REVIEW Misteri Sosok Wangi + GIVEAWAY

PicsArt_09_04_2016 9_59_25

Akhir minggu ini memang lebih panjang karena hari Senin tanggal merah. Mama yang bekerja sebagai penulis di sebuah majalah wanita mendapat tugas meliput acara di Sumenep, Madura. Sumenep bisa ditempuh dalam waktu dua jam dari Bangkalan, tempat Andara akan menginap.

Sejak papa meninggal, setiap kali mama mendapat tugas ke luar kota Surabaya, Andara selalu tinggal di rumah ditemani Mbak Een. Mbak Een sudah bekerja di rumah keluarga Andara selama tujuh tahun dan sudah mendapat kepercayaan penuh dari mama.

Tetapi ketika Ica, sahabat karibnya, tahu kalau Andara akan ditinggal selama liburan, ia menawari temannya itu ikut ke Bangkalan dan menginap bareng di rumah neneknya.

Nenek Ica seorang pemilik toko batik terkenal di Madura. Andara langsung antusias mendengar ajakan itu. Sebenarnya mama agak khawatir, karena Andara ini tipe pemilih soal makanan. Mama khawatir jika nanti Andara akan merepotkan nenek Ica.

“Kasihan kalau neneknya Ica sudah menyiapkan makanan, tapi enggak kamu makan.”

“Pokoknya apa pun yang disediain, akan Ara makan. Janji.” (hlm. 6)

Sayang sekali, liburan Andara dan Ica tak seindah kenyataan. Nenek Ica, yang biasanya dipanggil dengan sebutan Mbah Nek tidak menyambut mereka dengan hangat. Kenapa? Karena toko yang dimiliki Mbah Nek ini kehilangan tiga batik. Batik yang dicuri bukan sekedar batik biasa. Batik itu koleksi yang nggak dipejualbelikan, hanya buat dipamerkan atau dijadikan pajangan toko. Harganya bisa mencapai puluhan juta. Tapi bukan hanya masalah harga. Satu di antara batik yang hilang itu adalah batik kesayangan Mbah Nek. Batik gentongan motif Kembang Randu.

Batik gentongan adalah batik khas Tanjung Bumi, Bangkalan. Batik ini dikerjakan paling cepat satu tahun. Memiliki corak beragam dengan warna mencolok. Setelah proses peluruhan malam, batik akan direndam dalam gentong berisi air yang sudah diberi pewarna alami dari daun dan buah. Proses pembuatan batik gentongan harus dihentikan selama seminggu bila ada warga yang meninggal. Konon jika tidak begitu, warna batik akan berubah jelek.

Harga sehelai batik gentongan itu bisa 10 sampai 20 kali lipat batik tulis biasa. Kenapa? Karena membuatnya lama. Bayangkan saja, batik itu direndam dalam gentong. Kemudian didiamkan. Terus diangin-angin. Besoknya dicelup-celup lagi. Begitu terus selama hampir satu tahun. Setelah semua bagian diwarnai, direndam lagi selama enam bulan bulan. Byuh…

Kenapa perempuan di Tanjung Bumu suka membatik berbulan-bulan? Kenapa nggak memilih kegiatan lain? Kata Mbah Nek, Tanjung Bumi itu daerah pesisir. Para suami mencari nafkah dengan melaut atau menjadi pedagang antar pulau. Mereka meninggalkan keluarga selama berminggu-minggu. Supaya nggak bosan dan galau, para perempuan membatik. Mereka nggak punya tenggat waktu. Makanya kualitas batik gentongan Tanjung Bumi betul-betul cantik dan halus. Motifnya luar dalam. Beda dengan batik lainnya yang motifnya hanya terlihat di satu sisi.

batik 1 batik 2 batik 3

Nah, salah satu batik yang hilang itu adalah batik yang terakhir kali dibuat nenek buyut sebelum kakek buyut meninggal.

“Sudah lapor polisi?”

“Nah, itu dia. Mbah Nek nggak mau lapor polisi. Mbah Nek punya keyakinan kalau batik yang hilang itu masih ada di sekitar sini.”

“Kita cari saja, yuk!”

“Cari di rumah ini? Seluruh ruangan sudah digeledah termasuk kamar pegawai. Hasilnya nol.” (hlm. 18-19)

Khas Seri Misteri Favorit terbitan Kiddo, menampilkan pemecahan kasus oleh anak-anak dari sisi kacamata mereka. Dan satu lagi ciri khasnya adalah menampilkan budaya lokal Indonesia, seperti di buku ini membahas seputaran daerah Bangkalan. Selain membahas batik gentongan, ada juga seputaran beberapa daerah wisata di sana. Juga kulinernya, diantaranya ada Soto Mera yang merupakan khas Bangkalan menggunakan campuran cabai halus sehingga kuahnya berwarna merah. Cabai tersebut diolah sedemikian rupa sehingga tidak terasa pedas. Soto mera terkenal karena isinya adalah mata sapi. Glek!! X))

soto mera

Ada topak ladeh. Makanan ini mirip soto. Kuahnya terdiri dari bumbu kelapa parut dan rempah-rempah yang digiling. Diberi tambahan sayur markisa atau kacang panjang. Lauknya daging sapi dan potongan telur ayam. Disajikan dengan ketupat. Seperti ini:

topak ladeh

Keterangan Buku:

