[BLOGTOUR] REVIEW Roma + GIVEAWAY

img_20160911_140719

Menghindari situasi sensitif mungkin akan melahirkan awan mendung. (hlm. 178)

CHALINDA NOEMI. Hubungannya dengan mamanya sebagai pasangan ibu dan anak, sangatlah dekat. Itu pula yang membuatnya kadang manja pada mamanya. Walaupun sebenarnya, dia adalah perempuan yang selalu ingin mandiri bila melakukan segala sesuatu. Teman-temannya juga mengenalnya sebagai pribadi yang tidak mau didikte. Tapi kalau urusannya sudah dengan mama, Chal seakan bertransformasi menjadi my mom’s baby girl.

Sejak usia tiga tahun, Chal tidak tinggal bersama papa karena mama dan papa bercerai. Alasan seorang Ganggas Gunawan yang sering menjadikan pekerjaannya sebagai prioritas, namun ternyata di luar sana punya wanita simpanan, membuat mama memutuskan untuk menjadi single parent dan mengasuh Chal sendirian.

Akan tetapi, tentu saja papa berkeberatan saat disuruh angkat tangan untuk menunaikan kewajibannya sebagai ayah. Karena semarah apa pun mama pada papa, tidak bisa menghapus kenyataan bahwa Chal dan papanya adalah pasangan anak-ayah sedarah. Akhirnya, mama mencoba berbesar hati untuk menekan ego dan sakit hati karena harus menerima dukungan finansial dari papa untuk Chal.

Saat Chal naik kelas dua SMP, mama menikah dengan salah satu guru fisika di sekolahnya. Mereka berkenalan dan mulai dekat semenjak pertemuan wali murid menjelang kenaikan kelas. Kurang dari satu tahun setelahnya, mereka resmi menjadi pasangan suami istri. Akan tetapi, pernikahan itu hanya bertahan selama dua tahun. Ketika Chal masuk SMA, mama kembali bercerai.

Dulu, saat mama akan menikah untuk kedua kali, perasaannya jauh berbeda dengan sekarang. Dulu, Chal ikut bahagia untuk mama. Saat itu, Chal bisa melihat bagaimana mama dan Rinto, guru fisikanya, tampak bahagia ketika sedang bersama dan mempersiapkan segala sesuatunya untuk acara pernikahan mereka.

Dulu, Chal pikir posisi papa yang seorang dosen di Fakultas Seni Rupa, bisa digantikan oleh Rinto. Setidaknya, mama sudah jatuh cinta lagi, dan Chal senang bisa melihat mama bahagia seperti ini.

Tidak terbesit sedikit pun dikepalanya kalau pernikahan mama dan Rinto akan berumur pendek, tidak lebih dari tiga tahun. Chal kira, pernikahan mereka akan abadi, hidup bahagia selama-lamanya. Chal bahkan sempat berharap, dia akan menjadi seorang kakak. Tapi semua bayang-bayang indah itu langsung sirna karena Rinto melakukan KDRT pada mama.

Dan kini, untuk ketiga kalinya mama akan menikah dengan Terenzio yang berasal dari Italia. Mereka bertemu di sebuah bookfair. Ya, mamanya adalah seorang wanita yang sangat percaya pada cinta. Mungkin karena imajinasinya yang tinggi tentang cinta itulah, berhasil menelurkan novel-novel romance yang laku keras di pasaran. Bahkan beberapa rumah produksi melirik karyanya untuk diadaptasi ke layar lebar.

“Aku akan menikahi ibumu di Roma. Sekitar empat-lima bulan lagi. Kuharap kamu memberi restumu, Chal. Kita akan pergi bersama-sama ke Roma untuk melangsungkan pernikahan ini.”

“Terenzio berbeda. Dia baik. Dia memperlalukan mama dengan sopan dan lembut. Mama akan bahagia menjadi istri Terenzio, Chal. Sangat bahagia.”

“Emang mama kenal dia berapa lama, sampai mama yakin akan bahagia? Apa ada yang bisa menjamin kalau nanti setelah menikah sikapnya nggak berubah, tetapi baik seperti kata mama barusan? Apa mama yakin dia adalah seorang istri single dan bukan pria hidung belang beristri dan anak?”

“Mama minta tolong kamu mempertimbangkannya, Chal. Mama sayang kamu. Kalau kamu bilang nggak, mama nggak akan menikah dengan Terenzio kalau kamu nggak mengizinkannya.” (hlm. 15)

Pas baca potongan kalimat di halaman 15 itu, rasanya nyesek banget. Karena saya juga pernah melontarkan kalimat itu sekitar delapan tahun yang lalu saat papa akan menikah lagi. Bedanya, jika Chal keluarga broken home karena orangtuanya bercerai, saya piatu karena mama sudah meninggalkan kami selamanya. Meski dulu almarhumah mama berpesan agar papa menikah lagi, rasanya tetap sesak dan belum rela ketika orang lain akan menggantikan peran mama di rumah. Dibutuhkan waktu bertahun-tahun agar kami semua bisa saling mengerti satu sama lain. Dan itu tidak mudah, butuh proses. Saya bisa memahami apa yang dirisaukan oleh Chal. Bukan hanya sekali tapi berkali-kali mamanya dikecewakan. Pertama, karena papanya selingkuh, kemudian suami kedua mamanya yang melakukan KDRT, sangat wajar jika Chal meragukan Terenzio yang ingin menjadikan mamanya seorang istri, apalagi negara mereka berbeda yang nantinya akan sangat kontras sekali bermacam perbedaan di antara mereka. Mamanya justru yakin dengan pilihannya untuk hidup bersama Terenzio. Hal yang paling tidak diinginkan Chal di dunia ini adalah melihat mamanya bersedih. Sudah cukup panjang kisah pahit yang mama telan. Kali ini, mungkin saja dia benar, Terenzio berbeda. Walaupun sebenarnya Chal masih harus bertaruh, apakah Terenzio memang benar pria yang tepat untuk mama. Keraguannya pun bertambah, apakah dia akan betah jika menetap di Roma nanti?

img_20160910_220450

“Berhentilah bermain-main dengan hidupmu, Maurizio. Kau harus berhasil dengan kuliah dan kariermu nanti.”

“Aku tahu.”

“Masa hukumanmu masih lama, dan selama itu pula aku dan Mamma akan memperhatikanmu lebih intens. Kau paham itu?”

