[BLOGTOUR] REVIEW Tiger On My Bed

PicsArt_23_01_2016_22_03_58[1]Terkadang alasan kita hadir dalam hidup seseorang bukan untuk mengharapkan cintanya, melainkan untuk memperlihatkan betapa berharganya dia untuk dicintai. (hlm. 196)

TALITA KOUM VIMANA. Cantik dan karir yang gemilang. Jabatan Tal adalah sebagai CEO merangkap certified jewelry appraiser di perusahaannya sendiri, Aprraise Appraise by Talita Vimana. Hidupnya nyaris sempurna. Sayangnya kesempurnaan hidupnya dipatahkan Rizal yang memutus hubungan pertunangan mereka. Bukan cinta yang mati, melainkan kebahagiaan di dalam dirinya. Seperti pencuri sukses, Rizal mengambil setiap tetes kebahagiaan dan membiarkan dirinya kerontang seorang diri. Bernapas aja rasanya sakit sekali. Dan ketika akhirnya dia mampu melakukannya pun, Tal merasa jantungnya seperti diremas-remas oleh tangan tak kasat mata. Menyakitkan sekali. Fika, sahabat Tal menyarankan bahwa satu-satunya cara untuk Tal bener-bener tutup buku dengan Rizal adalah dengan berhubungan lagi sama cowok baru.

“I will. Lo berdua mungkin nggak percaya ini, tapi gue beneran mau menyembuhkan patah hati gue sesegera mungkin. Gua berjanji akan mencari pacar baru dan berbahagia lagi bersama orang itu.” (hlm. 25)

Meet appraiser, salah satu profesi yang sangat dihormati di dunia seni dan barang antik. Sesuai namanya, appraiser akan meneliti baik-baik barang berharga dan kemudian menentukan nilai ekonomisnya. Tal memutuskan menjadi jewelry appraiser karena kecintaannya pada perhiasan dan batu mulia. Setelah menyelesaikan studi di luar negeri dan bekerja sebagai staf di Cristie’s selama dua tahun, akhirnya Tal yakin untuk membuka usaha appraisal-nya sendiri di Indonesia. Tal nggak mau munafik, nama besar keluarganya adalah salah satu penyebab usaha appraisal-nya berkembang pesat. Tapi, dia juga nggak mau hanya mengandalkan kepada keluarag besar Vimana, terutama ayahnya, bahwa dirinya bisa sukses tanpa harus terlibat dalam bisnis keluarga. Dan ambisi itu masih terus membara di dalam dirinya sampai sekarang.

Cantik dan karir gemilang itulah yang menempatkan Tal sebagai perempuan dengan tampilan modis setiap harinya. Bahkan saat pertama kalinya Tal mengundang Jai ke rumahnya hanya untuk makan siang, Jai takjud dengan baju yang dikenakan Tal seolah-olah perempuan ini akan menghadiri suatu pertemuan. Bagi Tal, di rumah maupun di luar rumah, nggak ada alasan buat berantakan. Tal penganut prinsip berpakaianlah seolah-olah lo akan bertemu dengan cowok impianmu di hari itu.

Sedangkan Jai, setelah lulus kuliah, menolak tawaran bekerja di perusahaan omnya karena ingin serius menekuni profesi sebagai desainer interior. Dia sempat bekerja di beberapa tempat, mengumpulkan pengalaman dan keberanian cukup untuk membuka jasa desain interior sendiri.

Karena pekerjaan Jai inilah Tal memulai berhubungan dengan Jai yang baru dikenalnya di sebuah pesta. Sebenarnya rumah Tal sudah nyaris sempurna, jadi tidak ada celah untuk diperbaiki. Dan ternyata, perpustakaan menyelamatkannya dengan alih-alih ingin merombak perpustakaan, maka Jai bakal sering-sering ke rumahnya.

“Tapi buku-buku di sana nggak kenapa-napa kan”

“Manis sekali lo mengkhawatirkan buku gue.”

“Gue hanya membayangkan bagi yang gemar membaca seperti lo, buku sudah seperti anak sendiri. yang disayang-sayang, yang dijaga-jaga selayaknya bagian penting dari hidup lo.” (hlm. 88)

Ini adalah buku keenam belas yang di tulis oleh Abang Ino, dan merupakan seri kedua dari #vimanasingles. Buku pertama dari seri ini adalah Meet Lame yang sudah saya baca. Dan bakal ada dua buku lagi untuk melengkapi serial ini yang telah direncanakan penulisnya.

