REVIEW Love Trip + GIVEAWAY

WP_20160707_005

“Hampir semua orang punya pengalaman suka sama orang yang salah.” (hlm. 151)

CAKRA. Dia tidak pernah punya teman baik. Dulu saat masih duduk di bangku sekolah, ia tergabung dalam kelompok remaja yang yang punya satu tujuan; ingin kelihatan keren. Ia punya banyak ‘teman’ dalam geng itu. Tapi tak ada yang bisa ia sebut teman baik. Mereka berteman dengan Cakra hanya untuk berlindung, agar ditakuti oleh anak-anak lain, dan supaya kelihatan keren. Semua tampak palsu.  Keangkuhan dalam diri Cakra mengklaim dirinya jagoan, orang-orang takut padanya, dan ia tidak butuh teman. Anak-anak sekolah lain akan mengurungkan niat berkelahi jika mendengar nama Cakra. Jadi buat apa punya teman? Orang-orang sudah seperti magnet mendekatinya, bernaung di bawah kehebatannya.

“Lo sudah menang tender, itu bagus. Tapi yang kalah tender sewaktu-waktu bisa ngacak-ngacak proyek lo karena dia selalu on site. Sementara lo ngawasin dari jauh. Ngerti maksud gue?” (hlm. 75)

LUNA. Sejak memutuskan pacaran jarak jauh dengan Cakra, bisa dikatakan Luna memiliki hobi baru. Di saat merasa kangen, ia akan mengambil buku gambar dan pensil, kemudian membuat sketsa wajah cowok itu. Entah sudah berapa sketsa yang ia buat dengan berbagai macam ekspresi, mulai dari raut serius hingga muka konyol Cakra yang jarang cowok itu tunjukkan. Tapi Luna tidak pernah punya keinginan  menunjukkan gambar-gambar itu pada Cakra. Gambar-gambar itu cukup disimpannya dan menjadi konsumsi diri sendiri.

“Kamu sudah dewasa. Sudah bisa memilih mana yang pantas buat kamu.” (hlm. 73)

Ada dua hal menarik dalam buku ini. Pertama tentang LDR yang bukan sekedar LDR ala-ala sinetron. Untuk menguji kesetiaan Cakra, Luna membuat semacam permainan untuk Cakra yang mengharuskannya mencari di mana keberadaan Luna. Nggak hanya di satu tempat, tapi di beberapa tempat; Denver, Kyoto, Bali, Lombok dan Praha. Yang bikin mupeng tentunya Lombok karena dari dulu nyidam pengen ke sana! X))

WP_20160625_020

Kedua, tentang selipan budaya Bali yang sangat kental. Salah satunya adalah tentang sentana. Perkawinan sentana atau nyentana dalam adat Bali telah lama menjadi perhatian. Mr. B Ter Haar, misalnya, menuliskan sentana dalam kaitan seorang anak perempuan dijadikan ‘pelanjut keluarga’.

Adat Bali pada umumnya patrilineal. Menurut Ter Haar, hanya anak laki-laki yang dapat meneruskan peninggalan bapaknya dan dapat melanjutkan kedudukannya sebagai kepala keluarga. Jika tidak ada anak laki-laki, maka dapatlah seorang anak laki-laki diambil anak, baik oleh si bapak maupun oleh jandanya atas nama dia jika si bapak meninggal. Sebagai gantinya dapatlah si bapak mengangkat anaknya perempuan menjadi sentana. Anak perempuan itu diberikan hak-hak dan kewajiban sebagaimana seorang anak laki-laki tertua (1991: 158).

Motif utama nyentana adalah kekhawatiran tidak ada pelanjut keturunan (Soekanto: 1958: tt). Ini berkaitan dengan tingginya penghargaan budaya Bali pada basis patrilineal. Setidaknya, Chidir Ali (1981: 33) dan R. Subekti (1991: 9) memuat yurisprudensi Mahkamah Agung yang mengukuhkan sistem patrilineal itu. Putusan MA No. 200K/Sip/1958 menegaskan bahwa menurut hukum adat Bali, dalam hal seorang ayah mempunyai seorang anak laki-laki, maka anak laki-laki inilah satu-satunya ahli waris.

Yuli Utomo, dalam artikelnya Perkawinan Menurut Hukum Adat Bali di blog pribadinya, menyebutkan hukum adat Bali mengenai jenis perkawinan (i) mapadik alias meminang atau meminta; (ii) ngerorod, rangkat, atau kawin lari; (iii) nyentana, nyeburin atau selarian; (iv) melegandang, perkawinan secara paksa tanpa cinta.  Perkawinan nyentana adalah bentuk perkawinan berdasarkan perubahan status purusa dari pihak wanita dan sebagai pradana dari pihak laki-laki.

Dalam perkawinan nyentana, seorang laki-laki ikut dalam keluarga isterinya, tinggal di rumah isteri, dan semua keturunannya mengambil garis keturunan istri. Van Dijk (1991: 35) menulis bahwa laki-laki tadi ‘dilepaskan dari golongan sanaknya dan dipindahkan ke dalam golongan sanak si perempuan’. Konsekuensinya, anak yang lahir dari perkawinan nyentana itu akan menjadi pewaris dari garis keturunan ibunya. “Jadi anggota yang meneruskan klan bapak mertua,’ tulis Van Dijk.  (SUMBER: http://www.hukumonline.com)

Nah, Luna berada di posisi yang sulit. Luna merupakan sosok representasi dari perempuan yang harus melewati proses nyentana. Jika dalam novel bersetting Bali, hal yang paling banyak ditemui adalah soal perbedaan kasta antara sepasang manusia yang menjalin hubungan, baru dalam novel inilah jadi tahu seluk beluk seputaran nyentana. Menjadi sebuah pengalaman baru bagi saya maupun siapa pun yang membacanya.

WP_20160707_006

Banyak kalimat sindiran halus dalam buku ini:

  1. Jangan dipikirin doang, eksekusi dong. (hlm. 17)
  2. Lo kelamaan mikir. Itu hape jangan dipelototin terus. (hlm. 28)
  3. Baru tahu main Twitter lebih asyik daripada mikirin cinta lama? (hlm. 34)
  4. Kalau mau dapet pacar harus berani bersaing dong. (hlm. 35)
  5. Lo jangan kayak remaja labil. (hlm. 41)
  6. Memangnya minta seseorang jadi pacar nggak boleh? (hlm. 45)
  7. Jangan kesel gitu dong kalo nggak nyambung sama obrolan kami. (hlm. 87)
  8. Kalo ngomong bisa difilter nggak sih? (hlm. 97)
  9. Dia pasti lebih menghargai lo kalo lo minta maaf. Bukan berarti lo mengaku salah dan kalah, tapi ini menyangkut citra lo. (hlm. 98)
  10. Apa mungkin dia melepas apa yang sudah dia raih hanya untuk mencari pelarian? (hlm. 141)
  11. Hati-hati, jangan terlalu yakin. (hlm. 141)0
  12. Mungkin cewek memang lebih awet muda dibanding cowok. (hlm. 146)
  13. Cuma banci yang berantem sama cewek! (hlm. 150)
  14. Orang yang berpendidikan nggak akan main pukul. (hlm. 242)

Dari sekian banyak tokoh yang ada, dari awal cerita paling suka ama Junot, sahabat Cakra. Dia salah satu orang yang peduli dengan kesehatan Cakra, meski terkadang over dosis perhatiannya macam babby sitter ke bayi yang diasuhnya. Dan dia adalah yang paling gemas dengan hubungan Cakra dan Luna. Junot selalu mengompori Cakra untuk mengejar Luna. Selalu ngakak dengan perumpamaan yang kerap dilontarkan Junot kepada Cakra, mendapatkan cewek impian ibarat memenangkan tender sebuah proyek x)) Berharap penulisnya suatu saat menuliskan tokoh Junot menjadi cerita tersendiri, atau bisa dijadikan sekuel dari buku ini😉

“Lo kayak kontraktor yang pengin dapat proyek tapi ogah ikut tender.”

