[BLOGTOUR] REVIEW 10 Kunci Rezeki ala Sahabat Rasulullah + GIVEAWAY

10-kunci-rezeki-ala-sahabat-rasulullah

Memulai usaha merupakan sebuah cara untuk merencanakan kesuksesan secara finansial. Mengapa demikian? Kita tahu bahwa Rasulullah Saw telah memberi contoh berdagang sejak zaman dahulu.

Dalam melakukan usaha atau berdagang, hal yang sebaiknya harus dipersiapkan adalah mental. Mental kejujuran seperti yang dimiliki oleh Nabi Muhammad Saw sangatlah penting dan akan menjadi modal utama usaha yang kita miliki agar tetap berdiri.

Dalam menjalankan usaha, sebaiknya kita meneladani sifat Rasul, yakni bersifat jujur, yakni tulus/ lurus dalam memodifikasi produk. Khusus bahan-bahan makanan, kita harus memperhatikan dan kesehatan bagi tubuh, tidak menggunakan cara-cara licik atau curang demi memperoleh keuntungan yang besar.

Kita juga harus memiliki merk atau ciri khas usaha kita sendiri. Mengapa hal ini menjadi satu keharusan? Karena apabila produk kita melesat di pasaran dan sangat disukai konsumen, label atau merk khas ini secara otomatis akan memudahkan konsumen untuk mengenali produk kita.

Begitu pula jika akan membuka usaha lainnya, kita hendaknya menentukan satu jenis produk unggulan yang akan dijadikan fokus utama usaha. Produk kita adalah cermin usaha. Keunggulan dan kualitas produk adalah jembatan kesuksesan bagi usaha kita. Karena itu, pilihlah produk yang sesuai dengan keinginan (passion) dan kemampuan kita.

Passion bisnis sangatlah penting, karena bisnis yang sukses pun tidak lepas dari keahlian yang dimiliki oleh seseorang. Tidak banyak orang yang meraih kesuksesan meskipun bidang usahanya sama. Kembali lagi, hal utamanya adalah passion yang harus dimiliki oleh seseorang ketika ia akan melakukan sebuah bisnis atau usaha tertentu. Jadikan bisnis sebagai panggilan jiwa dan kebutuhan yang tidak bisa diganti bergitu saja. Akan sangat berbeda jika seseorang berbisnis dengan hati dan seseorang yang berbisnis dengan terpaksa.

Passion juga bisa diartikan sebagai keahlian seseorang untuk menggarap sesuatu yang sesuai dengan kemampuannya. Oleh karena itu, seseorang perlu memahami karakteristik individu sehingga ia bisa memberikan yang terbaik untuk usahanya.

Buku ini memuat tips-tips berbisnis ala sahabata Rasulullah, salah satunya adalah Abdurahman bin ‘Auf tentang berani memulai. Hal yang wajar jika seseorang merasa ragu dan takut untuk memulai sebuah usaha. Karena yang terbayang di pikirannya adalah, bagaimana kalau gagal? Namun, yang perlu diingat bahwa orang berani adalah orang yang berhasil melawan rasa takutnya. Dalam berbisnis, keberanian untuk memulai sangat diperlukan. Rasa takut bercampur khawatir adalah suatu yang wajar. Akan tetapi, bukan berarti ketakutan itu harus dipelihara. Malah seharusnya dipangkas, sehingga bisa menetapkan langkah untuk menapak. Ketakutan bagi seorang profesional adalah pintu waspada dalam berbisnis. Misalnya ketika kita takut rugi, kita menepis perasaan ini, kita hendaknya membuat perhitungan dan memperhatikan rambu-rambu peraturan. Kalau mau memulai, ada dua kemungkinan yang menanti. Mungkin berhasil atau mungkin gagal. Namun, jika tidak pernah memulai, cuma ada satu kepastian yang menghampiri: pasti gagal.

