[BLOGTOUR] REVIEW Ogomadara Kanojo + GIVEAWAY

PicsArt_01_06_2016 19_45_27

Yang terpenting adalah bagaimana kita berusaha menekan perasaan buruk itu –bukan membersihkannya sama sekali. Dan usaha itu hanya bisa dilakukan oleh hati yang baik. (hlm. 177)

CHOUKO NAKAJIMA. Dulunya dari SMP Makugarihongo. Dia dan keluarganya, tahun lalu baru pindah dari Taketomi. Teman-teman SMA-nya heran kenapa dia pindah dari pulau yang menawan itu. Padahal pulau itu penuh dengan bunga tropis, kerajaan kupu-kupu, dan ada hozhizuna (pasir bintang) di pantainya.

Dari awal baca sampai akhir, saya jadi penasaran dengan Pulau Taketomi dan pesona di sekitar. Googling dan nemu tempat-tempat menakjubkan ini:

TAKETOMI 1 TAKETOMI 2 TAKETOMI 3

“Apa kau ingin membeli sesuatu? Kalau iya, katakan saja. Kau tidak perlu seperti itu, tugasmu hanya belajar dengan baik di sekolah dan menjaga Masaru selama aku bekerja.”

“Tidak. Aku tak menginginkan apa pun. Aku hanya ingin membantumu.”

“Kalau memang masih kurang, biar aku saja yang kerja sambilan di tempat lain setelah pekerjaanku di kantor selesai.”

“Bukan begitu! Aku bilang aku ingin membantu, bukan malah membuatmu semakin repot!”

“Aku kepala keluarga Nakajima. Sepeninggal Ayah dan Ibu, akulah yang bertanggung jawab terhadap kalian! Akulah yang harus bekerja, mencari uang untuk menghidupi kalian! Kau harus menghargai apa yang kuusahakan dan kuinginkan untuk kebaikanmu dan Masaru.” (hlm. 36)

Memang tidak mudah sebagai anak pertama, memiliki banyak adik dan menjadi tulang punggung keluarga. Beban berlapis harus dihadapi. Saya bisa merasakan bagaiman berat hidup yang dialami Hayato. Sesusah apa pun hidup, sebisa mungkin adik-adik tidak perlu mengalami beban yang kita pikul. Sesulit apa pun hidup, harus bisa makan dan sekolah, tanpa perlu berhutang ke orang lain. #PukPukHayato

Beban. Itulah dia. Dan saat seseorang tak kuat menanggungnya lagi, maka ia akan melakukan apa pun untuk membuangnya. Pikiran menakutkan seperti itu berkelabat membayangi benak Chouko terhadap kakaknya, Hayato.

“Lihat, ternyata kita semua saling memikirkan kebahagiaan satu sama lain. Bukankah kita bertiga kakak beradik paling sempurna di dunia?” (hlm. 38)

Meski tokoh utamanya adalah Chouku, sebenarnya inti cerita berpusat pada kehidupan keluarganya. Hayato sang kakak yang sangat bertanggung jawab dan melindungi adik-adiknya, juga jangan lupakan Masaru yang unyu.

Masaru meski porsinya sedikit, cukup mencuri perhatian. Ada tiga adegan tentang Masaru yang membekas. Saat menghibur temannya di sekolah yang sedang duduk sendirian, ketika ditaksir dengan anak kecil yang mau menikah dengannya (anak TK zaman sekarang memang cepet banget dewasa :p), dan ada juga adegan mengharu biru saat pelajaran menggambar semua murid memiliki tugas untuk menggambar ayah dan ibu mereka masing-masing, Masaru menggambar dua bintang sebagai representasi gambaran ayah dan ibunya :’) #LapIngus

“Masaru harus bangga karena Ayah dan Ibu sangat menyayangi kita semua. Mereka menjadi bintang di langit karena rasa sayang yang begitu besarnya pada kita.” (hlm. 136)

WP_20160531_017

YOSHIDA SHIKI. Menjadi pewaris tunggal Keluarga Yoshida mungkin menjadi impian bagi orang lain, tapi tidak bagi Shiki. Seorang pimpinan sekaligus pemilik perusahaan Yoshida memang tak perlu lagi memikirkan jaminan kesejahteraan hidup. Jutaan yang bisa dihasilkan dengan mudah, apalagi keberhasilan mereka jauh di atas para pesaing usahanya. Namun, Shiki tak menginginkan itu. Orientasi hidup dari sudut matanya bukanlah duduk di belakang meja kantor sambil memakai setelan jas berdasi layaknya seorang pimpinan perusahaan seperti sang ayah. Shiki lebih mencintai alam bebas, mengabadikannya ke dalam potret yang indah. Fotografi membuat perasaan Shiki lebih ringan dan bahagia.

Sayangnya, hidup memang tak selalu bisa berjalan sesuai dengan keinginan. Shiki tak bisa memaksakan kehendaknya sendiri, karena ia adalah satu-satunya putra dari pimpinan perusahaan Yoshida saat ini. Yang bisa dilakukannya hanyalah mengesampingkan kesenangannya, dan hidup sesuai apa yang diinginkan ayahnya.

Dalam lingkaran keluarganya, Shiki merasa menjadi seperti boneka. Benda tak bernyawa yang diatur dan dikendalikan. Boneka itu tampak tersenyum karena dari awal ia dibentuk selalu tersenyum, bukan karena keinginannya sendiri. Dan di sekolah, ia selalu menjadi si tak terlihat.

PicsArt_01_06_2016 19_41_12

Lewat sisi Chouko, kita bisa belajar bagaimana memaafkan diri sendiri dan tidak terpuruk terus-terusan karena ‘dosa’ di masa lalu. Sedangkan dari sisi Shiki, kita bisa belajar bahwa hidup tidak hanya menyenangkan orang lain, tapi justru yang terpenting adalah menyenangkan dan menghargai dulu diri sendiri.

Baik cover maupun isi ceritanya memang sangat Jepang banget. Sampe nggak sadar ini sebenarnya ditulis oleh penulis lokal. Kali pertama membaca karya Zephyr, dan penasaran untuk membaca buku-buku karyanya yang lain.

