REVIEW Dead Smokers Club part 1

PicsArt_24_10_2015_11_32_03[1]

Semua sekolah sama saja. Asalkan kita rajin belajar, kita bisa pintar kok. Apa gunanya bersekolah di tempat bagus, tapi kita nggak serius belajar? Sia-sia kan? (hlm. 8)

ADRIAN adalah seorang pemuda berusia 16 tahun. Ia sudah tinggal di panti asuhan Rumah Bahagia selama sepuluh tahun setelah kehilangan kedua orangtuanya di usia lima tahun. Keduanya tewas dalam sebuah kecelakaan lalu lintas sewaktu bus yang mereka tumpangi ditabrak kereta api. Mereka tewas seketika bersama puluhan penumpang lainnya.

Pasca tragedi itu, Adrian sempat diasuh oleh pamannya yang miskin dan memiliki tujuh orang anak. Merasa tak sanggup menghidupi keponakannya, sang paman membuang Adrian ke panti asuhan.

Sejak saat itulah, Adrian tumbuh besar di Rumah Bahagia. Ia mendapat makan, tempat berteduh, pendidikan dan juga kasih sayang.

Pemuda pemalu itu mendapat banyak teman dan saudara, serta merasakan pula getar cinta. Di sana, di bawah atap gedung panti nan reyot, ada seorang gadis yang senantiasa membuat jantungnya berdebar tak keruan. Gadis itu bernama Amelia atau akrab disapa Mela.

Mela memiliki hati yang hangat, senyum elok, serta tutur kata nan lembut membuat Adrian tak kuasa menahan perasaan cintanya. Sayang, Adrian terlalu malu untuk mengungkapkan perasaannya. Bertahun-tahun ia memendam cinta, bertahun-tahun pula cinta itu terendap di dasar hatinya.

Bukan, ini bukan novel menye-menye dengan balutan kisah memelas tentang anak yatim piatu. Kisah Adrian baru dimulai ketika ia diterima di T&T Boarding High School. Bu Anna, pemilik Rumah Bahagia mengirim beberapa penghuni di panti asuhan ini ke beberapa sekolah dengan mengajukan beasiswa penuh bagi mereka. Salah satu tujuan dari ini adalah demi panti agar bisa melakukan sedikit penghematan. Adrian, salah satu penghuni panti yang nilai-nilai rapornya tinggi dan dia berhasil masuk ke sekolah yang bisa dikatakan sebagai sekolah mewah. Siswa-siswanya pastilah berasal dari kalangan atas semua. Akankah dia diterima oleh mereka?

T&T Boarding High School ini didirikan Yayasan Toriano Bersaudara nyaris satu dekade yang lalu. Sekolah itu dapat menampung tiga ratus siswa pilihan. Dibangun di atas lahan seluas sembilan hektare di Jakarta, T&T mempunyai fasilitas pendukung yang memadai. Gedung sekolah tiga lantai, asrama, perpustakaan, laboratorium MIP, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, klinik, gedung olahraga, kolam renang, ruang kegiatan siswa, kantin luas, ruang laundry, guest house, green house, bus sekolah, semua tersedia di sana.

Yayasan Toriano Bersaudara dimiliki oleh miliuner muda eksentrik bernama Tommy Toriano. Tommy merupakan seorang enterpreneur muda yang bergelut di bidang properti, ekspor-impor, serta memiliki hotel berbintang di Jakarta. T&T Boarding High School merupakan ‘wujud kepedulian’ Toriano Company terhadap pendidikan bagi generasi muda.

Sekolah barunya Adrian ini terlihat mewah dan sempurna dengan segala prasarana yang ada. Tapi siapa sangka, dia akan menemukan keganjilan-keganjilan para penghuninya. Ada banyak sekali teman-teman baru Adrian di sekolah ini yang diceritakan secara detail dalam buku ini. Setiap pribadi memiliki karakter khas masing-masing, mulai dari hacker yang hobi ngemil sampai membentuk agama sendiri. Kesintingan Adrian tidak hanya sampai di situ, suatu hari dia diculik klub misterius bernama Dead Smokers Club karena tanpa disadari dia sesungguhnya memiliki bakat yang terpendam! Apakah itu ?