Ada juga tentang kesederhanaan Umar bin Khattab meski kaya raya. Semenjak menjadi khalifah, hidup beliau sangat sederhana. Beliau hendak memberikan teladan yang baik bagi kaum muslimin tentang konsep jabatan, harta dan zuhud seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah. Tidur siang beralaskan tikar dan batu bata di bawah pohon kurma, dan beliau hampir tidak pernah makan kenyang untuk menjaga perasaan rakyatnya.

Keterangan Buku:

Judul                                                     : 10 Kunci Rezeki ala Sahabat Rasulullah

Penulis                                                 : Fauziah Rachmawati

Penyunting                                         : Sri Noor Verawaty

Penyelaras akhir                               : Dewi Widyastuti & Saptono Raharjo

Penata letak                                       : Ketha

Desain cover                                      : Amygo Febri

Penerbit                                              : PT Bhuana Ilmu Populer – QIBLA

Terbit                                                    : 2015

Tebal                                                     : 271 hlm.

ISBN                                                      : 978-602-0885-43-8

blogtour 10 kunci

MAU BUKU INI PLUS TIKET NONTON KETIKA MAS GAGAH PERGI?!?

Simak syaratnya:

1. Peserta tinggal di Indonesia

2. Follow akun twitter @lucktygs , @duniazie dan @Penerbit_BIP. Jangan lupa share dengan hestek #GA10KunciRezeki dan mention via twitter.

3. Follow blog ini, bisa via wordpress atau email.

4. Jawab pertanyaan di kolom komentar di bawah, plus nama, akun twitter, dan kota tinggal. Pertanyaannya adalah berikan alasan kenapa kamu ingin membaca buku ini. Mudah kan? 😉

5. Giveaway ini juga boleh di share via blog, facebook, dan sosmed lainnya. Jangan lupa sertakan hestek #GA10KunciRezeki yaaa… 😉

Event ini gak pake helikopter, eh Rafflecofter yang ribet itu. Jadi pemenang ditentukan dari segi jawabannya yaaa… ( ‘⌣’)人(‘⌣’ )

#GA10KunciRezeki ini berlangsung seminggu saja: 21-27 Januari 2016. Pemenang akan diumumkan tanggal 28 Januari 2016.

Akan ada SATU PEMENANG yang akan mendapatkan buku ini plus tiket nonton film Ketika Mas Gagah Pergi. Hadiah akan langsung dikirimkan oleh penulisnya! ;)

Silahkan tebar garam keberuntungan dan merapal jampi-jampi buntelan yaaa… ‎(ʃƪ´▽`) (´▽`ʃƪ)!

Pengumuman Pemenang Giveaway 10 Kunci Rezeki ala Sahabat Rasulullah

Pemenang giveaway kali ini adalah:

Nama : Ahmad Rosyid Mustaghfirin
Twitter : @ahmadrosyidmus
Domisili : Yogyakarta
Link Share :https://twitter.com/ahmadrosyidmus/status/692270505978662912