“Aku sudah dewasa dan…”

“Tapi kau sudah membuat keributan! Kau tidak boleh melanggar hukum. Kau adalah seorang mahasiswa, bukan mafia.” (hlm. 20)

MAURIZIO FOLLIERO. Beberapa hari yang lalu, Maurizio melakukan tindakan gegabah yang membuat mammanya mengamuk. Berawal dari pesta kecil-kecilan yang dia adakan di rumah bersama dua teman kampusnya, Adalrico Lorenzo dan Beniamino Mazzati malah berujung pada baku hantam hanya gara-gara saling mengejek ibu masing-masing sampai polisi datang dan sebagai hukumannya mamma menyegel kebebasannya selama dua minggu. Kebetulan saat kejadian itu, Mamma dan adiknya, Magdalena sedang mengunjungi kerabat mereka di Florence selama tiga hari. Polisilah yang menelepon dan memberi tahu Mamma tentang kekacauan yang terjadi di rumah mereka. Layaknya hukuman pancung yang dijatuhkan pada terdakwa yang awalnya divonis tiga puluh tahun, Mamma menghukumnya. Secara tegas mengatakan tidak akan memberi uang apa pun selama hukuman, dan tidak boleh pergi ke mana pun kecuali ke kampus. Walaupun ada pengecualian bila dia menghadapi kondisi-kondisi tertentu, tetap saja rasanya mengerikan.

Chal dan Maurizio adalah sepasang remaja yang memiliki problematika masing-masing. Dipertemukan di Roma. Dari yang saling tidak kenal, akhirnya saling membutuhkan satu sama lain. Chal membutuhkan Maurizio untuk menyelidik Terenzio yang merupakan calon ayah tirinya kelak. Sedangkan Maurizio membutuhkan Chal agar bisa keluar dari rumah dan terbebas dari hukuman sang mama.

img_20160912_080700

Sesuai judulnya, petualangan Chal dan Maurizio tentunya akan sangat terasa aroma Roma. Beberapa tempat yang disebutkan dalam buku ini;

  1. Pantheon, gereja yang dulunya adalah kuil pemujaan dewa, namun berubah menjadi gereja setelah masuknya agama Kristen ke kota itu. Gereja yang juga menyimpan makam pelukis terkenal, seperti Vitorrio Emanuele dan Raphel. M-AGRIPPA-L-F-COS-TERTIUM-FECIT tertulis di bagian depan bangunan itu, menjelaskan bahwa yang membangunnya adalah Emperor Marcus Agrippa.
  2. Datang ke tempat ini malam hari adalah hal yang paling tepat untuk dilakukan. Bukan hanya menggunakan mobil, orang-orang banyak yang berkeliling menggunakan segway, berjalan kaki sambil membawa personal cooling system untuk mengurangi cuaca panas yang menyengat, atau berkendara menggunakan sepeda dan scooter. Trastevere dikenal sebagai area yang paling cantik di Roma. Jala-jalan batu berliku, juga nuansa Romawi yang masih otentik. Termasuk Piazza Santa Maria yang menjadi jawaranya.
  3. Pantai Ostia memang bukan pantai terbaik di Roma. Ada Santa Marinella atau Sperlonga yang lebih ekslusif dan lebih indah. Namun, Ostia jaraknya paling dekat dari Roma, hanya tiga puluh kilometer. Sangat dekat juga dari Bandara Fiumicino. Pantainya ada yang terbuka untuk publik secara gratis, ada juga yang private dan berbayar. Ostia dikenal dengan pasir pantainya yang berwarna gelap. Yang paling menarik dari pantai itu adalah letaknya yang berdekatan dengan Ostia Antica, pelabuhan kuno di Roma.
  4. Dan masih banyak lagi.

Beberapa selipan sindiran halus dalam buku ini:

  1. Kalau perempuan marah, mereka bisa bertindak gila daripada laki-laki. Jangan lupakan itu. (hlm. 75)
  2. Jangan suka bermain-main dengan perempuan. (hlm. 75)
  3. Jangan kebanyakan berhalusinasi. (hlm. 83)

Keterangan Buku:

Judul                     : Roma

Penulis                 : Pia Devina

Editor                    : Cicilia Prima

Desainer cover  : Teguh

Penata isi             : Putri Widia Novita

Penerbit              : Grasindo

Terbit                    : 2016

Tebal                     : 194 hlm.

ISBN                      : 978-602-375-653-7

crbpmg9vuaaqypl

MAU BUKU INI?!?

Simak syaratnya:

1. Peserta tinggal di Indonesia

2. Follow akun twitter @lucktygs , @grasindo_id dan @piadevina. Jangan lupa share dengan hestek #GARoma dan mention via twitter.

3. Follow blog ini, bisa via wordpress atau email.

4. Jawab pertanyaan di kolom komentar di bawah, plus nama, akun twitter, dan kota tinggal. Pertanyaannya adalah berikan alasan kenapa menginginkan buku ini. Mudah kan?

5. Giveaway ini juga boleh di share via blog, facebook, dan sosmed lainnya. Jangan lupa sertakan hestek #GARoma yaaa…

Event ini gak pake helikopter, eh Rafflecofter yang ribet itu. Jadi pemenang ditentukan dari segi jawabannya yaaa… ( ‘⌣’)人(‘⌣’ )

#GARoma ini berlangsung seminggu saja: 12-18 September 2016. Pemenang akan diumumkan tanggal 19 September 2016.

Akan ada SATU PEMENANG yang akan mendapatkan buku ini. Hadiah akan langsung dikirimkan oleh penulisnya! ;)

Silahkan tebar garam keberuntungan dan merapal jampi-jampi buntelan yaaa… ‎(ʃƪ´▽`) (´▽`ʃƪ)!

Pengumuman Pemenang Giveaway ROMA

Terima kasih dengan keantusiasan teman-teman untuk mengikuti Giveaway ROMA, ada 44 komentar yang masuk. Sekali lagi, makasih banyak ya buat semua!😉 #PeyukSatuSatu

Pemenang giveaway kali ini adalah:

Nama : Ainhy Edelweiss
Twitter : @PrinceesAsuna
Domisili : Makassar
Link share : https://mobile.twitter.com/PrinceesAsuna/status/775303880049504257

Selamat buat pemenang. Sila kirim email ke  emangkenapa_pustakawin[at]yahoo[dot]com dengan judul: konfirmasi pemenang Giveaway ROMA. Kemudian di badan email cantumkan; nama, alamat lengkap, dan no hape biar hadiahnya segera dikirim langsung oleh penulisnya ya.

