[Truly Love Blog Tour] REVIEW Apa Pun Selain Hujan + GIVEAWAY

 

WP_20160526_013

“Kalian harus belajar memaafkan diri kalian sendiri.” (hlm. 268)

WIRAWAN GUNADI. Dia mengutarakan keinginan kepada orangtuanya untuk melanjutkan kuliah di mana saja selain Jakarta. Ia tidak sanggup lagi tinggal di kota yang sama dengan teman-teman sekolah dan klubnya –orang-orang yang menggunjingnya.

Dalam sekejap, Wira menjadi musuh bersama nomer satu di sekolahnya. Dalam sekejap. Kehidupan Wira berubah menjadi mimpi buruk.

Wira tidak punya kesempatan untuk membela diri maupun menjelaskan, juga tidak punya nyali untuk melakukannya.

Satu-satunya orang yang seharusnya dapat memahaminya adalah Nadine, tetapi seperti Wira, gadis itu juga terpukul. Gadis itu juga tidak bisa menghibur dirinya sendiri. Perayaan dini mereka, sementara Faiz pergi setelah pertandingan taekwondo itu pun membuat segalanya semakin buruk.

Di sekolah, sebisa mungkin ia menghindari semua orang dengan menyendiri di pojok perpustakaan. Begitu terus hingga akhirnya ia lulus SMA dan berkuliah di Universitas Brawijaya yang berada jauh di Jakarta.

Saat Wira memilih tinggal bersama neneknya yang jauh dari hiruk pikuk Jakarta, neneknya meyakinkannya bahwa semua yang terjadi adalah takdir dari Yang Mahakuasa. Bahwa waktu akan menyembuhkannya. Bahwa ia bisa memulai baru. Berbekal keyakinan itu, Wira bisa merasa tenang selama beberapa waktu. Namun, setiap kali perasaan takut itu memudar, hujan turun, secara konstan mengingatkannya.

Suara rintik yang menimpa genting membuat Wira membuka mata. Ia menatap nyalang langit-langit berwarna gading yang menjadi tameng antara dirinya dengan hujan. Dengan segera, ia kembali memejamkan mata, lalau menutupinya dengan punggung tangan.

Sering kali, Wira berharap bisa tinggal di suatu tempat di mana hujan tidak pernah turun. Ya, hujannya mengingatkannya akan suatu peristiwa yang sangat menggunjang jiwanya.

“Dari awal memang harusnya aku nggak berusaha. Karena aku nggak berhak.”

“Tapi…kamu nggak bisa terus-terusan hidup tanpa semangat.” (hlm. 242)

WP_20160526_008

Saya sering banget cerita ke murid-murid; jangan pernah minder dengan keadaan zaman sekolah, karena di perkuliahan nanti akan mendapatkan pengalaman baru sekaligus pengalaman yang baru-baru juga. Jangan hidup merasa tamat ketika putus dengan mantan saat sekolah, karena bisa jadi saat kuliah nanti akan menemukan banyak teman-teman baru yang lebih seru dan juga tambatan hati yang baru. #eaaa x))

“Mungkin Attar lebih segalanya daripada kamu. Tapi yang di hati kami, ya cuma kamu.” (hlm. 175)

Kayla. Tokoh perempuan dalam buku ini meski kesannya agresif karena selalu inisiatif mengajak Wira melakukan beberapa hal, seperti ikut taekwondo, memelihara kucing bersama dan sebagainya, tapi saya justru melihat Kayla tidak menyebalkan seperti cewek-cewek agresif pada umumnya. Malah mesam-mesem kalo mereka pas adegan naik sepeda bareng x))

Oya, favorit juga ama teman-teman Wira di kampus. Sebagai mahasiswa baru, apalagi yang jurusannya mengadakan ritual OSPEK selama setahun, bisa dipastikan kekompakan mereka teruji. Sering ‘ngguyoni’ Wira tanpa terkesan membully ataupun menggurui. Kalo baca yang adegan suasana OSPEK Wira dan kawan-kawan, rasanya kangen banget kuliah!😉

WP_20160526_009

Ini adalah buku ke dua puluh lima yang ditulis Orizuka. Belasan buku yang ditulisnya udah saya baca. Saking ngefansnya ama penulis ini, dulu sempat buat semacam Orizuka’s Books Reading Challenge via selama setahun dan banyak juga peminatnya. Paling suka serial 4R dan serial High School Paradise. Tokoh utamanya cowok-cowok, semacam anak sekolahan yang unyu tapi bukan berarti sempurna, jadi ngebayangin kayak murid-murid di sekolah x))

“Dengan latihan, gue memang ingat, tapi sekaligus lupa. Hati gue sakit, sekaligus lega. Egois ya?” (hlm. 208)

Kembali Orizuka menampilkan tokoh utama cowok, kali ini lewat karakter Wira yang rapuh dan lari dari masa lalunya. Di buku ini, Orizuka mengambil rumus yang sama seperti di buku sebelumnya yang ditulisnya dengan 17 Years of Love Song yang tokoh utamanya juga cowok; Leo. Wira dan Leo ini sama-sama cowok rapuh dan terjebak dalam masa lalu. Bedanya, jika lewat karakter Leo, penulisnya menyelipkan olahraga baseball (yang penjabarannya pas banget, mungkin karena penulisnya suka banget ama olahraga ini), sedangkan lewat tokoh Wira kita bisa membayangkan bagaimana kehidupan dunia taekwondo yang ulasannya juga komplit. Kenapa penulisnya bisa pas menyelipkan seputaran dunia taekwondo? Karena dia riset lumayan lama. Bisa baca ulasannya di tumblr penulisnya di SINI.

Gegara abis baca buku ini, saya jadi penasaran ama Lee Daehoon. Bener banget kata Orizuka, atlet taekwondo ini imut-imut bingit!!😉

2012 London Olympic Games Korean Taekwondo Lee Dae-hoon won silver medal in men's -58kg at the ExCel Arena. 2012.08.09 Photo by Korean Olympic Committee Ministry of Culture, Sports and Tourism Korean Culture and Information Service -------------------------------------- 2012 ·±´ø ¿Ã¸²ÇÈ ³²ÀÚ Å±ǵµ -58kg ÀÌ´ëÈÆ Àº¸Þ´Þ ȹµæ »çÁøÁ¦°ø - ´ëÇÑüÀ°È¸ ¹®È­Ã¼À°°ü±¤ºÎ Çؿܹ®È­È«º¸¿ø

Kemudian jadi keinget tiga tahun lalu di sekolah kebetulan ada seorang guru relawan yang bernama Goh Daeyeon dari KOREA, waktu itu teman-temannya yang rata-rata atlet taekwondo dari Korea (dan cowok semua!) ini datang ke sekolah. Ya ampyunnn…tamvaannya keterlaluan. Berasa kayak nonton drama Korea secara live. Jadi pas mereka demo taekwondo di lapangan sekolah, murid-murid cewek pada jejeritan, termasuk saya juga sih, wkwkwk.. x))

korea 1 korea 2

Pokoknya nggak pernah rugi kalau baca tulisannya Orizuka. Settingnya pun berasa. UNIBRAW dan daerah Malang & Batu. Kebetulan tahun lalu saya singgah beberapa hari di kota tersebut, dan memang bikin jatuh cinta ama suasananya di sana. Nggak kota-kota amat, tapi juga nggak ndeso-ndeso amat. Teduh bin adem lagi.

Beberapa tempat di Malang dan Batu yang sempat nongol di buku ini; Jatim Park 2, Batu Night Spectacular dan Festival Lampion:

malang 1 malang 2 malang 3 malang 4

Ada beberapa pesan moral yang bisa kita ambil dalam buku ini. Pertama, bahwa kita harus bisa memaafkan diri sendiri untuk melanjutkan hidup. Kedua, peran keluarga sangat penting dalam pembentukan karakter seseorang. Dan ketiga, selain keluarga, peran lingkungan terutama teman-teman sekitar sangat mempengaruhi perkembangan psikologis seseorang. Jadi keinget sekitar tiga tahun yang lalu ada siswa yang rada ‘stres’ abis patah hati, begitu masuk di sekolah tempat saya bekerja, lewat ketelatenan guru BK dan teman-temannya di sekolah yang selalu mendukungnya, dia bisa sembuh total dari tekanan psikologis yang berat. Guru BK pernah bilang, faktor lingkungan sekitar sangat mempengaruhi perkembangan psikologis seseorang. Karena sukses adalah hak setiap orang.

“Kami mungkin bukan orangtua yang selalu ada untukmu, tapi kami tidak pernah berbohong sama kamu.” (hlm. 253)

Buku ini semacam percampuran antara tema keluarga, persahabatan, dan hubungan dua manusia. Recomended banget pokoknya!😉

Beberapa kalimat favorit dalam buku ini:

  1. Kalau bukan kita yang peduli, siapa lagi? (hlm. 44)
  2. Namanya juga bercita-cita. Harus pede supaya tergapai! (hlm. 108)
  3. Orang lain bisa mengatakan apa pun yang mereka mau. Itu sepenuhnya kuasamu untuk percaya. (hlm. 253)

Beberapa selipan sindiran halus dalam buku ini:

  1. Tidak semestinya seorang laki-laki sehat dan normal menolak ajakan futsal. (hlm. 13)
  2. Kamu kok selalu mau buru-buru pulang? Kamu sudah berkeluarga? (hlm. 65)
  3. Kamu mungkin nggak selemah lembut cewek-cewek lain, tapi tetap aja sentimentil. (hlm. 74)
  4. Memangnya alasan itu cukup buat nerima cinta cowok? (hlm. 153)
  5. Lagi pula, kucing mana ngerti kamu capek. (hlm. 175)
  6. Kalau mau uji nyali, ke kuburan aja. (hlm. 189)

Tumben-tumbenan banget kan quotes ataupun selipan sindran halus yang saya tulis hanya sedikit. Ini mungkin saking khusuknya baca menyelami kisah Wira sampai lupa menandai kata-kata favorit… X))

Keterangan Buku:

Judul                                                     : Apa Pun Selain Hujan

Penulis                                                 : Orizuka

Editor                                                    : Yuliya

Penyelaras aksara                            : Idha Umamah & Widyawati Oktavia

Penata letak                                       : Putra Julianto

Desainer sampul                              : Agung Nugroho

Penerbit                                              : GagasMedia

Terbit                                                    : 2016

Tebal                                                     : 288 hlm.

ISBN                                                      : 979-780-850-5

WP_20160526_015

Seharusnya dalam blogtour ini saya kebagian tema ‘tell your truly love’. Mikir-mikir, ini gimana mau cerita tentang truly love, karena kalo urusan asmara selalu gagal, wkwk.. #PukPukDiriSendiri

Jadi, dalam hubungan dua insan manusia yang diperlukan adalah sebuah komunikasi dua arah, saling percaya, dan saling pengertian. Apalah arti tamvaan, mapan, dan bawa sedan tapi gak bikin kita nyaman x)) #pengalaman #MalahCurhat

Berhubung saya belum menemukan truly love di kehidupan nyata (dan nggak penting juga cerita tentang mantan :p), lebih baik saya lemparkan pertanyaannya ke teman-teman yang menginginkan buku ini x))

truly love

MAU BUKU INI?!?

Simak syaratnya:

1. Peserta tinggal di Indonesia

2. Follow akun twitter @lucktygs, @GagasMedia dan @authorizuka . Jangan lupa share dengan hestek GA #TrulyLove #ApaPunSelainHujan dan mention via twitter.

3. Follow blog ini, bisa via wordpress atau email.

4. Jawab pertanyaan di kolom komentar di bawah, plus nama, akun twitter, dan kota tinggal. Pertanyaannya adalah berikan alasan kenapa kamu ingin membaca buku ini. Mudah kan? 😉

5. Giveaway ini juga boleh di share via blog, facebook, dan sosmed lainnya. Jangan lupa sertakan hestek  GA #TrulyLove #ApaPunSelainHujan yaaa… 😉

Event ini gak pake helikopter, eh Rafflecofter yang ribet itu. Jadi pemenang ditentukan dari segi jawabannya yaaa… ( ‘⌣’)人(‘⌣’ )

#TrulyLove #ApaPunSelainHujan ini berlangsung seminggu: 1-6 Juni 2016. Pemenang akan diumumkan tanggal 7 Juni 2016.

Akan ada SATU PEMENANG yang akan mendapatkan buku ini. Hadiah akan langsung dikirimkan oleh penerbitnya!😉

Silahkan tebar garam keberuntungan dan merapal jampi-jampi buntelan yaaa… ‎(ʃƪ´▽`) (´▽`ʃƪ)!

Pengumuman Pemenang Giveaway Apa Pun Selain Hujan

Terima kasih dengan keantusiasan teman-teman untuk mengikuti Giveaway Apa Pun Selain Hujan, ada 83 komentar yang masuk. Terima kasih yaa… :))

Pemenang giveaway kali ini adalah:

Nama: Salsabila Shafa Rahma
Akun twitter: salsashf
Kota tinggal: Banjarmasin

Kak Orizuka adalah salah satu penulis yang selalu aku tunggu karya-karya terbarunya. Dari yang selama ini aku baca, novel-novel kak Orizuka sangat beranekaragam–di mana dia selalu berhasil menulis cerita dengan konsep yang berbeda-beda dan membuatku penasaran. Selama membaca karya-karya dari kak Orizuka, dia membawaku untuk ikut serta memikirkan apa yang akan terjadi dengan tokoh yang ada. Maka dari itu, aku penasaran sekali dengan novel kak Orizuka yang terbaru ini, apalagi waktu baca judulnya “Apa Pun Selain Hujan” jadi apa yang selain hujan, kak Orizuka? Hmm.

