[BLOGTOUR] REVIEW Frankfurt + GIVEAWAY

img_20160909_074913

Rasanya begitu menangkan ketika ada orang lain untuk berbagi kesedihan. (hlm. 179)

FRANKFURT. Mendengar nama kota ini, hal pertama yang langsung terbesit sudah pasti tentang Frankfurt Book Fair yang merupakan salah satu pameran buku berlabel internasional terbesar di dunia. Sedikit bercerita tentang perjalanan Frankfurt Book Fair, awalnya sampai abad 17 awalnya merupakan Pusat Pameran Buku Eropa. Sayangnya, pameran di Frankfurt ini akhirnya tergeser oleh adanya Pameran Buku di Leipzig karena adanya sensor dari pihak Komisi Buku Kaisar. Baru setelah Jerman terpecah pasca Perang Dunia ke-2, Frankfurt Book Fair kembali berjaya. Dari 18-23 September 1949 sampai sekarang, selalu diramaikan oleh lebih 200 penerbit yang berasal dari berbagai negara di dunia. Bahkan tanggal 14-18 Oktober 2015 yang lalu, Indonesia sebagai tamu kehormatan di ajang ini. Jerman mengundang 70 penulis dan sastrawan Indoenesia dalam acara ini, diantaranya ada Dee Lestari, Ika Natassa, Eka Kurniawan, Andrea Hirata, Ahmad Fuadi, N.H. Dini, Okky Madasari, dan masih banyak lagi.

Nah, di awal cerita akan terasa kental nuansa Frankfurt Book Fair, yang merupakan bagian dari masa lalu Calibri, tepatnya tahun 2005. Sama halnya seperti Calibri, zaman kuliah saya hobi banget ke acara yang beraroma buku. Dulu mikirnya kapan lagi, karena kalo nanti balik ke Lampung akan langka banget kesempatan acara-acara seperti ini. Begitu juga dengan pameran buku, bazar buku, atau apa pun istilahnya. Pas kuliah, selain Jatinangor Book Fair (yang merupakan acara terbesar tahunan yang diadakan oleh Jurusan), yang paling ditunggu tiap tahunnya adalah acara World Book Day di Jakarta yang biasanya diadakan di Museum Mandiri, Kota Tua. Biasanya acara tersebut akan diikuti oleh puluhan stan yang berkaitan dengan buku, mulai dari penerbit, komunitas buku, klub buku, taman bacaan, dan apa pun yang bersentuhan dengan buku. Bahkan saya pun sempat merasakan cinlok dari stan lain, gyahahaha… x))

Begitu pula dengan Calibri, di buku ini diceritakan jika dia tersesat di ratusan manusia dan lautan buku saat berada di Frankfurt Book Fair dan ditolong oleh seseorang. Hal itu sangat membekas di ingatannya, bahkan ketika di sudah menjadi penulis ternama. Ketika Calibri yang biasanya tidak mau mengadakan talk show, kali ini mau demi buku terbarunya. Hal ini akan menjadi jalan pembuka takdirnya….

img_20160919_143831

CALIBRI CERINA. Sejak dulu memang dia suka sekali menulis kisah, namun tentu saja dulu kisahnya dianggap terlalu tragis dan menyeramkan, karena dia selalu menuliskan musibah-musibah yang terjadi pada tokoh utamanya dengan sangat mendetail seolah benar-benar nyata. Akkhirnya ada juga seorang editor yang tertarik dengan tulisannya dan ingin menerbitkannya. Tentu saja dengan beberapa revisi dan memberikan sentuhan misteri di dalamnya.

Dia bukanlah tipe yang suka tampil di muka umum. Calibri selalu merasa aneh dan sering kali muncul peristiwa-peristiwa tidak enak ketika tanpa sengaja matanya bertemu dengan salah seorang di antara mereka. Setelah bertahun-tahun, halusinasi itu bukannya menghilang justru semakin kuat. Malah terkadang menyeramkan dan membuatnya merasa seperti sedang diteror. Itu juga yang menyebabkan dia suka sekali mengurung diri di dalam kamar dan tidak mau menemui siapa pun, kecuali editornya, Emil atau benar-benar hal superpenting yang berhubungan dengan masalah hidup atau mati.