Judul                                                     : Misteri Sosok Wangi

Penulis                                                 : Erlita Pratiwi

Penyunting                                         : Yessy Sinubulan

Ilustrator                                             : Indra Bayu

Perancang sampul & isi                  : Indra Bayu

Penerbit                                              : Kiddo

Terbit                                                    : 2016

Tebal                                                     : 175 hlm.

ISBN                                                      : 978-602-6208-04-0

MAU BUKU INI?!?

Simak syaratnya:

1. Peserta tinggal di Indonesia

2. Follow akun twitter @lucktygs , @TakoSoulmate dan @penerbitkiddo. Jangan lupa share dengan hestek #GAMisteriSosokWangi dan mention via twitter.

3. Follow blog ini, bisa via wordpress atau email.

4. Jawab pertanyaan di kolom komentar di bawah, plus nama, akun twitter, dan kota tinggal. Pertanyaannya adalah berikan alasan kenapa menginginkan buku ini. Mudah kan?😉

5. Giveaway ini juga boleh di share via blog, facebook, dan sosmed lainnya. Jangan lupa sertakan hestek #GAMisteriSosokWangi yaaa… 😉

Event ini gak pake helikopter, eh Rafflecofter yang ribet itu. Jadi pemenang ditentukan dari segi jawabannya yaaa… ( ‘⌣’)人(‘⌣’ )

#GAMisteriSosokWangi ini berlangsung enam hari saja: 2-7 Mei 2016. Pemenang akan diumumkan tanggal 8 Mei 2016.

Akan ada SATU PEMENANG yang akan mendapatkan buku ini. Hadiah akan langsung dikirimkan oleh penulisnya! ;)

Silahkan tebar garam keberuntungan dan merapal jampi-jampi buntelan yaaa… ‎(ʃƪ´▽`) (´▽`ʃƪ)!

Pengumuman Pemenang Giveaway Misteri Sosok Wangi

Terima kasih dengan keantusiasan teman-teman untuk mengikuti Giveaway Misteri Sosok Wangi hampir tembus 40 peserta. Sekali lagi, makasih banyak ya buat semua!😉 #PeyukSatuSatu

Pemenang giveaway kali ini adalah:

Nama : Rokhmat
Twitter : @rokhmat_rokhmat
Domisili : Purbalingga, Jawa tengah.

Kenapa saya sangat menginginkan buku ini?
Pertama saya suka dengan karya bu Erlita Pratiwi.
Saya ingin sekali mengetahui budaya2 seluruh indonesia, mengenal indonesia hingga ke tempat2 yang luar biasa. Seperti madura. Mengapa saya sebut luar biasa, karena lewat reviewnya saja saya sangat tertarik.
Sebenarnya saya ingin langsung datang ke madura, tapi tanggung jawab sebagai guru sd membuatku tudak bisa bepergian jauh. Mudah2an melalui buku Misteri Sosok Wangi, saya bisa mengenalkan budaya Indonesia, terutama Madura kepada anak didik saya.
Terimakasih

Selamat buat pemenang. Sila kirim email ke  emangkenapa_pustakawin[at]yahoo[dot]com dengan judul: konfirmasi pemenang Giveaway Misteri Sosok Wangi. Kemudian di badan email cantumkan; nama, alamat lengkap, dan no hape biar hadiahnya segera dikirim langsung oleh penulisnya ya.

Terima kasih buat Mbak Erlita Pratiwi dan PenerbitKiddo atas kerjasamanya, sekali lagi terima kasih banyak atas kepercayaannya. Semoga lain waktu bisa bekerjasama kembali… 😉

Buat yang belum menang, jangan sedih. Masih banyaaaakkkk giveaway lainnya yang menanti!! :*

-@lucktygs-

38 thoughts on “REVIEW Misteri Sosok Wangi + GIVEAWAY

  1. nama: dedul faithful
    akun twitter: @dedulfaithful
    kota tinggal: Bandung

    alasan kenapa aku menginginkan buku ini adalah karena aku tengah mengerjakan tugas akhir yang berkaitan tentang novel anak Indonesia, tepatnya mereview novel anak Indonesia. Aku harap aku berkesempatan mendapatkan novel ini. Thanks1

  2. Nama: Anggi Santri Utami
    Akun twitter: asntrutm
    Tempat tinggal: Bandar Lampung

    Hallo kak luckty, izin ikut giveaway nya ya! *tebar garam keberuntungan*
    Aku mau buku ini karna aku sebelumnya ga pernah berani baca buku yang berbau misteri, dan sepertinya buku ini penuh dengan misteri tapi dikemas dengan bahasa yang ringan dan ditambah bumbu persahabatan. jadi aku harus baca buku ini gratis dari kak luckty :p semoga beruntung!