Jujur, setelah membaca review dari kakak, aku tambah semangat untuk ikut Blog Tour ini. Cara kakak memberi tahu kami semua mengenai latar belakang Wira dan sedikit informasi mengenai Kayla, membuatku makin penasaran dengan jalan ceritanya. Di tambah lagi sewaktu kakak membahas masalah OSPEK dan “…saat kuliah nanti akan menemukan banyak teman-teman baru yang lebih seru…”, kebetulan aku baru saja lulus SMA dan akan melanjutkan kuliah beberapa bulan nanti. Sehingga, aku rasa novel kak Orizuka ini bisa aku baca sembari menunggu hari pertama kuliah di mulai, he he. Kemudian, yang bikin aku semakin tertarik untuk membaca novel ini adalah quotes-quotes yang kakak selipkan di review ini. Apalagi belum apa-apa sudah dikasih dengan kalimat, “Kalian harus belajar memaafkan diri kalian sendiri.” Wah, kayaknya itu untuk Wira, ya, kak? Atau siapa, deh? Kan, jadi penasaran. Aku juga sebenarnya penasaran, sih, dengan tokoh Wira itu sendiri. Apa Wira di “Apa Pun Selain Hujan” benar-benar berbeda dari tokoh-tokoh cowok yang pernah dibuat kak Orizuka–seperti yang dia ceritakan di “Behind the Book: Apa Pun selain Hujan”? Apa Wira di “Apa Pun selain Hujan” juga pacarable kayak tokoh-tokoh cowok yang pernah dibuat kak Orizuka? Well, there’s a lot of question in my head dan semoga saja bisa terjawab di Truly Love Blog Tour yang satu ini. He he, bukan kode, kok. Tapi, ya, ndakpapa kalau benaran di kasih hi hi. Terima kasih, kak Luckty! Maaf, kalau blog-nya agak kotor soalnya aku barusan tebar-tebar garam keberuntungan di sini ha ha ‎(ʃƪ´▽`) (´▽`ʃƪ)!.

Selamat buat pemenang. Sila kirim email ke emangkenapa_pustakawin[at]yahoo[dot]com dengan judul: konfirmasi pemenang Giveaway Apa Pun Selain Hujan. Kemudian di badan email cantumkan; nama, alamat lengkap, dan no hape biar hadiahnya segera dikirim langsung oleh penulisnya ya.

Terima kasih buat Kak Orizuka & Tim GagasMedia atas kerjasamanya, sekali lagi terima kasih banyak atas kepercayaannya.

Buat yang belum menang, jangan sedih. Masih banyaaaakkkk giveaway lainnya yang menanti!! :*

@lucktygs

83 thoughts on “[Truly Love Blog Tour] REVIEW Apa Pun Selain Hujan + GIVEAWAY

  1. Nama: Mega Widyawati
    Akun twitter: @Widy4_W
    Kota tinggal: Nganjuk
    Pertanyaannya adalah berikan alasan kenapa kamu ingin membaca buku ini

    Novel Apa pun selain hujan? Siapa sih yang nggak mau baca Novel ini. Ya ampuun mau banget dong. Setelah tahu sang penulisnya tak lain dan tak bukan adalah Kak Orizuka. Astaga aku mau banget baca karya terbarunya dia, penulis favoriitku ini. Siapa sih yang nggak kenal Kak Orizuka? Penulis novel paling hits dengan kalimat2 Quotes di setiap tulisannya. Quotes yang di bumbui banya sekali makna kehidupan. Juga Ada kata mutiara yang membangun menyebar di tiap-tipa partnya. Apalagi setiap baca Novelnya kak Ori selalu bawa perasaan. Summer Brezzee contohnya..
    Kurang Apalagi coba alasanku Mbak Luckty? Kalau kayak gini kan’, aku makin optimis untuk bawa pulang Apa Pun Selain Hujan.
    Melirik covernya yang ada payungnya itu lho, sudah bikin aku mupeng klepek-klepek mau membawanya pulang. Harus! . Manis banget covernya, kayak rasa gula ditambah madu. Nyesss..
    Please Mbak Lukcty, pertimbangkan ‘Apapun Alasanku Kali Ini Saja’.

  2. Vena Dwi Masfiyah
    @venaquict
    Tulungagung – Jatim

    Pengen banget baca buku ini sebenarnya sejak dulu tetapi karena masalah kesulitan untuk mendapatkan novel ini ya jadinya sampai sekarang belum punya novel ini deh. Kenapa pengen baca? Karena sejak pertama aku tahu kak Orizuka aku langsung jatuh cinta sama tulisan dia. Tulisannya tuh mengalir pelan dengan quotes menarik di dalamnya. Alurnya mudah dipahami dan terkadang kata2nya itu loh yang membuatku tersindir. Aku yakin kalau novel ini gak kalah keren dengan novel2 kak Orizuka yang sebelumnya. Atau malah semakin bagus ya novelnya? Aku pengen ngoleksi gitu novel2nya kak Orizuka. Habisnya novelnya keren2 sih ^^

  3. Nama : Aini Eka
    Twitter : @ainekayul
    Kota : Samarinda

    Kenapa pengen banget baca novel ini?
    Pertama, karena penulisnya Orizuka, yang telah menetaskan sekian banyak buku. Jadi sudah nggak perlj dipertanyakan lagi dong kualitasnya.
    Kedua, karakter Wira mengingatkan pada seseorang di masa lalu :’) jadinya pengen banget baca dan meluk-meluk bukunya sambil nostalgia :v
    Ketiga, settingnya di Malang ohemjiiihhhhh. Eke pernah kesana dulu, dan kota itu absolutely breathtaking. Pengen banget ngulang petualangan di Malang melalui buku ini. Karena dari tulisan mbak Orizuka yang menyatakan kalo beliau berkunjung ke Malang buat riset novel ini, jadi yakin banget kalo rasa Malangnya akan bener-bener real di sini.
    Keempat, tokoh-tokohnya mahasiswa UB. Sudah pasti juga mereka sering sliwar-sliwer di kampus UB, kampus impian yang gagal dituju beberapa tahun silam😥 mungkin dengan baca ini perasaanku bakal lebih baik, dan bisa membawa imajinasi seolah-olah eke sendiri yang mahasiswa UB. Huahahaha
    Kelima, dan yang terakhir; eke tertarik banget sama judulnya. Simpel tapi ngena banget. Dan sempat ngikik gaje baca cerita Orizuka dibalik pemilihan judul Apapun selain Hujan yang unik dan gampang diplesetin orang :v

  4. Nama: Bella Pratiwi
    Twitter: @Bella_RNZ
    Kota: Tangerang

    Aku udah ikut rulesnya ya kak ^^ tinggal yg share link habis ini ya di twitter.

    Alasan kenapa aku ingin baca buku ini?
    Ohiya aku mau jabarkan alasan-alasannya:
    1. Aku mau kaya kak Luckty yang bisa dapat buntalan-buntalan menggemaskan itu!
    Tbh, aku nggak pernah ngalamin rasanya kedapetan buntelan. Iri sama kakak yang buntelannya nggak kira-kira banyaknya itu! >·<
    2. Aku suka banget karya-karyanya kak Orizuka!!
    I For You, Fight For Love, Infinitely Yours, The Truth About Forever, Oppa and I series, TCoA series, aku suka banget!!
    Dan yang ini aku mau banget dan kebetulan belum baca, hehe.
    3. Ini pemeran cowoknya kayak yang aku suka di dunia nyata, namanya Wira, hehe. Aku jadi pengen tau perbedaan karakter Wira ini dengan yang itu. Hehe.
    4. Aku lagi gencar-gencarnya terinspirasi buntelan dari kakak. Mau nyoba review juga kalo dapet buntelan ini, hehe. Makasih kak udah menginspirasi~~

  5. Nama : Nur Rachmawati. Z
    Twitter : @OmbakBintang
    Kota : Semarang

    Alasanku ingin membaca buku ini adalah ingin mengenal Wira. Dari blog kak Orizuka aku sangat suka dengan kata yang ditulisnya yaitu kak Orizuka ingin membuat tokoh yang tidak sempurna danmanusiawi layak dicintai. Hal inilah yang membuatku ingin mengenal Wira. Aku juga ingin jaruh cinta padanya seperti aku jatuh cinta pada karya kak Orizuka lainnya. Ah iya, apa kak Lucty telah jatuh cinta pada Wira setelah mengenalnya? Terima kasih

  6. Nama: Dini Fazriyah N A
    Twitter: @fazzriyah
    Kota tinggal : Tasikmalaya
    Saya tidak akan panjang lebar mengutarakan seberapa populernya teh Orizuka atau kehebatannya mengolah kisah. Yang menjadi alasan saya ingin novel tersebut, hari selasa kemarin, teh Ori datang ke kampus Universitas Siliwangi Tasikmalaya, kampus saya. Dan saya tambah tertarik ketika teh Ori cerita tentang proses garap naskah novel ini secara langsung. Menurutku itu luar biasa. Saya memang penggemar baru teh Ori, dan sedang mencari novel sebelumnya. Tapi diakhir workshop, buku novel plus tanda tangannya tidak saya dapatkan. Teteh Luckty terima kasih sudah mengadakan give away ini. Setidaknya saya ada harapan buat dapat buku ini secara gratis, karena jujur menjelang UAS, dompet mahasiswa menipis.

  7. Nama : Ratnani Latifah
    Twitter : @ratnaShinjuechi
    Domisili : Jepara

    Kenapa kamu ingin membaca buku ini? Setidaknya ada lima alasan bagi saya kenapa sangat ingin membaca novel ini.

    Pertama karena suka dengan nuansa kovernya. Perpaduan warnanya yang apik.
    Kedua karena penulisnya Orizuka, penasaran banget pengen membaca karya terbaru penulis keren ini.
    Ketiga karena judulnya menarik. Jujur dalam melihat novel judul yang menarik tentu saja menjadi takaran dalam memilih ingin membaca atau tidak.
    Keempat karena Ide ceritanya yang menarik dan penasaran bangaiman ide itu dikemas. Baik dai segi alur, gaya bahasa bercerita juga eksekusi pada kisahnya. Tak ketinggalan eksekusi settingnya.
    Kelima karena saking sukanya baca buku selalu haus dengan buku-buku baru. Selain untuk dijadikan teman baca, juga mau menyerap ilmu dari penulisnya. Karena dengan membaca nanti saya bisa nambah kosakata dan bagiaman menulis novel yang baik. Soalnya memang suka menulis juga. ^_^

  8. Nama: Lisa Sentani
    Twitter: @lisasent
    Domisili: Depok

    Judul bukunya bikin di kepala saya muter-muter pertanyaan, kenapa harus selain hujan? bukannya hujan itu menandakan keberkahan, saya suka hujan, tapi ka orizuka justru bikin cerita apapun selain hujan, dan ini yang bikin saya penasaran dengan cerita di dalamnya, hm.. Saya biasa menyambut hujan dengan suka cita, tapi mungkin bagi beberapa orang hujan itu mengundang kesedihan, seperti yang diketahui tokoh utama dlm buku ini adalah Wira, yang tak menyukai bahkan takut sama hujan? Ya, alasannya cuma bisa saya temuin kalau saya baca “Apa Pun Selain Hujan”. Setting tempatnya yang juga, em.. di Malang, pernah ke Malang tapi belum berkesempatan main ke Jatim Park, ke BNS, aaah pengen banget! Semoga di GA kali ini saya berkesempatan memiliki buku ini dan membacanya, biar bisa juga merasakan ‘kesemsem’nya mbak luckty sama atlet taekwondo, dan suasana Malang yang digambarkan mbak orizuka dlm buku ini.
    Berdoa, Wish me luck🙂
    Setiap orang berhak bahagia, mau hujan atau apapun selain hujan.
    Good Luck mbak luck🙂 semoga segera bertemu dengan #TrulyLove ya mba hehe

  9. Deasy Arie Rosalina | @DEENAmond | Bekasi

    Q. Kenapa kamu mau baca buku ini?
    A. Karena aku suka dengan novel yang ditulis kak Orizuka. Awalnya aku cuman suka Infinitely Yours, terus suatu hari baca cerita Meet the Sennas, Me and My Prince Charming, sama I For You, hingga ke tetraloginya Audy si The Chronicles of Audy bener-bener bikin aku larut (ilang dong?) sama ceritanya dan membuatku berpikir, kalau aku jadi penulis aku ingin seperti kak Orizuka!
    Ya… sesederhana itu sih (eung… ini dihitung sederhana ga ya ceritanya?)

