REVIEW 19 Jurus Mabuk Penulis Sukstres + GIVEAWAY

WP_20151013_046[1]

Jika ada buku yang ingin sekali kau baca tapi belum ada yang menulis, maka kamu harus menuliskannya.

Pepatah dari Toni Morrison yang menjadi quote pembuka buku ini pas banget. Ada begitu banyak yang bisa kita tuliskan dan menyusunnya menjadi sebuah buku. Mulai dari keseharian pekerjaan kita sampai pengamatan terhadap lingkungan sekitar.

Buku ini terdiri dari tiga poin utama; FIKSI, NON FIKSI dan TIPS & TRIK. Dari belasan tulisan dari berbagai penulis, ada banyak pengetahuan yang bisa kita serap. Saya menjatuhkan empat tulisan favorit; Jurus Menulis Personal Literature, Jurus Menulis Go Blog yang Cerdas, Jurus Menulis NonFiksi yang Dilirik Penerbit, dan Jurus Manis Menang Lomba Menulis.

Jurus Menulis Personal Literature yang ditulis oleh Eva Sri Rahayu. Jurus yang dijabarkan antara lain;

  1. Pilih angel unik dari diri sendiri dan hidupmu. Kenali dirimu baik-baik untuk mendapatkannya.
  2. Buat tema besar. Tema besar yang sudah banyak diangkat adalah kisah jomblo dan patah hati. Cobalah tema besar lain supaya tulisan menawarkan sesuatu yang berbeda. Setiap orang punya karakter beda dan pengalaman hidup yang nggak sama.
  3. Ambil cerita hidupmu yang paling wah. Dalam hidup ini, kita memang banyak sekali mendapat konflik. Rasa-rasanya semuanya dahsyat. Pilih saja konflik terbesar, yaitu konflik yang ‘mengubah’ hidup dan karakter kita.
  4. Roh Personal Literature itu ada di penceritaan. Menarik tidaknya Personal Literature sangat tergantung dari penceritaan. Jadi, ketika kita merasa hidup kita biasa-biasa saja, kita tetap bisa menulis personal literature yang luar biasa. Gunakan teknik penceritaan yang mengalir dan renyah.

Jurus Menulis Go Blog yang Cerdas ditulis Hadi Kurniawan. Sebenarnya blog sudah merambah Indonesia sekitar sepuluh tahun yang lalu. Sempat tergerus akan boomingnya media sosial seperti facebook dan twitter di sekitar tahun 2008. Blog melejit kembali sejak tahun 2014 lalu, banyak sekali penawaran kerjasama lewat blog. Saya pun mengalaminya. Dari hanya sekedar punya blog, hingga rutin menulis blog dan kini beranak blog. Sejauh ini saya punya dua blog yang aktif; blog khusus buku dan blog campur. Saya juga mengisi di blog komunitas daerah sendiri. Kedepannya saya ingin juga memiliki blog perpustakaan dan blog kuliner.

Di BAB ini dijabarkan perlunya blogwalking, yang ada etikanya:

  1. Blogger yang kita datangi blognya merasa kalau kita adalah orang yang baik, dan sudah dapat dipastikan kalau blogger yang kita datangi lamannya akan melakukan kunjungan balik dengan perasaan yang riang dan gembira.
  2. Ini berlaku ketika kita berperan sebagai pembaca yang baik. Jangan sampai kita salah persepsi.
  3. Kalau kita bisa ramah, kita memberikan masukan kepada blogger lain dengan tulus. Sudah pastilah kita bakalan mendapatkan hal yang serupa.
  4. Jangan mabuk. Pasti akan ada seseorang yang tiba-tiba berkomentar di luar materi yang kita bagikan. Dia OOT, dan mabuk x))

