[BLOGTOUR] REVIEW Eternal Flame + GIVEAWAY

WP_20160201_050[1]

Jatuh cinta itu cuma satu. Jatuh dengan bebas, tanpa prasangka ataupun penyesalan. Jatuh cinta seharusnya membawa kebahagiaan. Karena jatuh cinta anugerah dan hanya bisa dirahasiakan oleh orang-orang tertentu, orang-orang terpilih. (hlm. 190)

EDO. Menciptakan sebuah lagu adalah hobi keduanya selain bermain biola. Dulu dia bisa merangkai nada dengan begitu mudahnya, menjalin not menjadi rangkaian bermakna. Tetapi kini, pikirannya terasa buntu. Setahun lebih hidupnya hanya terpaku kepada satu orang, tidak bisa berpaling kepada siapa pun, kehidupannya terbelengkalai.

DIMAS. Karir mapan di usia yang matang. Memiliki pacar yang cantik dan cerdas. Apalagi yang kurang? Ketika dia mengajak kekasihnya untuk ke hubungan yang lebih serius, ada hambatan yang harus dilalui; ibunya sendiri. Manakah yang akan dipilihnya?

SATRIA. Ada seseorang yang diam-diam menyukai. Beberapa lainnya, terang-terangan menyatakan. Segelintir berkoar-koar. Sebagian mematahkan sendiri cintanya, hatinya. Satria mengaku, dia hanya sanggup menjadi golongan yang pertama. Golongan yang diam-diam menyukai. Diam-diam memendam getaran. Dari hal sekecil apa pun tentang dia, Satria mencari tahu dalam diam. Ya, pada akhirnya hal sekecil seperti ‘siapakah namanya?’, Satria dapatkan dengan cara diam-diam. Dari ketidaksengajaan melihat sampul bukunya, Satria tahu nama pemilik yang sama persis dengan mata ibunya adalah Rena.

Orang-orang yang cukup beruntung untuk merasakan jatuh cinta nggak seharusnya menyerah. Karena di dunia ini, ada jutaan orang yang juga menginginkan hal sama tapi nggak pernah mendapatkannya, bahkan setelah mencari seumur hidup. (hlm. 190)

Tiga lelaki dengan karakteristik dan pribadi yang berbeda, tapi sama-sama memiliki problem dalam urusan cinta. Edo yang susah move on. Dimas yang harus memilih dan Satria yang harus mencoba berani.

Edo harus move on dalam kisahnya bersama Sophia, harus move on dalam menghadapi hidup, dan harus move on menerima kenyataan.

Dimas harus memilih maju atau mundur, memilih keluarga atau kekasihnya dan harus memilih antara ego dan hati kecilnya.

Satria harus berani mencoba. Harus berani berkenalan lebih jauh dengan Rena. Harus berani berdamai dengan masa lalunya. Dan harus berani melanjutkan mimpinya.

Hidup adalah kenyataan. Sepahit apa pun kenyataan itu, kenyataan tetap ada di depan kamu. Tetap berdiri di samping kamu. Tetap menjadi yang terbaik buat kamu. Dan masa lalu, selamanya hanya akan menjadi bayang gelap yang menyisakan luka. Kamu harus memberanikan diri untuk menerima kenyataan. Karena kenyataanlah yang pada akhirnya akan menang dan memberikan akhir yang bahagia. (hlm. 232)

Dari sekian banyak tokoh yang ada dalam buku ini, pilihan favorit jatuh pada ibunya Edo. Orangnya bersahaja banget tapi penuh pengertian. Tidak hanya sayang kepada Edo yang merupakan anak semata wayangnya, tapi juga kepada Rena meski hanya anak angkat tapi sudah seperti anak kandungnya sendiri. Kata-kata yang diucapkan Ibunya Edo selalu meneduhkan.

Nggak suka ama ibunya Dimas, tipikal emak-emak yang mengotak-ngotakkan kodrat perempuan. Kasihan banget Clara punya calon mertua kayak ibunya Dimas ini. Tapi di ending kita jadi bakal tahu kenapa ibunya Dimas sesempit itu sifatnya, dia akhir cerita malah jadi kasihan ama ibunya Dimas selama ini. Mungkin di luaran sana banyak sekali perempuan yang harus menerima takdir seperti ibunya Dimas :’) #PukPuk

Menulis novel dengan dua atau tiga penulis, saya sudah beberapa kali membaca dengan format seperti ini. Tapi untuk sebuah novel dengan tangan lima penulis, saya baru kali ini membacanya. Itu salah satu poin plus dari buku ini. Kelebihannya lagi adalah di setiap tokohnya selalu ada selipan moral atau pesan yang ingin disampaikan penulis untuk pembacanya. Kekurangannya hanya ada di alur, di awal terasa lambat dan beberapa penjabaran terkesan di ulang terutama untuk kisah Edo dan Sophia. Sepertinya satu penjelasan hubungan mereka di awal cerita sudah cukup, tidak perlu diceritakan lagi di bab lain agar terkesan tidak berulang. Selebihnya menyukai buku ini. Oya, kita bisa melihat beberapa pekerjaan unik dari para tokohnya, salah satunya adalah lewat tokoh Satria😉

Banyak kalimat favorit dalam buku ini:

  1. Kamu tahu perumpamaan hidup itu ibarat roda yang berputar? Bukan tentang kadang di atas atau terkadang di bawah, tetapi roda itu berputar. Hidup ini berputar, berjalan terus tanpa harus kamu bisa mencegahnya. Nggak alat yang bisa membawa kita kembali ke masa lalu. (hlm. 7)
  2. Di setiap perjumpaan, ada perpisahan. Di setiap awal pasti ada akhir. (hlm. 7)
  3. Seorang perempuan nggak harus berada di rumah. (hlm. 64)
  4. Memang jodoh terbaik yang dikirim Tuhan, pasti ada jalan. (hlm. 102)
  5. Kamu pemilik jalan hidup kamu. Pilih yang terbaik buat kamu. (hlm. 103)
  6. Bagaimana bisa berpaling ketika orang yang dia cintai belum tahu bahwa di relung hatinya yang paling dalam terukir indah namanya? (hlm. 107)
  7. Tidak ada yang tahu berapa lama waktu tersisa bagi setiap manusia yang hidup di dunia. (hlm. 126)
  8. Seorang ayah tidak bisa berterus terang dalam mengekspresikan cintanya. Berbeda dengan seorang ibu. Ada saat-saat seorang ayah membentuk sekat. Untuk apa? Untuk menjaga perasaannya. (hlm. 131)
  9. Jangan lupa jaga kesehatan. (hlm. 138)
  10. Kamu yang menjalani. Kamu yang harus tahu bagaimana. (hlm. 155)
  11. Ikuti kata hatimu. Ini hidup kamu. (hlm. 156)
  12. Kamu cuma perlu memperjuangkan apa yang kamu mau. (hlm. 156)
  13. Nggak pernah ada waktu yang tepat untuk patah hati dan nggak pernah ada waktu yang salah untuk jatuh cinta. (hlm. 218)
  14. Jatuh cinta itu sederhana. Apabila sudah tidak sederhana, itu artinya kamu harus melepaskan. (hlm. 218)
  15. Dalam urusan cinta nggak pernah ada yang kalah atau menang. Tapi, Tuhan selalu tahu siapa juaranya. (hlm. 220)
  16. Nggak peduli sesempurna apa pun hidup yang ditawarkan benakmu, hidup itu nggak akan pernah cukup untuk menandingi hidupmu yang nyata. (hlm. 231)
  17. Ketika seseorang pergi, bukan berarti cintanya juga berhenti. Karena siapa yang tahu tentang rahasia hati? (hlm. 236)
  18. Cinta tak akan pernah lagi, dia selalu hadir. Saat napas masih berhembus dan saat hati masih membuka dirinya. (hlm. 242)
  19. Cinta tidak pernah hilang, hanya tertutup bayang-bayang kelabu masa lalu. (hlm. 259)
  20. Masa depan kita adalah misteri. Nggak ada satu pun dari kita yang tahu akan terjadi nanti. Sekarang, saat ini, ketika kita masih diberi kesempatan untuk bernapas, aku cuma mau menggunakannya untuk mencintai kamu. (hlm. 271)
  21. Perbedaan hadir bukan untuk dihilangkan, tetapi dipersatukan untuk saling mengisi satu sama lainnya. (hlm. 279)

Banyak juga selipan kalimat sindiran halus dalam buku ini:

  1. Kalau kereta ramai banget, bau ketiak pun jadi senjata memabukkan, sampai pingsan gitu. (hlm. 34)
  2. Memangnya bisa apa dia mengurusimu hanya modal cinta? (hlm. 65)
  3. Hanya karena kamu belum menemukan bintangmu, jangan berhenti melukis. (hlm. 74)
  4. Jangan berpikir yang tidak-tidak. (hlm. 82)
  5. Jangan pernah berbohong lagi. Berbohong nggak akan pernah menyelesaikan masalah. (hlm. 86)
  6. Segala keputusan selalu memberikan risiko untuk kita. (hlm. 102)
  7. Kamu harus jadi wanita yang kuat, jangan terus bersedih. Masih banyak waktu yang bisa kau habiskan dengan menjelajah ke berbagai tempat. (hlm. 103)
  8. Jangan pikir yang berat-berat. (hlm. 103)
  9. Hanya saja, kenyataan terkadang tidak sesuai harapan. (hlm. 118)
  10. Memang benar tidak ada pertemanan abadi di antara perempuan dan laki-laki. Tidak akan ada, bahkan sampai seisi dunia lenyap. (hlm. 225)

Keterangan Buku:

Judul                                                     : Eternal Flame

Penulis                                                 : Dheean Reean, Kristina Yovita, Naya Corath, Nurisya Febrianti, Susi Lestari

Editor                                                    : Afrianty P. Pardede

Penerbit                                              : PT. Elex Media Komputindo

Tebal                                                     : 283 hlm.