“Tapi gue nggak mau ngasih harga rendah supaya bisa menang tender.”

“Bukan harga rendah, tapi harga yang masuk akal dan penuh strategi. Nah, ini lo strategi aja nggak punya, gimana mau menang tender?”

Satu hal yang lo mesti paham, ini bukan soal tender. Ini soal Luna.”

“Apa bedanya? Keduanya menuntut lo harus bersaing. Lo lupa ada orang yang potensial jadi pesaing lo?” (hlm. 35)

Pesan moral dari buku ini adalah jika kita ingin hidup untuk jalan maju ke depan harus berdamai dengan masa lalu, karena jika hidup masih dibayangi dengan masa lalu kita akan dihantui oleh perasaan bersalah. Terkadang juga berdamai dengan masa lalu adalah menuntaskan rasa penasaran yang bersemayam di hati.

Keterangan Buku:

Judul                                     : Love Trip

Penulis                                 : Putu Kurniawati

Penyunting                         : M. Aditiyo Haryadi

Pemeriksa aksara             : Orinthia Lee

Desain sampul                   : Orkha Creative

Penerbit                              : PT Gramedia Pustaka Utama

Terbit                                    : 2016

Tebal                                     : 272 hlm.

ISBN                                      : 978-602-03-2905-5

CmQuNhoUkAEHscW

MAU BUKU INI?!?

Simak syaratnya:

1. Peserta tinggal di Indonesia

2. Follow akun twitter @lucktygs dan @niaa_89. Jangan lupa share dengan hestek #GALoveTrip dan mention via twitter.

3. Follow blog ini, bisa via wordpress atau email.

4. Jawab pertanyaan di kolom komentar di bawah, plus nama, akun twitter, dan kota tinggal. Pertanyaannya adalah berikan alasan kenapa menginginkan buku ini. Mudah kan?😉

5. Giveaway ini juga boleh di share via blog, facebook, dan sosmed lainnya. Jangan lupa sertakan hestek #GALoveTrip yaaa… 😉

Event ini gak pake helikopter, eh Rafflecofter yang ribet itu. Jadi pemenang ditentukan dari segi jawabannya yaaa… ( ‘⌣’)人(‘⌣’ )

#GALoveTrip ini berlangsung seminggu saja: 21-25 Juli 2016. Pemenang akan diumumkan tanggal 26 Juli 2016.

Akan ada SATU PEMENANG yang akan mendapatkan buku ini. Hadiah akan langsung dikirimkan oleh penulisnya! ;)

Silahkan tebar garam keberuntungan dan merapal jampi-jampi buntelan yaaa… ‎(ʃƪ´▽`) (´▽`ʃƪ)!

Pengumuman Pemenang Giveaway Love Trip

Terima kasih dengan keantusiasan teman-teman untuk mengikuti Giveaway Love Trip. Sekali lagi, makasih banyak ya buat semua, ada 49 komentar yang masuk!😉 #PeyukSatuSatu

Pemenang giveaway kali ini adalah:

Nama: Alyani Shabrina
Twitter : @alyanishab
Domisili : Badung, Bali

Selamat buat pemenang. Sila kirim email ke  emangkenapa_pustakawin[at]yahoo[dot]com dengan judul: konfirmasi pemenang Giveaway Love Trip. Kemudian di badan email cantumkan; nama, alamat lengkap, dan no hape biar hadiahnya segera dikirim langsung oleh penulisnya ya.

Terima kasih buat Putu Kurniawati atas kerjasamanya, sekali lagi terima kasih banyak atas kepercayaannya. Semoga lain waktu bisa bekerjasama kembali… 😉

Buat yang belum menang, jangan sedih. Masih banyaaaakkkk giveaway lainnya yang menanti!! :*

-@lucktygs-

49 thoughts on “REVIEW Love Trip + GIVEAWAY

  1. Nama: retno
    Twitter: @retnomauli08
    Domisilin: Jember, Jatim

    Kenapa menginginkan buku ini? Karena setelah baca review diatas jadi semakin penasaran dgn kelanjutan perjalanan cinta cakra dan luna, perjuangan mereka krna LDR’an.. judul ny juga keren Love Trip jadi pingin baca, slalu pingin baca kisah LDR.. cover nya juga menarik perhatian, judul sama cover ny aja uda good banget apalagi ceritany.. 😊 kak buat aku ya buku ny.. lempar kerumahku aja 😅

  2. Nama: Mona
    Twitter: monamuliaa
    Kota Tinggal: Trenggalek, Jawa Timur
    Alasan:

    Jujur ya kak, dapetin buku melalui giveaway, atau dapetin apapun lewat giveaway itu jauuuh lebih menantang daripada beli sendiri (aslinya mau bilang yg gratis itu emang bikin hepi).
    Pengen banget baca buku ini soalnya tertarik sama adat sentana yang dimaksud. Agak kurang paham dengan sedikit penjelasan kak luckty, barangkali akan lebih paham saat baca melalui novel. Kan belajar sesuatu melalui hal yang disukai akan terasa lebih mudah. Itung-itung buat nambah wawasan.

  3. Elsita F. Mokodompit
    @sitasiska95
    Gorontalo

    Dari reviewnya, bukunya menarik. Bukan tentang orang yang jatuh cinta saat lagi liburan atau jalan-jalan, meski jika hanya dilihat dari judul kesannya demikian. Selain itu, karena saya juga salah satu pelaku LDR, sepertinya buku ini cocok untuk saya baca. Cara yang Luna gunakan bagi saya mengindikasikan bahwa ia bukan hanya ingin menguji kesetiaan Cakra tapi juga seberapa besar pria itu ingin memperjuangkan dan mempertahankannya. Dan saya ingin tahu bagaimana usaha Cakra melewati itu. Kota-kota yang menjadi pilihan Luna juga mungkin menyimpan sesuatu yang menarik untuk disimak seperti Nyentana, Bali, Denver dan Praha mungkin juga memiliki sesuatu seperti itu

  4. Nama: Kiki Suarni
    Twiter: @Kimol12
    Kota: Batubara-Sumut

    Kenapa kamu menginginkan buku ini?

    Bara dari reviewnya, novel ini menawarkan sesuatu yang beda dan baru buatku. Sempet ketipu sama judulnya, karena aku pikir itu cuma tentang perjalan seseorang keliling dunia. Tapi, eh tapi ternyata lebih dari apa yang aku bayangkan.

    Mupeng juga sama destinasi yang eksplor di buku ini. Terutama Bali, wah…pengen banget ke sana tapi belum kesampean, semoga segera, aamiin. Dari nama penulisnya Putu Kurniawati dan baca betapa kentalnya budaya Bali di buku ini, tak salah lagi ini bacaan yang menarik sebagai pengantar sebelum nanti impianku ke Bali tercapai, hehehee…

    Hubungan LDR yang diangkat juga menarik, bener banget gak kacangan kayak sinetron. Penuh petualangan dan misteri berbalut budaya dan terkesan manis. Romantis, pastinya, melihat tempat-tempat yang dieksplor destinasi romantis bulan madu semuaaa, hehehe.

    Semoga aku berjodoh sama Baliku, eh buku ini maksudnya. Terima kasih.

  5. Nama: Ike Amelias
    Twitter: @ike_amelia13
    Kota/kab: Tuban, Jawa Timur

    Bali!!! Woah, kota yang pengen saya terlusuri gimana keindahan alam sekaligus adat dan tradisinya, karena saya belum pernah sekalipun ke sana.
    Baca-baca emang ga cukup, tapi dari baca, saya bisa dapetin pengetahuannya tentang Bali!
    Dan tadi sinopsisnya si cowo ini petualang kemana aja buat cari ceweknya ya?
    Lah bonus ini bisa kemana-mana!!!
    Nambah buku, nambah ilmu ^_^
    Siapa sih yang ga mau?

    semoga menang, karena baru 3 kali ikutan GA novel belum pernah menang sekalipun ;”D

  6. Nama: Mita Zahra A
    Twitter: @mitazahraa_
    Kota: Kuningan

    Alasan kenapa pengen buku ini?
    Gatau kenapa pengen aja baca novel ini, pas baca reviewnya kak luckty bikin aku penasaran. Apalagi latar tempat nya di Bali. Udah lama pengen ke Bali, tapi yah karena belum diizinin ortu pergi jauh-jauh apalagi keluar pulau jawa, jadi berharap bisa baca novel yg nyeritain atau berlatar di Bali.