Terima kasih buat Mbak Pia Devina atas kerjasamanya, sekali lagi terima kasih banyak atas kepercayaannya. Semoga lain waktu bisa bekerjasama kembali… 😉

Buat yang belum menang, jangan sedih. Masih banyaaaakkkk giveaway lainnya yang menanti!! :*

-@lucktygs-

44 thoughts on “[BLOGTOUR] REVIEW Roma + GIVEAWAY

  1. Nama : Dias Shinta Devi
    Id Twitter : @DiasShinta
    Domisili : Bogor

    Alasannya? ROMA ITU KEREN BANGEEETTT! aku suka banget sama Roma dan pengen menelusuri kisah yang berlatarkan Roma. Terlebih lagi kisah Chalinda Noemi yang bikin penasaran dan udah bikin hati campur aduk cuma dengan baca review Mbak Luckty :3 semoga bisa baca ROMA🙂
    Sukses terus mbak🙂

  2. Nama : Heni Susanti
    Akun twitter : @hensus91
    Kota tinggal : Pati – Jawa Tengah

    Tema keluarga adalah salah satu tema cerita yang selalu bisa membuatku tersentuh. Konflik yang selalu terselesaikan dengan kasih sayang.

    Aku penasaran dengan kehidupan Chal dan ibunya. Perjuangan Ibu untuk membesarkan Chal seorang diri, dan kehidupan Chal tanpa sosok Ayah yang bisa dia banggakan pada teman-temannya. Walaupun aku tidak merasakan bagaimana pengalaman itu secara langsung, tapi aku melihat bagaimana saat kakak berjuang sendiri membesarkan anaknya yang baru berumur 1,5 tahun setelah suami pertamanya meninggal. Sebelum akhirnya menikah kembali 5 tahun kemudian.

    Membaca review kisah Chal mengingatkan kembali bagaimana kehidupan kakakku dan anaknya. Kedekatan dan kasih sayang mereka yang sepertinya jauuuuhh melebihi kedekatan ibu dan anak lainnya. Kecuali bagian yang bercerai setelah menikah kedua. #jangansampai #naudzubillah
    Membuatku penasaran bagaimana keseluruhan kisah mereka.

    Semoga itu cukup menjadi alasan aku bisa berjodoh dengan buku ini.
    Terima kasih.

  3. Nama: Alyani Shabrina
    Twitter: alyanishab
    Kota Tinggal: Semarang, Jawa Tengah
    Jawaban:
    Yaampun ceritanya kece banget!!! Baru baca sinopsis dr kk luckty aja udah bikin penasaran sama kisah petualangan Chal dan Mauzirio. Pengen diajak ngelilingi Roma juga lewat buku ini. Apalagi banyak tempat yang akan mereka kunjungin untuk menyelidiki calon papa tiri Chal. Sedih juga membaca kisah Chal yang harus berpisah dengan papanya dan mamanya Chal yang harus gagal 2 kali membina rumah tangga. Semoga saja Chal berhasil melakukan misinya dan mengetahui bagaimana sebenarnya latar belakang calon papa tirinya itu. Apalagi dia seorang WNA yang bisa jadi sudah berumah tangga dan memiliki anak, karena banyak kejadian seperti itu di lingkungan tempat tinggalku sewaktu di Bali. Ceritanya menarik banget karena bercerita tentang bagaimana usaha seorang anak agar ibunya nantinya bisa bahagia dengan calon pendamping hidupnya. Semoga aku bisa menang give away ini, jadi bisa nabung untuk keperluan-keperluan mendesak yang tiba-tiba menghampiri hihihi. Masuk wishlist buku yang pengen ak baca nih💙
    Semangat terus buat penulis, kak luckty dan penerbit 💛

  4. Nama : Audhina Novia Silfi
    Twitter : @audhinadaw
    Domisili: Sukabumi, Jawa Barat

    Alasanku menginginkan buku ini adalah aku penasaran dengan kisah yang tersaji di buku yang ditulis teh pia devina. Kali ini teh pia menyajikan novel rasa keluarga yang amat kental, ya aku juga ingin melihat lebih dalam bagaimana rasanya kalau mamanya ingin menikah lagi.
    Setidaknya aku bersyukur punya mama yang memutuskan untuk tetap hidup sendiri sampai anak-anaknya punya keluarga sendiri. Aku ingin merasakan jengkelnya jadi anak yang dimintai izin mamanya karena mau menikah lagi.(/ω\)
    tentang setting tempatnya, Roma, ini juga yang bikin buku ini minta banget untuk dimiliki.

  5. Nama: Hapudin
    Twitter: @adindilla
    Kota: Cirebon
    Link share:

    Alasan saya mau buku ini:
    1. Tema buku mengenai keluarga selalu membuat saya betah membaca. Ceritanya seringkali memberikan banyak pelajaran yang bisa diserap oleh saya yang memang sedang mempersiapkan diri berkeluarga. Lagi nyari pasangan juga. Eh, curhat, hehehe

    2. Roma sepertinya bukan kota yang pertama kali diangkat penulis. Jujur saya belum pernah membaca buku dengan setting Roma. Dan jika sampai saya bisa memilikinya, artinya saya akan pecah telur dan merasakan hawa kota tersebut.

    Recent post: [Buku] Where The Mountain Meets The Moon by Gracia Lin

  6. Nama: Sharie
    Akun Twitter: @nAshari3
    Domisili: Cikampek, Jawa Barat
    Alasannya: Karena judul novel ini adalah ROMA. *jingkrak-jingkrak*
    Yupz, karena saya suka sekali dengan segala sesuatu yang “berbau” ibukota Italia ini. Pokoknya sinyal selalu kuat kak jika mendengar atau melihat kata “ROMA”, Apalagi saat mengetahui kalo Grasindo mengeluarkan seri A Love Story City, dan ternyata ROMA menjadi salah satunya, whoaa.. langsung semangat kak ngikutin GA’nya, biar bisa dapet novel ini. Pengen banget punya novel ini.
    Dan setelah saya membaca review dari kak Luckty, ternyata tema novel ini bagus banget, banyak hikmah yang bisa saya dapat kelak. Duh, saya makin jatuh cinta dengan novel kece ini :*

  7. Nama : Silvy Rianingrum
    Akun Twitter : @berryfledge
    Domisili : Bekasi^^
    Alasan aku menginginkan buku ini?
    – Aku tertarik dengan kisahnya yang menyangkut anak yang broken home. Dari dulu, aku ingin banget baca buku yang menyinggung kisah seperti ini. Bagiku, peran orang tua sangat penting. Aku merasa tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang bagaimana Mama Chal mengatasi masalah dan sakit hatinya dan bagaimana Chal mengatasi masalah ini. Pasti engga mudah untuk menjalani hari-harinya tanpa Papa.
    – Aku penasaran dengan ikatan dan pertemanan yang nantinya akan terjalin antara Chal dengan Maurizio. Aku ingin tahu bagaimana peran satu sama lain dalam menyelesaikan masalah yang mereka emban.
    – Aku mau tahu bagaimana akhir dari kisah ini. Kisah yang dialami dua anak yang memiliki problem keluarga. Aku mau tahu bagaimana akhirnya kehidupan mereka.
    – Aku mau tahu bagaimana keadaan di Roma, Italia. Mau tahu bagaimana Roma berperan dalam kisah dan perjalanan ini.

