REVIEW Bintang Jatuh + GIVEAWAY

PicsArt_22_06_2016 11_15_49

“Itulah mengapa manusia tidak boleh sombong. Manusia boleh berencana, tetapi Allah yang menentukan. Sombong tidak cuma di tunjukkan oleh harta, pangkat, jabatan, ilmu atau keimanan yang dimiliki seseorang, tetapi juga cinta yang ada di hati seseorang itu. Kalau seseorang merasa kekuatan cintanya begitu besar dan merasa tak ada kekuatan apa pun yang dapat menandinginya, justru situ Allah akan memberinya ujian. Salah satunya, dengan dipisahkan. Karena itu, selalu libatkan Allah dalam urusan hatimu. Jangan mencintai orang dengan perasaan buta.” (hlm. 74)

BINTANG menjalani hubungan dengan ALENA kurang lebih tiga tahun. Sebelumnya, Bintang dan Alena hanya teman satu SMA. Saat mereka satu sekolah dulu, mereka tidak bergaul atau ngobrol secara intens. Namun, teman sebangkunya di kelas Ilmu Alam 1 adalah sahabatnya di OSIS. Dengan perantara sahabat itulah mereka kemudian dekat, bertemu lagi saat kuliah dan akhirnya jadian.

Bagi Bintang, Alena adalah perempuan yang selama ini dicarinya. Dia perhatian, keibuan, feminim, perasaannya halus, kalem, dan tak neko-neko. Lalu mengapa Bintang memutuskan hubungan dengannya?

Bintang merasa dia dan Alena sudah berbeda visi dan misi. Keluarga Alena terus mendesak Bintang untuk melamarnya, sementara dia tidak bisa. Mbak Winta, mbaknya belum menikah. Dia tidak boleh melangkahinya. Dalam budaya keluarga besarnya, mendahului kakak untuk naik pelaminan tidak diperbolehkan. Konon, rumah tangga sang adik nantinya tidak berjalan mulus. Bintang sendiri tak tahu dari mana kepercayaan itu berasal.

Pacar Mbak Winta sendiri berkali-kali sudah berencana melamarnya, tetapi Mbak Winta itu punya prinsip bahwa dia akan menikah setelah Bapak sembuh. Padahal kalo dilihat, kondisi bapak sampai sekarang tidak ada kemajuan. Bicara pun tak terlalu jelas. Stroke, jantung, dan diabetes adalah penyakit-penyakit yang harus beliau hadapi.

Jadi, begitulah keadaan Bintang. Dia punya pilihan selain memutuskan hubungan dengan Alena yang terus mendesaknya untuk menikah. Dia tidak bisa melangkahi Mbak Winta. Konsentrasi keluarga Bintang saat ini juga bukan berpusat pada pernikahan, melainkan kesembuhan Bapak.

Manusia yang sedang patah hati masuk kategori yang mana?Apakah manusia yang sedang patah hati termasuk manusia yang merugi karena membuang-buang waktu untuk memikirkan luka hatinya? Lalu, apa itu hati? Di mana letaknya? Jika raga ini dibelah, tak akan ditemui wujudnya. Namun jika hati sudah sakit, dia bisa membodohi otak, menghambat jantung berdetak, dan menyesakkan paru-paru. (hlm. 13)

Sebenarnya Bintang saat itu memberikan dua pilihan untuk Alena. Menghadap Mbak Winta dan menunggu semuanya berjalan sesuai proses atau mereka putus. Siapa sangka, Bintang kira Alena mau menunggu dan bersabar untuk, ternyata Alena justru memilih kedua.

Kalau dipikir-pikir, selama ini Alena memilih Bintang bukan atas dasar cinta, tapi lebih karena bangga memiliki pacar seperti Bintang. Contohnya saja Alena selalu membanggakan pacarnya ini di depan teman-teman kantornya, nggak kebayang kan gimana risihnya Bintang. Trus, tiap artikel Bintang dimuat yang terlihat bukan bahagia karena artikel pacarnya dimuat, tapi lebih ke rasa bangga bahwa tulisan pacarnya itu bisa dipamerkan ke orang lain.

“Tapi kamu nggak bisa menyalahkan perasaan Alena yang kamu anggap hanya sayang sama kamu ketika kamu membuatnya bangga. Kemudian membuang kamu ketika kamu terpuruk. Kita nggak pernah tahu perasaan orang, Bin. Termasuk orang itu sendiri.” (hlm. 73)

“Lo juga harus bayangin jadi Alena. Mungkin dia lagi seneng banget punya pacar. Coba lo bayangin. Empat tahun kuliah mulu sampe jadi mahasiswa berprestasi, cum laude, dan mau S2 ke UK. Mungkin saat ini, dia merasa berbunga-bunga banget lo ada dalam hidupnya.” (hlm. 78)