    Apalagi kalo bisa menang GA ini, siapa yg ga seneng dapetin novel dari GiveAway? hehe (bilang aja pengen dapet gratisan) xD
    Kebetulan lagi ngoleksi novel juga sih, rumahku jauh kalo harus berburu novel ke Gramedia, jadi yaah berharap semoga menang, hehehe

  7. Nama: Mita Zahra A
    Twitter: @mitazahraa_
    Kota: Kuningan

    Alasan kenapa pengen buku ini?
    Gatau kenapa pengen aja baca novel ini, pas baca reviewnya kak luckty bikin aku penasaran. Apalagi latar tempat nya di Bali. Udah lama pengen ke Bali, tapi yah karena belum diizinin ortu pergi jauh-jauh apalagi keluar pulau jawa, jadi berharap bisa baca novel yg nyeritain atau berlatar di Bali.

    Apalagi kalo bisa menang GA ini, siapa yg ga seneng dapetin novel dari GiveAway? hehe (bilang aja pengen dapet gratisan) xD
    Kebetulan lagi ngoleksi novel juga sih, rumahku jauh kalo harus berburu novel ke Gramedia, jadi yaah berharap semoga menang, hehehe

  8. Nama: Salsabila Shafa Rahma
    Twitter: salsashf
    Kota Tinggal: Sentul, Bogor.

    Alasan yang membuatku menginginkan buku ini adalah judulnya sendiri–Love Trip–dan cover-nya yang sangat cantik. Awalnya, aku mengira-ngira buku ini berisikan kisah sepasang kekasih yang melakukan perjalanan bersama-sama. Eh, ternyata bukan! Buku ini nyatanya memiliki daya tarik tersendiri lewat pengertian dari kata ‘Love Trip’. Kisah bagaimana sepasang kekasih yang tengah menjalani LDR dibalut dengan budaya Bali yang kental.

    Melalui review-review dari rangkaian Blog Tour, aku semakin tertarik untuk mengikuti permainan yang dibuat Luna untuk Cakra! Benar-benar sebuah ide yang menarik untuk diselipkan pada sebuah novel dan juga dipraktekkan langsung oleh pasangan-pasangan LDR. Selain itu, aku sangat menginginkan buku ini karena ingin tahu konflik apa yang disuguhkan penulis karena pesan moralnya sangat bagus!🙂

  9. Nama: ailina
    Twitter: @ailina85
    Kota: Probolinggo, Jawa Timur

    Kenapa pingin dapetin buku ini?
    1. karena saya suka baca (banget!) baca novel
    2. karena yang gratis-gratis itu menyenangkan, hahay…
    3. karena saya juga LDR-an sama suami saya (lupakan alasan yang satu ini, hahaha..)
    4. karena review luckty bilang kalo’ buku ini menarik bgt buat dibaca. Secara saya adalah orang Jawa, sedangkan buku ini menceritakan tentang budaya Bali, jadi penasaran banget. Bisa nambah wawasan juga jadinya.
    5. karena saya berulangkali ikutan GA di blog ini tp nggak pernah menang, huhuhu…😥

  10. Nama : Felicia Vika Y.
    Twitter : @VikaFelicia
    Kota : Yogyakarta

    Alasan-Alasan gue nih:
    1. gue penasaran sama novel ini. secara gue paling ga percaya yang namanya LDR, itu mah ga beda jauh sama jomblo (menurut gue) apalagi susah banget buat memberi kepercayaan dan diberi kepercayaan. Nah makanya gue pengen baca ini buku, gimana ceritanya si Cakra sama Luna.
    2. gue ikutan GA ini karena banyak banget novel yang pengen gue beli jadi kalo dapet cuma-cuma kan lumayan duitnya buat beli yang lain. :p
    3. di review buku ini kayaknya konfliknya macem-macem, tapi yang paling menarik perhatian gue itu masalah si Luna yang melewati proses nyentana. ini nih yang paling bikin gue penasaran, “jadi si Luna sama Cakra ini beda suku? terus gimana urusannya sama beda kasta yang diungkit di review?” makanya gue pengen banget ini buku. soalnya nggak cuma fokus di cinta-cintaan tapi juga ‘dapet’ belajar budaya lain.
    tiga alasan ini kayaknya cukup deh nggambarin kenapa gue ikutan GA Lovetrip😀
    Wish me luck😀

  11. Nama : Dosca Hutabarat
    Twitter : @doscastrida
    Tempat Tinggal : Pontianak
    Jawaban : alasan kenapa pengen buku ini?
    1. Aku hobby banget bacaaaaa
    2. Dari review2 rangkaian blog tour yg aku baca ttg novel ini, nunjukin kalau novel ini wajib banget dibaca. Dr segi isi cerita, dr segi konfliknya semuanya bikin penasaran. Wlpun saya nggak mengalami LDR, tapi saya penasaran gmn akhirnya kisah LDR Cakra dan Luna. Truusss banyak banget quote2 di novel ini (aku pengoleksi quote wkwkwkwkwkwk)
    3. Karena aku udh ngikutin 2 #GALoveTrip sblmnya tapi belum menang huhuhuhu 😢😢

  12. Amandha
    EXOgen02
    Bekasi

    Alasan:
    Yaampun, liat reviewannya aja bikin aku tertarik baca:” apalagi disini bakal ada trip ke beberapa tempat. Salah duanya adalah bali dan lombok. Melihat reviewan ka luckty, aku juga jadi tertarik mau lebih tau kebudayaan bali yang diselipin di novel itu dan tentunya kisahnya Luna dan Cakra. Mereka ini inspirasi pasangan LDR banget:” apalagi ada junot yang kocak ikut mewarnai kisah di dalam novel ini. Oya, aku juga pengen ke bali atau ga lombok, tapi apalah daya, jauh banget:” ongkosjuga ya apalah apalah:” jadi, semoga buku ini bisa mengantarkan saya ke daerah yang dari dulu saya kagumi, bali dan lombok:”

  13. Nama: hakimah putri
    twitter: @kimah_khimah
    domisili: bekasi,jabar

    alasan kenapa ingin buku ini?

    Penasaran apakah cakra mau melakukan sentana dan yg bikin makin penasaran itu permainan yg dibuat luna untuk cakra hingga mereka berkeliling dibeberapa tempat.

    Semoga beruntung kali ini🙂

  14. Nama: hakimah putri
    twitter: @kimah_khimah
    domisili: bekasi,jabar

    alasan kenapa ingin buku ini?

    Penasaran apakah cakra mau melakukan sentana dan yg bikin makin penasaran itu permainan yg dibuat luna untuk cakra hingga mereka berkeliling dibeberapa tempat.

    Sebenarnya sih faktor utamanya karena ini gratis😀

  15. Nama : Fridalia Septiarini H
    Twitter : @frdliash
    Domisili : Purwakarta, Jawa Barat

    Jawaban :
    Kenapa saya pengen buku ini? Karena saya ga menang di give away love tour sebelumnyaa, haha. Ngga deng, aku udah baca beberapa review buku ini dan ak sangat tertarikk, karena didalamnya ada beberapa setting tempat yang pastinya bisa bikin keliling dunia meskipun hanya dalam sebuah buku, hehe. Selain itu aku penasaran sama konflik yang bakal dialami luna sama cakra akibat ldr mereka. Ditambah juga ada ritual nyentana yang ka luckty sedikit jelaskan itu buat aku penasaran pengen tahu lebih banyak dan seberapa pengaruh nyentana dalam novel ini. Pokoknya aku pengen banget baca buku ini titik.