ISBN                                                      : 9786020276793

WP_20160201_058[1]

MAU BUKU INI?!?

Simak syaratnya:

1. Peserta tinggal di Indonesia

2. Follow akun twitter @lucktygs@NayaCorath

dan @elexmedia. Jangan lupa share dengan hestek #GAEternalFlame dan mention via twitter.

3. Follow blog ini, bisa via wordpress atau email.

4. Jawab pertanyaan di kolom komentar di bawah, plus nama, akun twitter, dan kota tinggal. Pertanyaannya adalah berikan alasan kenapa kamu ingin membaca buku ini. Mudah kan? 😉

5. Giveaway ini juga boleh di share via blog, facebook, dan sosmed lainnya. Jangan lupa sertakan hestek #GAEternalFlame yaaa… 😉

Event ini gak pake helikopter, eh Rafflecofter yang ribet itu. Jadi pemenang ditentukan dari segi jawabannya yaaa… ( ‘⌣’)人(‘⌣’ )

#GAHelloAfterGoodbye ini berlangsung seminggu saja: 8-14 Februari 2016. Pemenang akan diumumkan tanggal 15 Februari 2016.

Akan ada SATU PEMENANG yang akan mendapatkan buku ini. Hadiah akan langsung dikirimkan oleh penulisnya! ;)

Silahkan tebar garam keberuntungan dan merapal jampi-jampi buntelan yaaa… ‎(ʃƪ´▽`) (´▽`ʃƪ)!

Pengumuman Pemenang Giveaway Eternal Flame

Terima kasih dengan keantusiasan teman-teman untuk mengikuti Giveaway Eternal Flame. Hampir tembus 60 peserta! Ini menandakan betapa banyak yang ingin membaca buku ini. Terima kasih buat penulis untuk pertama kalinya mengajak kerjasama, semoga dikasih kerjasama untuk giveaway atau blogtour lainnya 😉

Pemenang giveaway kali ini adalah:

Nama: Afif Rohman
Twitter: @_Afif_Rohman
Domisili: Lamongan, Jatim

Pertanyaan: berikan alasan kenapa kamu ingin membaca buku ini

Karna saya tertarik dengan novel “Eternal Flame” ini. Menurut saya ini novel yang unik. para penulis (Dheean Reean, Kristina Yovita, Naya Corath, Nurisya Febrianti, dan Susi Lestari) tidak bermain dg tema novel romantis pada umumnya. Biasanya, novel romantis selalu tentang perasaan wanita dan kegundahannya. Tapi novel “Eternal Flame” ini lain. Para penulis lebih suka menggali kegundahan dan kegalauan tiga pria dewasa untuk dijadikan sebuah cerita. Dan alasan yang terakhir adalah sama seperti kata kak Luckty. Saya penasaran, seperti apa sih isi dari novel yang ditulis oleh lima orang penulis.

Selamat buat pemenang. Sila kirim email ke  emangkenapa_pustakawin[at]yahoo[dot]com dengan judul: konfirmasi pemenang GIVEAWAY Eternal Flame. Kemudian di badan email cantumkan; nama, alamat lengkap, dan no hape biar hadiahnya segera dikirim langsung oleh penerbitnya ya.

Terima kasih buat penulis dan penerbit atas kerjasamanya, sekali lagi terima kasih banyak atas kepercayaannya. Semoga lain waktu bisa bekerjasama kembali… 😉

Buat yang belum menang, jangan sedih. Masih banyaaaakkkk giveaway lainnya yang menanti!! :*

Oya, BLOGTOUR Eternal Flame masih berlanjut di blog lain. Cek banner yaa… 😀

@lucktygs

 

58 thoughts on “[BLOGTOUR] REVIEW Eternal Flame + GIVEAWAY

  1. nama: Emma
    akun twitter: @EmmaNoer22
    kota tinggal: Inhu

    Pertanyaan:
    “berikan alasan kenapa
    kamu ingin membaca
    buku ini. Mudah kan?”

    Jawaban: jawaban paling susah ya ini, memberi alasan kenapa ingin membaca buku
    ETERNAL FLAME, alasan pertama mungkin karena dari review kaka diatas tentang tiga tokoh utama pria di novel ini dengan tiga masalah yang di hadapi, Edo dengan ketidakmampuannya move on dari kekasihnya yang sudah tiada (Sophia), Dimas dengan kegalauannya dalam mengambil keputusan untuk dirinya sendiri dan Satria dengan masalah hatinya;keberanian tentang Rena ini. Dan lagi buku ini ditulis oleh lima penulis perempuan tapi mereka memilih tokoh utamanya di buku ini adalah laki-laki semua. Padahal mungkin akan lebih mudah jika membuat kisah cinta perempuan. Bukankah tantangan tersendiri bercerita dari sudut pandang laki-laki. Yang kedua, pekerjaan menarik atau unik seperti apa sih kak yang di kerjakan Satria, jadilah pengen buku ini! Dan yang terakhir novel yang dibuat kroyokan oleh lima penulis ini ingin menunjukkan atau memberikan pelajaran moral apa sih dari dibuatnya novel ini sampai dibuat oleh lima penulis. Itu yang ingin aku pastikan dengan membaca buku ini tentunya. ^^

  2. Nama: Rizkiana Hidayati
    Akun Twitter: @rzknhdyt 
    Kota: Lombok Barat NTB

    Alasan kenapa ingin membaca buku ini.

    Beberapa waktu yang lalu sempat nonton anime dimana tokoh utamanya tidak bisa mendengar suara pianonya lagi tapi hal itu berubah setelah ia bertemu dengan gadis yang ternyata pemain biola. Mau baca buku ini karena tertarik dengan Edo dan biolanya. Bagaimana cara Edo memainkan biolanya kembali dan apa yang membuat Edo bisa bermain biola. Dan belum pernah membaca novel yang di tulis oleh lima penulis sekaligus, penasaran sensasinya seperti apa.

  3. Fitra Aulianty
    @fira_yoopies
    Pekanbaru

    Jawaban:
    Pertama karena judulnya. Eternal Flame itu semacam judul lagu lama, penasaran apa ada hubungannya dengan lagu itu?
    Kemudian karena covernya yang warna gelap dan ada gambar biola. Selalu penasaran dengan seberapa menyayat cerita yang ada unsur biolanya? Biola itu alat musik yg suaranya menyayat kan?

    Ketiga, aku penasaraaann sama Edo. Kenapa dia bisa susah banget ngelupain Sophia? Seberapa kuatkah karakter Sophia ini? Juga seberapa kuat karakter tokoh yg lain?

    Terus juga penasaran dengan pembagian struktur cerita yg ditulis oleh beberapa penulis seperti ini. Penasaran gimana mereka menyatukan tulisannya? ^^

    Terakhir, aku juga mau koleksi novel romance😀

    Thanks for this GA!

  4. Nama : Hanum Bella
    Twitter : @Hanumbellaa
    Alamat : Sragen, Jawa Tengah.

    Kenapa ingin baca buku itu?

    Karena buku adalah jendela dunia. –oke ini jawaban paling mainstream. Jadi aku pengin buku itu karena aku pengin menambah hiburan dirumahku yang sunyin nan senyap ini. Jadi, dengan aku punya buku itu aku bisa nambah temen. Horeee!! Apalagi penulisnya kak Naya, bikin penasaran deh gimana gregetnya tulisan kak Naya. *senggolKakNaya 😂

    Kalo mau beli, susah 😥. Gramed yang deket aja di Solo. Kalo mau beli online nggak boleh sama mama huaaa 😭. Makanya aku cuma berharap bisa dapet ini. Kan mayan gratis wkwkw 😂😂

    Trus selain itu, aku juga penasaran sama ceritanya. Apalagi dari sudut pandang laki-laki. Aku penasaran banget gimana sih lelaki itu mandang wanita *eaak 😊.

