REVIEW 99 Cara Berpikir ala Sherlock Holmes

sherlock holmes“Ternyata, tetap saja ada misteri besar dalam hidup ini yang tak bisa dijelaskan nalar manusia.” (Sherlock Holmes)

Masalah selalu datang silih berganti dalam hidup manusia. Tidak ada satu pun dari kita yang tak pernah mengalaminya. Sayangnya, tidak semua orang kalau masalah itu merupakan pembelajaran yang harus dihadapi agar menjadi pribadi yang lebih baik. Intinya, kita berkembang dan bertumbuh. Dalam tiap kehidupan manusia, masalah yang harus dihadapi selalu berbeda-beda.

Sherlock Holmes, dalam kisah Kasus Identitas, pernah berkata, “Hidup ini jauh lebih aneh dari pada apa pun yang dapat kita khayalkan. Dibandingkan dengan hal-hal sepele yang terjadi sehari-hari, hasil imajinasi sebetulnya tidak ada artinya. Artinya, setiap manusia yang hidup di muka bumi ini akan menghadapi berbagai masalah, kejadian, atau hal-hal yang kadang lebih aneh daripada yang pernah dibayangkan manusia. Untuk itu, manusia harus memiliki kemampuan berpikir yang cemerlang, cermat, dan mampu menganalisi masalah dari berbagai sudut pandang agar dapat menemukan solusi.

Apa yang harus kita lakukan demi memiliki kemampuan berpikir secemerlang Sherlock Holmes? Buku ini memuat 99 Cara Berpikir ala Sherlock Holmes. Ada beberapa poin yang menjadi bahasan favorit.

#21 Teori Mengupas Bawang

Menurut Sherlock Holmes, “Setiap orang menyimpan rahasia dalam diri mereka. Kita tidak akan menyadarinya kalau sekedar melihat penampilan luar mereka.”

Pada saat mengupas bawang merah, kita akan melihat bawang tersebut terdiri dari dari lapisan demi lapisan. Setiap kita mengupas satu lapisan akan terlihat lapisan berikutnya. Lalu kita mengupas satu lapisan lagi dan ada lagi lapisan lain yang melindungi inti bawang merah.

Sherlock Holmes menerapkan analogi mengupas bawang ini dalam setiap kasusnya. Ia akan menelaah satu per satu penyebab terjadinya suatu masalah. Ia memikirkan siapa saja yang terlibat. Kemudian, ia akan menyiapkan beberapa kemungkinan yang bisa dicobanya untuk menemukan jalan terbaik.

#29 Musik Pembuka Pikiran

Hampir dalam semua kisah petualangan Sherlock Holmes selalu disebutkan kalau ia memiliki kegemaran mendengarkan musik. Banyak di antara kita beranggapan kalau mendengarkan musik adalah kegiatan yang sia-sia. Padahal kenyataannya, mendengarkan musik memiliki manfaat yang sangat besar bagi peningkatan kemampuan berpikir, kecerdasan otak, dan meningkatkan kemampuan konsentrasi.

#32 Sediakan Camilan di Meja Kerja

Perlu diingat, camilan yang disediakan di meja sebaiknya adalah camilan sehat, seperti buah-buahan, kacang-kacangan, atau biskuit yang terbuat dari gandum. Hal ini sesuai dengan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics pada tahun 2012, yang menyatakan bahwa produk biji-bijian, termasuk kacang-kacangan, dan buah-buahan termasuk makanan yang baik untuk dijadikan camilan di sela-sela waktu kerja.

#38 Menulis Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Penelitian yang dimuat di jurnal Psychological Science menemukan fakta bahwa mencatat dengan pulpen dan kertas akan memperkuat daya ingat, meningkatkan kemampuan dengan memahami konsep, dan meningkatkan kualitas belajar. Kesimpulan dari penelitian ini, kita bisa menyimpan ide lebih lama. Artinya, ide yang kita dapatkan jika kita tuliskan dengan terperinci, kita tidak akan dengan mudah melupakan ide tersebut.

#57 Punya Sahabat Dekat yang Bisa Dipercaya

Dalam hidup ini, banyak orang yang mengecilkan arti persahabatan yang sebenarnya. Persahabatan yang terjadi saat ini banyak yang disusupi dengan perasaan ingin memanfaatkan, mengambil keuntungan bagi diri sendiri, dan setelahnya meninggalkan orang yang tadinya disebut sebagai sahabatnya. Memang tidak semua orang mengalami hal ini. Ada pula orang yang bisa menjalin persahabatan sejati.

Prinsipnya, menjadi sabahat itu gampang-gampang susah, begitu pula mendapatkan seorang sahabat sejati yang bisa kita percaya sepenuh hati. Kepercaayaan memang memegang peranan besar dalam hubungan persahabatan, sama pentingnya dengan komunikasi yang harus dijaga agar terjalin baik.

#67 Membaca Buku di Usia Muda, Otak Sehat Saat Tua

Membaca akan membuat wawasan dan pengetahuan kita menjadi luas dan kita terhindar dari risiko kebodohan. Kalau kita menyadari bahwa kita memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi, kita pasti tidak ingin otak cemerlang kita aus dimakan waktu gara-gara kita tidak membaca dan menambah pengetahuan baru.

Dengan membaca, kita akan menambah jumlah sambungan antar saraf di otak. Semakin banyak sambungan yang terjadi di otak kita maka kita akan semakin cerdas. Dari satu informasi, kita akan menghubungkannya dengan informasi lain hingga informasi yang kita pahami menjadi lengkap. Seperti inilah cara kerja cepat otak. Kalau kita tidak membaca, bagaimana bisa kita mendapatkan satu informasi?

Itu tadi beberapa poin favorit dari 99 Cara Berpikir ala Sherlock Holmes yang dijabarkan dalam buku ini. Penasaran dengan poin lainnya? Segera berburu bukunya yaaa…😉

Keterangan Buku:

Judul                                     : 99 Cara Berpikir ala Sherlock Holmes

Penulis                                 : Monica Anggen

Editor                                    : Mira R.

Penata isi                             : Dua Sisi Studio

Desain kover                      : Artkringan Studio

Penerbit                              : Grasindo

Terbit                                    : September 2015 (Cetakan Kedua)

Tebal                                     : 220 hlm.

ISBN                                      : 9786023751082

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s