REVIEW Soulmate on the Backstage + GIVEAWAY

PicsArt_22_06_2016 11_17_19

Cinta pertama bukan sembarang cinta. Di perasaan itulah, untuk pertama kalinya, seseorang mulai belajar menerima, memaklumi dan menghargai segala kelemahan seorang manusia. Tidak peduli seberapa besar kekurangannya, hati sudah terlanjur memilih sang pujaan. Dan sebagai manusia yang tak sempurna pula, aku berharap darinya punya demikian, mau memaklumiku apa adanya. Cinta pertama berbeda dengan cinta-cinta yang lain. Nafsu, emosi, dan keegoisan belum menempel di dalamnya. Cinta ini hanya mengandalkan kepolosan dan rasa kagum kepada orang lain. (hlm. 175)

LARAS memang seorang aktris berbakat. Ia mampu memainkan mimik sedih, senang, bingung, atau takut di atas panggung. Bahasa tubuhnya selalu mempertegas eksistensi setiap tokoh yang ia perankan. Kata-kata yang terlontar dari mulutnya selalu sampai menunjukkan karakter khas tokoh kepada semua penonton. Tetapi, dalam panggung keseharian, ia hanyalah seorang cewek berusia 21 tahun yang sangat datar, tak suka bicara dan payah dalam pergaulan. Ia tak tahu bagaimana cara berinteraksi hangat dengan orang-orang.

Selama tiga tahun ia bergabung sebagai anggota klub teater kampus, Laras memang selalu masuk nominasi tiap tahun. Akan tetapi, ia tak pernah menang. Namun, siapa sangka jika tahun ini ia berhasil membawa pulang penghargaan berlapis kristal itu. Drama terakhirnya berjudul Jeanned d’Arc ternyata mengangkat namanya. Bagi para juri, cara Laras memerankan tokoh prajurit wanita gagah berani dari Prancis itu sungguh membuat bulu kuduk merinding. Tatapan matanya menyorot tajam dan dingin selama pertunjukan.

Semenjak itu, pesona Laras di dunia akting kian bersinar. Puncaknya adalah saat Mas Gele, pelatih teater mereka memilih tiga orang untuk memainkan drama yang berjudul Rule or Love. Tiga pemain yang dipilih ini nantinya berpeluang besar meraih beasiswa kursus acting selama sebulan di Paris. Mas Gele berharap murid-murid teater didikannya ini bisa berkompetisi dengan murid-murid pelatih lain dari jurusan lain.

“Ras, dengerin gue. Alasan lo main teater selama ini kan karena lo ngincer beasiswanya. Sekarang beasiswa itu ada di depan lo, masak sekarang lo mundur cuma gara-gara Adeline? Apalagi kota yang dipilih sama sponsor adalah Paris. Apalagi yang kurang? Tinggal setengah langkah lagi lo nyampe di Paris! Gue nggak tahu alasan kenapa lo ngebet banget mau ke Paris sampai-sampai masuk Sastra Prancis. Tapi yang jelas, lo harus wujudin mimpi lo!” (hlm. 47)

Rule or Love adalah sebuah cerita fiktif hasil karangan Mas Gele yang berlatar tempat di Eropa sekitar abad ke-18. Di kata pengantar naskah, ia mengatakan bahwa dirinya terinspirasi dari drama-drama tragedi Eropa dan mitologi Yunani.

Rule or Love menceritakan tentang seorang raja bernama Alfred yang terkenal sangat ambisius, pintar dan jago berperang. Tanah jajahannya semakin lama semakin meluas. Rakyatnya semakin hari semakin makmur dan hasil alam wilayahnya terus meningkat setiap tahun.

Alfred pergi berperang bertahun-tahun lamanya. Namun selama itu, ia tidak pernah memberi kabar kepada istrinya. Prajurit-prajuritnya hanya pulang kalau mereka terlukan atau diamanatkan sesuatu oleh raja. Ironisnya, semua surat amanatnya hanya diberikan kepada ibu dan saudara-saudaranya saja. Adeline yang sangat kecewa berprasangka buruk bahwa suaminya tak lagi memperhatikan dan mencintai dirinya.

Adeline sering mencurahkan perasaan kecewanya kepada Rozlard, prajurit andalan raja. Lama-kelamaan, cinta terlarang pun tumbuh di hati mereka. Adeline mencintai suaminya yang sudah lupa dengan rasa kasihnya.

Benang merah yang dapat ditarik dari kisah tragedi ini adalah ketidaksetiaan. Entah ketidaksetiaan yang mana; apakah ketidaksetiaan Alfred terhadap Adeline karena lebih mengutamakan rule untuk berperang, atau ketidaksetiaan Adeline kepada Alfred karena lebih mengutamakan love terlarangnya bersama Rozlard.

“Gue tahu kenapa lo kayak gini. Mungkin karena lo nggak pernah punya cowok… jadinya lo nggak tahu rasanya jatuh cinta. Tapi gue mau kok bantuin lo mewujudkan rasa itu.” (hlm. 53)

Seolah dihantam batu besar bernama kekecewaan, Laras menunjukkan sikap protesnya kepada Mas Gele. Baru kali ini ia tak semangat dengan perannya di panggung teater. Entah mengapa, ia jijik dengan seorang Adeline yang lemah, egois dalam cinta, dan tak berpikir panjang. Selain itu, ia merasa Adeline sangat bertolak belakang dengan peran-peran keras yang telah ia mainkan sebelumnya. Adeline sangat lembut, penuh keibuan, dan rapuh.

Sayangnya, Mas Gele terkesan tidak mau tahu. Ia malah berkata kepada Laras bahwa pemain yang berbakat itu harus bisa memainkan semua peran yang ada.

“Kemungkinan itu adalah suatu misteri yang harus kita terima. Jangan pasrah dengan kemungkinan yang Ia berikan kepada kita.” (hlm. 35)

Sebenarnya salah satu hal yang membuat Laras enggan memerankan Adeline adalah berawal dari masa lalunya. Ya, broken home bisa menjadi pengaruh besar bagi karakter seseorang. Laras yang dingin, ketus, dan enggan berbasa-basi ini adalah pengaruh dari masa kecilnya yang memiliki mama yang begitu protektif terhadapnya dan hanya papa satu-satunya orang yang mampu membuatnya tersenyum dan menenangkannya. Dunia kian runtuh, ketika papa pergi begitu cepat. Semenjak itu, Laras merasa tidak memiliki siapa-siapa lagi yang menyayanginya.

Sebenarnya ada satu orang lagi yang mampu membuatnya tersenyum di masa lalu. Dengan berbagai cara, Mas Gele lewat bantuan Fara, sepupu Lara mengupayakan mengembalikan senyum Laras dan nantinya bisa menjiwai peran sebagai Adeline yang lembut dan rapuh. Apakah bisa?