WP_20160531_019

Beberapa kalimat favorit dalam buku ini:

  1. Berdoalah adalah surga dan cintailah sesamamu. Karena surga adalah tujuan tertinggi kita dan surga hanya menerima orang yang mencintai sesamanya. (hlm. 27)
  2. Aku ingin menghapusnya dari ingatanmu. (hlm. 109)
  3. Tak ada orang yang cukup berharga untuk air matamu. Dan saat ada seseorang yang cukup berharga untuk itu, ia tak akan pernah membuatmu menangis. (hlm. 110)
  4. Selalu ada saat di mana kata-kata tak bisa mewakilkan isi perasaan. (hlm. 199)

Beberapa selipan sindiran halus dalam buku ini:

  1. Ini bukan tren make up, kan? Menempel nasi di pipi? (hlm. 6)
  2. Jangan sampai gaji bulan ini dipotong lagi gara-gara terlambat. (hlm. 8)
  3. Rapikan rambutmu sedikit. Cewek SMA zaman sekarang biasanya berdandan sebelum berangkat ke sekolah. (hlm. 11)
  4. Apa junior yang selama satu tahun hanya disuruh-suruh mengambil bola yang jatuh itu keren? (hlm. 15)
  5. Apa tidak boleh kalau tidak ikut klub apa pun? (hlm. 16)
  6. Kau ini cewek SMA, waktunya menikmati masa muda yang berwarna-warni dan penuh cinta. (hlm. 39)
  7. Tatapanmu itu seperti anjing jalanan yang minta dipungut saja. (hlm. 132)
  8. Membuang dendan dan rasa benci adalah hal yang sangat sulit. (hlm. 177)
  9. Ingatanmu itu tajam sekali untuk hal-hal yang tidak penting, ya? (hlm. 178)
  10. Karena itulah tak ada orang yang melihatmu. Kau tak mengenal dan mencintai dirimu sendiri. (hlm. 182)

Keterangan Buku:

Judul                                     : Ogomadara Kanojo

Penulis                                 : Zephyr

Penyunting                         : Avifah Ve

Penyelaras akhir               : RN

Tata sampul                        : Amalina

Tata isi                                  : Violetta

Pracetak                              : Endang

Penerbit                              : PING!

Terbit                                    : 2016

Tebal                                     : 200 hlm.

ISBN                                      : 978-602-391-164-6

blogtour kanojo

MAU BUKU INI?!?

Simak syaratnya:

1. Peserta tinggal di Indonesia

2. Follow akun twitter @lucktygs  dan @divapress01. Jangan lupa share dengan hestek #GAOgomadaraKanojo dan mention via twitter.

3. Follow blog ini, bisa via wordpress atau email.

4. Jawab pertanyaan di kolom komentar di bawah, plus nama, akun twitter, dan kota tinggal. Pertanyaannya adalah berikan alasan kenapa kamu ingin membaca buku ini. Mudah kan? 😉

5. Giveaway ini juga boleh di share via blog, facebook, dan sosmed lainnya. Jangan lupa sertakan hestek #GAOgomadaraKanojo yaaa… 😉

Event ini gak pake helikopter, eh Rafflecofter yang ribet itu. Jadi pemenang ditentukan dari segi jawabannya yaaa… ( ‘⌣’)人(‘⌣’ )

#GAOgomadaraKanojo ini berlangsung seminggu saja: 13-19 Juni 2016. Pemenang akan diumumkan tanggal 20 Juni 2016.

Akan ada SATU PEMENANG yang akan mendapatkan buku ini plus buku terbitan Diva Press lainnya. Hadiah akan langsung dikirimkan oleh penerbitnya! ;)

Silahkan tebar garam keberuntungan dan merapal jampi-jampi buntelan yaaa… ‎(ʃƪ´▽`) (´▽`ʃƪ)!

-@lucktygs-

PicsArt_01_06_2016 19_43_28

Pengumuman Pemenang #GAOgomadaraKanojo

Terima kasih dengan keantusiasan teman-teman untuk mengikuti #GAOgomadaraKanojo, ada 47 komentar yang masuk. Terima kasih yaa… :))

Pemenang giveaway kali ini adalah:

Elsita F. Mokodompit
@sitasiska95
Gorontalo

Seperti Chouko, saya juga memegang tugas dan tanggung jawab sebagai kakak terhadap satu-satunya adik yang saya miliki. Meski orang tua saya masih ada, jarak usia saya yang terlampau hingga 14 tahun dengan adik saya membuat saya berpikir bahwa diminta atau tidak, adik saya adalah tanggung jawab saya. Mulai dari pendidikannya dan kebutuhannya. Karena saya sadar, usia orang tua saya tidak lagi muda dan bukannya meminta, tapi kita tidak akan bisa melawan Takdir Tuhan jika saatnya telah tiba nanti. Hal ini tentu memberikan pressure yang sangat besar terhadap saya. Impian dan cita-cita saya masih belum terwujud, banyak hal yang harus saya lakukan, ditambah dengan bayangan akan seperti apa nasib adik saya nanti. Oleh karenanya saya ingin membaca buku ini. Mungkin Choko bisa memberi sedikit nasehat dan pelajaran untuk saya.

Selamat buat pemenang. Sila kirim email ke emangkenapa_pustakawin[at]yahoo[dot]com dengan judul: konfirmasi pemenang #GAOgomadaraKanojo. Kemudian di badan email cantumkan; nama, alamat lengkap, dan no hape biar hadiahnya segera dikirim langsung oleh penulisnya ya.

Terima kasih buat Penerbit Diva Press atas kerjasamanya, sekali lagi terima kasih banyak atas kepercayaannya.

Buat yang belum menang, jangan sedih. Masih banyaaaakkkk giveaway lainnya yang menanti!! :*

@lucktygs

 

47 thoughts on “[BLOGTOUR] REVIEW Ogomadara Kanojo + GIVEAWAY

  1. Nama: Kiki Suarni
    Twitter: @Kimol12
    Kota: Batubara-Sumut

    Kenapa kamu ingin baca novel ini?

    1. Jatuh cinta pada pandangan pertama sama covernya.
    2. Pengen tahu lebih tentang makna dari judulnya Ogodamara Kanojo (soalnya aku juga suka nonton dorama Jepang, jadi sering banget denger kata Kanojo yang artinya kurang lebih perempuan; kalo gak salah)
    3. Tema tentang keluarga dan kehidupan sekolah remaja kayak gini biasanya banyak banget pesan moral yang ingi disampaikan penulis, nah, jadi pengen tahu gimanaa cara penulis menyampaikannya.
    4. Penasaran juga sama eksekusi latar belakang dan budaya Jepang yang diangkat di novel ini oleh penulis non Jepang. Kalau aku nonton film atau dorama Jepang yang temanya sejenis kayak novel ini, pasti punya sensasi tersendiri dalam penyampaian cerita, maksud dan kental banget sama budaya Jepang yang identik dengan kerja keras dan disiplin. Pengen tahu juga apa di novel ini bisa terasa sensasi yang sama? Jepang yang berasa.