  3. Nama: Arien Prakasari
    Twitter: @Arrinn_Kka
    Domisili: Mojokerto

    Aku pengen punya buku ini karena dari sedikit review dikatan bahwa buku ini membahas budaya yang ada di Bangkalan Madura, dan berhubung aku belum pernah ke Madura buku ini bisa jadi kompas buat aku untuk mengetahui seluk beluk disana saat aku pergi ke Madura😀 *belum kesampaian* selain itu aku juga suka tokoh yang dibuat disini dimana mereka yang masih belum dewasa mencoba menemukan si pencuri, jadi pengen tau kelanjutannya🙂

  4. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    kota tinggal: Serang

    Wah dari baca reviewnya aja udah tertarik baca buku ini, kisah misteri hilangnya batik Mbah Nek yg pastinya bikin penasaran banget, sampai cara pembuatan Batik Gentongan yg wuih luamaa banget! Dan alasan kenapa wanita di Tanjung Bumu suka membatik berbulan-bulan, unik dan masuk akal juga sih😀 Dan kisah ini juga melibatkan anak-anak yg akan menguak misterinya.
    Sepertinya akan seru menikmati buku ini. Apalagi aku bisa jadiin buku ini bahan untuk dongeng/cerita ke keponakanku niy, supaya dia jg nantinya suka baca😉
    So, aku kepingin banget buku ini.

    Wish me luck!😀

  5. Afifah Dinda Mutia
    @afifah_dm
    Bogor (kota indah sejuk nyaman)

    *kedipkedipmikir*
    kenapa mau baca buku ini? karena mau… karena mau.
    udah sih. gitu aja.
    maaf ya kak, gabisa romantis nulis kata-kata -_- maklumin saya yang kerjaannya cuma mereaksikan larutan satu sama lain (saya analis kimia)
    buku, baca buku itu kayak pelarian dari rutinitas aku yang berangkat lampu jalan masih nyala + pulang lampu jalan udah nyala.
    maaf nyampah.

  6. Kurnia Dwi Pertiwi
    @KDP264
    Bekasi, jawa barat

    Pengen kasih buku ini ke adik. Daridulu minta buku tapi belum kesampaian beliin😀 kalau beli novel roman. Kan saru kalau yang baca anak kecil hahaha.
    Sekalian pengen ngelatih dia biar gemar membaca.

  7. Nama: Farikhatun Nisa
    Twitter: @Littlepaper93
    Kota Tinggal: Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan

    Jawaban: aku ingin membaca novel ini karena penasaran dengan sosok wangi yang menjadi misteri dalam novel ini. Dan aku penasaran dengan hal-hal yang disembunyikan Mbah Nek mengenai batik yang hilang itu. Karena pada saat baca review yang disampaikan Kak Luckty, aku jadi berpikir bahwa ketiga batik itu memiliki kenangan yang misterius. Makanya itu Mbah Nek nggak rela menjualnya.🙂

  8. Nama : Agustin Kurnia Dewi
    Twitter : @akdewi_
    Domisili : Cibinong, Bogor.

    Alasan pengen punya buku ini, karena saya suka misteri!
    Dari dulu suka baca Detective Conan dan Lima Sekawan milik Enidy Blyton
    Suka nebak-nebak sendiri. Suka menganalisa sendiri.
    Dan berhubung ini latarnya Indonesia banget, jadi penasaran. Kira-kira teka teki-nya macam apa, dan pasti ini ada unsur mitos magis juga, kan? Apalagi Mbah Nek ini masih mengandalkan ‘keyakinan’ dia kalo itu batik pasti masih ada.
    Awalnya aku kira ini novel horor, dari judulnya aku kira menjurus ke horor. Tp sepertinya menarik karena pasti banyak misteri~

  9. Nama: Siti Aminah
    Akun twitter: @Siti7Aminah
    Kota tinggal: Jakarta Utara
    Pertanyaannya adalah berikan alasan kenapa menginginkan buku ini.
    Jawabannyaa..
    Karena daku abis nonton anim DeathNote.. Dan masih kebawa misteri gituu… Berhubung gak ada kuota untuk donlot eps selanjutnya jadi yaa pelariannya ke buku.
    Dan lagi, kayaknya bukuny seru dan cocok buat selipan di kala bosan belajar materi UN. *Tuhkan jadi curhat* *isep ingus sambil menyingsingkan lengan baju*
    Jadii give me that book, please!! *puppy eyes mode on* :v

