[Blogtour] REVIEW Tough Love + GIVEAWAY

PicsArt_07_01_2016 13_36_56Kalau kamu jatuh cinta nggak perlu pakai setting perasaan segala. Jatuh cinta itu terjadi secara alami dan spontan. Jadi saat jatuh cinta itu waktunya emosi yang maju dan logika mundur dulu buat istirahat. (hlm. 142)

ORINA DAMAYANTHI. Orin panggilannya. Dari segi penampilan, Orin adalah gadis yang suka sekali dengan segala sesuatu yang berbau handmade. Tas yang dia bawa hampir tidak pernah sama setiap hari. Orin tidak ingat dengan pasti kapan dunia benang dan dunia kain telah menjadi sahabatnya. Mungkin saat dia pertama membaca tentang quilting di koran saat kelas 5 SD. Atau mungkin sebelumnya. Namun yang jelas saat pertama melihat rangkaian kain aneka warna dan corak yang tersusun serba asimetris, mirip tapi beda, serupa tapi tak sama, serta membayangkan kerumitan dalam proses penciptaannya, Orin langsung jatuh cinta.

Dan dunia ini memang sebuah pelarian yang sempurna. Setiap ibunya ngomel tak ketahuan ujungnya, Orin memusatkan perhatiannya pada gerakan jemarinya yang secara konstan dan penuh konsentrasi menjalani beragam tusukan pada susunan kain dalam genggamannya. Bahkan Orin mensyukuri ketika jarinya tertusuk jarum tajam itu karena akan memiliki alasan dari mendengarkan ceramah ibunya yang lama, berbeli, bahkan tanpa titik koma.

Kala cinta pertamanya kandas karena penolakan cowok yang disukainya, Orin bisa menyelesaikan sebuah tote bag dengan motif log cabin yang rumit tanpa menggunakan mesin jahit. Ketika dia gagal masuk kedokteran dan harus masuk ke pilihan kedua di fakultas teknik, ibunya yang murka ditanggapi dengan terus menjahit sehingga dia sanggup menghasilkan sebuah selimut quilting berpola diamond yang kompleks selebar tempat tidur queen size.

Orin ini memang unik. Sebenarnya selain sisi sebagai crafter, kita bisa melihat Orin sebagai sisi engineer. Sebagai engineer sebagai tuntutan profesi, sedangkan sebagai crafter adalah passionnya. Selama ini keduanya berjalan seimbang. Orin memang seorang seniman dari ujung rambut hingga ke ujung kaki. Biarpun gayanya santai, dia tak pernah tampak biasa saja. Sepatu ketsnya tak pernah polos karena dilukis, ditambal aksen tertentu, atau ada bros yang nyasar di kakinya. Buku catatannya juga penuh warna. Kebiasaannya yang legendaris adalah membawa pencil case besar yang berisi stationary lengkap, plus satu kotak dari kaleng berisi sticker bergambar icon aneka mood yang dia tempel di sela-sela catatannya.

Menyukai craft dan bersekolah di bidang teknik sipil sebenarnya memberikan suatu keseimbangan keahlian bagi Orin. Orin seorang penggambar amatir yang berbakat. Orin cakap dalam menciptakan sketsa dan karikatur menggunakan pensil. Menuntut ilmu di jurusan teknik sipil memberikan Orin keahlian tambahan berupa menuangkan gambar secara perspektif. Orin mengasah ketrampilan alaminya dengan lebih rajin menggambar hingga akhirnya mampu menggambar dengan skala yang mendekati presisi tanpa bantuan penggaris, serta mampu memecah gambar dan menuangkannya dalam segala perspektif.

Selain itu, di teknik sipil Orin mendapatkan bonus tambahan berupa keasyikan bermain dengan angka. Data yang berderet-deret tak akan membuatnya keder. Orin seorang pegingat yang baik. Meski tidak detail, secara garis besar dia akan mengingat aneka urutan dan trend. Dia akan sangat mudah menemukan angka yang ganjil. Orin bisa menandai trend suatu data, sehingga bila data itu diubah secara illegal, feeling-nya akan segera memberi sinyal. Karena keahliannya ini, dia terdampar bekerja di suatu perusahaan yang berada di hutan belantara, jauh dari pemukiman apalagi sinyal. Ditambah lagi dia bekerja dikelilingi dengan para pekerja yang didominasi mahluk berjenis laki-laki. Sayangnya, meski dikelilingi para lelaki dalam pekerjaannya, dia masih jomblo di usia ke dua puluh tiga… x)) #PukPukOrin

Suka banget ama tokoh Orin ini dari halaman pertama. Selain unik, Orin ini juga bergaya hidup sehat. Dia akan sarapan sebelum berangkat kerja. Mungkin Orin adalah salah satu diantara sedikit kaum muda yang tidak malu untuk hidup sehat dan alami. Dan bisa dikatakan masih polos nan lugu, teman-temannya beranggapan begitu.