“Bagaimana biasanya kau mendapatkan ide?”

“Aku memilah kisah yang lewat di kalau depan mataku.”

“Maksudmu?”

“Aku melihat seseorang, dan aku melihat kisah orang tersebut. Kalau menarik, aku tulis, kalau tidak ya tidak kutulis.” (hlm. 30)

img_20160919_143920

RADIANT DAVID. Setelah peritiwa tragis yang merenggut nyawa seluruh orang yang disayanginya, selain pergi bekerja, Radiant memang hanya mengurung diri di dalam kiri dan menamatkan seluruh koleksi buku cerita yang ada di rumah orangtuanya tersebut. Dia tidak tahu lagi harus tinggal di mana, oleh sebab itu, dia menerima uluran tangan keluarganya untuk tinggal bersama mereka kembali. Tidak ada salahnya, mengingat pasangan suami istri itu hanya memiliki seorang putra yaitu dirinya Radiant David.

Walaupun dia tidak mau mengakuinya, namun kehilangan anggota keluarga secara mendadak tentu saja membuat mentalnya runtuh dan pikirannya terganggu. Setiap kali memikirkan tentang istri dan putranya, dia sama sekali tidak bisa menerima kalau mereka telah tiada. Pernah tanpa sadar, dia menunggu mereka berdua di depan teras rumah. Namun, saat itu dia tidak mau menceritakannya pada siapa pun, termasuk kedua orangtuanya.

Di awal cerita, Radiant memang terlihat lemah karena kehilangan anak dan istrinya secara bersamaan, tapi makin ke belakang justru terkesan playboy. Misalnya di halaman 43 misalnya, Radiant mencoba merayu Calibri. Itupun nggak hanya sekali, tapi beberapa kali yang akhirnya membuat hati Calibri luluh juga.

Di buku ini diselipkan semacam trivia untuk kehidupan penulis lewat tokoh Calibri:

  1. Di halaman 22, ketika Calibri memutuskan untuk sedikit melakukan traveling terlebih dahulu sebelum menulis novel baru.
  2. Di halaman 30, ide yang datang untuk menulis buku bisa didapatkan dari kehidupan nyata yang menarik untuk dibukukan.
  3. Di halaman 40, Calibri memborong banyak buku sampai membuat Radiant heran. Hal ini bagi Calibri sebagai ‘upaya balas dendam’ karena saat proses penulisan novel baru, dia tidak memiliki waktu untuk membaca.
  4. Di halaman 13 dan 45, ternyata lumayan banyak penulis yang tidak PD untuk melaunching bukunya sendiri, dengan berbagai alasan; nervous, takut bertemu orang banyak, demam panggung dan banyak alasan lainnya. Makanya, jangan heran ada beberapa penulis yang terkesan misterius, saya sampai sekarang nggak tahu siapa itu penulis Ilana Tan; cewek atau cowok x))

Membaca buku ini mengingatkan buku ALIAS yang ditulis Mbak Ruwi Meita terbit beberapa bulan lalu. Jika di buku tersebut sang tokoh utama bernama Jeruk berprofesi sebagai penulis dengan dua nama pena karena berbeda genre, sedangkan di buku ini kita akan diajak menelusuri kisah Calibri, seorang penulis yang tanpa disadari ternyata apa yang ditulisnya ternyata memang benar terjadi. Serem juga yaa… x))

img_20160919_143850

Beberapa kalimat favorit dalam buku ini:

  1. Orang bisa berubah seiring berjalannya waktu. (hlm. 23)
  2. Memang, jodoh sepertinya tidak akan kemana. (hlm. 29)
  3. Tidak pernah ada yang salah kalau kita bisa menikmatinya. (hlm. 169)
  4. Cinta tidak pernah melihat ketdiaksempurnaan pada pasangannya. Justru dia menyempurnakan ketidaksempurnaan itu. (hlm. 193)
  5. Tuhan memang menciptakan mahluknya dengan sempurna. (hlm. 201)

Beberapa selipan sindiran halus dalam buku ini:

  1. Zaman sekarang, dengan kecanggihan teknologi, sepertinya susah sekali menghafal nomor telepon. (hlm. 9)
  2. Namanya juga cari rezeki, masa mau tidur aja di rumah. (hlm. 101)

Keterangan Buku:

Judul                                     : Frankfurt

Penulis                                 : Ninna Rosmina

Editor                                    : Cicilia Prima

Desain kover                      : Teguh

Penata isi                             : Putri Widia Novita

Penerbit                              : Grasindo

Terbit                                    : Agustus 2016

Tebal                                     : 202 hlm.

