REVIEW Holidaylicious: Goedendag, Belanda

WP_20151231_002

“Ayah serius tidak sih soal tawaran beberapa hari yang lalu?”

“Serius, dong. Ayah tidak pernah main-main kalau sudah menyangkut janji. Nah, kamu sendiri gimana, Ris? Udah sungguh-sungguh belum belajarnya? Atau masih santai-santai?”

“Jujur aja, Iris nggak tahan, Yah, harus belajar keras setiap hari. Apalagi kalau hari Minggu, Iris sulit banget berkonsentrasi.”

“Yaa, kamu mau nggak tiket konser One Direction-nya? Atau Ayah kasih ke orang lain aja, gimana?”

“Jangan gitu don, Yah. Iris kan kepingin banget sejak dulu.”

“Ya udah, makanya belajara yang bener dong. Gimana sih kamu?”

“Tapi sulit, Yah. Apa pun yang Iris baca, nggak pernah nyangkut di otak.”

“Iris, supaya kamu bisa berkonsentrasi, baca doa dulu sebelum belajar.” (hlm. 9)

Sejak saat itu, Iris mulai belajar sungguh-sungguh. Meskipun kadang rasa malas dan menyerah maish hinggap di hatinya, Iris teruskan saja belajarnya sampai satu bab penuh dikuasinya. Iris selalu berdoa sebelum belajar. Siang dan malam dihabiskannya dengan membaca buku. Setelah dia merasa cukup, dia baru berlatih mengerjakan soal-soal. Hal itu membuatnya terlihat seperti sedang pacaran dengan buku karena ke mana pun dan kapan pun, buku selalu ada genggamannya. Klimaksnya, materi-materi yang telah dipelajarinya tersebut menjadi dongeng pengantar tidur sehingga tidak jarang kepalanya pening saat bangun tidur.

Iris mengejutkan banyak orang dengan nilai-nilai yang mulai membaik. Oh, bukan hanya membaik, tetapi benar-benar baik. Zania, sahabatnya sampai mengira Iris salah minum obat. Namun, jangan kira Iris sudah pandai seutuhnya. Ada pengecualian dalam hal ini. Bagi Iris, nilai pelajaran geografinya tetaplah lebih menyeramkan dari pada hantu apa pun. Dan gara-gara nilai Geografinya yang jeblok inilah tiket untuk menonton One Direction pun melayang! #PukPukIris

“Iris, kamu harus fokus pada soal-soalnya. Jangan pikirkan bagus dan nilai jelek yang akan kamu dapatkan nanti. Jangan pikirkan hadiah yang ayah tawarkan. Pokoknya kamu harus fokus. Kunci mulut dan telinga. Biar otak dan hatimu saja yang bekerja. Selama kamu jujur dan berkonsentrasi, nilai yang kamu impikan bisa kamu dapatkan, mengerti?” (hlm. 16)

Meski Iris gagal ke Inggris untuk menonton konser One Direction, untuk mengobati kekecewaannya Iris diajak orangtuanya untuk berlibur ke Belanda. Akan ada banyak pengetahuan seputaran Belanda yang menakjubkan. Salah satunya adalah festival yang sangat cocok untuk kutu buku. Namanya, Boekenfestijn. Festival ini hanya diselenggarakan di kota-kota tertentu seperti Amsterdam, Rotterdam, Eindhoven, Leuven dan lain-lain. Di festival ini kita bisa menemukan berbagai macam buku, mulai dari buku traveling, seni, novel, sampai buku anak-anak. Lebih seru lagi karena di sini kita mendapat diskon 60-90%. Uwow, menarik banget ya festivalnya!! Ke mana lagi Iris akan menjelajah menyusuri daerah-daerah di Belanda? Langsung berburu buku ini ya!😉

Pesan moral dari buku ini adalah bahwa di dunia ini tidak ada yang sempurna. Kalau kita punya kelemahan dalam bidang tertentu, tapi kita punya kelebihan di bidang lain dan kembangkan itu. Setiap orang pasti punya kelemahan dan kelebihan masing-masing. Jadi jangan pernah menyesali apa yang telah kita dapatkan. Karena Tuhan menciptakan segalanya secara adil.

Keterangan Buku:

Judul                                                     : Holidaylicious: Goedendag, Belanda

Penulis                                                 : indzana Zulfa

Penyunting                                         : Wikan Satriati

Penyelaras aksara                            : Lian Kagura, Novia Fajiriani

Penata aksara                                    : CDDC

Perancang sampul                           : Papersand Studio

Ilustrasi isi                                           : Dini Marlina

Ilustrasi sampul                                 : Raijuu Nara

Penerbit                                              : Noura Books

Terbit                                                    : 2015

Tebal                                                     : 140 hlm.

ISBN                                                      : 978-602-385-005-1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s