Saya ingin membaca buku ini karena ingin mengetahui bagaimana sebenarnya kaidah-kaidah berbisnis dalam Islam. Semua orang pasti menginginkan bisnis yang sedang digeluti bisa menuai keberhasilan. Buku ini pasti bisa sedikit-banyak memberikan ilmu baru dalam menjalankan bisnis kita.
Kita tahu bahwa pekerjaan yang disebutkan dalam Al-Qur’an pertama kali adalah “al-bai’ (jual-beli)”, sekarang bisa disebut bisnis. Dalam al-Qur’an pula dijelaskan bagaimana tata cara berniaga yang baik. Kemudian dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Rasulullah adalah salah satu contoh niagawan yang patut dicontoh oleh semua orang. Belaiau sebelum menjadi nabi pun selalu laris-manis dagangannya. Kejujuran dan sifat amanah yang ada pada Rasulullah menjadikannya banyak disenangi pembeli.
Para sahabar Rasulullah juga banyak yang memiliki bakat dalam berbisnis, bahkan sebelum sahabat-sahabat itu memeluk Islam. Seperti halnya Abdurrahman bin Auf yang terkenal menjadi pebisnis yang selalu sukses dalam bisnisnya, sebelum dan sesudah memeluk Islam. Yang menarik ketika para sahabat mulai memeluk Islam adalah mereka menjalankan bisnis tidak semata memenuhi kebutuhan kemanusiaannya, melainkan kebutuhan ruahniahnya pula (berhubungan dengan Tuhan). Maka mereka melakukan bisnis dengan berlandaskan syari’at agar mendapatkan keberkahan.
Saya ingin membaca buku ini karena menurut saya buku ini bisa dikatakan menjadi “bayan” atau penjelas dari kaidah-kaidah bisnis yang ada dalam al-Qur’an dan Sunnah Rasul. Jadi bisa membantu kita dalam mendalami bagaimana cara mencari rizki yang diajarkan dalam al-Qur’an dan Rasulullah, melalui para sahabat. Jujur, saya memiliki niatan ingin menjalani sebuah bisnis yang dari bisnis itu bisa memberi manfaat bagi orang-orang di sekitar saya. Dan buku ini bisa dijadikan pedoman, menjadi pondasi dasar untuk niatan saya itu. Tidak hanya bisa mendatangkan rizki untuk saya sendiri, tapi juga rizki untuk orang lain.

 

Selamat buat pemenang. Sila kirim email ke emangkenapa_pustakawin[at]yahoo[dot]com dengan judul:konfirmasi pemenang 10 Kunci Rezeki ala Sahabat Rasulullah. Kemudian di badan email cantumkan; nama, alamat lengkap, dan no hape biar hadiahnya segera dikirim langsung oleh penulisnya ya.

Terima kasih buat Mbak Fauziah Rachmawati atas kerjasamanya, sekali lagi terima kasih banyak atas kepercayaannya. Semoga lain waktu bisa bekerjasama kembali… 😉

Oya, BLOGTOUR 10 Kunci Rezeki ala Sahabat Rasulullah masih berlanjut di blog penulisnya. Cek banner yaa… 😀

@lucktygs

-@lucktygs-

19 thoughts on “[BLOGTOUR] REVIEW 10 Kunci Rezeki ala Sahabat Rasulullah + GIVEAWAY

  1. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    kota tinggal: Serang

    Kenapa kamu ingin membaca buku ini?

    Aku ingin sekali buka usaha tetapi selalu merasa ragu untuk memulai, dan juga belum tahu ilmunya. Buku 10 Kunci Rezeki ala Sahabat Rasulullah ini pastinya akan banyak memberi ilmu yang bermanfaat, apalagi berdasarkan tuntunan Rasulullah. Karena itu buku ini harus dibaca!

  2. nama: Ulfa Nursyifa
    twitter: @ulfaminha
    kota tinggal: Purwakarta, Jawa Barat

    alasan aku ingin memiliki buku ini, karena aku pengikut Rasulullah, jadi aku ingin mengikuti jejaknya dalam berdagang. Aku baru memulai bisnis online, namun masih minim pengalaman. Ditambah aku tidak sekolah/belajar tentang bisnis. Jadi, buku ini bisa menjadi panduan untukku berbisnis.

  3. nama : Sayekti Ardiyani
    Magelang
    @sayektiardiyani

    Pengen punya buku ini karena isinya bagus. Dalam segala sisi sebagai muslim kita bisa meneladani teladan terbaik, yaitu Rasulullah. sebisa mungkin tentu sebagai muslim saya ingin hidup sesuai tuntunan Rasul, lebih-lebih dalam mencari rejeki. Rejeki yang kita makan akan berpengaruh bagi hidup keluarga, bagi akhlak keluarga.Dengan membaca buku ini harapannya bisa mendapatkan pencerahan,inspirasi dan terus memperbaiki diri dalam mencari jalan rejeki yang berkah.

