REVIEW 99 Cara Super Lesatkan Bisnis via Social Media

99-cara-super-lesatkan-bisnis-via-social-media

“Jadilah dirimu sendiri. Sebab jika tidak, akan ada konsekuensi yang harus dibayar.” –Wendel Pierce-

Media sosial sudah bukan lagi sekarang ajang mencari teman atau forum narsis belaka. Ada nilai plus lain dari media sosial, diantaranya menunjuang bisnis, dari mulai berjualan secara terang-terangan sampai memposting produk foto tertentu yang bertujuan untuk menarik pembeli. Sekarang ini para pengguna media sosial sudah jauh lebih cerdas dalam memanfaatkan media sosial sebagai ajang pengembangan bisnis, mulai dari berjualan, promosi, kampanye, memprediksi tren, dan masih banyak lagi. Profil, obrolan, dan komentar, yang ada di media sosial sebisa mungkin dioptimalkan sehingga bisa bermanfaat bagi bisnis.

Ada banyak sekali media sosial yang bisa kita gunakan. Salah satu diantaranya akan saya bahas. FACEBOOK, dengan 1,4 miliar pengguna, Facebook tak ubahnya ‘negara’ dengan populasi terbesar nomor 3 setelah Cina dan India. Inilah sebuah komunitas online yang menyebar ke seantero dunia. Pengguna terbanyak berasal dari kawasan Asia Pasifik, yaitu sekitar 471 juta atau 32,6% dari total member Facebook global.

Kawasan Asia-Pasifik masih mendominasi jumlah pengguna media sosial ini. Jumlah pengguna Facebook di kawasan tersebut mencapai 471 juta atau sekitar 32,6% dari total pengguna Facebook di seluruh dunia. Sampai akhir 2014, pengguna Facebook dari Indonesia berjumlah sekitar 70 juta orang. Semua hal yang diposting di laman para pengguna akan sangat berguna dari kacamata pebisnis.

Pengalaman buruk memakai produk tertentu, bisa dengan mudah dijumpai di postingan Facebook. Begitu juga pujian atas layanan yang memuaskan dari suatu jasa, cukup mendapat banyak komentar di Facebook. Bahkan, postingan foto selfie seorang wanita yang sedang tersenyum lebar saat sedang makan di restoran tertentu, punya nilai promosi tersendiri bagi seorang pebisnis yang jeli.

Bicara soal memanfaatkan Facebook untuk bisnis, sebenarnya tidak sekedar urusan berjualan, melainkan juga membaca selera pasar, memahami kebutuhan pasar, membidik segmen tertentu, dan mengerti apa yang mereka sukai.

Kudu dipertimbangkan untuk membuat akun Facebook baru yang khusus dipakai untuk akun bisnis. Hal ini perlu dilakukan sebab nggak semua teman Facebook kita bersedia diganggu dengan status ‘jualan’ yang kita posting.

Apabila teman Facebook kita sudah cukup banyak, maka akun utama kita bisa dipakai sebagai endorser akun bisnis kita. Memisahkan antara akun pribadi dengan akun bisnis merupakan langkah bijak sebab kita bisa mulai memilah-milih antara jaringan pertemanan pribadi dan jaringan pertemanan bisnis. Jenis postingannya pun jelas berbeda.

Di akun pribadi, kita bisa bebas melakukan update status yang mewakili diri sendiri, seperti posting keluarga, video humor, saling sapa dengan teman masa sekolah dengan candaan konyol dan sebagainya. Hal-hal seperti itu nggak bisa dilakukan di akun bisnis. Ada bagusnya juga nama kedua akun itu berbeda, namun tetap mewakili diri kita sebagai brand utamanya.

“Banyak hal kecil menjadi besar berkat jenis iklan yang benar.” – Mark Twain-

“Yang penting dari aspek kreativitas adalah tidak takut untuk gagal.” –Edwin Land-

Menjadi diri sendiri di Facebook bukan berarti bisa semaunya. Ingat, kita sedang membangun bisnis, maka tetaplah bersikap secara profesional. Salah satu hal yang perlu kita perhatikan adalah gaya bahasa. Menyusul jejak sukses orang lain itu bagus, tapi meniru gayanya? The big no no! Sebagus apa pun tiruan itu, tetap akan terlihat buruk ketika orang tahu bahwa itu hanyalah tiruan. Jadilah diri sendiri, jangan meniru orang lain.

Keterangan Buku:

Judul                                     : 99 Cara Super Lesatkan Bisnis via Social Media

Penulis                                 : @Politwika

Editor                                    : Mira R.

Penata isi                             : Sandy Kusuma

Desain kover                      : Sandy Kusuma

Penerbit                              : Grasindo

Terbit                                    : 2015

Tebal                                     : 159 hlm.

ISBN                                      : 9786023753048

2 thoughts on “REVIEW 99 Cara Super Lesatkan Bisnis via Social Media

  1. kak, kalau boleh tau, kakak dapat buku sebanyak itu dari mana kak ?, beli atau pinjam??, kalau pinjam, boleh dong kasih tau saya dmna tmpatnya?, hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s