    Ya allah, semoga baim bisa dapet buku itu ya allah!! 🙏

  5. Nama : Hanum Bella
    Twitter : @Hanumbellaa
    Alamat : Sragen, Jawa Tengah.

    Kenapa ingin baca buku itu?

    Karena membaca adalah jendela dunia –oke ini jawaban paling mainstream. Jadi aku pengin buku itu karena aku ingin menambah hiburan dirumahku yang sepi dan senyap ini. Dan dengan adanya buku itu nanti, aku bisa dapet temen. Horeee!!!

    Apalagi salah satu penulisnya Kak Naya, aku penasaran deh gimana gregetnya tulisan dia *senggolKakNaya 😂

    Trus selain itu aku juga penasaran sana isi ceritanya. Apalagi menggunakan point of view laki-laki. Soalnya aku penasaran banget gimana laki-laki itu mandang wanita *eaaak 😂😂

    Kalo mau beli, susah 😥. Gramednya jauh hiks. Klo mau beli online nggak boleh sama Mama. Jadi ya ini harapan satu-satunya. Eaaak kan mayan gratis buk 😂😂.

  6. Nama : Fadilla Sukraina
    Twiter : @fadilla_skrn17
    Kota : Surabaya

    Ah, jadi ini ya bukunya kak Naya? Saya nggak inget pasti kapan saya mulai ngikutin blognya kak Naya dan baca-baca di sana, novel online Julie Light dan Kelas Perancis itu. Tapi saya suka banget sama tulisannya. Jadi, begitu ada kabar kalau Kak Naya bikin proyek novel, saya langsung penasaran.

    Apalagi novel ini ditulis beramai-ramai. Saya selalu penasaran dengan novel kolaborasi seperti ini. Bagaimana lima penulis berbeda bisa menyatukan gaya menulis yang berbeda-beda dalam satu buku? Karena, saya saja yang nulis fanfic cuma berdua susahnya sudah minta ampun. Kadang saya nggak ngerti sama pikiran patner kolab saya, ini ceritanya mau digimanain. Apalagi kalau berlima?😀

    Dan, setelah baca review di atas, kayaknya novel ini tokohnya banyak banget ya. Edo, Dimas, dan Satria, masing-masing dengan perempuannya. Juga para ibu-ibunya😆 Saya juga selalu penasaran dengan novel yang punya banyak tokoh dan konflik yang berbeda-beda seperti ini. Saya penasaran bagaimana mereka membuat karakter tokoh dan konflik masing-masing menonjol serta punya pembeda dari yang lainnya. Apalagi, katanya profesi unik mereka juga dibahas, ya? Saya saja baru bikin cerpen yang tokohnya cuma lima orang sudah mabok duluan gara-gara bingung. Kok semua tokoh rasanya sama saja😀

    Selain itu, tentu saja, saya penasaran bagaimana ketiga cowok itu menyelesaikan masalah cinta mereka masing-masing^_^

    Jadi, kalau ditanya mengapa saya ingin membaca buku ini, jawabannya simpel:

    Saya juga sedang belajar menulis, dan saya pikir saya harus belajar dari novel-novel unik seperti ini.

    Terima kasih. Semoga saya bisa mendapatkan bukunya ^_^

  7. Nama : Dina Putri Pertiwi
    Twitter : @dinaa_pp
    Alamat : Malang

    Kenapa ingin membaca buku Eternal Flame
    Tanganku sedikit ragu saat akan menuliskan alasan ini, karena memang pertanyaan ini sulit untuk kujawab.

    Tapi setelah membaca sedikit riview di atas, jadi ingin tahu kelanjutan ceritanya. Apalagi novel ini ditulis oleh 5 orang, makin penasaran bagaimana cara menyatukan tullisan mereka. Ditambah ada tokoh Edo yang hobi membuat lagu dan bermain biola, mengingatkan saya pada novel if i stay oleh Gayle Forman pada tokoh Mia yang juga senang bermain musik.

    Yang terakhir dan pasti juga udah mainstream: Nambah koleksi, jadi gak perlu nabung buat beli buku bulan ini.

  8. Nama : Nur Apriliyani
    Akun twitter : @AprilCahaya
    Kota tinggal : Pati , Jateng

    Kenapa ingin membaca buku ini??

    Novel ini membuatku sangat penasaran bagaimana alur dan isi cerita buah dari kelima penulis yang keren-keren. Apalagi sejak beredar di toko-toko buku dan para penulisnya yg gencar banget pamer di segala akun sosial media mereka, membuatku semakin greget ingin membaca novel ini.

    Apalagi dengan penciptaan tiga karakter tokoh laki-laki dalam cerita ini dengan berbagai kisah cinta mereka yang rumit dan ending yg sulit ditebak. Ingin merasakan berbagai emosi seperti sedih, bahagia dan sebagainya layaknya para pembaca yg sudah sudi memberikan kesannya setelah membaca buku ini.

    Nah, gimana gak penasaran dengan isi dari novel yg mempunyai cover biru berhiaskan biola yg cantik itu. Ini merupakan novel kolaborasi pertama yg membuatku tertarik utk membacanya.

    Terimakasih ^^

  9. Nama: Annisa Ayundi Prastiwi
    Twitter: @annsynd
    Domisili: Serang, Banten

    berikan alasan kenapa kamu ingin membaca buku ini.

    Karena, saya kehabisan bahan bacaan berupa novel (halah!) Tapi, ini beneran mbak😄 koleksi novel saya udah saya baca semua. Saya males baca ulang novel yang pernah saya baca, toh ending-nya sama aja😄 saya bakalan baca ulang, tapi nanti, kalau saya udah lupa sama alur atau ending ceritanya (ini gapenting sih >.<) sebenernya saya pengen banget ke toko buku sambil grepe-grepe buku atau nyium-nyium wangi kertas-nya (absurd!) Tapi di sisi lain, saya nggak bisa karena tuntutan tugas-tugas saya :((( ayolah mbak, novelnya buat saya aja yaa (hoek! Abaikan yg ini mbak)
    Ini bukan curhat lho mbak, ini ALASAN. oke? Wkwk (maapin mbak XD)

  10. Nama : Mega Widyawati
    Akun twitter : @widy4_w
    Kota tinggal : Nganjuk, Jatim

    Pertanyaannya adalah berikan alasan kenapa kamu ingin membaca buku ini.Mudah kan?

    Soalnya aku pengen baca bukunya aja, sehingga menambah wawasan tentang isi buku ini. gimana sih isi ceritanya? dari pada penasaran makanya aku ingin baca bukunya kalo aku beruntung di kuis ini. Selain itu, ada cerita yang berhubungan dengan biola dan lagu yang diciptakan oleh Edo, nah dari situ cerita ini kelihatan interesting, terus ditambah ada lagunya pula. aku pengen tahu, apa sih lirik lagunya itu? lagu sedihkan? tapi kayaknya emang lagu sedih deh ngeliat problem milik si Edo. Pasti novel ini bakal menyentuh pembaca dan bawa perasaan kalo di baca sampai tuntas di ending..
    Dan..
    kalimat ter-oke menurutku dari beberapa kalimat favorite yaitu :
    #Di setiap perjumpaan, ada perpisahan. Di setiapawal pasti ada akhir. (hlm. 7)

    #Memang jodoh terbaik yang dikirim Tuhan, pasti ada jalan. (hlm.102)

    Terima kasih kesempatannya..
    ~I wish can Lucky~

  11. Nama: Amilatun Sakinah
    Akun Twitter: @amilatunS
    Domisili: Yogyakarta
    Alasan kenapa ingin membaca buku ini:
    Pertama dengar judulnya jadi ingat sama lagu Eternal Flame – The Bangles. Dulu Ibu senang banget sama lagu itu, saya jadi ketularan. Jadi, rasanya asyik kalau baca buku ini sambil dengar lagunya. Apalagi bukunya bertokohkan laki-laki. Saya lebih terbuka ke novel romance yang tokohnya lelaki. Soalnya kalau dari sudut pandang perempuan, suka agak subjektif gitu, kan, kalau saya lagi baca. Haha. Terus juga, siapa yang nggak akan meleleh sih kalau tokohnya laki-laki bagi kita perempuan, hihi. ^///^
    Nggak cukup satu malah, 3 laki-laki dengan kisah cintanya masing-masing. Referensi banget, kan? #eh
    Kavernya juga cantiiik, saya suka. Menggambarkan musik yang diemban tokohnya. Lagi-lagi, kan, laki-laki main musik. ^///^
    Saya juga ingin tahu, rasa tulisan 5 penulis bagaimana. Satu saja suka bikin hati diaduk-aduk, apalagi 5. whaaa~~~
    Terakhir, ada peran orang tua di sini. Kisah cinta dalam novel bolehlah ya bertipe too good too be true, tapi kadang yang jarang ada peran orang tuanya juga kurang greget karena nggak seperti nyatanya di kehidupan. Apalagi kan orang tua itu kalau diibaratkan buku, semacam ‘buku panduan musti baca untuk yang mau nikah’.
    Itu sih Kak, alasan saya ingin baca bukunya. Terimakasih, Kak.🙂