  4. nama Tika wulandari
    twitter @wulanchayaank
    alamat Madiun, Jawa timur
    karena melalui buku ini saya ingin meneladani
    cara berbisnis para Sahabat . apalagi saya sekarang sedang berusaha mengembangkan kios toko kelontong d rumah.

  5. nama : Mukhammad Maimun Ridlo
    akun twitter : @MukhammadMaimun
    kota tinggal : Sleman

    berikan alasan kenapa kamu ingin membaca buku ini

    1. Judulnya sangat menarik minat untuk membaca
    2. Ingin lebih punya keberkahan dalam mencari rezeki
    3. Ingin meneladani panutan umat Islam. Nabi besar Muhammad SAW
    4. Memelihara ‘nafsu’ mencari dunia secara islami yang halal dan berkah

  6. EMMA
    @EmmaNoer22
    Inhu

    Dari judulnya sudah buat baper kak,
    “10 Kunci Rezeki ala Sahabat
    Rasulullah”
    bagian review yang tentang khalifah Umar bin Khattab bikin berkaca-kaca ‘dan beliau hampir tidak pernah makan kenyang untuk menjaga perasaan rakyatnya.’

    #KunciRezeki inilah yang aku ingin pahami,

  7. Nama : Djaryati Yusuf
    Twitter : @Portuguesamava
    Domisili : Jakarta

    Alasan ingin membaca buku ini
    Saya c selalu ingat dna percaya bahwa.
    Ketika 1 pintu Rezeki mu tertutup , maka ada pintu lain yang terbuka .
    Naah yang perlu kita lakukan adalah (ikhtiar) Mencari kunci yang tepat untuk lubang pintu rezeki itu, dan terbukanya rezeki dengan rahmat Allah .
    Kunci ini lah yang ingin saya pelajari , dengan membaca Buku 10 Kunci Rezeki ala Rasulullah ; Insya Allah tidak salah, Insya Allah amanah . Insya Allah Berkah .

  8. Nama : Faiz Istighfara
    Twitter : @lisyaann
    Domisili : Sidoarjo, Jatim

    Sebenernya, aku ingin memberikan buku ini kepada mamaku. Sebentar lagi beliau ulang tahun. Aku ingin menghadiahkan buku ini kepada beliau😄. Kebetulan juga beliau pernah cerita kepada saya kalau beliau ingin buka bisnis, cuman masih bingung dan maju mundur, alias ragu. Dengan buku ini, semoga saja beliau mendapat ilmu dari cara berbisnis para sahabat nabi.

  9. Nama : Ratnani Latifah
    Twitter : @ratnaShinju2chi
    Kota Tinggal : Jepara

    Kenapa saya ingin membaca ini? Karena saya selalu tertarik dengan segala hal yang berhubungan dengan Rasulllah dan para sahabat. Dan saya yakin setiap buku yang memaparkan tentang Rasul dan sahabat beliau, pasti akan saya temukan banyak manfaat. Apalagi ini tentang masalah berbisnis. Bagaimana memulai dan mengelolanya hingga nanti berbuah rezeki yang halal dan barakah. Siapa sih yang tidak mau mengikuti jejak Rasul dan sahabatnya? Dan kebetulan di rumah kakak saya memiliki bisnis sederhana dalam masalah jasa penjualan pembuatan baju. Dan jika berkesempatan mendapat buku ini dan membacanya bisa membantu kakak saya dalam menjalankan bisnis yang lebih baik dengan meneladani bagaimana cara berbisnis para sahabat.