Sejujurnya, saya jarang sekali membuka blog orang lain. Kecuali memang postingannya benar-benar menarik. Sesungguhnya tanpa mabuk tebar komentar di blog orang lain, blog kita tetap akan dikunjungi karena memang orang tertarik membacanya bukan karena alasan demi kunjungan balik. Komentar tulus lebih bermanfaat ketimbang komentar asal yang ujung-ujungnya minta kunjungan balik. Itu sama aja kayak kita ngasih makan orang lain, tapi kita ngarep juga orang itu ngasih makanan ke kita x))

Jurus Menulis Nonfiksi yang Dilirik Penerbit ditulis Mbak Monica Anggen. Di toko buku, ada dua jenis buku yang berdampingan; buku fiksi dan non fiksi. Ketika tren buku fiksi naik, penjualan buku nonfiksi tidak terlalu banyak berpengaruh. Sebaliknya, ketika tren buku fiksi turun, penjualan buku non fiksi tetap stabil. Oleh karena stabilnya penjualan buku-buku nonfiksi membuat buku jenis ini lebih mampu bertahan lama di toko buku dibandingkan dengan buku-buku fiksi. Nah, peluang inilah yang seharusnya dilihat dan dipelajari para penulis.

Di BAB ini, penulisnya memaparkan tahap-tahap menulis non fiksi, mulai dari mendapat ide sampai pengiriman naskah. Lewat tulisan ini, saya jadi tahu bagaimana bentuk outline sebuah buku. Ini adalah kunci proses pembuatan buku. Kebetulan sudah ada dua buku non fiksi yang ditulis Mbak Monica Anggen yang sudah saya baca, dua-duanya bagus dan menginspiratif. Dan yang terbaru ada buku membahas tentang outline ini. Duh, jadi penasaran ama bukunya!😉

Pililhan favorit terakhir jatuh pada Jurus Manis Menang Lomba Menulis yang ditulis Richa Miskiyya. Saya setuju banget dengan tips-tips yang dijabarkan dalam memenangkan lomba menulis:

  1. Jangan sampai karena tidak memenuhi syarat yang ditentukan, naskah kita yang bagus banget akhirnya harus didiskualifikasi.
  2. Pelajari juri. Pelajari tipe tulisan juri dan jenis-jenis tulisan seperti apa yang mereka sukai. Ini akan membuat kita tahu ‘medan perang’ seperti apa yang akan kita hadapi.
  3. Survey lawan. Ini akan membuat kita bisa menentukan ingin menulis dengan gaya seperti apa. Tentunya kita harus menulis gaya dan tulisan yang unik dan berbeda dari lawan, tanpa keluar dari tema yang sudah ditentukan.
  4. Baca, baca dan baca. Dengan banyak membaca, kita juga akan memiliki banyak ide untuk menulis, termasuk memiliki banyak ide untuk lomba.
  5. Usaha tanpa doa pastilah sia-sia. Jangan lupa persiapkan hati yang ikhlas untuk segala hasil lomba yang nantinya akan kita terima.

Saat mengikuti lomba, orang sering mengira saya selalu menang. Tidak juga. Tapi memang kalo lomba yang saya ikuti, saya fokus ke tema yang diangkat, bukan kepada hadiahnya. Jadi prinsip saya ketika mengikuti lomba ada menang atau tidak ikut sama sekali. Ketika kata menang muncul dalam pikiran, artinya kita harus benar-benar berusaha menyuguhkan sesuatu yang segar. Dua kali saya memenangkan kompetisi menulis dengan hadiah besar; satu bertema tentang diri mendapat juara 2 berupa handphone dan baru-baru ini memenangkan lomba juara 2 (lagi) dengan hadiah uang yang menggiurkan. Kalo kompetisi kecil, sudah nggak kehitung namanya menang. Buatlah sesuatu yang anti mainstream,dijamin tulisan kita bakal dilirik!😉

Itulah empat jurus favorit dalam buku ini. Meski begitu, bukan berarti jurus yang lain tidak menarik. Penasaran dengan jurus lainnya yang ditebarkan dalam buku ini? Baca sendiri ya bukunya!😉

Keterangan Buku:

Judul                                     : 19 Jurus Mabuk Penulis Sukstres

Penulis                                 : Mayoko Aiko, Ceko Spy, dkk.

