REVIEW #GIRLBOSS

WP_20160117_003[1]

Kenali mimpimu, kerahkan seluruh kemampuan yang kamu punya untuk mencapainya. (hlm. 195)

Seorang #GIRLBOSS adalah seseorang yang mengendalikan kehidupannya sendiri. dia mendapatkan apa yang dia inginkan karena mengusahakannya. Sebagai seorang #GIRLBOSS, kita memegang kendali dan tanggung jawab. Kita adalah seorang petinju –kita tahu kapan harus melancarkan pukulan dan kapan harus menerima pukulan. Terkadang kita melanggar peraturan, terkadang kita mematuhi peraturan, tetapi semua hal itu berdasarkan keputusan kita sendiri. kita tahu arah tujuan kita, tetapi kita tak bisa melakukannya tanpa bersenang-senang. Kita menghargai kejujuran lebih dari kesempurnaan. Kita mengajukan pertanyaan. Kita menjalani hidup dengan serius, tetapi kita tidak tidak menanggapi diri kita terlalu serius. Kita akan mengambil alih dunia, dan dalam prosesnya, kita akan mengubahnya. Kita wanita hebat.

Wanita adalah seorang anarkis dan revolusioner alami. -Kim Gordon-

Sophia Amoruso adalah pendiri, direktur utama, dan direktur kreatif Nasty Gal. Dia membangun bisnis ini sendiri hanya dalam waktu singkat tujuh tahun dan semua itu dilakukannya sebelum berusia 30 tahun. Dia tidak berasal dari keluarga kaya atau bersekolah di sekolah elit dan tidak ada orang dewasa yang menasehatinya apa yang harus dilakukannya.

Jangan pernah tumbuh dewasa. Jangan menjadi orang yang membosankan. Jangan biarkan pria mengendalikanmu. (hlm. 7)

Sophia menceritakan kisahnya untuk mengingatkan bahwa jalan yang lurus dan sempit bukan satu-satunya jalan menuju sukses. Seperti yang kita baca dalam buku ini, dia tidak banyak mendapat prestasi saat dia tumbuh dewasa. Sophia putus sekolah, tak punya tempat tinggal tetap, pencuri, siswa yang payah, dan pegawai yang malas. Dia selalu berada dalam masalah ketika kecil.

Karena semua yang kamu kagumi dapat menghambatmu. Energi yang kamu habiskan pada kehidupan seseorang lebih baik kamu gunakan untuk dirimu sendiri. jadilah idola untuk dirimu sendiri. (hlm. 13)

Baca buku ini sangat terlihat sekali jika Sophia Amoruso adalah seseorang yang sangat menikmati pekerjaannya karena passion yang dipilihnya. Dimulai dari memiliki banyak teman di MySpace yang waktu itu lagi booming banget di masanya, dan menjadi modal utamanya dalam berbisnis online. Menjual baju dan sejenisnya yang rata-rata memang favoritnya bukan hanya sekedar jualan semata. Rela mengubek dari toko satu ke toko lain, dan menyulap baju yang tampak rongsokan menjadi bajua yang mewah dan dilelang dengan harga tinggi. Sukanya lagi, dia menjalani semuanya mulai dari nol dan tanpa bergantung kepada siapa pun. Dia pun tidak berhutang untuk mengembangkan usaha yang dirintisnya ini. Poin plus dari seorang Sophia Amoruso ini adalah lakukan apa yang harus kita lakukan dan memang kita sukai tanpa peduli dan memikirkan apa kata orang lain. Karena orang yang unik biasanya akan lebih sukses daripada orang yang mainstream! #noted #TossAmaSophiaAmoruso

Banyak kalimat favorit dalam buku ini:

  1. Hidup itu singkat. Jangan bermalas-malasan. (hlm. 9)
  2. Jika kamu minta seseorang untuk menanggapi kamu dengan serius, kamu harus tunjukkan pada mereka dan buat dirimu bangga. (hlm. 17)
  3. Belajarlah untuk memisahkan uang dengan perasaan. (hlm. 120)
  4. Kamu harus mengusir seseorang keluar dari pikiranmu seperti kamu memaksa seseorang keluar dari rumahmu. (hlm. 138)
  5. Hanya karena kamu seorang introvert, tak berarti hidupmu akan terpuruk dalam bayang-bayang. (hlm. 146)
  6. Kamu akan menyimpan banyak waktu jika kamu tidak terlalu banyak mengkhawatirkan pendapat orang lain tentang dirimu. (hlm. 153)
  7. Raih apa yang kamu inginkan bahkan saat kamu tidak menginginkannya lagi. (hlm. 155)
  8. Saat kamu tidak berpenamilan seperti orang lain, kamu tidak harus berpikir seperti orang lain. (hlm. 238)

Pesan moral dari hidup Sophia Amurso adalah tinggalkan semua hal dan kebiasaan-kebiasaan dalam hidup yang mungkin menghambat kita. Belajarlah untuk membuat kesempatan bagi diri sendiri. ketahuilah bahwa tidak ada garis akhir. Nasib baik berpihak pada tindakan yang tepat. Kejarlah habis-habisan hidup luar biasa yang kita impikan, dan bersiaplah untuk merasakan kesenangan luar biasa sepanjang hidup kita.

Keterangan Buku:

Judul                                                     : #GirlBoss

Penulis                                                 : Sophia Amoruso

Penerjemah                                       : Rahayu Wilujeng Kinasih

Penyunting                                         : Kiki Sulistiyani

Penyelaras aksara                            : Lian Kagura, Novia Fajriani

Penata aksara                                    : kaezamanasip

Perancang sampul                           : Iggrarix

Penerbit                                              : Noura Books

Terbit                                                    : November 2015

Tebal                                                     : 278 hlm.

ISBN                                                      : 978-602-0989-89-1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s