atau lebih tepatnya tema) tentang soal-soal pelajaran. Karena seringkali aku mikir, tanpa buku pelajaran (seperti : buku paket sekolah, kisi-kisi UAS, atau buku saku ilmu pengetahuan) mana bisa aku dapat dan tahu lebih banyak ilmu.

    Belum lagi jika mengingat bahwa menyebarkan ilmu bernilai pahala. Nggak kebayang kan, nulis buku semacam itu bisa memperberat timbangan amal kelak🙂

  60. nama : Ita Sholihatin
    akun twitter : @terhujan
    kota tinggal : Jogja

    Jika ditakdirkan menjadi penulis, genre yang ingin saya tulis adalah misteri atau thriller. Dari dulu, entah itu dalam buku atau film, saya selalu jatuh cinta dan takjub dengan ide cerita misteri/thriller berbumbu twisted ending. “Kok bisa ini penulisnya punya ide begini?” “Kok bisa dapet ide keren begini?” “Kok bisa?”
    Sampai sekarang pun saya masih bingung, harus makan apa biar bisa punya ide-ide menakjubkan semacam itu😦

  61. Nama: Eni Lestari
    Twitter: @dust_pain
    Kota tinggal: Malang

    Jika ditakdirkan menjadi penulis, genre apa yang ingin kamu tulis? Berikan alasannya !

    sebenernya aku suka semua genre. tiap genre punya keistimewaannya masing2. tapi kalo mau dikhususkan, aku mau nulis genre cerita anak. ini lebih ke passion sih. aku emang dari kecil suka baca cerita anak. aku suka dongeng, peri, kurcaci, dsb. dengan bahasa yang simpel dan mudah dimengerti, selalu ada pesan yang disampaikan di cerita anak. rasanya seneng aja kalo suatu hari bisa nulis buku anak dan mempersembahkannya buat anakku🙂

  62. Pingback: Daftar Bacaan tahun 2015 | Luckty Si Pustakawin

Leave a Reply