Beberapa selipan kalimat sindiran dalam buku ini;

  1. Makannya pelan-pelan. Jangan buru-buru, nanti tersedak. (hlm. 3)
  2. Jangan lupa habiskan sayurnya. Jangan buang tulang ayam ke kolong meja! (hlm. 4)
  3. Mengelola panti kan nggak mudah. Apalagi di masa sulit seperti ini. (hlm. 4)
  4. Terkadang ketenaran bisa sangat menyeramkan. (hlm. 105)

Ada beberapa hal ganjil yang ditemukan dalam buku ini. Pertama, saat Johny sedang mendownload sesuatu yang tidak pantas di laboratorium komputer di halaman 25, apakah di ruang tersebut tidak memiliki CCTV untuk memantau aktivitas siswanya, biasanya lab komputer tidak sembarang siswa boleh masuk kecuali atas ijin guru TIK ataupun petugas lab. Kemudian kelakuan minus Mrs. Kelly atas affairnya dengan salah satu siswa yang aman terendus dari guru-guru lainnya. Kenyataannya, sekecil apa pun gosip di sekolah, jangankan gosip guru, gosip siswa saja pasti dengan cepat menyebar ke seluruh penjuru telinga warga sekolah. Oya, apalah artinya sekolah mewah jika perpustakaannya sepi seperti di sekolahnya Adrian ini. Memang sih, semakin bagus sebuah sekolah tidak menjamin akan semakin menarik perpustakaannya untuk dikunjungi siswa, contohnya ya seperti perpustakaan di T&T Boarding High School ini; sepi pengunjung x))

“Yang itu perpustakaan. Selalu kosong….” (hlm. 30)

Membaca kisah Adrian dalam buku ini, kita bisa jadi tahu kehidupan sekolah khusus putra. Kebanyakan buku-buku selalu mengangkat kisah sekolah khusus putri. Adrian tak hanya sendiri, ada Sam si Ketua OSIS sekaligus siswa terpandai di angkatan, Daniel merupakan wakil ketua OSIS yang jago di bidang otomotif dan hobi kebut-kebutan, Johny yang tak pernah lepas dari layar komputer dan makanan yang selalu tergenggam di tangannya, dan masih banyak tokoh lainnya. Dari sekian banyak tokoh, karakter Rudy lah justru paling terngiang ketika habis membaca buku ini. Paling kebayang waktu BAB Survival Games; antara ngenes, kasian dan ngakak pas baca bagian ini x)) #PukPukAdrian

Dibalik kesempurnaan sekolah ini, ternyata di dalamnya memiliki banyak kekurangan. Ada guru-gurunya yang beragam karakternya; galak bukan kepalang, centil juga ada, dan pilihan favorit saya tentu Pak Andre, guru muda berusia 27 tahun yang mengajar mata pelajaran Komputer. Di halaman 70-77. Harusnya seperti inilah sosok guru yang dibutuhkan di sekolah-sekolah untuk generasi saat ini; mendidik tanpa terkesan menggurui tapi justru ngena. #KasihLopeLopeBuatPakAndre

Keterangan Buku:

Judul                                     : Dead Smokers Club part 1

Penulis                                 : Adham T. Fusama

Editor                                    : Opan Mustafa

Proofreader                       : Dwi Retno Kusuma Wardhanny

Penata letak                       : Ahmad Shakur Budiman

Pendesain sampul           : Ahmad Syarifudin

Penerbit                              : FIM Kreasindo Gemilang

Terbit                                    : 2015 (Cetakan Ketiga)

Tebal                                     : 186 hlm.

ISBN                                      : 978-602-17571-1-6

70 thoughts on “REVIEW Dead Smokers Club part 1

  1. Pingback: Giveaway Dead Smokers Club | Luckty Si Pustakawin

  2. Awal membaca review ini: loh, ternyata ini novel cinta-cintaan ya? Nanti ceritanya si Mela diculik DSC, terus diselamatkan Adrian?
    Hahaha. Tapi setelah melanjutkan review ini, kayaknya ceritanya asyik banget. Ada misteri, ketegangan, dan lucu-lucuan. Jadi makin penasaran. Dan akankah ada adegan sadis seperti di Rahasia Hujan?🙂

  3. Sekilas baca nama sekolahnya, pikiran langsung melayang ke sekolah-sekolah ala drama Korea. Ditambah deskripsi fasilitas dan kepemilikan sekolah ini, wis cocok sama sekolah-sekolah di sana. Dari reviewnya, aku ngerasa kayak baca review drama Korea nih. Kurasa cocok banget kalau diadaptasi ke drama Korea. Kalau dijadikan sinetron sih aku nggak suka, feelnya gak akan dapet. *loh apa ini*

    Bakat terpendam apa ya yang dimiliki Adrian? Kok yang nyulik dia namanya serem, ini novel selain romance genrenya apa ya, Bu? Misteri ya, Bu?