Editor                                    : Monica Anggen, Eva Sri Rahayu

Proofreader                       : Tim Universal Nikko

Penata letak cover & isi : Fuan Fauzi

Desain cover                      : Zamal Martian

Penerbit                              : Universal Nikko

Terbit                                    : Agustus 2015

Tebal                                     : 285 hlm.

ISBN                                      : 978-602-9458-21-3

 

blogtour 19 jurus

MAU BUKU INI?!?

Simak syaratnya:

1. Peserta tinggal di Indonesia

2. Follow akun twitter @lucktygs dan @UNIVERSALNIKKO.

Jangan lupa share dengan hestek #GA19JMPS dan mention via twitter.

3. Follow blog ini, bisa via wordpress atau email.

4. Jawab pertanyaan di kolom komentar di bawah, plus nama, akun twitter, dan kota tinggal. Pertanyaannya adalah jurus apa yang kamu inginkan dalam hal menulis?😀

5. Giveaway ini juga boleh di share via blog, facebook, dan sosmed lainnya. Jangan lupa sertakan hestek #GA19JMPS yaaa… 😉

Event ini gak pake helikopter, eh Rafflecofter yang ribet itu. Jadi pemenang ditentukan dari segi jawabannya yaaa… ( ‘⌣’)人(‘⌣’ )

#GA19JMPS ini berlangsung enam hari saja: 11-17 November 2015. Pemenang akan diumumkan tanggal 20 November 2015.

Akan ada SATU PEMENANG yang akan mendapatkan buku ini + kaos unyu. Hadiah akan langsung dikirimkan oleh penerbitnya! ;)

Silahkan tebar garam keberuntungan dan merapal jampi-jampi buntelan yaaa… ‎(ʃƪ´▽`) (´▽`ʃƪ)!

-@lucktygs-

19 jurus mabuk

Pengumuman Pemenang Giveaway 19 Jurus Mabuk Penulis Sukstres

Nama : Muhammad Getar
Akun Twitter : @Muhammad_Getar
Kota Tinggal : Praya, Lombok Tengah
Jurus ngeblog. Sebab kebanyakan penulis sekarang mempunyai blog tapi tidak tahu cara menggunakannya agar menarik perhatian. Biasanya, mereka akan posting sesuka hati tanpa mengambil kesempatan yang seharusnya digali dari blog. Saya juga tertarik, penasaran, bagaimana cara blogwalking itu, sih. Harus punya syarat?syaratnya kayak bagaimana. Moga dapat #19JMPS

Selamat buat pemenang. Sila kirim email ke  emangkenapa_pustakawin[at]yahoo[dot]com dengan judul: konfirmasi pemenang GIVEAWAY 19 Jurus Mabuk Penulis Sukstres. Kemudian di badan email cantumkan; nama, alamat lengkap, dan no hape biar hadiahnya segera dikirim langsung oleh penerbitnya ya.

Buat yang belum menang, jangan sedih. Masih banyaaaakkkk giveaway lainnya yang menanti!! :*

@lucktygs

21 thoughts on “REVIEW 19 Jurus Mabuk Penulis Sukstres + GIVEAWAY

  1. Aku memilih jurus Puisi dan Ngeblog.
    Jurus puisi, soalnya aku biasanya suka nulis baik di notes fb maupun di blog berupa puisi. Kalau lagi mood sehari bisa posting sampai 5puisi, tapi selama ini nulis puisi ya nulis aja gak pake teori atau jurus apapun. Nah pengen donk tau, sebenarnya bikin puisi tu perlu jurus apa aja??
    Sama ngeblog, bukan karena ikutan trend ngeblog, tapi aku udah mulai nyoba ngeblog dari 5tahun yang lalu. Cuma ya masih gak konsisten, alhasil blognya sepi dan ya gitu deh, perlu jurus-jurus kece supaya bisa jadi blogger aktif dan bermanfaat🙂
    Buku ini seru, kompilasi tulisan penulis yang udah eksis dijagad kepenulisan, pasti keren deh jurusnya. Semoga aku bisa dapet 1.
    Nama: Yennesy Damayanti
    Lokasi: Padang
    Twitter: @chi_yennesy

