REVIEW Sweet Disaster

PicsArt_21_05_2016_17_43_26[1]

“Yang terjadi biar aja terjadi..” (hlm. 26)

DIMAS ARYA MAHESA. Cowok paling cool dan keren di Universitas Indonesia. Presiden Mahasiswa yang terkenal karena kecerdasan serta aktif dalam berorganisasi. Anak tunggal pengusaha ternama di Indonesia, Erik Mahesa dan Denisa Hendraman. Seorang atlet taekwondo tingkat nasional dan aktivis kampus. Kini bertransformasi menjadi pegawai staf ahli di DP. Jangan lupa, dia sudah memiliki seoranga anak; Zahra atau biasa dipanggil Rara.

“Menurut Ayah? Papi akan dioperasi, kesempatan hidupnya kecil. Dimas harus jawab apa? Rasanya Dimas nggak pantas untuk menolak, kan?”

“Dan mengorbankan kebahagiaanmu kamu lagi, Dim? Ayah nggak mau ini terjadi lagi sama kamu!” “Ayah yang terjadi biar saja terjadi. Dimas nggak mau menyesali semua yang sudah terjadi di belakang.” (hlm. 26)

PURI ARDHYANA PRAMESWARI. Menjadi model mungkin merupakan impian sebagian besar wanita. Dari penampakan luar, model menampilkan image wanita wanita dengan tubuh sempurna, wajah yang memesona dan meraih penghasilan besar dengan mudah serta bisa menjadi batu loncatan untuk berbagai profesi lainnya. Begitu juga untuk Puri. Di usianya yang baru menginjak dua puluh tahun dia sudah menjadi brand ambassador untuk beberapa produk ternama.

“Iya gue ngerti kalo lo hanya ingin papi-nya Puri tenang, kan, jalanin operasinya. Tapi itu juga artinya lo ngorbanin perasaan lo sendiri.” (hlm. 51)

Dari pertama udah sebal banget ama tokoh Puri yang manja, egois, dan apa-apalah itu. Penulisnya berhasil banget bikin pembaca pengen  kepruk tokoh Puri ini. Bayangin aja, lima tahun dia ninggalin Dimas ama Rara, anaknya yang kala itu masih piyik banget. Ya, dia tega banget ninggalin mereka hanya demi mengejar kariernya yang nggak seberapa itu. Bahkan anaknya selama ini belum pernah melihat mommy-nya ini secara langsung. Oya, satu lagi yang nggak disuka dari Puri ini; agresif x))

Dimas ini memang cowok banget dan dewasa. Bayangkan, demi kebahagiaan (mantan) mertuanya dia rela menikahi Puri (kembali). Menggadaikan perasaannya. #PesanSatuDonkCowokMacamDimas

PicsArt_21_05_2016 17_47_29Ceritanya memang fokus ke hubungan dua tokoh utama ini, untuk tokoh lainnya hanya selingan saja. Ini adalah novel kedua yang ditulis oleh Mbak Mayya Adnan. Sebelumnya berjudul; My Fiancee is a secret agent dengan tokoh utama Paundra dan Radisiti yang masih berhubungan dengan tokoh utama dalam buku ini.

Mengambil tema perjodohan. Tema ini tampaknya lagi mainstream banget dibahas. Mungkin lagi digandrungi pembaca. Perjodohan dalam kehidupan nyata pun tak semanis yang dibayangkan. Seperti halnya hubungan dua tokoh utama dalam buku ini. Yang bertahun-tahun pacaran aja terkadang susah klop, apalagi dua orang yang awalnya nggak saling kenal dijodohkan, akan banyak sekali kerikil yang harus dilalui. Pilihannya adalah tetap jalan dengan rasa sakit melewati kerikil tersebut, melalui jalan tersebut dengan membuang kerikilnya atau memilih melewati jalan lain untuk menghindari kerikil tersebut.

PicsArt_21_05_2016 17_49_14Banyak selipan sindiran halus dalam buku ini:

  1. Groupies? Emang dia anak band apa punya groupies segala? (hlm. 6)
  2. Lo itu mau ke rumah sakit atau ke mal sih? (hlm. 11)
  3. Gue enggak mau berharap terlalu banyak. Kalau terlalu berharap nanti jatuhnya jadi sakit banget. (hlm. 53)
  4. Lain kali jangan pake baju kekurangan bahan gitu lagi, jadi ribet kan? (hlm. 68)
  5. Kalo ngomong jangan sembarangan. (hlm. 92)
  6. Buat apa gue bohong? (hlm. 113)
  7. Kenapa lo kayak panik gitu? Kalo lo ngerasa nggak salah harusnya lo biasa kan? (hlm. 117)
  8. Buat apa kita bersana kalau tidak ada rasa percaya itu? (hlm. 120)
  9. Kamu kalau lagi ngomong liatin orang dong. (hlm. 177)
  10. Nggak baik rumah tangga hidup jauh-jauhan. (hlm. 178)
  11. Kalau nggak dicoba nggak akan tau, kan? (hlm. 255)
  12. Kebetulan kan sama-sama jomblo, kenapa nggak dicoba? (hlm. 287)
  13. Anak muda zaman sekarang, mau pulang saja pakai rahasia. (hlm. 287)

Keterangan Buku:

Judul                                     : Sweet Disaster

Penulis                                 : Mayya Adnan

Editor                                    : Debora Melina

Penerbit                              : PT Elex Media Komputindo

Terbit                                    : 2016

Tebal                                     : 289 hlm.

ISBN                                      : 978-602-02-8196-4 PicsArt_21_05_2016 17_50_46

4 thoughts on “REVIEW Sweet Disaster

  1. Jalan cerita novel ini sepertinya keren dan bagus. Dan sesuai selera saya, tokoh-tokohnya dewasa. Sebab, novel begini yang banyak pesan moralnya untuk pembaca kayak saya yang lagi belajar menjadi dewasa secara bijak, hehe. harus masuk list bacaan saya kelak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s