  12. nama: Visca
    twitter: @Visca_Apr
    kota: Belinyu
    alasan:
    pas liat buku ini aku langsung suka sama covernya, ada gambar biola,
    aku paling suka sama sesuatu yang berbau biola. dibuku ini juga ada tokoh yang bisa main biola kan *makin suka*😀
    terus buku ini ditulis oleh lima penulis, pengen tau hasilnya kayak gimana
    apakah edo bisa move on dari masa lalunya?
    apakah dimas bisa meyakinkan ibunya tentang clara?
    apakah satria bisa berani menyatakan perasaannya kepada orang yang dia suka?
    pertanyaan itu berputar-putar diotak ku😀
    semoga beruntung
    oh ya
    #GAHelloAfterGoodbye ini berlangsung seminggu saja: 8-14 Februari 2016. Pemenang akan diumumkan tanggal 15 Februari 2016.
    #GAHelloAfterGoodbye seharusnya diganti dengan #GAEnternalFlame

  13. Vena dwi masfiyah
    @venadwim
    Tulungagung-Jatim

    Jawabnya karena aku tertarik untuk baca quotes yang ada di novel ini. Baca quotes yang di atas itu loh yang buat aku jadi ingin baca. Apalagi novel ini punya tiga cerita yang berbeda namun saling terkait. Kayaknya seru. Jadi pengen baca deh ^^

  14. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    kota tinggal: Serang

    Alasan ingin membaca buku ini adalah:
    – Novel ini kolaborasi dari 5 penulis, ini menarik sekali, bagaimana 5 pemikiran yang pastinya berbeda-beda bersatu membuat sebuah cerita, pasti bakalan seru kisahnya!
    – Aku sudah sering baca karya mba Kristina Yovita yang keren-keren!
    – Temanya yang tentang susah move on, harus memilih, dan harus berani mencoba, ini tuh sering banget dialamin, karena itu ada yang bisa dijadikan pelajaran dalam kisah ini, kalau perlu dicontek solusinya😀
    – Pesan moral tentang hubungan anak dan orangtua juga bisa diambil hikmahnya.
    So, novel ini memang layak dibaca!

  15. Vena Dwi Masfiyah
    @venadwim
    Tulungagung-Jatim

    Jawabannya karena setelah baca beberapa quotes di atas aku jadi ingin membaca quotes yang lainnya. Quotesnya menarik dan begitu cantik. Aku juga tertarik dengan kisah tiga pria dewasa yang berbeda tapi saling berkaitan. Menurutku ini novel yang unik dan menawan. So, aku pengen baca deh ^^

  16. Nama : Tasya
    Akun twitter : @tasyaamanda95
    Kota tinggal : Bandung
    Dari ide ceritanya menarik untuk dibaca. Bener kata mba Luckty, 5 penulis dalam 1 novel membuat novel ini menjadi “spesial”, memberikan rasa penasaran kepada calon pembaca. Bagaimana keselarasan kelimanya membuat novel ini. Quotes yang direview mbak luckty juga bikin rasa penasaranku semakin tinggi akan novel ini.
    Itu yang membuatku ingin membaca Eternal Flame.

  17. Nama: Afif Rohman
    Twitter: @_Afif_Rohman
    Domisili: Lamongan, Jatim

    Pertanyaan: berikan alasan kenapa kamu ingin membaca buku ini

    Karna saya tertarik dengan novel “Eternal Flame” ini. Menurut saya ini novel yang unik. para penulis (Dheean Reean, Kristina Yovita, Naya Corath, Nurisya Febrianti, dan Susi Lestari) tidak bermain dg tema novel romantis pada umumnya. Biasanya, novel romantis selalu tentang perasaan wanita dan kegundahannya. Tapi novel “Eternal Flame” ini lain. Para penulis lebih suka menggali kegundahan dan kegalauan tiga pria dewasa untuk dijadikan sebuah cerita. Dan alasan yang terakhir adalah sama seperti kata kak Luckty. Saya penasaran, seperti apa sih isi dari novel yang ditulis oleh lima orang penulis.

  18. Nama : Dera Devalina
    Twitter : @deradevalina
    Alamat : Belinyu, Bangka Belitung

    Dari judulnya Eternal Flame apa itu seperti api abadi dan gambar biola di cover mungkin mengandung makna yang bikin penasaran dengan jalan ceritanya. Novel ini bercerita tentang berbagai macam problem cinta dari ketiga lelaki dan pastinya aku perempuan jadi tertarik untuk menyelam dan memahami bagaimana solusi para laki – laki dalam menghadapi masalah cinta mereka… paling suka dengan karakternya edo yang setia plus bisa main biola lagi.. kebayang gimana romantisanya si edo… Dilihat dari quotesnya yang keren – keren karena ide lima penulis berada dalam satu novel yang bikin penasaran untuk bisa dapet buku ini.. semoga saja…

  19. Nama: Dian Maharani
    Akun Twitter: @realdianmrani93
    Kota Tempat Tinggal: Kota Bengkulu

    “Berikan alasan kenapa kamu ingin membaca buku ini.”

    Karena, aku baru saja selesai membaca novel dengan tokoh seorang pianis, dan aku juga pernah membaca novel dengan tokoh seorang vokalis band. Kali ini, tokoh nya adalah seorang pemain biola. Jadi penasaran, bagaimana pemain biola mengekspresikan perasaannya. Kalau vokalis, dia mengarang lagu sedangkan pianis, dia akan memainkan instrument pianis ternama dan mencoba menciptakan nada baru berdasarkan perasaannya. Apakah EDO sebagai pemain biola juga begitu? Apakah EDO menciptakan nada-nada khusus untuk mantan kekasihnya itu? Yahhh, karena itulah kenapa aku mau baca buku ini 😂😂😂

  20. Nama : Triannisa Hartami
    Akun twitter : @trichan
    Kota : Jakarta

    Kenapa ingin membaca novel ini?
    Hmmm..karena menurut saya novel ini sangat menarik untuk dibaca. dibuat oleh 5 orang penulis menjadi satu novel, pasti sangat berat sekali.
    Dengan cerita cinta tiga cowok yang memiliki masalahnya sendiri, membuat saya penasaran, dari yang harus move on, memilih keluarga atau kekasih dan yang harus berani.. Itu semua sangat menarik, karena kebiasaan yang seperti itu perempuan.

  21. Nama : Triannisa Hartami
    Akun twitter : @trichan
    Kota : Jakarta

    Kenapa ingin membaca novel ini?
    Hmmm..karena menurut saya novel ini sangat menarik untuk dibaca. dibuat oleh 5 orang penulis menjadi satu novel, pasti sangat berat sekali.
    Dengan cerita cinta tiga cowok yang memiliki masalahnya sendiri, membuat saya penasaran, dari yang harus move on, memilih keluarga atau kekasih dan yang harus berani.. Itu semua sangat menarik, karena kebiasaan yang seperti itu perempuan.

  22. Nama : Triannisa Hartami
    Akun twitter : @trichan
    Kota : Jakarta

    Kenapa ingin membaca novel ini?
    Hmmm..karena menurut saya novel ini sangat menarik untuk dibaca. dibuat oleh 5 orang penulis menjadi satu novel, pasti sangat berat sekali.
    Dengan cerita cinta tiga cowok yang memiliki masalahnya sendiri, membuat saya penasaran, dari yang harus move on, memilih keluarga atau kekasih dan yang harus berani.. Itu semua sangat menarik, dan unik, karena biasanya cerita seperti itu tentang cewek, dan ini cowok.
    Selain itu covernya lucu banget, dan saya sangat ingin membaca langsung kalimat favoritnya🙂

  23. Nama : Triannisa Hartami
    Akun twitter : @trichan
    Kota : Jakarta

    Kenapa ingin membaca novel ini?
    Hmmm..karena menurut saya novel ini sangat menarik untuk dibaca. dibuat oleh 5 orang penulis menjadi satu novel, pasti sangat berat sekali.
    Dengan cerita cinta tiga cowok yang memiliki masalahnya sendiri, membuat saya penasaran, dari yang harus move on, memilih keluarga atau kekasih dan yang harus berani.. Itu semua sangat menarik, dan unik, karena biasanya cerita seperti itu tentang cewek, dan ini cowok.
    Selain itu covernya lucu banget, dan saya sangat ingin membaca langsung kalimat favoritnya🙂