“Sesuatu yang hilang itu boleh saja dikenang. Namun, selama hidup masih terus dijalani, kenangan itu sah-sah saja disimpan di dalam hati atau dikunci rapat-rapat.” (hlm. 185)

Ini merupakan novel pertama yang ditulis oleh Mbak Silvarani. Karena dulunya kuliah di Jurusan Sastra Prancis, jadi di buku ini kita bisa merasakan aroma Paris di setiap selipan ceritanya. Di setiap pergantian BAB, menggunakan bahasa Prancis. Dari sekian banyak pilihan Sastra yang ada di kampus, dulu saya memiliki teman hampir dari jurusan Sastra; mulai dari Jurusan Sastra Inggris & Sastra Jepang (yang paling banyak peminatnya) sampai yang paling aneh sekalipun seperti Jurusan Sastra Sunda & Sastra Rusia. Yang nggak ada adalah teman dari Jurusan Sastra Prancis x))

Pesan moral dari buku ini adalah untuk menapaki masa depan, kita harus berdamai dengan masa lalu. Oya, lewat tokoh Laras maupun Fara, penulis menyelipkan pesan tentang hidup sesuai passion; Laras memilih bidang akting dan Fara memilih dunia fotografi sesuai hobinya sejak kecil. Satu lagi, apa yang kita inginkan dan kita sudah berupaya keras untuk mendapatkannya, termasuk soal jodoh, jika bukan pilihan Tuhan, tetap tidak akan mengubah apa yang sudah digariskan untuk kita. #noted

Dari semua tokoh yang ada justru tokoh Mas Gele yang paling melekat. Apalagi saat adegan Mas Gele hobi karaoke soundtrack telenovela seperti Maria Cinta yang Hilang. Ini mengingatkan jaman SD yang hampir seluruh TV tayangannya wajib ada telenovela x))

Keterangan Buku:

Judul                                     : Soulmate on the Backstage

Penulis                                 : Silvarani

Penata isi                             : Yusuf Pramono

Penerbit                              : Grasindo

Terbit                                    : 2014

Tebal                                     : 186 hlm.

ISBN                                      : 978-602-251-372-8

PicsArt_19_06_2016 14_18_48

MAU BUKU INI?!?

Simak syaratnya:

1. Peserta tinggal di Indonesia

2. Follow akun twitter @lucktygs@silvarani dan @grasindo_id. Jangan lupa share dengan hestek #GASoulmateOnTheBackstage dan mention via twitter.

3. Follow blog ini, bisa via wordpress atau email.

4. Jawab pertanyaan di kolom komentar di bawah, plus nama, akun twitter, dan kota tinggal. Pertanyaannya adalah berikan alasan kenapa menginginkan buku ini. Mudah kan?😉

5. Giveaway ini juga boleh di share via blog, facebook, dan sosmed lainnya. Jangan lupa sertakan hestek #GASoulmateOnTheBackstage yaaa… 😉

Event ini gak pake helikopter, eh Rafflecofter yang ribet itu. Jadi pemenang ditentukan dari segi jawabannya yaaa… ( ‘⌣’)人(‘⌣’ )

#GASoulmateOnTheBackstage ini berlangsung seminggu saja: 14-20 Juli 2016. Pemenang akan diumumkan tanggal 21 Juli 2016.

Akan ada SATU PEMENANG yang akan mendapatkan buku ini. Hadiah akan langsung dikirimkan oleh penulisnya! ;)

Silahkan tebar garam keberuntungan dan merapal jampi-jampi buntelan yaaa… ‎(ʃƪ´▽`) (´▽`ʃƪ)!

PicsArt_19_06_2016 14_24_22

Pengumuman Pemenang Giveaway Soulmate on the Backstage

Terima kasih dengan keantusiasan teman-teman untuk mengikuti Giveaway Soulmate on the Backstage. Sekali lagi, makasih banyak ya buat semua, ada 46 komentar yang masuk!😉 #PeyukSatuSatu

Pemenang giveaway kali ini adalah:

Nama: Maz Reyza Zamzamy
Twitter: @reyzamzamy
Kota tinggal: Surabaya

Selamat buat pemenang. Sila kirim email ke  emangkenapa_pustakawin[at]yahoo[dot]com dengan judul: konfirmasi pemenang Giveaway Soulmate on the Backstage. Kemudian di badan email cantumkan; nama, alamat lengkap, dan no hape biar hadiahnya segera dikirim langsung oleh penulisnya ya.

Terima kasih buat Mbak Silvarani atas kerjasamanya, sekali lagi terima kasih banyak atas kepercayaannya. Semoga lain waktu bisa bekerjasama kembali… 😉

Buat yang belum menang, jangan sedih. Masih banyaaaakkkk giveaway lainnya yang menanti!! :*

-@lucktygs-

46 thoughts on “REVIEW Soulmate on the Backstage + GIVEAWAY

    • Estu Winarsih
      Akun twitter : @estuwise
      Cirebon

      Aku sebenernya pengen punya banyak buku. Dari genre fantasy sampai romance comedy. Naaahh… Dalam rangka mewujudkan cita-cita *ciaelah bahasanya* aku ikutan give away #GASoulmateOnTheBackstage ini. Kalau beruntung kan lumayan, bisa buat tambah-tambahin koleksi dan hemat biaya. Maklumlah anak kos, menghemat pengeluaran adalah prioritas utama. Hehe

    • Nama: Yunika Anwar
      Twitter: @yunikaanwar1
      Kota tinggal : tangerang
      Alasan aku pengen buku iniinii karena laras sama kaya aku anak broken home😢 jadi aku pengen baca gmn kuatnya sikap laras dgn kehidupannya😂selain itu aku juga tertarik sama covernya yang imut banget😍 bikin penasaran sama isinya, apalagi setelah liat review ka luckty bikin greget pengen baca😂dengan latar belakang negara prancis😍 wish me luck semoga aku beruntung bisa menang amin🙏

  1. Nama : yunika anwar
    Twitter : yunikaanwar1
    Kota tinggal : tangerang
    Alasannya karena covernya imut banget😊😘 aku jadi penasaran sama isi ceritanya😁 apalagi setelah baca review dari ka luckty duh bikin greget😁😊 dengan latar belakang negara prancis bikin aku tambah jatuh hati😊👍 itu aja alasan aku😊wish me luck🙏 makasih buat ka silvarani, ka luckty dan penerbit grasindo yg udah menyelenggarakan give away ini😊 sukses terus ka😊

  2. Nama: Salsabila Shafa Rahma
    Twitter: salsashf
    Kota: Banjarmasin
    Jawaban:
    Selain karena ide cerita yang unik, alasanku menginginkan novel ini adalah aroma Paris yang diselipkan. Aku belum pernah baca karya-karya Mbak Silvarani sebelumnya, makanya aku berharap banget Soulmate on Backstage ini jadi novel pertama karya Mbak Silvarani yang kupunya. Aku semakin tertarik untuk membaca novel ini karena aku sendiri senang dengan sesuatu yang berbau Perancis, terutama bahasanya. Aku pikir, sambil membaca kisah Laras dan Mas Gele, aku juga bisa sambil mempelajari kosa kata Perancis. Itu saja Kak Luckty, terima kasih!