  10. Ok, kenapa pengen BGT baca buku ini, karena sepanjang ak liat reviewnya dr berbagai macam media dan sumber, novel ini recommended bgt untuk dibaca, pengen tau gimana sang penulis meracik novel ini sedemikian rupa sampai banyak pembaca terhipnotis dgn kisah sang tokoh utama, seperti pemilik blog ini bercerita :p *ampun kakak*
    Apalagi judulnya sendiri ttng hujan, aku suka semua hal ttang hujan, mulai dr aroma yg khas setiap hujan turun, udara yg lebih sejuk, dan tetesan air yg turun dr atap rumah membuat kesan yg selalu menyenangkan untuk dilihat. Penasaran juga knp harus “apapun selain hujan” judul yg dipilih penulis. Apakah karena hujan membawa kenangan indah atau justru kesedihan. At least, ak berharap bisa menang give away ini karena ak ga sabar bgt bgt bgt baca novel karangan orizuka 😍
    Semoga ak yang terpilih 🙏

  11. Nama: Salsabila Shafa Rahma
    Akun twitter: salsashf
    Kota tinggal: Banjarmasin

    Kak Orizuka adalah salah satu penulis yang selalu aku tunggu karya-karya terbarunya. Dari yang selama ini aku baca, novel-novel kak Orizuka sangat beranekaragam–di mana dia selalu berhasil menulis cerita dengan konsep yang berbeda-beda dan membuatku penasaran. Selama membaca karya-karya dari kak Orizuka, dia membawaku untuk ikut serta memikirkan apa yang akan terjadi dengan tokoh yang ada. Maka dari itu, aku penasaran sekali dengan novel kak Orizuka yang terbaru ini, apalagi waktu baca judulnya “Apa Pun Selain Hujan” jadi apa yang selain hujan, kak Orizuka? Hmm.

    Jujur, setelah membaca review dari kakak, aku tambah semangat untuk ikut Blog Tour ini. Cara kakak memberi tahu kami semua mengenai latar belakang Wira dan sedikit informasi mengenai Kayla, membuatku makin penasaran dengan jalan ceritanya. Di tambah lagi sewaktu kakak membahas masalah OSPEK dan “…saat kuliah nanti akan menemukan banyak teman-teman baru yang lebih seru…”, kebetulan aku baru saja lulus SMA dan akan melanjutkan kuliah beberapa bulan nanti. Sehingga, aku rasa novel kak Orizuka ini bisa aku baca sembari menunggu hari pertama kuliah di mulai, he he. Kemudian, yang bikin aku semakin tertarik untuk membaca novel ini adalah quotes-quotes yang kakak selipkan di review ini. Apalagi belum apa-apa sudah dikasih dengan kalimat, “Kalian harus belajar memaafkan diri kalian sendiri.” Wah, kayaknya itu untuk Wira, ya, kak? Atau siapa, deh? Kan, jadi penasaran. Aku juga sebenarnya penasaran, sih, dengan tokoh Wira itu sendiri. Apa Wira di “Apa Pun Selain Hujan” benar-benar berbeda dari tokoh-tokoh cowok yang pernah dibuat kak Orizuka–seperti yang dia ceritakan di “Behind the Book: Apa Pun selain Hujan”? Apa Wira di “Apa Pun selain Hujan” juga pacarable kayak tokoh-tokoh cowok yang pernah dibuat kak Orizuka? Well, there’s a lot of question in my head dan semoga saja bisa terjawab di Truly Love Blog Tour yang satu ini. He he, bukan kode, kok. Tapi, ya, ndakpapa kalau benaran di kasih hi hi. Terima kasih, kak Luckty! Maaf, kalau blog-nya agak kotor soalnya aku barusan tebar-tebar garam keberuntungan di sini ha ha ‎(ʃƪ´▽`) (´▽`ʃƪ)!.

    Pssst…, dengan senang hati ikut men-share GA ini di twitter: https://twitter.com/salsashf/status/737993128804683776

  12. Nama : Veny
    Twitter : @yutakaNoYuki
    Kota : Balikpapan

    ada banyak alasan kenapa aku ingin baca buku ini.
    Pertama karena judulnya yang bikin penasaran, Apa Pun Selain Hujan, Walaupun belum tahu apa kisahnya tapi kalau baca judulnya kok berkesan desperate sekali ya😀 Dan itu yang justru bikin menarik. Aku yakin sebagian besar yang melihat buku ini langsung tertarik sama arti judulnya dan jadi ingin baca ceritanya.
    Kedua karena buku ini ditulis sama Orizuka. Aku pernah baca karya mbk Orizuka dan suka sama gaya menulisnya. Mbk Orizuka selalu punya ide yang fresh dan cerita yang unik, selalu seru kalau baca tulisan mbk Orizuka.
    Ketiga, aku lebih ingin baca buku ini karena sudah baca review dari mbk Lucky, jadi pingin tahu konflik yang ada di buku ini
    Dan keempat karena ada unsur martial artnya, yaitu Taekwondo. Apalagi dari review mbk Lucky unsur taekwondonya kuat dan bukan sekedar tempelan, jadi makin makin makin penasaran sama buku ini😀

    Btw, lama aku gak singgah ke blog mbk Lucky dan ternyata udah berubah, tampilannya jadi manis mbk🙂

  13. Nama: Dian Silviani / Pay
    Twitter : _dianosaurus
    Tempat tinggal: Jakarta

    Pertanyaan : berikan alasan kenapa kamu ingin membaca buku ini

    Kenapa? Jelas karena penasaran. Karena selain lagi nunggu lanjutan Audy (yang ternyata malah ini duluan yang beredar) aku selalu menanti-nanti karya Ka Orizuka.

    Karya ka Ori itu Sederhana, tokohnya nggak dibikin sempurna, tapi selalu mampu ninggalin bekas. Buat kita nggak bosen walaupun baca berulang-ulang. Masih tetep sedih, masih mampu ketawa, masih pengen membalik halaman demi halaman walaupun udah pernah di baca beberapa kali.

  14. Nama: Dian Silviani / Pay
    Twitter : _dianosaurus
    Tempat tinggal: Jakarta

    Pertanyaan : berikan alasan kenapa kamu ingin membaca buku ini

    Kenapa? Jelas karena penasaran. Karena selain lagi nunggu lanjutan Audy (yang ternyata malah ini duluan yang beredar) aku selalu menanti-nanti karya Ka Orizuka.

    Karya ka Ori itu “sederhana”, tokohnya nggak dibikin sempurna, tapi selalu mampu ninggalin bekas. Buat kita nggak bosen walaupun baca berulang-ulang. Masih tetep sedih, masih mampu ketawa, masih pengen membalik halaman demi halaman walaupun udah pernah di baca beberapa kali. Semoga kali ini Wira berjodoh denganku hihihi. ^^

  15. Hizbi
    @wilahamamy1
    Tangerang

    Pertanyaannya adalah berikan alasan kenapa kamu ingin membaca buku ini?

    Dengan judulnya yang sederhana tapi menarik, Kak Orizuka juga bikin tokohnya ga sempurna ,tapi malah bikin aku tertarik buat baca buku ini. Biasanya cerita fiksi selalu menceritakan tokohnya yang begitu sempurna seakan akan kita diajak berkhayal dan bermimpi terus menerus. Tapi, kak orizuka memperlihatkan ceritanya tentang dunia yang tak sempurna ini jadi terkesan nyata.

    Pengen tau bagaimana kak orizuka memberikan pesan pada pembacanya lewat buku ini dengan cara yang menjadi ciri khas nya.

    Saat aku merasa dunia terasa tak memihakku, seperti rasanya menjadi wira.aku ingin membaca buku ini agar bisa bangkit kembali.

    Makasih GA-nya sukses selalu untuk penulis dan pemilik blog!🙂

  16. Nama : Diah Amelia Risky
    Twitter : @diahameliarisky
    Tempat tinggal : Banyuwangi – Jawa Timur

    berikan alasan kenapa kamu ingin membaca buku ini?

    Jujur, saya selalu tertarik dengan apapun yang berbau hujan. saya adalah penikmat hujan apalagi jika dipadukan dengan teh melati hangat + 2 sendok gula. dan apalagi ini adalah bulan Juni. rasa-rasanya membaca buku yang berbau hujan sangat afdol.saya ingin membaca buku ini karena saya penasaran mengapa kak orizuka memilih judul “apapun selain hujan”? apakah hujan di dalam novel kak orizuka ini berbeda dengan hujan yang saya sukai? atau mungkin apakah ada semacam trauma dengan hujan?
    saya ingin baca novel ini juga krena covernya yang bagus, perpaduan warnanya pas. desainnya simple tapi ngena banget rasanya apalagi pas baca reviewnya, setting tempatnya di malang, kota yang adem dan menyimpan sejuta kenangan (eh kok malah baper?). selain itu saya memang suka karya-karya kak orizuka.

  17. Kurnia Dwi Pertiwi
    @KDP264
    Bekasi, jawa barat

    Sebelum jawab di kolom komentar, pasti yang di lakukan membaca review dan pertanyaan giveaway, lalu mikir untuk jawab seperti apa dan setelah itu baca komentar-komentar yang terlebih dahulu jawab.

    Waktu baca reviewnya, saya sangat tercengang ketika mbak luckty bilang Orizuka sudah menerbitkan novel lebih dari 20. Waw! Produktif sekali! Ketika saya baca komentar di atas sebagian sudah baca dan kenal sama penulis 20 lebih buku ini. Lagi-lagi saya tercengang karena hanya saya yang tidak kenal, bahkan belum baca satu pun karya beliau. Bukan karena karya atau penulisnya kurang terkenal tapi, saya yang norak. Saya merasa ndeso di sini. Jadi, nggak mau berlama-lama saya ingin mendapatkan buku ini karena saya tertarik ingin baca minimal satu karya beliau. Biar saya ndak ndeso, lagi!😀

    Emang, ya. Masa SMA masa yang paling indah. Tapi nggak semua orang mengalami keindahan tersebut, wira misalnya. Di sekolah pasti ada murid yang selalu di bully, di guncingkan tanpa tau letak kesalahannya dimana. Hal yang sering terjadi di lingkungan sekolah. Tapi apakah kita tau bagaimana perasaan mereka? Nah, melalui buku ini saya ingin mengenal wira yang berperan sebagai “mereka” orang-orang yang selalu di bully ketika sekolah. Melalui wira mungkin saya bisa membayangkan bagaimana perasaan mereka ketika dibully.

  18. Dian Maharani
    @realdianmrani93
    Bengkulu

    Alasannya karena …… sama kayak mbak Luckty, aku juga ngefans sama tulisan-tulisannya kak Ori *peluk kak Ori dan mbak Luckty~~~
    Padahal fans beratnya, tapi koleksi buku kak Ori yang aku punya dikit banget. Kebanyakan pinjam sama temen atau kebetulan ketemu di perpus yang entah kenapa bisa aku ketemu sama tuh buku. Jodoh kali ya hihihi😉 Entahlah kenapa, kok rasanya buku kak Ori kok susah dijangkau ya hikshikshiks😥 Hari ini ke tokbuk, padahal udah megang bukunya itu, cuma mendadak liat buku lama yang dicetak ulang yang udah lama masuk wishlist. Alhasil buku ini masuk wishlist lagi, yang entah kapan kebelinya. Soalnya tiap ke tokbuk lagi dan lagi, bukunya kak Ori cepet habis sih hikshikshiks lagi😥
    Semoga, lewat event ini, jodoh sama Apapun Selain Hujan. Kalo belum jodoh, yahhh semoga tetap dijodohkan😀 Aamiin Ya Robbal’alamin …

  19. Nama : Qisty Aulia Khoiry
    Twitter : @qstyak
    Tempat tinggal : Surakarta – Jawa Tengah

    Berikan alasan kenapa kamu ingin membaca buku ini?
    Tema cerita yang menggambarkan tentang aftermath, konsekuensi yang harus ditanggung setelah melakukan sesuatu perbuatan. Bagaimana tokoh dalam novel hancur dan mulai bangkit. Tema-tema seperti inilah yang paling saya sukai dari semua genre novel. Terkadang dengan membaca novel saya dapat belajar kehidupan. Saya dapat berkaca kehidupan saya dengan kehidupan tokoh (walaupun fiksi).
    Buku Sidu mengatakan bahwa “experience is the best teacher” dan saya setuju dengan pernyataan itu, termasuk juga pengalaman yang terjadi di novel terkadang mampu menjadi guru untuk saya.
    Dan itulah alasan saya ingin membaca novel ini, untuk mencari guru baru dalam menjalani kehidupan.

  20. Nama : Siti Nurlaela Hasanah
    Akun Twitter : @sitinh93
    Domisili : DKI Jakarta
    Jawaban :
    Aku ingin memiliki buku ini alasannya ialah untuk menambah koleksi buku-bukuku karena aku suka buku juga hobi baca. Aku akan membacanya suatu hari nanti saat sedang jenuh, dan membaca buku-buku adalah olahraga otak bagiku. Terima kasih ☺

  21. Nama: Farikhatun Nisa
    Twitter: @littlepaper93
    Kota Tinggal: Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan

    Jawaban: Aku ingin membaca novel ini karena aku adalah penyuka hujan. Apa pun yang berhubungan dengan hujan aku suka. Termasuk novel. Meskipun judul novel ini agak membuatku tersinggung. Kenapa dengan hujan? Hujan itu penuh filosofis kok. Dan kenapa Wira tidak menyukai hujan? Apa perlu aku bermain hujan-hujanan dengannya agar Wira tahu hujan itu tak selamanya buruk? Memang, banyak kenangan yang datang bersama hujan. Tapi bukan berarti itu adalah alasan untuk membenci hujan. Dan alasanku ingin sekali membaca novel ini, karena apa pun yang berhubungan dengan hujan aku suka, termasuk pada orang-orang pembenci hujan. Karena mereka juga bagian dari hujan. Juga, semoga aku bisa berkenalan dengan pembenci hujan yang satu ini, bernama Wira.🙂

  22. nama : Zaza Dwiastuti Arfah
    akun twitter : @zazadwi
    Kota tinggal : Makassar

    Pertanyaannya adalah berikan alasan kenapa kamu ingin membaca buku ini

    –> just simple. Karena saya suka dengan karya karya Orizuka😊😊

  23. Nama: Kiki Suarni
    Twitter: @Kimol12
    Domisili: Batubara-Sumut

    Kenapa aku sangat ingin baca buku ini?