  24. nama:Lina Mufidah
    twitter:@linamufidah4
    kota tinggal: Tangerang
    Pertanyaannya adalah berikan alasan kenapa kamu ingin membaca buku ini?
    Karena aku mau menyelesaikan rasa penasaranku sama cerita singkat yg ditulis di blog kak Luckty tentang 3 tokoh yang berbeda karakter ini. Tentang Edo si susah moveon. Tentang Dimas yang sedang bimbang dengan pilihan hatinya dan Satrio yang penakut mengungkapkan cinta. Dan tentang biola dalam cerita ini.🙂

  25. Riqza Nur Aini,@riqzanainiee,Demak,Jateng
    .
    .
    Karena aku belum punya,lalu,karena buku Eternal Flame itu mengangkat tema yg unik, setiap tokokhnya juga memiliki sifat² yg berbeda dan saling melengkapi satu sama lain,sampulnya juga bagus,alurnya bagus,banyak pertanyaanku yg hanya bisa dijawab jika aku memiliki buku ini^^

  26. Nama: Ita
    Akun twitter: @terhujan
    Domisili: Sleman, DIY

    Sebelum saya memberitahu alasan saya ingin membaca buku ini, saya ingin lebih dulu menjelaskan mengapa saya tertarik mengklik laman yang berseliweran di linimasa dengan label #GAEternalFlame ini. Yaitu karena cover-nya!
    Saya tipe orang yang menganut prinsip “always judge a book by its cover” ketika saya belum tahu penulisnya dan belum membaca reviewnya. Saya jatuh cinta dengan cover buku ini. Sesungguhnya desainnya sederhana. Akan tetapi, entah kenapa warna biru yang mendominasi ini memberi kesan mendalam pada sebuah biola yang menjadi ikonnya.
    Dan setelah saya membaca review dari Mbak Luckty, saya semakin ingin membaca buku ini , karena: pertama, bertema tentang musik (ya, saya selalu suka!) dan saya penasaran benang tak terlihat macam apa yang menghubungkan kehidupan 3 lelaki itu. Sekian, dan semoga rasa penasaran saya segera terjawab*!

    *maksudnya, segera dapet bukunya :p

  27. Nama: Kiki
    Twitter: @DekKiii25
    Domisili: Nganjuk

    Oke, alasan pertama adalah tokoh utamanya adalah cowok. C-o-w-o-k! Gue nggak pernah membaca novel dari sudut pandang seorang cowok, ehm … lebih tepatnya pria. Apalagi novel ETERNAL FLAME mengusung 3 tokoh utama pria yang memiliki pekerjaan berbeda. Ini tuh unik! Penulisnya banyak dan anti mainstream. Alasan kedua, novel ini unik, aku belum pernah baca novel duet, trio atau rame-rame. Jadi hasrat menyicipi buku ini hingga halaman terakhir kian menggebu. Ketiga, gue pengen tahu arah berpikir cowok. Selama ini cowok itu susah ditebak dan membuat gue mencak-mencak. Gue baca sinopsis ETERNAL FLAME ini akan dipaparkan tentang 3 pria, jadi gue makin penasaran tuh, gimana gaya pemikiran 3 pria berbeda sifat. Terakhir, gue suka covernya.

  28. Nama : Yanti
    Twitter : @NelyRyanti
    Domisili : depok
    Jawaban
    Saya pengin baca buku ini, alasannya :
    1. Tertarik dgn covernya yg eye catching
    2. Penulisnya ada 5 sekaligus
    Saya belum pernah baca novel yang penulisnya 5 orang sekaligus..itu pasti beda
    3. Saya baru tahu naya corath ternyata penulis, sering mention ke beliaunya..:)
    #sungkem dulu. Dan Kristina yovita, saya sering baca cerita nya di wattpad…itu keren keren . Jadi pengin baca bukunya
    4. Tokoh utamanya laki laki semua..saya suka baca pov nya dari laki laki padahal penulisnya perempuan semua. Menurutku ini bukan hal yg mudah
    5. Di review disebutkan satria punya pekerjaan unik…saya penasaran apa pekerjaanya
    6. Ini yg terakhir…saya sudah puluhan kali ikut GA Luckti belum pernah beruntung…semoga kali ini rejeki saya ,#wishmeluck

  29. Nama: Gestha
    Twitter: @AltGST
    Domisili: Bangka Belitung

    1. Penasaran sama Eternal Flame yang ditulis sama 5 penulis. Belum pernah baca tulisan ke-5 penulis itu jadi bersemangat banget untuk pengen baca Eternal Flame
    2. Tertarik sama kisah Satria, gimana perjuangan dia yang cukup mencintai dalam diam. Terus gimana cara dia ngeberaniin diri.
    3. Pengen tahu apa yang unik dari Eternal Flame ini selain ditulis oleh lima penulis itu.
    4. Blurbnya oke, covernya apalagi~~
    5. Pengin nyerap tiap nilai moral dari kisah Edo, Dimas, dan Satrio.

  30. Nama: Kiki Suarni
    Twitter: @Kimol12
    Kota: Batubara

    Kenapa aku ingin baca buku ini?

    Jawaban:

    Inget banget dulu aku browsing dan ketemulah sama blog Mba Naya Corath. Sering baca cerita-cerita yang dia tulis. Dan inget banget mba Naya itu impiannya pengen bukunya diterbitin. Dan ternyata impiannya tercapai, Eternal Flame menjadi realisasi usaha dan doanya. Jadi ikutan seneng juga pas pertama tau tentang novel ini terbit dan ada nama Mba Naya di situ. Jadi yah, aku penasaran banget sama Eternal Flame sebagai debutnya Mba Naya.

    Alasan lain yaitu ini novel ditulis lima penulis perempuan dan main role karakternya laki-laki. Well, jadi pengen tau gimana sudut pandang penulis Eternal Flame yang notabene cewek terhadap sosok lawan jenis, cowok. Mengenal sosok laki-laki melalui kacamata perempuan. Interesting.

    Terima kasih.

  31. Khoyul
    @Jkhoyul
    Blitar

    Ingin baca buku ini jelas karena ingin tahu masalah dan penyelesaian dari ketiga pria yg ada dalam novel itu.

  32. Nama : Yulia F
    Twitter : @Hi_Wkkie
    Domisili : Palembang
    .
    Kenapa?
    Karena aku tertarik dan penasaran dengan buku ini.
    1) Aku tidak pernah membaca buku yang di tulis oleh 5 orang yang berbeda (Pernah, tapi itu kumpulan cerpen dan sudah jelas bagian-bagiannya). Penasaran, tulisannya nanti bedanya berasa di bagian mana (perbab atau random).
    2) Buku ini menggunakan sudut pandang cowok yang punya masalah sama urusan cinta. Ini jarang, biasanya orang bakal gunain sudut pandang cewek, karena kebanyakan cewek yg jadi korban(?). Penasaran, kalo sudut pandang cowok bakal semerana cewek ga ya?
    3) Cerita tentang masalah cinta cowok, yg cerita pihak cowok, tapi yang nulis cewek.
    4) Kalau aku ga salah nangkep dari riview-an di atas, tokoh utamanya ada 3 kan? kalau iya, itu porsi ceritanya adil ga ya. Karena biasanya yang lain cuma pendukung. Penasaran >.<
    5) Setiap buku pasti punya pesan. Dan aku penasaran pesan dari cerita ttg cowok dan cintanya yang ingin di sampaikan penulis ini apa.
    6) Covernya menarik. Sekali liat aja, aku jadi berasa ikut sendu/galau. Di tambah biola, manis.
    7) " Hadiah akan langsung dikirimkan oleh penulisnya!"
    Penulisnya ada lima, hadiahnya ada lima juga dong😀 / ga mbak, becanda/ aku cuma berharap kalau bisa menang GA ini, dan novelnya dikirim langsung dari penulisnya, bisalah sekalian bonus TTD-nya😀 /hahaha~ bisa menang aja syukur -_- abaikan poin ke 7 ini mbak🙂 /
    .

