[BLOGTOUR] REVIEW Circo de Patrimonio + GIVEAWAY

WP_20151208_027

“Apa yang kamu suka dari sirkus?”

“Karena sirkus itu luar biasa. Mereka membuat orang melongo kagum, tapi juga termotivasi. Hanya disiplin dan kerja keras yang membuat pemain sirkus bisa melakukan gerakan-gerakan rumit dan menakjubkan itu, kan?” (hlm. 137-138)

Bilbao, kota yang menjadi tempat tinggal Stella, sebenarnya tak kalah cantik dengan Paris, sama-sama dibelah oleh jalur air yang panjang. Orang-orangnya ramah. Mereka tak keberatan berbicara bahasa Spanyol dengannya, walaupun sehari-harinya menggunakan bahasa Basque. Dan, jangan ditanya soal menu kuliner yang menggiurkan serta beraneka ragam.

Kota ini tetap saja kekurangan satu hal yang disukainya. Satu hiburan favorit yang telah menemani masa kecilnya di Quebec, yang sering ditontonnya bersama Papa dan Mama. Satu hiburan yang dicari-carinya di Paris dan berhasil ditemukan setiap musim dingin tiba, jenis hiburan yang dihindari orangtuanya sejak mereka pindah ke Paris.

Sirkus. Satu kata yang dulu sangat dicintai oleh orangtuanya hingga mengajaknya melewati batas kota dan negara hanya untuk menonton sirkus. Satu kata yang kini tabu bagi orang tuanya. Satu kata yang diyakininya menjadi alasan kepindahan mereka ke Paris empat tahun lalu. Karena, orang tuanya telah membenci sirkus dan tak sanggup hidup di Quebec yang merupakan surganya pecinta sirkus.

“Jangan ragu untuk main ke sini lagi, oke? Kami pasti menyukai orang yang menyukai sirkus sepertimu.” (hlm. 41)

Hingga suatu hari tanpa sengaja Stella bertemu Frene, si pelempar pisau andal. Frene ini merupakan salah satu penghuni Circo de Patrimonio. Orang-orang tahu bahwa ini panti asuhan. Orang tua hanya ingin mengadopsi anak bisa datang kemari. Tapi, sedikit banyak yang tahu bahwa mereka bisa bermain sirkus. Satu, karena Circo de Patrimonio belum pernah tampil dengan nama itu, baik di Bilbao maupun di luar. Mereka selalu tampil bersama pemain sirkus lain. Dua, karena yang main sirkus di sini hanya mereka yang sudah terlalu tua untuk diadopsi.

Membaca buku ini, ‘aura sirkus’ sudah terasa dari awal. Kita disuguhi segala macam dunia sirkus, tidak hanya sekedar tempelan belaka, tapi juga sisi para tokohnya di luar kehidupan sirkus yang mereka geluti. Untuk ukuran novel perdana, buku ini patut diacungkan jempol. Novel bertema sirkus sebelumnya yang pernah saya baca adalah novel terjemahan yang berjudul The Night Circus. Buku ini nggak kalah kece.

Selain membahas dunia sirkus, hal menarik lainnya dari buku ini adalah mengangkat hubungan anak dan orang tua, baik dari sisi Stella, Frane maupun Luce. Pesan dari kehidupan mereka adalah bahwa setiap anak punya bakat dan keunikan masing-masing, orangtua hanya mengarahkan bukan menuntut suatu hal yang menurut kehendak mereka benar padahal belum tentu cocok untuk anaknya.

“Aku menyayangimu, suka berada di sampingmu. Tapi perasaanku padamu nggak sebesar perasaanmu padaku.”

“Aku nggak menuntut supaya cintamu sama besarnya dengan milikku.”

“Tapi, aku nggak bisa. Aku nggak sanggup membalas perasaanmu. Terlalu besar dan aku nggak merasa pantas menerimanya.” (hlm. 228)

“Dia punyamu, milikmu. Di hatinya, nggak pernah ada aku.” (hlm. 232)

Ada juga kisah percintaan ala-ala remaja; Frane yang cinta mati dengan Luce, Stella yang masih belum bisa melupakan cinta pertamanya di masa kecil, dan masih banyak lagi. Pesan moral dari kisah percintaan mereka adalah ketika kita menyukai seseorang, kita bisa memaksakan orang tersebut akan memiliki rasa yang sama dengan kita. #PukPukFrane

Beberapa kalimat favorit dalam buku ini:

  1. Mungkin kita jodoh? (hlm. 15)
  2. Yang kuminta darimu hanya kesempatan kedua. Kenapa tidak membiarkanku mencoba? (hlm. 168)
  3. Yang namanya cinta itu masih ada. (hlm. 234)

Banyak sindiran halus dalam buku ini:

  1. Belum pernah melempar pisau ke orang sakit jantung? Bisa mati mendadak, tahu nggak? (hlm. 11)
  2. Lebih enak nggak ada orangtua,kan? Bebas. (hlm. 30)
  3. Jarang-jarang kamu pesimis. (hlm. 91)
  4. Sedang gundah gulana karena cinta begini, harus jauh-jauh dari pisau. (hlm. 95)
  5. Kamu nggak pernah merasakan hidup tanpa orang tua. Nggak semudah itu melupakan masa lalu. (hlm. 101)
  6. Yakin mau mengantarku pulang? Lebih baik aku yang mengantarmu pulang. Kalau mendadak kamu ambruk, mau minta tolong ke siapa? (hlm. 107)
  7. Jangan aneh-aneh. (hlm. 125)
  8. Kenapa anda harus melarang sesuatu yang disukai anak anda? (hlm. 144)
  9. Jadi, itu gunanya orang tua? Membatasi anak-anak mereka? Menyeragamkan mereka dengan anak-anak lainnya supaya mudah beradaptasi dengan masyarakat yang monoton? (hlm. 147)
  10. Saya orang tua hanya ingin memberikan apa yang menurut mereka terbaik. Tapi belum tentu keinginan orang tua itu cocok untuk anak mereka. (hlm. 147)
  11. Begitu saja nggak mau usaha. (hlm. 167)
  12. Tidak bisakah memberiku kesempatan untuk selesai berbicara? (hlm. 168)
  13. Nggak usah sok tahu. (hlm. 168)
  14. Kenapa? Cuma ketemu, nggak ada salahnya, kan? (hlm. 191)
  15. Amarah hanya cara untuk mengekspresikan kekecewaan karena gagal meraih apa yang diinginkan. (hlm. 233)

Keterangan Buku:

Judul                                     : Circo de Patrimonio

Penulis                                 : Sylvee Astri

Editor                                    : Dyas

Proofreader                       : RN

Tata sampul                        : Stella Wenny

Tata isi                                  : Violet

Pracetak                              : Endang

Penerbit                              : de Teens

Terbit                                    : November 2015

Tebal                                     : 268 hlm.