  8. Nama: Rohaenah
    Twitter: @rohaenah1
    Domisili: Jakarta
    Jawaban: Yang pasti dan utama karena saya suka membaca,apalagi setelah membaca review-nya saya jadi menginginkan buku ini.
    Yg saya tau tentang Roma adalah kejayaan di masa lalu atas kekaisaran Romawi kuno yg sarat akan budaya dan bangunan2 bersejarah. Saya ingin tau bagaimana penulis menjabarkan Roma.
    Saya juga tertarik akan kisah yg dituangkan kak pia tentang Chal dan Maurizio juga konflik keluarga yg menyertai keduanya. Bagaimana kisah yg terjalin diantara mereka. Dan bagaimana ending ceritanya.
    Hemmm,sepertinya seru untuk dibaca.
    Demikian,terimakasih.

  9. Nama: emma
    twitter: @emmanoer22
    kota tinggal: indragiri hulu, riau

    Jawaban: dari mulai membaca paragraf pertama review kakak,

    CHALINDA NOEMI. Hubungannya
    dengan mamanya sebagai pasangan
    ibu dan anak, sangatlah dekat. Itu
    pula yang membuatnya kadang manja pada mamanya. Walaupun sebenarnya, dia adalah perempuan
    yang selalu ingin mandiri bila
    melakukan segala sesuatu. Teman-temannya juga mengenalnya
    sebagai pribadi yang tidak mau didikte. Tapi kalau urusannya sudah dengan mama, Chal seakan bertransformasi menjadi my mom’s baby girl.

    Langsung bikin aku pengen baca buku ini, kalau di novel Roma ini Chal dekat banget sama mama-nya, maka aku sebaliknya. Aku masih punya orangtua yang lengkap. Tapi sama sekali nggak bisa sedekat Chal sama ibu-nya. Karena sejak usia 4 tahun aku enggak tinggal bersama mereka, aku justru dirawat kakek-nenekku. Rasanya sampai sekarang meskipun aku tinggal bersama mereka saat ini, aku nggak bisa manja2 ke mereka. Dulu waktu kecil aku sulit baca sampai kelas 4 SD karena nggak ada yang mengajariku di rumah, nggak ada yang membantu aku belajar di rumah. Kalau diingat sekarang pun aku masih sedih dan kecewa, apalagi setiap melihat mamaku yang mengajari dan membantu adikku belajar. Melihat keakraban mereka, melihat adikku bermanja-manja. Karena itulah setiap bertemu saudara atau teman yang sudah berkeluarga dan punya anak aku selalu menyampaikan ke mereka, tolong bawa anak kalian tinggal bersama kalian meski tempat kalian sulit dan jauh ditempuh, setidaknya anak kalian nggak merasa jauh dari orangtuanya. Dan aku yakin untuk baca novel Roma ini, aku perlu tissu juga disampingku. Cerita mama Chal juga menarik, penulis yang begitu percaya tentang cinta tapi malah tidak berhasil dalam cinta. Perjalanan ke Roma ini tentu menarik untuk di ketahui, bagaimana Chal dan Maurizio menuntaskan misi mereka masing-masing.

  10. Nama: Pramestya
    Twitter: @p_ambangsari
    Domisili: Temanggung

    Kenapa ya? Mungkin karena aku kecantol sama cover dan judulnya? Terus aku baca reviewnya, dan seketika pengen ikut jalan-jalan sama Maurizio di Roma. Pengen tahu bagaimana penulis mengeksekusi seluruh permasalahan hidup Chal dan Maurizio menjadi sebuah cerita. Dan tentunya aku pengen tahu kisah cinta mereka.
    Aku pengen baca buku ini terutama setelah baca paragraf soal Chal dan Maurizio yang merupakan sepasang remaja dengan problematika hidup. Aku sangat pengen baca buku ini karena itu. That’s it. Thanks kak:)

  11. Nama : Ainhy Edelweiss
    Twitter : @PrinceesAsuna
    Domisili : Makassar
    Link share : https://mobile.twitter.com/PrinceesAsuna/status/775303880049504257

    jawaban:

    Aku sangat menginginkan buku “Roma” karya kak Pia Devina karena menurutku, buku ini ,”berbeda” dengan karya lain. Selama membaca novel. aku belum pernah membaca dengan latar Roma, yang memiliki istilah-istilah asing di tempat itu. Terlebih saat membaca review kak @luckty aku sangat penasaran dengan kisahnya yang sangat menyentuh. Terutama dengan keputusan Chal nantinya untuk merestui mamanya yang akan menikah ke tiga kalinya. Apakah itu mudah? Dan seperti apa sih sosok Terenzio yang sangat diyakini mama Chal untuk dinikahi? Benar-benar karya yang luar biasa menurutku.Tak cuma alur kisahnya yang membuatku penasaran, pengetahuan tentang Roma kota bersejarah yang sepengetahuanku belum dimiliki novel2 lain membuatku penasaran dengan fakta-fakta lain tentang Roma di novel tersebut. Semoga aku terpilih dan mendapat kesempatan membaca karya kak Pia Devina.

    terima kasih🙂

  12. Nama : leni marliany
    Id Twitter : @lenimarliany
    Domisili : Indramayu

    alasannya kenapa aku menginginkan buku ini ,karena selain isi ceritanya yang bikin penasan pengen tahu bagaimana akhir dari petualangan Chal dan Maurizio ini, penasaran juga dengan tempat-tempat mana lagikah yang ada di dalam petualangan Chal dan Maurizio ini, siapa tahu ketika aku pergi berkunjung ke Roma aku bisa selfi bareng buku ROMA ditempat itu. duh..senangnya berasa udah di Roma. Jadi udah ngebayangin dulu nih,he…
    itu kena

  13. Nama : Vena Dwi
    Twitter : @venadwim
    Domisili : Tulungagung
    Jawaban :
    Karena aku selalu suka sama novel yang berlatar luar negeri. Karena itu adalah salah satu cara buat aku mengetahui bagaimana kondisi wilayah di negara lain. Berharap dapat buku ini dan di dalam buku ini aku akan dapat gambaran tentang kota Roma.