  3. nama: emma
    twitter: @emmanoer22
    kota tinggal: pekan baru
    jawaban: panggung teater salah satu kesukaanku waktu sekolah dulu, dan buku ini bercerita tentang itu apalagi perancis paris itu terkenal sebagai kota romantis dan kota mode, akan menyenangkan menempatkan novel ini dalam satu tumpukan buku koleksi. Apa di dalamnya juga menceritakan perjuangan saat latihan, saat mengembangkan dialog juga ekspresi para tokoh. Karena teater gak lepas dari ekting yang kuat dan pasti live, kesannya jauh lebih mendebarkan. Suka banget sama dunia teater dan ekting, dari ekting itu kita bisa menjadi orang lain, bisa lari dari kepribadian kita maupun masalah kita untuk sesaat.

  4. Nama : Fridalia Septiarini H
    Twitter : @frdliash
    Kota : Purwakarta, Jawa Barat
    Jawaban :
    Kalau ada kata yang lebih baik dari kata menarik, akan aku gunakan kata itu. karena memang aku rasa cerita buku ini lebih dari menarik, ada sebuah kisah fiktif dalam cerita fiksi. Aku penasaran dengan penampilan Laras di drama Rule or Love-nya. apakah ia berhasil menjiwai perannya. Selain itu, alasan aku menginginkan buku ini adalah karena di dalamnya ada selipan bahasa perancis. wah bisa menambah ilmu juga kan, apalagi ini ditulis langsung oleh lulusan sastra perancis. yang pasti penggunaan bahasanya tidak abal-abal.
    Dan, aku tertarik juga dengan pesan moral yang disampaikan Mbak Luckty di atas, tentang berdamai dengan masa lalu. makin penasaran ingin baca novel pertama karya Mbak Silvarani ini!

  5. Nama: Devina
    Twitter: @mariadevina_
    Kota tinggal: Bekasi

    Aku mau buku ini karena [yang pertama banget] opening reviewnya menarikku buat “read more…” [Thanks to Mbak Luckty :*]
    Daann setelah kubaca reviewnya, aku makin tertarik bikos menceritakan tentang perteateran. Aku anak teater juga btw tapi jam terbangku blm begitu banyak jadi aku mau tau lebih mendalam tentang kisah Laras dan perteaterannya.
    Selain itu juga karena ada tentang Prancis-Prancisnya gituuu… Idk ya, aku selalu tertarik sama apapun yang berbau Prancis dan aku lagi sedikit-sedikit belajar bahasa Prancis gitu jadi kuharap buku ini bisa membantuku untuk lebih kaya about Prancis😀

    Terimakasih😉

  6. Nama: Rinita
    Twitter: @RinitAvyy
    Kota: Kediri

    Ingin punya buku ini, So pasti karena unsur ceritanya bagus. Tentang drama teater. Latar tempatnya itu lho yg bisa dikatakan cukup tak biasa. Dunia tearer kan dunia seni yang populer dan pengambilan bahasa prancis sebagai selipan memang cukup menggembirakan mengingat paris adalah kota mode.

  7. Nama : Sharie
    Akun Twitter: @nAshari3
    Kota: Cikampek

    Alasannya karena ini buku pertama kak Silvarani ^_^
    Jujur aku baru mulai “nyicipin” karya kak Silva (sok akrab bgt nama org di singkat2..hehe) di AADC, terus berlanjut deh ke karya-karya selanjutnya, dan paz tau ada GA buku ini langsung excited bgt pengen punya buku yang menjadi langkah awal kak Silva di dunia persilatan.. eh maksudnya dunia “pernovelan”. heheh
    Nggak mungkin ada karya-karya hebat kak Silva yang “mangkal” cantik di toko buku sekarang, tanpa buku ini. Dan sepertinya buku ini dipengaruhi masa-masa saat kak Silva lagi kuliah deh, saat kak Silva masih imut-imutnya, dan kuruz pula. Upz.. (minta dijitak) Jadi sekalian pengen bernostalgia dengan masa-masa kuliah dulu🙂
    Apalagi mungkin sekarang susah mencari buku ini di tobuk. So, siapa sih yang gak mau punya buku yang spesial ini. Buku yang banyak kenangan hidup kak Silva sebagai seorang penulis🙂

    *baca mantra*
    ( Ayolah kak Luckty, kak Silva, izinkan buku ini terbang ke rak buku aku. Bergabung dengan “adik-adik”nya yang lain. Biar nambah Silvarani’s family members punyaku.)

  8. Nama: Sarah Aisyah
    Twitter: @aisyarah03
    Kota: Tasikmalaya
    Alasannya:

    Kalau ditanya alasan sih lebih karena tertarik sama plot ceritanya, gimana laras dengan sikap dingin nya tapi bisa meranin tokoh yang berbeda dengan sikap nya. Ditambah lagi, buku ini membahas cerita di dalam sebuah cerita.
    Jadi buku ini menarik karena dalam sebuah buku dibahas kisah laras, dan dalam kisah laras dibahas kisah adeline. Itu yang membuatku semakin tertarik dengan buku ini, apalagi penulis nya silvarani, terkadamg aku sering stalking twitter nya heheh. Oh yah, disini juga laras punya cita-cita yang ingin dia wujudkan yaitu pergi ke paris. Sama seperti laras yang ingin ke paris, aku juga ingin pergi ke paris hehe

  9. Heni Susanti | @hensus91 | Pati – Jawa Tengah

    Alasan aku menginginkan buku ini adalah :
    1. Sejak kenal nama Mbak Silvarani gara-gara booming Around the World With Love Series aku ingin sekali membaca karya-karya beliau. Apalagi setelah Mbak Silvarani menulis novel dari film-film keren itu, jadi makin penasaran. Sayangnya dana buku selalu kalah sama ponakan yang masuk SMA ;( Jadi aku berharap bisa mengadopsi dan menikmati buku Mbak Silvarani ini, apalagi ini buku pertama yang pastinya cocok untuk perkenalan😀
    2. Aku selalu suka cerita yang bertema atau membahas tentang Perancis, negara impian yang ingin kukunjungi setelah semasa SMA belajar bahasa Perancis selama 3 tahun tapi tetap tidak bisa menguasai bahasa romantis itu. Pengen ke Perancis dan mendengar ‘bindeng’ aslinya warga sana.😀
    3. Penasaran dengan kehidupan Laras sebagai artis yang tidak bisa bergaul. Apalagi dalam judulnya Soulmate on the Backstage, aku sebagai pecinta romance pasti membayangkan akan ada kisah cinta Laras di belakang panggung, dan setelah membaca reviewnya jadi berpikir apa Laras akhirnya jatuh cinta pada Mas Gele? #soktau Dan karena tidak disebutkan apakah Laras benar-benar memerankan Adeline jadi bikin kepo…hahaha
    4. Ini sih jawaban tiap ada pertanyaan serupa, aku ingin buku ini karena aku sangat suka membaca dan ingin menambah jumlah anak di rak mungilku.