    Absolutely, definetely i’m one of fans of Orizuka. Suka banget sama karya Kak Orizuka. Favoritku juga The Chronicles of Audy +4R terutama sama Romeo, hehhe…

    Dari mulai Fan Pages Kak Orizuka buka voting cover novel ini, aku ikut milih dan excated banget sama kelahiran novel ini.

    Seperti biasa, tokoh utamanya cowok dan aku suka banget eksekusi tokoh cowok olahan Kak Orizuka dalam sebuah novel. Rasanya bisa ikut ngerasakan jadi cowok itu gimana. Pemikiran cowok itu gimana.

    Tema yang diangkat itu juga menarik, ketegaran seseorang menghadapi cobaan dan masa lalu. Bisa jadi role model juga gima cara menghadapi masa lalu melalui novel ini. Biar kagak susah move on.

    Penasaran sama Wira dan Hujan. Seberapa besar kebencian Wira sama hujan dan kenapa?

    Lihat dari review, bahasanya khas Kak Orizuka banget, ringan, mengalir dan gampang dimengerti pembaca.

    Terima kasih, semoga aku beruntung dapet novel dari penulis favoritku yang satu ini.

  24. Nurul Islamiyah
    @nurullislamiyah
    Bantul-DIY

    Pertanyaannya adalah berikan alasan kenapa kamu ingin membaca buku ini. Mudah kan? 😉

    Alasan pengen baca buku ini? Saya suka karya-karyanya kak Orizuka. Saya juga seneng ikut giveaway di blognya ka Luckty. Kebayang kan gimana senengnya menang GA di blog ka Luckty trus hadiahnya itu novelnya ka Orizuka? *apa banget* *dikeplak*

    Serius ya, alasan saya pengen baca buku ini karena saya tipikal melankolis yang penasaran sama truly love. Saya juga pecinta hujan. Dan tetiba saja ada novel tentang truly love dan hujan..
    Saya juga pecinta karya-karya kak Orizuka. Dan saya penasaran, apakah saya akan jatuh cinta dengan tokoh prianya seperti yang sudah-sudah?

  25. Nama : Dhea Nur’Aini Rachmayanti
    Akun Twitter : @dhedhea_98
    Kota Tinggal : Semarang

    Berikan alasan kenapa membaca buku ini?

    Alesan kenapa membaca buku ini adalah untuk mengetahui perkembangan dan seluk beluk alur atau plot yang menarik serta menyenangkan untuk diikuti . Pendalaman karakter yang disajikan oleh penulis. Cerita yang pengemasannya secara apik menjadi nilai tambah  untuk dicermati sekaligus dipahami oleh pembaca. Mulai dari perkenalan masing-masing karakter diawal cerita yang semakin membuat penasaran apa yang akan karakter lakukan di dalam cerita tersebut dan apa saja yang terjadi dengan karakter atau apa saja kejadian yang dialami oleh karakter di dalam cerita itu. Sudut pandang apa yang diambil oleh penulis dalam cerita tersebut. Gaya bahasa penulis yang dituangkan di dalam cerita terkesan tidak terburu-buru ataupun tergesa-gesa serta rapi membuat pembaca tidak merasa kebosanan atupun kebingungan serta tema yang diangkat dan dikemas dengan bahasa yang lugas sehingga mudah dipahami. Dan ide penulis yang patut diapresiasi

  26. Nama: Elsita F. Mokodompit
    Twitter: @sitasiska95
    Domisili: Gorontalo

    Jawaban: Saya tertarik dengan konsep memaafkan diri sendiri yang disebutkan di atas. Dalam hidup, saya selalu percaya bahwa semua orang pasti pernah mengalami masa-masa sulit dalam hidup yang tidak jarang mengakibatkan trauma atau rasa takut akan sesuatu. Saya pun begitu. Saya juga pernah mengalami hal yang sampai sekarang masih saya sesali, meski bukan hujan. Untuk itu, dengan membaca buku ini saya berharap, tokoh Wira dapat mengajarkan saya bagaimana mengikhlaskan masa lalu dan menjadikannya pelajaran penting

  27. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    kota tinggal: Serang

    Alasan kenapa ingin membaca buku ini…
    – Aku sudah dengar tentang Orizuka, sang penulis yg karyanya sudah banyak bgt, tapi sayangnya aku belum pernah baca ;( berharap lewat buku ini bisa mencicipi karya Orizuka.
    – Aku penasaran dengan masa lalu yg terjadi pada Wira, reviewnya tidak menjelaskan apa itu, jadi bikin bertanya-tanya, dan baru bisa tahu kalau baca buku ini😀
    – Pengen bernostalgia lagi tentang masa sekolah dan kuliah lewat buku ini, dan juga belajar cara bagaimana memaafkan diri sendiri melalui kisah Wira ini.🙂

  28. Nama: ailina
    Akun twitter: @ailina85
    Kota tinggal: probolinggo

    Kenapa saya pengen banget dapetin buku ini?
    1. Karena pengarangnya Orizuka!! Selalu suka dengan semua buku yang ditulis sama Orizuka. Serius!
    2. Karena dulu saya juga kuliah di Malang, di Universitas Brawijaya juga. Saya jadi pingin tau gimana Orizuka menuliskan keadaan kota Malang ke dalam novelnya..🙂
    3. Karena ada kata-kata Luckty klo buku ini recomended banget buat dibaca, jd makin pingin dapetin buku ini deh. Jd, pilih saya ya, plis…

    btw, asli ngakak deh baca ..”Seharusnya dalam blogtour ini saya kebagian tema ‘tell your truly love’. Mikir-mikir, ini gimana mau cerita tentang truly love, karena kalo urusan asmara selalu gagal, wkwk.. #PukPukDiriSendiri”

    Saya doakan semoga Luckty segera menemukan truly love di kehidupan nyata yaaaa, amiiiin. Sukses GA-nya ^_^

  29. Nama : Sindy Indah Prasetya
    Twitter : @SindyIndah123
    Kota tinggal : Purwodadi-Jawa Tengah

    Berikan alasan kenapa kamu ingin membaca buku ini?

    Pertama karena judulnya “Apa Pun Selain Hujan”. Mata ini langsung jelalatan lihat ada kata “Hujan” dimana aku suka dengan novel yang ada kata “Hujan” *Tapi aku gak suka hujan-hujanan lo :p
    Sedangkan Wira, dia tidak suka hujan karena mengingatkannya dengan peristiwa yang mengguncang jiwanya. Peristiwa apa? Dan apa hubungannya dengan hujan? ‘,’ Karena diriviewnya kak luckty gak dijelasin peristiwa dimasa lalunya itu, jadi penasaran banget sama alur ceritanya. Pengen langsung baca novelnya😉

    Kedua karena tokoh utamanya cowok, sedangkan aku sendiri bisa dihitung jari berapa novel yg tokoh utamanya cowok yg pernah aku baca. Menurut ku kalo tokoh utamanya cowok itu lebih menantang, karena pemikiran antara cewek dengan cowok pasti beda. Jadi bisa ngerti sedikit lah gimana cara berfikir cowok itu😀

    Selain itu, dari sekian banyak karya kak Orizuka penulis tersohor dari negeri ini *eaak tapi aku belum pernah baca satupun novel karyanya, kalo kayak gini merasa sperti dari planet lain -_-

    Sekian😀 Dengan menebar garam keberuntungan, aku berdoa semoga dapet buntelan novel Apa pun selain hujan dari kak Luckty😉

  30. Nama : Sindy Indah Prasetya
    Twitter : @SindyIndah123
    Kota tinggal : Purwodadi-Jawa Tengah

    Berikan alasan kenapa kamu ingin membaca buku ini?

    Pertama karena judulnya “Apa Pun Selain Hujan”. Mata ini langsung jelalatan lihat ada kata “Hujan” dimana aku suka dengan novel yang ada kata “Hujan” *Tapi aku gak suka hujan-hujanan lo :p
    Sedangkan Wira, dia tidak suka hujan karena mengingatkannya dengan peristiwa yang mengguncang jiwanya. Peristiwa apa? Dan apa hubungannya dengan hujan? ‘,’ Karena diriviewnya kak luckty gak dijelasin peristiwa dimasa lalunya itu, jadi penasaran banget sama alur ceritanya. Pengen langsung baca novelnya😉

    Kedua karena tokoh utamanya cowok, sedangkan aku sendiri bisa dihitung jari berapa novel yg tokoh utamanya cowok yg pernah aku baca. Menurut ku kalo tokoh utamanya cowok itu lebih menantang, karena pemikiran antara cewek dengan cowok pasti beda. Jadi bisa ngerti sedikit lah gimana cara berfikir cowok itu😀

    Selain itu, dari sekian banyak karya kak Orizuka penulis tersohor dari negeri ini *eaak tapi aku belum pernah baca satupun novel karyanya, kalo kayak gini aku merasa sperti dari planet lain -_-

    Sekian😀 Dengan menebar garam keberuntungan, aku berdoa semoga dapet buntelan novel Apa pun selain hujan dari kak Luckty😉

  31. Nama : Sindy Indah Prasetya
    Twitter : @SindyIndah123
    Kota tinggal : Purwodadi-Jawa Tengah

    Berikan alasan kenapa kamu ingin membaca buku ini?

    Pertama karena judulnya “Apa Pun Selain Hujan”. Mata ini langsung jelalatan lihat ada kata “Hujan” dimana aku suka dengan novel yang ada kata “Hujan” *Tapi aku gak suka hujan-hujanan lo :p
    Sedangkan Wira, dia tidak suka hujan karena mengingatkannya dengan peristiwa yang mengguncang jiwanya. Peristiwa apa? Dan apa hubungannya dengan hujan? ‘,’ Karena diriviewnya kak luckty gak dijelasin peristiwa dimasa lalunya itu, jadi penasaran banget sama alur ceritanya. Pengen langsung baca novelnya😉

    Kedua karena tokoh utamanya cowok, sedangkan aku sendiri bisa dihitung jari berapa novel yg tokoh utamanya cowok yg pernah aku baca. Menurut ku kalo tokoh utamanya cowok itu lebih menantang, karena pemikiran antara cewek dengan cowok pasti beda. Jadi bisa ngerti sedikit lah gimana cara berfikir cowok itu😀

    Selain itu, dari sekian banyak karya kak Orizuka penulis tersohor dari negeri ini *eaak tapi aku belum pernah baca satupun novel karyanya, kalo kayak gini aku merasa seperti dari planet lain -_-

    Sekian😀 Dengan menebar garam keberuntungan, aku berdoa semoga dapet buntelan novel Apa pun selain hujan dari kak Luckty😉

  32. Nama : ainil azra mujahidah
    twitter: @ainilazra
    domisili: makassar

    karena saya tertarik dari apa yang disajikan buku ini. Orizuka selalu mengangkat hal hal baru disetiap bukunya, contohnya buku ini dengan tae kwon do. saya selalu suka gaya penulisan orizuka, im highly motivated to get this one:)

  33. Nama: Bintang Permata Alam
    Twitter: @Bintang_Ach
    Kota: Ngawi, Jawa Timur

    Alasan aku ingin membaca buku ini:

    1. Semenjak memutuskan menjadi blogger buku dan memilih membaca sebagi hobi sehari-hari, nama Orizuka sering mampir ke telingaku. Berbaur bersama rekan pembaca dan book blogger lain, tak jarang membuat aku sedikit demi sedikit tahu, siapa saja penulis yang karyanya selalu digandrungi karena memang cara bercerita dan kualitas bukunya selalu baik. Salah satunya adalah Orizuka. Nama penulis satu ini seakan berada di list teratas saat orang bertanya: siapa penulis Indonesia kesukaanmu? Hipotesisku, 80% pasti akan menjawab Orizuka. Ya, sebagai penulis yang karya-karyanya selalu rekomen untuk pembaca seumuranku, dan sebagai orang yang penasaran dengan keeksistensian Orizuka dalam dunia literasi, tak menutup kemungkinan aku menyimpan ekspektasi yang begitu besar terhadap karya Kak Orizuka. Salah satunya Apa Pun Selain Hujan ini. Yang mana ini adalah buku dari Orizuka yang ingin aku baca pertama kali—ya, aku memang belum pernah membaca bukunya sekalipun. Dan semoga keinginanku itu terkabul.

    2. Aku selalu suka cerita yang berkaitan dengan hujan. Entah kenapa, menurut pandanganku, dan apa yang kualami selama ini, hujan selalu menyimpan filosofi dan makna tersendiri. Selain itu membaca rainy story seperti ini seakan memberi hawa segar kepadaku sebagai pembaca. Aku suka semua tentang hujan, tapi untuk yang kali ini, aku akan setuju dengan Wira bahwa aku ingin merubah pandanganku. Bahwa aku memilih: Apa pun, Selain Hujan.