    Oiya, ada deskripsi perpustakaan juga nih. Perpustakaan yang rame tuh nggak harus yang mewah, asal pustakawannya sekece dan seramah pemilik blog ini mah, perpustakaannya gak ber-AC aja murid-murid unyu bakal betah seharian di perpus. Hihi

  4. Waktu pertama ngeliat cover book nya udah ngira kalo novel ini berkaitan dengan psikopat😄 ternyata itu salah besar. Jujur bener- bener penasaran sama sikap adrian yang katanya malu-malu sama amel😄. Dan tentunya aku juga ikut penasaran sama pak andre xD

  5. Pertama tau judulnya, aku langsung nebak ini cerita teror, misteri, thriller, ada cerita detektif-detektifan. Setelah baca reviewnya, aku masih belum dapet keterangan lebih jauh tentang inti cerita. Belum tau hal secara sempit apa yang akan di bahas di buku ini.

    Tapi setelah baca review ini aku jadi tau hal secara luas apa yang dibahas. Dan itu bikin pengen tau kelanjutannya (konflik, karakter tokoh, alur), pengen membuktikan sendiri apa tebakanku ada benarnya dan menjawab keingin tahuanku.

    Sebenarnya DSC itu apa? Bakat terpendam Adrian apa? Gimana kisah cinta Adrian dengan Mela? Apa pengaruh Tommy Toriano dalam cerita ini? Nggak mungkin cuma lewat, pasti punya andil besar dalam DSC. Terus jasa apa yang dilakukan pak Andre hingga bisa dikatakan ‘guru yang dibutuhkan’?

    Dilihat dari nama penulisnya, aku baru tahu kali ini. Atau mungkin aku yg kudet? 😀

    • Ini buku remaja kok. Judulnya aja yang snagar. Hahaha.

      Salam kenal ya, saya Adham. Gak kudet kok. Kan baru kenalan sekarang. Hahaha.
      Terima kasih udah komentar. Semoga dapat bukunya ya.

  6. waktu liat kovernya berasa horor banget. pikirku ini ceritanya pasti tentang bunuh2an nih. apalagi judulnya juga bombastis banget: dead smokers club. gak taunya ceritanya jauh dari kover hahaha. emang ya dont judge book by its cover :p anyway, aku penasaran banget dead smokers club ini klub macam apa. terus sebenernya adrian ini punya bakat apa sih? baca reviewnya bikin penasaran aja nih, jadi pengin baca novelnya😀

  7. Ini masuk kategori apa ya Luckty? Thriller ato drama? Liat covernya kyk thriller, judul juga gitu, kirain grup perokok yang macam jakuza, hihihi.. baca review-nya koq kayak drama malahan…😀
    Yang bikin saya penasaran malah kenapa Luckty ngefans sama Pak Andre :p
    Yang lebih bikin penasaran, NOSCE TE IPSUM NEMO SINE CRUCE BEATUS-nya. apaan yah artinya?
    Untuk review-nya seperti biasanya, bikin pengen baca bukunya, cuman kurang kutipan favoritnya deh kayaknya ^_^

  8. Kirain ini novel romance menye-menye hihi
    Whoaaa.. T&T Boarding School emang TOP BGT! Aji gile, kalo saya yg skolah disitu mungkin saya nggak mau lulus aja >< bakalan betah tuh diskolah mulu. Apalagi perpustakaannya T_T duh, bisa nggak saya bawa pulang aja? Haha drpd nggak ada yg pake kan? T_T

  9. Membaca review ini saya jadi teringat dengan Novel Bang Adham sebelumnya yang sudah saya lahap habis: Rahasia Hujan. Ada kesamaan di antaranya, yaitu cerita dengan gaya khas remaja. Tokoh dan segalanya dibuat seremaja mungkin. Tapi, tentu akan ada kejutan seperti halnya saya membaca Rahasia Hujan.

    Penulis ini menurut saya sangat pandai memainkan alur dan emosi pembaca. Terlihat dari review di atas juga kalau novel ini berisi cerita remaja yang segar, bukan hanya soal cinta-cintaan dan kesedihan dari tokoh utama, tapi ada sisi lain yang menarik juga untuk digali. Jadi penasaran dengan isi dari ceritanya, mengingat di novel Rahasia Hujan si penulis juga berhasil membuat cerita remaja yang anti main stream.