    Demikian dan terima kasih🙂

  10. Elsita F. Mokodompit
    @sitasiska95
    Gorontalo

    Seperti dalam teater, kehidupan juga merupakan sebuah pertunjukan yang terjadi dalam dunia nyata dan dimainkan untuk diri sendiri. Sebagai seorang bintang teater, Laras yang berbakat tentu saja bisa dengan mudah mengekspresikan berbagai kondisi hati, perasaan atau pun keadaan dengan mudah. Tidak wajar jika ia menjadi datar pada kehidupan nyata, semetara di atas panggung teater ia seolah bisa menjadi siapa saja dan menyampaikan banyak hal bagi penonton. Berarti sebagian besar hidupnya dihabiskan untuk menjadi orang lain. Saya ingin tahu lebih dalam apa yang membuat Laras kehilangan jati diri dan ‘perasaannya’ dan bagaimana ia kembali ‘menemukan diri’ dan ‘hidup yang sebenar-benarnya’ oleh karena itu saya ingin membac buku ini

  11. Nama : Iyo
    Twitter: @MrsSiallagan
    Kota : Siantar
    Link Share :https://twitter.com/MrsSiallagan/status/753845267300913152
    Jawaban: Jujur saja, aku pengen sekali membaca buku mba Silvarani. Kesannya itu Luar negeri banget yang membawa kita jalan-jalan sambil berfantasi ria. Buku Soulmate on the Backstage ini cukup membuat saya penasaran lewat sinopsis dan review diatas, apakah Laras bisa memainkan peran Adeline dengan baik? Lantas apakah dia akan mengambil beasiswa yang sangat diidam-idamkankannya itu? Bagaimana masa lalu Laras? Bagaimana kisah selanjutnya? Siapakah lawan mainnya laras? Saya cukup tertarik dengan setting cerita di Paris, kota romantis nan modis, paris adalah negara pertama yang saya idam-idamkan dan negara pertama yang akan saya kunjungi dalam wishlist saya, saat membaca review, buku ini juga disuguhi bahasa prancis, semoga dapat memperbanyak perbendaharaan kata prancis saja🙂 . semoga melalui buku ini kota paris semakin jelas dalam ingatan saya hingga suatu hari bisa menginjakkan kaki disana dan belajar tentang sejarahnya.

  12. nama : Iffa
    akun twitter : @Imah_Fatma29
    kota tinggal : Jogja
    Pertanyaan : berikan alasan kenapa menginginkan buku ini?
    jawaban :
    1. melihat cover buku dan membaca review dari kak luckty membuatku tertarik untuk membaca cerita pada buku tersebut.
    2. penasaran dengan alur cerita yang diciptakan oleh kak Silvarani. Maklumlah belum pernah baca buku yang diciptakan oleh kak Silvarani
    3. menambah koleksi buku yang aku punya
    4. mengisi waktu luang dengan membaca buku yang diciptakan oleh kak Sivarani secara gratis
    5. menambah ilmu dari buku tersebut, karna setiap cerita pasti ada pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca
    terima kasih

  13. nama : Eny Saryono
    akun twitter : @Enythxz
    kota tinggal : bantul,jogja

    menurut saya pertanyaan ini susah, ketika saya mengikuti giveaway : dan pertanyaannya berikan alasan kenapa menginginkan buku ini? pasti saya gak pernah menang *eh

    kenapa saya menginginkan buku ini? ingin membacannya,ingin tau alur ceritanya, ingin tau bahasa dan karakter si penulis , ingin tau makna dan kesan pesan dalam buku tsb, dll. Tapi alasan kenapa saya ingin menginginkan pasti karena ingin memilikinya ,siapa sih yang gak mau punya buku karya mbak Silvarani.

    Novel ini menarik,disini aku bisa melihat dari sisi Laras, bahwa meskipun dia mempunyai kelemahan dalam dirinya karena kenangan masa lalunya tapi dia bisa menahlukkan ketakutan itu, aku juga suka dengan Mbak Silvarani yang cerdik mengangkat kebudayaan seperti dlm cerita teather yg mengangkat drama-drama tragedi Eropa dan mitologi Yunani. Meskipun aku orang Indonesia tapi dengan membacanya aku bisa lebih mengenal kebudayaan negara lain bukan sekedar negara kita sendiri, Novel ini juga mengangkat perjuangan hidup seperti Laras yang ingin mendapatkan beasiswa ke Paris. Buku yang bukan sekedar bacaan tapi juga menginspirasi dan mengedukasi pembacanya.

  14. nama : Eny Saryono
    akun twitter : @Enythxz
    kota tinggal : bantul,jogja

    menurut saya pertanyaan ini susah, ketika saya mengikuti giveaway : dan pertanyaannya berikan alasan kenapa menginginkan buku ini? pasti saya gak pernah menang *eh

    kenapa saya menginginkan buku ini? ingin membacannya,ingin tau alur ceritanya, ingin tau bahasa dan karakter si penulis , ingin tau makna dan kesan pesan dalam buku tsb, dll. Tapi alasan kenapa saya ingin menginginkan pasti karena ingin memilikinya ,siapa sih yang gak mau punya buku karya mbak Silvarani.

    Novel ini menarik,disini aku bisa melihat dari sisi Laras, bahwa meskipun dia mempunyai kelemahan dalam dirinya karena kenangan masa lalunya tapi dia bisa menahlukkan ketakutan itu, aku juga suka dengan Mbak Silvarani yang cerdik mengangkat kebudayaan seperti dlm cerita teather yg mengangkat drama-drama tragedi Eropa dan mitologi Yunani. Meskipun aku orang Indonesia tapi dengan membacanya aku bisa lebih mengenal kebudayaan negara lain bukan sekedar negara kita sendiri, Novel ini juga mengangkat perjuangan hidup seperti Laras yang ingin mendapatkan beasiswa ke Paris. Buku yang bukan sekedar bacaan tapi juga menginspirasi dan mengedukasi pembacanya.

