REVIEW 500 Rahasia Cantik Alami

PicsArt_15_11_2015_15_52_15[1]

Kulit merupakan lapisan paling luar yang membungkus seluruh tubuh dan melindungi organ-organ tubuh bagian dalam. Sebagai lapisan pertama, kulit wajah merupakan bagian paling sensitif di antara jenis kulitnya pada tubuh manusia.

Permasalahan pada kulit yang sering terjadi adalah kulit berminyak, kulit kering, kulit berjerawat, kulit sensitif, dan permasalahan kulit lainnya. Pada dasarnya, struktur kulit wajah setiap orang berbeda, namun memiliki anatomi yang sama, yaitu terdiri dari lapisan epidermis, dermis dan subkutan.

Secara garis besar, terdapat 5 jenis kulit wajah, yaitu; kulit normal, kering, berminyak, kombinasi, dan sensitif. Saya masuk golongan kulit berminyak. Pagi masih aman, menjelang siang wajah mulai kayak penggorengan. Oleh karena itu, saya cuma menggunakan bedak, itupun tipis. Nggak pernah pakai pelembab, apalagi pakai fondation, khawatir minyaknya makin banyak, bisa buat goreng tempe.. x))

Dalam buku ini dijelaskan, kulit berminyak disebabkan karena kelenjar minyak sangat aktif dan produktif mengeluarkan minyak (sebun). Hal ini dikarenakan kelenjar minyak yang biasanya terletak pada lapisan dermis mudah terpicu untuk bekerja lebih aktif. Ciri-ciri kulit berminyak, yaitu minyak di daerah T (dahi, hidung, dagu) tampak berlebihan, tekstur, kulit tebal, pori-pori besar, tampilan wajah berkilat, mudah berjerawat, dan makeup tidak mudah melekat.

Namun ternyata, kulit yang berminyak dan lembab ini dapat mencegah timbulnya kerutan sehingga memperlambat terjadinya penuaan dini. Ohhh…ini alasan kenapa tetap unyu meski usia udah menjelang dua puluh akhir… x)) #dikepruk

Dalam perawatan kulit berminyak, hal yang perlu diperhatikan adalah mengontrol minyak yang dihasilkan kulit serta menjaga kulit agar tetap bersih dari kotoran, debu, polusi, dan bakteri.

Dari ratusan tips yang dijabarkan dalam buku ini, semuanya alami dan mudah sekali kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan beberapa diantaranya adalah bumbu dapur dan ada juga yang bisa kita temukan dalam kebun rumah kita.

Ada tiga bahan yang sering saya gunakan dalam perawatan wajah meski biasanya kalo pas libur doank sih, hehehe… Misalnya, ketika di hari minggu, dari pagi sampai siang biasanya saya mengerjakan pekerjaan rumah secara maraton; mulai dari menyetrika, menyapu, mengepel, hingga menguras kamar mandi. Nah, sembari mengerjakan itu semua, biasanya pagi saya sudah maskeran wajah dengan putih telur yang dikocok sebentar sampai berbuih, beberapa menit diamkan di kapas hingga meresap, baru bisa digunakan untuk masker sampai siang. Begitu dilepas, byuhhh…pasti komedonya langsung loncat banyak banget. Cara ini efektif ketimbang perawatan ke salon yang menghabiskan uang yang tidak sedikit. Murah dan mudah. Seumur-umur ke salon hanya dua kali; pas wisuda ama pas saudara nikah. Pasti Mbak-mbak salonnya selalu komentar sama; “Mbak jarang ke salon ya? Mukanya masih polos banget, belum terjamah bahan-bahan kimia.” X)) #AkuMahGituOrangnya

Berikut beberapa bocoran tips alami dari buku ini yang sudah pernah saya praktekkan dan terbukti dengan hasilnya:

WP_20151119_068 WP_20151119_069 WP_20151119_070 WP_20151119_071

Keterangan Buku:

Judul                                     : 500 Rahasia Cantik Alami

Penulis                                 : Susi Susanti

Editor                                    : Anjelita Noverina

Penata isi                             : Langit Amaravati

Desain kaver                      : Dyndha Hanjani Putri

Penerbit                              : Gramedia Widiasarana Indonesia

Terbit                                    : 2014

Tebal                                     : 283 hlm.

ISBN                                      : 978-602-251-865-5

8 thoughts on “REVIEW 500 Rahasia Cantik Alami

  1. Pingback: Daftar Bacaan tahun 2015 | Luckty Si Pustakawin

  2. Aku kurang suka sih sama buku2 kayak gini. Karena kan di internet banyak bertebaran cara2 menjadi cantik secara alami.

  3. Wah banyak manfaatnya, mauuuuu

    Aku kira penulisnya seorang dokter kulit, tapi bukan ya. Aku jadi malah ingat pebulutangkis Indonesia, namanya sama, karyanya beda. Atlit dan penulis, sukses selalu mba, semoga lebih banyak lagi karya yang bermanfaat buat orang banyak🙂🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s