  10. Yennesy Damayanti(@chi_yennesy)
    Padang
    Kenapa?? karena aku pembaca resensi Luckty dan aku tau lumayan banyak buku mbak Erlita yang sudah di review. Buku anak juga yang sifatnya memecahkan misteri dan mengangkat tema Indonesia. Buku tipe ini gak cuma bisa dinikmati anak-anak tapi juga menambah pengetahuan para orang tua.
    Kini giliran Andara dan Ica membantu nenek memecahkan kasus pencurian batik yang bernilai sejarah tinggi. Info tentang batik gentongan itu luar biasa menarik, dimana prosesnya panjang buat menghasilkan selembar batik, kita diberi tau untuk menghargai seni dan buadaya.
    Aku punya anak laki-laki, aku ingin membacakan kisah petualangan ini untuk anakku sebagai pengantar tidur, sehingga kelak anakku bisa jadi pemberani

  11. Nama : Rokhmat
    Twitter : @rokhmat_rokhmat
    Domisili : Purbalingga, Jawa tengah.

    Kenapa saya sangat menginginkan buku ini?
    Pertama saya suka dengan karya bu Erlita Pratiwi.
    Saya ingin sekali mengetahui budaya2 seluruh indonesia, mengenal indonesia hingga ke tempat2 yang luar biasa. Seperti madura. Mengapa saya sebut luar biasa, karena lewat reviewnya saja saya sangat tertarik.
    Sebenarnya saya ingin langsung datang ke madura, tapi tanggung jawab sebagai guru sd membuatku tudak bisa bepergian jauh. Mudah2an melalui buku Misteri Sosok Wangi, saya bisa mengenalkan budaya Indonesia, terutama Madura kepada anak didik saya.
    Terimakasih

  12. nama: sari rahmawati
    twitter: rie_bundaAzka
    Domisili: Bogor
    Alasan??? Aq belum pernah baca buku karyanya mba Erlita Pratiwi, penasaran banget sama buku ini, sepertinya bukan hanya sekedar buku misteri yang membuat pembaca penasaran dengan petualangan para tokoh yang ada di buku, tapi memberikan wawasan baru akan budaya daerah di indonesia. pembaca seperti diberikan panduan kalau seandainya mau berwisata ke daerah bangkalan, setidaknya ada gambaran mengenai destinasi wisata dan kuliner lokal yang gak boleh terlewatkan. Buku ini juga secara tidak langsung telah mempromosikan daerah bangkalan. yang awalnya gak tahu dan mungkin gak minat karena gak punya pengetahuan mengenai daerah ini bisa jadi penasaran neh, kalau kesampean jalan-jalan ke bangkalan bisa sambil membayangkan aksi anak-anak yang ada di tokoh buku ini. Tapi apapun alasannya aku memang suka baca dan suka teka-teki, jadi aq bener2 pengen banget dapetin buku ini.. wish me luck🙂
    link share:

  13. nama: sari rahmawati
    twitter: rie_bundaAzka
    Domisili: Bogor
    Alasan??? Aq belum pernah baca buku karyanya mba Erlita Pratiwi, penasaran banget sama buku ini, sepertinya bukan hanya sekedar buku misteri yang membuat pembaca penasaran dengan petualangan para tokoh yang ada di buku, tapi memberikan wawasan baru akan budaya daerah di indonesia. pembaca seperti diberikan panduan kalau seandainya mau berwisata ke daerah bangkalan, setidaknya ada gambaran mengenai destinasi wisata dan kuliner lokal yang gak boleh terlewatkan. Buku ini juga secara tidak langsung telah mempromosikan daerah bangkalan. yang awalnya gak tahu dan mungkin gak minat karena gak punya pengetahuan mengenai daerah ini bisa jadi penasaran neh, kalau kesampean jalan-jalan ke bangkalan bisa sambil membayangkan aksi anak-anak yang ada di tokoh buku ini. Tapi apapun alasannya aku memang suka baca dan suka teka-teki, jadi aq bener2 pengen banget dapetin buku ini.. wish me luck🙂
    link share:

  14. Twitter : @rokhmat_rokhmat
    Domisili : Purbalingga

    Sebagai seorang guru sd, saya ingin menumbuhkan budaya membaca pada setiap peserta didik. Mudah2an dengan buku ini, saya bisa menjalankan impian saya itu. Sekaligus mengenalkan budaya kearifan lokal Indonesia kepada mereka.
    Terimakasih

  15. Nama: Siti Nur Cahyanik
    Akun twitter: @Ancahyanik
    Kota: Jember

    Alasanku menginginkan buku ini adalah karena aku jarang membaca novel yang menggambarkan kebudayaan Indonesia. Kebanyakan yang kubaca adalah teenlit yang menggambarkan kehidupan modern remaja sekarang dan novel terjemahan yang menggambarkan daerah dan budaya negara lain. Aku ingin mencoba membaca novel yang berkebudayaan Indonesia apalagi kota kecil (yang jarang kutemui). Apalagi novel ini mengangkat daerah Madura. Bukan daerah yang sudah sering disorot seperti Bali, Jakarta atau Yogya.