  15. Nama : Septi Ayu Febiana
    Twitter : @Septiayuf
    Kota asal : Jakarta Barat

    Alasan : setelah baca review soulmate on the backstage, aku makin penasaran sma keseluruhan ceritanya .Apalagi ini novel pertama karya kak Nadia silvarani , jujur kak Nadia silvarani ini penulis yg prtm kli aku kenal smpe² follow acc twtr dn IGnya . Sebenernya aku ga terlalu suka baca , tp kalau buku nya menarik untuk dibaca knp egk ? Hehe. Seperti novel LDR karya kak silvarani dn Cassandra, ternyata baca novel ad manfaatnya jg di novel LDR sy jd tau beberapa bahasa Itali, peradaban Eropa dsb. Nah, sy yakin nnti pas baca novel soulmate on the backstage ini saya bisa belajar ttg Perancis , bsa ngerasain rasa² Perancis wlpn tnggl di Indonesia hihi . Pkoknya setiap novel itu pasti dapat ilmu ^_^

  16. nama : Eny Saryono
    akun twitter : @Enythxz
    kota tinggal : bantul,jogja

    menurut saya pertanyaan ini susah, ketika saya mengikuti giveaway : dan pertanyaannya berikan alasan kenapa menginginkan buku ini? pasti saya gak pernah menang *eh

    kenapa saya menginginkan buku ini? ingin membacannya,ingin tau alur ceritanya, ingin tau bahasa dan karakter si penulis , ingin tau makna dan kesan pesan dalam buku tsb, dll. Tapi alasan kenapa saya ingin menginginkan pasti karena ingin memilikinya ,siapa sih yang gak mau punya buku karya mbak Silvarani.

    Novel ini menarik,disini aku bisa melihat dari sisi Laras, bahwa meskipun dia mempunyai kelemahan dalam dirinya karena kenangan masa lalunya tapi dia bisa menahlukkan ketakutan itu, aku juga suka dengan Mbak Silvarani yang cerdik mengangkat kebudayaan seperti dlm cerita teather yg mengangkat drama-drama tragedi Eropa dan mitologi Yunani. Meskipun aku orang Indonesia tapi dengan membacanya aku bisa lebih mengenal kebudayaan negara lain bukan sekedar negara kita sendiri, Novel ini juga mengangkat perjuangan hidup seperti Laras yang ingin mendapatkan beasiswa ke Paris. Buku yang bukan sekedar bacaan tapi juga menginspirasi dan mengedukasi pembacanya.

  17. Nama: Nathan Niki
    Akun twitter: @nathanniki14
    Kota tinggal: Jakarta
    Pertama karena baca review kakak yang ada nuansa Paris, saya suka sekali dengan novel-novel luar (jadi bisa sekalian belajar bahasa paris gitu, ngarep ini:D ) berharap punya kesempatan menang dan baca ini. Kedua, dari karakter tokoh utama yang bisa ‘menghidupkan’ drama sampai segitu, jadi penasaran gimana perjuangannya ketiga, karena penulisnya Kak Silvarani, saya selalu suka cara beliau membuat jalan cerita dan membagi peran dalam tokohnya. (ketahuan kolektor buku beliau deh)
    Terima kasih Kak Silvarani dan penerbit yang mengadakan GA ini juga Kak Luckty yang memberi wadahnya.🙂

  18. Nama : Humaira
    Akun Twitter : @RaaChoco
    Kota Tinggal : Purwakarta

    Pertanyaannya adalah berikan alasan kenapa menginginkan buku ini. Mudah kan?

    1. Ini buku ka Silvarani yang pertama dan aku jamin udah susah buat nyari di pasaran

    2. Ceritanya itu, aku malah terbawa sama cerita Rule of Love yang akan dimainkan saat teater dan penasaran ending cerita teater ini

    3. Alasan kenapa Laras tidak mau melakoni peran Adeline dan memilih mundur untuk menggapai beasiswa ke Prancis yang tinggal setengah jalan

    4. Ada apa dengan masa lalu Laras dan kisah broken home-nya.

    5. Karena ini novel yang katanya diambil sesuai dengan jurusan saat ka Silvarani kuliah, sastra Prancis

    6. Aku penasaran dengan aroma Paris yang begitu terasa

    7. Nostalgia dan mengasah kembali pelajaran SMA yang pernah belajar bahasa Prancis

    8. Aku penasaran dengan mas Gele yang rela meminta bantuan saudara Laras demi membuat senyum Laras kembali, apa ada cinta di sana?

    9. Aku penasaran dengan pesan-pesan yang disampaikan ka Silvarani dalam novel ini, terutama mengenai memaafkan masa lalu. Aku ingin belajar memaafkan masa lalu juga

    10. Dan yang pasti, kalo aku berkesempatan buat dapetin novel ini. Maka, ini akan jadi novel pertama karya ka Silvarani yang aku punya juga novel pertama yang bertema teater.

    #tebartebargaramkeberuntungan #mintadoaibu #mahakumintadoanya🙂🙂🙂

  19. Nama : Annisa Rizki Sakih
    akun twitter : @annisakih
    link share : https://twitter.com/Annisakih/status/754285276583845890

    Setelah membaca beberapa novel karya kak Siilvarani, rasanya sayang sekali melewatkan kesempatan untuk bisa membaca novel karya perdananya ini. Saya suka gaya bahasa dan penulisannya yang mengalir dan tidak terlalu puitis seperti novel lain hingga kadang tidak realistis dalam percakapan sehari-hari. Apalagi ini bedasarkan tema yang sangat dikuasai Kak Silvarani yang menempuh pendidikan di bidang sastra Perancis. Semakin menarik karena dikemas dengan sampul yang unik dan menarik. Semoga jampi-jampi saya kembali manjur kali ini😉

  20. Dewi Anisa
    twitter : @dewi_anisa
    Surabaya

    Saya termasuk orang yang senang membaca novel, dan koleksi saya sudah lumayan meskipun tidak sampai satu lemari haha.
    setelah baca review Soulmate on the Backstage ini, ada beberapa hal bikin saya tertarik.
    1. Laras yang dikehidupan asli seseorang yang datar, tapi dapat memerankan berbagai macam tokoh di panggung dan dibuktikan dengan penghargaan. coba aja di imajinasikan, manarik bukan orang yang dapat bermain banyak karakter
    2. Paris. suguhan cerita lain di novel ini pasti menarik. Paris kan bisa dibilang kota teromatis di dunia dengan Menara Eiffel dan alunan biola. Menarik
    3. Cara Laras mengobati luka hatinya agar dapat berperan menjadi Adeline. Pasti perang batin yang dialami laras menarik disimak.
    4. Dan Mas Gale, sepertinya misterius dan bisa jadi paling berkesan, seperti yang dikatakan di review. Kenapa Mas Gale ‘kekeuh’ memberi Laras peran jadi adeline ? adakah maksut Mas Gale ingin menyembukan luka hati laras ? ada perasaan ? Soulmate kah ?

