REVIEW Holidaylicious: Ciao, Italia!

WP_20151231_001

KATIE EVERGREEN, 15 tahun. Dia tinggal di Sydney, Australia. Sebenarnya dia lahir di Indonesia, tetapi tiga tahun yang lalu, dia dan keluarganya pindah ke Australia karena Dad hendak membuka perusahaannya di sini. Dad adalah pemilik TechLog, sebuah perusahaan gadget ternama di Melbourne, sedangkan Mom memiliki sebuah butik pakaian yang cukup terkenal di Sydney.

AVORY JANES alias Ave adalah teman baik Katie sejak kecil. Namun, Avory lebih dahulu tinggal di Australia. Kurang lebih sejak lima tahun lalu sejak neneknya meninggal dunia. Sejak saat itu, keluarga Avory pun tinggal di rumah neneknya.

Saat ini mereka sama-sama bersekolah di Great Study Junior High School. Karena memiliki hobi yang sama; makan, foto dan jalan-jalan, mereka membuat food and travel blog untuk berbagi pengalaman mencoba makanan-makanan baru dan jalan-jalan.

Orang yang memiliki hobi seperti mereka ini disebut foodies yang artinya adalah sebutan bagi orang-orang yang memiliki hobi mencicip berbagai makanan dan minuman sebagai pengalaman baru. Mereka biasanya membuat foto atau tulisan tentang makanan atau minuman yang mereka cicipi. Tulisan atau foto tersebut bisa berupa panduan tempat makan (restaurant guide) atau ada juga yang membagikan pengalaman memasak mereka dengan memberikan resep-resep serta tips memasak makanan dan minuman.

Ada banyak foodies yang juga juga menjadi foodblogger atau food and travel blogger. Namun, tidak semua foodies adalah blogger. Bisa saja mereka hanya suka membagikan foto makanan dan minuman mereka kepada orang lain lewat media sosial yang mereka punyai.

Mereka berdua mulai membuat blog sejak kelas 2 SMP. Awalnya mereka menggunakan domian gratis. Setelah satu tahun, pengunjung blog mereka ternyata meningkat pesat dan mendapat tanggapan baik dari pembaca. Kemudian, mereka memutuskan menggunakan domain berbayar dengan nama; eatsleeptravel.com.

Mereka berbagi tugas. Katie menulis ulasan dan Avory mengambil foto. Pembagian ini berdasarkan bakat mereka masing-masing. Katie memang lebih senang menulis ketimbang mengambil foto. Sebenarnya Katie juga senang mengambil foto, tapi Avory jauh lebih hebat dalam hal foto-memfoto. Maklum, ayahnya seorang fotografer. Jadi, dia banyak belajar dari ayahnya.

Berhubung dua tokoh utama di sini adalah seorang food and travel blogger, kita akan disuguhi makanan-makanan khas Italia dan juga diajaka menelusuri jalanan Italia. Banyak sekali makanan unik dan lezat ala Italia; bigoli, lasagna, pizza, lampredotto, zuppa di cipolle, gelato dan masih banyak makanan lainnya yang dijabarkan dalam buku ini yang bikin air liur hampir menetes saat membacanya! X)) #LapIler

Pesan moral dari buku ini adalah seseorang bisa menjadi serakah serta egois dengan ingin menjadi yang terbaik dalam hobinya. Berharapnya, kita bisa menjadi seseorang yang tidak menggantungkan hidup kepada hobi semata dan lebih rasional dalam menghadapi masalah. Bukankah lebih baik dan memuaskan kalau kita berhasil memenangkan kompetisi setelah berjuang sekuat tenaga melawan kompetitor yang sangat berpotensi untuk menang?

Keterangan Buku:

Judul                                                                     : Holidaylicious: Ciao, Italia!

Penulis                                                                 : Mary Christina Elsa

Penyunting                                                         : Wikan Satriati

Penyelaras aksara                                            : Lian Kagura, Novia Fajriani

Penata aksara                                                    : CDDC

Perancang sampul                                           : Dhea Citra

Penggambar ilustrasi isi & cover                                : Dini Marlina

Penerbit                                                              : Noura Books

Terbit                                                                    : Oktober 2015

Tebal                                                                     : 144 hlm.

ISBN                                                                      : 978-602-385-031-0

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s