ISBN                                      : 978-602-375-654-4

crbo2pxueaabeac

MAU BUKU INI?!?

Simak syaratnya:

1. Peserta tinggal di Indonesia

2. Follow akun twitter @lucktygs , @grasindo_id dan @NinnaKrisna. Jangan lupa share dengan hestek #GAFrankfurt dan mention via twitter.

3. Follow blog ini, bisa via wordpress atau email.

4. Jawab pertanyaan di kolom komentar di bawah, plus nama, akun twitter, dan kota tinggal. Pertanyaannya adalah berikan alasan kenapa menginginkan buku ini. Mudah kan?

5. Giveaway ini juga boleh di share via blog, facebook, dan sosmed lainnya. Jangan lupa sertakan hestek #GAFrankfurtyaaa…

Event ini gak pake helikopter, eh Rafflecofter yang ribet itu. Jadi pemenang ditentukan dari segi jawabannya yaaa… ( ‘⌣’)人(‘⌣’ )

#GAFrankfurt ini berlangsung seminggu saja: 3-9 Oktober 2016. Pemenang akan diumumkan tanggal 10 Oktober 2016.

Akan ada SATU PEMENANG yang akan mendapatkan buku ini. Hadiah akan langsung dikirimkan oleh penulisnya! ;)

Silahkan tebar garam keberuntungan dan merapal jampi-jampi buntelan yaaa… ‎(ʃƪ´▽`) (´▽`ʃƪ)!

img_20160919_143932

Pengumuman Pemenang Giveaway Frankfurt

Terima kasih dengan keantusiasan teman-teman untuk mengikuti Giveaway Frankfurt. Sekali lagi, makasih banyak ya buat semua!😉 #PeyukSatuSatu

Pemenang giveaway kali ini adalah:

Nama: Hani Kartika Sari
Twitter: @haniktsr
Domisili: Sragen, Jawa Tengah

Selamat buat pemenang. Sila kirim email ke  emangkenapa_pustakawin[at]yahoo[dot]com dengan judul: konfirmasi pemenang Giveaway Frankfurt. Kemudian di badan email cantumkan; nama, alamat lengkap, dan no hape biar hadiahnya segera dikirim langsung oleh penulisnya ya.

Terima kasih buat Kak Ninna Rosmina atas kerjasamanya, sekali lagi terima kasih banyak atas kepercayaannya. Semoga lain waktu bisa bekerjasama kembali… 😉

Buat yang belum menang, jangan sedih. Masih banyaaaakkkk giveaway lainnya yang menanti!! :*

-@lucktygs-

 

48 thoughts on “[BLOGTOUR] REVIEW Frankfurt + GIVEAWAY

  1. Nama : Vena Dwi Masfiyah
    Twitter : @venadwim
    Domisili : Tulungagung

    Jawaban :
    Aku pengen novel ini karena aku suka sama cerita yang ada unsur2 bukunya gitu. Apalagi di review di atas ceritanya ada yang tentang pameran buku gitu. Bayangin gimana suasana pameran buku seneng gitu. Nama tokohnya Calibri, kok kayak nama burung ya 😃 tapi dibaca dari review kak luckty sepertinya novel ini menarik. Seru gitu karena Calibri ini seorang penulis. Lagipula Calibri bisaa lihat apa sih kak? Penasaran. Berharap menang giveaway ini. Berharap dapat novel ini. Amin 😊😊😊