    Terima kasih.

  2. nama : juwirasari
    akun twitter : @juwita_es
    alamat : kota metro, lampung

    karena penasaran dan pgn baca langsung antara YOSHIDA SHIKI dan CHOUKO NAKAJIMA itu bakalan bertemu, saling berkaitan atau memang 2 cerita yg berbeda dan gak ada hubungannya antara satu dgn yg lain.

  3. nama : juwitasari
    twitter : @juwita_es
    alamat : kota metro, lampung

    karena penasarn dan pengen langsung baca dari bukunya antara CHOUKO NAKAJIMA dan YOSHIDA SHIKI itu nantinya saling bertemu, berkaitan satu sama lain atau memang hanya 2 tokoh dan cerita yg berbeda

  4. Nama : Yoanda Nurseha
    Twitter : @yoanda_nurseha
    Kota asal : Medan

    Assalamualaikum mbak lukyty dan kak Zephyr..
    Pertama kali baca review buku ini saya langsung tertarik loo mbak.Kak Zephyr juga keren banget bisa bikin buku bertema jepang begini apalagi judul nya itu “ogomadara kanojo”.Apa sih yang membuat kakak bikin judul buku ini “ogomadara kanojo”?? Khan bagi orang awam *termasuk saya* judul buku ini terdengar sangat asing. Selipan dan sindiran di buku ini juga menarik sekali,salah satu sindiran ngena banget dihati saya.

    Hanya baca review buku ini saya sudah sangat terhanyut dengan ceritanya mungkin jika saya baca buku asli nya lebih terhanyut kali yaa

    Maaf sedikit kepanjangan mbak karena garam garam keberuntungan saya masih banyak🙂

    Assalamualaikum wr wb

  5. Nama : Miftahur Rizqi
    Twitter : @MR_Laros
    Kota Tinggal : Banyuwangi

    aku ingin membaca buku ini karena aku suka tentang jepang, entah itu anime, film, atau buku-buku seperti ini. rasanya sulit untuk dilewatkan jika aku tidak memiliki buku ini. dari pertama tau buku ini aku mulai tertarik dengan judul nya, yang aku rasa itu jepang banget. selain itu, nama-nama tokohnya nya juga tak kalah jepang. penasaran, bagaimana isi cerita ini yang sampai-sampai kak Luckty nggak sadar ini sebenarnya ditulis oleh penulis lokal. wow!! aduh, jadi nggak sabar pengen baca.

  6. Nama: Erin
    Twitter : @RiienJ
    Kota : Bekasi

    Jawaban :
    Pengen banget baca buku ini karena setting tempatnya di Jepang. Aku paling suka dengan novel2 dengan nuansa Jepang, baik novel Jepang asli maupun penulis lokal. Dari review di atas juga ingin mengenal Hayato. Aku pun sebagai seorang kakak seakan bisa merasakan tanggungjawab terhadap adik-adiknya. Jujur itu tak mudah. Gak sabar pengen baca novel ini.

  7. Nama : Muhammad Irfan Fauzi
    twitter : –
    Alamat : Nganjuk

    saya ingin membaca buku ini, karena diliat dari reviewnya aja sudah menarik apa lagi baca keseluruhannya. topiknya juga bikin penasaran dengan isinya. pokoknya pengen baca keseluruhan buku.

  8. Nama : Deria Anggraini
    Twitter : @deriaanggraini_
    Kota : Jakarta Pusat
    Jawaban :
    1. Saya bisa dibilang tipe pembaca yg sering judge a book by its cover, ya walaupun harusnya nggak boleh ya. Jadi pas pertama liat covernya aja udah tertarik, pgn baca kisahnya apakah semenarik covernya.
    2. Saya udah suka sama cerita buku ini dari review yg diberikan. Saya suka buku yg bisa ngebuat kita menjadi lebih baik, mengajarkan kita akan suatu hal, mengajarkan apa yg penting dalam hidup ini. Saya yakin banyak pesan moral dalam kehidupan yg bisa diambil dgn membaca buku ini.
    3. Selain covernya, judulnya juga menarik perhatian saya, karna saya nggak tau arti atau makna dibalik kata “Ogomadara Kanojo”, jadi saya ingin mengetahui arti katanya dan mengapa buku ini diberi judul tsb.
    4. Buku ini berlatarkan di negeri sakura, Jepang. Jadi saya yakin penulis menyelipkan beberapa budaya atau hal2 tentang Jepang di buku ini, seperti nama2 tempat destinasi yg menarik utk dikunjungi. Dan saya senang untuk mengetahuinya.
    5. Saya memiliki teman yg kehidupannya agak mirip dengan tokoh di buku ini. Dia masih sekolah, namun udah bekerja paruh waktu utk membantu keluarganya, terutama ibunya. Ayahnya udah meninggal dan meninggalkan 3 org putri, dia anak tertua. Sering dia tidur di dalam kelas karna dia kerja sampai larut malam. Nilai2nya juga agak memburuk semenjak bekerja. Dan teman2nya juga sering ngejajanin dia saat dia lebih memilih utk menabung daripada ngejajanin uangnya. Saya hanya berfikir mungkin dgn meminjamkan buku ini, dia lebih termotivasi untuk menjalani hidup, untuk meraih cita2nya, karena dia nggak sendirian, masih ada teman2nya yg membantu, dan masih ada orang diluar sana yg hidupnya jauh lebih berat dari yg dia alami. Karna mengingat kehidupannya hampir sama dengan cerita di buku ini.

    Maaf kak jawabannya kepanjangan

  9. Nama : Ika Suchi Febriyanti
    Akun twitter : @ISFebriyanti
    Asal : Natar, Lampung Selatan.

    1. Novel yang bertema keluarga. Perjuangan Hayato untuk menghidupi kedua adiknya patut diacungkan jempol. Dia bekerja hanya untuk kedua adiknya. Dan lebihnya lagi sepertinya kedua adiknya tidak menuntut apapun, mereka menerima keadaan seperti itu.
    2. Settingnya ala ala jepang padahal penulis lokal. Aku belum pernah baca yg ala ala jepang gini. Tapi ini bertema keluarga. Jadi pengen lebih tau, penge baca sampai akhir.
    3. Judulnya yang unik.
    4. Chouko Nakajima dan Yoshida Shiki. Itu dua keluar ga berbeda yang bertolak belakang atau gimana? Aku penasaran hehe..