    Itu semua yang bikin aku tertarik baca novel Soulmate on the Backstage, semoga karya Mbak Silvarani ikut memenuhi rak buku novelku.
    Terima Kasih.

  21. Nama : Winda Rahmawati
    Kota tinggal : Kendari
    uname twitter: @rahmawatiwinda_

    Alasan pengen buku ini murni pengen sekali-kali menang giveaway dan dapat novel gratis. Walaupun jarang baca novel tapi yg satu ini alurnya menarik teater dan photograpy dua hal yg aku suka. Selama ini hanya baca novel bajakan versi ebook ga afdol rasanya kalo belom baca buku novel nyata secara visual apalagi dari penulisnya langsung,thnks.

  22. Nama : Winda Rahmawati
    Kota tinggal : Kendari
    uname twitter: @rahmawatiwinda_

    Alasan pengen buku ini murni pengen sekali-kali menang giveaway dan dapat novel gratis. Walaupun jarang baca novel tapi yg satu ini alurnya menarik teater dan photograpy dua hal yg aku suka. Selama ini hanya baca novel bajakan versi ebook ga afdol rasanya kalo belom baca buku novel nyata secara visual apalagi dari penulisnya langsung,thnks.

  23. Nama : Winda Rahmawati
    Kota tinggal : Kendari
    uname twitter: @rahmawatiwinda_

    Alasan pengen buku ini murni pengen sekali-kali menang giveaway dan dapat novel gratis. Walaupun jarang baca novel tapi yg satu ini alurnya menarik teater dan photograpy dua hal yg aku suka. Selama ini hanya baca novel bajakan versi ebook ga afdol rasanya kalo belom baca buku novel nyata secara visual apalagi dari penulisnya langsung,thnks

  24. Wila
    Wilahamamy1
    Tangerang

    Pertanyaannya adalah berikan alasan kenapa menginginkan buku ini. Mudah kan?😉

    Dari yang aku dengar kak Silva punya khas dan aura tersendiri disetiap novelnya. Banyak juga book blogger atau sejenisnya mengatakan tulisan ka Silva bagus. Setidaknya aku memiliki materi pembelajaran untuk menulis lebih dan lebih lagi dari semua penulis yang ada. Dan wow! Ka silva mengambil Paris untuk latar cerita. Selain karena aku pengen ngambil study disana juga bedanya sama Laras yang theater tapi aku mengambil desaign.

    Lagian juga reviewnya menggoda sekali.

  25. Nama : Lely Nurvita Sari
    Akun twitter : @LelyNurvita
    Kota tinggal : Medan

    Jawaban :
    Alasannya karena kondisi saya sama dengan Laras, kalo ikutan main drama pasti susaaah banget merankan tokoh yg bertolak belakang sama diri saya dan itu masih terjadi sampai skrg. Jadi, saya pengen tau gimn cara Laras mengatasi kekurangannya tsb.

    Selain itu, saya suka salah satu pesan moral yg dikatakan kak Luckty dlm blog ini.
    “Oya, lewat tokoh Laras maupun Fara, penulis menyelipkan pesan tentang hidup sesuai passion; Laras memilih bidang akting dan Fara memilih dunia fotografi sesuai hobinya sejak kecil.”
    Karena menurut saya, zaman skrg tuh byk orang yg bekerja gak sesuai passion dan ilmunya jadi sia-sia aja gitu rasanya kalau udah sekolah tinggi-tinggi. Memang sih rezeki hanya Allah yg tau, tp setidaknya kan bisa bekerja dgn maksimal jika itu memang passion kita.

    Dan terakhir, saya rasa buku ini cocok dgn saya.. hehe..😀 pede amet sih.. Alasannya karena saya ngerasa lewat buku ini saya bisa memperbaiki sikap saya menjadi yg lebih baik lagi dan bisa membantu saya menemukan jati diri saya yg sesungguhnya.. hehe..😀

    Wish me luck🙂

  26. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    Karangasem, Bali

    Tertarik banget karena ini adalah novel pertamanya kak Silvarani. Kalau dicari ke toko buku atau online shop bakal susah banget nyarinya. Jadi aku berharap bisa menang di GA ini, supaya bisa melengkapi koleksi hehe.. Suka dengan karya-karya beliau, apalagi sekarang banyak film yang dinovelisasi oleh beliau.
    Selain itu, aku juga tertarik dengan negara-negara Eropa terutama Perancis. Dengan latar belakang pendidikan kak Silvarani di sastra Perancis, aku yakin novel ini makin ‘kaya’ dengan ilmu pengetahuan yang belum pernah aku tahu sebelumnya. Terima kasih

  27. Nama: Maz Reyza Zamzamy
    Twitter: @reyzamzamy
    Kota tinggal: Surabaya

    Alasan aku pengen buku tersebut adalah, yang pertama saya sangat suka denga latar tempat dan waktu yang diambil. Aku sangat suka banget dengan latar tempat dalam sebuah novel yang diambil di luar negeri, terlebih lagi di eropa. Dan di novel ini pula mengambil latar waktu di masa lampau sekali, tentu akan sangat seru serta menambah pengetahuanku tentang jaman itu. Latar novel ini membuat aku semakin penasaran dan pengen punya bukunya hehe.

    Lalu kemudian ada pentas seni teater di dalamnya, ini aku suka banget! Dulu waktu SMA aku tergabung dengan salah satu klub teater di sekolahku. Kegiatannya pun juga seperti belajar mendalami peran, musikalisasi puisi, lomba dan lain-lain. Nah, di novel ini ketika bacanya nanti aku akan merasakan gairah itu kembali, aku bisa mengenang dan mengingat masa-masa dulu ketika gabung dengan klub teater di sekolahku melalui cerita pentas teater di novel tersebut.

    Itu saja alasanku kenapa pengen banget buat punya bukunya hehe. Good luck for me! Terima kasih🙂

  28. Nama: Maz Reyza Zamzamy
    Twitter: @reyzamzamy
    Kota tinggal: Surabaya

    Alasan aku pengen buku tersebut adalah, yang pertama saya sangat suka denga latar tempat dan waktu yang diambil. Aku sangat suka banget dengan latar tempat dalam sebuah novel yang diambil di luar negeri, terlebih lagi di eropa. Dan di novel ini pula mengambil latar waktu di masa lampau sekali, tentu akan sangat seru serta menambah pengetahuanku tentang jaman itu. Latar novel ini membuat aku semakin penasaran dan pengen punya bukunya hehe.