Dari belasan buku Abang Ino yang saya baca, ini adalah novel yang paling banyak mengandung ginko biloba, dan bakal membuat kita kipas-kipas saat membacanya, gyahahaha… x)) #TidakDianjurkanUntukYangMasihTujuhBelasTahunKeBawah

Uniknya, Abang Ino menyelipkan seputaran pengetahuan tentang dunia binatang; harimau, buaya, jerapah, dan lain-lain. Khas penulisnya, selalu menyuguhkan tokoh dengan pekerjaan berbeda di tiap buku. Seperti profesi Tal ini yang sama sekali tidak saya ketahui sebelumnya. Ternyata banyak juga ya pekerjaan yang unik-unik, kapan gitu Abang Ino menulis tokoh perempuan berprofesi sebagai pustakawin eh pustakawati? Kan unik juga… x)) #ngarep

Yang disayangkan cuma satu, ada beberapa typo yang ditemukan dalam buku ini. Selebihnya, makin ke sini tulisan Abang Ino makin matang. Ada beberapa isu yang diangkat dalam buku ini. Selain tentang one night stand, lewat tokoh Tal yang merepresentasikan cewek independen, pesan moral penulisnya di pembuka novel ini adalah nggak semua cewek menunggu untuk diselamatkan cowok! #eaaa x))

Beberapa kalimat favorit dalam buku ini:

  1. Untuk beberapa hal –termasuk patah hati karena pengkhianatan pasangan- kita bisa mengandalkan waktu untuk menyembuhkan luka. (hlm. 63)
  2. Hidup tak pernah memberi dengan gampang, apalagi jika sesuatu itu adalah yang teramat kau inginkan. (hlm. 63)
  3. Berhenti mengkhawatirkan yang nggak penting. (hlm. 85)
  4. Jatuh cinta membuatmu berubah seratus delapan puluh derajat. (hlm. 113)
  5. Kalau ada yang mengganjal di hati, diomongin aja. (hlm. 230)
  6. Orang bilang, rasa cinta bisa muncul mendadak seperti sebuah ledakan besar; tapi tak jarang terjadi juga berupa letupan-letupan kecil namun intens. (hlm. 288)
  7. Komitmen adalah hadiah terbaik yang bisa diberikan oleh cinta. (hlm. 374)

Banyak juga selipan sindiran halus dalam buku ini:

  1. Dia tak akan rindu hanya karena kehilanganmu. Dia baru merindu saat kau benar-benar melupakannya. (hlm. 3)
  2. Terlalu banyak psycho di internet. (hlm. 17)
  3. Cantik-cantik begini dicurigai pembunuh? (hlm. 38)
  4. Bukan perpisahan, melainkan kenanganlah yang punya sejuta cara membuatmu terluka lagi. (hlm. 47)
  5. Hanya orang yang menakdirkan dirinya hidup susah yang nggak keberatan datang terlambat. (hlm. 48)
  6. Bisakah kau melakukan hal sadis pada orang yang sangat kau cintai, terlepas dia orang yang bertanggung jawab atas hatimu yang hancur berkeping-keping? (hlm. 54)
  7. Cewek yang terluka bisa jadi lebih hebat daripada karakter detektif serial kriminal manapun. Cewek yang terluka juga bisa jadi orang paling kejam daripada godfather, nggak segan-segan mendatangi orang yang membuat kekasih hatinya berpaling, lalu menjanjikan balas dendam yang tak pernah terbayangkan. Cewek yang terluka itu bisa buta atas segala konsekuensi perbuatannya, hanya ingin memuaskan kemarahan mendidih di dalam dirinya. (hlm. 55)
  8. Cuma perempuan bodoh yang nggak sadar calon suaminya sedang menduakan dirinya. (hlm. 57)
  9. Menunggu adalah pekerjaan yang paling sulit dan bisa mengeringkan kesabaran dalam dirimu hingga ke tetes terakhir. (hlm. 67)
  10. Laki-laki selalu memberi waktu bagi orang yang disayanginya. Laki-laki yang tak bersungguh-sungguh hanya akan memberi alasan. (hlm. 215)
  11. Nggak baik belanja dalam keadaan lapar. Bikin lo lebih kalap pas di toko dan akibatnya belanja barang-barang yang sebenarnya lo nggak butuh-butuh amat. (hlm. 217)
  12. Cewek yang sedang patah hati tak ubahnya seperti seekor harimau terluka. (hlm. 228)
  13. Hanya orang malas yang masih terpikir untuk menunggu bantuan orang lain demi memuaskan rasa penasarannya. (hlm. 235)
  14. Bertolak belakang dengan yang dipercaya selama ini, keputusan untuk berselingkuh nggak melulu dipicu oleh ketidakbahagiaan dalam hubungan. (hlm. 243)
  15. Derita tak habis-habisnya adalah hukuman Tuhan bagi anak yang nggak patuh pada nasihat orangtua. (hlm. 270)
  16. Setiap kali cewek bilang ‘kita harus bicara’, besar kemungkinan pembicaraan ini akan berujung nggak enak. (hlm. 317)