  10. Nama :
    Domisili :
    Twitter :

    Alasannya karena saya suka judulnya, Kunci Rezeki Ala Sahabat Rasulullah,dari situ saja sudah menggambarkan bahwa buku ini mengambil kisah-kisah dari sahabat Rasulullah yang patut untuk kita teladani. Saya juga ingin tau bagaimana kunci sukses para sahabat Rasulullah SAW dalam berdagang atau berbisnis,karena saya memiliki cita-cita suatu saat ingin berwira usaha dan membuka usaha sendiri agar tidak bergantung lagi pada orang lain dan membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. Dari buku ini saya ingin mengetahui kiat-kiat sukses mereka dan insyaallah ingin menerapkannya dalam kehidupan agar mendapatkan rezeki yang halal sekaligus berkah.

    • Kak, numpang komen yo. Aku tak bisa post komen.

      Nama: Nata Carol
      Twitter: Natacarol13
      Karena saya penasaran tentang isi buku 10 Kunci Rezeki ala Sahabat Rasulullah itu. Karena sebagian besar yang diperhatikan publik adalah Rasulullah dan cara beliau berdagang. Mengangkat tema yang berbeda membuat saya termotivasi memperbaiki usaha saya dengan sudut pandang yang baru.

  11. Nama: Nurhidayanti
    Twitter : @CallMe_Yanti
    Domisili : Martapura

    Alasannya karena saya suka judulnya, Kunci Rezeki Ala Sahabat Rasulullah,dari situ saja sudah menggambarkan bahwa buku ini mengambil kisah-kisah dari sahabat Rasulullah yang patut untuk kita teladani. Saya juga ingin tau bagaimana kunci sukses para sahabat Rasulullah SAW dalam berdagang atau berbisnis,karena saya memiliki cita-cita suatu saat ingin berwira usaha dan membuka usaha sendiri agar tidak bergantung lagi pada orang lain dan membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. Dari buku ini saya ingin mengetahui kiat-kiat sukses mereka dan insyaallah ingin menerapkannya dalam kehidupan agar mendapatkan rezeki yang halal sekaligus berkah.

  12. Nama : Junita Eka Lestari
    Twitter : @junitaaels
    Domisili : Jakarta

    Aku ingin membaca buku ini karena aku tertarik dengan dunia bisnis, terutama bisnis Islam. Aku juga ingin tahu seperti apa usaha yang dijalani oleh para sahabat. Aku ingin belajar bagaimana membuka pintu-pintu rezeki yang kupunya kepada para sahabat. Dan, aku rasa akan ada banyak ilmu yang bisa ku dapat dari buku ini. Aku suka buku yang dapat menambah pengetahuan.

  13. Nama: muna sungkar
    Twitter: @momtravelerblog
    Domisili: semarang

    Kenapa saya ingi membaca buku ini? Jujur.karena sekarang lagi mulai tertarik sama dunia bisnis. Sya ingin baca buku ini bedua sama suami yg lagi merintis usaha baru. Sudah 1 tahn ini kami memutuskan hijrah ke semarang meninggalkan pekerjaan yg sudah mapan disurabaya karena ingin mandiri n.meneladani Rasulullah. Menurut beliau cara terbaik meraih rizki adalah dgn berdagang karena itulah kami yakin akan keputusan kami meninggalkan pekerjaan yg sebelumnya krn lebih banyak mudzaratnya demi menjemput rizki Allah. Haqul yakin Allah sudah menyiapkan rizki utk smua hambaNya tinggal kita yg giat meraihnya. Semoga dengan membaca buku ini kami jd lebih semangat menjalankan bisnis baru kami n tentunya dapat ilmu baru utk mengembangkan bisnis supaya kwdwpan semakin baik sekaligus bisa jd ladang amal juga. Insyaallah
    Man jadda wa jadda .. siapa yg bersungguh2 paati berhasil

  14. Nama : Veny
    Twitter : @yutakaNoYuki
    Domisili : Balikpapan

    Saya ingin membaca buku ini karena penasaran dengan cara sahabat Rasulullah menjemput rezeki mereka. Penasaran juga sama tips menjemput rezeki yang bener-bener sesuai dengan syariat Islam yang sudah dipraktekkan para sahabat Rasulullah. Yang pastinya tips2 tersebut bisa diaplikasikan di zaman sekarang ini, dimana terkadang sudah gak peduli lagi sumber rezeki itu dari mana dan bagaimana mendapatkannya, yang penting asal bisa memenuhi kebutuhan hidup aja ….