  33. Nama : Yulia F
    Twitter : @Hi_Wkkie
    Domisili : Palembang
    .
    Kenapa?
    Karena aku tertarik dan penasaran dengan buku ini.
    1) Aku tidak pernah membaca buku yang di tulis oleh 5 orang yang berbeda (Pernah, tapi itu kumpulan cerpen dan sudah jelas bagian-bagiannya). Penasaran, tulisannya nanti bedanya berasa di bagian mana (perbab atau random).
    2) Buku ini menggunakan sudut pandang cowok yang punya masalah sama urusan cinta. Ini jarang, biasanya orang bakal gunain sudut pandang cewek, karena kebanyakan cewek yg jadi korban(?). Penasaran, kalo sudut pandang cowok bakal semerana cewek ga ya?
    3) Cerita tentang masalah cinta cowok, yg cerita pihak cowok, tapi yang nulis cewek.
    4) Kalau aku ga salah nangkep dari riview-an di atas, tokoh utamanya ada 3 kan? kalau iya, itu porsi ceritanya adil ga ya. Karena biasanya yang lain cuma pendukung. Penasaran >.<
    5) Setiap buku pasti punya pesan. Dan aku penasaran pesan dari cerita ttg cowok dan cintanya yang ingin di sampaikan penulis ini apa.
    6) Covernya menarik. Sekali liat aja, aku jadi berasa ikut sendu/galau. Di tambah biola, manis.
    7) " Hadiah akan langsung dikirimkan oleh penulisnya!"
    Penulisnya ada lima, hadiahnya ada lima juga dong😀 / ga mbak, becanda/ aku cuma berharap kalau bisa menang GA ini, dan novelnya dikirim langsung dari penulisnya, bisalah sekalian bonus TTD-nya😀 /hahaha~ bisa menang aja syukur -_- abaikan poin ke 7 ini mbak🙂 /

  34. Nama : Ginarati Tresnalia
    Akun Twitter : @GinaTresnalia
    Kota Tempat Tinggal : Baturaja, OKU, SUMSEL

    “berikan alasan kenapa kamu ingin membaca buku ini”

    kalo ditanya kaya gitu. jawaban aku satu. PENASARAN!
    aku kepooo nih, jadi pengen tauu kelanjutan kisahnya kaya apa..
    sudut pandang cowok nya itu loh. kan biasanya novel yang bergenre kaya gini tuh make sudut pandang cewe, ini tuh BEDA!
    nyeritain tiga cowo dengan karakteristik dan pribadi yang berbeda, tapi sama-sama memiliki problem dalam urusan cinta. Edo harus move on dalam kisahnya bersama Sophia, harus move on dalam menghadapi hidup, dan harus move on menerima kenyataan. Dimas harus memilih maju atau mundur, memilih keluarga atau kekasihnya dan harus memilih antara ego dan hati kecilnya. Satria harus berani mencoba. Harus berani berkenalan lebih jauh dengan Rena. Harus berani berdamai dengan masa lalunya. Dan harus berani melanjutkan mimpinya.
    apalagi ini novel hasil karya beberapa penulis. pasti KEREEENNN banget ini.
    aku WAJIB baca! hehe

  35. Pingback: [BLOGTOUR] REVIEW Eternal Flame + GIVEAWAY | Gina18's Blog

  36. Nama : Nurhidayanti
    Akun Twitter : @CallMe_Yanti
    Kota tinggal : Martapura

    Alasan saya mau buku ini.
    Review-nya sangat menarik dan menggugah hati untuk membaca dan memiliki buku ini, selain itu karena novelnya berbau ‘musik’ karena sampulnya ada gambar Biola dan nada -nada, saya sangat suka segala yang berhubungan dengan musik karena saya sangat suka musik, bagi saya musik adalah teman yang bisa menghibur dan menyemangati dan membawa kita ke tempat lain, mengingat nostalgia dan kadang terbawa perasaan, seperti buku. Buku juga seperti teman, dia adalah teman yang setia dan selalu ada, tak bersuara tapi selalu bisa mengaduk-aduk perasaan dengan isinya. Selain itu sangat tergugah dengan quotes yang ada di buku ini yaitu : “Orang-orang yang cukup beruntung untuk merasakan jatuh cinta nggak seharusnya menyerah. Karena di dunia ini, ada jutaan orang yang juga menginginkan hal sama tapi nggak pernah mendapatkannya, bahkan setelah mencari seumur hidup. (hlm. 190)”.
    Kata-kata ini menggungah sekali, bahwa kita harus berjuang demi cinta dan jangan pernah menyerah untuk cinta.
    Ketiga tokoh di novel ini juga menarik dari profesi yang unik, juga memiliki masalah cinta dan problema masing-masing. Dan karena ketiganya cowok, pasti ditulis dari sudut pandang cowok dan pasti ganteng -ganteng (masa cantik, kalo cantik kan perempuan). Selain itu penasaran juga sama Mamanya Edo yang katanya tokoh paling favorit mbak luckty dalam buku ini, Mama yang bersahaja dan pengertian (persis kayak Mama saya, hehehe). Juga yang bikin penasaran adalah karena ini novel hasil kolaborasi dari 5 (lima) orang penulis, dan pasti dikerjakan dengan sangat rumit ya karena oleh banyak orang. Dan pastinya novel ini sangat bagus dan layak dibaca. Saya harap saya berkesempatan untuk membaca kisah hidup Edo, Dimas, Satria dan lika-liku kisah cinta mereka bertiga.

  37. Eris Andriani
    @RizAnNie88
    Kota Batu Jatim
    Follow blog via email: Eyis yis

    Alasan kenapa aku pengen baca buku ini karena:

    1. Ini adalah novel kolaborasi tentang cinta. Dimana cinta itu ditarik dan diulur, ditangisi dan dibenci tapi dirindui untuk dirasakan . Sangat cocok untuk kubaca, karena aku ingin mengenal arti cinta lebih luas lagi.

    2. Tampilan buku ini cantik. Covernya berwarna biru dengan objek biola yg sedang mengalunkan rangkaian nada. Aku berharap gambar biola ini bisa berdiri kokoh dirak buku ku nantinya.

    3. Aku merasa bahwa karakter menggemaskan Edo disini sebelas duabelas mirip dengan ku. Yaitu sama.sama sulit untuk move on😦 . Aku ingin tau bagaimana cara Edo perlahan.lahan bisa melupakan masa lalunya dan bisa melangkah menembus gerbang masa lalu untuk move on, siapa tau bisa ku contoh hehe

    4. Aku penasaran bagaimana cara Dimas menghadapi dan memperjuangkan kisah cintanya yang terhalang oleh ego seorang ibu.

    5. Aku juga penasaran dengan sosok Satria, cowok yg lebih memilih diam.diam menyukai seseorang dan menahan getaran cintanya.
    Ada yang bilang kalau jadi cowok tuh enak bisa mengutarakan perasaannya sebebas mungkin dan lain dengan cewek yang hanya bisa memendam perasaannya.
    Aku penasaran gimana sih cowok kalau memendam perasaan kira.kira sebaper cewek nggak ya, hehee… mungkin buku ini bisa menjawabnya.

    6. Dengan melihat kerumitan dari masalah yang ada, aku yakin didalam buku ini pasti tersimpan makna bahwa setiap masalah pasti ada jalan keluarnya, asalkan kita tetap berusaha dan menghadapinya. Sangat cocok untuk dijadikan motivasi baru dan pengalaman baru walaupun aku tidak mengalami hal itu secara langsung🙂

    7. Aku juga penasaran dengan keseruan ide dari lima penulis dengan gaya masing.masing yang berbeda, namun mampu melebur menjadi satu rangkaian cerita utuh yang pastinya menarik. Yang menceritakan 3 tokoh pria yang berbeda karakter, dengan 3 masalah yang berbeda, namun dengan konflik yang sama yaitu cinta. Waahh makin penasaraaann maksimal….

  38. Nama : Tanya Fransisca
    Akun Twitter : TanyaFcsh_
    Kota : Tangerang

    Kenapa mau buku ini? Karena judulnya yg menarik
    ETERNAL FLAME
    kalo saya cari artinya di kamus
    Artinya itu api abadi
    Tapi kok gambarnya malah biola dan tentang kisah 3 pria yg sedang bermasalah dengan cinta mereka
    Saya ingin menemukan hubungan antara judul dengan isi novel ini dan untuk mewujudkan hal itu semoga saya bisa menang ^^

  39. Nama: Kitty
    Akun twitter: @womomfey
    Link share: https://twitter.com/WoMomFey/status/697888887671099392
    Kota: Jakarta

    Kenapa aku kepengen baca buku ini?

    1. Review yang ditulis oleh Kak Luckty ini adalah salah satu alasan kenapa aku kepengen baca buku ini. Aku kepengen lihat sendiri benang merah diantara ketiga tokoh utama pria dalam novel ini. Aku juga kepengen tau gimana endingnya.
    2. Aku pernah baca “behind the scene”nya pembuatan Eternal Flame ini langsung di blognya Naya Corath dan ada juga cuplikan book trailernya disana. Nah ini yang makin bikin aku kepengen baca sendiri kisahnya.
    3. Selama ini aku menduga-duga kalau buku ini diberi judul Eternal Flame karena tokoh-tokohnya sama-sama memiliki Api Cinta Abadi meski objek dan cara mereka mengaplikasikan Api Cinta Abadi itu berbeda-beda.
    4. Aku pernah baca novel yang ditulis oleh 2 orang penulis, tapi novel yang ditulis oleh 5 penulis sekaligus adalah hal yang luar biasa! Apalagi setelah aku tahu bahwa ke-5 penulisnya adalah sama-sama perempuan tapi justru memilih menulis novel dengan 3 tokoh utama pria! Ah iya, yang menarik lagi adalah, ke-5 penulis yang berkolaborasi dalam Eternal Flame ini memiliki rentang usia yang berbeda-beda, mulai dari yang masih mahasiswi sampai editor dan bahkan dosen! Pasti bukan hal yang mudah untuk menyatukan lima isi kepala tersebut menjadi sebuah kisah utuh yang menyentuh. Ini adalah buku yang wajib kubaca dengan mata kepalaku sendiri!
    5. Berkali-kali aku mengikuti GA di blognya Kak Luckty ini, belum pernah sekalipun GOL! Hehehe. Tapi aku gak akan patah arang. Mungkin kali ini akan jadi takdirku untuk menjadikan Eternal Flame sebagai milikku melalui GA ini^^ (ceritanya kepedean). Hehehe.