  10. Aku mulai dari beberapa kesalahan dari review kakak ya :

    Kesintingan Adrian tidak hanya sampai di situ, suatu hari dia diculik klub misterius bernama Dead Smokers Club karena tanpa disadari dia sesungguhnya memiliki bakat yang terpendam! Apakah itu ? (maksudnya kesintingan teman-teman Adrian)

    Terus ini kan judulnya tentang ‘Dead Smokers Club’ kok kakak reviewnya tidak terlalu mendetail tentang clubnya. Menurutku, masih bagian 1 jadi lebih ke perkenalan dulu siapa saja tokoh-tokohnya, bener nggak kak?

    Diawali dengan kisah sedih Adrian di masa lalu, aku pikir review ini cukup membuatku mulai menitikkan air mata kak. Jadi, kasihan sama Adrian.

    Tentang setting, aku pikir Adrian mungkin nggak bakalan betah deh. Kan biasanya anak beasiswa nggak terlalu dianggap. Wah … Salut buat penulisnya tentang ide settingnya.

    Bagian yang paling aku suka dari review kakak ini adalah kalimat-kalimat sindirannya. Jadi, penyemangatt lho kak. Hehhe

    Kak Adham selamat datang kembali dengan karya barunya masih dengan genre misteri dan horrornya. Semoga laris manis ya Kak. Fighting untuk Kak Adham dan Kak Luckty terima kasih.

  11. Awal lihat cover, kirain novel horror thiller suspence gitu deh. Dibaca reviewnya kok ada lope-lope terus kisah Adrian jadi anak panti makin ke bawah wuihhh~ makin penasaran soalnya tentang sekolah yang luar biasa beserta kehidupannya. Aku jadi kebayang kayak sekolah di Assassination Classroom. :v

  12. Mungkin disinilah letak kemisteriusan cerita dalam buku ini yaitu “ketika suatu hari Andrian diculik klub misterius bernama Dead Smokers Club karena tanpa disadari dia sesungguhnya memiliki bakat yang terpendam! Apakah itu ?” wah…jadi makin penasaran kan, semisterius covernya😀
    Dan dalam buku ini juga menggambarkan bahwa kita tak harus mencari sekolah yang sempurna karena dibalik setiap kesempurnaan pasti ada kekurangn karena sejatinya kita ditempatkan disekolah manapun hati kita lah yang mengendalikannya. setuju sekali dengan kalimat yang ini “Semua sekolah sama saja. Asalkan kita rajin belajar, kita bisa pintar kok. Apa gunanya bersekolah di tempat bagus, tapi kita nggak serius belajar? Sia-sia kan? (hlm. 8)

  13. Dari cover sampai baca review pertama perstetif aku salah hahaha…
    Aku kira ini buku tentang sains atau yg berkaitan dengan sains. Dari judul Dead Smoker Club yang menyeramkan dan cover yg horor ini jauh dari penilaian horor kalau menurut aku ini novel mistery masih ada beberapa pemain yg menyimpan sifat mereka. Ah ini mengingatkanku tentang novel fantasi~

    • Heeeeeee? Buku tentang sains? Ini cuma novel remaja lalala yeyeye kok. Hihihihihi.

      Tapi menarik sekali bisa ada yang mengira ini buku sains.😀

      Terima kasih ya sudah komentar dan ikutan GA-nya. Semoga beruntung.

  14. pertama liat covernya berasa serem banget dan tahu judulnya mengira kalau novel ini tentang pembunuhan. tapi akhirnya saya tahu setelah membaca review-nya.
    yang pertama dibahas mungkin tentang adrian yang tinggal di panti asuhan, trus sama amel juga. mungkin disini bakal agak sedih gitu. tapiii, penasaran gimana nasib adrian yang masuk sekolah elit khusus putra lagi. eh iya langka lho yang menceritakan tentang sekolah anak putra. dan makin penasaran dengan karakter siswa-siswa di dalamnya, macam-macam dan unik. ada yang nyeremin dan bikin ngakak kali ya.suka banget nih sama novel yang berlatar belakang sekolah. manalagi tentang cowok-cowok, hehe.
    dan juga, kira-kira apa ya bakat terpendam adrian? ini novel misterius banget, sama kayak Dead Smokers Club yang nyulik Adrian. kira-kira mereka mau apa nyulik cowok pendiam kayak adrian? apa mereka mau menyadarkan Adrian kalau cowok itu punya bakat terpendam?