  10. Nama : Humaira
    Akun Twitter : @RaaChoco
    Kota Tinggal : Purwakarta – Jawa Barat

    Berikan alasan kenapa kamu ingin membaca buku ini. Mudah kan?

    » Penasaran apa sih ‘dosa’ masa lalu chouko
    » Ceritanya kekeluargaan, disaat sudah tidak memiliki orang tua sekalipun.
    » Berbau jepang, penasaran bagaimana penggambaran jepang dan kebudayaannya yang katanya begitu kental sekali padahal penulisnya adalah penulis lokal.
    » Penasaran dengan makna dari judul novelnya sendiri juga keterkaitan dengan isi novel.
    » Bagaimana Chouko dan Shiki dapat bertemu dan cocok
    » Kegigihan Hayato sebagai kepala keluarga juga kakak yang pekerja keras demi kelangsungan hidup ia dan kedua adiknya.
    » Yang pasti banyak pelajaran yang bisa dipetik dari novel ini, dan aku ingin belajar langsung dari novelnya

  11. Nama : Fita
    Twitter : @fitania09
    Domisili : Malang

    Banyak yang dipenasarin dari novel ini, dari kupu-kupu cantik namun beracun hingga isi novel yang berlatar belakang kehidupan 2 keluarga yang sangat berbeda. Entah masih bingung apa hubungannya antara kupu-kupu dengan tokoh-tokoh di novel ini, hehehe…
    Gak nyangka juga loh kak kalau yang nulis orang lokal, kemarin-kemarin baca reviewnya sedikit ngantuk juga jd gak nyadar kalo kak zephyr bukan orang jepang. Soalnya dari namanya juga sedikit asing sih..hehe, hemm,,jadi lebih pengen tahu neh gimana sisi pandang orang lokal saat menulis novel bertemakan Jepang…selain itu dari beberapa gambar yang kakak lampirkan tentang setting tempatnya di Pulau Taketomi makin bikin aku mupeng ama ini novel, gimana enggak yang aku tau dari setting yang selalu menjadi ikon di novel jepang itu Tokyo atau kyoto..nah ini tempat baru pertama aku dengar & cantik lagi pemandangannya.. Dengan bahasa yang ringan namun tetep dibalut dengan adegan-adegan khas kekeluargaan cocoklah novel ini menjadi teman Ngabuburitku.. 😉 dan terakhir penasaran sama endingnya kak…😁😁

  12. Nama: Fetreiscia Frida
    Twitter: @fetreisciafrida
    Domisili: Jakarta

    Alasanku mau baca buku ini karena:
    1. Judul. Judul nya yang pake bahasa Jepang mampu banget menangkap keingintahuan ku untuk membacanya. Karena jarang (bahkan belum pernah) liat judul novel yang pakai bahasa jepang selain novel jepang.
    2. Pengarang. Buku ni ditulis oleh pengarang yang baru buat aku, belum pernah baca bukunya sebelum ini. Jadi aku mau berkenalan sama si penulis lewat buku ini.
    3. Tema. Aku selalu suka dan menikmati membaca buku yang mengangkat tema kekeluargaan. Karena menurutku keluarga emiliki banyak sisi yang baik untuk diceritakan. Banyak kisah tentang keluarga yang bisa ditulis dan aku ingin banyak membaca buku dengan tema keluarga dan menemukan kisah2 baru.
    4. Jepang. Negara ini salah satu negara favorit ku. Sebelumnya sudah banyak buku yang aku baca dengan tema negara favoritku lainnya, seperti Korea. Dan penggambaran mereka para penulis tentang budaya, makanan, nama dan settingnya sangat baik. Nah, karena ini buku membahas negara favorit ku lainnya, aku ingin merasakan Jepang lewat buku ini. Penasaran dengan setting nya.

  13. Nama : Alya N suwandi
    Twitter : @alyasuwandi_
    Domisili : jakarta

    Alasan kenapa mau baca buku ini, karena suka baca buku yang menarik. Dari sinopsis di atas udah keliatan aura menariknya hehe. Aku juga seorang adik, dan juga kaka. Mungkin bisa banyak belajar dari buku diatas.
    Aku pembaca yang aneh, buku yang memang menarik bisa diselesaikan sehari full. Hahahahaha. Jadi ya gituu sih. Semoga dapet ya^^

  14. Nama : Siti Nur Khasanah
    twitter : @sitink_
    Domisili : Depok, Jawa Barat.

    Alasan karena aku suka banget sama yang namanya buku yang berbau jepang. Jadi pingin koleksi aja. Lagian cerita novel jepang menarik diikutin.

  15. Dika | @ParamudikaH | Padang

    Pengen nambah ilmu aja sih, banyak hal yang bisa diambil dari sebuah novel. dan itu tidak di temui dibuku-buku fiksi dan lainnya

  16. Nama: Irena Ramadhanty
    Twitter: @MiwaNa_kai
    Kota Tinggal: bekasi

    Alasannya,

    ×Saya sangat suka novel-novel beralatar jepang, entah itu terjemahan ataupun tidak. Salah satunya novel ini.
    ×Saya sudah tertarik dengan buku ini sejak lama, namun apa daya uang berkata lain :v
    ×Mengetahui & mempelajari makna sesungguhnya cerita di novel ini.
    ×Hobi saya adalah menulis, dan ingin belajar menulis lebih baik lewat contoh novel ini.

    Mohoh beri saya kesempatan untuk memiliki novel Ogomadara Kanojo ini. Sekian terima kasih~

  17. Nama : Astria Dhima
    Twitter : @astria_dhima
    Link share : https://mobile.twitter.com/astria_dhima/status/742578274086223872?p=v

    Domisili : Malang Jawa Timur

    Jawaban :
    Alasan aku tertarik, pertama karena otak lagi buntu, jadi pengen cari banyak2 buku buat menyelam ke dunia menulis lagi hoho
    Kedua, aku adalah penyuka novel asia. Bisa Jepang atau Korea. Biasanya aku liat pengarangnya dulu sih, kalo dari luar negeri aku langsung yes aja. Tapi dari deskripsi kakak kayaknya novel ini juga berasa terjemahan ya. Apalagi quotes nya mirip2 terjemahan.