  14. Nama: Elsita F. Mokodompit
    Twitter:@sitasiska95
    Domisili: Gorontalo
    Konflik yang dialami Chal menurutku rumit tapi menarik. Dimana-mana kepercayaan adalah sesuatu yang sensitif. Sekali hilang, akan susah untuk dikembalikan. Khusus Chal kepercayaan tersebut buatku bukan hanya hilang terhadap mamanya tapi jg terhadap laki-laki yg ingin menggantikan posisi papanya. Lalu, apa yg membuat dia setuju untuk ke Roma? Lalu kemudian bertwmu Maurizio yg akan membantunya menyelidiki calon papa tirinya itu. Kesepakatan macam apa yg mereka buat sehingga Chal mau membantu Maurizio terlepas dr hukuman mamanya yg notabenenya jg dijatuhi krn Maurizio tak bs mwnjaga kepercayaan sang mama? Aku penasaran dan ingin tahu sepertj apa petualangan mereka berdua. Apalagi mereka akan menyelidiki sesuatu pasti akan seru banget dan pasti akan asyik bgt apalagi kalau aku bisa dapat buku ini

  15. Nama: Neni
    Twitter: @nhenie
    Kota Tinggal: Semarang

    Kenapa ingin membaca novel “ROMA”-nya Teh Pia? Karena pertama kali baca judulnya inget judul buku penerbit sebelah yang bertema “Setiap Tempat Punya Cerita”. Aku suka setting novel yang berlatar di luar negeri. Yang nggak cuma menonjolkan alur ceritanya, tapi juga pemandangan nyata di tempat tersebut.

    Saya pernah dua kali baca novelnya Teh Pia, yang berjudul Love Lock dan Deep Down Inside. Keduanya novel itu saya suka konfliknya. Alasan kedua saya ingin baca novel ini adalah… apakah saya lantas akan menjadi penggemar atas novel-novelnya Teh Pia?😀

  16. Nama : Humaira
    Akun Twitter : @RaaChoco
    Kota Tinggal : Purwakarta

    Berikan alasan kenapa menginginkan buku ini. 

    Karena …

    1. Buku ini bukan hanya bertema cinta saja, tapi dibalut tema keluarga, apalagi keduanya dari keluarga broken home.

    2. Bukunya kompleks, cerita tidak hanya tentang ibu Chal dan Chal, tapi ada Maurizio dan ibunya, ibu Chal-Chal-Terenzio, dan terutama antara Chal dan Maurizio. Aku ingin tau bagaimana perjalanan dan akhir kisah mereka semua.

    3. Roma, kota yang aku kenal dengan kota cinta antara Romeo dan Juliet. Kota yang begitu klasik dan cantik. Aku ingin menikmati kisah romansa cinta berlatar kota Roma yang kental, yang terselip diantara kisah Chal-Maurizio dan juga misi mereka .

    4. Covernya bikin ngiler ka, meski simpel, tapi dalam setiap huruf ada gambaran kota yang jadi judul novel tersebut. Eyecathcing bangettt <3<3 <3<3

    5. Yang terakhir karena kantong lagi tipis-tipisnya, padahal aku pengen ngumpulin seri A Love Story City nya Grasindo. Aku baru punya San Francisco nya ka Ziggy, semoga yang lain bisa menyusul.

  17. nama: Anik Cahyanik
    akun twitter: @Ancahyanik
    kota tinggal: Jember, Jatim.

    Pertanyaannya adalah berikan alasan kenapa menginginkan buku ini.

    Karena, aku kagum dengan ayah Chal yang memiliki rasa tanggung jawab. Meskipun sudah bercerai, tetapi masih ingin membiayai kehidupan anaknya. Padahal di luar sana banyak laki-laki yang begitu mudahnya lepas tanggung jawab sekali pun masih berstatus suami. Yah, istri atau suami memang bisa digantikan, tetapi yang namanya anak akan tetap menjadi anak sampai kapan pun. Tak akan ada yang namanya status mantan anak.

    Yang kedua, aku penasaran dengan endingnya. Apakah mama Chal akan menikah untuk ketiga kalinya. Jika pun jadi menikah, apakah pernikahan itu langgeng. Kupikir, sifat mama Chal memang dimiliki banyak wanita. Selalu menganggap laki-laki baik pada awalnya, lalu kecewa jika mengethaui sifat aslinya. Dalam dunia nyata, wanita type seperti ini akan berkali-kali tersakiti, apakah mama Chal juga akan mengalami kegagalan berumah tangga untuk ketiga kalinya.

    Ketiga, kebanyakan novel selalu menceritakan sosok gadis yang trauma dengan rumah tangga orang tuanya. Anak yang besar dari keluarga broken home kebanyakan akan tidak mudah percaya dengan cinta dan cenderung tertutup. Apalagi mama Chal sudah kedua kalinya bercerai. Lantas, apakah di novel ini juga diceritakan seperti itu? Mengingat sudah dijelaskan bahwa Chal dan Maurizio mengenal dengan baik dan bekerja sama untuk melakukan penyelidikan. Bukankah ini berarti Chal tidak tertutup kepada kebanyakan orang? Atau dia hanya terbuka kepada Maurizio saja? Dan sebenarnya masalah percintaan ini hanya fokus pada Mama Chal atau endingnya malah berpengaruh pada kisah percintaan Chal sendiri. *Banyak tanya dalam benakku*

  18. Nama: Insan Gumelar Ciptaning Gusti
    Akun: @san_fairydevil
    Kota: Surakarta

    Karena aku lebih penasaran tentang kisah perjalanan Chal ketimbang kisah cinta ibunya. Aku penasaran gimana cara Chal menghadapi ibunya yang terkesan selalu buru-buru dan terlalu percaya akan cinta. Aku lebih penasaran bagaimana pergolakan jiwa Chal yang ibunya bercerai dua kali dan akan kembali menikah. Aku penasaran bagaimana Chal dan Maurizio akhirnya saling bekerja sama.

  19. Nama: Roma Pakpahan
    Akun: @roma_corner
    Kota: Liwa, Lampung

    ALASAN???
    Because ROMA it’s me ^^
    Dan settingnya di kota Roma. Tempat yang suatu saat nanti bisa saya kunjungi *mupeng*. Kenapa? Karena nama saya dan kota itu ada kesamaan, ROMA.