ISBN                                      : 978-602-0806-36-5

blogtour circo

MAU BUKU INI?!?

Simak syaratnya:

1. Peserta tinggal di Indonesia

2. Follow akun twitter @lucktygs , @de_teens dan @divapress01. Jangan lupa share dengan hestek #GACircoDePatrimonio dan mention via twitter.

3. Follow blog ini, bisa via wordpress atau email.

4. Jawab pertanyaan di kolom komentar di bawah, plus nama, akun twitter, dan kota tinggal. Pertanyaannya adalah berikan alasan kenapa kamu ingin membaca buku ini. Mudah kan? 😉

5. Giveaway ini juga boleh di share via blog, facebook, dan sosmed lainnya. Jangan lupa sertakan hestek #GACircoDePatrimonio yaaa… 😉

Event ini gak pake helikopter, eh Rafflecofter yang ribet itu. Jadi pemenang ditentukan dari segi jawabannya yaaa… ( ‘⌣’)人(‘⌣’ )

#GACircoDePatrimonio ini berlangsung seminggu saja: 14-19 Desember 2015. Pemenang akan diumumkan tanggal 20 Desember 2015.

Akan ada SATU PEMENANG yang akan mendapatkan buku ini plus buku terbitan Diva Press lainnya. Hadiah akan langsung dikirimkan oleh penerbitnya! ;)

Silahkan tebar garam keberuntungan dan merapal jampi-jampi buntelan yaaa… ‎(ʃƪ´▽`) (´▽`ʃƪ)!

-@lucktygs-

Pengumuman Pemenang Giveaway Circo de Patrimonio

Terima kasih dengan keantusiasan teman-teman untuk mengikuti Giveaway SUTI. Hampir tembus 45 peserta! Ini menandakan betapa banyak yang ingin membaca buku kece terbitan Diva Press – de Teens ini. Terima kasih buat Diva Press – de Teens atas kerjasamanya! 😉

Pemenang giveaway kali ini adalah:

Nama: Farikhatun Nisa,

Twitter: @littlepaper93,

Tempat Tinggal: Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Jawaban: Aku ingin membaca novel ini karena penasaran dengan cerita yang bertemakan sirkus. Jarang-jarang aku temui sebuah novel bertemakan sirkus. Dan alasan kuatku untuk membaca novel ini karena aku pernah merasakan posisi seperti Stella, tidak dibebaskan oleh orangtua dalam hal berpendapat. Aku juga ingin membaca setiap detil pelajaran untuk hubungan anak dan orang tua yang tersaji dalam novel ini

Selamat buat pemenang. Sila kirim email ke  emangkenapa_pustakawin[at]yahoo[dot]com dengan judul: konfirmasi pemenang GIVEAWAY Circo de Patrimonio. Kemudian di badan email cantumkan; nama, alamat lengkap, dan no hape biar hadiahnya segera dikirim langsung oleh penerbitnya ya.

Terima kasih buat Diva Press – de Teens atas kerjasamanya, sekali lagi terima kasih banyak atas kepercayaannya. Semoga lain waktu bisa bekerjasama kembali… 😉

Buat yang belum menang, jangan sedih. Masih banyaaaakkkk giveaway lainnya yang menanti!! :*

Oya, BLOGTOUR Circo de Patrimonio masih berlanjut di blog lain. Cek banner yaa… 😀

@lucktygs

46 thoughts on “[BLOGTOUR] REVIEW Circo de Patrimonio + GIVEAWAY

  1. Nama : Puji Tri Hapsari
    Akun twitter : @pjhpsr
    Kota tinggal : Depok

    “karena saya penasaran dan tertarik dengan isi buku Circo de patrimonio 😁

  2. nama : Herma
    akun twitter : @rekhakana507
    kota tinggal : Jakarta Timur
    Link Share : https://twitter.com/rekhakana507/status/676233646290833408.

    Pertanyaannya: berikan alasan kenapa kamu ingin membaca buku ini.

    Jawaban:
    alasan pertama, karena ini novel terbitan Diva Press, dimana saya pernah baca novel terbitan sang penerbit tapi ga dapet kepuasan pas baca novelnya, mungkin kalo novel ini direkomendasiin sama blogger buku kaya mba Luckty dan teman-teman bloger buku yang lain buku ini termasuk kategori yang menarik untuk dibaca,
    alasan kedua, jarang banget novel yang ngambil tema tentang sirkus, mungkin saya sendiri belum pernah baca tentang novel bertema kaya gini, jadi ada keinginan juga untuk baca,

  3. nama: Fembi Rekrisna Grandea Putra
    akun twitter: @fembi_rekrisna
    kota tinggal: Karanganyar

    Jawaban: satu-satunya alasan kenapa saya ingin membaca buku ini adalah saya belum pernah menonton sirkus. 😅 Jadi dengan membaca buku ini, semoga saya bisa mendapatkan seperti itu apa kehidupan sirkus itu, tidak hanya dilihat dari luar, tapi juga dari dalam. 😃

  4. nama: Yuli Suntoro
    akun twitter: @torotoro77
    kota tinggal: Klaten

    Jawaban: Alasan kenapa ingin membaca buku ini, pertama karena judulnya unik “Circo de Patrimonio”, itu baru denger judulnya saja sudah bikin penasaran. Kemudian cover menarik, warna ungu eksentrik dengan desain nan cantik. Alasan kedua dan sekaligus yang terpenting, ada istilah ” don’t judge the book by the cover!”. Ini yang bikin penasaran, percuma kan cover bagus kalau isi nggak oke. Maka dari itu pembuktian terbaik adalah dengan membacanya. Dari sinopsis di atas sih kelihatanya keren. Akan lebih asyik kalau baca seluruhnya. Terimakasih, kalau diizinkan menang. Hehe