PicsArt_19_06_2016 14_22_14Bintang adalah representasi pemuda galau pasca patah hati. Mungkin yang belum pernah merasakan yang namanya patah hati akan mengatakan jika Bintang lemah banget jadi laki-laki, tapi jika sudah pernah mengalami yang namanya patah hati bisa merasakan apa yang dirisaukan oleh Bintang pasca putus dari Alena. #uhuk #KasihKacaBuatDiriSendiri

Oya, ada sindiran berat soal memiliki akun sosmed. Hendaknya kita bijak dalam menggunakan sosmed, nggak perlu semua permasalahan di umbar di sosmed. Ingat, sosmed bukan diary, karena sosmed bisa dibaca oleh semua orang. Di halaman 46-47 contohnya. Ketika sudah mantanan ataupun baru mengenal seseorang ternyata orang tersebut ingin mengetahui seluk beluk seseorang biasanya akan menelusuri alias stalking akun sosmednya, saya juga gitu. Pernah beberapa kali ilfeel sama seseorang pas menelusuri riwayat akun sosmednya x)) Tiati yang sering upload foto ama pacar, repot kalo putus. Mesti apus satu per satu kadang juga lihat teman buat sosmed dengan akun baru karena repot mustu banyak foto yang diapus. Meski demen banget buka sosmed, saya jarang banget umbar kehidupan pribadi (apalagi upload foto ama seseorang yang belum halal, wkwk), makanya jangan heran jika akun sosmed saya isinya hanya buku, buku, dan buku melulu x))

Berikut selipan pesan moral yang terselip dalam buku ini:

  1. Ketika sudah masuk sholat dan kita masih dalam kendaraan yang tidak memungkinkan kita untuk shalat di masjid, kita masih bisa shalat. Berwudhu bisa digantikan dengan tayamum. Ada ulasannya di halamn 33-35.
  2. Tentang MENARI bagi perempuan dalam pandangan Islam. Islam melarang segala aktivitas manusia yang dapat menyebabkan mereka lalai dan melupakan kewajibannya sebagai umat Islam. Begitu pula dengan menari. Jika kita ingin menjadi penari yang mengakibatkan para penontonnya melupakan Allah atau membuat nafsu mereka timbul karena goyangan yang erotis, tarian tersebut haram hukumnya. Jika tarian itu tidak erotis, dibolehkan. Sebaiknya sebuah tarian ditonton oleh mahram dan keluarga. Atau jika para penarinya laki-laki, harus ditonton oleh laki-laki. Begitu pula sebaliknya. Jika para penari adalah wanita, harus wanita yang menontonnya. Jika pada akhirnya ada lawan jenis yang ikut menonton, sebaiknya gerakan para penari tidak erotis agar menjaga syahwat para penontonnya.
  3. SHALAT JAMAK. Seorang musafir atau yang sedang melakukan perjalanan jauh dan tidak memungkinkan berhenti untuk shalat seperti biasa, bisa melakukan shalat jamak. Yaitu, shalat Zuhur dibarengi dengan shalat Ashar. Ada selipannya di halaman 111-112.
  4. QADA dan QADAR. Qadar adalah ketetapan Allah yang sudah berlaku sejak dahulu kala. Sedangkan qadar adalah takdir. Semua takdir yang baik maupun yang kurang baik bagi manusia adalah kehendak Allah. Semua takdir baik yang berbuah kesenangan, canda, dan tawa adalah ujian. Semua takdir buruh yang berbuah kesedihan, tangis, dan duka juga ujian. Manusia yang lulus ujian adalah manusia yang dalam kondisi senang ataupun sedih, dia tetap ingat pada Allah. Ada uraiannya lengkap di halaman 147-148.

Beberapa kalimat favorit dalam buku ini:

  1. Jangan paksa dirimu untuk cepat-cepat melupakannya. Kamu dulu berkenalan sampai mencintainya pelan-pelan to? (hlm. 5)
  2. Mencintai dan melupakan tak bisa disamakan. Ketika kita memutuskan untuk mencintai seseorang, terkadang hal itu tak bisa direncanakan. Lain halnya jika melupakan seseorang. Ada unsur kesengajaan di situ, bahkan ada kewajiban untuk itu. (hlm. 6)
  3. Libatkan Allah dalam setiap langkahmu. (hlm. 29)
  4. Kita nggak pernah tahu perasaan orang. Termasuk orang itu sendiri. (hlm. 73)
  5. Jernihkan pikiranmu. Bersihkan hatimu dari luka dan benci terhadap seseorang. Kemudian tenang, ikhlas, dan siap melangkah lagi. (hlm. 100)
  6. Allah nggak akan kasih ujian di luar batas kemampuan hamba-Nya. (hlm. 111)
  7. Kamu harus menyugesti dirimu kalau kamu nggak galau. Soal berdoa sama Allah, galau atau nggak, kan kita harus tetap berdoa sama Allah. (hlm. 111)