  16. Nama : Siti Maria Ulfa
    Twitter : @simaulfa_20
    Kota tinggal : Semarang

    alasan kenapa menginginkan buku ini?

    Siapa coba yang gak mau menang GiveAway buku yang kece badai kayak gini?? Semua pasti mau pake bangettttt.. Baca review-nya aja tuh udah langsung mikir, “wahh, ini buku pasti keren banget bikin penasaran,”. Ceritanya cinta-cintaannya yang berbobot gak gitu-gitu aja, kayaknya gak bikin bosen deh. Karena aku gak tahu gimana rasanya LDR-an jadi aku pengen tahu gimana LDR-an macam Luna & Cakra hihihihi.
    Apalagi duhhhhh Bali cuyyyyyyy….. aaaaahhhh bikin penasaran tingkat dewa dehh. Penasaran sama deskripsi sentana di buku tersebut. Pasti menarik. Jarang-jarang kan nemuin novel cinta-cintaan yang mengangkat budaya suatu daerah. Bisa nambah pengetahuan juga kalau baca bukunya.
    Dapetin buku dari GiveAway tuhhh rasanya beda banget dibanding beli sendiri. Lebih sesuatu wkwkwk. Lebih berkesan jugaaa. Maka dari itu, biarkan aku mendapatkan buku istimewa Love Trip ini😄

  17. Nama : Fridalia Septiarini H
    Twitter : @frdliash
    Domisili : Purwakarta, Jawa Barat
    Jawaban :
    Kenapa pengen buku ini? Setelah baca di review give away sebelumnya saya langsung tertarik pengen baca buku ini karena settingnya di beberapa tempat, unik aja. biasanya kan setting tempat hanya satu atau dua negara, tapi ini lebih dari dua, itu kan secara ga langsung ngajak kita jalan-jalan keliling dunia (walaupun hanya dalam sebuah novel) hehe. selain itu, penasaran sama konflik yang bakal terjadi antara luna sama cakra akibat ldr-nya ini. ditambah juga ada ritual nyentana yang sedikit mba luckty jelaskan di review buat aku penasaran pengen tahu lebih banyak dan seberapa menarik proses nyentana dalam cerita ini. Pokoknya aku pengen baca banget buku iniiii. titik.

  18. Nama : Hanun Salsabila
    Twitter : @tommonialle
    Kota : Yogyakarta
    Alasan :
    Jujur nih, sebenernya aku udah pernah liat novel ini di explore instagramku. Tapi beneran aku nya yang blaun malah engga segitu ngeh banget sama novel ini.
    LAH SEKARANG APA DEH?
    ini di reviewnya KOK BAGUS BEGINI
    Jadi aku itu tipe orang yang semisal kalo beli buku HARUS SANGAT MRMPERTIMBANGKAN KONTEN ISI BUKU, maksudnya buku novel itu harus seenggaknya menyebarkan ilmu. Enggak cuma konflik konflik tokohnya. Dan menurut review buku ini yang emang membahas tentang adat bali itu. Aku jadi penasaran. Soalnya aku pribadi velom pernah baca yang tentang adat bali bali nya..dan apa lagi ini genrenya young adult. Kebanyakan aku baca novel genre young adult itu kebanyakan young nya daripada adultnya. Maksudnya masih banyak konflik yang menurut aku itu kurang dewasa buat tokoh yang ada di dalamnya itu. Jadi di novel ini aku penasaran tapi juga menaruh ekspektasi tinggi. Sekiranya itu sih alasan Yang membuat aku tertarik

  19. Nama : Ratnani Latifah
    Twitter : @ratnaShinju2chi
    Kota : Jepara

    Alasan kenapa menginginkan buku ini adalah
    Pertama, meski tema yang diusung sederhana yaitu tentang LDR, namun melihta reviewenya novel ini memiliki eksekusi yang berbeda.
    Kedua karena dalam novel ini katanya ada unsur kebudayaan yang kental. Dan saya suka dengan novel-novel yang seperti itu, karena selain mendapat hiburan dari novel. saya juga dapat pengetahuan tentang kebudayaan daerah lain. Itu sangat menyenangkan.
    Ketiga dalam novel ini sesuai judulnya akan ada travelingnya juga. wow, itu pasti juga mengasyikkan, dari novel bisa ikut jalan-jalan.
    Keempat, sudah pasti penasaran dengan kelanjutan kisah Luna dan Cakra

  20. Hizbi
    Wilahamamy1
    Tangerang
    ♚♚♚♚♚♚♚♚

    ●Pertanyaannya adalah berikan alasan kenapa menginginkan buku ini?
    ◆◆◆◆◆

    ●karena belum pernah menang GA,jadi pingin banget menangin novel ini
    ,lumayan juga kan dapet novel gratis.
    ●karena novel ini menawarkan sesuatu yang berbeda. Menambah wawasan tapi dikemas dengan cara yang menarik. Konfliknya yang anti mainstream. Gilaa, ini idenya keren sih.
    ●dengan sensasi jalan jalan buat orang yang kurang piknik kaya aku sepertinya menyenangkan
    ● adventure, romance, dan persahabatannya dapet.
    ●penasaran juga gimana Cakra ngelewatin semua tantangan yang Luna kasih. Karena proses lebih menarik ketimbang hasil akhir.

  21. Nama : Heni Susanti
    Akun Twitter : @hensus91
    Kota Tinggal : Pati – Jawa Tengah

    Alasan aku menginginkan buku ini :

    Pertama karena suka sekali dengan judul dan cover yang membuat penasaran dengan isi cerita.

    Kedua, setelah membaca reviewnya, kombinasi LDR dan adat ‘nyentana’ yang sepertinya akan semakin memperumit hubungan Lana dan Cakra. LDR saja sudah cukup sulit, belum lagi dengan ujian cinta ala Lana yang membuat Cakra mencarinya ke beberapa kota keren tapi tentu menguras kantong ya?😀, nyentana yang mengharuskan Cakra ‘dimiliki’ oleh keluarga Lana ini sangat menarik. Perjalanan kisah cinta yang berbau adat istiadat adalah sesuatu yang jarang kutemui dalam kisah roman jaman sekarang.

    Ketiga, semoga Mbak Luckty tidak bosan dengan jawaban ini, aku sangat suka membaca terutama romance, jadi selalu berusaha mendapatkan bahan bacaan baru. Kalau beli kantong belum mendukung, jadi berusaha melalui GA dan blogtour agar bisa mengadopsi anak baru. Aamiiin.

    Demikian dan terima kasih🙂

  22. Nama : Rahayu Tri
    Twitter : @rahayutri_tri
    Nganjuk, Jawa Timur

    Alasan menginginkan buku :
    Saat melihat cover buku serta judulnya saja sudah ada bayangan kalo buku ini kemungkinan menceritakan tentang cinta yang bersemi disuatu negara saat sedang traveling atau liburan. Tapi ternyata saya salah besar, karena buku ini malah menceritakan tentang Ldr. Buku ini menarik sekali untuk dibaca karena membahas budaya Bali mengenai Hukum Adat Sentana yang sama sekali tidak saya ketahui, bahkan saya baru pertama kali mendengarnya. Selain itu masih banyak alasan lain jika dilihat secara seksama cover Love Trip ini bagus banget warna warna yang dipakai sangat memikat hati membuat mata langsung saja terfokus, isi buku yang menceritakan Ldr (direview disebut bahwa Ldr Love Trip berbeda dengan Ldr ala-ala sinetron, kan jadi pengen tau, pengen baca), Buku ini dibumbui dengan Hukum Adat serta budaya Bali yang kental (mengajak pembaca mengenal budaya), lalu penulis juga memasukkan banyak tempat didalam ceritanya seperti Denver, Kyoto, Bali, Lombok juga Praha. Menurut artikel yang saya baca Praha itu merupakan tempat di eropa yang termasuk murah ia juga dikenal dengan kota tua yang cantik (beneran baru baca, baru tau Praha). Saya semakin penasaran perpaduan antara kisah cinta Ldr dengan Praha kota tua yang cantik. Ahh saya juga makin makin penasaran mengapa ada pesan moral “Jika kita ingin hidup untuk jalan maju ke depan harus berdamai dengan masa lalu, karena jika hidup masih dibayangi dengan masa lalu kita akan dihantui oleh perasaan bersalah.” Kira-kira bagaimana jalan cerita dari Love Trip

  23. Nama: Sisca Noor Kholifah
    Twitter: @Noor_Sisca
    Domisili: Bandung, Jawa Barat
    Alasan:

    Kenapa aku mau (banget malah) dapet buku ini lewat give away? Karena aku ngidamin buku ini!