  5. Nama: Farikhatun Nisa, Twitter: @littlepaper93, Tempat Tinggal: Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Jawaban: Aku ingin membaca novel ini karena penasaran dengan cerita yang bertemakan sirkus. Jarang-jarang aku temui sebuah novel bertemakan sirkus. Dan alasan kuatku untuk membaca novel ini karena aku pernah merasakan posisi seperti Stella, tidak dibebaskan oleh orangtua dalam hal berpendapat. Aku juga ingin membaca setiap detil pelajaran untuk hubungan anak dan orang tua yang tersaji dalam novel ini.🙂

  6. nama : Yuli Suntoro
    akun twitter : @torotoro77
    kota tinggal : Klaten

    Jawaban : alasan kenapa ingin membaca buku ini, pertama karena judulnya yang unik “Circo de Patrimonio”, itu baru denger judulnya saja sudah bikin penasaran. Kemudian cover menarik, warna ungu eksentrik dengan desain begitu cantik. Alasan kedua sekaligus yang terpenting, ada istilah “Don’t judge the book by the cover!”. Inilah yang utama, percuma kan cover kece kalau isi nggak oke. Dari sinopsis sih kelihatannya keren, tapi kan belum mewakili keseluruhan isi buku. Maka dari itu, pembuktian terbaik adalah dengan membacanya secara menyeluruh. Itu yang terpenting. Terimakasih andai diizinkan menang.🙂

  7. nama : Yuli Suntoro
    akun twitter : @torotoro77
    kota tinggal : Klaten

    Jawaban : alasan kenapa ingin membaca buku ini, pertama karena judulnya yang unik “Circo de Patrimonio”, itu baru denger judulnya saja sudah bikin penasaran. Kemudian cover menarik, warna ungu eksentrik dengan desain begitu cantik. Alasan kedua sekaligus yang terpenting, ada istilah “Don’t judge the book by the cover!”. Inilah yang utama, percuma kan cover kece kalau isi nggak oke. Dari sinopsis sih kelihatannya keren, tapi kan belum mewakili keseluruhan isi buku. Maka dari itu, pembuktian terbaik adalah dengan membacanya secara menyeluruh. Itu yang terpenting. Terimakasih andai diizinkan menang.🙂

  8. nama: Ten
    twitter: @ten_alten
    kota: Yogyakarta
    jawaban:
    “Berikan alasan kenapa kamu ingin membaca buku ini.”

    aku selalu sedih kalo dapet pertanyaan kaya gini..😦
    aku bingung harus jawab apa, karena pada kenyataannya aku suka buku..
    dari review mbak Luckty, aku jadi penasaran.. seperti apa kisah cinta yang muncul dalam setting sirkus..

    aku suka quotes-nya, apalagi quote: “Mungkin kita jodoh?” (hlm. 15)

    semoga aku berjodoh dengan Circo de Patrimonio ^^/

  9. Nama : Siska Devita Sari
    Akun twitter : @sis_devi
    Kota tinggal : Jakarta Barat

    Pertanyaan : alasan kamu ingin membaca buku ini

    Alasan :
    Dari review di atas, ada dua hal yang paling menarik saya untuk membaca buku ini. Pertama, tentang sirkus. Hal ini unik dann jarang diungkit, terutama oleh buku yang ditulis penulis Indonesia. Saya jadi penasaran bagaimana cara penulis menyampaikan aneka ragam aksi sirkus, saya merasa banyak yang bisa saya pelajari dari novel penuh aksi ini. Kedua, hubungan para tokoh. Sekilas membaca review, sudah terlihat jelas kompleksitas dari hubungan tokoh utama, baik dengan orang tuanya yang memiliki pandangan berbeda dengan Stella, maupun tentang percintaan yang ada (love rival, cinta bertepuk sebelah tangan, childhood love). Itu semua merupakan hal-hal yang saya sangat minati dari sebuah novel sehingga saya tidak sabar ingin membacanya.

    Sekian alasan kenapa saya ingin membaca buku ini. Semoga saya menang🙂

  10. Nama : Aulia Resky
    Twitter : @AuliaaRez
    Domisili : Cirebon

    Kenapa aku pengen baca Circo de Patrimonio? Kenapa tertarik? Sebenarnya aku adalah salah satu anak yang takut dengan pertunjukan sirkus, walaupun gebetan yang ngajakin juga tetap gamau, aku takut ngeliat berbagai atraksi yang berbahaya. Jujur aku paling takut melihat orang yang kecelakaan di depan mataku, setiap melihatnya pasti aku akan menggigil dan panas dingin. Apalagi banyak adegan sirkus yang beresiko tapi setiap teman-temanku menceritakan keasikannya melihat sirkus (waktu itu aku sekitar 8 tahun) aku sempet penasaran dan mencoba ikut menonton sirkus bersama saudara tapi tetap aja aku selalu mundur ketika sampai di gerbang masuk. Aku belum berani melihat sirkus langsung ataupun di televisi or youtube padahal sekarang aku udah SMA. Sebenarnya aku mau mastiin sirkus sebenarnya seperti apa, apakah menyenangkan? Atau malah menakutkan? Aku ingin buku ini bisa membantuku untuk mengetahui sebenarnya bagaimana sih dunia sirkus itu. Terkadang bacaan lebih bisa di pahami dengan baik daripada dengan cara melihat. Aku ingin buku ini membantuku keluar dari ketakutanku dengan sirkus. Aku ingin menonton sirkus tapi nyaliku masih ciut:3 Arigatou Gozaimasu for this GA^^

  11. Nama : Clarissa Lievany
    Akun Twitter : @ClarissaLievany
    Kota Tinggal : Denpasar.
    Pertanyaan : Berikan alasan kenapa kamu ingin membaca buku ini?.