Membaca buku ini kita akan mendapat gambaran tentang dunia crafter maupun engineer, dua profesi yang dijalani Orin. Bagaimana menghadapi bos yang selalu menebarkan rayuan maut kepada semua pekerja perempuan, menghadapi hati yang sakit karena gebetan yang diharapkan selama ini justru menyukai teman sendiri, mengalihkan rasa lelah dengan melakukan sesuatu yang kita sukai, pokoknya semua komplit ada dalam buku ini!😉

Ada beberapa tokoh cowok dalam buku ini yang akan mengelilingi Orin; Puji yang tampangnya pas-pasan tapi malah bikin hati Orin teriris, Pak Berlyn yang sudah beranak satu tapi selalu menebarkan pesona, dan Sunu yang paket lengkap; mapan dan tampan. Manakah yang akan dipilih Orin?

Banyak kalimat favorit dalam buku ini:

  1. Rasa suka bisa menggiring pada cinta. Itu proses alami, kan? Kan nggak semua orang juga bisa langsung jatuh cinta. Orang kan beda. Nggak bisa maksa dong. (hlm. 142)
  2. Emang nggak semua orang cukup beruntung menemukan pasangan yang sesuai keinginannya. (hlm. 162)
  3. Jatuh cinta tetap pakai logika. Nggak buta. Kalau nggak bisa jatuh cinta secara spontan, logika yang harus berperan. Dengan logika kita bisa mengatur bagaimana cara mengondisikan diri menerima seseorang yang belum menyentuh hati kita. Kita juga harus menggunakan akal sehat dalam menilai seseorang, bukan dorongan emosi sesaat. (hlm. 163)
  4. Suatu ketika kita akan bertemu orang yang biasa saja. Yang bahkan tak akan pernah kita perhitungkan keberadaannya. Tidakmenonjol, tidak istimewa, serba biasa saja. Namun seiring berjalannya waktu kita akan menemukan satu demi keistimewaannya dan kita mesti perlahan akan terpesona, terpukau, hingga tanpa kita sadari diri kita telah penuh diisi oleh dia tanpa kita sanggup untuk berpaling. Semua berjalan normal dan alami. Juga indah. (hlm. 163)
  5. Bagi orang tertentu, jatuh cinta itu memerlukan kecerdasan untuk memadukan antara suasana hati dan keadaan. (hlm. 164)
  6. Bila kita ingin dipahami orang lain, kita harus belajar memahami orang lain. Kita tidak akan pernah mengubah orang menuruti apa mau kita kecuali orang itu mau mengubah diri sendiri. sejauh yang bisa kita lakukan adalah kompromi. (hlm. 164)
  7. Memang begitulah hidup. Keberanian melalui segala rasa kesakitan, merupakan terapi paling mujarab untuk mengasah ketangguhan mental. Sama seperti bagaimana kerikil pagi hari di telapak kaki, yaitu memberi kekebalan terhadap segala rasa sakit hati. (hlm. 174)
  8. Jangan khawatir. Buat kita yang manis-manis ini telah menunggu cowok-cowok cakep yang bakal memperlakukan kita seperti permaisuri. (hlm. 197)
  9. Kita berhak memperjuangkan apa yang telah menjadi milik kita. Pikirkanlah baik-baik. Kita masih punya kesempatan. Jangan hanya karena emosi membuatmu membuang semuanya. Dan jangan sampai kamu menyesali keputusan yang sudah kamu buat tanpa memikirkannya baik-baik. (hlm. 220)

Banyak kalimat sindiran halus dalam buku ini:

  1. Jika ada keinginan iseng untuk mengetahui bagaimana rasanya kalau cowok gebetan justru ‘jadan’ dengan cewek lain, mending dipikir baik-baik deh, keinginan itu. Pait banget, gilak! (hlm. 2)
  2. Kamu ini, paling susah menerima masukan yang bener. Dasar cewek keras kepala! (hlm. 11)
  3. Perhatiannya ke siapa, nembaknya ke siapa. Nggak jelas. (hlm. 12)
  4. Kalau memang nggak ada apa-apa, buang dong wajah cemberutmu itu. Ntar manisnya berkurang loh. (hlm. 17)
  5. Banyak kerjaan sama dengan banyak lembur. Banyak lembur, banyak duit. Gampang kan? (hlm. 19)
  6. Bahaya cewek jalan sendiri pakai motor malem-malem di lingkungan penuh cowok begini. (hlm. 27)
  7. Cowok ogah mendekat kalau kamu pasang muka jutek dan bete gitu. (hlm. 30)
  8. Tidak ada perempuan waras yang mau memercayai laki-laki yang memanggil ‘sayang’ kepada semua mahluk berjenis perempuan. (hlm. 31)
  9. Itulah kenapa mood jadi jelek. Karena kamu lapar. Lain kali harus diingat. Perut kenyang itu penting, biar nggak rewel. (hlm. 32)
  10. Itu karena salahmu sendiri. Bisa jadi ibadahmu kurang bagus. (hlm. 39)
  11. Berarti kamu dalam berdoa kurang spesifik dalam meminta. Pasti kamu hanya meminta diberi yang terbaik dan dihindarkan dari segala hal buruk iya kan? (hlm. 39)
  12. Casing boleh beda, tapi processor nggak jauh sama playboy cap kaleng! (hlm. 66)
  13. Orang cemberut nanya, orang diem nanya, sekarang orang senyum nanya juga. Emang nggak boleh? (hlm. 81)
  14. Jangan bilang dikelilingin mahluk-mahluk jantan telah membuat kretivitasmu pudar! (hlm. 89)
  15. Ya ampun ni anak. Sumbunya pendek bener. Udah nyolot aja, baru juga ditanya. (hlm. 128)
  16. Kalau memang hobi, buat apa sih, harus berubah hanya karena status? Hobi kan, bagian dari sesuatu yang membentuk karakter. (hlm. 140)
  17. Kalau orang gampang terpengaruh orang lain itu namanya labil. (hlm. 152)
  18. Nggak bagus lho memendam perasaan itu. Selain bikin tertekan, juga berbahaya untuk pita suara. (hlm. 160)
  19. Kenapa kamu keras kepala banget sih? (hlm. 188)
  20. Salah siapa kamu masih jomblo? Kamu jomblo karena kamu itu gampang-gampang susah. Tapi di satu sisi begonya nggak ketulungan jadi salah mulu pilih cowok. Dikadalin mulu sama cowok. Umur udah nambah, otak nggak pinter juga. (hlm. 202)