    Juga aku penasaran sama kelanjutan hidup si Yoshida ini. Apakah dia berakhir menjadi pekerja kantoran apa durhaka ke bapaknya wkwk

    Itu aja sih, btw kalo menang dikasih udang gorengnya juga ga? #salahfokus #edisiramadhan
    Langsung tebar garam disekeliling rumah

  18. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    kota tinggal: Serang

    Alasan kenapa ingin membaca buku ini: aku langsung tertarik dengan kehidupan 3 bersaudara Hayato, Chouko, & Masaru ini setelah ditinggal orangtua mereka. Hayato yg ingin membuat adik-adiknya hidup berkecukupan & normal meski tanpa kedua orangtua mereka, dan Chouko yg ingin membantu kakaknya. Sungguh membuat hati hangat menyimak kisah bersaudara ini walaupun baru baca reviewnya. Juga tentang Masaru yg begitu tegar hidup tanpa orangtuanya walaupun ia masih kecil. Orang Jepang memang orang-orang yg tegar & gigih dalam berjuang hidup. Dan aku ingin belajar dari mereka dari kisah ini.

    Yang membuat surprise ternyata novel ini karya penulis sendiri, sangat menarik sekali.
    Semoga berjodoh dengan novel ini.

  19. Meilina Istanti | @Meic_Chan | Banyumas

    Berikan alasan kenapa kamu ingin membaca buku ini.

    1. Pengin tahu makna Ogomadara Kanojo di buku ini. Hehe ogomadara kanojo itu apa sih?
    2. Sepertinya novel ini mengharukan u,u Aku suka novel dengan suasana keluarga seperti ini. =D
    3. Sepertinya banyak amanat yang bisa dipetik dari novel ini.
    4. Covernya seperti nuansa sunset. Jadi betah mantengin covernya :v
    5. Sepertinya membaca novel ini kayak lagi belajar hidup.
    Apalah arti semua alasan di atas karena intinya aku pengin banget baca novel ini. Wish me luck!😉

  20. Nama : Lely Nurvita Sari
    Akun twitter : @LelyNurvita
    Kota tinggal : Medan

    Berikan alasan kenapa kamu ingin membaca buku ini.
    Jawab :
    Sebenarnya saya bukan penggemar novel sejati, saya menyukai hal-hal yang menurut saya unik dan saya penggila anime dan hal berbau Jepang. Pertama kali lihat judulnya, Ogomadara Kanojo, saya bingung sama arti judulnya. Soalnya dah berkali-kali nyari arti ogomadara di kamus bahasa jepang tapi gak dapat-dapat, terus pas baca reviewnya ternyata ogomadara itu diartikan sebagai kupu-kupu khas Jepang. Kalau kanojo artinya dia (perempuan) atau pacar (girl friend), yang saya tau. Tapi meskipun tahu arti judulnya secara terpisah, tapi tetap aja masih gak dapat arti yang pas. Dia adalah kupu-kupu? Atau kupu-kupunya? Entah saya masih gak ngerti. Dari judul aja dah buat penasaran banget pokoknya.
    Terus penasaran juga sama ‘dosa’ masa lalu yang dibuat/dialami Chouko, yang bikin penasaran tuh separah apa sih ‘dosa’ masa lalunya? Lalu apa ada hubungan antara ‘dosa’ masa lalunya dgn ogomadara? Apa ogomadara itu sebuah pertanda atau semacamnya?
    Intinya, saya benar-benar penasaran dan pengen ngupas nih buku ampe tuntas.. hehe😀

  21. Nama : Dhea Nur’Aini Rachmayanti
    Twitter : @dhedhea_98
    Kota tinggal : Semarang

    Alesan kenapa kamu ingin membaca buku ini ?
    Jawabanku adalah untuk mengetahui perkembangan dan seluk beluk alur atau plot yang memarik serta menyenangkan untuk diikuti . Pendalaman karakter yang disajikan oleh penulis. Cerita yang pengemasannya secara apik menjadi nilai tambah  untuk dicermati sekaligus dipahami oleh pembaca. Mulai dari perkenalan masing-masing karakter diawal cerita yang semakin membuat penasaran apa yang akan karakter lakukan di dalam cerita tersebut dan apa saja yang terjadi dengan karakter atau apa saja kejadian yang dialami oleh karakter di dalam cerita itu. Sudut pandang apa yang diambil oleh penulis dalam cerita tersebut. Gaya bahasa penulis yang dituangkan di dalam cerita terkesan tidak terburu-buru ataupun tergesa-gesa serta rapi membuat pembaca tidak merasa kebosanan atupun kebingungan serta tema yang diangkat dan dikemas dengan bahasa yang lugas sehingga mudah dipahami.Serta ide penulis yang patut diapreasiasi.

  22. Julia dwi kartikasari
    @Juliakartika326
    Nganjuk, Jawa Timur

    Alasannya karena aku suka novel yang membahas korea atau jepang. Suka sekali. Dan novel odomadara kanojo ini begitu memikatku setelah aku membaca review dari kak luckty. Membaca reviewnya membuatku merasa hidupku masih lebih mudah dari pada si tokoh utama di novel ini.

    Alasan lainnya adalah karena rumahku cukup jauh dari toko buku. Hidup di desa yang jauh dari kota membuatku harus menabung banyak untuk membeli beberapa buku di waktu yang bersamaan. Jadi, setelah tahu ada novel berbau korea atau jepang, pasti aku jadikan wishlist. Dan terkadang sebelum aku membeli bukunya, stok di toko buku sudah habis. Jadi, aku berharap bisa memiliki novel ogomadara kanojo ini untuk memudahkanku mengoleksi novel berbau korea atau jepang.

    Alasanku yang paling utama ingin membaca buku ini adalah aku berharap bisa termotivasi. Untukku yang bingung mau melanjutkan sekolah dimana. Yang merasa menjadi sesuatu tak berguna, dan untukku yang selalu merasa kecil dari yang lain. Aku berharap hidupku bisa lebih berwarna dengan motivasi dari banyak pengalaman dari apapun. Baik manusia atau benda mati seperti buku. Semoga ketika aku membaca buku yang sepertinya ceritanya tentang hidup yang keras ini, aku bisa sadar bahwa ada yang bisa diambil hikmahnya dari sesuatu perjalanan hidup yang sulit.