    Lalu kemudian ada pentas seni teater di dalamnya, ini aku suka banget! Dulu waktu SMA aku tergabung dengan salah satu klub teater di sekolahku. Kegiatannya pun juga seperti belajar mendalami peran, musikalisasi puisi, lomba dan lain-lain. Nah, di novel ini ketika bacanya nanti aku akan merasakan gairah itu kembali, aku bisa mengenang dan mengingat masa-masa dulu ketika gabung dengan klub teater di sekolahku melalui cerita pentas teater di novel tersebut.

    Itu saja alasanku kenapa pengen banget buat punya buku tersebut hehe. Good luck for me!
    Terima kasih🙂

  29. Rahayu Tri
    Twitter : @rahayutri_tri
    Kota tinggal : Nganjuk, Jawa Timur
    Alasan kenap menginginkan buku ini? karena menurut saya buku ini menarik sekali untuk dibaca. Yang paling menarik sih karena buku ini menceritakan cerita dalam cerita lewat drama teater yang diikuti Laras. Juga kehidupan Laras yang sepertinya banyak menyimpan misteri mulai dari alasan Laras yang ingin sekali ke Paris, tentang Laras dimasa kecilnya, kenangannya, Laras yang berbakat memainkan berbagai peran namun tak pandai dalam bergaul, dan juga tentang cinta pertama yang penulis bilang “Cinta pertama bukan sembarang cinta”. cerita ini juga berlatar di kota Paris yang terkenal akan kisah-kisah romantisnya. Penulis yang kuliah di Jur. Sasra Prancis juga pasti akan menuangkan banyak hal yang berbau Prancis kebuku ini. saya juga penasaran mengapa Mas Gele bersikukuh agar Laras mengikuti teater Rule or Love yang akan membantunya memperoleh beasiswa, ini kan kehidupannya Laras tapi kenapa sepertinya Mas Gele ikut campur sekali?
    Demikian alasan kenapa saya menginginkan buku ini. semoga saya menang.

  30. Nama: Mona
    Twitter: monamuliaa
    Alasan:

    Sebenarnya, alasan tiap kali pengen baca buku itu hampir sama, cerita yg menarik dan baca review-an yg menghasut, dan bikin review yg menarik ada bakat kak luckty, hoho.
    Selain itu, aku pecinta benua eropa beserta seluruh negara disana, jadi aku juga tertarik karena ada unsur perancis-nya walopun bukan setting seh, tp tetep aja barangkali ada bahasa yg bisa dipelajari dari novelnya.
    Selain itu ya kak, ada orang yg aku kenal hampir punya karakter kek laras, pendiam, jarang bicara, jarang punya ekspresi, tp aktif di dunia peran dan selalu bisa menghayati. Jadi penasaran, apa hal semacam itu sebuah pelarian, barangkali ada jawabannya disini.

  31. Nama: Nita
    Twitter :@xtheicequeenx
    Domisili : Samosir
    Jawaban: Pengen banget membaca buku mba Silvarani yang romantic itu, apalagi settingnya di Paris, jadi pengen kesana deh… semoga buku ini jadi petunjuk kota paris nantinya. Pengen tahu jalan cerita laras dan masalahnya, bagaimana mungkin dia mnolak beasiswa, trus bagaimana akhir kisahnya ya? Penasaran sekali mba.

  32. Nama : Fitriyani Djufri
    Twitter : @fdijeee
    Alamat : Takalar, Sulawesi Selatan

    Alasan saya menginginkan novel SoulmateOnTheBackstage ini karena pertama warna covernya merah hitam, warna kesukaan saya. Kedua, saya penasaran bagaimana sang Author menceritakan cerita dalam cerita terutama bagaimana Laras memainkan peran sebagai Adeline.

  33. Nama : Larastanie Afdha
    Twitter : @Larasta_
    Domisili : Tangerang

    Alasan aku ingin punya Soulmate in the Backstage adalah Karena She is Laras! My name hehe! Laras itu the type of Strong Girl! Dia Profesional saat di atas panggung teater nya, tapi saat di luar panggung Laras adalah seseorang yang tidak bisa ekspresif, alias dia jadi tidak biasa menunjukkan Ekspresi nya. Mungkin karena Laras berasal dari keluarga yang Broken Home lalu dia jadi sukar untuk merasakan cinta lagi? Terus katanya Laras itu punya Teman Khayalan? Aku penasaran siapa dan seperti apa teman Khayalan nya Laras. Di samping itu gimana ya Karir Laras di dunia Teater, kata nya setelah dia dapat Award sebagai Best actress, dia mendapat tawaran untuk teater bertema Roman dengan Eropa sebagai latar tempat teater nya. Tapi entah kenapa Laras tidak bisa menjiwai peran nya sebagai Adeline, Kenapa ya? Padahal Laras kan Actress yang pernah mendapatkan award sebagai Best actress tapi kenapa dia gak bisa memerani perannya sebagai Adeline?
    Nah setelah membaca Review-review dari Soulmate in the Backstage ini aku jadi penasaran dengan pertanyaan-pertanyaan itu. Jadi semoga aku bisa berjodoh dengan Laras di Soulmate in the Backstage ya.🙂

  34. Nama : Larastanie Afdha
    Twitter : @larasta_
    Domisili : Tangerang

    Alasan aku ingin punya Soulmate On the Backstage adalah Karena She is Laras! My name hehe! Laras itu the type of Strong Girl! Dia Profesional saat di atas panggung teater nya, tapi saat di luar panggung Laras adalah seseorang yang tidak bisa ekspresif, alias dia jadi tidak biasa menunjukkan Ekspresi nya. Mungkin karena Laras berasal dari keluarga yang Broken Home lalu dia jadi sukar untuk merasakan cinta lagi? Terus katanya Laras itu punya Teman Khayalan? Aku penasaran siapa dan seperti apa teman Khayalan nya Laras. Di samping itu gimana ya Karir Laras di dunia Teater, kata nya setelah dia dapat Award sebagai Best actress, dia mendapat tawaran untuk teater bertema Roman dengan Eropa sebagai latar tempat teater nya. Tapi entah kenapa Laras tidak bisa menjiwai peran nya sebagai Adeline, Kenapa ya? Padahal Laras kan Actress yang pernah mendapatkan award sebagai Best actress tapi kenapa dia gak bisa memerani perannya sebagai Adeline?
    Nah setelah membaca Review-review dari Soulmate On the Backstage ini aku jadi penasaran dengan pertanyaan-pertanyaan itu. Jadi semoga aku bisa berjodoh dengan Laras di Soulmate On the Backstage ya.🙂