  40. nama: rati pramita
    @ratipramita
    Bogor

    Kenapa mau baca buku ini?

    Karna aku sedang bermasalah dengan cinta. Patah hati. Sulit move on. Rindu dan benci jadi satu. Harapan dan kecewa bertabrakan. Siapa tau buku ini bisa jadi obat. Amin.

  41. Nama: Cholifah
    Twitter: @liefahzaneta
    Domisili: Cikarang

    Q: “Berikan alasan kenapa kamu ingin membaca buku ini?”

    A:”Novel ini menjelaskan bagaimana memahami lebih dalam makna kehidupan: Cinta, Perjuangan, berdamai dengan masa lalu, luka, menata kembali harapan dan masa depan yang harus diperjuangkan.
    Memiliki banyak pesan moral yang terdapat didalam novel ini yang membedakan dari novel lainnya, untuk itu saya menginginkan novel ini untuk mengetahui “Seharusnya dan sebaiknya” dalam bersikap dalam setiap keputusan.🙂

  42. Nama: Eka Sasining Putri
    Akun twitter: @cha_ichie
    Domisili: Kediri Jawa Timur

    Ini pertama kalinya saya ketemu novel yang ditulis oleh lima penulis sekaligus. Selain ide cerita, author novelnya sendiri sudah menarik. Saya penasaran bagaimana kelima penulis saling membangun kisah dengan gaya penulisannya masing-masing. Saya memang tertarik pada kisah yang tidak hanya berbobot di percintaan, tapi juga di kekeluargaan, karena itu saya begitu ingin membaca novel ini.
    Sebenarnya saya tidak mampu menggambarkan bagaimana saya begitu menginginkan Eternal Flame. Seorang pembaca yang jatuh cinta selalu kesulitan mengutarakan rasa cintanya, ‘kan?🙂

  43. Nama : Humaira Balfas
    Akun Twitter : @RaaChoco
    Kota : Purwakarta, Jawa Barat

    Pertanyaannya adalah berikan alasan kenapa kamu ingin membaca buku ini. Mudah kan?😉

    Jawabannya seperti mencari kelebihan dan hal yang menarik dari hasil review buku sebelum membelinya secara online😀

    Ini alasanku :

    1. Pertama kali baca judulnya yang kepikiran itu lagu Eternal Flame-nya Bangles. Secara garis besar, saya ingin tahu alasan utama dari pemilihan judul novel ini.
    2. Cover yang cantik tapi isinya macho (isinya tentang cowok semua).
    3. Ingin tahu sosok pria dalam sudut pandang seorang penulis wanita. Klo tokoh utamanya wanita itu udah sering (bahkan yang penulisnya pria sekalipun).
    4. Semua masalah dalam novel ini menjurus kepada ke-galau-an. (Pria yg galau itu seperti apa ya?😀 ). Tapi dalam novel ini saya yakin para penulisnya akan menyelesaikan masalah tersebut dengan apik dan bijak, yang memang akan membuat para pembaca bisa lebih terbuka menerima dan menyelesaikan masalah dari sudut pandang yang berbeda. Karena itu juga saya ingin sekali membaca novel ini.
    5. Kata ka Luckty novel ini kolaborasi dari 5 orang penulis. Menurut saya, menyatukan ide dalam benak 2 orang saja sangat sulit, terlebih ini 5 orang. Suatu hal yang berbeda bukan? Menarik sekali.
    6. Ingin melihat makna cinta dari sudut pria dan bagaimana cara seorang pria memaknai cinta.
    7.. Yang paling membuat menarik novel ini adalah semua tentang para pria, ego, dan hatinya.

    Yang terakhir untuk buku ini adalah 1 Novel, 3 Pria, 5 Kepala😀

    Semoga saya beruntung, hehehe😀
    #edisingarep #edisimupeng

  44. Nama : Veny
    Twitter : @yutakaNoYuki
    Domisili : Balikpapan

    Mau novel ini karena covernya bagus, cantik, romantis banget. Selain itu aku belum pernah baca novel yang ditulis keroyokan sama 5 penulis, itu ribetnya gimana ya ?😀
    Tertarik sama karakter Satria, pecinta dalam diam, dan penasaran gimana akhir kisah cerita cintanya …

  45. Nama : Gea
    Twitter : @harovansi
    Domisili : Pekanbaru

    Ada banyak alasan kenapa pengen baca buku ini (setelah baca reviewnya mbak luckty) :
    1. Ini novel tentang cowok.😀 Bukan bermaksud seksis, tapi jarang sih naca novel drama yang tokoh utamanya cowok. Seringkali kalau tokoh utamanya pria biasanya beegenre adventure, thriller, kriminal atau aksi. Jadi novel dengan tokoh utama pria langka juga sih menurutku.
    2. Aku selalu suka novel dengan multi plot yang pusatnya lebih dari satu orang. Apalagi kalau ternyata kisah mereka saling terkait. Aku baru baca beberapa novel yang kayak gini, paling keren “ayah” karangan andrea hirata.
    3. Novel ini ditulis keroyokan, jadi kepo aja gimana nanti gaya bahasanya. Apa bakalan beda beda nuansanya gitu? Apa tetap bisa senyawa?

  46. Nama : Asep Dandan
    Tempat tinggal : Bandung
    Twitter : @DandanAsep
    Link Share : https://twitter.com/DandanAsep/status/698303108695195648

    alasan ingin membaca buku enternal flame :
    1. belum pernah baca novel yang ditulis oleh lebih dari satu penulis.
    2. dilihat dari review serta kalimat-kalimat favorit yang di kutip dari bukunya jadi bikin penasaran dengan isinya secara kesekuruhan.
    3. coverya keren.
    semoga saya beruntung, semoga saya bisa merasakan buku yang ditulis oleh 5 penulis sekaligus.:D

  47. Nama : Asep Dandan
    Tempat tinggal : Bandung
    Twitter : @DandanAsep

    alasan ingin membaca buku enternal flame :
    1. belum pernah baca novel yang ditulis oleh lebih dari satu penulis.
    2. dilihat dari review serta kalimat-kalimat favorit yang di kutip dari bukunya jadi bikin penasaran dengan isinya secara kesekuruhan.
    3. coverya keren.
    semoga saya beruntung, semoga saya bisa merasakan buku yang ditulis oleh 5 penulis sekaligus.

  48. Nama : Diah Pujiawati
    Twitter : @She_Spica
    Kota : Bekasi

    Kenapa mau banget buku ini??
    Karena saya amat sangat suka sama karya mbak Naya dengan karya persahabatan fenomenalnya Julie Light dan Kelas Pranciss!! >_<
    I love her so fuck!!! Udah kaya penguntit tiap hari kepoin nayacorath.com biar bisa baca karyanya. Dan sekarang novel, yang kalau gak salah, perdananya ini keluar?!
    Kyaaaaaaa!! Pingin banget, mbak! pingin lihat karya mbak Naya yang lainnyaaaaa….. berkolaborasi dengan 4 penulis kece lainnya pula😀
    Well, alasan kedua karena penasaran lihat sinopsisnya. Selama ini ada banyak sekali kisah roman yang menggambarkan cinta hanya dari sudut pandang wanita saja. Dan, well, buat saya yang gak pernah sekali pun dekat dengan lelaki mana pun (termasuk ayah saya, karena memang sudah lama meninggal), novel ini sepertinya sangat menarik karena akan menampilkan berbagai cinta darit sudu pandang para pria. Dan yeah, sepertinya bisa dijadikan sebagai pelajaran juga untuk mengetahui bagaimna isi hati para lelaki yang memiliki sifat dan kriteria yang sama seperti para tokoh pria di dalam buku itu.