    3. Pemilihan latar tempatnya menjanjikan. Ya, Malang, Jawa Timur. Beberapa tahun yang lalu, aku sempat berkunjung di Kota indah ini dan sempat bermalam di sana. Memang, suasana di sana benar-benar membuat hati nyaman, tentram dan panorama yang disajikan sungguh memikat rasa. Aku ingin lagi merasakan kesegaran Kota Malang yang dihadirkan oleh kk Orizuka di buku ini. Berharap, aku bisa kembali membuat seolah diriku berada di sana dan menikmati setiap sudut kotanya yang asri. Selain itu, hawa Kota Malang yang terkenal dingin menurutku sangatlah relevan dengan cerita tentang hujan yang diangkat. Perpaduan yang mengesankan, Malang yang dingin, bersatu dengan hujan yang sejuk. Ah, nggak bisa ngebayangin betapa ‘segarnya’ buku ini.

    4. Ada Apa Dengan Hujan? Ya, secara keseluruhan—yang aku tahu dari review di atas—si tokoh utama (Wira) sangat tidak menyukai kehadiran hujan. Hujan seakan menjadi pintu bagi kenangan-kenangan pahitnya di masa lalu untuk kembali memasuki ingatannya. Sebuah ide cerita yang bagus. Aku ingin mengetahui apakah yang teradi dengan masa lalu Wira, dan mengapa harus berkaitan dengan hujan? Sebegitu menyakitkannya kah sampai-sampai ia menolak kehadiran hujan?

    Sebenarnya, Ada Apa Dengan Hujan?

  34. Devina
    @mariadevina_
    Bekasi

    Kenapa ingin baca buku ini?
    Pertama karena penulisnya. Orizuka. Siapa sih yang nggak tau karya-karyanya orizuka? Yang pasti keren-keren dan tokoh cowoknya itu selalu bisa bikin jatuh cinta. Aku sih paling jatuh cinta sama Yogas, hehe. Dan kayaknya aku bakal jatuh cinta juga sama Wira. Dari review-review yang udah kubaca di mana-mana tentang Wira aja udah bikin gregetan dan penasaran banget sama si Wira ini. Apalagi dari sisi rapuhnya tentang masa lalu. Aku kenal sama satu cowok kayak gini, tapi dia nggak serapuh Wira. Dan aku pengen kenal sama Wira yang super rapuh itu.
    Kedua. Universitas Brawijaya. Ada seseorang di sana yang udah beda. Yaaahh siapa tau kalo aku baca buku ini aku bisa “ketemu” dia di situ tapi dengan membayangkan dia yang dulu. Yagitudeh.
    Ketiga. Hujan. Judulnya yang mengandung kata hujan ini menarik aku. Aku cinta hujan. Sedangkan di buku ini mintanya adalah Apa Pun Selain Hujan. Pengen tau aja problem sejatinya tentang hujan itu apa. Apa ada yang lain selain karna Faiz, dan sebenarnya kenapa Faiz? Lalu si Nadine itu cewek macam apa…? Apa hubungan sejatinya dengan Wira dan Faiz.
    Terakhir karena Kayla yang katanya cewek agresif. Sama kayak aku, hehe. Nah aku pengen tau apakah dia seagresif aku atau lebih agresif dari aku daann apa tanggepan cowok yang diagresifin sama si Kayla ini. Hehehe.
    Sekian mbak Luckty, terimakasih :))

  35. Nama: Arini Angger
    Twitter: @ariniangger
    Kota: Jakarta

    alasannya sederhana saja karena saya suka hujan, dan begitu meihat judulnya saya begitu tertarik dengan covernya dan dipastikan isi bukunya memberi saya ilmu dan menambah pengetahuan saya juga. Dan juga semakin saya banyak membaca, semakin pula saya menjadi orang yang tidak ketergantungan akan handphone.

  36. Faiz Istighfara
    @lisyaann
    Sidoarjo, Jatim
    Alasan aku pengen baca buku ini, karena pertama, ini adalah karya Orizuka, salah satu penulis favoritku.
    kedua, aku suka banget apapun yang berhubungan sama hujan. Apalagi hujan itu sendiri. Bunyi rintiknya yang menenangkan, atau baunya yang terasa dekat dan nyaman seperti piama usang kesukaan. Dan aku ingin tahu kenapa novel ini mengambil judul Apapun Selain Hujan. Tokohnya benci banget sama hujan yah? Kenapa? Padahal hujan menurutku adalah hal terajaib yang pernah ada. Apalagi diiringi pelangi yang biasanya muncul setelah hujan reda. Aku jadi pingin tau jawabannya

  37. Nama : Humaira
    Akun Twitter : @RaaChoco
    Kota Tinggal : Purwakarta

    Berikan alasan kenapa kamu ingin membaca buku ini. Mudah kan?

    » Aku benar-benar penasaran dengan karya-karya Orizuka yang nge-hits dan sering disebut-sebut oleh orang banyak bahkan oleh adikku sendiri, tapi aku belum pernah membacanya.
    » Judulnya menggelitik. Disaat orang-orang benar-benar menyukai hujan, tapi ini kebalikannya.
    » Ingin tau dan belajar bagaimana cara memaafkan masa lalu dan melepaskan harapan dengan ikhlas.

  38. Nama: Ita S.
    Akun twitter: @terhujan
    kota tinggal: Sragen

    Karena saya ingin tahu, bagian mana dari hujan yang membuat Wira bahkan tak sedikitpun menyukainya. Apakah hujan yang ditemuinya lebih banyak membawa luka dibanding airnya sendiri?
    Sedang di sini, Wira, saya adalah penyuka hujan.
    Saya pun percaya, cara paling baik untuk menikmati hujan bukankah dengan mendengarkannya? Bahkan saya pun menggemari kegaduhannya.
    Wira, mari belajar mencintai (kegaduhan) hujan bersama saya🙂

  39. Nama: Rurialita
    Akun twitter: @rurarlit
    kota tinggal: DKI JAKARTA

    Saya sama ama mbak lukty, punya hobi ngebaca novelnya mba orizuka, saya ngefans banget sama semua novel yg ditulis mba orizuka. Ditanya mau apa gak baca ini novel ? Jawabannya “YA!” Kalo bisa di bold, italic, size font yg paling besar bgt. Kalau saya baca sekilas dr review mba luckty, tokoh utama dalam novel ini mengingatkan aku sama seseorang yang dihidup aku, selalu terhambat dan terganggu karena masa lalunya. Mungkin aku bisa nunjukin novel ini ke dia dan bilang, kamu bisa jadi seperti wira, yang buat aku jatuh cinta pertama kali tau karakter wira di novel ini. Aku mau banget baca novel ini karena aku mau banget, seperti sayang sama seseorang yang tidak butuh alasan knp bisa sayang.
    Namun, aku penasaran juga sih dari maksud “apapun selain hujan”, mungkin hujan disini bermakna bukan hujan, tapi lebih ke masalah yang mendatangkan hujan dipipi (tangisan). Atau juga memang hujan karena terjadi peristiwa yg menyakitkan berbarengan ketika turun hujan. Maka dari itu aku harus menang supaya bisa baca terus tau apa sebenernya arti kata hujan di judul novel ini hihi maafkeun aku maksa kakak ^^

  40. Nama:Zaenatur Rizqiyah
    Akun twitter: @ZaenaturRizqy
    Alamat : Kudus
    Alasan Karena aku penggemar novel baru baru ini ,jadi apapun novel itu ingin aku baca
    ,apalagi yang jadi rebutan ,uh mau banget ,,trus juga judul yang mengandung teka teki yang membuat orang yang melihatnya menjadi penasran dan ingin membacanya

  41. Nama: Husna Munawaroh Oktaviani
    Akun twitter: @husnaoktaviani_
    Kota tinggal: Cengkareng, Jakarta Barat

    Pertanyaannya adalah berikan alasan kenapa kamu ingin membaca buku ini?

    Saya ingin membaca buku ini karena saya suka karya-karyanya Orizuka. Terlepas dari itu, saya suka caranya bercerita dalam tulisan-tulisannya. Terlebih, saya ingin membaca novel terbarunya ini karena, saya sangat tertarik dengan judulnya “Apapun Selain Hujan”. Biasanya, novel-novel lain akan bercerita tentang tokoh utama yang sangat mencintai hujan, tapi, ini sebaliknya, Orizuka menceritakan tentang tokoh utama yang tidak menyukai hujan karena hujan mengingatkannya dengan peristiwa yang sangat mengguncang hatinya. Selain itu, saya juga ingin berkenalan dengan Wira, ingin mendengarkan cerita tentang masa lalunya dan akan kuobati lukanya dengan segera HAHA. Semoga kita bertemu dengan segera, Wira!

  42. Nama: Wenny Widy
    Twitter: @widywenny
    Kota: Jogja

    Kenapa pengen baca buku ini?
    Orizuka adalah penulis roman remaja lokal favoritku! Bukan salah satu dari beberapa favorit, tapi dia emang benar-benar favoritku seorang buat genre ini. Udah nih nggak bisa ditawar tawar lagi hahaha…

    Menurutku Orizuka selalu unggul dari segi penokohan dan alur cerita. Aku suka caranya memperdalam karakter setiap tokoh dan mengolah alur cerita dengan apik.

    Apa Pun Selain Hujan menurutku karya yang sangat menarik, terutama dengan cover dan judulnya yang Indonesia banget ini serta setelah membaca review di beberapa blog lain. Aku yakin lagi-lagi akan terlena dengan tokoh ciptaan Orizuka dan aku sudah siap!! ^^

  43. Julia dwi kartikasari ||@juliakartika326 | nganjuk, jawa timur

    Karena judulnya yaitu apapun selain hujan. Membuatku sangat tertarik, karena dinovel ini hujan di ungkapkan dengan cara yang lain dari pada yang lain, dibenci, bukan dicintai. Kemudian aku suka dengan inti cerita dinovel ini, yaitu perjuangan hidup, perjuangan seseorang merubah hidupnya menjadi lebih baik. Novel ini seperti menjelaskan dibalik kesulitan pasti ada kemudahan. Dan tidak banyak penulis yang berpikir membuat cerita dengan banyak pesan moral. Aku juga sangat tertarik memiliki novel ini karena setting tempatnya adalah di malang, tempat sejuk yang punya banyak sekali tempat wisata untuk bersama teman/keluarga. Membaca novel ini akan menambah pengetahuanku tentang tempat keren buat travelling. Yang terakhir, karena aku ingin Mengenal lebih dekat dengan kak orizuka lewat tulisan-tulisan yang dia buat dengan indah dan penuh makna.

  44. mariyam
    @mariyam_elf
    surabaya

    kenapa ya? pertama krna ini karyanya orizuka. aku cuman pernah baca yg 17 years of love song, dan itu udh ckup mampu membiusku, jadi pengen baca karyanya yg lain.
    kedua karena aku tertarik dengan buku baru. ingin mengumpulkan buku sebanyak”nya😀
    mungkin aja kali ya.. hehehe
    btw itu atlet taekwondonya keren (y)

  45. Nama : Pida Alandrian
    Twitter : @PidaAlandrian92
    Kota Tinggal : Aceh

    Jawaban:

    Saluutt bangett buat kak lucty.. gemar membacanya memang luar bisaaa bangett..
    Sampe2 karyanya kak orizuka udah belasan di baca..

    Alasan aku ingin membaca buku ini?

    Kalau bolehh jujur aku belum pernah ngerasain gimana hasil karya dari penulis Orizuka ini (sedihhh bangett yaa nasib ku), yg lain udah pada belasan baca, aku satu aja belum. Dari give away ini aku berharap banget bisa di beri kesempatan untuk mengenal sosok penulis Orizuka melalui karyanya yg ini, dan berharap suatu saat nanti aku juga bisa nikmatin karya2 lainnya.

    Saya tertarik dengan buku ini karena peran utamanya cowok.. biasanya kan keseringan penulis membuat cerita itu pasti peran utamanya cewek atau cewek dan cowoknya sekaligus. Membuat saya penasaran dengan sosok Wira yg di gambarkan penulis. Apalagi sosok wira di sini kayaknya rapuh bangett yaa (sok tau) gara2 masa lalu. Apalagi kalau ngeliat hujan (pukpuk wira), sini dehh wiranya biar aku peluk aja biar gak kebayang sama masa lalu lagi. Hheheh

    Secara keseluruhan, melihat review yang di buat sama kak lucty membuat saya tertarik dan penasaran dengan kisahnya si wira, apa yg terjadi dgnnya di masa lalu, dan bagaimana caranya mengatasi masalah yg menimpa dirinya itu. Mana tau dr buku ini aku bisa mengambil banyak hikmah ketika sudah selesai membacanya, tidak hanya sekadar cerita yg ku dapat, tp juga pesan2 moral (seperti yg kak lucty tulis di reviewnya).

    Sekian alasanku..