Beberapa selipan sindiran halus dalam buku ini:

  1. Mungkin seharusnya jangan pernah pacaran dengan teman satu permainan. Kalau putus, merepotkan teman-teman lain. (hlm. 8)
  2. Memangnya kalo dikenalin langsung jadi pacar? Kan bisa aja cuma jadi teman ngobrol. (hlm. 9)
  3. Cuma mengemukakan pendapat. Memangnya nggak boleh? Udah zaman demokrasi, akn? (hlm. 9)
  4. Kenapa dia baru curhat sekarang? Putusnya kan udah kemarin-kemarin? (hlm. 24)
  5. Menjalin hubungan tanpa mau menikah saja saja seperti kuliah tanpa mau wisuda. (hlm. 47)
  6. Cinta yang gagal sama lo adalah pengalaman untuk mendapatkan cinta yang abadi bersama orang lain. (hlm. 47)
  7. Jika mempertahankan hubungan membuat lo capek, lepaskan saja orang nggak berguna itu. Move on! (hlm. 51)
  8. Apa sih salahnya bikin orang seneng? (hlm. 64)
  9. Tungu apa lagi? Jangan terlalu lama pacaran. (hlm. 68)
  10. Kalau lo mau berkomentar aneh, nggak apa-apa. (hlm. 70)
  11. Emang cowok nggak boleh rempong? Diskriminasi gender lo. (hlm. 78)
  12. Ngapain sih ngurusin orang? Nggak ada yang seru di hidupnya apa, sampe-sampe ngurusin hidup orang lain? (hlm. 142)
  13. Dendan cuma bikin otak sama muka lecek. (hlm. 151)

Keterangan Buku:

Judul                                     : Bintang Jatuh

Penulis                                 : Silvarani

Editor                                    : Gita Savitri

Desain sampul                   : Suprianto

Setter                                   : Nur Wulan Dari

Penerbit                              : PT Gramedia Pustaka Utama

Terbit                                    : 2014

Tebal                                     : 166 hlm.

ISBN                                      : 978-602-03-09-68-2

PicsArt_19_06_2016 14_23_29

MAU BUKU INI?!?

Simak syaratnya:

1. Peserta tinggal di Indonesia

2. Follow akun twitter @lucktygs dan @silvarani . Jangan lupa share dengan hestek #GABintangJatuh dan mention via twitter.

3. Follow blog ini, bisa via wordpress atau email.

4. Jawab pertanyaan di kolom komentar di bawah, plus nama, akun twitter, dan kota tinggal. Pertanyaannya adalah berikan alasan kenapa menginginkan buku ini. Mudah kan?😉

5. Giveaway ini juga boleh di share via blog, facebook, dan sosmed lainnya. Jangan lupa sertakan hestek #GABintangJatuh yaaa… 😉

Event ini gak pake helikopter, eh Rafflecofter yang ribet itu. Jadi pemenang ditentukan dari segi jawabannya yaaa… ( ‘⌣’)人(‘⌣’ )

#GABintangJatuh ini berlangsung lima hari saja: 26-30 Juli 2016. Pemenang akan diumumkan tanggal 31 Juli 2016.

Akan ada SATU PEMENANG yang akan mendapatkan buku ini. Hadiah akan langsung dikirimkan oleh penulisnya! ;)

Silahkan tebar garam keberuntungan dan merapal jampi-jampi buntelan yaaa… ‎(ʃƪ´▽`) (´▽`ʃƪ)!

Pengumuman Pemenang Giveaway Bintang Jatuh

Terima kasih dengan keantusiasan teman-teman untuk mengikuti Giveaway Bintang Jatuh. Sekali lagi, makasih banyak ya buat semua!😉 #PeyukSatuSatu

Pemenang giveaway kali ini adalah:

Nama: Leny
Twitter: @Lynlainy17
Kota tinggal: Rantau, Kalimantan Selatan

Alasan aku menginginkan buku ini, karena dalam novel ini banyak mengandung pesan moral, tema yang diangkat dalam novel ini adalah tema yang menarik sekali menurutku, tidak hanya bercerita tentang cinta semata, namun ada tentang keluarga, budaya, dan juga bagaimana kita seharusnya menggunakan sosmed dengan bijak, dan ini sangat penting. Selain itu Aku juga suka sekali dengan novel yang mengangkat cerita cinta islami seperti novel bintang jatuh ini. Aku juga ingin berkenalan dengan penulisnya lewat novel ini, mengingat aku belum pernah mencicipi karya penulis sebelumnya. Semoga aku berjodoh dengan novel ini.

Selamat buat pemenang. Sila kirim email ke  emangkenapa_pustakawin[at]yahoo[dot]com dengan judul: konfirmasi pemenang Giveaway Bintang Jatuh. Kemudian di badan email cantumkan; nama, alamat lengkap, dan no hape biar hadiahnya segera dikirim langsung oleh penulisnya ya.