  20. Nama: Arintya Putri Fadhila
    Twitter: @arintyawidd
    Kota: Klaten, Jawa Tengah

    Berikan alasan kenapa menginginkan buku ini?
    Jawaban: Saya penasaran, bagaimana Chal bisa “turut berbahagia” ketika sang mama hendak menikah untuk yang kedua kali. Mungkin, kalau saya jadi Chal, saya akan setengah mati menolak rencana pernikahan itu.

    Dear Roma, mungkin kamu dapat berbagi sedikit denganku, bagaimana caranya merelakan orang yang sangat kamu cintai, menikah untuk kedua kalinya?

  21. Nama: Syarlaili Humairoh
    Twitter: @elyhumairoh
    Kota: Mataram, NTB

    Alasan kenapa saya ingin membaca buku ini adalah, karena saya hoby membaca. ketika ada kesempatan untuk memperolah buku ini kenapa tidak? saya akan berusaha untuk mendapatkannya. apalagi setelah membaca reviewnya, saya ingin mencoba membaca lebih dalam lagi, dan tentunya belajar dari sebuah buku. saya memang tidak memiliki kisah seperti chal hanya saja saya juga ingin memahami bagaimana rasanya jika menjadinya. karena itu saya ingin sekali membaca buku ini.
    semoga jika ada kesempatan memperoleh giveaway ini sangat berarti dan tentu membahagiakan🙂

  22. Nama: Syarlaili Humairoh
    Twitter: @elyhumairoh
    Kota: Mataram, NTB

    Alasan kenapa saya ingin membaca buku ini adalah, karena saya hoby membaca. ketika ada kesempatan untuk memperolah buku ini kenapa tidak? saya akan berusaha untuk mendapatkannya. apalagi setelah membaca reviewnya, saya ingin mencoba membaca lebih dalam lagi, dan tentunya belajar dari sebuah buku. saya memang tidak memiliki kisah seperti chal hanya saja saya juga ingin memahami bagaimana rasanya jika menjadinya. karena itu saya ingin sekali membaca buku ini.
    semoga jika ada kesempatan memperoleh giveaway ini sangat berarti dan tentu membahagiakan🙂

  23. Jawaban :
    Yang pertama, karena akhir-akhir ini aku mulai menyukai menulis cerita. Dari yang fiksi maupun non fiksi. Jadi sekarang aku suka membaca buku-buku untuk menjadi referensi belajar menulis cerita. Nantinya setelah aku membaca buku banyak harapan yang ingin aku dapatkan. Yaitu dengan membaca banyak buku aku lebih banyak dapat mengambil cara penulis menuliskan cerita, gaya bahasa yang digunakan, bagaimana membuat orientasi yang baik, membuat judul yang menarik dan tentunya menjadi penulis yang baik.
    Yang kedua, setelah aku membaca sinopsis cerita. Aku semakin penasaran bagaimana dengan cerita lengkapnya. Sinopsisnya aja menarik pembaca apalagi cerita lengkapnya. Bahasa yang digunakan juga sangat menarik.
    Dengan mendapatkan novel Roma itu. Inshaa Allah setelah aku baca nantinya bisa mengajarkan aku bagaimana menulis cerita yang baik.

    Nama : Shinta Kusuma Wardhani
    Akun twitter : @ShiintaKusuma_
    Kota tinggal : Klaten

  24. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    kota tinggal: Serang

    Berikan alasan kenapa menginginkan buku ini?

    Tertarik dengan tema keluarga yg diusung apalagi antara ibu dan anak yg biasanya sukses bikin aku baper sampe melelehkan airmata. Setting cerita di Roma jg jadi salah satu yg bikin penasaran, karena berhubung belum bisa datang langsung ke sana, dengan baca novel ini bisa sedikit lebih mengenal salah satu kota di itali itu. Jadi sambil menikmati kisah Chal dan Maurizio saling membantu menyelesaikan problematika mereka, juga bisa jalan-jalan mengenal kota Roma.😀

  25. Nama :Nurlis
    Twitter:@talaonurlis1
    Domisili:Sumatera barat

    Yang pastinya karna review nya sich,sepertinya sangat menarik apalagi tokoh ibu itu sangat istimewa karna walau sering gagal dalam rumah tangga namun tak memutuskan harapannya bahwa cinta sejati itu memang ada.

  26. Nama: Sabrina Ikamtul Hadda
    Twitter: madda3062
    Domisili: Malang, Jawa Timur

    Ada beberapa alasan kenapa pingin baca novel Roma
    1. Setting tempat. Roma adalah Roma sebuah kota yang memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri bagi saya. Apalagi dari review disebutkan ada beberapa tempat yang digunakan untuk cerita menambah rasa ingin tahu saya tentang Roma dan saya yakin penulis pasti menggambarkannya seolah kita ada disana menikmati setiap keindahan di sudut kota Roma
    2. Cerita dilatar belakangi oleh permasalahan keluarga, yaitu broken home. banyak kasus kenakalan remaja yang dilatar belakangi oleh keadaan keluarga seperti ini, namun saya merasa berbeda ketika membaca review dari novel ini. Hubungan yang sangat dekat antara ibu dan anak yang memberikan kesan khusus kepada saya. Tidak semua anak dari keluarga broken home itu berbeda. Bagi saya novel dengan tema keluarga memiliki daya tarik tersendiri yang dapat memikat para pembaca. Seperti Bagaimana cara Chal dan Ibunya melewati kehidupan mereka ini merupakan sebuah hal yang sangat membuat penasaran dan bagaimana cara Maurizio menyelesaikan problematika kehidupannya
    3. Dari membaca review nya saja sudah membuat saya on fire ingin segera membacanya. Bagaimana kehidupan yang dilewati Chal dan Maurizio, bagaimana klimaks kehidupan mereka, bagaiman cara mereka bertemu bekerja sama dan hal hal lain yang bisa dijawab setelah membaca buku ini
    Semoga dari beberapa alasan itu saya bisa dipertemukan dengan kisah Chal dan Maurizio di Roma

  27. Nama : A’immatul Ummah
    Twitter : @Aimimma1
    Alamat : Kradenan gg.9 No.62 RT.03 RW.05 Pekalongan Selatan, Jawa Tengah
    Alasan kenapa menginginkan buku ini, karena kadang merasa penasaran kenapa sih kebanyakan kasus single parent atau perceraian gitu-gitu berhubungan dengan orang luar negeri. Misalkan cerita fiksi di indonesia juga pasti ada aja make tempat luar negeri, entah itu saudaranya disana atau bahkan pindah ke luar negeri sana.
    Lalu karena aku sempet punya impian mau baca novel dengan judul nama tempat like Roma gitu. Soalnya pernah liat jajaran novel judulnya nama negara gitu. Menarik. London,Roma dll
    Udah pernah liat novelnya di pameran buku tapi ga mau beli. Dengan alasan anak remaja antara bokek dan ga rela uang lima puluh ribu lebih buat beli novel yang beberapa jam langsung bisa kelar (nikmatnya sekejap) tp abis itu seneng grgr punya bukunya nangkring di lemari belajar dirumah. Tapi tetep aja yang gratis lebih menggoda hahaha. Parah ya saya. Tapi emang begitulah alasannya.