    Hahaha nggak deng becanda. Aku mau buku ini karena pas liat review-annya itu udah excited banget! Nih ya, di buku ini tuh ada tentang adat Bali-nya, hey i love culture! Aku selalu suka budaya suatu daerah! Apalagi ini Bali yang bakal jadi destinasi wisata aku kalau udah kerja!

    Di buku ini juga aku mau belajar, gimana sih caranya nyatuin cerita cinta sama adat budaya. Aku juga punya cita-cita sebagai penulis lho! Dan lagi, buku ini tuh gratis! Siapa sih yang ga mau gratis di zaman ke-wc-aja-bayar? Lumayan dong! Aku bisa irit-irit uang jajan, karena ngumpulin uang buat beli satu novel itu susah. Selain karena banyak banget yang dibayar, aku juga harus nabung buat hal lain. Jadi, aku harap TOLONG PILIH AKU DIANTARA RIBUAN MANUSIA YANG IKUT GIVE AWAY INI pliiiiiissss. Hahahahahah udah ah, yang baca ini Aamiin-in yaa🙂

  24. Bismillah..

    Nama : Deria Anggraini
    Twitter : @deriaanggraini_
    Domisili : Jakarta Pusat

    Jawaban :
    1. Aku bener2 pecinta buku, yg namanya pecinta buku pasti akan ingin membaca buku apa aja jika diberikan kesempatan, nggak peduli genrenya, penulisnya, dsb.
    2. Disini Luna menciptakan permainan untuk Cakra agar ia bisa menebak dimana keberadaan Luna. Menurutku ini sangat unik. Dan karena aku sekolah jurusan pariwisata, pasti aku bakal seneng banget dan excited pas dikasih teka teki dimana keberadaan si Luna lewat permainanny yg ditujukan buat Cakra. Dan karena disini disebutkan bahwa buku ini kental dengan adat Bali, pastinya itu berharga banget dan berguna buat aku yg merupakan anak pariwisata.
    3. Aku suka nulis, dan aku tau tulisanku belum sebagus para penulis Indonesia lainnya, jadi aku mau baca buku sebanyak mungkin agar bisa mendapat ilmu cara penulisan yg baik dari buku2 yg kubaca.
    4. Kebetulan aku juga lagi LDR-an wkwk jadi bisa ditiru kali ya permainannya si Luna itu, jadinya kan hubungannya nggak bosen, bakalan menarik gitu

  25. Nama: Yeni Lestari
    Akun twitter: @Yeniles_
    Kota tinggal: Bekasi Timur

    Alasan: Mengapa saya PENGIN BGT buku #LoveTrip ? Karena…
    1. Whoa! Aku baca judulnya aja udh tertarik, selalu suja sama yg namanya cinta dan jalan-jalan.
    2.segala sesuatu yg berhubungan dengan pencarian seseorang tuh, ceritanya ku suka. Gemas!
    3.Covernya, unyu! Pengen peluk rasanya.
    4. Aku makin kepo pas baca review novel ini dr mbak luckty dan dr orang-orang
    5. Ini yg paling penting, karena aku kalah ikutan giveaway di blig kak @dedulfaithful jadi aku ciba keberuntungan ku di blog mbak luckty.

    Wish me luck, bismillah.

  26. Kristi W | @KristiWuRi | Gunungkidul

    Kenapa menginginkan buku ini?
    Karena penasaran jalan cerita seutuhnya novel Love Trip ini. Dilihat dari review kak Luckty, novel ini sangat menarik. Dari hubungan Cakra dan teman2nya, hubungan LDR Cakra dan Luna serta adat bali ‘sentana’ dengan Luna. Saya lebih ingin tahu bagaimana kak Putu sebagai penulisnya merangkai ini dalam kisah novel, yang tentu saja mungkin dibumbui spot2 menarik di trip Cakra dlm menemukan jejak Luna.

  27. Nama: Yunika Anwar
    Twitter : @yunikaanwar1
    Domisili: tangerang
    Alasan aku pgn banget dapet buku love trip karena dibuku ini kental sekali dgn adat Bali. Buku love trip bukan cuma membahas cerita LDR yg menye-menye tapi juga ada adat dan budaya balinya juga yg membuat wawasan bertambah. Terutama aku juga penasaran sama nyentana jujur aku baru tau kalau di bali ada adat kaya gitu hehehe.. Ditambah setelah baca review dari ka luckty bikin aku tambah mupeng😁
    Alasan lainnya karena aku sangat hobi baca jadi aku perlu menyalurkan hobi aku dan kebetulan bulan ini lg banyak pengeluaran karna tahun ajaran baru jadi gk bisa beli buku dulu:( ini kan secara cuma-cuma jadi siapa tau aja aku beruntung dan bisa nyalurin hobi aku lagi amin..

  28. Nama : May Ridwan
    Twitter : @camayneng
    Domisili: purwakarta

    Alasannya…
    Cover juga judulnya bagus…bikin penasaran,dan setting nya di bali dengan adatnya,jujur aku belum pernah ke bali,keluar kota pun jarang,mungkin melalui novel ini aku bisa membaca kisah romance yang seru juga mengenal bali

  29. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    kota tinggal: Serang

    Alasan kenapa menginginkan buku ini…..
    1. Ini kisah cinta LDR yg unik, penasaran mau ngikutinnya.
    2. Tradisi Bali tentang Nyentana itu jadi pengetahuan baru buat para pembaca.
    Sepertinya membaca kisah ini bukan hanya menikmati kisah cinta LDR yg unik antara Luna & Cakra, tapi juga akan menambah pengetahuan tentang budaya nusantara terutama Bali.
    So penasaran banget dan ingin sekali memiliki buku ini.

  30. Nama : Larastanie Afdha
    Twitter : @Larasta_
    Domisili : Tangerang

    Love Trip, rasanya membaca buku ini seperti diajak berkeliling ke tempat-tempat romantis dari Bali hingga Praha oleh si penulis. Yang membuat aku penasaran dengan novel Love Trip ini yaitu Perjalanan Cinta antara Luna dan Cakra yang LDR-an. Bagaimana cara Luna menguji kesetiaan Cakra yang berbeda Negara dengan nya. Pengen tahu juga interaksi antara Cakra dan Junot, Sahabat nya, Pasti lucu dan seru. Bacaan baru yang juga memberi kita wawasan tentang budaya Bali, jadi isi nya gak cuman tentang Cinta serta Konflik-konflik nya aja. Covernya yang Colorful juga membuat novel ini jadi Eye-catcher dan menarik banget buat dimiliki dan dibaca. This is such a perfect Novel…

  31. Nama : Lely Nurvita Sari
    Akun twitter : @LelyNurvita
    Kota tinggal : Medan

    Jawaban :
    Alasannya, karena 3 hal baru yg aku dapat di buku ini dan itu membuat aku jadi penasaran.
    . Pertama, adat Bali yg disebut nyentana. Aku baru pertama kalinya dengar adat begituan di Indonesia. Dan aku jg baru pertama kali, liat novel yg mengangkat tentang adat terutama Indonesia dan itu benar2 keren.
    . Kedua, salah satu latar tempat dalam buku ini yaitu Praha. Aku kira Praha salah satu nama kota di Indonesia, setelah browsing aku baru tau kalau Praha itu ada di Eropa dan panteslah penulisnya milih Praha ternyata tempatnya cantik banget.
    . Dan yang terakhir, ceritanya. Kisah LDR-nya unik dan benar2 menantang tingkat kesetiaan. Kisahnya benar2 jauh dari ekspektasiku, ya benar2 jauh lebih keren.