  2. Nama: Elsita F. Mokodompit
    Twitter: @sitasiska95
    Domisili: Gorontalo

    Kenapa aku menginginkan buku ini? Calibrilah jawabannya. Pertama, aku suka dengan karakternya yang diceritakan sebagai seorang penulis. Kedua, cara Calibri mendapatkan idenya bagiku menarik dan penuh misteri. Aku bertanya2 darimana Calibri -mendapatkan kekuatan magis kalau bisa disebut demkikian, itu. Aku yakin ada penyebab. Atau itu adalah anugerah sejak Calibri lahir? Selanjutnya, kehadiran tokoh lain yang sepertinya berusaha mendekati Calibri juga mengundang pertanyaan dari mana Calibri mengenalnya? Bukankah dia hanya suka berinteraksi dengan editornya? Atau apakah tokoh itu adalah salah satu ‘korban idenya’. Aku ingin tahu itu semua makanya aku ingin mendapatkan buku ini

  3. Nama: Sayekti Ardiyani
    Twitter: @sayektiardiyani
    kota : Magelang
    pengen punya buku ini karena buku2 semacam ini sesuai ‘selera’ saya untuk dikoleksi, settingnya (Frankurt dan yg khas dari kota itu: buku) dan segala tentang buku plus penulis ada di dalamnya, selain memang pengen baca sepertinya buku itu juga bisa jadi booster buat nulis

  4. Nama : Novelia Arista Damayanti

    Twitter : @leenovel2 (link nya → https://twitter.com/leenovel2?s=01 )

    Domisili : Yogyakarta

    Aku tertarik sma ini buku soalnya ini ada penulis (Ninna Rosmina) tapi kok nyeritain kisah tentang penulis lain bernama Calibri Cerina itu gitu. Untung aja namanya bukan calibri body ya, kayak jenis font di ms word gitu wkwk. Mungkin penulisnya dpet ilham buat ngasih namanya terinspirasi dr nama burung ato malah font itu td kali yaa hehe😀 memang sih aku pernah beberapa kali baca cerita yg ngisahin perjalanan hidup seorang penulis, tapi aku tuh penasaraaan (pake bangett lhoh ngomong2) gimana kak Ninna dlm mengemas kisah tentang Calibri si penulis ini yg pasti dlm versi cerita baru yg lain drpda yg lain gitu.
    Truuss aku juga pngen ikut ngrasain pengalamannya Calibri waktu ada di Frankfurt Book Fair. Mesti bau bau kertas buku itu hmmm harumnya semerbak bgt dah bikin tergoda buat bawa pulang semua bukunya, haha. Kali aja klo ngikutin kisahnya Calibri waktu di FBF bisa ngobatin rasa penasaranku sama IIBF2016 yg di JCC kmaren #duuuh curhat😀 #
    Daaan aku penasaran yg nyelametin Calibri dri lautan buku di FBF itu apakah si Radiant David? Ato mlah org lain? Bakalan wajar klo yg nglakuin aksi pnyelamatan itu si Radiant, secara buku ini nyeritain tentang mreka. Ya kaan? Tpi akan jd rancu klo mlah kisah tntang Calibri dengan Burung Beo. Wkwk ngaco deh😀
    Trus trus aku jga pngen tau gimana sih Caranya Merayu level seorang Radiant David yg akhirnya bisa ngeluluhin Calibri si penulis penuh misteri kita ini? Apakah rayuan gombal recehan?? Atau rayuan penuh syair puitis pake sekuntum bunga mawar? Atau rayuan yg penuh goda-canda diselipin kisah humor didalemnya? Atau malah rayuan khas playboy kece yg cool cool minta dipanasin gitu deh?? Haha. Yg pasti penasaran sama buku ini trus pastinya pengen bgt baca buku ini. Pengen tau apakah dibuku ini nntnya bkalan nyeritain kisah cinta nya Calibri sma Radiant? Atau cuma nyeritain perjalanan menulisnya Calibri? Atau kisahnya Radiant yg mlah ngrayuin cewek lain lg??(0.o) #GAFrankfurt
    Baca itu kayak lg makan pilus, udh makan bnyak tp gk kenyang kenyang rasanya. Wkwk

  5. Nama: Umi Marfa
    Twitter: @umimarfa
    Domisili: Purwokerto

    Percaya aja kalo aku nantinya suka sama buku ini, tertarik karena how the way kak Luckty ngereview buku ini, jadi penasaran sama bukunya tentunya🙂