  28. Nama: Sabrina Ikmatul Hadda
    Twitter: @madda3062
    Domisili: Malang, Jawa Timur

    Ada beberapa alasan kenapa pingin baca novel Roma
    1. Setting tempat. Roma adalah Roma sebuah kota yang memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri bagi saya. Apalagi dari review disebutkan ada beberapa tempat yang digunakan untuk cerita menambah rasa ingin tahu saya tentang Roma dan saya yakin penulis pasti menggambarkannya seolah kita ada disana menikmati setiap keindahan di sudut kota Roma
    2. Cerita dilatar belakangi oleh permasalahan keluarga, yaitu broken home. banyak kasus kenakalan remaja yang dilatar belakangi oleh keadaan keluarga seperti ini, namun saya merasa berbeda ketika membaca review dari novel ini. Hubungan yang sangat dekat antara ibu dan anak yang memberikan kesan khusus kepada saya. Tidak semua anak dari keluarga broken home itu berbeda. Bagi saya novel dengan tema keluarga memiliki daya tarik tersendiri yang dapat memikat para pembaca. Seperti Bagaimana cara Chal dan Ibunya melewati kehidupan mereka ini merupakan sebuah hal yang sangat membuat penasaran dan bagaimana cara Maurizio menyelesaikan problematika kehidupannya
    3. Dari membaca review nya saja sudah membuat saya on fire ingin segera membacanya. Bagaimana kehidupan yang dilewati Chal dan Maurizio, bagaimana klimaks kehidupan mereka, bagaiman cara mereka bertemu bekerja sama dan hal hal lain yang bisa dijawab setelah membaca buku ini
    Semoga dari beberapa alasan itu saya bisa dipertemukan dengan kisah Chal dan Maurizio di Roma

  29. mariyam
    @mariyam_elf
    surabaya

    alasannya krna aku penasaran nantinya chal dan maurizio bakalan gmna sih? penyelidikan chal ttg terenzio juga menarik perhatianku. pastinya ini konflik yg seru, temanya aja cinta dan keluarga. terharu juga waktu chal melarang mamanya menikah utk ketiga kalinya.
    aku sndri anak yatim smenjak 5th lalu, tp alhamdulilah ibuku gak nikah lgi. klo aku baca buku ini aku ingin ngrasain jdi mamanya chal yg berkali-kali disakiti dan membuat chal juga merasa sedih lihat mamanya begitu. ya intinya bnyak hal di dalam buku ini yg bisa aku petik hikmahnya. itu sih perasaanku waktu baca reviewnya.

  30. Nama: Rinita
    Akun twitter: @rinitavyy
    Kota tinggal: kediri

    Kata ‘keluarga’, adalah alasan utamaku menginginkan, tidak, maksudku memiliki dan bisa membaca buku ini. meski keluargaku selalu harmonis dan semoga seterusnya begitu, setidaknya aku baca buku ini sebagai referensi hidup. shg dapat ku petik makna kekeluargaan dan kehidupan yg dialami Chal dan Maurizio di kota Roma.

  31. nama: Fuja Sagita
    akun twitter: @fujasagita_45
    kota tinggal: Garut, Jawa Barat
    Pertanyaannya adalah berikan alasan kenapa menginginkan buku ini?

    Karena pas baca review di awal saya merasa udah penasaran sama jalan ceritanya. Apalagi novel ini bercerita tentang keluarga, meskipun tokoh-tokohnya remaja tapi permasalahannya gak melulu soal cinta atau apalah itu. Ceritanya bakalan asyik dibaca, kalau diibaratkan masakan, buku ini komplit dengan bumbu keluarga dan remaja. Terus saya juga menginginkan buku ini supaya saya bisa mengetahui keseluruhan cerita dan ending ceritanya, karena saat ini saya sudah mempunyai beberapa tebakan tentang novel tersebut, ya jujur saja, saya ingin mencocokan tebakan saya dengan novel tersebut. Benar atau tidaknya… Baca reviewnya membuat saya berimajinasi sama Chal & Maurizio, kira-kira hubungan mereka selanjutnya akan seperti apa, terus Mama Chal bakalan menikah lagi apa enggak ya? Arghhh sudahlah, kalau dituliskan, bakalan banyak pertanyaan yang saya pikirkan tentang Chal, Maurizo, Mama Chal, Terenzio.

  32. Nama: Ana Bahtera
    Twitter : @anabahtera
    Domisili : Aceh

    Alasannya?

    Karena melihat dari riviewnya begitu banyak konflik yang terjadi , masih bingung dan sangat penasaran bagaimana sebenarnya kisah yang tersembunyi dalam novel yang berjudul hanya 4 huruf ini. Pingin membaca full, bukan hanya terpaku pada review di blog-blog pembaca dalam menikmati kerumitan cerita yang dikemas dengan latar keindahan Roma

  33. Nama : Tanya Fransisca
    Twitter : TanyaFcsh_
    domisili : Tangerang

    Roma? novel dengan latar roma yang pernah gue baca cuma novel terjemahan dan sekarang ada orang indonesia yang buat novel berlatar Roma
    wahhhhh…. daebak! jadi penasaran
    soalnya setiap novel yang bergenre roma yang pernah gue baca selalu berhubungan ama mitologi roma. dan sekarang makin penasaran dengan latar Roma versi orang Indonesia

