REVIEW Kitab Sakti Remadja Oenggoel

kitab sakti

Manusia itu harus punya tujuan, dan tujuan itu harus diniatin dalam rangka menunaikan segala perintah-Nya dalam menjauhi larangan-Nya. Karena hanya dengan niat yang benar, juga dibarengi dengan praktiknya, maka hidup kita insya allah akan selamat. Nggak hanya di dunia, tapi juga di akhirat. (hlm. 33)

Ada banyak seputaran pengetahuan khusus untuk remaja. Karena saya bekerja di sekolah, buku ini cocok sekali, semacam panduan menghadapi para remaja yang galau. Nggak hanya galau dalam hubungan asmara, tapi seringkali remaja juga galau dalam menentukan hidup; memilih jurusan, minat dan hobi yang seringkali bertolak belakang dengan keinginan orangtua.

Bahasan menarik yang dikupas adalah PASSION. Dalam banyak kisah, hobi dan keahlian yang ditekuni sejak belia, terbukti menjadi gerbang jalan pembuka menuju pencapaian cita-cita dan peluang untuk meraih kesuksesan. Karena hobi dan keahlian seseorang dalam bidang tertentu biasanya terkait erat dengan passion. Passion adalah kombinasi antara kenikmatan, makna dan perasaan, sehingga dengan passion itu kita pun rela melakukan dan menekuni sebuah aktivitasi dengan sepenuh jiwa raga dan kesetiaan. Salah satu tokoh yang mengikuti passion sejak muda adalah Mark Elliot Zuckerberg, pemilik facebook, situs yang menjadi salah satu media sosial terpopuler di dunia. Situs ini juga yang sekaligus mengantarkan Mark sebagai peraih Young Global Leaders pada tahun 2009 dan juga mengantarkannya menjadi pemuda berusia 24 tahun yang telah menghasilkan uang sebesar 1,5 milyar dolar dan masuk jajaran 400 orang terkaya di Amerika versi Forbes, dan menjadi orang kaya termuda dalam daftar tersebut. Makanya, jangan langsung menganggap sepele hobi yang kita suka. Apalagi hobi yang sudah menjadi passion. Siapa tahu, dengan kita menekuninya sejak awal, suatu hari nanti kita bisa meraih kesuksesan dari situ, seperti Mark ini. Sejak kuliah hingga kini bekerja, sudah memantapkan hidup sesuai passion. Dulu saat zaman sekolah, kita dipaksa untuk mempelajari sesuatu yang tidak semua kita suka. Nah, mulai kuliah saya memilih jurusan yang berkaitan erat dengan hobi. Mungkin orang lain menganggap jurusan yang dipilih sesuatu hal yang aneh, tapi karena saya menyukainya, justru bertahun-tahun kemudian mengantarkan saya menuju cita-cita.

Selain passion, hal paling menarik untuk dikembangkan adalah MINAT. Buat kita yang gemar membaca, hobi ini akan sangat menolong dan mengakselerasi, juga mempermudah proses kita untuk bisa menulis. Karena aktif membaca, kita perlahan-lahan menabung perbendaharaan kosakata di dalam memori kita. Ketika suatu hari kita memutuskan untuk menulis, kita nggak akan terlalu sulit menemukan kosakata yang beragam untuk ditulis karena memori kita telah menyimpan ‘tabungan’ perbedaharaan kata yang cukup banyak. Jika kita punya hobi yang positif, peliharalah hobi itu sebaik mungkin. Lakukan dengan rutin, dan niatkan untuk tujuan yang positif. Dari situlah potensi diri kita yang berhubungan dengan kemampuan dasar itu, perlahan tapi pasti akan terbangun.

Ketiga, tentang AUDISI WAKTU. Keterbatasan ruang di dalam koper nggak akan bikin kita kekurangan barang bawaan saat kita mampu mengaturnya dengan baik. Demikian juga dengan keterbatasan waktu yang kita miliki, yang hanya 24 jam perhari, dan tujuh hari perminggu. Kita akan kekurangan waktu untuk bisa menjadi seseorang yang unggul dan bermanfaat kalau kita bisa menata hidup, menata waktu dan merencanakan dengan baik masa depan yang ingin kita raih. Di sana ada waktu untuk diri sendiri, keluarga, teman.

Beberapa kalimat favorit dalam buku ini:

  1. Yang penting bukan berapa lama kita hidup, tetapi bagaimana kita hidup, itulah yang terpenting. (hlm. 18)
  2. Kita nggak akan pernah tahu sampai kapan kita diberi nikmat hidup. Oleh sebab itu, hidup yang kita jalani sekarang harus kita gunakan dengan sebaik-baiknya. (hlm. 41)
  3. Jadikan momentum sebagai jembatan yang akan menghubungkan kamu dengan perbuatan atau pekerjaan yang bermartabat. Bukan sebaliknya, menghubungkan kita dengan kesia-siaan atau hal yang nggak benar. (hlm. 104)
  4. Setiap pekerjaan baik akan bekerja seperti magnet yang menarik situasi-situasi positif kepada Sang Pemberi Kebajikan. (hlm. 161)

Banyak juga selipan pesan dalam buku ini:

  1. Kenalilah karakter positif yang kita miliki, pertahankan, dan upgrade karakter itu dengan banyak membaca buku-buku yang bermanfaat, senantiasa mendekatkan diri kepada-Nya, agar pertolongan-Nya nggak akan pernah meninggalkan kita dalam kondisi se-desperate apa pun. Juga biasakan bergaul dalam lingkungan pergaulan yang sehat dan positif. (hlm. 63)
  2. Kuncinya ada pada diri sendiri. Di saat kita tersenyum, maka seisi dunia pun ikut tersenyum. Di saat kita mau berubah, maka orang-orang pun akan mengubah pandangannya terhadap kita. (hlm. 67)
  3. Gunakan kesempatan yang ada dengan tujuan untuk meng-upgrade diri kita menjadi lebih baik lagi, dan mengenali lebih dalam apa yang menjadi potensi diri kita. Tetapi, jangan lupa, jaga diri jangan sampai melampaui batas. Tetaplah berpijak pada koridor keseimbangan. (hlm. 70)
  4. Kegagalan hari ini jangan sampai menjadi penghalang permanen buat kita melangkah dari keterpurukan menuju kesuksesan. Selalulah bersikap optimis dan berpikiran positif. (hlm. 74)
  5. Jangan pelit buat berbagi ilmu, karena itu nggak akan bikin rugi atau bikin ilmu kita berkurang. Sebaliknya, ilmu kita bakal makin nempel di kepala. Apabila kita membantu orang lain maka suatu hari nanti saat kita butuh bantuan, yakin deh ada seseorang yang akan membantu kita. (hlm. 160)

Keterangan Buku:

Judul                                                     : Kitab Sakti Remadja Oenggoel

Penulis                                                 : Riawani Elyta & Oci Yonita Marhari

Penyunting bahasa                         : Mastris Radyamas

Penata letak                                       : Puji Lestari

Desain sampul                                   : Andhi Rasydan

Penerbit                                              : Indiva

Terbit                                                    : Juni 2013

Tebal                                                     : 200 hlm.

ISBN                                                      : 978-602-8277-95-2

4 thoughts on “REVIEW Kitab Sakti Remadja Oenggoel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s