  32. Nama: Hapudin
    Twitter: @adindilla
    Domisili: Cirebon

    Sepanjang saya membaca buku, hanya buku Angin Bersyair karya Andre Aksana yang menurut saya berhasil menjadikan Bali sebagai setting cerita. Bagaimana dia bercerita dan menunjukkan Bali kepada pembaca, mampu memberikan rasa damai seperti kata dia, Bali itu memiliki magic. Dan setelah membaca review Love Trip Mbak Lucty ini, saya penasaran bagaimana Mbak Putu menceritakan Bali. Mungkin di dalam novel ini pembaca diajak keliling banyak tempat, dan saya tahu memikat pembaca mengenali daerah yang mungkin belum pernah dikunjungi, memiliki kesulitan tersendiri.

    Saya juga menyadari untuk genre Young Adult ini, akan lebih menekankan pada romance dewasa dan itu menjadi satu pertanyaan, romance istimewa apa yang coba dihadirkan Mbak Putu lewat tokoh Cakra dan Luna ini? Jangan terjebak dengan karakter Cakra yang sedang booming di bioskop ya, hehehe.

    Pokoknya saya ingin sekali membaca buku ini.

  33. Nama : Annisa Rizki Sakih
    Twitter : @Annisakih
    Domisili : Batam, Kepri
    link share : https://twitter.com/Annisakih/status/757091207864520704

    Saya (baru) kepingin membaca buku ini setelah membaca review dari Mba Luckty. Duh, (lagi-lagi) bikin saya manggut-manggut malu,ternyata saya lupa semua sama pelajaran hukum adat, padahal itu salah satu mata kuliah terfavorit saya. Penjelasannya keren dan ilmiah hingga mengutip buku yang juga menjadi texbook zaman kuliah. Semoga bila saya memenangkan buku ini saya bisa sedikit merefresh ingatan saya dan menjadi alasan kuat untuk terus belajar lagi, terutama membuat review novel yang ulasannya komprehensif.

    Novelnya sendiri punya ide yang segar, permainan hide and seek berlatar keliling dunia. Jadi penasaran ingin mengetahui bagaimana penulisnya mampu menggambarkan keindahan beberapa kota tersebut dengan dibatasi jumlah halaman buku. Dan tentunya saya penasaran ingin mengetahui ending dari buku yang keragaman destinasi wisata di covernya bisa disejajarkan juga dengan cover buku-buku tentang travelling ini .

  34. Nama : Shiela Hartiningtyas
    Twitter : @ruth_shiela
    Kota : Bandung

    berikan alasan kenapa menginginkan buku ini?

    Alasan yang pastinya aku menginginkan buku Love Trip ini adalah biar pasanganku membaca buku ini dan tertarik untuk pergi jalan-jalan wisata ke tempat/daerah lain.
    Ya, pasanganku ini sebenarnya romantis sih, tapi dia itu paling susah kalau diajak buat jalan-jalan wisata di saat liburan.
    Kalau hari libur, ia lebih senangnya berdiam diri di rumah ataupun wisata kuliner.
    Berbeda dengan diriku yang senang menjelajahi tempat-tempat baru, ia malah sebaliknya.
    Makanya aku ingin memberikan buku Love Trip ini padanya, biar dia merasa tersindir gitu dengan pengalaman yang ada dalam buku ini, sehingga ia tidak bakalan susah lagi kalau aku ajak jalan-jalan wisata menjelajahi daerah-daerah/tempat baru.:)

  35. Hary Gimulya
    Twitter : @angels_rutherfo
    Domisili : Cirebon

    Aku sangat menginginkan novel Love Trip ini karena aku ingin memberikannya sebagai kado untuk orang yang aku taksir yang sebentar lagi berulang tahun.
    Kebetulan dia itu sangat hobi membaca novel.
    Aku mendapatkan ide untuk memberikan novel kepadanya setelah membaca sebuah quotes yang mengatakan bahwa pecinta buku pastinya paling senang kalau mendapat buku gratis.
    Setelah aku pikir-pikir, benar juga quotes tersebut.
    Dan novel Love Trip ini menurutku sangat cocok diberikan kepadanya. Jika beruntung mendapatkannya, semoga saja ia menyadari perasaanku kepadanya yang terkandung dalam novel ini.

  36. Nama: Alyani Shabrina
    Twitter : @alyanishab
    Domisili : Badung, Bali
    link share : https://twitter.com/alyanishab/status/757167432951734272
    Jawaban:
    kenapa pengen banget punya buku ini karena cerita menarik dan tambah penasarannnnn samaaaaa isi ceritanyaaaaa, dan karena aku sudah cukup lama tinggal di bali aku ingini tahu bagaimana sepenggal kisah yang bersetting di bali ini diceritakan. mengenai adat sentana aku juga sudah sering mendengar dari teman-teman sekolah tentang bagaimana dan kenapa hal itu bisa terjadi, jadii semakin penasaran bagaimana kisah citra terkait tradisi ini dan bagaimana akhirnya. semoga bisa jadi pemenangnya dan membacanya. berharap banget bisa menang, karena budget untuk beli buku belum adaaaa :((((( aku harus fokus ngurusin biaya masuk kuliah sebelum mikirin hal-hal yang menyangkut hobi, passion, dan kesenanganku. *Loh kok curcol(?)* yah sekalian minta doanya semoga kuliahku lancarrrrrrrrr teruss dan bisa tuntas tepat waktu *amin*. pokoknya minaaaaat banget baca buku ini! semangat terus buat pengarangnya, dan buat kakak kece yang udah ngadain give away ini. sehat dan sukses selalu🙂 oya satu lagi yang bikin tambah memikat hati adalahhh covernya very cute❤❤❤ sukaaa bangettttt!!! sekian dan terimakasih, semoga aku menang, hihihi

  37. Nama: Alyani Shabrina
    Twitter : @alyanishab
    Domisili : Badung, Bali
    link share : https://twitter.com/alyanishab/status/757167432951734272
    Jawaban:
    kenapa pengen banget punya buku ini karena cerita menarik dan tambah penasarannnnn samaaaaa isi ceritanyaaaaa, dan karena aku sudah cukup lama tinggal di bali aku ingini tahu bagaimana sepenggal kisah yang bersetting di bali ini diceritakan. mengenai adat sentana aku juga sudah sering mendengar dari teman-teman sekolah tentang bagaimana dan kenapa hal itu bisa terjadi, jadii semakin penasaran bagaimana kisah Luna terkait tradisi ini dan bagaimana akhirnya. semoga bisa jadi pemenangnya dan membacanya. berharap banget bisa menang, karena budget untuk beli buku belum adaaaa :((((( aku harus fokus ngurusin biaya masuk kuliah sebelum mikirin hal-hal yang menyangkut hobi, passion, dan kesenanganku. *Loh kok curcol(?)* yah sekalian minta doanya semoga kuliahku lancarrrrrrrrr teruss dan bisa tuntas tepat waktu *amin*. pokoknya minaaaaat banget baca buku ini! semangat terus buat pengarangnya, dan buat kakak kece yang udah ngadain give away ini. sehat dan sukses selalu:) oya satu lagi yang bikin tambah memikat hati adalahhh covernya very cute❤❤❤ sukaaa bangettttt!!! sekian dan terimakasih, semoga aku menang, hihihi

  38. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    Karangasem, Bali

    Aku tertarik banget dengan novel ini. Selain karena cara Cakra-Luna menguatkan hubungan jarak jauh mereka dengan cara yang unik, dan juga karena Nyentana. Sebagai anak yang lahir dan hidup sebagai orang Bali, aku bisa memahami gimana kegalauan hati Luna terkait dengan Nyentana tersebut. Ada banyak kisah cinta serupa Cakra-Luna yang terhalang restu atau bahkan terputus karena nyentana ini. Beberapa daerah di Bali misalnya di daerahku, Nyentana memang tidak berlaku/tidak dilakukan karena Nyentana sifatnya sebagai Hukum Adat. Nah, jika sudah tidak menemukan titik temu tidak jarang, pasangan tersebut akhirnya menjalani hubungan Pada Gelahang.
    Eh, ceritanya kepanjangan ya? Hehe.. Intinya sih, mau ikut support Mbok Putu sebagai salah penulis Bali yang juga menyelipkan cerita bertema lokal. Dengan membaca novel ini, aku dapat memberikan apresiasi kepada beliau. Semoga makin produktif menulis dan ikut melestarikan budaya Bali🙂
    Terima kasih.