    Di sisi lain, aku juga ingin belajar menulis dengan menggunakan budaya kota kecil. Madura merupakan kota kecil tapi ternyata ada sisi keindahan tersendiri yang bisa ditulis dan dijabarkan. Aku juga sering menulis cerpen atau novel setting kota kelahiranku yang tergolong kota kecil dan aku selalu kebingungan bagaimana caranya mengekspos sisi budayanya. Melalui novel ini aku ingin belajar bagaimana cara menggambarkan budaya kota kecil yang nantinya akan terkuak sisi keindahannya. Dan bisa membuat semua orang tahu, semua kota di Indonesia indah. Bukan hanya Yogya atau Bali yang romantis untuk dijadikan setting tempat.

  16. Hendi Setiyanto/@hendisetiyanto/Banjarnegara

    Kenapa menginginkan buku #GAMisteriSosokWangi ?
    Entah kebetulan atau tidak, ceritanya beberapa minggu yang lalu, saya dan dua orang teman hendak mengunjungi kampung batik satu-satunya di Banjarnegara yaitu kampung batik Gumelem yang berada di desa Gumelem kec. Susukan.

    Dari rumah (Punggelan) kami mengendarai motor-melewati jalanan rusak dan juga menyeberangi jembatan gantung yang usianya sudah sangat tua. Sebenarnya niat awalnya adalah menuruti rasa penasaran kami akan keberadaan kampung batik Gumelem tadi. Namun setelah tanya sana-sini ternyata selain ada kampung batik, di Susukan juga terdapat sebuah curug di antara rimbunnya pohon pinus dan juga cengkih. Gayung pun bersambut, kami akhirnya memutuskan untuk mengunjungi curug tadi terlebih dahulu.

    Curug Cileret namanya, lokasinya yang berada di kaki bukit dan juga cekungan tebing-tebing hutan nan lebat, cukup membuat kami kerepotan dan kelelahan. Setelah tersasar beberapa kali dan juga nafas ngos-ngosan, kami pun akhirnya sampai juga di curug Cileret tadi. Sungguh sangat sepi dan hawanya agak lumayan “mistis” menurut kami bertiga. Apalagi saat kami ke sini, kami berpapasan dengan tiga orang remaja dan juga seorang bapak-bapak yang hendak turun dari curug Cileret. Saat berpapasan, kami hanya diwanti-wanti agar berhati-hati saat di sini. Kami pikir karena letak curug yang berada di hutan yang masih alami dan mungkin banyak sekali hewan liar yang bisa saja melintas sewaktu-waktu.

    Setelah puas, kami pun memutuskan turun gunung dan niat selanjutnya adalah menuju kampung batik Gumelem tadi. Kami pun masuk gang yang lumayan banyak cabangnya dan belum juga menemukan keberadaan sentra batik tadi. Padahal sudah beberapa kali warga sekitar menunjuk rumah yang dekat dengan balai desa Gumelem tadi. Langit mulai gelap, hawa panas menyeruak, dan kepala pun sudah pusing karena sebelumnya kelelahan dan berpanas-panas ria. Seteleh meneguk segelas dawet ayu Banjarnegara dan sudah mentok tidak menemukan sentra batik tadi, kami pun memutuskan pulang saja.

    Hujan rintik-rintik berubah makin deras dan kami pun memutuskan untuk berteduh pada sebuah gedung kantor pos peninggalan belanda yang berada di Klampok-Banjarnegara.

    Iseng-iseng kami membuka hasil jepretan foto di handphone kami masing-masing. Dan yang menjadikan kami semua ternganga adalah pada beberapa foto yang berlatar curug Cileret tadi hasilnya benar-benar hitam alias gelap total, padahal sebelumnya kami melihat hasil fotonya ada saat ngecek di sekitar lokasi curug. Kami pun beringsut merinding saat itu antara percaya atau tidak namun kenyataannya memang fotonya benar-benar gelap.

    Jadi, buku #GAMisteriSosokWangi ini entah kebetulan atau tidak ceritanya hampir mirip dengan kejadian yang kami alami beberapa minggu yang lalu. Ada batik, misteri, dan kearifan lokal di kedua cerita tadi. Jadi sudah jelas, kenapa saya ingin baca buku ini.
    Oh ya..pengalaman tadi juga sudah aku tulis di blog ndayeng.wordpress.com biar tidak dibilang karangan belaka.

    Salam…

  17. Nama: Alika Cynthia
    Twitter: @alikacynthia
    Kota: Bandung

    Kenapa? Ah, aku selalu tertarik dengan buku misteri, bukan yang horror tapi yang detektif-detektifan (?) kayak gini. Terus buku kak Erlita itu kan selalu bagus, aku sudah punya yang Misteri Pantai Mutiara dan itu bagus dan banyak mengandung pengetahuan. Terus, aku pingin tahu ttg batik-membatik pasti minimal ada ttg itu karena aku tertarik dengan hal yang berbau fashion (?) dan aku suka kalo ada kulinernya, ya jadi seolah aku sedang travelling di tempat itu (?) Travelling di Indonesia itu kan menarik juga, walau aku tidak pernah. Tapi kalau lewat buku yang menarik, serasa travelling itu nyata walau hanya lewat kata. Lagipula, buku apapun aku baca, jadi tidak ada alasan untuk tidak membaca buku ini bukan?