    Jawaban :
    Karena saya tau kalau novel ini pasti bagus. Di lihat dari review para pembaca saja saya sudah ketagihan dan ingin cepat-cepat membaca bukunya.
    Cara saya memilih buku juga melalui kovernya. Kover buku ini sangat bagus. Warnanya sangat menarik.
    Lalu, karena saya sangat suka menonton film atau membaca hal yang berhubungan dengan sirkus. Karena sirkus itu meriah dan menarik. Meskipun saya tidak pernah menonton sirkus secara langsung. Dan saya sangat ingin membaca buku ini, karena kelihatannya buku ini keren sekali ^^
    #GACircoDePatrimonio 

  12. nama: Yuli Suntoro
    akun twitter: @torotoro77
    kota tinggal: Klaten

    Jawaban: Alasan kenapa ingin membaca buku ini, pertama karena judulnya unik “Circo de Patrimonio”, itu baru denger judulnya saja sudah bikin penasaran. Kemudian cover menarik, warna ungu eksentrik dengan desain nan cantik. Alasan kedua dan sekaligus yang terpenting, ada istilah ” don’t judge the book by the cover!”. Ini yang bikin penasaran, percuma kan cover bagus kalau isi nggak oke. Maka dari itu pembuktian terbaik adalah dengan membacanya. Dari resensi di atas sih kelihatanya keren. Cerita Sirkus? Konflik apa yang ingin dibangun dari cerita sirkus? Menarik untuk disimak. Kaitannya dengan keluarga. Dulu waktu kecil ingin sekali lihat sirkus bersama ayah dan ibu. Sepertinya bahagia sekali. Namun hingga dewasa kini belum terwujud. Mereka sibuk dengan pekerjaannya masing-masing. Mungkin dengan membaca novel ini bisa mengobati kerinduan masa kecil. Kerinduan akan kehangatan keluarga meski hanya sekedar menonton sirkus. Hingga meyakinkanku untuk tidak menolak ketika kelak anakku mengajak menonton sirkus. Terimakasih, kalau diizinkan menang. Hehe

  13. Nama : Wahyu Dewi Syafitri
    Akun twitter : @wahyudewwi
    Kota tinggal : Tulungagung

    Pertanyaan : berikan alasan kenapa kamu ingin membaca buku ini ?

    Jawaban : semoga dengan mengunjungi Circo de Patrimonio saya bisa bertemu dengan Stella. Karena saya ingin bertanya bagaimana dia menjalani hidupnya yang tiba tiba berubah. Dari keluarga yang sangat mencintai sirkus kemudian dipisahkan oleh orang tuanya sendiri. Dan saya ingin mengetahui bagaimana mereka tetap menjaga kewarasan dari kemutlakan pendapat orang tua. Selain itu saya juga penasaran dengan frene, bagaimana dia melihat dunia ini tanpa bantuan orang tua.
    Semoga saya menjadi orang yang beruntung bertemu dengan kisah “Circo de Patrimonio

  14. Nama : Wahyu Dewi Syafitri
    Akun twitter : @wahyudewwi
    Kota tinggal : Tulungagung

    Pertanyaan : berikan alasan kenapa kamu ingin membaca buku ini ?

    Jawaban : semoga dengan mengunjungi Circo de Patrimonio saya bisa bertemu dengan Stella. Karena saya ingin bertanya bagaimana dia menjalani hidupnya yang tiba tiba berubah. Dari keluarga yang sangat mencintai sirkus kemudian dipisahkan oleh orang tuanya sendiri. Dan saya ingin mengetahui bagaimana mereka tetap menjaga kewarasan dari kemutlakan pendapat orang tua. Selain itu saya juga penasaran dengan frene, bagaimana dia melihat dunia ini tanpa bantuan orang tua.
    Semoga saya menjadi orang yang beruntung bertemu dengan kisah Circo de Patrimonio

  15. Nama: Kiki Suarni
    Twitter: @Kimol12
    Kota: Batubara-Sumut

    Jawaban:

    Yang membuat aku ingin baca buku ini karena aku gak pernah baca novel dengan tema sirkus seperti ini. Apa lagi settingnya di luar negeri dan mengangkat kehidupan para pelakon sirkus di sana. Well, aku pernah nonton sirkus luar negeri di televisi tentu, dan semua aksinya sangat memukau. Mulai dari menari dengan kain di udara sampai pertunjukan para pawang binatangnya. Nah, aku penasaran dengan aksi para pelakon rombongan sirkus di novel ini. Apa saja keahlian mereka. Sekalian juga bernostalgia dengan tontonan sirkus di televisi yang pernah aku tonton dulu. Oya, gak ketinggalan juga review ciamik dari Mba Luckty yang menggoda..heheh ngegombal dikit.

    Terima kasih

  16. Kenapa tertarik baca?

    Sepertinya novel ini sangat menarik, apalagi temanya tentang sirkus, tema yang bahkan belum banyak dilirik oleh penulis-penulis kebanyakan untuk dijadikan novel.
    Aku penasaran, bagaimana keberhasilan riset dari penulis buku ini dalam menghadirkan tema sirkusnya yang sangat kental, aku juga ingin merasakan bagaimana sih gambaran sebuah sirkus itu secara aku belum pernah juga nonton sirkus, jadi nggak punya gambaran apa-apa mengenai sirkus tuh kayak gimana sih😄

    Makin penasaran setelah baca ini di reviewnya kak luckty: “Membaca buku ini, ‘aura sirkus’ sudah terasa dari awal. Kita disuguhi segala macam dunia sirkus, tidak hanya sekedar tempelan belaka, tapi juga sisi para tokohnya di luar kehidupan sirkus yang mereka geluti.”

    Jadi banyak pertanyaan di dalam kepalaku, selain tema sirkusnya yang kental, bagaimana sih sisi lain dari para tokohnya di luar kehidupan sirkus yang mereka geluti sehari-hari, apakah akan ada hal-hal manis, kejutan-kejutan yang tak terduga? Terus juga bagaimana penggambaran hubungan anak dan orangtua di dalam buku circo de patrimonio?