  39. Nama : Anis Nur Lailiyah
    Akun twitter : @lailiyah_anis
    Kota tinggal : Gresik, Jawa Timur

    Alasan saya menginginkan novel Love Trip ini karena saya ingin berkeliling dunia, tapi sayang, saya tidak bisa melakukannya untuk saat ini –karena nggak ada duit😀 —
    Jadi, dengan membaca novel ini saya berharap bisa berkeliling dunia mulai dari Denver, Kyoto, Bali, Lombok, dan Praha bersama cinta Cakra dan Luna tentunya, meskipun yang berkeliling dunia jiwa saya saja –tanpa raga😀 —

    Dan pastinya, yang paling membuat saya tertarik adalah budaya nyentana yang dimasukkan Mbak Putu dalam novel ini, mungkin bukan hanya saya yang tertarik tapi semua yang ikutan giveaway ini juga pasti akan tertarik karena memang adat nyentana yang diangkat ini sangat unik dan belum banyak orang yang tahu, langka sekali, karena sangat jarang novel romance modern –seperti Love Trip ini– yang menyelipkan sebuah budaya tradisional dalam ceritanya.
    Mungkin ini bisa dijadikan ciri khas dari setiap novelnya Mbk Putu nih, selalu menyisipkan budaya dari setiap tempat yang menjadi latar di novel-novel berikutnya, mungkin next bisa pake Tengger dengan upacara kasadanya, wkwkwk, maapkan khayalan saya mbak.

    Saya juga penasaran setengah mati ending dari novel ini, apa akhirnya Cakra mau melakukan pernikahan nyentana dengan Luna karena dari beberapa artikel yang saya baca (dibela-belain baca-baca artikel tentang nyentana demi novel ini) banyak lelaki Bali yang tidak mau melakukan pernikahan ini karena bisa menghina harga diri mereka sebagai lelaki, bahkan ada yang menyebut lelaki yang melakukan nyentana itu banci atau pengecut. Duh, makin penasaran jadinya (alias khawatir sih klo Bli Cakra dibilang banci atau pengecut gitu, nggk ikhlas banget, wkwk) atau kalaupun pernikahan nyentana ini tidak pernah terjadi pada Cakra dan Luna lalu bagaimana dengan kelanjutan garis keturunan keluarga Luna? Bagaimana solusi untuk memecahkan masalah ini? Duh, rumit amat ya perjalanan cinta Cakra-Luna ini, udah LDR masih dipusingin juga dengan pernikahan nyentana.

    And finally, semua pertanyaan saya di atas hanya bisa dijawab dengan membaca novel Love Trip sampai tuntas –makanya setiap habis sholat, saya selalu berdoa biar menang GA Love Trip terakhir ini, udah ngiler dari dulu soalnya😀 —

    Terimakasih banyak atas kesempatannya🙂

  40. Agatha Vonilia M.
    @Agatha_AVM
    Jember

    Pesan moralnya yang bikin aku pengin baca Love Trip secara keseluruhan. Berdamai dengan masa lalu buatku masih saja sulit. Aku ingin menatap masa depan sesuai yang diajarkan oleh penulis. Sebuah cara untuk belajar dari masa lalu dan mendapatkan masa depan. Aku pernah menguji pasanganku dulu seperti yang dilakukan Luna tapi tidak berhasil. Belum jodoh kali. Love Trip, novel yang berwarna sama seperti cinta selalu berwarna. Aku juga gemes sama Cakra, nggak peka bangets. Berjuang yang gigih Cakra. Aku pengin ngelihat perjuangannya. Rugi besar nggak apa-apa Cakra, this is a real life. Cinta memang sebuah tender. So, do it and finished it.Fighting Cakra!

  41. Nama: Dewi apurwati
    twitter: @dewi_apurwati
    kota: Bekasi
    alasan aku ingin novel love trip adalah: pertama sih karena udah jatuh cinta banget sama covernya.yaiyalah gimana engga girly gitu.pink pink dan aku suka warna pink. Pas aku baca review nya. Astagaaaaa aku langsung dah penyakit keponya kambuh. Cakra yang keren bikin meleleh kaum hawa dan tentang luna dan cakra yang LDRan. Tapi mereka masih bisa bertahan walau jarak memisahkan. Coba kalo anak sekarang boro boro.ngga dikasih kabar satu hari aja minta putus. Tapi mereka. Beehhh pengen baca kisah cintanya. Ditambah lagi sama budaya bali.paket komplit deh. Dapet bapernya dapet juga ilmunya. Itulah alasan ku. semoga suka ya ya ya

  42. Nama: Mega Widyawati
    Akun twitter: @widy4_w
    Kota tinggal: Nganjuk, Jawa Timur.

    Alasanku ingin buku ini:
    Pertama, karena ini buku lanjutan dari ketika elang mencintai dara, dan ku pikir aku harus melanjutkan yg ini untuk mengupas kehidupan cakra. Karena dia tokoh yg paling aku sukai di novel pertama. Belum lengkap rasanya kalau tidak membaca novel Trip Love

    Kedua. Idenya bagus. Tentang perjalanan yang diselipi kisah romantis,cinta & Ada beberapa tempat trip di buku yang aku bayangin bisa kesana suatu hari nanti.

    Ketiga. Aku suka sama covernya yg girly banget, perpaduan warnanya pas dan terlihat manis.

    Keempat. Aku pengen banget punya buku ini karena aku sangat pengen punya kesempatan membacanya. Aku tak tahu apakah alasanku menarik perhatian mbak luckty, tapi aku berusaha membuat alasan semenarik mungkin agar mbak menyukainya. Aku tak tahu apakah mbak luckty menyempatkan diri untuk membaca alasanku diatas, tapi aku optimis bahwa mbak akan membacanya. Aku tak tahu apakah mbak akan memiliku sebagai pemenang, mengingat banyak banget peserta yg ikutan giveaway ini, tapi aku akan optimis dan banyak-banyak berdoa semoga beruntung. Aku sudah berusaha berkali-kali mengikuti kuis di blognys mbk luckty, tapi tak pernah menang, aku mohon beri aku kesempatan kali ini saja.

    Lima. Aku juga sudah mengikuti blogtounya di beberapa tempat/blog yg lain, tapi masih saja belum beruntung. Semoga kali ini aku diberikan kesempatan yg baik itu. DAN bisa punya buku LOVE TRIP. Aku tahu semua peserta pasti mau menang juga, tapi aku tak akan ragu mengikuti kuis terakhir ini dengan harapan bisa memiliki buku yang aku pengen punyai semenjak sudah terbit dan di promosikan oleh penerbit GPU di sosmednya. Aku langsung ingin memilikinya saat itu juga! saat tahu sinopsis dan tokohnya adalah yg aku inginkan di buat sequel sejak membaca novel pertamanya.