Terima kasih buat Mbak Silvarani atas kerjasamanya, sekali lagi terima kasih banyak atas kepercayaannya. Semoga lain waktu bisa bekerjasama kembali… 😉

Buat yang belum menang, jangan sedih. Masih banyaaaakkkk giveaway lainnya yang menanti!! :*

-@lucktygs-

25 thoughts on “REVIEW Bintang Jatuh + GIVEAWAY

  1. Nama: Reyza Zamzamy
    Akun twitter: @reyzamzamy
    Kota tinggal: Surabaya

    “Apa alasan menginginkan buku ini?”

    Dari awal aku membaca judulnya dan melihat covernya saja aku sudah jatuh hati dan dibuat penasaran sama bukunya. Judulnya manis banget hehe, covernya juga unik sekali dan bikin aku suka. Makanya aku pengen banget punya bukunya.
    Yang selanjutnya bikin aku penasaran dan pengen baca bukunya adalah konflik yang dihadirkan dalam novel ini. Sepertinya konflik yang dihadirkan seru banget. Ada tentang percintaan, ada pula tentang aturan keluarga yang tak bisa dilawan, lalu konflik antara Bintang dan Alena yang rumit sekali, dan masih banyak lagi.
    Selain itu yang bikin aku juga suka nih, ternyata banyak banget sindiran-sindiran halus yang ternyata justru sangat bermanfaat bagi pembaca. Kayaknya kalau aku baca nanti juga bakalan kesindir nih haha. Terus ada juga beberapa ilmu islami yang bisa diambil ketika membaca novel tersebut. Ah, seneng banget deh kayaknya kalau bisa mendapatkan novel itu, aku adi bisa belajar banyak juga.
    Yap, itulah yang membuat aku semakin penasaran dan sangat menginginkan novel Bintang Jatuh ini.

  2. Ulfa Nursyifa l @ulfaminha l Purwakarta, Jawa Barat

    “berikan alasan kenapa menginginkan buku ini?”
    Simple banget deh, jawabannya adalah loved. Suka penulisnya. Suka karyanya. Suka judulnya. Suka covernya. Dan yang pasti penyuka novel hihi. Jadilah cinta pada GA ini. Wish me luck🙏🙏

  3. Nama : Silvy Rianingrum
    Akun Twitter : @berryfledge
    Kota Tinggal : Bekasi tersayangggggg<3wkwk

    Jawaban : Alasan kenapa aku mau buku ini?wihh xD Yang pertama, judulnya eye-catching banget-banget-banget-banget. Ada bintangnya, bikin bukunya ikutan bersinar /cailahwkwk😂 Yang kedua, covernya somehow, menarik. Engga tau ada apaannya, tapi karismatik gitu covernya wkwk😂 Yang ketiga, authornya, siapa yang engga pengen baca buku kece karya author yang juga sama kece dan kerennya? Aku penasaran sama karya-karya Kak Silvarani. Empat huruf dari nama Kakak, btw, sama kayak empat huruf diawal namaku loh wkwk. Ada koneksi nih harusnya😂😂 (Seriusan, ini agak engga jelas wkwk) Nah selanjutnya, seperti biasa, Kak Luckty selalu aja bikin review yang bikin orang-orang tertarik untuk baca buku yang direview disini. Aku dibikin penasaran, kepo, baper setiap kali baca reviewnya. Aku mau tau alasan kenapa judul buku ini Bintang Jatuh, mungkin bisa aku temukan didalam jalan ceritanya atau hanya sekadar nalar aku aja, intinya, aku harus baca bukunya dulu hehe^^ Terus, direview diatas banyak kutipan yang menyebutkan nama Allah. Ya Allah, buku yang bagus, yang baik adalah yang bisa meningkatkan iman kita kepada-Nya, yang bikin kita bisa makin taat dalam mengikuti syariatnya. Buku ini bisa menjadi salah satu inspirasiku. Aku penasaran gimana Kak Silvarani menyampaikan pesan moral dan religi melalui buku ini. Selanjutnya, satu visi dan misi gitulah wkwk, engga mau pacaran/terlalu lama pacaran, maunya cuma satu dan bisa langsung menghalalkan /hehexD. Terus, ini melibatkan keluarga dan kepercayaan alias adat. Engga ngerti lagi, apa bakalan ada jalan keluarnya atau engga. Aku masih punya banyak banget pertanyaan yang belum terjawab T,T
    .
    .
    .
    .
    .
    Plus, aku mau tau, cowok kalau galau gimana😂😂😂

  4. Habib Asyrafy
    @HabibAsyrafy
    Medan

    Kenapa saya mau baca buku ini?