  15. Nama: Nata Carol
    Twitter: Natacarol13
    Karena saya penasaran tentang isi buku 10 Kunci Rezeki ala Sahabat Rasulullah itu. Karena sebagian besar yang diperhatikan publik adalah Rasulullah dan cara beliau berdagang. Mengangkat tema yang berbeda membuat saya termotivasi memperbaiki usaha saya dengan sudut pandang yang baru.

  16. Nama: Afif Rohman
    Twitter: @_Afif_Rohman
    Domisili: Lamongan, Jatim

    Kenapa saya ingin membaca buku ini???

    Karna dalam mencari rezeki, saya sering kali hanya mengandalkan peta buta, atau cuma sekedar coba-coba. Saya butuh lebih jelas alamat lengkapnya, dimana rezeki itu harus saya jemput, atau dengan cara apa saya bisa menjemputnya. Dan melalui Buku “10 KUNCI REZEKI ALA SAHABAT RASULULLAH” inilah saya berharap bisa menemukan jawaban pertanyaan-pertanyaan itu.

  17. Nama : Ahmad Rosyid Mustaghfirin
    Twitter : @ahmadrosyidmus
    Domisili : Yogyakarta
    Link Share : https://twitter.com/ahmadrosyidmus/status/692270505978662912

    Saya ingin membaca buku ini karena ingin mengetahui bagaimana sebenarnya kaidah-kaidah berbisnis dalam Islam. Semua orang pasti menginginkan bisnis yang sedang digeluti bisa menuai keberhasilan. Buku ini pasti bisa sedikit-banyak memberikan ilmu baru dalam menjalankan bisnis kita.
    Kita tahu bahwa pekerjaan yang disebutkan dalam Al-Qur’an pertama kali adalah “al-bai’ (jual-beli)”, sekarang bisa disebut bisnis. Dalam al-Qur’an pula dijelaskan bagaimana tata cara berniaga yang baik. Kemudian dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Rasulullah adalah salah satu contoh niagawan yang patut dicontoh oleh semua orang. Belaiau sebelum menjadi nabi pun selalu laris-manis dagangannya. Kejujuran dan sifat amanah yang ada pada Rasulullah menjadikannya banyak disenangi pembeli.
    Para sahabar Rasulullah juga banyak yang memiliki bakat dalam berbisnis, bahkan sebelum sahabat-sahabat itu memeluk Islam. Seperti halnya Abdurrahman bin Auf yang terkenal menjadi pebisnis yang selalu sukses dalam bisnisnya, sebelum dan sesudah memeluk Islam. Yang menarik ketika para sahabat mulai memeluk Islam adalah mereka menjalankan bisnis tidak semata memenuhi kebutuhan kemanusiaannya, melainkan kebutuhan ruahniahnya pula (berhubungan dengan Tuhan). Maka mereka melakukan bisnis dengan berlandaskan syari’at agar mendapatkan keberkahan.
    Saya ingin membaca buku ini karena menurut saya buku ini bisa dikatakan menjadi “bayan” atau penjelas dari kaidah-kaidah bisnis yang ada dalam al-Qur’an dan Sunnah Rasul. Jadi bisa membantu kita dalam mendalami bagaimana cara mencari rizki yang diajarkan dalam al-Qur’an dan Rasulullah, melalui para sahabat. Jujur, saya memiliki niatan ingin menjalani sebuah bisnis yang dari bisnis itu bisa memberi manfaat bagi orang-orang di sekitar saya. Dan buku ini bisa dijadikan pedoman, menjadi pondasi dasar untuk niatan saya itu. Tidak hanya bisa mendatangkan rizki untuk saya sendiri, tapi juga rizki untuk orang lain.

Leave a Reply

