#HUT5BBI: 5 Blogger Buku Favorit

BBI BIRTHDAY

Jadi, saya kurang up date berita tentang BBI. Apalagi saya malah lupa belum gabung ke forum #BloggerBukuMacamApaIni😀 #DikeprukBuku

Saya baru menyadari event ini ketika ada banyak mention yang masuk dengan hastag #BBIersFavorit

Selama dua pekan ini, saya memang mengurangi aktivitas dunia maya sekaligus membaca ataupun menulis reviewnya. Kenapa? Karena sedang fokus #UNBK2016, ada dua jabatan yang diamanahkan; penjaga gawang alias megang server ruang 3 dan panitia konsumsi tunggal (pagi urus snack, siang urus makan siang, dan sore urus snack lagi). Kebayang kan rempongnya macam apa? Saya nggak mau ngoyo, jadi udah lelah #UNBK2016 yang setiap harinya menguras tenaga dari pagi sampai petang, nyampe rumah biasanya langsung ambruk #AbaikanCucianKotor #AbaikanJugaSetrikaanSegunung x))

Saya hanya bisa online di sela-sela itu, sesekali bisa nge-twit untuk share info giveaway. Karena saya juga sedang fokus ke twitter akun sekolah selama #UNBK2016.

Nah, ini pun pulangnya malam karena ada sidak #UNBK2016 di sore hari. Kadis Dikbudpora rajin banget ya berkunjung pas udah mau bubaran sekolah… x))

Oke, cukup curhatnya. Saya akan memilih lima blogger buku favorit. Sebenarnya saya memang ada niatan nulis semacam ini pas tahun lalu, tapi kok ya nggak kesampaian melulu. Nah, kali ini momennya pas. Jadi saya akan menuliskannya dengan cepat karena ada beberapa blogger buku favorit sekaligus panutan. Siapa saja? Cekidot yaa… :))

bbi 1   Truly Rudiono/ Reviewku

Kalau sering ada yang menyebut saya sebagai Ratu Buntelan, salah banget. Yang harus disebut Ratu Buntelan plus Ratu Review adalah Mbak Truly ini. Meski usia tak lagi muda, tapi semangatnya belum ada yang ngalahin soal dunia perbukuan. Kini Mbak Truly bermetamorfosis menjadi Ibu Peri alias suka bagi-bagi buku. Saya sering kecipratan. Meski bukan kuliah di bidang sastra ataupun yang berbau buku, tapi beliau sekarang bekerja di perpustakaan sebuah universitas yang merupakan perpustakaan se-Asia Tenggara. Kece banget. Ini membuktikan bahwa kecintaan terhadap buku bisa membuat kita bekerja di tempat impian. Yang paling bikin takjub dari Mbak Truly ini adalah memiliki koleksi Little Women lebih dari seratus versi bahasa dari beberapa belahan dunia. Oya, dari Mbak Truly, saya belajar banyak tentang dunia review buku, sampai link bertemu para Peri Buku. Mungkin tanpa Mbak Truly, saya ini bagai butiran debu :’)

bbi 2Tanzil Hernadi/ Buku yang Kubaca/ AkuBuku/ Buntelan Kata/ Manna Surgawi

Sudah tidak diragukan lagi bukti kecintaan Suhu Tanzil dengan buku. Beliau memiliki empat blog dengan klasifikasi yang berbeda di tiap blognya. Ada blog khusus buku yang diresensi, blog kumpulan artikel yang berkaitan dengan buku semacam kliping, blog untuk buku-buku hasil buntelan dari penulis maupun penerbit, dan blog khusus buku-buku rohani. Yang patut diteladani dari Suhu Tanzil adalah bukti kecintaannya yang tulus terhadap dunia buku, kini beliau sedang fokus untuk pembuatan sebuah buku yang berkaitan dengan sejarah Bandung.