  2. Nama: Diki Siswanto
    Twitter: @diki_twips
    Domisili: Masamba
    Link:

    Saya pengen banget nguasain Jurus Menulis Go Blog yang Cerdas karya kak Hadi Kurniawan. Berhubung selama ini saya sering banget ngalamin buntu ide saat nge-blog dan belum bisa mengelola blog dengan baik, alhasil blog saya nganggur tanpa posting yang bener-bener berkualitas. Harapannya sih agar masalah seperti malas dan buntu ide saat ngeblog bisa sedikit demi sedikit berkurang dan bisa menjadi blogger yang cerdas seperti judul jurus tersebut.

  3. Nama: Titim Nuraini
    Twitter: @titim_nuraini
    Kota Tinggal: Pamekasan
    Jawaban: Jurus yang aku inginkan dalam hal menulis adalah Jurus Manis Menang Lomba Menulis. Sekarang aku lagi semangat-semangatnya ikutan lomba blog dan nulis. Tips No. 5 suka banget, mempersiapkan hati yang ikhlas untuk segala hasil lomba yang nantinya akan diterima. Ngena banget nih buat aku yang masih jarang menang kalau ikut lomba nulis.🙂

  4. Nama : Agatha Vonilia Marcellina
    Twitter : @Agatha_AVM
    Domisili : Jember

    Jawaban :

    Jurus yang aku inginkan dalam kepenulisan adalah horror-suspence. Bagaimana cara menggambarkan tokoh (dark) padahal poin penting dalam genre horror, si tokoh utama. Fearness and depressed (sisi psikologis) harus menguasai keseluruhan isi cerita. Aku susah menggambarkan karakter dengan feeling yang pas. Kadang malah melebar ke mana-mana. Bagaimana sih menyelami kemistisan dalam horror tanpa harus terjun ke dalamnya karena kadang aku ketakutan sendiri seperti ada yang mengawasi gitu. Hehehehe
    Tapi suka banget nulis horror-suspense. Butuh banget jurus menulis horror-suspence biar ngena dan lebih kerasa terror-terrornya serta menulis prolog yang menarik dan langsung bikin bulu kuduk meremang.

  5. Nama : Fitra Aulianty
    Twitter : @fira_yoopies
    Domisili : Pekanbaru

    Jurus yang aku inginkan dalam menulis adalah jurus memilih judul tulisan. Aku pernah baca katanya yang dilihat oleh editor pertama kali itu adalah judul dan sinopsis. Dan kayaknya judul ini berpengaruh besar sama rasa penasaran penerbit/editor. Kebetulan aku orangnya lebih sering asal buat judul dan bahkan seringnya judul sama isi agak melenceng. Ya kalau judul aja melenceng gimana isinya kan? hihi
    Jadi aku penasaran banget gimana cara bikin judul yang simpel dan bikin editornya langsung penasaran sama isi ceritanya.