    1. Saya penyuka novel roman islami.
    2. Saya udah lama sekali, gak ikutan GA-nya mbak luckty, padahal saya tahu buku yang dia bikin GA-nya pasti bagus-bagus.
    3. Saya lagi butuh bacaan baru buat direview di blog saya.
    4. Saya mau kenal lebih dekat dengan mbak Silvarani (cie cie)

  5. Nama : Vena Dwi Masfiyah
    Akun twitter : @venadwim
    Kota : Tulungagung
    Jawaban :
    Dari review di atas aku melihat kalau novel ini adalah novel yang bisa menyindir aku. Membuat aku malu sendiri saat membaca review di atas. Habisnya sindiran halusnya ada yang ngejleb loh kak. Itu bisa buat inspirasi yang awalnya bikin kesel. Beneran deh kak ada sindiran yang kak luckty tulis di atas itu seakan-akan novel ini menyindirku. Tapi tidak apa, aku malah suka novel yang begini. Karena ini hidup, karena hidup butuh sakit untuk menjadi semakin baik. Jadi buku yang judulnya simple tapi bagus ini, bagiku adalah salah satu motivasi supaya aku enggak berlebihan pake sosmed, enggak pendendam, enggak neko-neko, dan sepertinya aku harus bisa jujur sama diri aku sendiri. Konflik yang disajikan dalam novel kayaknya juga menarik deh. Sekalian mau belajar bagaimana seorang laki-laki yang sudah dewasa patah hati itu bangkit dari keterpurukkan. Semoga aja bisa jadi motivasi.
    Apakah jawabanku melibatkan hati atau hanya perasaan buta ya?
    Semoga beruntung kali ini ^^

  6. Nama: Elsita F. Mokodompit
    Twittter: @sitasiska95
    Domisili: Gorontalo

    Mencintai secara wajar, tidak buta dan tidak berlebihan adalah pesan yang menurut saya sangat melekat dalam buku ini. Hal yang mungkin harus saya pelajari secara bertahap, bagaimana seharusnya mencintai manusia, terlebih lawan jenis dengan cara yang tidak berlebihan. Saya dulu pernah mengalami patah hati yang begitu hebatnya dan itu cukup membuat saya merasa bahwa dunia saya hancur berantakan. Ditinggalkan secara tiba-tiba tanpa sebab oleh orang yang sangat saya sayangi. Sampai sekarang, saya tidak tahu apakah saya sudah bisa mengikhlaskannya atau tidak, sudah memaafkannya atau belum. Meski telah berkali-kali saya menekankan pada diri saya sendiri maupun orang yang bertanya bahwa saya sudah memaafkannya sejak lama, jauh di dalam lubuk hati saya tidak yakin akan hal itu. Karena terkadang saya masih berusaha mencari informasi tentang dia dan selalu terselip rasa marah ketika mengetahui bahwa dia baik-baik saja. Buku ini saya rasa dapat memberikan saya jalan, cara, atau titik terang bagaimana saya seharusnya menyikapi kehilangan yang saya alami

  7. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    kota tinggal: Serang

    Alasan kenapa menginginkan buku ini…
    Setelah ikutan rangkaian baca bareng novel Love in London bareng Mba Luckty juga bulan puasa kemarin, aku jadi kenal kisah Bintang dan Nada. Karena waktu itu juga diungkit soal novel Bintang Jatuh ini yang menceritakan kisah Bintang dan Alena, jadi kepo & penasaran pengin tahu deh cerita masa lalu Bintang. Karena Bintang Jatuh ini kisah Bintang sebelum di Love in London, jadi pengin banget buku ini biar tuntas dari rasa kepo dan penasaran akan karya-karya Mba Silvarani yang kecebet ini!😉

  8. nama: Ella
    akun twitter: @ellaverina_
    Kota tinggal: Bangkalan

    Saya menginginkan buku ini karena saya pikir tema yang diangkat begitu menarik, yakni tentang bagaimana tabu-nya dalam adat kita khususnya orang Jawa untuk ‘melangkahi’ kakak untuk menikah. Ditambah lagi, sosok Bintang yang merupakan representasi lelaki yang patah hati. Saya penasaran seperti apa sih lelaki ketika patah hati karena sepanjang observasi yang saya lihat cowok itu… nggak seekspresif wanita ketika patah hati, nggak nggak saya nggak lagi diskriminasi gender kok ini. Sumvah. Sebenarnya saya berekspektasi agar sudut pandang yang digunakan dalam buku ini fokusnya ke si Bintang sih😀 Faktor selanjutnya yang bikin saya pengen buku ini adalah Mbak silvarani. Helloo… AADC, Love in Paris, dan Love in London hitz sekali. Karyanya merupakan tipikal yang saya demeeen sekali, dalam artian sesuai sama saya. Jadi harapan saya sih Bintang Jatuh juga sememuaskan tiga buku yang saya sebutkan di atas.