    Semoga beruntung ~

  18. Nama : Mega Widyawati
    Akun twitter : @widy4_w
    Kota tinggal : Nganjuk

    Alasanku: “Hmm, aku pikir mungkin ceritanya lebih kompleks menyangkut kehidupan umum, tidak seperti novel misteri atau horor lainnya. Dan aku dibuat penasaran sama reviewnya mbk luckty. Kisah misteri di gabungkan dengan kain batik, ngebayang gak sih? Novel yang unik banget kan.”

  19. Nama: sindi primi pujiyanti
    twitter: @sindehpujiyanti
    kota: Bandung

    Kenapa?

    Buat nambah buku bacaan alias udah gaada stock novel. Tertarik juga karena berbau misteri, soalnya akhir” ini habis baca novel misteri yang settingnya itu berbudaya. Kayak novel karangan orang Jepang yang cover nya cogan wkwkw, terus Ghost in Dorminotory di Madrid. Well, intinya lagi pengen baca novel gratis yang unik dan gak cinta”an.

    sekian~

  20. Gita Nurladikasari | @oneonlygzb | Batam

    Jawaban:
    Aku sudah lama tidak membaca novel yang setting-nya di Indonesia, jadi ini sedikit menarik perhatianku.
    Ditambah aku penasaran kaitan Misteris Sosok Wangi dengan kain batik Mbah Nek yang hilang.
    Aku sudah menerka-nerka dan aku mendapatkan kepalaku pusing sekali, hahaha.
    Aku sepenuhnya penasaran dari rasa tertarik-ku itu.
    Ini sesuatu yang berbeda, penulisnya sangat membuat-ku kagum.
    Hati-ku benar-benar tergeliitk untuk menyentuh novel ini.

  21. Heni Susanti | @hensus91 | Pati – Jawa Tengah

    “Berikan alasan kenapa menginginkan buku ini!”

    Karena Langit, keponakanku yang sekarang berumur 4 tahun, sedang sangat suka membaca meskipun belum lancar. Kemarin dia baru menyelesaikan satu buku cerita anak berjudul Kapten Pus dan sekarang sedang membaca buku cerita Kancil. Aku senang karena sepertinya dia tertular aku yang hobi baca jadi aku ingin memberikan hadiah buku ini buat dia. Walaupun dia belum paham cerita yang dia baca, tapi aku suka karena dia tidak bosan dan tetap mau membaca bahkan saat kesal karena tulisannya full satu halaman. Aku ingin dia menjadi anak yang gemar membaca sejak kecil jadi nanti setelah dia besar tidak melulu membaca status di media sosial tapi juga bisa memberikan dampak melalui media sosial. Dan melalui buku ini aku harap dia memiliki buku bacaan yang sesuai untuk usianya saat dia mulai besar nanti.

    Demikian dan terima kasih🙂

  22. Arie Pradianita | @APradianita | Sukabumi

    Karena aku suka misteri dan terlebih lagi horror tentunya Mbak Luckty, itu adalah alasan mengapa aku ingin membaca buku ini dan aku juga ingin menambah koleksi buku horrorku di lemari. Karena aku yakin siapapun yang suka buku ber-genre horror pasti akan mengutarakan hal yang sama just simple..🙂

    Alasan yang kedua sih karena review Mbak Luckty di atas yang membuat aku tambah penasaran dengan isi bukunya. Selain karena cover-nya yang menarik hati ini, ternyata juga penulisnya yaitu Mbak Erlita Pratiwi. Aku ingin mengenal penulisnya dan mungkin saja kedepannya aku bisa menjadikan Mbak Erlita Pratiwi penulis favorite-ku. Dan terakhir aku belum pernah memenangkan GA satupun di blog Mbak Luckty T.T tapi ya begitulah Mbak namanya kalo bukan rezeki mau bagaimana. Tapi aku selalu pengen ikutan semua giveaway di blog Mbak Luckty kok dengan pantang menyerah karena kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda ^_^ terlebih lagi review Mbak Luckty itu bagus + lengkap. Gak menang GA-nya juga gapapa yang penting baca review bukunya hehe..