    Mita Oktavia
    @Oktaviamithaa
    Bogor, Jawa Barat

    Terima kasih, kak!^^

  17. Nama : Feeny
    Akun Twitter : @feenyzhang
    Kota Tinggal : Kepulauan Riau, Batam
    Link Share : https://twitter.com/feenyzhang/status/676644080693018625

    “Alasan kenapa aku ingin membaca buku ini”

    1. Simpel, aku tertarik dengan buku ini. Mulai dari judul, cover, hingga isi ceritanya.
    2. Judulnya menarik perhatian banget “Circo de Patrimonio” susah dibaca, bikin penasaran apa arti dibalik kata-kata tersebut.
    3. Isi ceritanya bagus, mengenai sirkus. Aku jarang banget nonton sirkus bisa dibilang tidak pernah. Penasaran seperti apa itu sirkus, apa dibalik semua kehebatan sirkus-sirkus yang megah itu. Pengen menambah wawasan mengenai sirkus. Ditambah lagi ceritanya tentang hubungan anak dengan orang tua, hubungan percintaan, cinta bertepuk sebelah tangan. Lengkap banget deh, seperti membeli sebuah kotak yang di dalamnya berisi semua hal-hal yang kamu butuhkan. KOMPLIT *thumbs up*
    4. Aku pengen tahu lebih banyak mengenai kehidupan “Stella”
    5. Sebagai booklovers, aku pengen membaca all type of books kalau diberi kesempatan.
    6. Aku butuh buku ini untuk memperindah rak bukuku yang tidak seberapa itu.

  18. Nama : Fitrotul Azizah
    Twitter :@ Fitrotulpai
    Tempat tinggal : Depok, Sleman

    Alasan saya pengen baca novel ini, pertama saya suka sama novel yang temanya gak pasaran, bahasannya gak cuma tentang cinta mulu,, tema sirkus sangat menarik, saya pribadi suka banget nonton sirkus dan penasaran dg seluk beluk mereka.. Kalo pas lagi nonton pasti kagum banget,, kok mereka bisa gitu si?? Hebat.. Top pokoknya🙂
    Tadi di singungg soal hubungan anak sama ortu dan cara mendidiknya,, jarang ni ada novel kek gini.. Pasti seru banget.. Emang bener sih banyak ortu yang suka maksain kehendaknya dengan alasan itu kebaikan buat kamu padahal bertolak belakang sama keinginan kita.. Itu salah satu hal yang kadang bikin anak jadi gk respek, menyepelekan dll terhadap ortu.. Kayaknya asyik banget deh hehe
    Kisah cintanya juga gak kalah asyik sepertinyaaa.. Jadi pengen cepetan baca
    hehehe

    #GACircoDePatrimonio

  19. Nama : yeti istiqomatunnisa
    twitter : yeti_istiqo
    kota tinggal : rengasdengklok. karawang

    Alasan aku ingin membaca novel ini
    sederhana dilihat dari judulnya saja sudah unik sekali ”Circo de Patrimonio”. isinya tentang sirkus jujur aku belum pernah menonton sirkus langsung paling juga di televisi. aku tertarik dengan novel ini ingin lebih dalam tahu apa itu sirkus yang kita tahu sebagai penonton kagum kalau melihatnya, aku juga ingin tahu dalamnya bagaimana kehidupan pemain sirkus yang dapat membuat penonton terpana aku juga sebagai penggembar buku sejati ingin sekali membaca buku ini untuk mempercantik koleksi buku-bukuku yang mulai merintis.

  20. Nama : Fitrotul Azizah
    Twitter : @fitrotulpai
    Tempat Tinggal : Depok, Sleman

    alasan kenapa saya pengen baca novel ini, saya penasaran sama detail novel ini… saya suka sekali baca novel yang temanya gak melulu tentang cinta, gak pasar pokoknya deh🙂
    novel ini mengangkat tema yang mearik, tentang dunia sirkus.. dulu saya suka sekali nonton sirkus, ketika nonton pasti terkagum-kagum,, kok bisa ya mereka kayak gitu? hebat,, top banget deh😀 mugkin dengan membaca novel ini akan tau seluk beluk sirkus itu..
    tdi di singgung soal hubungan anak dengan orag tua,, bener banget terkadang banyak orangtua yang suka memaksakan kehendaknya dengan dalih utuk kebaikan sang anak, padahal hal itu tidak sesuai degan keinginan anak, yang terkadang akan membuat anak kurang respek, menyepelakan, dll terhadap orangtua,,, ini novel sarat makna bangettt🙂
    adalagi bumbu2 tentang pergolakan cinta diantara mereka,,, pasti akan seru banget ni novel,,, jadi pengen cepetan baca…

    #GACircoDePatrimonio

  21. Nama : Fitrotul Azizah
    Twitter : @Fitrotulpai
    Tempat Tinggal : Depok, Sleman, YK
    Alasan saya kenapa pengen baca novel ini, karena saya penasaran dengan detail novel ini, baca sinopsisnya aja udah penasaran bangettt.. saya suka sama novel yang temanya gak pasaran, gak melulu tentang cinta… tema novel ini sangat menarik, tentang dunia sirkus, dan belum banyak saya ketahui..
    Dulu saya suka sekali nonton sirkus,, rasanya kagum,, dan selalu penuh tanya.. kok bisa sih mereka kayak gitu.. hbattt😀
    Tadi disinggung soal hubugan orang tua dengan anak,,, memang bener sih,, terkadang banyak orang tua yang suka memaksakan kehendaknya terhadap anak dengan dalih untuk kebaikan si anak,, padahal hal itu kadang ndak sesuai dengan keinginan anak ,yang terkadang membuat anak merasa ndak nyaman, jadi kurang respek dan menyepelekan terhdap orang tua…. duh novelnya sarat makna bangett 
    Novel ini juga dibumbui dengan kisah cinta mereka,, jadi tambah asyikkk😀 jadi pengen cepetan baca hehehe
    #GACircoDePatrimonio

  22. Nama : Fitrotul Azizah
    Twitter : @Fitrotulpai
    Tempat Tinggal : Depok, Sleman, YK
    alasan kenapa saya pengen baca novel ini,, karena novel ini menarik sekali,, tema yang diangkat buka tema yang pasaran,,, saya suka sekali novel yang isinya tidak melulu tentang cinta,, kayak novel yang satu ini…
    saya dari dulu memang suka sekali menonton pertunjukan sirkus, pasti selalu terkagum-kagum,, kok mereka bisa begitu ya,,,hebattt😀
    Tadi disinggung soal hubugan orang tua dengan anak,,, memang bener sih,, terkadang banyak orang tua yang suka memaksakan kehendaknya terhadap anak dengan dalih untuk kebaikan si anak,, padahal hal itu kadang ndak sesuai dengan keinginan anak ,yang terkadang membuat anak merasa ndak nyaman, jadi kurang respek dan menyepelekan terhdap orang tua…. duh novelnya sarat makna bangett 
    Novel ini juga dibumbui dengan kisah cinta mereka,, jadi tambah asyikkk😀 jadi pengen cepetan baca hehehe
    #GACircoDePatrimonio