  6. Nama: Santi Rizkiyanti
    Nama twitter: @santirizky95
    Kota: Banyuwangi

    Jawaban:
    Kenapa aku pengen novel ini?
    1. Judulnya keren
    2. Sangat menarik jika novel ini menceritakan kehidupan seorang penulis buku, mulai dari dia mendapatkan ide sampai menentukan cerita mana yg ingin dia tulis hanya dengan memandang seseorang. its interesting.!!
    3. Mungkin saja melalui novel ini, dapat membantu saya dalam menambah bahan dan pengetahuan untuk menulis.

    wish me luck. amin #GAFrankfurt

  7. Nama: Rohaenah
    Twitter: @rohaenah1
    Kota: Jakarta
    Jawaban: saya tertarik dengan cerita yg diterbitkan oleh grasindo tentang #ALoveStoryCity setelah pertama kali membaca novel #Bristol. Terus liat reviewnya #Frankfurt pun memang bagus. Jadi saya ingin punya novel ini. Sebelumnya saya pernah baca novel karya kak Ninna dan memang kisahnya membuat saya selalu penasaran akan lembar2 ceritanya sampai akhir.
    Semoga saya beruntung dapetin novel Frankfurt ini.

  8. Nama: Farikhatun Nisa
    Twitter: @littlepaper93
    Kota Tinggal: Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

    Jawaban: Karena aku penasaran dengan sosok Calibri. Aku ingin membaca tentang kisah hidupnya, terutama bagaimana ketika dia menulis dan kejadian yang ia tulis benar-benar terjadi. Aku juga ingin mengenal sosok Radiant. Karena jujur, aku juga pengin jadi penulis tapi aku suka nggak PD sama hasil karyaku dan takut jika orang-orang membaca ceritaku. Semoga, jika keberuntungan mendatangi, bisa membaca kisah Calibri dan bisa mengambil manfaat dari kisah hidupnya. 😃

  9. Nama ; Rizky Tria Octa.
    Akun twitter ; @Octannow_
    Kota ; Brebes, Jawa Tengah.
    Mau novel Frankfurt.. Soalnya di reviewnya menceritakan kisah Calibri, seorang penulis yang tanpa disadari ternyata apa yang ditulisnya ternyata memang benar terjadi. Nah, itu yang bikin aku penasaran. Kok bisa ya? Terus direviewnya juga menceritakan di awal cerita akan terasa kental nuansa Frankfurt Book Fair tuh dimana ratusan manusia berkumpul. Itu juga yang menarik.. Bagaimana penulis menceritakan detail Frankfurt Book Fair itu. Bagi penulis amatir seperti aku, perjalanan Calibri sangat menarik. Apalagi itu tentang ‘buku’. Reviewnya juga memberikan tdk sedikit kalimat2 yang membuat aku candu ingin membaca novelnya.
    Dan semacam trivia untuk kehidupan penulis lewat tokoh Calibri. Bagaimana gak tertarik coba? Ohya, aku juga penasaran sama tokoh Radiant, tentang seluk beluk kisahnya.

  10. Nama ; Rizky Tria Octa.
    Akun twitter ; @Octannow_
    Kota ; Brebes, Jawa Tengah.
    Mau novel Frankfurt.. Soalnya di reviewnya menceritakan kisah Calibri, seorang penulis yang tanpa disadari ternyata apa yang ditulisnya ternyata memang benar terjadi. Nah, itu yang bikin aku penasaran. Kok bisa ya? Terus direviewnya juga menceritakan di awal cerita akan terasa kental nuansa Frankfurt Book Fair tuh dimana ratusan manusia berkumpul. Itu juga yang menarik.. Bagaimana penulis menceritakan detail Frankfurt Book Fair itu. Bagi penulis amatir seperti aku, perjalanan Calibri sangat menarik. Apalagi itu tentang ‘buku’. Reviewnya juga memberikan tdk sedikit kalimat2 yang membuat aku candu ingin membaca novelnya.
    Dan semacam trivia untuk kehidupan penulis lewat tokoh Calibri. Bagaimana gak tertarik coba? Ohya, aku juga penasaran sama tokoh Radiant, tentang seluk beluk kisahnya.