BBI 3Yuska Vonita/ lustandcoffe

Sejujurnya awal saya mengenal Mbak Yuska adalah sebagai penulis, baru tahu dia juga merupakan blogger buku adalah ketika sebagai host Indonesia Romance Reading Challenge 2013. Di tahun tersebut juga Mbak Yuska paling aktif nge-blog meskipun makin kesini makin jarang nge-blog. Sekarang kayaknya lagi fokus ke dunia make up. Yup, Mbak Yuska ini membuktikan bahwa blogger buku itu nggak melulu cupu, ada yang cantik macam model kayak Mbak Yuska ini. Tetap cantik dan fresh meski sudah memiliki suami dan anak!😉

bbi 4Hobby Buku a.k.a Maria / lemarihobbybuku/ myfantasyreading/ hobbybukuclassic/ hobbybukusmystery.

Seperti Suhu Tanzil, Mbak Maria juga ternak blog buku. Tiap blog punya klasifikasi genre yang berbeda dan takjubnya semua aktif. Mbak Maria memang paling misterius dibandingkan dengan blogger buku, tidak memajang foto aslinya di akun media sosoal apa pun, bahkan nick namenya adalah Hobby Buku. Saya pernah nanya langsung ama beliau, alasannya adalah demi kenyamanan pribadi. Satu hal yang bisa dipelajari dari Mbak Maria adalah membaca dan menuliskan reviewnya karena hobi atau kecintaan terhadap sebuah buku, bukan karena ingin terkenal apalagi karena ingin mendapatkan buntelan. Inilah yang namanya pecinta buku sejati!😉

bbi 5Muhammad Rasyid Ridho/ Ridho dan Bukunya

Kalau mau belajar menulis resensi buku di media, Mas Ridho ini jagonya. Perkenalan saya dengan Mas Ridho karena seringnya dapet buntelan bareng di beberapa penerbit. Dan kami juga sering kebagian blogtour bareng. Satu hal yang bisa dipelajari dari Mas Ridho ini adalah tidak pelit berbagi tips, salah satunya adalah tips seputara info media massa yang menerima resensi buku. Cek linknya DISINI.

Nah, bagaimana #BBIersFavorit versi kamu? Terima kasih banyak yang sudah memilih saya dalam #BBIersFavorit. Terharu, saya masuk di beberapa blog. Dan lebih terharu lagi, mereka memilih bukan karena sering ngadain blogtour atau giveaway, tapi lebih ke konsistenan membaca, menulis reviewnya dan juga seputaran dunia perpustakaan. Terima kasih banyak yaa… :))

Blogger Buku Favorit versi Asri Rahayu MS 

BBIers Favorit versi R.R. Maryana Ulfah

BBIers Favorit versi Arfina Tiara Dewi

BBIers Favorit versi Andina Rima

BBIers Favorit versi Fikriah Azhari

BBIers Favorit versi Siti Nuryanti

BBIers Favorit versi Sylvia Namira

BBIers Favorit versi Bintang Aceh

 

 

14 thoughts on “#HUT5BBI: 5 Blogger Buku Favorit

  1. Wah! Aku baru pernah berkunjung ketiga blog paling bawah. Padahal kedua blog paling atas termasuk senior bgt ya… Kalau begitu wajib dikunjungi nih supaya bisa banyak berguru juga sama mereka🙂

    Makasih rekomendasinya, Kak Luckty😉

  2. Wah terima kasih mbak Luckty, padahal akhir-akhir ini aktifitas blogging-ku menurun … malah aku salut dgn mbak yg super aktif di blog dan sosmed ditengah padatnya kesibukan pribadi. You’re one of awesome blogger mbak \(^_^)/

    • Dari duli mau nulis di media massa, tapi masih wacana semata, belum jadi buat nyoba nulis nih, maklumin bahasaku masih ala ababil..😀

  3. Wah, ada banyak sekali ya blogger buku, yang aku tahu cuma sedikit, tapi paling favorit sih tetap sama mba Luckty, konsisten terus ya mbak nulis review-nya dan bagi2 buntelannya ! ^^

Leave a Reply

