REVIEW 10 Strategi Marketing Online

WP_20151208_020

“Waktu, energi, dan bakat dapat menjadi lebih penting daripada anggaran.” (Scott Harrison, Founder CharityWater.org)

Di dunia maya, setiap hari ada puluhan juta pengguna internet mencari informasi sesuai kebutuhan mereka. Para pembeli online, yang jumlahnya terus membengkak, melakukan pencarian barang di search engine dengan menggunakan keyword tertentu. Nama-nama produk yang mudah diingat dan familiar cenderung diketik sebagai kata kunci. Bukan sekadar jenis barangnya saja, tapi juga merk dagang, atau kadang disertakan juga nama apa pun yang terkait dengan apa yang mereka cari.

Ada sepuluh strategi marketing online dalam buku ini. Ada dua poin menarik dan gampang yang bisa kita terapkan sehari-hari dalam berjualan online. Pertama, tentang integrasikan dengan blog. Toko online berbasis online marketplace tidak mampu memberi banyak konten karena space yang terbatas. Penjual hanya dapat mengoptimalkan jumlah postingan dan memanfaatkan fitur-fitur pendukung demi menarik perhatian pembeli. Jika ingin menjelaskan produknya lebih jauh, penjual harus melakukannya di tempat lain. Inilah gunanya blog atau website pendukung. Dengan kata lain, kehadiran blog atau website bukan untuk menyaingi melainkan justru saling terintegrasi.

Apa yang bisa kita tulis di blog atau website pendukung lapak online? Banyak sekali, terutama konten yang bisa menaikkan angka penjualan, meraih lebih banyak pembeli, bahkan dapat pula merangkul mitra yang lebih luas atau menciptakan komunitas. Dalam hal ini konten yang dibutuhkan adalah konten yang menarik, punya nilai jual tinggi, dan bermanfaat bagi pengunjung blog atau website. Bagaimana menciptakan konten blog atau website yang mampu menarik banyak pengunjung? Temukan tipsnya di buku ini!😉

Poin menarik kedua adalah aktif di media sosial. Kenapa media sosial begitu penting bagi suatu bisnis? Alex Christ menjabarkan alasannya sebagai berikut:

  1. Paling cepat. Media sosial adalah cara tercepat untuk menyebarkan pesan mengenai suatu produk atau barang. Sebuah twit di twitter bisa menyebar secara viral dalam hitungan menit, bahkan lebih cepat dari TV atau media tradisional lain.
  2. Paling lengkap. Jutaan orang di seluruh dunia menghabiskan banyak waktu untuk aktif dijejaring media sosial. Mereka berasal dari berbagai kelas sosial, kelas ekonomi, profesi, etnis, agama, warna kulit. Kita butuh sosok seperti apa? Semua bisa dijumpai di media sosial.
  3. Paling tren. Inilah jenis kampanye marketing paling tren saat ini. Di masa lalu, orang memasang bilboard di tepi jalan dengan harapan bisa terbaca oleh para pengendara mobil. Tapi, itu masa lalu. Kini orang lebih memperhatikan apa yang ada di layar komputer atau gadget.
  4. Paling berpengaruh. Makin banyak studi yang mengindikasikan media sosial sangat penting dalam menjalankan bisnis. Terbukti kian banyak perusahaan menggarap akun media sosialnya secara serius demi mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Ketika kita sudah memiliki website atau blog, sudah bergabung dengan online marketplace juga, maka media sosial merupakan kelanjutan dari mata rantai bisnis online. Di media soaial, kita bisa lebih ‘cerewet’ menawarkan produk, berbagi cerita, memberi testimoni dan tips, menawarkan diskon, membuat kuis, dan sejenisnya. Media sosial memberi ruang tanpa batas untuk berlomba-lomba menawarkan sesuatu yang berbeda ke khalayak dunia maya.

Tidak semua pengguna media sosial adalah orang baik. Ada saja penipu, orang yang mencoba memperdaya, penyerang atau orang yang iseng mengerjai sesama pengguna sosial. Kita akan bertemu dengan orang-orang jenis ini, walaupun kita bermaksud menjalankan bisnis secara profesional. Ketika terjadi serangan, misalnya produk kita dijelek-jelekkan atau ada yang komplain dengan kasar tentang layanan kita, tetaplah profesional.

Usahakan jangan sampai emosi terpancing sebab hal itu bisa membuat kita mengetikkan kata-kata kasar atau makian, yang membuat citra bisnis kita ikut menjadi buruk di mata pelanggan. Lebih buruk lagi, kita bisa dikenai Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Oleh karena itu, tetaplah berusaha bersikap profesional dan menanggapi semua respon negatif dengan bahasa yang tetap sopan. Ingat, apa pun yang kita tulis di dunia maya akan abadi di sana, kendati kita menghapusnya.

Intinya, media sosial merupakan lautan informasi yang bisa sangat berguna bagi pemasaran produk kita. Di sana juga terbuka kesempatan berinteraksi seluas-luasnya dengan berbagai kalangan yang berpotensi menjadi pelanggan kita. Jangan sia-siakan semua peluang itu sebab mayoritas penjual online sudah memanfaatkannya.

Perlu diingat pula bahwa media sosia adalah komunikasi dua arah. Ada interaksi di sana. Artinya kita tidak bisa hanya menyampaikan informasi terus-menerus. Artinya kita tidak hanya menyampaikan informasi terus-menerus, melainkan harus ada usaha untuk memancing respons dari audiens. Respons akan didapat apabila postingan kita menarik sehingga membuat orang lain tergerak untuk memberi komentar atau pertanyaan. Apabila respons tidak juga didapat, mulailah berinteraksi lebih dulu.

Berjualan di media sosial harus menggunakan konten marketing. Konten yang bernilai dan punya manfaat bagi teman-teman media sosial. Bukan yang selfish, yang hanya dimaui oleh pemilik konten.

“Generasi milenial sekarang ini semakin terbiasa dengan bahasa teks dan visual yang engaging, takmelulu bahasa verbal.” (Yuswohady, Pakar Marketing)

Buku ini saya dapatkan langsung dari penerbitnya. Pas banget salah satu resolusi tahun depan adalah memiliki usaha sablon sendiri di rumah bersama adik. Sembari beli alat-alatnya nyicil, adik mulai membuat beberapa desain kaos, dan saya sedang menyusun strategi marketingnya melalui online yang memang saya kuasai. Buku ini menjadi pelengkap yang pas!😉

“Masa depan bisnis adalah masyarakat.” (Barry Libert, Angel Investor)

Keterangan Buku:

Judul                                                     : 10 Strategi Marketing Online

Penulis                                                 : Merry Magdalena

Editor                                                    : Mira R, Monica Anggen

Penata isi                                             : Sandy Kusuma

Tim Riset                                              : Tiara Iraqhia

Penerbit                                              : Grasindo

Terbit                                                    : 2015

Tebal                                                     : 125 hlm.

ISBN                                                      : 9786023752172

WP_20151208_021

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s