REVIEW SeoulMate is You

seoulmate is you

“Manusia itu beruntung. Kehidupan itu anugerah yang terbaik yang pernah ada. Hidup cuma sekali. Manfaatkan sebaik-baiknya.” (hlm. 137)

Ini merupakan sekuel dari novel SeoulMate. Jika di buku pertama kita bisa melihat deskripsi SeoulMate secara jelas, di buku kedua ini ada tandingannya; Memory Maker.

Apa itu Memory Maker? Organisasi ini adalah pembuat kenangan. Yang pasti, bahan dasar untuk membuat kenangan adalah energi yang dikumpulkan dari memori para hantu. Begitu memori hantu diambil, mereka akan melupakan urusan tertinggal mereka dan langsung menuju cahaya.

Terkadang ada hantu gentayangan. Pada hantu ini adalah hantu yang memiliki urusan tertinggal di dunia. Hantu gentayangan ini seakan ‘dipaksa’ menyelesaikan urusannya. Dan Memory Maker menemukan cara untuk membantu pada hantu ini langsung menuju cahaya. Tempat selanjutnya. Mereka dengan sukarela memberikan memorinya pada Memory Maker ini. Langkah yang bijak bagi para hantu karena manusia tidak akan merasa terganggu oleh hantu gentayangan lagi. Dengan begini, Memory Maker merasa membantu para hantu juga manusia.

Tidak hanya itu. Para hantu yang akhirnya menuju cahaya, mereka meninggalkan kenangan mereka pada organisasi ini untuk disimpan. Memory Maker ini berhasil menemukan alat untuk membuat kenangan ini dengan sebaik-baiknya pada manusia. Untuk menajamkan kenangan yang sudah lama hilang, maupun untuk memasukkan kenangan hantu ini pada manusia. Memory Maker ini membuat kenangan dari para hantu ini untuk manusia. Bisa bayangkan kegunaan kenangan ini untuk para penderita dementia ataupun alzheimer. Ataupun untuk sekedar mengingat kembali sebuah kenangan manis.

Sepertinya tampak mulia sekali ya organisasi ini. Apakah seperti itu kenyataannya? Baca langsung dibukunya biar nggak spoiler!😀

Beberapa kalimat favorit dalam buku ini:

  1. Tidak ada yang lebih mengerikan daripada kematian, bukan? (hlm. 28)
  2. Jangan mengkhawatirkan hal yang belum pasti. (hlm. 51)
  3. Menolak melakukan kehendak Yang Di Atas tidak akan berakhir baik, kan? (hlm. 135)
  4. Manusia punya kebebasan dan kemampuan untuk memilih. (hlm. 159)
  5. Kemarahan yang berlarut-larut tidak baik. (hlm. 217)

Di halaman 75 kita bisa melihat problem para hantu. Yang sudah meninggal biasanya menyesal karena masih banyak yang belum dilakukan. Sampai masuk ke dunia lain pun manusia tidak pernah puas. Terkadang, hantu masih belum sadar sepenuhnya kalau ia sudah meninggalkan tubuhnya dan butuh orang lain untuk memberitahu mereka dengan gamblang.

Buku kedua ini lebih tebal dibandingkan dengan buku yang pertama. Juga lebih kocak. Entah kenapa, tokoh favorit justru si Arang, hantu berumur 100 tahun lebih ini tingkahnya masih seperti seorang remaja. Meski umurnya sudah banyak, Arang bisa dikatakan seperti hantu ababil ataupun cabe-cabean. Hantu gadis ini yang biasanya mengenakan hanbok –baju tradisional Korea- ini terkadang suka demen percobaan mengenakan baju ala-ala remaja Korea jaman sekarang. Hantu pun bisa menjadi ababil x)

Keterangan Buku:

Judul                                     : SeoulMate is You

Penulis                                 : Lia Indra Andriana

Penyunting                         : Tia Widiana

Desain cover & komik    : Angelina Setiani

Ilustrasi isi                           : Bambang ‘Bambi’ Gunawam Santoso

Penerbit                              : Penerbit Haru

Terbit                                    : Mei 2012 (Cetakan Pertama)

Tebal                                     : 320 hlm.

ISBN                                      : 978-602-98325-5-6

Dapatkan buku ini di toko buku online Bukupedia

http://www.bukupedia.com/id/book/id-61349/seoulmate-2-seoulmate-is-you.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s