  9. Nama: Alyani Shabrina
    Akun: @alyanishab
    Tempat Tinggal: Badung, Bali

    Alasan aku ingin memiliki buku ini karena dari membaca reviewnya aku menemukan hal-hal yang selama ini aku CARI!!
    apakah itu…. tentang bagaimana muslim melaksanakan ajaran agamanya terutama sholat. jarang sekali aku menemukan novel-novel yang penulisnya mengangkat itu ke dalam novel karyanya, padahal hal itulah yang justru sangat penting dalam hidup kita, karena dengan sholat kita bisa mencurahkan segala perasaan yang tersimpan di dalam hatii. Apalagi buku adalah salah satu media informasi, yang sangat berguna bagi pembacanya. aaaa pengen banget baca buku karya Kak Silvarani, karena belum kesampean baca karya-karyanya. *kudet* jarang punya temen yang suka baca, yang suka baca pun lg pada merantau kuliah kemana-mana *lah curhat*. pokoknya semoga aku bisa baca buku yang kece parah ini, dan penasaran juga gimana penulis memasukkan unsur-unsur religius dalam buku ini. Wanna read, wanna read soon!!! Dan aku suka kutipan yang satu ini “Ketika sudah masuk sholat dan kita masih dalam kendaraan yang tidak memungkinkan kita untuk shalat di masjid, kita masih bisa shalat. Berwudhu bisa digantikan dengan tayamum” karena orang tuaku adalah perantau jadi kami sering melakukan perjalanan jauh pulang kampung dan aku sering mengalami keadaan seperti itu🙂 terakhir semoga bisa baca buku ini secepat “aku bales message kamu” *loh

    sukses terus untuk penulis dan kakak kece sang pemilik blog ini hihihi❤

  10. Nama : Humaira
    Akun Twitter : @RaaChoco
    Kota Tinggal : Purwakarta

    Berikan alasan kenapa menginginkan buku ini. Mudah kan?

    » Aku penasaran karena novel Bintang Jatuh ini merupakan novel yang memiliki sekuel berjudul Love In London. Aku baru tau novel ini saat peluncuran novel keduanya.

    » Sebelumnya sudah ikutan baca bareng dan kuisnya di twitter, aku tertarik sekali tapi ternyata belum beruntung.

    » Aku ingin tahu kisah cinta Bintang ini setelah putus dari Alena.

    » Penasaran karena temanya yang berbeda. Lelaki galau karena patah hati bukan hal sebaliknya yang sering dipakai.

    » Novel ini bukan hanya tentang percintaan. Tapi, ada kekeluargaannya juga ditambah ini merupakan novel islami.

    » Usaha-usaha Bintang untuk bisa melupakan dan lepas dari patah hati.

    » Aku ingin tau apa Bintang sadar jika selama ini Alena suka padanya bukan karena cinta, tapi karena bangga dan hanya untuk dipamerkan saja.

    » Karena aku ikut baca bareng di twitter, aku penasaran dengan perempuan yang nanti membuka mata dan hati Bintang.

    » Sebenernya judul covernya itu mampu mencerminkan isinya, tapi judul tersebut bisa memiliki 2 makna

  11. Nama : Siti Maisyaroh
    Akun Twitter : @siti_maisyaroh
    Kota Tinggal : Bandung

    berikan alasan kenapa menginginkan buku ini?
    Aku udah lama pengen baca bukunya silvarani, tapi sampai sekarang masih belum bisa terlaksana… *ngarep bisa baca karna dapet give away dari teh luckty. Tentang buku bintang jatuh, jujur kalo di mata aku buku ini punya tema yang unik.. tentang cinta dari pandangan cowok. Penasaran? jelas, pake banget malah. Dari reviewnya aja udah kelihatan segimana bintang jatuh cinta sama Alena, kebimbangan bintang dan akhirnya harus kecewa karena Alena memilih untuk berpisah dari bintang. Juga, gimana caranya melupakan (move on).

    “Itulah mengapa manusia tidak boleh sombong. Manusia boleh berencana, tetapi Allah yang menentukan. Sombong tidak cuma di tunjukkan oleh harta, pangkat, jabatan, ilmu atau keimanan yang dimiliki seseorang, tetapi juga cinta yang ada di hati seseorang itu. Kalau seseorang merasa kekuatan cintanya begitu besar dan merasa tak ada kekuatan apa pun yang dapat menandinginya, justru situ Allah akan memberinya ujian. Salah satunya, dengan dipisahkan. Karena itu, selalu libatkan Allah dalam urusan hatimu. Jangan mencintai orang dengan perasaan buta.” (hlm. 74)

    penggalan cerita ini juga bikin aku makin ngebet pengen baca buku ini. Perpaduan antara cinta, personal, agama dan keyakinan terhadap sang pencipta pastinya bikin buku ini makin seru buat di baca