  23. Nurul Hikmatul F
    @nuhifalala
    Bandung

    berikan alasan kenapa kamu ingin membaca buku ini

    Ada banyak alasan kenapa aku ingin membaca buku ini. Pertama, covernya yang eye catching dengan gradasi warna oranyenya bikin penasaran. Kedua, aku selalu suka cerita remaja yang didalamnya banyak unsur keluarga, cerita yang bikin kita sadar kalau apapun yang akan atau sedang kita lakukan, keluarga pasti menjadi faktor pendukung nomor satu. Dan tentunya aku penasaran sama pulau Taketomi. Oh iya satu hal lagi, alasan aku ingin baca novel ini, yaitu;
    Tak ada orang yang cukup berharga untuk air matamu. Dan saat ada seseorang yang cukup berharga untuk itu, ia tak akan pernah membuatmu menangis. (hlm. 110).
    kutipannya bikin greget😀

    terima kasih ^^

  24. Nama : rurialita
    Twitter : @rurarlit
    Kota : jakarta utara

    Aku selalu penasaran dan tertarik dengan novel yang berhubungan rentang keluarga dan persahabatan. Pas aku baca review yang di buat mba luckty aku langsung mau banget baca novel ini. Kehidupan adik kakak antara Hayato, Chouko, & Masaru yang paling buat aku penasaran. Sepertinya novel ini bisa jadi inspirasi aku banget dalam menjalin hub baik dengan saudar2ku dirumah hehe ^^ juga perjuangan serta kasih sayang diantara ketiganya, novel ini mempunyai makna cerita yang patut banget dibaca. Selain itu I love all the place in jepang. kota2 di jepang tuh indah2 banget. Makanya aku pengen banget menang giveaway ini supaya bisa tau lebih detail ttg pulau taketomi, dari gambar yang mbak luckty post sih indaaaah bangeeet.

  25. mariyam
    @mariyam_elf
    surabaya

    karena aku penasaran dengan arti dari judul novel ini. kenapa bisa diberi judul itu? nah itulah yang menjadi pertanyaan dlm otakku. dengan membaca buku ini pastinya pertanyaaku itu akan terjawab. dan satu lgi, aku tertarik dengan settingnya pulau taketomi. bner” indah. smoga akulah yg mendpatkan buku ini #ngarep

  26. nama : yunika anwar
    twitter: @yunikaanwar1
    alamat: kawidaran, tangerang

    karena dari pertama kali liat review nya menarik banget jadi penasaran sama jalan ceritanya. konflik yg disajikannya juga sangat menarik. dibuku tersebut juga terkandung amanat yang pasti akan sangat bermanfaat. dan kebetulan saya juga sangat suka dengan hal yg menyangkut negara jepang.

  27. Elsita F. Mokodompit
    @sitasiska95
    Gorontalo

    Seperti Chouko, saya juga memegang tugas dan tanggung jawab sebagai kakak terhadap satu-satunya adik yang saya miliki. Meski orang tua saya masih ada, jarak usia saya yang terlampau hingga 14 tahun dengan adik saya membuat saya berpikir bahwa diminta atau tidak, adik saya adalah tanggung jawab saya. Mulai dari pendidikannya dan kebutuhannya. Karena saya sadar, usia orang tua saya tidak lagi muda dan bukannya meminta, tapi kita tidak akan bisa melawan Takdir Tuhan jika saatnya telah tiba nanti. Hal ini tentu memberikan pressure yang sangat besar terhadap saya. Impian dan cita-cita saya masih belum terwujud, banyak hal yang harus saya lakukan, ditambah dengan bayangan akan seperti apa nasib adik saya nanti. Oleh karenanya saya ingin membaca buku ini. Mungkin Choko bisa memberi sedikit nasehat dan pelajaran untuk saya.

  28. nama : Herina Wulansari
    akun twitter : @Herina_W
    kota tinggal : Kota Pati
    Pertanyaannya adalah berikan alasan kenapa kamu ingin membaca buku ini. Mudah kan?

    Ok sebelumnya Assalamu’alaikum Kak😀 ,giveway lagi😀 …..
    Setelah baca-baca reviewnya buku ini aku tertarik dengan kalimat-kalimat sindiran yang ada di buku ini + kutipan favoritnya,, gimana gitu…., jadi tambah penasaran dengan alur cerita dalam buku ini, pertama kali lihat design covernya juga udah tertarik duluan, nggak sabar pengen baca😀 , book first, book again, book again , love book😀

  29. Nama: Nola Amalia
    Twitter: @Nolaamaliaa
    Kota Palembang

    Kenapa aku pingin baca buku ini? Pertama, aku tertarik karena ceritanya yang ke-Jepang-Jepangan, tapi dibuat oleh penulis yang bukan orang Jepang. Katanya kan, Kak Luckty aja nggak sadar ini novel lokal. Itu sukses membuat aku penasaran setengah mati dan bertanya-tanya, “Ceritanya sama nggak ya, sama cerita-cerita asli Jepang yang sering kubaca?”. Aku juga sebenarnya suka banget sama buku-buku yang berlatar di Jepang. Bisa bikin imajinasi kita meliar. Apalagi, setelah baca review ini, aku dapat menyimpulkan bahwa kita dapat banyak memetik pelajaran dari buku ini sendiri. Itu tipe bukuku banget!

  30. nama : Mukhammad Maimun Ridlo
    akun twitter : @MukhammadMaimun
    kota tinggal : Sleman

    Dari kecil, saya seneng banget dengan sesuatu yng berbau Jepang, seperti komik, anime, budaya dan sebaagainya.
    Nah, buku ini begitu ada promosi di media sosial aku langsung jatuh cinta dengan judul dan sampulnya yang Jepang banget… (meski gak tau artinya) hiihii..
    Nah, setelah direview ma mbak luckty jaid semakin penasaran untuk menjelajah Jepang ala buku ini…

  31. Nama: emma | twitter : @emmanoer22 | kota tinggal: indragiri hulu, riau

    jawaban : alasan pertama karena ini gratis, alasan kedua karena dari review mbk luckty secara gak langsung seperti menusuk banget bagiku, “Lewat sisi Chouko, kita bisa belajar
    bagaimana memaafkan diri sendiri
    dan tidak terpuruk terus-terusan
    karena ‘dosa’ di masa lalu.
    Sedangkan dari sisi Shiki, kita bisa
    belajar bahwa hidup tidak hanya
    menyenangkan orang lain, tapi
    justru yang terpenting adalah
    menyenangkan dan menghargai
    dulu diri sendiri.”

    Dari kalimat di atas itu, aku merasa akan kah buku ini berjodoh denganku, dan muncul lah pertanyaan-pertanya seperti bagaimana Chouko memaafkan dirinya sendiri akan dosa di masa lalunya dan menjadi seorang kakak maupun kepala keluarga bagi adik-adiknya? Lalu Shiki yang berusaha mebahagiakan orang lain tapi diri sendiri tidak. Keduanya seperti pantulan diriku di kehidupan ke seharianku, merasa terkekang dengan lingkungan, mencoba menyenangkan orang lain tapi diri sendiri tidak merasa bahagia. Mencoba dengan baik untuk menghapus dosa tapi masih merasa kosong. Dan alasan ketiga adalah karena cover eyecatching sekali, karena cover sebuah buku juga material yang signifikan untuk menarik minat pembaca maupun pembeli.

