REVIEW All You Need Is Love

WP_20151221_010

Tidak ada yang perlu kau sedihkan, hidupmu masih terlalu panjang untuk kauhabiskan dengan merasa sedih. (hlm. 188)

KATRINA ABIY. Setengah bule yang punya darah Skotlandia tapi belum pernah ke Skotlandia selama ini. Kali ini mama mengajaknya ke Skotlandia, bersama papa juga, untuk menjejakkan kaki ke tanah kelahiran sang mama. Sebenarnya tidak hanya itu, salah satu alasan mama mengajaknya pergi adalah agar Katrina bisa melupakan rasa patah hati yang baru melandanya. Ya, dia baru saja memutuskan hubungan dengan Aidan, yang bagi mama adalah calon mantu idaman. Sebenarnya masalah sepele, LDR-lah yang menjadi pemicunya. Bukan sekali ini Katrina mengalaminya, dulu saat pacaran pertama kalinya bersama Kak Gio, dia juga putus karena masalah LDR.

“Aku pikir kita punya hubungan yang kuat. Aku pikir segala yang kita punya selama ini adalah alasan untuk terus mempertahankan kita. Tapi mungkin aku salah. Dan yang paling kusesali adalah ternyata aku nggak cukup mengenal kamu. Kamu nggak memberiku kesempatan untuk itu.” (hlm. 46)

Oke, lupakan LDR. Dari awal kita dibuat terkesima oleh deskripsi yang dijabarkan oleh sang penulis. Saya bahkan sampai lupa jika penulisnya adalah asli Indonesia. Kita dibuat terhanyut oleh nuansa Skotlandia. Ini bukan hanya sekedar kisah LDR antara Aidan dan Katrina. Ada yang lebih menarik dari itu. Kita akan dibuat menguak rahasia keluarga mama Katrina di Skotlandia, terutama kisah masa lalu Granny!

Oya, ada hal menarik lainnya adalah tentang Brigadoon yang diselipkan dalam cerita masa lalu Granny sewaktu muda. Saya pernah nonton sekilasdi sebuah acara televisi (dan penulisnya ternyata juga terinspirasi oleh acara tersebut untuk menuliskan kisah kota tersebut) tentang Brigadoon sebuah kota yang hanya muncul 1 hari dalam 1 abad. Habis baca ini pun saya makin penasaran, dan saya langsung googling!

Hasil dari googling berbagai sumber, Skotlandia selain terkenal dengan legenda Nessie, monster di Danau Lochness, juga memiliki sakibul hikayat yang penuh misteri, yakni kota Brigadoon.Kabarnya, kota ini hanya muncul selama 1 hari saja dalam 100 tahun. Kota kecil ini terletak di dataran tinggi bonny Scotland. Dikisahkan, Brigadoon tiba-tiba hilang ditahun 1754. Anehnya, penduduk di kota ini seolahmenjadi panjang umur, karena setiap muncul satukali dalam seabad, usia mereka hanya bertambah satu hari. Mereka tidur selama 100 tahun – dalam hitungan penduduk Brigadon, waktu tersebut seperti malam hari saja. Bisa diterka, bila seseorang yang tinggal di Brigadoon meninggal pada usia 70 tahun artinya ia hidup selama 25 ribu abad lebih! Siapa pun yang beruntung bisa memasuki Brigadoon pada hari kemunculannya akan merasa begitu gembira, seolah masuk ke taman surga. Sayangnya, hanya bisa tinggal sehari saja karena desa ini kembali tertutup kabut dan menghilang. Kini setiap 100 tahun sekali menjadi hari peringatan Brigadoon dengan parade dan tarian.