  12. Nama : Mifta Rizky Wratnasari
    Akun Twitter : @keyminoz
    Kota Tinggal : Gresik – Jatim

    Alasan kenapa ingin novel ini karena jatuh hati banget sama tokoh bintang, dari reviewnya juga banyak banget pesan moral yang ada dalam novel jadi sekalian belajar agama, trus penasaran kalo cowok lagi patah hati itu gimana,

  13. Fatimah
    @Imah_Fatma29
    Yogyakarta
    Alasan kenapa ingin novel ini karena menambah koleksi bacaan. Sebab aku harus akrab dengan yang namanya novel apapun genre yang disuguhkan agar aku bisa menambah wawasan dan referensi untuk menggalakkan pemuda-pemudi Indonesia menyukai kegiatan melahap buku. Review dari mbak Luckty menggugah hati aku menelusuri setiap kisah dalam novel ini. Sayang banget kalau melewatkan kesempatan mendapatkan novel ini secara cuma-cuma. Menghemat kantong, tetapi mendapatkan ilmu yang berlipat ganda. Aku merasa tertantang untuk membaca novel ini, sebab aku belum pernah membaca novel yang menyuguhkan perpaduan antara cinta, personal, agama, adat istiadat dan seorang cowok galau. Bagaimana tokoh utama menyelesaikan konfliknya? Apakah berhasil atau tidak? Aku juga berharap bisa lebih dekat dan akrab dengan penulisnya, mbak Silvarani. Mengingat aku belum pernah membaca novel yang menyertakan unsur Islami dalam novel dan berkesempatan melahap novel ini dengan cara yang tidak terduga. Semoga tercapai dan kabulkan permintaanku ya, mbak Lucky?

  14. Nama : Annisa Rizki Sakih
    twitter : @annisakih
    link share : https://twitter.com/Annisakih/status/757961613374656513
    domisili : Batam, Kepri

    Saya menginginkan buku ini karena ingin membaca karya-karya awal mba Silvarani yang pastinya sulit saya dapatkan di toko buku di pulau saya. Sejauh ini buku karya mba Silvarani yang saya baca semuanya memuaskan. Setelahnya saya akan mempergunakan buku ini untuk belajar membuat review buku yang lebih baik lagi dalam bentuk blogpost dan review di account goodreads saya.

  15. Nama: Son Agia (son_agia)
    Domisili: Bandung

    Jujur, biasanya setiap kali saya memilah dan berburu buku, terutama novel, saya tidak terlalu percaya dengan review pembaca atau sinopsis yang ada di halaman belakang. Ini dikarenakan seringnya saya ‘tertipu’ dan dikecewakan oleh dua hal itu.

    Tapi, ada yang menarik perhatian saya di postingan blog ini, yaitu kutipan-kutipan dalam novel yang diselipkan oleh teteh Luckty, terutama di paragraf “Beberapa selipan sindiran halus dalam buku ini”.

    Wow wow wow! Quote-quotenya sangat ngena dan “bener banget”. Dan dari situ saya langsung mikir: “Kayaknya kakak yang nulis buku ini cukup observant.” *If you know what I mean* And now of course, I think this book is worth reading🙂

  16. Nama: Sarah Aisyah
    Twitter: @aisyarah03
    Kota: Tasikmalaya

    Alasan kenapa menginginkan buku ini?

    Ya karena novel ini berkisah tentang patah hati versi cowok. Novel ini juga membahas tentang kebudayaan yang berkembang di indonesia soal ga boleh ngelangkahin kakak wanita, setau ku sih gitu. Dan juga terselip pesan Religi didalamnya,
    bukan ingin menggurui tapi sebatas mengingatkan.

    Selain karena cerita nya juga menarik, cover nya juga ga kalah keren, cover nya simple tapi langsung memikat (?) Apalagi penulisnya yang ngeluarin novel-novel dengan genre yang berbeda.

    Jujur sih, butuh banget bacaan disela-sela rutinitas sekolah.

  17. Nama : Heni Susanti
    Akun Twitter : @hensus91
    Kota Tinggal : Pati – Jawa Tengah

    Alasan aku menginginkan buku ini adalah agak aku bisa menjadi saksi kejatuhan Bintang dan perjuangannya untuk bangkit lagi. Agar Bintang tak seperti Cakra Khan yang terjatuh dan tak bisa bangkit lagi….hahaha

    Apalagi Mbak Silvarani melanjutkan kisah Bintang dalam Love in London. Dan aku suka kisah yang ada sekuelnya. Jadi sebelum baca Love in London yang menjadi kisah kebangkitan Bintang, aku sangat berharap bisa membaca bagaimana kisah kejatuhan Bintang.

    Dan juga, aku yang sangat suka membaca ini sangat berharap bisa menambah jumlah anak adopsian. Aamiiin.