Keterangan Buku:

Judul                                     : Tough Love

Penulis                                 : Ollyjayzee

Editor                                    : Afrianty P. Pardede

Penerbit                              : Elex Media

Terbit                                    : 2015

Tebal                                     : 269 hlm.

ISBN                                      : 978-602-02-7722-6

blogtour tough love

MAU BUKU INI?!?

Simak syaratnya:

1. Peserta tinggal di Indonesia

2. Follow akun twitter @lucktygs dan @ollyjayzee. Jangan lupa share dengan hestek GA #NovelToughLove dan mention via twitter.

3. Follow blog ini, bisa via wordpress atau email.

4. Giveaway kali ini tidak menjawab pertanyaan, tapi buat photo quotes dari novel Tough Love ini. Setiap peserta membuat satu photo quotes atau boleh lebih dari satu, jadi jumlah photo quotes yang diikutkan tidak dibatasi ya. Kalimat yang diambil bisa dari kalimat favorit atau kalimat sindiran yang saya tulis di review ini ya.

5. Upload photos quotes via twitter dengan format: GA #NovelToughLove @lucktygs @ollyjayzee @elexmedia twitpic photo quotes

6. Di kolom komentar di bawah ini, tuliskan nama, akun twitter, dan kota tinggal, dan link twitpic yang sudah diupload dari twitter agar mudah dalam pendataan peserta.

5. Giveaway ini juga boleh di share via blog, facebook, dan sosmed lainnya. Jangan lupa sertakan hestek GA #NovelToughLoveyaaa… 😉

Event ini gak pake helikopter, eh Rafflecofter yang ribet itu. Jadi pemenang ditentukan dari segi jawabannya ( ‘⌣’)人(‘⌣’ )

GA #NovelToughLove ini berlangsung hanya lima hari: 18-22 Januari 2016. Pemenang akan diumumkan tanggal 25 Januari 2016 Akan ada satu pemenang yang beruntung mendapatkan satu buku ini yang akan dikirimkan langsung oleh penulisnya.

Silahkan tebar garam keberuntungan dan merapal jampi-jampi buntelan yaaa… ‎(ʃƪ´▽`) (´▽`ʃƪ)!

-@lucktygs-

banner tough love

Pengumuman Pemenang Giveaway Tough Love

Terima kasih buat semua peserta yang ikutan giveaway ini, ada 86 photo quotes yang masuk, dan aku arsipkan di album facebook. Bisa di cek LINK INI:

Pemenang giveaway kali ini adalah:

/ Estiy

tough love pemenang

Selamat buat pemenang. Sila kirim email ke  emangkenapa_pustakawin[at]yahoo[dot]com dengan judul: konfirmasi pemenang GIVEAWAY Tough Love. Kemudian di badan email cantumkan; nama, alamat lengkap, dan no hape biar hadiahnya segera dikirim langsung oleh penulisnya ya.

Terima kasih buat Mbak Olly atas kerjasama yang pertama kalinya, sekali lagi terima kasih banyak atas kepercayaannya. Semoga sukses selalu dengan karya-karyanya… 😉

Buat yang belum menang, jangan sedih. Masih banyaaaakkkk giveaway lainnya yang menanti!! :*

@lucktygs

Dapatkan buku ini di toko buku online Bukupedia

http://www.bukupedia.com/id/book/id-100291/tough-love.html

31 thoughts on “[Blogtour] REVIEW Tough Love + GIVEAWAY

  1. nama: Visca
    akun twitter: @Visca_Apr
    kota tinggal: Belinyu
    link pict:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s