REVIEW Haunted Library

WP_20151208_011

Tahu buku ini pas buka halaman sebuah toko buku online. Sinyal langsung kuat kalo udah ada aroma perpustakaan. Jadi, meskipun ini merupakan buku dari penerbit yang asing di telinga, tanpa pikir panjang langsung beli. Tapi ampe lumayan lama di timbunan, padahal begitu pas baca mah selesainya singkat banget, soalnya isinya bentuk komik!! x))

Selain aroma perpustakaan, yang bikin tertarik ama komik ini adalah penulis cerita dan ilustratornya ternyata orang Indonesia, dan tampilan gambarnya banget, semacam manga ala-ala Jepang gitu.

Diceritakan sebuah gerombolan siswa yang bersekolah di asrama. Tokoh-tokohnya adalah Putri Ajeng, Putri Odelia, Putri Ghasani, Putri Ellen, Putri Rosmalia dan Putri Annisa. Setiap tokoh memiliki karakter yang berbeda.

Adalah Putri Ghasani yang berkunjung ke perpustakaan sendirian. Suasana sepi, hanya ada satu pengunjung yang datang. Mereka berkenalan. Pengunjung itu bernama Florence, yang biasa dipanggil Flo. Tujuan Putri Ghasani ke perpustakaan adalah mencari bahan untuk menyelesaikan esai tentang masa penjajahan. Flo membantunya untuk menemukan buku-buku yang dibutuhkan. Malamnya, Putri Ghasani dan teman-teman yang seasrama dengannya pergi ke perpustakaan (lagi) untuk mengambil buku yang ditunjukkan Flo sore tadi. Putri Ghasani akhirnya berhasil mengambil buku tersebut meski susah payah karena buku tersebut terletak di rak paling atas dan lumayan berdebu.

Errr…siapakah Flo ini sebenarnya? x))

Perpustakaan dalam buku atau film kerap diidentikkan dengan hal-hal berbau mistis karena sunyi dan senyap. Alhamdulillah beberapa kali bekerja di perpustakaan, belum menemukan (dan jangan sampai) hal-hal aneh di perpustakaan. Makanya meski pulang sore bahkan terkadang sampai Maghrib masih betah di perpustakaan, yang penting banyak murid unyu yang juga masih di perpustakaan, bahkan saking betahnya mereka ini kalo pulang musti ‘diusir halus’ x))

Cerita bertema perpustakaan dalam komik ini sebenarnya bukan satu-satunya tema yang diangkat, masih ada beberapa cerita yang lain yang juga menarik untuk disimak.

WP_20151208_012 WP_20151208_013 WP_20151208_015 WP_20151208_017 WP_20151208_018

Keterangan  Buku:

Judul: Haunted Library

Cerita: Assyifa S. Arum

Gambar: Romy Hernadi

Penyunting naskah: Wiwit Wijiastuti

Penyunting ilustrasi: Rony Amdani

Desain smapul & isi: Deny Saputra

Proofreader: Syifa

Layout sampul & seting isi: Abdul & Dens

Penerbit: Muffin Graphics (imprint PT Mizan Pustaka)

Terbit: 2015

Tebal: 90 hlm.

ISBN: 978-602-367-059-8

2 thoughts on “REVIEW Haunted Library

  1. Wah belum ketemu sama yang serem ya? Mau? Hehehe, jadi inget perpustakaan SMP & SMA yang terkenal penuh debunya. Saking jarang dibersihin juga sih. Kira-kira

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s