  18. Retno
    @retnomauli08
    Jember, Jatim

    Kenapa menginginkan buku ini?
    Karena setelah baca review diatas aku mulai menginginkan baca keseluruhan buku bintang jatuh.. kata-katanya menyentuh hati, mungkin krna saya merasa mengalami seperti itu seperti kata “jangan paksa dirimu cepat-cepat melupakany. Kamu pernah pelan-pelan mencitainya to?” Kena bnget di aku kalimat” ini dan masih bnyak kalimat” yg menakjubkan waktu aku baca review ny.. kak pingen bnget deh buku ini. Makasih🙂

  19. Nama : Lely Nurvita Sari
    Akun twitter : @LelyNurvita
    Kota tinggal : Medan

    Jawaban :
    Alasannya ada 3 :
    . Pertama, karena aku gak pernah menang2 ikutan giveaway, mau beli bukunya gadak uang. Maklumlah namanya anak kuliah, lebih besar pengeluaran daripada pemasukan.
    . Kedua, aku suka judulnya “Bintang Jatuh” menarik dan sederhana. Mampu membingungkan pembaca karena punya banyak makna. Dan tokohnya yang bernama Bintang ternyata memang benar2 lagi jatuh, ya terjatuh karena cinta.
    . Ketiga dan ini alasanku paling utama, berhubung buku ini menceritakan tentang kisah seorang pemuda yang sedang patah hati. Aku bakal merekomendasikan buku ini sama sahabatku, karena aku gatau mesti ngomong apalagi sama dia. Semenjak kisah cintanya yang kandas, pribadinya berubah 180 derajat. Jujur sih, aku sendiri hampir angkat tangan tapi aku gak bisa biarin sahabat aku gitu aja.

    Semoga kali ini aku beruntung, amin.

  20. Ana Bahtera/ @anabahtera / Aceh

    1. pastinya karena penulisnya yg udh kece badai.
    2. novel ini tidak hanya maslah cinta aja namun byk pesan moral yg menjadi ilmu baru bagi pembacanya
    3. suka sama quote “libatkan Allah dsetiap langkahmu” (hal.29) dan yg ada d.hal 111
    4. novel ini berisi perjuangan dalam hidup yg melibatkan keluarga n org tersayang sehingga bisa jg masukkan bagi aku yg sedang memerlukan pencerahan.
    jadi k.4 alasan itu rasanya ckup untuk membuatku sangat menginginkan buku ini

  21. Nama: Leny
    Twitter: @Lynlainy17
    Kota tinggal: Rantau, Kalimantan Selatan

    Alasan aku menginginkan buku ini, karena dalam novel ini banyak mengandung pesan moral, tema yang diangkat dalam novel ini adalah tema yang menarik sekali menurutku, tidak hanya bercerita tentang cinta semata, namun ada tentang keluarga, budaya, dan juga bagaimana kita seharusnya menggunakan sosmed dengan bijak, dan ini sangat penting. Selain itu Aku juga suka sekali dengan novel yang mengangkat cerita cinta islami seperti novel bintang jatuh ini. Aku juga ingin berkenalan dengan penulisnya lewat novel ini, mengingat aku belum pernah mencicipi karya penulis sebelumnya. Semoga aku berjodoh dengan novel ini.

  22. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    Karangasem,Bali

    Aku pengin mengenal Bintang lebih dalam, terutama dari kehidupannya di masa lalu sebelum akhirnya aku menemukan dia lagi di Love in London (Around The World With Love Batch 2). Memang sih, kisah ini adalah dua cerita terpisah, hanya saja tokohnya sama. Baca Bintang Jatuh atau Love in London lebih dulu tidak jadi masalah. Tapi aku lebih nyaman kalau bisa baca novel ini dulu sih hehe.. Penasaran juga sama karya mbak Silvarani yang novel solo begini. Novelisasinya aja keren banget, apalagi yang ditulisnya sendiri?

  23. Fridalia Septiarini H
    @frdliash
    Purwakarta – Jawa Barat

    Pertama baca judulnya udah suka karena aku pribadi suka dengan bintang ditambah pengarangnya mba silvarani. Waah makin pengen punya ini buku. Secaraaa buku-bukuba silvarani banyak diincer banget para pembaca kaannn… Terus baca reviewnya dan makin makin pengen baca novel ini karena dari dulu aku pengen bikin cerita dan nyari jga cerita roman tapi bernuansa islami dan kayaknya aku bakal nemuin di buku ini.. How lucky i’m kalau dapet buku inii huhu

  24. Fian Aulia
    @fian_aulia
    Yogyakarta

    Jawaban :

    That’s WOW! Bintang Jatuh? Awesome sekali. Ditambah ada selipan moral agama🙂 cinta emang gak harus buta. Dan gimana sih, mengambil sudut pandang cowok yang sakit hati? Love it :* secara aku cewek, hal baru mengenal sisi rapuh cowok melalui buku ‘Bintang Jatuh’. Overall, review-nya manis banget, bikin banyak orang pengin bukunya.🙂 Terima kasih ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s