    Salam Pida Alandrian

  46. Nama: Diah P
    Twitter: @She_Spica
    Domisili: Bekasi

    Kenapa ingin buku ini?
    Karena aku adalah pecinta hujan yg kalau gak inget umur, rela berlari ke tengah hujan dan merasakan sensasi bebas diserbu ribuan air yg menghibur penat. Apalgi aroma petrichor sehabis hujan yg segar, bau tanah basah yg hidup dan menenangkan. Kecuali mungkin petir dan kilatnya yg selalu membuatku merinding dan bukan hal yg kuinginkan ketika hujan datang.
    Dari semua alasan itu, jelas kaget melihat judul buku ini “Apapun Selain Hujan” yg membuatku brspekulasi tingkat tinggi bahwa ini pasti temanya orang yg gak suka hujan, dan kenpa masih ad orang yg gak suka hujan??
    Apa yg begitu menyakitkn dari hujan yg kusukai?
    Keingintahuanku akan sudut pandang perspektif terhadap momen hujan yg termarginalkan begitu besar.
    Kenapa dari semua kejadian harus hujan yg diabaikan?

  47. Heni Susanti | @hensus91 | Pati – Jawa Tengah

    Kalau ditanya alasan ingin membaca buku ini maka jawaban pertama adalah karena penulisnya Orizuka. Penulis yang sudah sejak lama aku kenal nama dan karyanya tapi belum satu pun novel karyanya yang aku baca. Maka aku harap kesempatanku untuk membaca salah satu karya Orizuka – penulis dengan banyak karya fenomenal – bisa aku dapatkan melalui giveaway ini. Pengen jatuh cinta langsung sama tulisan Orizuka dan bukannya hanya melalui review-review dan spoiler-spoiler dari sana sini😀 Apalagi dalam blognya, Orizuka menuliskan bagaimana dia menciptakan Wira dan itu sudah cukup membuatku penasaran untuk mengenal lebih banyak tentang Wira.

    Kedua, aku tertarik dengan judulnya ‘Apapun Selain Hujan’ yang jelas menunjukkan kisahnya akan membahas ketidaksukaan tokoh – Wira – pada hujan. Sebagai pecinta hujan aku dibuat penasaran alasannya, yang aku yakin bukan sekedar karena hujan membuat jalanan basah, macetnya Jakarta makin parah dan banjir yang mengancam.

    Ketiga, Aku ingin menjawab segala bentuk pertanyaan yang muncul setelah membaca review novel ini. Alasan apa yang membuat Wira menjadi musuh sekolah nomer 1 dan membuatnya harus pergi jauh dari kehidupan lamanya. Bagaimana dia memulai kehidupan di Malang dan menemukan teman-teman baru. Tentang Kayla yang dari sedikit penjabaran Mbak Luckty kok mirip aku sifatnya😀 #narsis dan bagaimana dia memasuki kehidupan Wira. Bagaimana Wira berdamai dengan masa lalu dan apa yang dia lakukan untuk melangkah maju.

    Tiga alasan itu plus keinginanku menambah bacaan baru, anak baru, jatuh cinta lagi, menemukan makanan untuk otak cantikku dan teman di bulan Ramadhan nanti juga kecintaanku pada membaca, semoga cukup untuk untuk mengetuk pintu hati Mbak Luckty.

    Demikian dan SELAMAT MENYAMBUT RAMADHAN🙂

  48. Nama: Nyi Penengah Dewanti
    Akun twitter: @nyipenengah
    Kota tinggal: Kendal

    Pertanyaannya adalah berikan alasan kenapa kamu ingin membaca buku ini.

    Alasannya karena perjuangan riset kak Orizuka hingga bisa terbit, masyaAllah menginspirasi saya.

  49. Nama: Hari
    Akun twitter: @Hatiku__
    Kota tinggal: Pati,Jawa Tengah

    1. Saya mungkin adalahh cowok yang lebih menyukai komik / manga jepang.Nggak banyak novel yang saya miliki.Itupun hanya author favorit saya.Well, Kak Orizuka adalah penulis favorit saya. Karena itulah saya menaruh antusias yang besar sejak pengumuman blogtour ini.

    2. Saya terpaksa menyukai gaya penulisan Orizuka .Karena jujur saja saya tidak menyangkak kalau gaya kepenulisannya keren dan membuat saya cuma bisa ber-Wah ! ria . plot-nya yang sangat menarik dan tidak pasaran, konflik-nya yang bikin greget, adegan romantisnya yang bisa bikin melting.

    3.Adikku penggemar k-pop yang suka sekali baca buku serial oppa & I .Entah dia tau penulisnya atau tidak tapi itulah kali pertamanya saya membaca karya Orizuka.Lalu disusul buku – buku yang lain.Mungkin bacaanku nggak sebanyak kak Luckty.Serial Kronik Audy juga masih favorit saya.Apalagi kemarin habis beli seri ke-3 The Chronicles of Audy 4/4 nggak ada uang buat yang Apa pun Selain Hujan.padahal aku ingin sekali membacanya.Jadi saya berharap sekali dapat yang geratis.hehehe..
    Selain itu juga saya ingin melengkapi koleksi novel saya karya Orizuka.Kurang banyak soalnya kak..

    * tebar garam keberuntungan *

  50. Nama: Cahya Intan
    Akun twitter: @cahyaintn
    Kota tinggal: Wonogiri – Jateng

    Pertanyaannya adalah berikan alasan kenapa kamu ingin membaca buku ini?
    1. Karena pemilihan settingnya. Akhirnya ketemu satu novel lagi yang mengambil latar tempat Batu & Malang. Pengen banget ngerasain kota yang katanya indah ini. Gimana jalan kaki di kota ini, tempat wisatanya yang bikin ngiler, dimana aku baru bisa lihat lewat tab browser😦 dan UB kampus tak sampai karena gak dibolehin ortu :’) Semoga dengan membaca novel karya kak Orizuka ini bisa ngerasain #ExploreMalang dan bisa ngerasain suasana Universitas Brawijaya hhe😀
    2. Penasaran bgt sama konflik apa yang dialami Wira sampai dia membenci hujan. Apakah seperti konflik2 yang dibahas dalam drama School series? kak Luckty nulisnya bikin penasaran😥
    3. Paling suka tema yang berhubungan dengan keluarga, karena biasanya banyak pesan moralnya🙂
    4. Dan yang terakhir. Serius ada anak FKH-nya? Katanya kak Orizuka Kayla anak kedokteran hewan. Uhh.. aku mau kenalan bgt sama dia hhe😀

    Bismillah. Semoga dapet. Kalo kata kak Luckty tebar garam keberuntungan😀

  51. Nama : Shelly Ferawati
    Twitter : @hazelnut_shell
    Link share : https://twitter.com/hazelnut_shell/status/739101625017458689?lang=id
    Kota : Bandung
    Jawaban :
    ‘Sebuah novel tentang melepaskan mimpi di bawah hujan. Tentang cinta yang diam-diam tumbuh bersama luka. Juga tentang memaafkan diri sendiri.’

    Kutipan sinopsis novel ini benar-benar menggugah saya! Saya tertarik dengan cerita mengenai mimpi dan memaafkan diri sendiri. Rasanya seperti ada unsur psikologis yang kuat dalam karakter Wira ini. Betapa saya ingin sekali mendalami karakter Wira sekaligus wordbuilding kak Orizuka lebih jauh.

  52. Ananda Nur Fitriani | @anandanf07 | Bogor, Jawa Barat

    Kenapa ingin baca buku ini? Alasan utamanya, karena aku suka banget karyanya kak Orizuka. Tema, alur, konflik, karakter, dan ending dari semua bukunya yang sudah aku baca sangat berkesan, meninggalkan jejak di hati. Alasan spesifiknya, aku tertarik dengan tema, alur dan konfliknya. Peristiwa buruk apa sih, yang terjadi saat hujan? Kak Ori itu kalau membuat konflik pasti adaaa aja ‘sesuatu’nya, cara penyampaian kisahnya itu lho, dalem banget sampe nangis kalau baca😦 selain itu, aku juga kangen sama penjelasan Kak Ori. Ingin liat bagaimana Kak Ori menjelaskan Taekwondo secara mendetail, menggambarkan perasaan Wira secara dalam, mengembangkan plot dan dialog hingga menyentuh hati. Ingin tau juga penyelesaian masalahnya, dan menyerap pesan moral yang ada. Alasan khususnya (iya, ada khusus juga :p), aku ingin belajar dari kisah Wira. Karena kebetulan aku lagi mengalami masa-masa seperti Wira. Ingin mendengarkan kisah seseorang yang juga mengalami hal yang sama, berbagi rasa dan asa. Siapa tahu kisah Wira bisa menjadi inspirasi🙂

  53. Nama : Yanti
    akun twitter : @CallMe_Yanti
    kota tinggal : Martapura, Kal-Sel

    Alasannya ingin membaca buku ini :
    1. Karena belum pernah baca novel karya Orizuka.
    2. Karena judulnya menarik, Apapun Selain Hujan, seperti tokoh utamanya tidak menyukai hujan, dan ada trauma tersendiri dengan yang namanya hujan dan aku ingin tau alasannya kenapa dia tidak menyukai hujan.
    3. Ingin tau Wira itu sosok seperti apa, dan bagaimana cara Wira memaafkan diri sendiri dan cara dia menggapai apa yang diimpikannya.
    Udah gitu aja, wish me luck!

  54. Nola amalia
    @nolaamaliaa
    Palembang

    Alasan ingin baca buku ini?

    Jangan tanya lagi kenapa aku ingin baca buku ini. Sebenernya bukan cuma aku, pasti masih banyak yang lain. Siapa coba, yang gak tau kak Orizuka? Siapa coba, yang gak tau penulis yang tulisannya selalu didampingi quotes mengesankan di dalamnya?
    Sedari liat kovernya aja, udah bikin aku penasaran. Apalagi pas udah liat reviewnya. Novel ini tambah bikin aku bertanya-tanya, “gimana sih kelanjutannya?”
    Dari dulu, aku emang penggila novelnya kak Orizuka. Alurnya, penokohannya, gaya bahasanya.. bener-bener bikin terhanyut ke dalam ceritanya. Aku suka semua. Tapi, untuk kali ini, aku bener-bener belum sempet baca. Semoga aja kesampaian. Aku suka judulnya yang sederhana, yang mengungkap tentang Hujan. Bagiku, semua yang berkaitan dengan hujan ini selalu seru, apalagi kalau dituangkan dalam bentuk tulisan dan penulisnya kak Orizuka!

    At last, aku cuma berharap keinginanku buat baca novel ini kesampaian ya..😂

  55. Restu Ummu A.S.
    @ummu_ren
    Purbalingga, Jawa Tengah

    Alasannya :
    -Kalian harus belajar memaafkan diri kalian sendiri. Quote itu yang menggugah diri saya sendiri. Bagaimana saya memaafkan diri saya sendiri?
    Saya jga ingin terlepas dri msa lalu dan menggapai msa depan.
    Smoga jika sya mendapat bku ini, saya lebih trmotivasi utk mencapai msa depan yg lbih baik dan mlupakn msa lalu.

  56. Nola Amalia
    @Nolaamaliaa
    Palembang
    Alasan ingin baca buku ini?

    Jangan tanya lagi kenapa aku ingin baca buku ini. Sebenernya bukan cuma aku, pasti masih banyak yang lain. Siapa coba, yang gak tau kak Orizuka? Siapa coba, yang gak tau penulis yang tulisannya selalu didampingi quotes mengesankan di dalamnya?
    Sedari liat kovernya aja, udah bikin aku penasaran. Aku suka judulnya yang sederhana, yang mengungkap tentang Hujan. Bagiku, semua yang berkaitan dengan hujan ini selalu seru, apalagi kalau dituangkan dalam bentuk tulisan dan penulisnya kak Orizuka. Apalagi pas udah liat reviewnya. Novel ini tambah bikin aku bertanya-tanya, “gimana sih kelanjutannya?”
    Dari dulu, aku emang penggila novelnya kak Orizuka. Alurnya, penokohannya, gaya bahasanya.. bener-bener bikin terhanyut ke dalam ceritanya. Aku suka semua. Tapi, untuk kali ini, aku bener-bener belum sempet baca.
    Jadi, at last, aku cuma berharap keinginanku buat baca novel ini kesampaian ..

  57. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    Malang, Jawa Timur

    Aku tertarik banget baca novel ini karena rasanya novel ini sangat dekat denganku. Novel ini mengambil setting di kampusku dan tempat-tempat yang muncul di novel ini pernah aku kunjungi. Letak gedung kuliahku juga sebelahan, jadi agak disayangkan kenapa aku nggak pernah ketemu sama Wira? haha..
    Aku juga penasaran, covernya bikin adem dan nyinggung-nyinggung soal Hujan. Apa ini terkait sama Wira yang rapuh dan pengin lari dari masa lalunya? Kenapa? Seburuk itukah?
    Denger-denger, untuk novel ini mbak Ori beberapa kali melakukan riset langsung sampai ke Malang. Kenapa nggak ketemu sih?*lagi-lagi*. Meskipun nggak mengikuti banget tapi beberapa karya mbak Orizuka yang pernah aku baca adalah I For You, That Summer Breeze, Meet The Sennas, The Truth About Forever. Ngerasa ketinggalan aja nggak ngikutin Audy 4R, tapi pelan-pelan mau mewujudkan wishlist koleksi buku karya mbak Ori. Aku suka dengan gaya beliau bercerita dan menghadirkan sosok yang buat terkenang🙂

  58. Nola amalia
    @nolaamaliaa
    Palembang

    Alasan ingin baca buku ini?