  6. (komen doang. Kagak ikut gaway gpp kn? hehehe)
    wadaw. Pengen banget punya Jurus Menulis ala Head First-nya Tony Buzan.
    Kalo belum baca, ntar aku pinjemin bukunya.
    Mungkin buku ini gak berbicara langsung mengenai jurus menulis, mungkin lebih tepat sasaran untuk mengubah pandangan atas pola pikir org biasa menjadi pola pikir yg berbeda dan luar biasa.
    Dari buku yg ditulis olh Om Tony ini, mengubah cara pandang aku akan fungsi penjepit kertas, yg kebanyakan orang awam berpendapat bahwa fungsinya hanya sbg menjepitkan kertas saja. Masih byk fungsi lain jika pemikiran kita diubah 360 derajat, ada 1000 fungsi dari sebuah penjepit kertas. Waw, amazing! Jika aku terapkan dalam hal menulis, mungkin perbendaharaan kata atau vocab smakin luas dan berkembang, dan sesuatu yg kita tulis mengalami kemajuan dan menghasilkan ide lebih dari biasa.
    Apalagi di dlm buku tsb disuguhkan sebuah Mind Map atau peta pemikiran yg disebut OTAK. Ini sangat perlu jika ingin membuat silabus belajar-mengajar di sekolah ataupun unt sebuah presentasi di tempat kerja. Mungkin juga, Mind Map ini dpt digunakan para Penulis berbagai genre unt membuat kerangka pikiran. Yg diperlukan unt membuat mind map yaitu kreativitas dlm menggambar, pensil/pulpen warna, buku gambar.
    Mind map ini memang cukup rumit unt dibuat, tp benar” membantu sekali unt menulis jawaban dr soal ujian disekolah.
    Hahay, jika punya cukup dana unt naik ke premium (.com tanpa embel wordpress) aku akan praktikkan di blog ku.
    Semoga bermanfaat!

  7. Nama : Ratnani Latifah
    Twitter : @ratnaShinju2chi
    Kota : Jepara

    Jurus yang aku inginkan dalam menulis sebenarnya itu sangat banya, karena masalah ilmu tentang menulis aku selalu tertarik. Tapi menilik yang paling ingin aku butuhkan itu tips atau jurus menaklukkan bagaimana menulis tidak gagal di tengah jalan dan masalah memilih judul yang menarik Mengingat kadang aku suka berhenti di tengah jalan ketika menulis dan kesulitan dalam membuat judul yang menarik dan nendang. Apalagi judul selalu menjadi wacana pertama saat melihat naskah. Tidak ketinggalan tentang bagaimana menulis non-fiksi yang baik dan menghidupkan kisah-kisah yang horor biar hidup dan mencekam.

  8. Nama : Muhammad Getar
    Akun Twitter : @Muhammad_Getar
    Kota Tinggal : Praya, Lombok Tengah
    Jurus ngeblog. Sebab kebanyakan penulis sekarang mempunyai blog tapi tidak tahu cara menggunakannya agar menarik perhatian. Biasanya, mereka akan posting sesuka hati tanpa mengambil kesempatan yang seharusnya digali dari blog. Saya juga tertarik, penasaran, bagaimana cara blogwalking itu, sih. Harus punya syarat?syaratnya kayak bagaimana. Moga dapat #19JMPS

  9. Nama : Nova Indah Putri Lubis
    Twitter : @n0v4ip
    Domisili : Medan

    Sebenarnya jurus-jurus yang ditawarkan di buku 19 JMPS ini ingin saya baca semua kak…😀 dan ini satu lagi yang saya ingin baca mengenai jurus menemukan konsep dan ide cerita dalam menulis serta pengembangannya. Setiap tulisan yang saya buat selalu berhenti di tengah-tengah karena ide yang sudah terlintas dikepala tiba-tiba menguap begitu saja. Dan kadang, ide
    yang ada hanya mentok disitu saja tanpa tau mau dikembangkan kemana. Hal itu yang menyebabkan tulisan saya hanya stuck disitu saja dan gak kemana-mana.😦

    Terima Kasih kak Luckty ^^

  10. nama : Mukhammad Maimun Ridlo
    akun twitter : @MukhammadMaimun
    kota tinggal : sleman

    jurus apa yang kamu inginkan dalam hal menulis?