  15. Sama seperti yg lain, pertama liat cover-nya yg tengkorak gitu pasti nebak ini cerita horor, dan baca judulnya kayak tentang genk gitu. Tapi ternyata tebakannya meleset jauh hahaaa
    Sepertinya cerita ini kisahnya panjang banget ya? Dari kehidupan Adrian yg yatim piatu, kehidupan di panti asuhan, sampai serba-serbi sekolah elite Y&T Boarding High School. Yg masih jadi pertanyaan, Dead Smokers Club itu apa ya? Club perokok seperti judulnya? Masih belum jelas tentang club DSC ini. Mungkin di buku keduanya akan lebih jelas ya…

  16. kayanya aku juga sama kaya para komentator yang lain, sama-sama kaget pas baca reviewnya ternyata tentang sekolah dan cinta, Liat covernya kayanya tentang misteri apa gitu… hehe

  17. Awalnya kukira ini novel thiller, bunuh-bunuhan. Eh ternyata setelah selesai baca review ceritanya tentang anak sekolahan, toh. Sebenernya lagi suka sih sama novel genre school life gini. Dari segi alur juga kayanya seru banget.

    Dan aku punya feeling bakalan jatuh cinta sama tokoh Daniel disini. Aaa i cant wait to read this book! Ada sekuel kan ya?

    • Aduh, udah jatuh cinta aja ama Daniel. Kebetulan dia single lho!
      Secara pribadi, Daniel juga tokoh fave saya😀
      Terima kasih ya! Semoga beruntung dapetin bukunya biar bisa kencan dengan Daniel. Hahaha

  18. Habis baca review ini, saya masih meraba dan menerka, jadi konflik di bukunya itu apa ya? Mengangkat tentang para perokok kah? Eh, smokers tu perokok bukan? Bukan ya?😀
    Atau masih hanya sebatas menguak karakteristik masing-masing tokohnya dan berbagai keunikan di sekolahnya Adrian? Heummmm❓

  19. memang sih saya belum pernah baca novel dengan latar sekolah khusus cowok dan dari reviewnya seru nih, apalagi ada affair antara guru dan murid. penasaran berapa sih usia si ibu guru yang suka brondong…?! hehe😀

  20. pertama baca judulnya itu langsung kepikiran ini novel jenis mistery thriller ya? tapi setelah baca reviewnya, kayaknya ceritanya lebih kompleks. penasaran sama bakat terpendam adrian. dan gimana cerita cintanya sama mela.

  21. bukunya bikin penasarn abis. covernya begitu menarik dengan kesan misterius. kayaknya bakal tegang abis baca buku ini. tapi liat judulnya kayak cerita detektif-detektifan. makin penasaran buat baca buku ini.
    Tapi begitu baca reviewnya malah jadi beda banget cerita remaja dan pastinya da bumbu cinta khas remaja. jadi keingetan saat sekolah dulu. hiks, bersa tua aja ni…
    pokoknya penasaran abis isi sebenranya buku ini !!!

  22. Saya kenal dengan Adham karena kami bernaung di penerbit yang sama ketika ia mengerahkan novel Rahasia Hujan sebagai salah satu usaha agar eksistensinya di facebook tetap terjaga, tawanya renyah sekali dan mukanya selalu ceria. Yang sungguh mengherankan, adalah tampangnya itu sama sekali tidak cocok membuat novel-novel bergenre gelap, ya seperti thriller ini. Ia lebih pantas jadi penulis FTV yang ceritanya mudah ketebak.

    Namun, yang cukup menjadi perhatian, bahwa sebenarnya tidak banyak penulis Indonesia yang benar-benar paham dan rileks sekali berada di zona menulis thriller, selain membutuhkan logic order yang matang, genre ini juga menuntut bagaimana penulis memilih diksi dan mengiring pembaca agar terjun jauh ke dalam tulisannya. Saya percaya sebenarnya Adham bisa, tapi mari kita lihat, apakah Adham bisa menjadi seorang sosok public figure dengan gaya promosinya yang huru-hara namun memiliki bakat eksponensial yang luar biasa mengenai menulis novel.