  23. Nama: Rendryana Aulia
    Akun twitter: @Rendryana12
    Kota tinggal: Jombang, Jatim
    Pertanyaan: Alasan ingin membaca buku ini?
    Jawaban: 1. Jarang-jarang ada novel tentang sirkus.
    2. sampulnya yang berkesan dan review yang membuat saya penasaran dengan buku itu.
    3. Dan yang paling membuat saya penasaran, ceritanya berlatar belakang di paris, kehidupan sirkus, dan hubungan antar karakter.
    4. kalimat-kalimat bijak yang ada di dalamnya, mungkin saja bisa menginspirasi saya.
    5. Karena belum punya banyak novel.
    6. Baru-baru ini tertarik membaca novel, jadi masih bersemangat sekali membaca berbagai novel.

    Sekian, terimakasih dan maaf sebelumnya.

  24. Nama : FandaRosa
    Twitter : @FandaRosa
    Kota : Lamongan, Jatim.

    Kenapa aku pengen buku ini?
    1. Judulnya “Circo de Patrimonio” menurutku menarik karena aku penasaran makna dari judulnya apakah ada maksyd lain atau ini cerita latarnya Eropa.
    2. Temanya juga menarik karena jarang2 ada yang angkat cerita dengan tema sirkus.
    3. Jujur saya belum pernah nonton sirkus, jadi dengan baca cerita ini bisa sekaligus menambah wawasan tentang sirkus dan moga2 aja bisa nulis cerita kaya gini.😀
    4. Covernya rame tapi nggak lebay, kan namanya juga sirkus pasti ramee dong.
    5. Saya selalu tertarik dengan buku rekomendasi mbak lutcky karena reviewnya selalu disampein secara sederhana tapi enak dibaca. Jadi saya tertarik dengan buku ini apalagi kalau dapet gratisan hehehe….
    6. Saya penasaran dengan cerita ini apa bisa kita realisasikan pesan2 di dalamnya di masyarakat mengingat saya jarang banget nemu ceeita model gini.
    7. Quotesnya keren2 banyak yang bikin baper padahal ini baru sebagian apalagi kalau punya bukunya pasti aku lingkarin semua tuh.
    7. Sisi lain cerita ini juga mengangkat tema keluarga yang secara nggak langsung cerita ini bisa jadi pembelajaran bagi orang tua untuk mekotivasi anaknya dalam mewujudkan impiannya.

  25. Nama : Nabilah R
    Akun twitter : Ariestanabirah
    Kota tinggal : Palembang
    Alasan ingin membaca buku ini :
    Tema sirkus hanya pernah saya temui di anime ‘Kaleido Star’, tentang perjuangan orang-orang di sirkus. Karena itu, ketika tahu novel ini tentang sirkus saya langsung tertarik dan meluncur ke sini.

    Saya juga suka kalimat, “Saya, orang tua hanya ingin memberikan apa yang menurut mereka terbaik. Tapi, belum tentu keinginan orang tua itu cocok untuk anak mereka.” (hlm. 147)

    Sepertinya akan ada ramuan roman, keluarga, dan drama yang akan menjadikan novel ini kompleks.

  26. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    Karangasem, Bali

    Kalau diibaratkan, novel ini adalah paket komplit dan worth to read banget!
    -Tema tentang dunia sirkus, sangat menarik apalagi aku cuma pernah lihat di serial tv/kartun jadi saat baca ini ya pasti imajinasi kita ikut berakrobat hihii..Cerita mengangkat tentang dunia remaja, dimana masih labil banget. Banyak masalah utamanya yang bertentangan dengan ortu, pencarian jati diri, pengalaman cinta pertama.
    -Setting di Spanyol dan judul yang menarik. Well, aku selalu punya ekspektasi yang tinggi dengan novel dengan setting luar negeri dan anti mainstream. Semoga novel ini tidak mengecewakan🙂

  27. Isnaini Alfazcha
    @isnalfa
    Semarang

    karena unik, why? novel ini berlatar di negara eropa. dannn…. negara eropa identik dengan negara yang didominasi penduduk bukan muslim. padahal novel ini diterbitkan oleh divapress yg notabene penerbit muslim. membuat penasaran apa sebenarnya isinya sehingga divapress menerbitkannya. selain itu menurut saya novel ini memberi bonus tour eropa. ketika membaca cerita berlatar bukan Indonesia memberi saya wawasan baru tentang kondisi, suasana, dan pergaulan di sana. dan tentu saja ada kata circus. i had read so many novel and story book and i’m sure this is my first time fine story book with circus theme. cerita tentang sirkus yg pernah saya baca dalam komik, bukan dalam novel dengan bumbu romantis. entah kenapa menurut saya buku ini seperti crita circus berbumbu romance, bukan sebaliknya. dan ini benar2 kece luar biasa.

  28. Ananda Nur Fitriani
    @anandanf07
    Bogor

    Aku ingin baca buku ini karena:

    CI: Cinta sama covernya yang berwarna ungu serta bernuansa sirkus itu!
    R: Rasanya jadi tertarik untuk baca, apalagi setelah melihat review kak luckty yang menceritakan hal-hal positif tentang buku ini ^^
    CO: Cobaan saat akhir bulan nih (oke aku curcol) xD

    DE: Dengan konflik yang kompleks seperti ini, aku yakin banyak pesan moral yang terkandung dan pastinya berguna untuk remaja labil sepertiku :p

    PA: Paris jadi latar tempatnya? Wah, salah satu kota kesukaanku tuh! Tertarik banget kalau ada cerita yang berlatar tempat di Paris, dan aku juga penasaran dengan Bilbao😀
    T: Temanya tentang sirkus! Well, aku suka sirkus dan gak pernah baca buku tentang sirkus.
    RI: Riset yang dilakukan penulis pasti sulit. Bangga deh penulis Indonesia bisa membuat karya dengan cerita unik seperti ini ^^
    MO: Model buku kaya gini tuh jarang ditemuin banget. Konflik keluarga yang sangat kental, disertai dengan perseteruan hobi dan masalah cinta. Gak kebayang deh bakal kaya gimana xD
    NI: Nilai buku ini sudah plus plus dimataku, dari segi cover dan cerita, buku ini top banget!
    O: Ouch, i’m ready to eat this book! \^O^/

    Thankyou for the giveaway, kak luckty🙂

  29. Saya yakin buku ini mengombinasikan keajaiban cinta dan atraksi sirkus, di mana keduanya adalah dua hal yang tak mudah untuk dijadikan satu garis lurus pada benang merah yang sama. Penulis Circo de Patrimonio ini saya yakini sebagai orang cerdas yang mempu menyatukan dua hal tersebut. Oke, itu membuat saya makin penasaran.