    Jurus menulis yang pengin banget saya punyai adalah “Jurus Menulis NonFiksi yang Dilirik Penerbit”.
    Alasan utama adalah saya berprofesi sebagai guru yang sekarang dituntut untuk bisa menulis. Bahkan untuk kenaikan pangkat diharuskan membuat buku, minimal tulisa lah.
    JAdi menurut saya, jurus ini sangat-sangatlah berguna bagi saya ke depannya. Apalagi apabila saya dituntut sebagi guru yang profesional. Menurut saya jurus ini wajib banget dipunyai…. Bukan hanya buat seorang guru. Semua. Termasuk kamu.

    Iya kamu….

  11. nama : Saepullah
    akun twitter : @543full
    kota tinggal : Bogor

    jurus apa yang kamu inginkan dalam hal menulis?

    Semua jurus diinginkan dalam menulis, dan yang paling penting bagi diriku dalam menulis yaitu tulisan tetap bisa dibaca oleh orang lain dengan penuh inspirasi untuk orang yang dibaca itu yg paling penting utk yang lainnya sih bonus aja…

  12. nama: Aulia
    akun twitter: @nunaalia
    kota tinggal: Serang
    Pertanyaan: jurus apa yang kamu inginkan dalam hal menulis?
    Jawaban:
    1. Jurus mendatangkan ide, inspirasi dan kreatifitas untuk menulis fiksi ataupun non fiksi yg menarik pembaca juga penerbit😀
    2. Jurus menghindari blank ide, dan bad mood dalam menulis😀

  13. Nama: Fatoni Prabowo Habibi
    Twitter: @fathisme009
    Kota: Pekalongan, Jateng.

    Jurus apa yang kamu inginkan dalam hal menulis?
    Jawaban.
    Aku pengennya jurus kepret lokalitas, jadi cerita-cerita di daerah dimunculkan atau dihidupkan dg trik ini, hehe. Lalu, jurus merayu anak yaitu menulis tentang anak-anak dan untuk mereka. Karena cukup sulit menemukan bacaan anak yang mendidik. Bagaimana keturunan kita dapat tumbuh karakter dan jiwa positif? Kalau yg ditemukan di rak buku, ternyata teenlit -_-
    Terakhir, jurus menancapkan perjalanan. Banyak dari kita bepergian, melakukan pelancongan kemana-mana. Tapi, seringkali hanya ada dokumentasi foto. Padahal banyak cerita selama di jalan, bukan hanya tempat yg kita tuju yang menarik digali. Namun, lika-liku proses perjalanan lah yang banyak memuat makna kehidupan yang lewat dari perenungan. Terimakasih!

  14. Nama: Doni Jaelani
    Twitter: @dijeh26
    Domisili: Bogor

    Kalau jurus yang pengen saya kuasai itu jurus blog ama personal literatur yang udah mbak Luckty jelasin di atas. Soalnya bener mbak bilang, kalo blog belakangan udah booming lagi. Dan banyak penulis penulis hebat awalnya dari nulis di Blog. bisa dibilang jadi ajang latihan nulis juga sih. ditambah dengan genre personal literatur yang mengkisahkan keseharian saya. tentunya agar lebih menjual, cara menulisnya harus punya sudut pandang yang unik, yang berbeda dari penulis lainnya dan punya ciri khas sendiri. Itu sih yang saya pengen hehe. oh iya satu lagi, jurus menulis observasi. Banyak web web yang penulisnya jago banget nulis observasi kayak Hipwee, MBDC atau nyunyu.com. jadi pengen aja belajar nulis observasi hal-hal remeh disekitar kita menjadi tulisan yang layak dan bagus untuk diperbincangkan. Asiik. hehe. Tapi yang penting harus rajin nulis, supaya beneran menguasai jurus jurus itu.

  15. Pingback: Daftar Bacaan tahun 2015 | Luckty Si Pustakawin

  16. Wew aku belum pernah menang lomba menulis wkwk sepertinya harus coba tipsnya.. tapi rada mengganjal sama tips Survey Lawan. Yakali semua ku cari tahu hehe😄

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s