    Wish me luck. BIar bisa bawa pulang karya mbak Nayaaaaa ^^

  49. Estiy
    @estiyuliastri
    Mojokerto

    COVER & JUDUL. Pemilihan keduanya benar-benar membuat pembaca melirik & meningkatkan rasa penasaran. ETERNAL FLAME juga memiliki halaman yg lumayan tebal, pembaca sepertinya akan dimanjakan dgn kisah cinta para tokohnya🙂
    IDE CERITA. Tiga lelaki dengan karakteristik & pribadi yg berbeda, tapi sama-sama memiliki problem dalam urusan cinta. Ide cerita ini memberi ragam pilihan bacaan baru untuk pembaca sepertiku, yg suka menikmati teka-teki romansa yg disajikan dalam buku ini. Aku juga dibuat penasaran hal apa saja yang bakal aku temukan di setiap halamannya, karna buku ini ditulis oleh 5 kepala.😄
    TOKOH. Para pria yg disuguhkan dalam ETERNAL FLAME dgn masing2 konfliknya sangat mencuri perhatian. Aku dibuat jatuh cinta dgn konflik yg dijabarkan oleh review kak Luckty di atas😀
    Trimakasi

  50. Nama : Yeyen Nursyipa
    Twitter : @YeyenNursyipa
    domisili : Bandung
    Link Share : https://twitter.com/YeyenNursyipa/status/698568654313512960

    Satu novel dibuat oleh lima orang penulis sekaligus yang semuanya PEREMPUAN. luar biasa. Menyatukan dua pikiran saja sulit apalagi lima. Aku sangat suka dengan novel-novel yang di buat oleh para penulis perempuan. aku ingin tau bagaimana perkembangan kesusastraan indonesia, dan bagaimana kontribusi perempuan dalam perkembangan tersebut. dan aku rasa, buku ini menjadi salah satu bukti bahwa para penulis perempuan juga mampu sehebat penulis laki-laki.

    Kenapa novel ini? Karena kerumitan dalam pembuatannya dan pemikiran-pemikirannya berbeda dari penulis laki-laki. Bagaimana cara para penulis perempuan ini bisa menggunakan sudut pandang laki-laki sedang mereka sendiri perempuan? bagaimana pula mereka bisa menyatukan ide-ide mereka sehingga menjadi satu cerita utuh. Lazimnya, penulis ingin ide mereka yang lebih menonjol dari yang lainnya, tapi ini tidak. semua penulis memiliki porsi yang sama. Tentu itu semua membutuhkan para perempuan hebat yang mengesampingkan ego mereka masing-masing sehingga bisa menghasilkan satu cerita. And I wonder how they can do those thing. that’s why I want this book so badly.

  51. Nama : Nova Indah Putri Lubis
    Twitter : @n0v4ip
    Domisili : Medan
    Link share : https://twitter.com/n0v4ip/status/698616154407841793

    Kenapa saya ingin buku ini? Karena saya ingin membaca sebuah buku yang ditulis keroyokan… hehe. Soalnya saya belum pernah merasakan membaca buku yang penulisnya lebih dari satu orang. Kalo penulisnya lebih dari satu, saya seringnya baca kumcer. Tapi kalo kumcer kan satu penulis satu cerita, nah kalo buku ini beda. Itu sebabnya saya ingin sekali membacanya. Soalnya membayangkan 5 kepala dengan 5 ide dan pemikiran yang berbeda bisa menulis cerita yang berkesinambungan itu kan keren…😀 Semoga saya berhasil mendapatkan buku ini… ^^

    Terima kasih kak ^^

  52. Nama: Era Iswara
    ID twitter: @eraiswara
    Kota tinggal: Yogyakarta

    Pertanyaan:
    “berikan alasan kenapa
    kamu ingin membaca
    buku ini. Mudah kan?”

    Jawaban:
    Pertama, aku tertarik dari judulnya. Sepintas ingat sama judul lagu. Terkesan klasik tapi ada unsur romance yang selalu never die.

    Kedua dari review nya kak Luckty. Penggambaran tokohnya dari sudut pandang pembaca. Jadi penasaran sama penjabaran aslinya oleh penulis. Quotesnya yang menarik, dan kena banget, jadi kaya’nya aku banget nih. Jadi aku berharap banget bisa baca langsung novel ini.

    Ketiga, alasan yang pribadi. Aku lagi berusaha move on dan mengambil keputusan. Makanya masalah cinta itu never die yaa. Aku rasa dengan referensi dari berbagai sudut pandang penulis di buku ini akan memperkaya wawasan dan cara pandang permasalahan serta solusi yang sedikit banyak mempengaruhi kehidupan nyata. Walaupun dari media buku tapi sebagai pembaca pasti ada sensasi tersendiri membaca kisah lain yang ‘aku banget’ jadi pembaca sedemikian rupa akan menempatkan dirinya di situasi yang sama.

    Semoga aku berjodoh sama novel ini, Amiin. Dan ini pertama kalinya aku ikutan giveaway, semoga dapet deh. Makasih kak Luckty ^^

  53. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    Karangasem, Bali

    Menurutku novel ini sangat istimewa karena banyak hal. Ditulis oleh lima kepala, pasti racikannya makin mantap mengingat menyatukan jalan pikiran dan menyelaraskan gaya bercerita itu nggak gampang. Novelet dengan penulis terbanyak yang pernah ku baca ditulis oleh 4 orang. Novel ini juga hasil dari sebuah workshop, tentu nggak banyak yang bisa lahir lewat jalur ini. Rasanya lebih matang aja hasilnya hehe.. selain itu,mengambil sudut pandang laki-laki oleh penulis perempuan, setepat apakah penggambaran karakter mereka?. Dan yang terakhir, aku penikmat musik serta penggila buku, kombinasi sempurna didapat pada novel ini🙂
    Well.. selain memburu ini aku juga tertarik dengan Yesterday in Bandung, semoga dapat memenuhi wishlist.

  54. Nama : Agatha Vonilia Marcellina
    Akun twitter : @Agatha_AVM
    Domisili : Jember

    Alasannya :
    1. Aku pernah baca novel kompilasi dari beberapa penulis dan malah membuatku bingung. Aku orang yang gampang bingung kalau baca cerita tidak berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Aku membaca novel tersebut beberapa kali dan nggak paham sama sekali dengan alur ceritanya. Aku masih menghindarinya hingga sekarang. Setelah membaca beberapa review di goodreads dan di blog kakak tentang novel ini, aku tertarik mencoba untuk membaca kembali.

    2. Cover novel dengan background biola ini yang bikin aku jatuh hati juga. I love all about violin. Walaupun nggak bisa main, tapi tetep aja serasa teduh kalau ada orang mainin violin. Apalagi novel yang berbalut tentang musik dan violin, pasti dehhhhh mellowww banget ceritanya. Aku suka dan suka.

    3. I love my mom. Kalau sudah ada sosok seorang ibu dalam sebuah novel, pesan dan amanatnya sudah tidak diragukan lagi. Banyak pelajaran yang bisa aku petik setelah membaca ‘Eternal Flame’ nantinya.

  55. Nama : Meilina Istanti
    Twitter : @Meic_Chan
    Domisili : Banyumas

    Mau banget baca novel Eternal Flame karena :
    1. Dari reviewnya, isi novelnya menggugah minat bacaku.
    2. Pensaran sama perpaduan gaya menulis dari 5 penulis Eternal Flame. Pernah baca kisahnya di blog kak Naya, dan aku jadi kepo sama novelnya, hehe😀
    3. Ada salah satu penulis fav-ku di novel ini. Aku selalu suka dan penasaran di setiap postingan ceritanya di blog. ^_^
    4. Aku pengin tau lebih dalam karakter Ibunya Dimas. U,U mungkin bisa jadi panduan untuk menghadapi camer yang kek gitu. Wkwk
    5. Selebihnya karena aku doyan baca. Apalagi novel yang bergizi kek gini, banyak pesan moralnya. Hehe ^_^

  56. Nama : Widya Neva
    Akun twitter : @widyaneva2
    Kota tinggal : Bandar Lampung

    1. Suka sekali covernya : elegan dan mengundang rasa penasaran, keingintahuan lebih dalam

    2. Belum pernah baca novel dengan lima penulis. Ini pasti karya yang tidak sembarangan. Butuh kerja sama apik.

    3. Menarik karena diatas diceritakan novel ini mengisahkan beberapa laki-laki. Padahal ini ditulis oleh para penulis perempuan. Aku tidak bisa mengungkapkan lagi bagaimana menjeslakan tentang ketertarikan yag satu ini.

    Semoga bisa ‘merasaka’n sebuah novel berjudul “Eternal Flame” karya lima penulis cantik (Dheean Reean, Kristina Yovita, Naya Corath, Nurisya Febrianti, Susi Lestari). Semoga novelnya banyak yang beli, bermanfaat, menginspirasi aamiin. Sukses untuk Kak Lucty, penerbit Elexmedia dan semuanya aamiin

  57. Nama: Leny
    Akun twitter: @Lenny66677291
    Kota: Rantau kalsel
    alasan pengen baca, karena aku pada awalnya sangat tertarik dengan covernya. Selain itu aku juga penasaran karena buku ini ditulis oleh lima penulis sekaligus.
    Aku penasaran seperti apa sih membaca novel yang ditulis secara bersama seperti ini. Sebab aku belum pernah membaca novel yang ditulis lebih dari satu orang. Dan yang paling penting karena penasaran dong dengan cerita didalamnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s