    Ibnu Majah
    @ibnu_berkicau
    Boyolali, Jawa Tengah, Indonesia

  30. Duljani
    @Doel_im
    Indramayu

    Alasan kenapa ingin baca buku ini:

    Ada beberapa kutipan yang menurutku menjadi semacam deja vu.

    “Lebih enak nggak ada orangtua,kan? Bebas. (hlm. 30)
    Kamu nggak pernah merasakan hidup tanpa orang tua. Nggak semudah itu melupakan masa lalu. (hlm. 101)
    Kenapa anda harus melarang sesuatu yang disukai anak anda? (hlm. 144)
    Jadi, itu gunanya orang tua? Membatasi anak-anak mereka? Menyeragamkan mereka dengan anak-anak lainnya supaya mudah beradaptasi dengan masyarakat yang monoton? (hlm. 147)
    Saya orang tua hanya ingin memberikan apa yang menurut mereka terbaik. Tapi belum tentu keinginan orang tua itu cocok untuk anak mereka. (hlm. 147)”

    Aku, yang yatim sejak kecil, seperti menemukan kawan disini. Dan betapa ingin kuungkapkan pada mereka, bahwa punya orang tua mesti disyukuri karena merupakan kebahagiaan terbesar. Cara sayang mereka mungkin salah, tapi percayalah mereka tak sedang berbuat salah.

    Tapi pada siapa aku harus mengatakannya, sementara yang kutahu dalam Circo de Patrimonio hanya Frane, Luce dan Stella. Tapi siapa mereka? Aku tak tahu. Nah semoga giveaway ini menjadi jalan bagi pertemuanku dengan tokoh-tokoh itu. Semoga.

  31. nama : Annisa Zulfa Nur Azza
    akun twitter : @annisa_nurazza
    kota tinggal : Bojonegoro – Jawa Timur
    Pertanyaannya adalah berikan alasan kenapa kamu ingin membaca buku ini ?

    Jawab :
    Jujur ya … alasan aku pengin baca buku ini aku penasaran aja kayak gimana novel yang ceritanya tentang sirkus , soalnya selama ini novel yang aku baca hampir semua yah tentang kehidupan yang gitu – gitu aja , kalau gak sekolah yah kerja kantoran jadi aku mulai bosan. pengin coba hal baru.

    sama penasaran kenapa sih ortunya gak ngebolehin dia dateng ke sirkus lagi ??? btw aku setuju sama sindiran yang orang tua itu mengatakan itu yang terbaik buat anaknya padahal anaknya gak bahagia. nah itu bener banget ortu ku cukup protektif banget dan itu bikin aku agak sebel karena yah di umur yang remaja gini kan pasti penginnya nyobain banyak hal baru terus keluar jalan-jalan gak di rumah mulu. Jadi itu sih alasan ku .

  32. Nama : Naswati
    Twitter : @naswa95
    Domisili : Jakarta

    Alasan aku ingin baca buku ini?
    Aku penasaran, lihat covernya aja terbayang akan ada unsur ceria dan sirkus. Jujur tidak pernah baca buku dengan latar cerita tentang sirkus. Bayangannya aku akan menyelami kisah kecintaan Stella dari buku ini. Pengetahuan tentang sirkus, Quebec dan Paris.

  33. Nama : Naswati
    Twitter : @naswa95
    Domisili : Jakarta

    Alasan aku ingin baca buku ini?
    Aku penasaran, lihat covernya aja terbayang akan ada unsur ceria dan sirkus. Jujur tidak pernah baca buku dengan latar cerita tentang sirkus. Bayangannya aku akan menyelami kisah kecintaan Stella dari buku ini. Pengetahuan tentang sirkus, Quebec dan Paris.

  34. Nama : Naswati
    Twitter : @naswa95
    Domisili : Jakarta

    Alasan aku ingin baca buku ini?
    Aku penasaran, lihat covernya aja terbayang akan ada unsur ceria dan sirkus. Jujur tidak pernah baca buku dengan latar cerita tentang sirkus. Bayangannya aku akan menyelami kisah kecintaan Stella dari buku ini lewat pengetahuan tentang sirkus, Quebec dan Paris.

  35. Nama: Siti Nur Cahyanik
    Twitter: @Ancahyanik
    Kota tinggal: Kediri

    Aku suka dengan hal pendidikan. Bagiku pendidikan tidak hanya didapat dari kuliah atau kampus. Pendidikan bukan hanya sebuah materi pelajaran, ujian dan nilai rapor. Tapi pendidikan adalah bagaimana kita mendewasakan diri. Apalagi tujuan pendidikan yang sebenarnya adalah memanusiakan manusia. Dan itu semua bisa didapat dari banyak peristiwa di sekitar kita. Misalnya, cerita pada novel tersebut yang menceritakan bahwa sebagai orang tua harus mendukung bakat anak. Nah, dari hal ini saja sudah mencerminkan sebuah pendidikan yang dicerminkan oleh sebuah keluarga. karena, pendidikan paling awal itu di terima dari keluarga, lalu sekolah, baru lingkungan.

    Saya tertarik dengan novel ini karena novel ini ada unsur pendidikan atau psikologi pendidikan yang jarang disadari orang. Dan novel ini juga bisa menjadi contoh bagaimana seharusnya orang tua menyikapi bakat anak. karena, di saat ini banyak anak kuliah di jurusan yang dipilihankan orang tua. Lalu menjalai hidup yang sama sekali tidak diinginkannya. Semoga kalau saya dapat novel ini (Amin) saya akan memahaminya lalu akan saya ceritakan kepada teman kuliah saya saat diskusi tentang pendidikan. Atau bisa juga saya share di blog untuk mensosialisasikan tentang pentingnya dukungan orang tua terhadap bakat anak.