  43. Nama : Anis Nur Lailiyah
    Akun twitter : @lailiyah_anis
    Kota tinggal : Gresik, Jawa Timur

    Alasan saya menginginkan novel Love Trip ini karena saya ingin berkeliling dunia, tapi sayang, saya tidak bisa melakukannya untuk saat ini –karena nggak ada duit😀 —
    Jadi, dengan membaca novel ini saya berharap bisa berkeliling dunia mulai dari Denver, Kyoto, Bali, Lombok, dan Praha bersama cinta Cakra dan Luna tentunya, meskipun yang berkeliling dunia jiwa saya saja –tanpa raga😀 —

    Dan pastinya, yang paling membuat saya tertarik adalah budaya nyentana yang dimasukkan Mbak Putu dalam novel ini, mungkin bukan hanya saya yang tertarik tapi semua yang ikutan giveaway ini juga pasti akan tertarik karena memang adat nyentana yang diangkat ini sangat unik dan belum banyak orang yang tahu, langka sekali, karena sangat jarang novel romance modern –seperti Love Trip ini– yang menyelipkan sebuah budaya tradisional dalam ceritanya.
    Mungkin ini bisa dijadikan ciri khas dari setiap novelnya Mbk Putu nih, selalu menyisipkan budaya dari setiap tempat yang menjadi latar di novel-novel berikutnya, mungkin next bisa pake Tengger dengan upacara kasadanya, wkwkwk, maapkan khayalan saya mbak.

    Saya juga penasaran setengah mati ending dari novel ini, apa akhirnya Cakra mau melakukan pernikahan nyentana dengan Luna karena dari beberapa artikel yang saya baca (dibela-belain baca-baca artikel tentang nyentana demi novel ini) banyak lelaki Bali yang tidak mau melakukan pernikahan ini karena bisa menghina

    [LANJUT KE BAWAH]

  44. Nama: Ana Bahtera
    Akun: @anabahtera
    Domisili: Aceh
    Kenapa buku ini sangat aku inginkan?
    1. Ada kata “love” dan “trip” sebagai judulnya, Aku menyukai pembahasan akan kedua kata itu, apalagi sekarang keduanya dijadikan satu kisah yang pastinya akan memukau. menikmati cinta sambil menikmati tempat-tempat indah dpenjuru semesta.
    2. Ingin mengetahui bagaimana rahasia LDR yang bisa menjadi bahagia pada akhir cerita sambil mendapatkan budaya-budaya yang berbeda disetiap kotanya.
    3. Karena aku sangat menyukai hadiah, apalagi dari giveaway-giveaway blogger Indonesia.

  45. Nama : Rahimah
    Twitter : @rarahiemah
    Kota : Aceh

    Jawaban :
    Kalau disuruh ngasih alasan kenapa pengen buku ini, so pasti alasan yang paling simplenya adalah karena ini gratis loh, dibagiin secara cuma-cuma. Dan yang paling simple lagi jawabannya adalah belum punya dan belum pernah baca. Itu aja. Eh nggak nggak, ding!
    Jadi, berdasarkan isi review yang mbak Luckty tulis di atas, banyak sekali hal yang bikin penasaran aku dari buku ini.
    – Pertama, ini buku tentang pasangan LDR. Satu hubungan yang selama ini pengen aku tertawain, ya LDR. Aku orang yang nggak pernah percaya sama yang namnya hubungan jarak jauh, bahkan sering banget nyinyirin orang-orang dalam status hubungan yang semacam ini. Hingga akhirnya aku tahu, bahwa perjalanan kisah sepasang kekasih dalam hubungan LDR itu nggak semudah kata-kata yang aku lontarkan untuk ngatain mereka. Aku baru sadar saat setahun lalu pas mulai kuliah aku mengalami hubungan yang seperti ini. Bukan dengan pasangan, tapi dengan keluarga. Rasanya nggak enak banget tiap hari kangen mulu dan pengen ketemu, nggak tenang pokoknya. Sampai akhirnya terbiasa juga. Jadi, kesimpulannya, aku hanya ingin dari buku “Love Trip” kisah LDR Luna dan Cakra ini aku bisa sedikit belajar yang namanya saling percaya dalam mempertahankan ke-ldr-an. Aku berharap kisah meraka bisa bikin aku nggak lagi-lagi merendahkan hubungan teman-teman LDR, dan juga kuharap mereka bisa buktikan padaku bahwa nggak Cuma orang-orang pacaran biasa aja yg hubungannya bisa goals, tapi LDR juga.
    – Kedua, ini bukan sekedar novel perjalanan, cinta-cintaa, atau pun LDR seperti kubahas di atas, tapi buku ini juga memberikan berbagai wawasan mengenai adat di Bali, nyentana bahkan juga perbedaan kasta antar manusia. Dan jujur, aku baru tahu soal sentana atau nyentana itu dari baca review buku ini, sebelumnya belum pernah dengar. Kebetulan saat ini aku sedang mengambil Mata kuliah Komunikasi Antarbudaya, yang pasti membahas berbagai budaya yang ada di Indonesia. Mungkin dengan buku ini bisa membantu aku mengetahui salah satu budaya di anatara beranekaragamnya budaya Indonesia itu sendri di berbagai daerah, ya yang di sini itu budaya dan adat-adat Bali. Lumayan kan dapat hiburan dengan ceritanya, dapat banyak ilmu juga, ketimbang Cuma baca buku bacaannya sendiri yang monoton pembahasan doang. Hihi…
    – Ketiga, aku suka banget novel-novel yang banyak ngambil setting dalam negeri, apalagi Bali dan Lombok, dan Love Trip ini masuk kategori favorit aku. Meskipun belum bisa ke sana, setidaknya tau tempat dan daerahnya dulu kan nggak apa-apa hehe. Jadi, nggak ada alasan deh buat aku nggak pengen sama buku ini.
    Hufttt… itulah alasan kenapa aku kepengen banget dapat dan bisa baca buku ini – yang setelah kulihat dan kubaca ternyata udah kayak bikin satu postingan blog, dan lagi di dalamnya isinya curhatan semuaaa…. fyiuuuhhhhh- Ok, maap jika jawabanku begitu panjang juga melelahkan yang baca, sama, ku ngetiknya juga lelah sendiri.. jari-jariku sih. Tapi tetap, ini udah bisa ngeluarin uneg-uneg udah cukup lega banget. Thanks kak Nia udah nulis buku ini dan mbak Luckty yang udah bikin review serta giveawaynya. Kalian luar biasaaaa!!!

  46. Nama : Salwa Balfas
    Akun Twitter : @Safaira01
    Kota Tinggal : Purwakarta

    ☆ Covernya menarik,
    ☆ Penasaran dengan lanjutan kisahnya dan endingnya akan seperti apa?
    ☆ Membaca buku ini juga sama aja bertualang ke beberapa tempat yang pastinya bikin ngiler pengen ikut kesana juga. apalagi settingnya pun di banyak tempat *okmakinngiler
    ☆ Judulnya love trip, pastinya banyak pelajaran dan budaya yang bisa diambil dari cerita ini.
    ☆ Baca reviewnya ka luckty bikin aku makin penasaran pake bangettt nget ngettttt…
    ☆ Aku juga penasaran dengan gaya berceritanya kak putu seperti apa?
    ☆ Pengen ikut jalan-jalan juga meski lewat membaca buku ini, setidaknya memuaskan imajinasiku. Hehee… 😀

    Bismillah, semoga beruntung🙂🙂

  47. Salwa Balfas
    @Safaira01
    Purwakarta

    ☆ Covernya menarik,
    ☆ Penasaran dengan lanjutan kisahnya dan endingnya akan seperti apa?
    ☆ Membaca buku ini juga sama aja bertualang ke beberapa tempat yang pastinya bikin ngiler pengen ikut kesana juga. apalagi settingnya pun di banyak tempat *okmakinngiler
    ☆ Judulnya love trip, pastinya banyak pelajaran dan budaya yang bisa diambil dari cerita ini.
    ☆ Baca reviewnya ka luckty bikin aku makin penasaran pake bangettt nget ngettttt…
    ☆ Aku juga penasaran dengan gaya berceritanya kak putu seperti apa?
    ☆ Pengen ikut jalan-jalan juga meski lewat membaca buku ini, setidaknya memuaskan imajinasiku. Hehee… 😀

    Bismillah, semoga beruntung🙂🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s