REVIEW 195 Pesan Cinta Rasulullah untuk Wanita

PicsArt_02_11_2015 19_07_19Islam adalah agama fitrah. Segala yang diatur dalam Al-Quran dan Sunnah tentunya tidak bertentangan dengan nilai-nilai kefitrahan manusia. Segala aturan Islam yang berkaitan dengan pemuliaan wanita bukan untuk mengekang kebebasannya, melainkan untuk melindunginya dari fitnah serta usaha preventif untuk menutup pintu-pintu keburukan.

Pahamilah sabda Rasulullah Saw., “Dunia itu perhiasan, dan perhiasan terbaik adalah wanita yang salehah.”

Hadis tersebut menunjukkan bahwa kesalehan wanita adalah sesuatu yang paling berharga di dunia. Denga kata lain, dunia ini bisa tenteram, aman, dan sejahtera, karena kesalehan wanitanya. Sebaliknya, dunia bisa hancur karena keburukan ahlak wanitanya.

Buku ini memuat 195 pesan cinta Rasulullah untuk Wanita, beberapa diantaranya adalah;

  1. Nazar merupakan bentuk lain dari janji. Jika yang diharapkan itu tercapai, nazarnya wajib ditepati sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada Allah. Namun demikian, nazar merupakan perbuatan yang tidak dianjurkan dilakukan. Karena, nazar tidak bergantung pada kehendak mahluk, tapi kehendak Allah. Jadi, ketika Muslimah memiliki keinginan, sebaiknya tidak perlu bernazar, tetapi berusahalah dengan sungguh-sungguh, berdoa, mendekatkan diri, dan bertawakal, agar Allah memberikan jalan kemudahan sehingga apa yang diimpikan menjadi kenyataan.
  2. Seorang Muslimah yang baik pada umumnya ingin memiliki suami yang saleh. Jika seorang suami dapat memimpin keluarganya dengan melandaskan kehidupan keluarganya pada nilai-nilai yang diajarkan Allah dan Rasul-nya, Insya Allah rumah tangganya akan sakinah, mawaddah, dan penuh rahmat. Seorang Muslimah hendaknya tidak melulu memperturutkan nafsunya untuk memilih lelaki yang hanya memiliki kelebihan secara materi, fisik, status dan mengabaikan sisi agama si calon. Seorang suami adalah pemimpin, jika dia amanah dalam kepemimpinannya dengan berlandaskan pada ketaatan Allah dan Rasul-Nya, kebahagiaan dunia dan akhirat akan mudah diraih.
  3. Menurut Al-Hafizh Ibnu Hajar, shalat istikharah mencakup urusan-urusan besar maupun kecil. Termasuk dalam hal ini adalah untuk urusan jodoh. Shalat istikharah gunanya untuk memohon petunjuk atas pilihan yang terbaik menurut Allah, bukan menurut kehendak diri sendiri. #JLEBB
  4. Saat ini bukanlah zaman Siti Nurbaya. Maksudnya, wanita berhak untuk bertindak atas dirinya sendiri, tanpa ada unsur paksaan dan tekanan dari pihak lain dalam merajut rumah tangga. Dalam proses ‘diminta’ atau ‘dilamar’, pihak wanita diberi kebebasan untuk menentukan pilihannya. Bila dia gadis, diamnya –dalam kondisi tertentu- dianggap sebagai penerimaan. Bila janda, dia berhak menentukan sendiri keputusannya. Tidak dibenarkan dalam proses pernikahan ada unsur paksaan dari pihak laki-laki kepada perempuan atau sebaliknya.
  5. Dalam urusan duniawi, seorang istri sebaiknya tidak melihat ‘ke atas’ karena hati akan mudah mengeluh dan selalu meronta mengapa hidupnya selalu kekurangan. Istri juga tidak dilarang membantu menambah penghasilan suami dengan mencari pekerjaan yang tepat, atas izin suami dan tidak mengabaikan tugas utamanya dalam keluarga.
  6. Sahabat Rasulullah Saw. Adalah orang-orang yang memiliki komitmen tinggi dalam mendirikan shalat tepat waktu. Sesibuk apa pun, ketika azan berkumandang mereka segera meninggalkan urusannya dan bersiap menghadap Sang Khalik. Menunda waktu salat fardu secara tidak langsung memberikan kelonggaran pada diri sendiri untuk mempersibuk urusan (duniawai) yang seharusnya lebih wajib untuk ditinggalkan. Jika rasa malas menjalankan perintah shalat semakin menjadi, bukan tidak mungkin Muslimah dengan mudah melewatkannya (meninggalkan).
  7. Allah sengaja membuat hidup manusia tidak monoton, tetapi berpasangan, ada kala menyenangkan dan ada kala menyedihkan. Dari ujian tersebut akan diketahui keimanan hamba-Nya. Dalam kaitan ini, seorang Muslimah hendaknya meyakini bahwa Allah-lah yang menguji dan Dia pula yang menggenggam segalanya. Jika ujian hidup disikapi dengan ketabahan dan ketawakalan, ampunan dan rahmat Allah akan menanti.
  8. Tidak ada obat yang paling bermanfaat bagi hati yang kelam selain berziarah kubur. Dengan berziarah kubur, lalu mengingat kematian, akan menghalangi seseorang dari maksiat, melembutkan hatinya yang kelam, mengusir kesenangan terhadap dunia, membuat musiba yang kita alami terasa ringan. Ziarah kubur itu sangat dahsyat pengaruhnya untuk mencegah hitamnya hati dan mengubur sebab-sebab datangnya dosa. Tidak ada amalan yang sedahsyat ini pengaruhnya.
  9. Menjadi orang kaya adalah mimpi setiap orang. Nyaris di dunia ini tidak ada orang yang ingin hidupnya kekurangan apalagi sengsara. Oleh karena itu, mereka berlomba menjadi rezeki di muka bumi sebanyak-banyaknya. Ketika harapan itu terkabul, ada kewajiban yang perlu ditunaikan, yaitu bersedekah. Bagaimana sedekah yang terbaik? Yaitu, saat seseorang Muslimah dalam kondisi lapang atau kaya. Karena biasanya, rasa pelit itu muncul pada saat sehat, sehingga sedekah pada saat itu lebih jujur dan lebih besar pahalanya. Berbeda jika seseorang sudah putus asa dari kehidupan dan mulai dapat melihat bahwa hartanya sebentar lagi akan menjadi milik orang lain.

Keterangan Buku:

Judul                                                     : 195 Pesan Cinta Rasulullah untuk Wanita

Penulis                                                 : Abdillah F. Hasan

Penyunting                                         : Fajar Kurnianto

Penyelaras aksara                            : Neni Suryani

Penata aksara                                    : Nurhasanah

Perancang sampul                           : Fahmi Ilmansyah

Penerbit                                              : Noura Books

Terbit                                                    : September 2015

Tebal                                                     : 437 hlm.

ISBN                                                      : 978-602-385-016-7

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s