  36. Aku suka dengan hal pendidikan. Bagiku pendidikan tidak hanya didapat dari kuliah atau kampus. Pendidikan bukan hanya sebuah materi pelajaran, ujian dan nilai rapor. Tapi pendidikan adalah bagaimana kita mendewasakan diri. Apalagi tujuan pendidikan yang sebenarnya adalah memanusiakan manusia. Dan itu semua bisa didapat dari banyak peristiwa di sekitar kita. Misalnya, cerita pada novel tersebut yang menceritakan bahwa sebagai orang tua harus mendukung bakat anak. Nah, dari hal ini saja sudah mencerminkan sebuah pendidikan yang dicerminkan oleh sebuah keluarga. karena, pendidikan paling awal itu di terima dari keluarga, lalu sekolah, baru lingkungan.

    Saya tertarik dengan novel ini karena novel ini ada unsur pendidikan atau psikologi pendidikan yang jarang disadari orang. Dan novel ini juga bisa menjadi contoh bagaimana seharusnya orang tua menyikapi bakat anak. karena, di saat ini banyak anak kuliah di jurusan yang dipilihankan orang tua. Lalu menjalai hidup yang sama sekali tidak diinginkannya. Semoga kalau saya dapat novel ini (Amin) saya akan memahaminya lalu akan saya ceritakan kepada teman kuliah saya saat diskusi tentang pendidikan. Atau bisa juga saya share di blog untuk mensosialisasikan tentang pentingnya dukungan orang tua terhadap bakat anak.

  37. Nama: Siti Nur Cahyanik
    Twitter: @Ancahyanik
    Tempat tinggal: Kediri Jatim
    Aku suka dengan hal pendidikan. Bagiku pendidikan tidak hanya didapat dari kuliah atau kampus. Pendidikan bukan hanya sebuah materi pelajaran, ujian dan nilai rapor. Tapi pendidikan adalah bagaimana kita mendewasakan diri. Apalagi tujuan pendidikan yang sebenarnya adalah memanusiakan manusia. Dan itu semua bisa didapat dari banyak peristiwa di sekitar kita. Misalnya, cerita pada novel tersebut yang menceritakan bahwa sebagai orang tua harus mendukung bakat anak. Nah, dari hal ini saja sudah mencerminkan sebuah pendidikan yang dicerminkan oleh sebuah keluarga. karena, pendidikan paling awal itu di terima dari keluarga, lalu sekolah, baru lingkungan.

    Saya tertarik dengan novel ini karena novel ini ada unsur pendidikan atau psikologi pendidikan yang jarang disadari orang. Dan novel ini juga bisa menjadi contoh bagaimana seharusnya orang tua menyikapi bakat anak. karena, di saat ini banyak anak kuliah di jurusan yang dipilihankan orang tua. Lalu menjalai hidup yang sama sekali tidak diinginkannya. Semoga kalau saya dapat novel ini (Amin) saya akan memahaminya lalu akan saya ceritakan kepada teman kuliah saya saat diskusi tentang pendidikan. Atau bisa juga saya share di blog untuk mensosialisasikan tentang pentingnya dukungan orang tua terhadap bakat anak.

  38. Bintang Maharani
    @btgmr
    Palembang

    Karena saya suka sirkus meski saya belum pernah nonton sirkus secara langsung. Tapi saya masih ingat dulu saat channel TRANS7 masih bernama TV7, saya suka sekali nonton acara sirkus yang sering ditayangkan ketika tengah malam. Mata ini tidak bisa berkedip dari situ, menyaksikan kelihaian pelakon dan hewan-hewan buas yang sudah dijinakkan. Kadang pernah terpikir bahwa saya ingin juga merasakan menjadi bagian dari dunia sirkus. Saat tahu ada giveaway buku ini, saya harap bisa ikut jadi bagian yang merasakan serunya dunia sirkus bersama Stella, Frane, dan Luce meski hanya dalam media tulisan.

  39. Nama : Nova Indah Putri Lubis
    Twitter : @n0v4ip
    Domisili : Medan
    Link Share : https://twitter.com/n0v4ip/status/678297891270606848

    Alasan utama saya ingin membaca buku ini karena tema yang diangkat seputar dunia sirkus. Jarang sekali dan bahkan saya memang belum pernah membaca karya penulis lokal denga tema seperti itu. Rasanya penasaran seperti apa dunia sirkus yang diceritakan penulis di buku ini. Selain itu review nya juga bikin kepo. Cerita cinta remaja yang dipadukan dengan sirkus, pasti menarik sekali. Jadi teringat dengan film kartun Madagascar 3. *eh, gak nyambung ya*😀

    Terima kasih kak ^^

  40. Nama : Ken
    Twitter : @orion____
    Link share : https://twitter.com/orion____/status/678610953450074112
    Domisili : Tulungagung, Jawa Timur

    Q : berikan alasan kenapa kamu ingin membaca buku ini!
    A : Pertama kali lihat buku ini di sosial media. Saat tahu kalau buku ini membahas tentang dunia sirkus, saya ingat sebuah anime yang pernah saya tonton dengan tema serupa yakni “Kaleido Star”. Tentang seorang perempuan yang gigih berjuang untuk menjadi pemain sirkus profesional sampai rela latihan keras tanpa peduli badannya luka separah apapun. Keingat juga sama video klip mbak(?) Christina Aguilera yang “Hurt”, yang juga pakai tema sirkus dan hubungan antara orangtua dan anak kan? Karena itu jadi ingin ingin baca buku ini, apakah bisa memberikan kesan yang sama bagusnya pada saya tentang dunia sirkus🙂
    Selain itu judul dan setting yang bukan berasal dari (bahasa)Indonesia membuat saya penasaran juga, bagaimana dan apakah penulis berhasil mengajak saya berimajinasi keluar negeri lewat buku ini🙂

  41. Pingback: Daftar Bacaan tahun 2015 | Luckty Si Pustakawin

Leave a Reply