Seperti di buku Marry Now, Sorry Later, buku ini di tiap BAB-nya memuat istilah unik:

  1. Koi no yokan: firasat yang muncul ketika bertemu dengan seseorang, bahwa suatu saat kalian akan jatuh cinta
  2. Vicissitude: perubahan nasib
  3. Numinous: situasi yang membuat takut sekaligus penasaran
  4. Sphallolalia: mengobrol sambil menggoda
  5. Nazlanmak: lain di mulut, lain di hati
  6. Cataglottism: berciuman dengan lidah
  7. Concupiscible: merasa diri berharga karena didambakan
  8. Harbromania: delusi kebahagiaan
  9. Oniochalasia: berbelanja untuk mengobati stres
  10. Incalascent: bertambah panas membara
  11. Temerate: mengakhiri perjanjian
  12. Athazagoraphobia: rasa takut dilupakan, disisihkan, digantikan posisinya oleh orang lain. (hlm. 330)
  13. Double or nothing: merisikokan semua yang sudah dimenangkan demi kesempatan untuk melipatgandakan kemenangan
  14. Consnerescere: terus bersama sampai tua.

Keterangan Buku:

Judul                                                     : Tiger on My Bed

Penulis                                                 : Christian Simamora

Editor                                                    : Dini Saraswati

Designer sampul                              : Dwi Anissa Anindhika

Penata letak                                       : Gita Mariana

Ilustrasi isi                                           : Mailoor

Penerbit                                              : TWIGORA

Terbit                                                    : Desember 2015

Tebal                                                     : 396 hlm.

ISBN                                                      : 978-602-70362-3-9

blogtour 1

Jadi, ceritanya saya lupa kalau ada tantangan dari Abang Ino untuk blogtour ini, yaitu kudu mengikuti gaya Madonna di cover album Rebel Heart seperti ini;

madonna

Kemarin abis acara arisan seharian di rumah, muka kucel makin menambah keabsurdan foto ini, niatnya mau ala-ala Madonna malah semacam kayak mau kesetrum. Ini pake charger 5 handphone di rumah… x))WP_20160131_005 WP_20160131_006Mau juga buku ini? Tunggu giveawaynya setelah postingan ini yaaa… :))

Dapatkan buku ini di toko buku online Bukupedia

http://www.bukupedia.com/id/book/id-100132/tiger-on-my-bed-pre-order.html

18 thoughts on “[BLOGTOUR] REVIEW Tiger On My Bed

  1. Pingback: [Blog Tour] Giveaway Tiger On My Bed | Luckty Si Pustakawin

  2. ‘Hidup tak pernah memberi dengan gampang,apalagi jika sesuatu itu adalah yang teramat kau inginkan’
    Semoga kalimat bg christian gak berlaku sama saya,sebab saya teramat menginginkan buku #TigerOnMyBed ini🙂 .
    Komplit banget dech Reviewnya mba luckty, bahasa” unicnya juga dibahas disini jadi kitanya ngerti dech apa arti dari bahasa” unic bg christian.
    Tuh bg chris, mba luckty udah nge’request buat karakter dibuku selanjutnya berprofesi sebagai Pustakawin ehh salah Pustakawati maksudnya😀 .
    Photo Madonna versi mba luckty gak Kalah Heboh dengan yg lain😛

  3. “berpakaianlah seolah-olah lo akan bertemu dengan cowok impianmu di hari itu.”

    Ini prinsip oke juga ya, Mbak. Hahaha. Jadi makin penasaran gimana isinya..
    Btw, fotonya kece, Mbak, yang ala2 Madonna. hehehe.

  4. Nggak baik belanja dalam
    keadaan lapar. Bikin lo
    lebih kalap pas di toko
    dan akibatnya belanja
    barang-barang yang
    sebenarnya lo nggak
    butuh-butuh amat. (hlm.
    217)

    sering banget, pas lagi lapar semuanya dirasa perlu, pas nyampe rumah baru deh #nyeseknya. Haha,

    btw gaya madonna’nya jempol lah kak, haha…

  5. Salah satu manfaat membaca novel yang aku rasakan adalah bisa mendapat ilmu pengetahuan baru dengan cara yang mengasyikkan. Rasanya ilmu pengetahuan baru yang didapat dari novel itu lebih mudah dipahami dan lebih lama nyantolnya dibandingkan kalau baca dari buku yang memuat teorinya hehe..
    Selain itu, ya pasti bisa belajar tentang interaksi antar tokoh, gimana caranya bersikap dan memecahkan suatu permasalahan serta memetik pelajaran berharga dari kisah tersebut.
    Pekerjaan Tal dan juga istilah-istilah unik itu adalah hal yang baru bagiku. Pokoknya suka banget sama novel-novel informatif seperti karya Abang ini ^^