  32. Nama: Ratu Rani Rahmawati
    Twitter: @R3Onew
    Kota tinggal: Banjarnegara, Jawa tengah

    Alasan :
    1. Aku pengin buku gratis
    2. Tertarik sama judul bukuya
    3. Ini pertama kalinya aku baca review dari mba Luckty
    4. Pengen baca keseluruhan sindiran halus di ” Ogomadara Kanojo”

  33. Nama : Pida Alandrian
    Twitter : @PidaAlandrian92
    Kota Tinggal : Aceh

    > ntah alasan apa yg harus aku jabarin disini supaya kak luckty mau mempertimbangkanku untuk mendapatkan buku ini secara gratis di GA ini. Banyak alasan yg membuatku ingin membaca buku ini. kalau aku tidak tertarik untuk membacanya, mana mungkin aku ikutan giveaway buku ini.

    sebelumnya saya ingin bertanya, arti dari judul bukunya itu apa?? ogomadara kanojo.
    membuat saya bertanya2, kenapa penulis memilih judul itu? Apa ada arti terselubung di dalam judulnya itu?.

    malah yg membuat saya penasaran pertama kali saat melihat GA ini adalah krn judulnya. penasaran dgn apa yg ada di balik judulnya itu.

    Sekian alasan saya..
    Salam Ramdhan Pida Alandrian

  34. Yeeeayy novel Jepang!
    Belakangan ini lagi suka sukanya sama hal hal berbau Japanese,dari budaya mereka,anime anime,lagu2,gaya kunciran,ahh semuanya deh.Sekarang,ada kesempatan buat bisa bawa pulang novel bertema Jepang secara cuma cuma siapa yang nolak???
    Novelnya keren lagi,campuuran antara genre remaja,motivasi,dan keluarga.Kisahnya mengharu biru.Jarang2 bisa nemuin novel dgn genre mix seperti itu,dan ini didepan mata ada,ada nilai+ nya yaitu bertema jepang,dan secara cuma cuma pulakk,siapa yg nahan nolak???
    Aku ingin membaca novel ini karena aku jatuh cinta pada kakak adik dinovel ini,yg saling menguatkan dan menyayangi.Aku ingin menyelam dan berjuang bersama mereka melewati hidup yg kadang tak berpihak kepada kita.

    • Maaf,ada yang ketinggalan karena terlalu semangat menjawab,hehee
      Nama: RIQZA NUR AINI
      Twitter: @riqzanainiee
      Kota tinggal: Demak,JaTeng

  35. Nama : Faya Mariam Zhallila
    Akun Twitter : @fayamariam
    Kota tinggal : Indramayu – Jabar

    Dilihat dari kutipan-kutipan didalam novel, Ogomadara Kanojo ini penuh dengan pesan-pesan dan nasihat-nasihat dari penulis yang dikemas secara epik dan dibantu oleh plot-plot didalam cerita tentang persahabatan dan kekeluargaan yang menarik. Juga, saya sekaligus suka sama buku-buku yang berlatar di negeri sakura itu, apalagi sama covernya. Jadi kalo baca buku yang berlatar di Jepang gitu kayak lagi nonton anime atau baca manga, tapi dengan imajinasi sendiri —apaan sih—. Sekaligus buat inspirasi —saya ingin membuat satu novel dengan latar di Jepang— dan menambah wawasan saya. Kebetulan penulisnya orang Indo, jadi bisa belajar dari situ. Intinya sih kepingin buku gratis.

  36. Nama : Anis Nur Lailiyah
    Akun twitter : @lailiyah_anis
    Kota tinggal : Gresik, Jawa Timur

    Saya selalu tertarik untuk membaca sebuah kisah yang menceritakan perjuangan seseorang demi keluarganya seperti yang dilakukan Hayato dalam novel Ogomadara Kanojo karena cerita seperti ini terasa sangat dekat dengan kehidupan saya, meskipun saya pribadi tidak memiliki pengalaman yang sama dengan Hayato namun kisah ayah saya yang merupakan sulung dari enam bersaudara yang harus menghidupi adik-adiknya sedari kecil sehingga beliau harus mengorbankankan pendidikannya sedikit banyak memberikan pengaruh yang besar bagi saya. Inilah yang menjadi alasan kuat mengapa saya sangat tertarik untuk membaca Ogomadara Kanojo karya Zephyr ini ~Belum apa-apa sepertinya saya sudah terpesona dengan Si Hayato ini *duh~

    Selain itu, sepertinya novel ini sangat kental nuansa Jepangnya sedangkan saya belum pernah membaca novel yang sepenuhnya mengambil plot di negerinya Kento Momota ini, jadi akan sangat menyenangkan jika punya kesempatan untuk membaca Ogomadara Kanojo sehingga akan menambah pengetahuan saya tentang seluk-beluk Negeri Matahari Terbit apalagi kalau dapatnya gratisan hehe

    Wish me luck, terimakasih🙂

  37. Nama : Anis Nur Lailiyah
    Akun twitter : @lailiyah_anis
    Kota tinggal : Gresik, Jawa Timur

    Saya selalu tertarik untuk membaca sebuah kisah yang menceritakan perjuangan seseorang demi keluarganya seperti yang dilakukan Hayato dalam novel Ogomadara Kanojo karena cerita seperti ini terasa sangat dekat dengan kehidupan saya, meskipun saya pribadi tidak memiliki pengalaman yang sama dengan Hayato namun kisah ayah saya yang merupakan sulung dari enam bersaudara yang harus menghidupi kelima adiknya sedikit banyak memberikan pengaruh yang besar bagi saya. Inilah yang menjadi alasan kuat mengapa saya sangat tertarik untuk membaca Ogomadara Kanojo karya Zephyr ini ~belum apa-apa sepertinya saya sudah terpesona dengan si Hayato ini *duh~
    Selain itu, novel ini sepertinya sangat kental nuansa Jepangnya sedangkan saya belum pernah membaca novel yang sepenuhnya mengambil plot di negerinya Kento Momota ini, jadi akan sangat menyenangkan jika punya kesempatan untuk membaca Ogomadara Kanojo sehingga akan menambah pengetahuan saya tentang seluk-beluk Negeri Matahari Terbit ini apalagi kalau dapatnya gratisan hehe
    Wish me luck, terimakasih 

  38. Nama:Rere yurenda
    Akun twitter:@Yurenda1999
    Kota tinggal:Nganjuk,Jatim

    Alasan==>
    Pertama,aku maniak banget sama novel apalagi yang bernuansa Jepang,so begitu lihat ada GA aku langsung lets go!