    Jangan tanya lagi kenapa aku ingin baca buku ini. Sebenernya bukan cuma aku, pasti masih banyak yang lain. Siapa coba, yang gak tau kak Orizuka? Siapa coba, yang gak tau penulis yang tulisannya selalu didampingi quotes mengesankan di dalamnya?
    Sedari liat kovernya aja, udah bikin aku penasaran. Apalagi pas udah liat reviewnya. Novel ini tambah bikin aku bertanya-tanya, “gimana sih kelanjutannya?”
    Dari dulu, aku emang penggila novelnya kak Orizuka. Alurnya, penokohannya, gaya bahasanya.. bener-bener bikin terhanyut ke dalam ceritanya. Aku suka semua. Tapi, untuk kali ini, aku bener-bener belum sempet baca. Semoga aja kesampaian. Aku suka judulnya yang sederhana, yang mengungkap tentang Hujan. Bagiku, semua yang berkaitan dengan hujan ini selalu seru, apalagi kalau dituangkan dalam bentuk tulisan dan penulisnya kak Orizuka!

    At last, aku cuma berharap keinginanku buat baca novel ini kesampaian ya..😂

  59. ~ Agita Iklima
    ~ @G_taaa
    ~ Nganjuk, Jawa Timur

    Assalamualaikum… dan salam kenal ka Luckty:) saya Gita berasal dari kota angin.
    Singkat saja. Kenapa ingin membaca buku ini, memaafkan diri sendiri itu perlu dan harus, Git!

    Terima kasih.

  60. ~ Agita Iklima
    ~ @G_taaa
    ~ Nganjuk, Jawa Timur

    Assalamualaikum…salam kenal ka Luckty:) saya Gita berasal dari kota angin.
    Singkat saja. Kenapa ingin membaca buku ini, memaafkan diri sendiri itu perlu dan harus, Git!

    Terima kasih.

  61. Putri Prama A.
    @putripramaa
    Probolinggo

    Penasaran; dengan ceritanya, dengan tokohnya yang trauma, dengan karya Orizuka yg kelihatan lebih kelam dari novelnya yg lain, dengan endingnya, bahkan dengan perasaanku setelah membaca novel ini (jika aku berkesempatan baca nantinya).

    Mungkin alasanku kurang lebih sama seperti komentator lainnya di atas. Pada dasarnya alasan seorang pembaca sebagian besar bermula dari penasaran. Dari yg kubaca dari reviewnya, baru kali ini aku melihat Orizuka menulis sesuatu ttg hujan yang dicap sebagai kesedihan. Memang, di sini pun hujan dianggap adalah kesedihan karena hujan mengingatkan akan masa lalu Wira. Dari situ, rasa penasaran aku makin penasaran dengan cerita ini, dimana sebelumnya karya Orizuka yang kubaca adalah The Chronicles of Audy yang kocak dan menggemaskan. Aku ingin tahu ramuan dari Orizuka ini, akankah membuatku terpesona atau tidak.

    Sebenarnya, kalau dipikir-pikir, alasanku ingin membaca novel adalah … perasaanku setelah membacanya. Aku penasaran dengan bagaimana responku terhadap novel ini. Apakah aku kecewa dengan endingnya? Apakah aku menyukai si tokoh utama? Berapa bintang yang akan kuberi untuk novel Orizuka kali ini? Aku sungguh-sungguh penasaran dengan pendapatku setelah membaca novel ini.
    Aku sadar, yang komentar di sini sudah banyak (sekali). Mungkin komentar ini biasa-biasa saja, tapi rasa penasaranku benar-benar nggak biasa. Apalagi, aku tidak pandai meramu jawaban untuk pertanyaan itu, tapi ini usahaku yang terbaik. Aku hanya bisa berdoa, semoga peluang 1/61 (jumlah komentarnya pas aku ngepost) berhasil. Aku siap membaca Apa Pun Selain Hujan. Semoga aku beruntung. Amiin.

  62. Nama: An ( Adara)
    Twitter: @expellianmus
    Kota tinggal: Tangerang Selatan

    alasan saya mau baca novel ini? saya suka orizukaa HAHA. Oke, enggak cuma itu aja. Saya udah baca review-review buku ini di blog-blog lain (+ ikutan giveaway-nya juga tapi hm.. hmm.. hmm… HAHA belum beruntung) dan sepertinya baguss. Walaupun ada temen saya yang bilang novelnya enggak terlalu bagus dan bilang ke saya, “Enggak usah baca. Nanti nyesel, lho.” Well, makanya itu, saya pengin membentuk opini saya sendiri dengan membaca buku ini langsung HEHE : )

  63. Nama: An / Adara
    Twitter: @expellianmus
    Kota tinggal: Tangerang Selatan

    Alasan saya mau baca buku ini? Selain saya suka Orizuka (siapa yang enggak suka? HHA), saya juga mau membentuk opini saya sendiri terhadap buku ini. Saya udah baca review buku ini di beberapa blog (dan ikutan giveawaynya juga tapi… hmm.. belum beruntung HAHA) dan kayaknya sih, bagus. Tapi ada temen saya yang habis baca buku ini bilang ke saya, “Enggak usah baca. Nanti nyesel, lho.”

    Makanya itu, daripada kemakan omongan orang kan, mending baca sendiri. HEHE : )

  64. Nama: Fitria Rahma
    Twitter: @fima_firawati
    Kota: Lamongan

    Aku menginginkan novel ini karena aku belum pernah membaca novel karya Orizuka. Setelah membaca ulasan ini, aku jadi ingin tahu seperti apa sih tulisan karya Orizuka ini yang sudah menulis puluhan novel. Penasaran dengan kisah Wira, apa sebenarnya yang dialami Wira sehingga dia tidak menginginkan adanya hujan. Padahal hujan adalah berkah bagi makhluk hidup.

    Semoga aku beruntung bisa menjadikan novel ini sebagai novel pertama karya Orizuka yang aku baca.

  65. Nama:Awalia
    Twitter:@awalia090
    Pontianak

    Alasan nya karna aku dari sma dlu memang udh auka banget sm novel” nya Orizuka. Dan novel ini bikin aku penasaran tentang sosok wira dan apa yg sebenar nya terjadi saat hujan itu. Dan setelah baca review sm quote” yg ada di atas menambah rasa penasaran ku terhadap novel ini, itulah kenapa aku harus baca dan miliki novel ini.

  66. Mairifyah Annisa
    @mayrif_annisa
    Sidrap, Sulsel

    Alasan aku karena honestly aku belum pernah baca karya kak Orizuka. Di daerah aku gk ada tobuk apalagi Gramedia. Awal tau novel ini dri IG dan lgsg kepo krn di judulnya ada kata “hujan” yg lgsg bkin rasa kepo aku meningkat ke stadium akhir. Aku suka hujan krn menurutku kedatangan hujan selalu membawa berjuta kesan. Aku beda dgn Wira krn Wira mau tinggal di daerah tanpa ada hujan sedangkan aku malah mau bgt hidup di daerah yg sering hujan tp gk banjir hehe klo banjir mah repot -___-

    Intinya, aku mau tahu cerita lengkap Wira dan ngerasain lgsg perasaan dia. Bagaimana dia menjalani hidupnya dengan kenangan yg masih terus terusik ketika hujan datang, masalah hidupnya dia, dan belajar dari bagaimana sikap dia menjalani hidupnya krn dari stu, aku jg bisa belajar.

  67. nama : rosakanina g
    twitter : @kanina_rosa16
    kota asal : Bandar Lampung

    aku ingin novel ini karena aku penasaran dengan kelanjutan ceritanya di dalam novel tersebut, dan baru sedikit saja membacanya, aku langsung tertarik dengan cerita yang dituang kak orizuka kedalam novel ini dan tidakk lupa juga ia menyisipkan pesan moral yang ada di novel ini.
    luar biasa banget, makin keren ini novel..
    aku pasti sangat senang dan sangat sangat beruntung jika mendapatkan novel ini🙂

  68. nama : rosakanina g
    twitter : @kanina_rosa16
    kota tinggal : Bandar Lampung

    aku ingin novel ini karena aku penasaran dengan kelanjutan ceritanya di dalam novel tersebut, dan baru sedikit saja membacanya, aku langsung tertarik dengan cerita yang dituang kak orizuka kedalam novel ini dan tidakk lupa juga ia menyisipkan pesan moral yang ada di novel ini.
    luar biasa banget, makin keren ini novel..
    aku pasti sangat senang dan sangat sangat beruntung jika mendapatkan novel ini🙂

  69. Hendi Setiyanto-@hendisetiyanto-Banjarnegara

    Kenapa ingin baca buku “Apa pun selain hujan” ini?

    1. Buku ini mengingatkanku saat masa-masa smp ketika saat itu aku menyukai seseorang semenjak MOS (masa orientasi siswa). Berawal dari satu grup atau kelompok saat mengikuti MOS, saat itulah benih-benih cinta itu datang. Namun ketika penentuan kelas, kami terpisah dia di kelas 1A dan aku 1B. Padahal ngarep banget bisa satu kelas saat itu.

    Saat kelas 2 akhirnya bisa satu kelas, namun saat itu aku sedang bandel-bandelnya dan “kejadian buruk” pun terjadi. entah setan apa yang merasuki pikiranku saat itu, dengan spontan aku mencium pipinya saat jam kosong. Niatnya adalah cuma iseng karena saat itu mendapat tantangan dari teman-teman, kalau aku memang benar-benar cinta, aku disuruh cium pipinya. Aku yang bodoh saat itu mengikuti saja tantangan dari teman namun naas, dia menangis ketakutan dan aku pun harus berurusan dengan guru BP/BK dan ujung2nya aku kena bully teman satu kelas. Suram banget saat kelas 2.

    Namun akhirnya kami sekelas kembali saat kelas 3, kebetulan kami masuk dalam satu kelas yang muridn2nya boleh dibilang mempunyai nilai yang baik. Dia adalah salah satu bintang sekolah karena kepintarannya. Sejak kelas 1-3 menjadi rangking 1 pararel dan sering masuk podium menerima penghargaan. Aku pun mengendor untuk menembaknya saat itu karena malu karena aku termasuk dalam orang yang paling bodoh dalam sekelas yang masuk dalam kelas kategori unggulan itu. Dia pun punya banyak fans pria yang banyak menyukainya, surut sudah nyaliku saat itu.
    Hingga masuk SMK, aku belum bisa move on (istilah saat ini) karena kami berpisah . Dia masuk SMA favorit di kabupaten.

    2.Karena saat ini Banjarnegara masuk dalam puncak musim penghujan maka rasanya sangat cocok sekali membaca buku ini sambil menikmati rintik hujan yang turun saat sore hari. Berbanding terbalik dengan buku ini yang tokohnya tidak suka hujan, aku malah suka hujan karena bisa menenangkan hati dan perasaan walaupun terkadang hanyut kembali dalam kenangan masa lalu.

    3.Kebetulan saat ini juga masuk bulan suci ramadhan dimana bulan yang penuh berkah ini seharusnya bisa diisi dengan hal yang positif, salah satunya dengan membaca buku saat sore hari sambil ngabuburit.

    4.Kebetulan yang lain adalah bulan juni ini adalah bulan kelahiranku dan bertepatan dengan bulan suci ramadhan. Akan sangat menyenangkan dan menggembirakan jika buku “Apa pun selain hujan” ini bisa menjadi kado yang manis untukku.

    5.Semenjak sering komen di blog mbak Luckty, aku yang dulunya paling males baca novel percintaan kini malah sebaliknya. Satu persatu aku mulai kecanduan novel-novel romantis, padahal kayaknya jarang ya seorang cowok suka dengan novel-novel begini (menurut pemikiranku sendiri) karena sering diledekin teman yang komen kalau buku-bukuku kini banyakan novel.

    6.Karena di blognya mbak Luckty ini aturan mainnya nggak perlu pakai helicopter itu alias tinggal komen maka aku pun mencoba kembali keberuntunganku di bulan juni yang penuh makna ini.

    salam….

  70. Nama: Junita Eka Lestari
    Twitter; @junitaaels
    Kota: Jakarta

    Pertama, penulisnya adalah Kak Orizuka, salah satu penulis favorit yang selalu ku tunggu karya-karyanya. Berharap suatu hari bisa jadi penulis hebat seperti dia.

    Kedua, judul dan covernya sangat menarik hati. Judulnya bikin aku bertanya, ‘kenapa harus selain hujan?’ ‘Memangnya kenapa kalau hujan?’ ‘Bila bukan hujan, lalu apa?’. Dan covernya itu lhooo cantik banget menurutku, bikin gemesss ^^

    Ketiga, ada cerita tentang OSPEK (menurut review dari Kak Luckty). Sebagai calon mahasiswi (tsahhh!), bacaan yang ku lahap akhir-akhir ini adalah cerita tentang OSPEK wkwk gatau kenapa suka aja kalo baca cerita-cerita gitu, ada kesenangan tersendiri tiap baca.