    Udah itu aja alasannya aku Mbak Luckty ^_^
    Wish Me Luck

  23. Nama: Sharie
    Akun twitter: @nAshari3
    Kota tinggal: Cikampek

    Karena aku suka banget sama novel yang bergenre detektif. Setelah membaca reviewnya, novel ini mirip-mirip novelnya Enid Blyton ya kak, yang dikenal dengan Lima Sekawan (Pasukan Mau Tau). Mereka selalu menemukan sebuah misteri saat mereka liburan, sama seperti yang dialami oleh Andara dan Ica. Walaupun mereka bukan detektif sungguhan, tapi aku penasaran bagaimana cara Andara dan Ica memecahkan misteri hilangnya batik gentongan.
    Oh iya, jujur aku baru tau kalo ada batik gentongan dari Madura ini (aku cuma taunya batik solo dan pekalongan aja kak) Pengen tau cerita tentang batik ini, dan pengetahuan lainnya dari Madura. Soalnya saya cuma menginjakan kaki di Madura sebentar saja, itu juga cuma nyobain nyebrang ke jembatan Suramadu dari Surabaya saat liburan (maklum saat itu baru diresmiin), makan bakso diseberang, truz balik lagi ke surabaya. hahaha…
    Dan itu sangat disesali olehku, karena aku belom mengeksplor pulau tersebut kak. Hiks..

  24. Nama : Devi Ambar
    Twitter : @ivedvedi
    Kota Tinggal : Kediri

    Tertarik dengan budaya asal Bangkalan, yang sekaligus memperkenalkan batik ala daerahnya. lewat novel Misteri Sosok Wangi.
    ingin tahu lebih mendalam lagi, Siapa yang mencuri batik nya?

    Misteri Sosok Wangi, judul seperti itu. Kemudian cerita secara keseluruhan nya seperti apa?
    Wah, aku pingin…. baca buku ini. Buku budaya Indonesia, kisah misteri bercampur budaya batik… Menarik. Ide penulisnya pecah.. benar-benar pecah. Excellence…. I LIKE THIS BOOK… :’)

  25. nama : Tika Wulandari
    twitter @wulanchayaank
    domisili : madiun, jawa timur

    saya ingin sekali buku ini setelah membaca review di atas. kombinasi antara kisah misteri, budaya madura dan sepertinya ada juga mengupas tentang kuliner disana bikin penasaran aja hehehe. menarik, buku ini menarik. Batik madura terkenal dengan keindahan dan keunikannya menambah kekayaan materi buku ini . ditambah cerita tentang Andara yg susah makan jadi mikir nanti apakah dia akan rewel soal makanan hhhii… yupss… Buku misteri ini akan melengkapi rak perpus kami di rumah yang kekurangan buku misteri🙂

  26. Nama : Tika Wulandari
    Twitter : @wulanchayaank
    Domisili : madiun, jatim

    Saya ingin sekali buku buku #GAMisteriSosokWangi ini setelah membaca review di atas. Buku ini kaya materi ada cerita2 unik disana, tentang batik madura, tentang kuliner dan misteri hilangnya batik dr toko. Petualangan misteri ini bikin penasaran.
    Cover bukunya menarik membuat pembaca jatuh cinta………. Dan di hantui rasa penasaran.
    Saya ingin sekali membuat review nya nanti jika menang. Dan buku buku #GAMisteriSosokWangi ini akan melengkapi perpustakaan kami di rumah apalagi buku ini adalah terbitan penerbit Kiddo so pasti dijamin berkualitas gk di ragukan lagi deh.

  27. Nama : Tika Wulandari
    Twitter : @wulanchayaank
    Domisili : madiun, jatim

    Saya ingin sekali buku buku #GAMisteriSosokWangi ini setelah membaca review di atas. Buku ini kaya materi ada cerita2 unik disana, tentang batik madura, tentang kuliner dan misteri hilangnya batik dr toko. Petualangan misteri ini bikin penasaran.
    Cover bukunya menarik membuat pembaca jatuh cinta………. Dan di hantui rasa penasaran.
    Saya ingin sekali membuat review nya nanti jika menang. Dan buku buku #GAMisteriSosokWangi ini akan melengkapi perpustakaan kami di rumah. saya belum punya buku terbitan Kiddo….. pingin bngeeet.

  28. Nama : Tika Wulandari
    Twitter : @wulanchayaank
    Domisili : madiun, jatim

    Saya ingin sekali buku buku #GAMisteriSosokWangi ini setelah membaca review di atas. Buku ini kaya materi ada cerita2 unik disana, tentang batik madura, tentang kuliner dan misteri hilangnya batik dr toko. Petualangan misteri ini bikin penasaran.
    Cover bukunya menarik membuat pembaca jatuh cinta………. Dan di hantui rasa penasaran.
    Saya ingin sekali membuat review nya nanti jika menang. Dan buku buku #GAMisteriSosokWangi ini akan melengkapi perpustakaan kami di rumah. .belum punya buku terbitan Kiddo…. hikss

  29. Nama : Tika Wulandari
    Twitter : @wulanchayaank
    Domisili : madiun, jatim

    Saya ingin sekali buku buku #GAMisteriSosokWangi ini setelah membaca review di atas. Buku ini kaya materi ada cerita2 unik disana, tentang batik madura, tentang kuliner dan misteri hilangnya batik dr toko. Petualangan misteri ini bikin penasaran.
    Cover bukunya menarik membuat pembaca jatuh cinta………. Dan di hantui rasa penasaran. apalagi penulisnya kak Erlita Pratiwi di terbitin Kiddo lagi hemm… lengkap. so pasti berkualitas tas..
    Saya ingin sekali membuat review nya nanti jika menang. Dan buku buku #GAMisteriSosokWangi ini akan melengkapi perpustakaan kami di rumah.