    Kedua,dari covernya yang bikin hati aku meleleh,terpana pada pandangan pertama karena kata-kata menyentuhnya itu terutama kalimat ini “untuk menjadi kupu-kupu yang indah tidaklah mudah”.Jadi ingat cita-cita aku yang harus diperjuangin mulai dari nol persis kupu-kupu.Gara-gara kata itu juga aku jadi lebih semangat bercita-cita.

    Ketigaa,judulnya sangat menarik.Aku jadi penasaran kenapa novel itu judulnya Omogadara Kanojo,apa alasan di balik novel bernuansa oranye itu.

    Ke empat:Buat inspirasi.Siapa tau aku,penulis abal-abalan ini juga bisa nulis novel sebagus itu.

    Keempat,ingin beli bukunya tapi lagi bokek.Ikutan aja siapa tau lagi dapet durian runtuh.Lumayan kan rejeki anak sholeh.

  39. nama: Anisa Listya
    akun twitter: @417154
    kota tinggal: Palembang

    Alasan kenapa saya ingin membaca buku ini:
    – saya suka sekali dengan cerita yang berkisah tentang keluarga, kasih sayang, persaudaraan, & perjuangan demi keluarga. Sangat menyentuh hati & membuat terenyuh🙂
    Sangat pas banget buku ini mengangkat tema itu yg membuat saya benar2 ingin membacanya
    – saya penasara dengan penulisnya yg secara apik bisa menciptakan nuansa Jepang dari nama2 & tempat2nya. Apalagi Pulau Taketomi yang makin membuat saya penasaran karena saya baru tentang pulau ini dari buku ini, ternyata memang beneran ada😀
    – overall daripada saya baper karena penasaran please Mbak Luckty kasi kesempatan saya buat baca buku ini, ntar saya buat reviewnya deh *ngerayu* hihihihi..

    Terima kasih :*

  40. Chantia Ahwazuaiyah
    @cheonchan
    chan.ahwaz[at]gmail[dot]com
    Garut

    Saya pengen banget baca novel ini, karena setahu saya, anime atau fiksi karangan Jepang terutama genre slice of life begini selalu keren, dan sukses bikin baper. Jadi, waktu baca reviewnya di sini, pasti bakalan rame dan pasti saya bakalan jatuh cinta sama salah satu tokohnya (kalo di review sih, saya mulai kesemsem sama si bontot- Masaru). Jatuh cinta pada tokoh di novel yang dibaca itu penting menurut saya, soalnya kalo udah cinta pasti keinget-inget terus dan terus-terusan pengen re-read, padahal udah tau ceritanya, iya ‘kan? hehehe~
    semoga menang GA nya yaaa #berharapberkahramadhan hahahha~

  41. Nama: Siti Nur Cahyanik
    Twitter: @Ancahyanik
    Kota: kediri

    Alasan aku menginginkan buku ini, yaitu aku menyukai novel setting jepang apapun itu. Karena bahasa penulis Indonesia yang menceritakan tentang Jepang selalu mudah dipahami. Disisi lain, aku juga ingin menambah koleksi novelku, kebanyakan novelku nuansa romance. Dan kali ini aku ingin mempunyai novel yang menceritakan hal berbeda, bahkan tentang adik kakak. Dengan novel ini aku ingin merasakan bagaimana hangatnya menjadi adik kakak yang saling memikirkan kebahagiaan satu sama lain. Hal yang tidak aku dapatkan di keluargaku,

  42. Hizbi
    Wilahamamy1
    Tangerang

    Pertanyaannya adalah berikan alasan kenapa kamu ingin membaca buku ini. Mudah kan?

    Dari review mbak, novel ini menjadikan Jepang sebagai latarnya. Gambaran tentang Jepang yang terasa nyata memberikan gambaran bagaimana kehidupan disana. Aku punya impian untuk pergi ke Jepang, kalau bisa sih tinggal disana. Jadi gambaran tentang bagaimana roda kehidupan Jepang pasti sangat membantu.

    Biasanya aku menjadikan novel untuk belajar bagaimana menjadi lebih baik dari sisi si tokoh. Dan sepertinya penulis membuat tokoh yang menarik untuk kuposisikan menjadi diriku, bagaimana menjadi kuat saat terpaan datang silih berganti. Kutipan novel memberikan banyak pelajaran oun menjadi point penting betapa menariknya novel ini untuk dibaca

  43. Nurul Islamiyah
    @nurullislamiyah
    Kota Bima-NTB

    Alasan pengen baca novel ini? Jujur saya termasuk penyuka novel-novel yang latar tempatnya diluar negeri. Terutama daerah-daerah Eropa dan Asia Timur. Jadi saya penasaran dengan novel ini? Akankah ceritanya mampu mengobati penasaran rasa saya?
    Selain itu juga dengan membaca blurb dan review kak Rizky Mirgawati diatas, saya menjadi penasaran. Endingnya bakalan kayak gimana? Ceritanya bakalan dibawa kemana? Ceritanya tentang masa remaja pula><
    Wish me luck❤

  44. Nurul Islamiyah
    @nurullislamiyah
    Kota Bima-NTB

    Alasan pengen baca novel ini? Jujur saya termasuk penyuka novel-novel yang latar tempatnya diluar negeri. Terutama daerah-daerah Eropa dan Asia Timur. Jadi saya penasaran dengan novel ini? Akankah ceritanya mampu mengobati penasaran rasa saya?
    Selain itu juga dengan membaca blurb dan review kak Luckty diatas, saya menjadi penasaran. Endingnya bakalan kayak gimana? Ceritanya bakalan dibawa kemana? Ceritanya tentang masa remaja pula><
    Wish me luck❤

  45. Agatha Vonilia M.
    @Agatha_AVM
    Jember

    Awalnya aku juga sempat berpikir kalau buku ini terjemahan. Ternyata karya penulis lokal. Aku ingin buku ini karena hidup itu terkadang adalah sebuah misteri. Kadang kita dipermainkan dan kadang malah didorong untuk terus maju. Aku ingin mengambil hikmah dan belajar dari perjuangan hidup Chouko. Ketakutan yang aku rasakan kalau tiba-tiba aja mama menghilang dari kehidupanku. Chouku, pinjamkan aku kekuatan dan keberanianmu untuk terus menyemangati mama.

Leave a Reply