    • Mau bilang ngefans ke gue aja pake muter2 dulu lo. Hahahaha.
      Btw thanks ya. Tapi sori kalo nanti ngecewain soalnya DSC bukan thriller. Hahahaha
      Good luck. Semoga dapet bukunya. Kalo belum beruntung bisa langsung ngegelundung ke Yogya kok buat dapetin bukunya dari gue. Hahahaha

  23. Aku kira ini tentang gank motor. Sama sekali nggak nyangka kalau ternyata tentang sekolah khusus pria😄 soalnya cover nya ala anak metal abis gitu, tapi keren kok🙂
    Meski belum masuk ke inti cerita, sepertinya buku pertama ini masih seru untuk disimak sebagai perkenalan kepada tokoh-tokohnya. Berharap banyak menemukan keseruan di dalamnya seperti yang Kak Luckty alami😀

  24. Awal baca review ini, kaget sama cast perempuannya. Namanya sama, Mela. Bedanya itu nama panggilan aja, kalo aku nama asli😀 Terus penasaran sama Dead Smokers Club itu club apa? Kok pake acara nyulik si Adrian. Penasaran juga sama bakat terpendamnya Adrian, dan tentang perasaannya Adrian ke Mela akankah terungkap (?)
    Dan arti cover novel ada hubungannya sama Dead Smokers Club? *mungkinlambangnyaya*

    #GADeadSmokersClub @mela1100_

  25. Wait, ini buku benar-benar ajaib. Saat aku melihat covernya, memang sedikit membuatku menautkan alis. Buku tentang apa ini? Geng perokok pembunuh atau apa? Aura menegangkannya terasa sekali. Dan… ketika aku membaca review singkat bukunya. Ini buku sangat menarik, memiliki sesuatu yang berbeda. Membuat aku ingin tahu lebih dalam tentang perasaan seorang anak cowok yang sejak kecil ditinggal mati orangtuanya, di suruh tinggal di panti asuhan oleh pamannya, anak kecil yang mulai beranjak remaja bertemu dengan seseorang anak remaja yang berlawan jenis dengannya, anak yang memiliki kepintaran hingga mampu bersekolah di tempat yang sangat bagus dan mewah, sekolah yang berbeda bukan hanya fasilitas yang serba oke tapi juga murid dan gurunya yang menarik, teman-teman yang berbeda kepribadian, hingga saat dimana ia mengalami peristiwa yang menegangkan (?) ketika memasuki inti atau konflik cerita saat ia di culik oleh Dead Smokers Club. Perkumpulan yang entah apa tujuan dan maksud adanya club tersebut.
    Review kak Luckty keren, mampu mengubah pemikiranku tentang buku ini yang awalnya ku pikir buku apa ini? Seperti tidak menarik. Tapi nyatanya penuh hal-hal baru yang pertama kali aku nikmati, terutama kehidupan di sekolah khusus cowok yang elegan. Tapi kenapa di review ini aku tidak menemukan selipan quotes yang selalu menghiasi reviewnya kak Luckty? Ada apa gerangan? Overall, good ^^ I love this book. Bahkan aku jadi kagum sama cover ini, eh mungkin orang yang merancang covernya yang jadi buat ini buku terlihat “something” menyimpan banyak rahasia yang buat orang makin penasaran. Keren.

    P.S: Penasaran sama Pak Andre, eh mksudnya sama keseluruhan cerita yang dituangkan oleh penulis dalam buku ini ^^

  26. Terima kasih sekali buat Bu Luckty yang semakin keren kece badai seantero Metro buat reviewnya yang keren kece badai juga (halah, apa ini? Hahaha). Selalu senang rasanya baca review-review dari Bu Luckty. Dan, lebih dari itu, saya juga sangat senang membaca komentar teman-teman lainnya. Terima kasih banyak semuanya!😀

  27. Pingback: Daftar Bacaan tahun 2015 | Luckty Si Pustakawin

  28. Kasian banget dibuang ke panti asuhan, tapi apa pamannya sering ngunjungi dia?
    Dan aku bingung sama tokoh Amelia tapi dipanggil nya Mela, kurang cocok aja, kemapa nggak Meli?

  29. “Dead Smokers Club” dari judulnya ini seperti novel yang menceritkan klub yang rela mati asalkan mereka bisa meroko gitu. Review ini memberitahu saya bahwa novel ini sangat menarik untuk dibaca, jenis novel yang remaja dengan konflik yang unik berlattar sekolah.

  30. Apa si pemilik dan guru-guru di sana ga ada yang tau dengan kegiatan murid dan kejanggalan-kejanggalan lainnya yang terjadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s