    Keempat, setting cerita di Malang dan Universitas Brawijaya. Malang sudah membuatku jatuh hati meski belum pernah mengunjunginya sama sekali. Dan, Universitas Brawijaya membuatku tertarik karena merupakan salah satu universitas yang mempunyai prodi yang ku minati, yaitu JIP. Sempet pingin kuliah di sana, tapi karena nggak mau jauh-jauh dari Jakarta, akhirnya nggak jadi. (Lah, curhat) Tentunya lewat novel ini aku ingin mengetahui bagaimana kehidupan di Kota Apel yang dingin, juga kehidupan di kampus dengan almamater biru ini.

    Kelima, tokoh Wira dan Kayla. Menurut review yang ku baca, karakter mereka ini sepertinya agak berbeda dengan tokoh-tokoh yang ada di novel Kak Orizuka sebelumnya. Aku penasarannnn. Aku selalu suka sama tokoh yang ada di novel-novelnya Kak Ori, apa aku bakal suka juga sama Wira dan Kayla ini?

    Keenam, isi dari Apa Pun Selain Hujan itu sendiri. Kemana Kak Orizuka akan membawa kisah ini? Mengapa Wira lebih memilih apa pun selain hujan? Bagaimana hujan berkaitan erat dengan masa lalu Wira? Bagaimana cara Wira menghadapi setiap tetes hujan dalam hidupnya? Dan banyak lagi 5W1H yang ingin kutuntaskan dengan membaca novel ini. Membaca judulnya saja, sudah dibuat penasaran.

    Yakkk! Sekian alasan–beserta curhat–ku.

  71. Nama: Evita MF
    Twitter: @evitta_mf
    Domisili: jogja

    Pengen banget baca novel ini karena penulisnya mbak Orizuka. Pertama kali baca tulisan mbak Orizuka itu yang novel I For You. Sampe mewek baca novel itu, sedih banget.
    Apapun selain hujan ini kayanya cerita menarik sekali, kepengen banget baca. Novel ini. Tokoh inspirasinya Z.Tao (ex Exo) dan atlet taekwondo Lee Daehoon. Yaampun abis searching juga tentang lee daehoon mukanya imut imut ya… cocoknya jadi anggota boyband hehe ^^
    Selain itu aku juga kepengen buku ini untuk bacaan ngabubu-read. ^^

  72. Iis Putri Hartami
    aku_wong
    Kediri, Jawa Timur

    Alasan kenapa aku ingin baca novel ini karena ingin tahu bagaimana cara Wira memaafkan dirinya sendiri setelah tidak sengaja membuat sahabatnya pergi. Selain itu aku juga ingin tahu bagaimana Kayla membangkitkan semangat hidup buat Wira.

  73. Nama : Caesa Permatasari
    Akun twitter : @caesagatha
    Kota tinggal : Tangerang

    Selamat malam kak Luckty..

    Saya ingin membaca buku ini karena saya suka mencari referensi dalam pembuatan karya tulis/novel. Lalu, pengen mengenal kak Orizuka lewat kata2 atau quotesnya yg membuat kita bisa belajar. Ditambah jiwa karakternya, kita pun bisa belajar darinya. Oh ini begini, oh ini begitu. Pengen tau juga, bagaiman covernya menjelaskan isi cerita tersebut. Saya suka mencari-cari hal demikian dan apa sih makna dari Apapun Selain Hujan ini selain memaafkan diri sendiri? Sekian yg saya ingin ketahui, makanya saya mau membacanya untuk bisa saya pahami maksudnya.

    Terima kasih kak..

  74. Nama : Caesa Permatasari
    Akun twitter : @caesagatha
    Kota tinggal : Tangerang

    Selamat malam kak Luckty..

    Saya ingin membaca buku ini karena saya suka mencari referensi dalam pembuatan karya tulis/novel sekalian pengen mengenal sosok kak Orizuka lewat kata2/quote2nya atau cara menulisnya, pilihan diksinya, jiwa karakter dalam bukunya. Ini khasnya kak Orizuka nih! Saya bisa belajar dari itu semua. Lalu, saya pengen tau bagaimana cover buku tersebut menceritakan semua yg ada di dalamnya dan apa sih makna Apapun Selain Hujan selain kita harus bisa memaafkan diri sendiri? Oh ya, bagaimana contoh memaafkan diri sendiri yg diceritakan di dalamnya? Sekian yg ingin saya ketahui makanya saya ingin baca bukunya untuk bisa saya pahami maksudnya.

    Terima kasih🙂

  75. Nama: Intan Permata Putri
    Twitter: @intanpputri_
    Domisili: Sidoarjo

    Kenapa ingin baca buku “Apapun Selain Hujan”?

    Aku pingin baca buku ini karena pengarangnya- Orizuka. Pertama kali aku baca karyanya yang berjudul “I For You” yang ceritanya bikin mewek banget :’)

    Selain itu, aku penasaran kenapa tokoh utama dalam cerita ini, Wira- tidak menyukai hujan, hingga berharap bisa tinggal di suatu tempat di mana hujan tidak pernah turun. Aku pribadi sangat menyukai hujan, karena hujan membawa kesejukan dan berkah😀 lalu kenapa mesti “Apapun Selain Hujan?”

    Terus yang terakhir, pingin nambah koleksi buku karya Orizuka dan merasakan kesengsem-karena-ceritanya-yang-recommended yang diceritakan kak Luckty dengan apik di blog ini😀

    Eh iya, btw semoga Kak Luckty lekas menemukan truly love-nya🙂 hehe

    Sudah gitu aja alasanku😀
    Semoga menang :’)
    *tebar garam keberuntungan dan merapal jampi-jampi buntelan ^^

  76. Nama : Vania
    Twitter : @vaniaputrii_
    Kota : Palembang

    “Berikan alasan kenapa kamu ingin baca buku ini!”

    Pertama, covernya.
    Desain covernya keren, gradasi warnanya ituloh>> adegan Regan ngasih tau ke 3R kalo dia bakal nikah sama Maura)
    Adaa aja komedi yang nyelip, padahal adegan itu heart-breaking banget;(
    Walaupun menurut aku kebanyakan plot ceritanya pasaran, (maaf kak:”) tapi kak Orizuka selalu bisa nyulap plot pasaran tadi jadi plot supermarket! (oke ini garing maap)
    Eh tapi seriusan lo ya, dasar ceritanya agak mainstream sih, tapi pengembangan cerita+karakternya itu lho yang bener-bener mantap!

    Keempat, main charanya cowok.
    Sebanyak apa coba novel romance yang diceritain dari sudut pandang cowok?
    Gaktau juga sih sebenernya banyak atau gak, yang pasti aku gakpunya sama sekali novel yang kayagitu.
    Penasaran aja kan, kalo dari sudut pandang cowok gimana sih? lebih manly? lebih serius? pemikirannya make logika kah?

    Kelima, taekwondo.
    Asik nih taekwondo!
    Bisa belajar gerakan-gerakan taekwondo juga dong tanpa harus ikutan les taekwondo!

    Keenam, temanya.
    Dari judulnya udah keliatan sih kalo novelnya bakal menyakiti hati pembacanya:v
    Udah lama aku gakbaca novel bertema ‘galau’ dan nge-baperin ceritanya.
    Aku juga suka sama tema keluarga, heart-warming gitu kan:”

    Terakhir, review Kak Luckty.
    Review ini yang bener-bener bikin aku yakin kalo ceritanya bakalan keren -w-)b

    Bismillah semoga kesampean baca buku ini:)

  77. Nama : Vania
    Twitter : @vaniaputrii_
    Kota : Palembang

    “Berikan alasan kenapa kamu ingin baca buku ini!”

    Pertama, covernya.
    Desain covernya keren, gradasi warnanya ituloh>> adegan Regan ngasih tau ke 3R kalo dia bakal nikah sama Maura)
    Adaa aja komedi yang nyelip, padahal adegan itu heart-breaking banget;(
    Walaupun menurut aku kebanyakan plot ceritanya pasaran, (maaf kak:”) tapi kak Orizuka selalu bisa nyulap plot pasaran tadi jadi plot supermarket! (oke ini garing maap)
    Eh tapi seriusan lo ya, dasar ceritanya agak mainstream sih, tapi pengembangan cerita+karakternya itu lho yang bener-bener mantap!

    Keempat, main charanya cowok.
    Sebanyak apa coba novel romance yang diceritain dari sudut pandang cowok?
    Gaktau juga sih sebenernya banyak atau gak, yang pasti aku gakpunya sama sekali novel yang kayagitu.
    Penasaran aja kan, kalo dari sudut pandang cowok gimana sih? lebih manly? lebih serius? pemikirannya make logika kah?

    Kelima, taekwondo.
    Asik nih taekwondo!
    Bisa belajar gerakan-gerakan taekwondo juga dong tanpa harus ikutan les taekwondo!

    Keenam, temanya.
    Dari judulnya udah keliatan sih kalo novelnya bakal menyakiti hati pembacanya:v
    Udah lama aku gakbaca novel bertema ‘galau’ dan nge-baperin ceritanya.
    Aku juga suka sama tema keluarga, heart-warming gitu kan:”

    Terakhir, review Kak Luckty.
    Review ini yang bener-bener bikin aku yakin kalo ceritanya bakalan keren.

    Bismillah semoga kesampean baca buku ini:)

  78. Nama : Ratih M
    Twitter : @Jju_naa
    Domisili : Palembang

    Berhubung ini bulan puasa, jadi ga boleh bohong. Nanti pahalanya ngurang dan dosanya malah nambah. Jadi aku mau jujur aja *Wkwkwk

    Aku penasaran bagaimana cara Wira menyikapi masa lalunya itu (Itu berat banget pasti, semisal aku di posisi Wira pasti lebih ambruk lagi).
    ‘Hujan ga selamanya romantis’ Wira, aku tau gimana ga enaknya terjebak di masa lalu itu. Gelep.

    Aku ingin tahu, kira-kira apa yang akan Wira dapatkan di akhir cerita? badai kah?langit yang cerah? atau Kayla? *Plakk* secara judulnya kan ‘Apapun Selain Hujan’.
    Terus, hubungan Wira sama sahabatnya yang tersisa(?) -Nadine- gimana?
    Wira-Nadine-Faiz -dan akhirnya Kayla, truly love seperti apa yang ingin di sampaikan oleh kak Orizuka ini?

    Ya, karena aku belum baca bukunya jadi alasan utamanya pasti penasaran.
    Dan sepertinya buku ini memberikan banyak motivasi untuk aku pribadi. Seterpuruk apapun, kita pasti bisa kembali bangkit dan menjadi pribadi yang lebih dewasa dan masih berhak memandang /mendapatkan masa depan yang cerah.
    *dan sekali lagi jujur aku belum punya satupun buku kak Orizuka. Ini libur sekolah, jadi uang jajan juga libur😥 *Jiah curcol

    (Huang Z Tao yang pas jejeritan di rumah hantu pas EXO Show Time kan? itu ngakak banget (penasaran versi apapun selain hujan) *Ah flashback😥 * Aku juga suka Teen Top – I Wanna Love, liriknya jleb tapi iramanya ga mellow *Colek CAP)

  79. Nama : Vania
    Twitter : @vaniaputrii_
    Kota : Palembang

    “Berikan alasan kenapa kamu ingin baca buku ini!”

    Pertama, covernya.
    Desain covernya keren, gradasi warnanya ituloh>> adegan Regan ngasih tau ke 3R kalo dia bakal nikah sama Maura)
    Adaa aja komedi yang nyelip, padahal adegan itu heart-breaking banget;(
    Walaupun menurut aku kebanyakan plot ceritanya pasaran, (maaf kak:”) tapi kak Orizuka selalu bisa nyulap plot pasaran tadi jadi plot supermarket! (oke ini garing maap)
    Eh tapi seriusan lo ya, dasar ceritanya agak mainstream sih, tapi pengembangan cerita+karakternya itu lho yang bener-bener mantap!

    Keempat, main charanya cowok.
    Sebanyak apa coba novel romance yang diceritain dari sudut pandang cowok?
    Gaktau juga sih sebenernya banyak atau gak, yang pasti aku gakpunya sama sekali novel yang kayagitu.
    Penasaran aja kan, kalo dari sudut pandang cowok gimana sih? lebih manly? lebih serius? pemikirannya make logika kah?

    Kelima, taekwondo.
    Asik nih taekwondo!
    Bisa belajar gerakan-gerakan taekwondo juga dong tanpa harus ikutan les taekwondo!

    Keenam, temanya.
    Dari judulnya udah keliatan sih kalo novelnya bakal menyakiti hati pembacanya:v
    Udah lama aku gakbaca novel bertema ‘galau’ dan nge-baperin ceritanya.
    Aku juga suka sama tema keluarga, heart-warming gitu kan:”

    Terakhir, review Kak Luckty.
    Review ini yang bener-bener bikin aku yakin kalo ceritanya bakalan keren.

    Bismillah semoga kesampean baca buku ini:)

  80. Nama : Agatha Vonilia M.
    Akun twitter : @Agatha_AVM
    Domisili : Jember

    Aku belum pernah baca buku kak Orizuka dan “Apapun Selain Hujan” memberikan sebuah kebahagiaan bukanlah kepedihan. Sisi jiwa sedang diuji dan ada peristiwa dari tokoh di atas yang patut aku jadiin pelajaran hidup. Penyembuhan diri terkadang didapat dari kisah hidup orang lain dan aku berharap bisa menyembuhkan kegagalanku dengan “Apapun Selain Hujan”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s