  35. Nama : Anis Nur Lailiyah
    Akun twitter : @lailiyah_anis
    Kota tinggal : Gresik, Jawa Timur

    Saya ingin membaca novel Soulmate on the Backstage karena terdapat sentuhan-sentuhan klasik di dalamnya.
    Drama Rule or Love yang mengambil Eropa pada abad 18 sebagai latarnya sangat menarik perhatian saya, saya pribadi sangat menyukai segala sesuatu yang berbau klasik termasuk juga roman-roman klasik yang berlatar Eropa pada abad pencerahan hingga revolusi industri. Meskipun Rule or Love bukan cerita utama dalam novel ini, namun tetap saja akan ada sensasi yang berbeda ketika membaca sebuah karya dengan unsur-unsur klasik di dalamnya. Selain itu, Mbak Silvarani juga sukses mengangkat tema yang lain dari biasanya sehingga membuat saya sangat tertarik dengan novel ini, mungkin kalau mengambil anak band atau anak gangster sebagai lakon utama sudah biasa kali ya, tapi ini anak theater loh, pasti akan ada banyak seluk beluk dunia theater yang akan diungkap di sini, lagipula menurut saya anak theater itu luar biasa karena dituntut untuk selalu tampil tanpa celah di atas panggung, only one take dan harus berhasil dan mereka bisa melakukan itu. Jadi, sangat menarik jika kehidupan mereka (baik di dalam maupun di luar theater) bisa dituangkan dalam sebuah novel.

    Kalau boleh request juga nih, saya inginnya Rule or Love ini dibuatkan novel sendiri, wkwk pasti keren banget ala-ala novelnya Dumas Jr., saya rasa Mbak Silvarani sangat mampu kok. -semoga request saya ini didengar :D-

    Btw, saya udah tabur garam keberuntungan, juga udah baca jampi-jampi, klo nggk menang berarti jampi-jampi saya kurang keren ya mbak?

    Terimakasih banyak atas kesempatannya🙂

  36. Nama : Bidayatul Khoiriyah
    Akun twitter : @iry3424
    Kota Tinggal : Tuban

    Kenapa pengen baca buku ini karena aku penasaran banget sama laras apakah bantinya dia mau nerima meranin sosok adeline, dan apakah akting laras bisa sememukau atau biasa aja, dan apakah jangan jangan aktingnya jelek karena masalah pribadinya.
    Yang kedua aku ingin mengoleksi buku tanpa harus mengeluarkan biaya *duh ketauan banget kalo gak punya uang.
    Ketiga, karena aku lernah ikutan GA ini dan belum beruntung T.T

  37. Nama : Bidayatul Khoiriyah
    Akun twitter : @iry3424
    Kota tinggal : Tuban

    Alasan aku ingin novel soulmate on the backstage karena
    1. Aku penasaran Laras meranin sosok adeline, apakah akan memukau atau biasa aja, atau jangan jangan malah jelek lagi karena masalah pribadi laras
    2. Aku ingin mengoleksi banyak buku tanpa harus bayar mahal *duh ketahuan nih
    3. Karena setiap bab nya ada bahasa perancisnya, duh… Bahasa perancis kan terkenal so sweet jadi ya isi novel ini gak akan jauh dari cerita romantis tis tis.

  38. Nama: Diah P
    Twitter: @She_Spica
    Domisili: Bekasi

    Kenapa pingin buku ini?
    Karena sejak baca karya kak Silvarani yg Love in Paris, saya langsung jatuh cinta sama tulisannya yg roman menggelitik gitu, jadinya ketagihan baca tulisan tngannya, beli buku Love in London, eh ketagihan lagi. Benar2 gak mengecewakn sama skli. Apalgi buku Soulmate on the backstage ini kata beliau adalah tulisan pertamanya ketika mash kuliah, meskipun bukan karya yg dipublish pertama kali.
    Jadi, well, saya seperti udab kena Silvarani addict nih 😁

  39. Nama: Diah P
    Twitter: @She_Spica
    Dimisili: Bekasi

    Kenapa pingin pake bnget buku ini?
    Karena saya sudah jatuh cinta sejak mmbaca karyanya Love in Paris. Saya suka dgn tulisannya yg mengalir santai, dan mudah dimengerti serta elegan. Saking penasaran sama tulisannya yg lain, saya pun mmbeli Love in London dan hasilnya tidk mengecewakan sama sekali.
    Gak ada alasan buat saya gak menyukai tulisan tangan kak Silvarani dan dengar2 kata beliau bahwa novel Soulmate on The Backstage ini adalah tulisan pertama beliau ketika masih kuliah, meskipun bukan karya prtama yg dipublish di media.
    So, bikin penasaran pake bingit gak sih?? 😁😁

  40. Nama: Diah P
    Twitter: @She_Spica
    Domisili: Bekasi

    Kenapa pingin bingit buku ini?
    Krna saya langsung jatuh cnta ktika mmbaca karya ka Silvarani Love in Paris. Saking ketagihannya saya langsung beli karya beliau yg Love in London dan hasilnya tidak mengecewakan sama sekali.
    Gak ada alasan untuk gak suka tulisan tangan beliau yg lugas, mudah dimngerti dan elegan. Apalgi karya Soulmate on The Backstage ini kata beliau adalah tulisan pertamanya waktu kuliah, mskipun bukan karya pertama yg dipiblish ke masyarakat.
    So, gak ada alasan buat nambah koleksi buku karya si kaka kece ini di rak buku 😁😁

  41. Nama: Lenny
    Akun twitter: @Lenny1785
    Kota tinggal: Rantau Kal-Sel

    Alasan pengin baca, karena sejak pertama baca review diatas aku sudah dibuat jatuh cinta dengan buku ini, buku yang sangat menarik. Tema yang sangat menarik tentang paris yang aku suka sekali dengan semua yang berbau paris. Selain itu aku juga punya saudara sepupu yang broken home seperti Laras dari situ aku jadi tau kalau menjadi seorang anak broken home itu sangatlah tidak mudah. Pokoknya buku ini sudah sukses bikin aku jatuh cinta…🙂.

  42. Nama: Lenny
    Akun twitter: @Lenny1785
    Kota tinggal: Rantau Kal-Sel

    Alasan pengin baca, karena sejak pertama baca review diatas aku sudah dibuat jatuh cinta dengan buku ini, buku yang sangat menarik. Tema yang sangat menarik tentang paris yang aku suka sekali dengan semua yang berbau paris. Selain itu aku juga punya saudara sepupu yang broken home seperti Laras dari situ aku jadi tau kalau menjadi seorang anak broken home itu sangatlah tidak mudah. Pokoknya buku ini sudah sukses bikin aku jatuh cinta…🙂.

    Terima kasih..

  43. Nama: Cahya
    Twitter: @ccchhy
    Domisili: Palembang

    Novel ini beraromakan Prancis. Hampir semua hal dari negara itu punya daya tarik tersendiri. Apa pun tentang Prancis seringnya memikat, bahkan aku pun terpikat.
    Dari ide cerita novel ini juga unik menurutku, karena ada cerita lagi di dalam sebuah cerita. Jadi sekali baca, 2 kisah bisa terlampaui. Ehehe~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s