Harus diakui, ini adalah label ‘Young Adult’ terbaik terbitan Gramedia, yang saya baca terbaik di tahun ini meskipun bacanya akhir tahun. Recomended banget!😉

Beberapa kalimat favorit dalam buku ini:

  1. If you can’t deal with your past, you can’t have your future. (hlm. 26)
  2. Tidak ada yang tidak mungkin. (hlm. 82)
  3. Tidak ada yang perlu ditakuti. (hlm. 83)
  4. Tapi hidup harus terus berjalan, mau tidak mau harus mengikuti arusnya. (hlm. 113)
  5. Tidak ada yang perlukau takutkan. (hlm. 119)
  6. Cinta itu rumit. (hlm. 167)
  7. Selagi bisa, selagi cinta itu masih ada, berusahalah. (hlm. 172)
  8. Kau terlalu buta untuk melihatnya, sebab cinta terlalu besar dan kuat, tapi orang lain melihatnya dengan sangat jelas. (hlm. 174)
  9. Kau tentu sudah belajar bahwa cinta tak harus memiliki kan? (hlm. 205)

Beberapa selipan sindiran halus dalam buku ini:

  1. Kadang cinta aja nggak cukup. Tapi tanpa cinta, nggak akan ada lagi yang tersisa. (hlm. 14)
  2. Biasanya kan yang punya feeling orang itu the one atau bukan adalah orang yang dijodohkan, yang notabene berurusan dengan perasaannya sendiri, bukan malah yang menjodohkan. (hlm. 21)
  3. Dicap aneh dan berbeda, bukan sesuatu yang buruk? (hlm. 25)
  4. Jangan terlalu gengsi. (hlm. 30)
  5. Kamu tahulah, jarak itu pembunuh nomor satu dalam hubungan percintaan. (hlm. 43)
  6. Sayangnya, tidak ada rahasia yang bertahan selamanya. Cepat atau lambat, rahasia itu harus di bagi ke orang yang tepat. (hlm. 97)
  7. Tidak ada hubungan jarak jauh yang bisa berhasil. (hlm. 112)
  8. Ada beberapa dalam hidup yang mungkin tidak sanggup kita hadapi dan memilih untuk memercayai kebohongan. (hlm. 122)

Keterangan Buku:

Judul                                     : All You Need is Love

Penulis                                 : Fakhrisina Amalia

Editor                                    : Tri Saputra Sakti

Desain sampul                   : Orkha Creative

Penerbit                              : PT. Gramedia Pustaka Utama

Terbit                                    : 2015

Tebal                                     : 240 hlm.

ISBN                                      : 978-602-03-1803-5

9 thoughts on “REVIEW All You Need Is Love

  1. Pingback: Daftar Bacaan tahun 2015 | Luckty Si Pustakawin

  2. “Aku pikir kita punya hubungan yang kuat. Aku pikir segala yang kita punya selama ini adalah alasan untuk terus mempertahankan kita. Tapi mungkin aku salah. Dan yang paling kusesali adalah ternyata aku nggak cukup mengenal kamu. Kamu nggak memberiku kesempatan untuk itu.” (hlm. 46)
    resiko ldr hmm

  3. Kayanya kakak borong buku gramed ya di akhir 2015? Hehe.
    Kisahnya unik deh Brigadoon. Apa si Katrina ini masuk ke sini kah? Terus jadi penasaran. Apa yg udah masuk sana bisa keluar lagi? Haha seru deh kayanya😀

  4. Kalau mamaku kayak mamanya Katrina yg ngajakin aku keluar negeri karena abis patah hati.. behhh enak banget kali ya :v
    disini diselipin nggak kak daya tarik wisata yg ada di skotlandia? Kalau iya wah harus beli bukunya nih

  5. If you can’t deal with your past, you can’t have your future. (hlm. 26) berdamai dengan masa lalu.

    LDR selalu jadi pemicu sebuah hubungan, tapi ternyata novel ini tidak membahas lebih jauh dan dialihkan kepada hal yang lebih menarik.

    Hubungan dengan judul novel apa kaitannya ya, apa disana Katrina belajar tentang cinta juga?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s