  6. “Gue hanya membayangkan bagi yang gemar membaca seperti lo, buku sudah seperti anak sendiri. yang disayang-sayang, yang dijaga-jaga selayaknya bagian penting dari hidup lo.” (hlm. 88)

    woaaaahhh, iyaa.. betul iniiii.. akujuga gitu kalo sama buku-bukuku.. kalo sampe minjem tapi lecek, lipet-lipet, kagak dirawat, takamuk tuh.. aku aja baca tak jaga betul.. hehe😀

  7. “Gue hanya membayangkan bagi yang gemar membaca seperti lo, buku sudah seperti anak sendiri. yang disayang-sayang, yang dijaga-jaga selayaknya bagian penting dari hidup lo.” (hlm. 88)

    Duh duh duh ini ngena banget ntah kenapa padahal buka quote galau wkwk. Dear, teman teman yang suka minjam bukuku, tolong rawat anak-anakku dengan baik sebagaimana ibunya menjaganya dengan sangat berhati hati:’)
    As always nih mba luckty pasti ngereview sampe ke akar-akarnya. Sampe arti kata-katanya pun ada!
    Semoga ntar keinginan mba terwujud ya, di novel ketigamya bang ino profesi cewenya bakalan pustakawati wkwk.
    Baca review Tiger On My Bed jadi makiiiiin pingin bacanya. Semoga aku menang GA #tigeronmybed supaya bisa berkesempatan baca buku ini😀

  8. Tal penganut prinsip berpakaianlah seolah-olah lo akan bertemu dengan cowok impianmu di hari itu.

    Duh, kutipan ini jadi menginspirasi niy, karena selama ini aku nggak terlalu perhatian dengan pakaian, pantesan cowok impian belum mendekat juga hahahaaa😀

  9. Suka baca2 novel yaa krn banyak kata2 yang bs kita petik hikmahnya…
    jd ada ilmu tambahan utk diri sendiri jg🙂

    Btw, dikit masih itu kak 5 chargernya, mau ditambah jd 10 aja biar genap.. heheh

  10. pokoknya kudu punyaaaa. aku pikir setelah baca meet lame, wah #vimanasingles oke juga, gak kalah sama #jboyfriend apalagi karakter Tal disini menarik bikin penasaran!

  11. jadi cewek cantik dan mandiri, berasa hidupnya tal emang sempurna banget.
    kadang kita berandai-andai menjadi tal yang cantik dan memiliki segalanya. tapi kita haus ingat tal juga jadi wanita yang berfikiran kritis dan logis memang harus.

  12. Wahh, karya bang Ino selalu bertabur quote yang unik dan menarik ya ?
    Aku membayangkan karakter Tal itu berkelas dan keras kepala, tapi pas kesandung cinta ternyata dia bisa kelabakan juga🙂

  13. Aaaa, aku kok ngerasa doki-doki ya pas bc ripiunya?
    Quotesnya pun bikin kepala ngangguk2, apalagi yg ini : “Cewek yang terluka bisa jadi lebih hebat daripada karakter detektif serial kriminal manapun. Cewek yang terluka juga bisa jadi orang paling kejam daripada godfather, nggak segan-segan mendatangi orang yang membuat kekasih hatinya berpaling, lalu menjanjikan balas dendam yang tak pernah terbayangkan. Cewek yang terluka itu bisa buta atas segala konsekuensi perbuatannya, hanya ingin memuaskan kemarahan mendidih di dalam dirinya.”

    Keknya bang Ino bener2 memahami hati dan pikiran perempuan, ya? X’D

  14. loh mbak lucky, ini seri vimanasingle yang kedua? Aku kira ini buku pertamanya loh
    Tapi aku suka quotes yang hal 88 mbak. Bagi bookworm.. buku itu kayak anak yang disayang-sayang

  15. kak Luckty, mau ralat nih… Bukannya Meet Lame bukan bagian dari seri Vimana Single kak…??? Setau saya, TOMB ini merupakan seri pertama dari seri Vimana Single… Atau saya-nya yang gagal fokus…??😀

    Btw, nice post and pose kak…😀
    Terima kasih untuk reviewnya ^^

  16. Wah jempol banget dah reviewnya kak luckty, lengkap banget!
    Sampe istilah uniknya pun disebutin atu-atu disini, hihi nambah ilmu banyak nih🙂
    Trimakasii ya kak😀

  17. Pingback: [BLOGTOUR] REVIEW Typo | Luckty Si Pustakawin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s