  34. Nama : Siti Maria Ulfa
    Twitter : @simaulfa_20
    Kota tinggal : Semarang

    Alasan kenapa menginginkan buku ini?
    Yang pastinya penasaran banget sama cerita lengkapnya Chal dan Maurizio. Penasaran sama sikap yang diambil Chal yang gak mau mamanya merasakan kegagalan kehidupan rumahtangga lagi. Dilihat dari reviewnya kayaknya Chal sayang banget sama mamanya. Meskipun pada akhirnya mamanya gak kapok untuk jatuh cinta lagi kepada seorang pria. Bahkan pria ini berbeda kewarganegaraan dengan mereka yang mengharuskan Chal untuk tingggal di negara asal pria tersebut. Bagaimana kehidupan Chal di negara tersebut? itulah yang bikin saya penasaran untuk membaca lebih lanjut buku ini.
    Apalagi kehidupan remaja Maurizio yang “nakal” bikin pusing mammanya menarik minat saya juga hihihi. Saya membayangkan bagaimana Chal remaja polos yang terdampar disebuah negara asing bertemu dengan Maurizio yang nakal. Hmmm… pasti seru. Gak sabar buat bacaaaaa…
    Satu lagi yang bikin penasaran yaitu settingnya yang berlokasi di Roma duhhhhh bener-bener penasaran banget sama tempat-tempatnya disana.
    Pleaaasseeeee, bukunya buat aku ajaaaa… Aku penasaran sama ceritanyaaa…

  35. Eni Lestari
    @dust_pain
    Malang

    dari awal aku udah penasaran banget sama seri love city ini. kebetulan aku udah punya San Francisco. makanya gak lengkap kalo gak baca Roma. apalagi temanya tentang keluarga. wuih, itu tema fav ku banget!! aku penasaran kayak apa konflik yang dijalin nantinya. apalagi setingnya Roma. makin mantap deh. aku salut lho kalo ada penulis lokal yang mengambil setting luar negeri. pengin banget ke luar negeri soalnya. cuma duit belum mencukupi hahaha *kok malah curlong :’))))

  36. Nama : Asep Nanang
    Twitter : @asepnanang59
    Kota tinggal : Bungo, Jambi

    Roma adalah kota yang ROMAntis, percaya deh! Masih belum percaya, coba balikan kata Roma, jadi apa? Amor bukan? Itu adalah nama dewa cinta. Kisah romance dengan setting kota ROMAntis merupakan bacaan yang harus dibaca oleh saya selaku pecinta buku-buku romantis. Dari review yang saya baca ada banyak cerita cinta yang tersaji dalam novel ini. Mulai dari kisah Chal dan ibunya, Maurizio dan ibunya, serta kisah Chal dan Maurizio. Entah kejutan apa yang ada dalam novel ini, rasa penasaran saya akan terjawab jika GA ini saya menangkan.🙂
    Terimakasih

  37. Nama: Ummi Haniefa Dharmayanti
    Twitter: @ummi_hnf
    Kota: Samarinda

    Jawaban:
    Karena utamanya aku suka membaca, oh bahkan aku cinta membaca. Selain itu, aku selalu suka novel yang memiliki latar tempat di kota luar negeri. Mungkin karena aku ingin mengetahui cerita-cerita di kota tersebut. Dan ini judulnya ROMA. Aku juga pernah membaca novel berjudul ROMA saat zaman SMP, tapi di penerbit dan penulis yang berbeda dengan ini. Jadi, aku ingin sekali membaca novel berjudul ROMA lagi.

  38. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    Karangasem, Bali

    Sebelumnya, aku sudah pernah baca karya mbak Pia Devina. Menurutku, beliau sangat lihai menciptakan novel dengan tema keluarga yang menyentuh dan membangkitkan emosi seperti ini. Meskipun aku tidak pernah mengalami apa yang dialami oleh Chal, tapi aku bisa memahami perasaannya yang ingin melihat mamanya berbahagia. Semua anak pasti akan mengupayakan berbagai hal, termasuk menekan ego sendiri untuk mengijinkan orang tersayang kita menikah dengan orang lain, yang sama sekali asing.
    Di novel ini mbak Pia juga kembali menghadirkan setting luar negeri. Sebuah negara di Eropa yang selalu jadi benua impianku. Aku tertarik banget, nggak hanya mengikuti petualangan Chal dan Maurizio di Roma, tapi juga mengetahui kelanjutan kisah ibu-anak ini. Jika terpilih, novel inilah yang pertama kali aku baca di Seri A Love Story City Grasindo. Semoga aku beruntung🙂

  39. Nama : Mukhammad Maimun Ridlo
    Id Twitter : @MukhammadMaimun
    Domisili : Sleman

    Aku pengen banget baca buku ini karena :
    1. Aku dari dulu pengen banget ke Roma.
    2. AKu ngefans sama klub sepakbolanya yaitu AS Roma.
    3. Italia (khususnya Roma) adalah negara yang dikenal romantis setelah Paris (Perancis). Aku ingin menemukan romantisme ala novel Roma ini yang ditulis oleh orang Indonesia.
    4. Barangkali setelah aku membaca buku ini aku benar-benar ke Roma !!

  40. Nama : Anis Nur Lailiyah
    Akun twitter : @lailiyah_anis
    Kota tinggal : Gresik, Jawa Timur

    Berikan alasan kenapa menginginkan buku ini?

    Sederhana saja, karena saya ingin mengoleksi seri A Love Story dari Grasindo jadi pastinya saya juga menginginkan novel Roma ini

    Terimakasih banyak atas kesempatannya🙂

  41. Nama: Cahya
    Twitter: @ccchhy
    Domisili: Palembang

    Kalau disimak dari review di atas, sepertinya novel ini lebih ke young-adult ya? Sebelumnya sudah pernah ada novel yang berjudul sama, dari penulis dan penerbit lain, tetapi di situ kan ceritanya lebih mature.
    Kalau ditanya kenapa aku pengen baca novel Roma yang ini? Karena aku ingin merasakan Kota Roma dan cerita para tokohnya dengan nuansa dan perspektif yang berbeda.

    Terima kasih ^^

  42. Nama: Leny
    Akun twitter: @_sweetpinky_
    Kota tinggal: Rantau, Kalimantan Selatan

    Aku pengin baca buku ini karena aku ingin jalan-jalan mengelilingi Roma lewat buku ini. Dari review di atas aku dibuat sangat terkagum-kagum dengan Roma yang ternyata banyak tempat-tempat wisata yang indah. Aku jadi pengin ke Roma deh. Aku juga suka sekali dengan cerita dalam buku ini, karena sebagai seorang anak pasti tidak mudah untuk melepaskan orangtuanya baik ayah maupun ibu untuk menikah lagi selepas kejadian pahit yang pernah mereka alami sebelumnya. Ceritanya sangat menarik aku penasaran sekali.

Leave a Reply