  30. nama : Andi Rahmiani M
    twitter : @rxhmi
    kota : sengkang, sul-sel

    alasan pengen buku ini, ehmmm karena aku selalu suka sama bacaan tentang misteri-misteri gitu bikin aku deg-degan sendiri, apalagi ini cerita misteri yangada unsur budaya juga jadi menurutaku ini kayaknya buku yg unik dan wajib dibaca, mehehe:3

  31. Nama : Meilina Istanti
    Akun twitter : @Meic_Chan
    Kota tinggal : Banyumas

    Berikan alasan kenapa menginginkan buku ini.

    Karena..
    1. Menurutku, konfliknya cukup mendebarkan untuk ukuran anak-anak dan juga orang dewasa. Aku suka.
    2. Menampilkan budaya Indonesia. Hal tersebut merupakan salah satu kelebihan buku ini. Menarik dan aku suka.
    3. Dari judulnya, Misteri Sosok Wangi? Uh, yang wangi apaan ya? -Aku penasaran dan lagi-lagi aku suka.
    4. Secara keseluruhan aku suka. Well, berharap bisa jadi yang beruntung ^_^

  32. Nama : Fitriani Dewi
    Twitter : @fitrianidewi914
    Kota Tinggal : Cirebon, Jawa Barat

    Alasan : Kenapa pengen banget buku ini, karena pengen banget nambah koleksi buku bacaan, penasaran juga sama isi ceritanya, apa lagi baca judulnya kaya berbau teka-teki gitu jadi penasaran pengen baca karena emang suka sama kisah2 misterius 😂

  33. Eris Andriani
    @RizAnNie88
    Kota Batu Jatim

    Alasannya adalah:
    1. Dari judulnya sudah menimbulkan misteri dan membuat ku menebak-nebak sendiri, siapakah sebenarnya sosok wangi itu. Mahluk halus atau malah orang dalam yg menjadi bagian dari toko si nenek. Penasaran
    2. Sebuah kisah misteri yg coba dipecahkan oleh anak-anak dengan cara mereka, jadi penasaran kira-kira bagaimana pemikiran jenius, konyol atau bahkan menarik dari anak-anak itu dalam memecahkan misteri ini.
    3. Novel ini menampilkan budaya lokal Indonesia yg bisa membuat ku lebih paham dan tau tentang budaya sendiri, ditengah maraknya budaya barat saat ini. Belajar budaya melalui novel bukan buku pelajaran lagi hehe
    4. Mungkin si pencuri memiliki kenangan atau ketertarikan tersendiri dengan batik yg hilang itu. Atau memang dibalik nama atau motif batik itu memang memiliki misteri tersendiri. Makin penasaran..
    5. Covernya unik, menara di tengah hutan . Makin menimbulkan misteri dan membuat ku berfikir apa hubungannya batik yg hilang dengan menara dan sosok wangi?????
    Penasaran mau dibawa kemana jalan cerita ini hehe

  34. Nama : Pida Alandrian
    Twitter : @PidaAlndrian92
    Kota Tinggal : Aceh

    Cerita yg di buat dalam novel ini beda dari yang lain. Karena khas dengan budaya yang ada di Indonesia. khususnya budaya lokal. Dan membuat saya bertanya-tanya bagaimana sosok Andara yang memecahkan kasus (mengingatkan saya dgn Detective Conan).
    Dan juga yang membuat saya menginginkan baca buku ini adalah, saya ingin mengenal daerah bangkalan. Karena jujur ini pertama kalinya saya membaca dan mendengar nama daerah tersebut. Dan daerahnya yg penuh dengan tempat wisata dan kuliner juga khas budaya lokalnya yaitu batik sangat membuat saya tertarik. Dan semoga kl saya bs mendapatkan buku ini, kl suatu saat juga saya bisa ke bangkalan saya akan menjadikan buku ini panduan saya untuk mengelingi tempat2 yang penuh dengan keindahan wisata alam dan kulinernya dan juga tempat pembuatan kain batiknya .

    Sekian..
    Salam Pida Alandrian

  35. Nama: Dewi ayu ningsih
    Twitter: @DewiiaeyuN
    Domisili: Riau.

    Misteri sosok wangi, berarti ini bukunya ada unsur-unsur misterinya kan, saya tertarik banget dengan buku seperti ini. Akan banyak sekali kejutan yang timbul jika membacanya. Buku ini juga bisa nambah pengetahuan saya ttng jenis-jenis batik yang berkualitas ya kan mba. Buku ini juga sepertinya cocok dibaca oleh adik saya yang SD, wahh jadii pengendd.
    Ekhmm,, disetiap resensiannya mba luckty pasti gak ketinggalan ya bahasan makanannya;).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s