  11. Nama: Insan Gumelar Ciptaning Gusti
    Akun: @san_fairydevil
    Kota: Surakarta

    Karena enggak pernah menang dari blogtour ini. Karena bukunya biru, lucu, keren. Karena kalo beli harus ngumpulin receh lagi, karena receh yg kemarin udah habis buat beli buku yang lain.

  12. nama: Mariyam
    twitter: @mariyam_elf
    kota: surabaya

    karena aku pemburu blogtour dan GA, jdi wajib donk buat ikutan ini. klo pengen bukunya ya jelas lah, ngapain berburu GA klo gak pengen bukunya?
    yg jelas sih krna aku blm prnah baca bukunya kak Ninna, trus juga blm pernah menang blogtour di blognya kak Luckty😀 hehehe, keseringan ikutan setiap GA di blog ini pastinya kak Luckty tau kan? wkwkwkwk itu aja sih, covernya lucu dan menarik.

  13. Nama : Jawahirul Arifah
    Akun twitter : @jawarifah
    Domisili : Kudus – Jawa tengah
    Link share : https://twitter.com/jawarifah/status/782989692484456448

    Jawaban : karena cover buku ini kece kawan. Hehe. Gimana ngga tertarik coba ?
    Selain itu, sbg penulis amatir, aku pingin dapet motivasi dari Calibri tentang gimana ai Calibri bisa dapet ide nulis kaya gitu ? Yang terkesan mistis tapi di kagumi. Jadi penasaran sama alurnya karna ka Lucky nge-review bukunya enak. Bikin penasaran.
    Terus penasaran juga sama sikap si Calibri, kenapa dia cuma interaksi sama editornya aja ya ? Pada hal kan pasti banyaaak fans fans setia si Calibri yang penasaran pingin meet up. Aku pikir, semua orang pingin jadi terkenal, tp kayanya ngga berlaku buat si Calibri ya kak ?
    Semoga menang GA kali ini di blog ka Lucky, biar jadi yang pertama ka.

  14. nama : vadia rahman salsabila
    twitter : @vadiamendes98
    kota : sukabumi

    mau buku ini karena?
    Dari sebuah buku, kita bisa menjelajahi dunia, mengetahui sebuah pengalaman orang lain, dan memperluas wawasan kita. selain itu ada pengaruh tersendiri dari novel ini, Calibri seorang penulis hebat dan mewakili aku yang berkeinginan menjadi penulis yang hebat. Dalam review dijelasin, kalo Calibri menulis sesuatu yang menjadi kenyataan, ini memang seperti sebuah keajaiban, tapi juga jika dilihat dari sudut pandang lain, seakan mengingatkan kita para penulis untuk menuliskan sesuatu yang benar-benar bermakna, bukan hanya sebuah tulisan yang mementingkan popularitas tanpa memikirkan kualitas tulisan itu sendiri, karena tulisan mu yang buruk bisa saja mempengaruhi pembacamu dengan hal-al yang buruk, dan juga begitu pun sebaliknya. Jadi secara harfiah, kita juga bisa mewujudkan sesuatu seperti apa yng ada dari tulisan kita. Dan cerita kepenulisan, seorang yang ingin jadi penulis harus baca ini! sambil mebaca kita belajar.
    Dan aku benar-benar ingin buku ini:D

  15. ama : Asep Nanang
    Twitter : @asepnanang59
    Domisili : Bungo, Jambi

    Jawaban: Karena saya pemburu buku sejati yang tidak akan berhenti walau gagal berkali-kali dalam mengikuti GA. Saya yakin disetiap kegagalan saya akan terselip keberhasilan. Dan terbukti saya pun beberapakali memenangkan GA dari blog-blog buku kece di Indonesia, termasuk di blog kak Luckty. Review dari kak Luckty yang membahas tentang Frankfurt Book Fair mebuat saya semakin penasaran dengan buku ini. Kegiatan FBF ini menjadi salahsatu mimpi saya juga, jadi kalau ada novel yang settingnya di acara ini. Saya pengen baca. Salam buat Calibri ya kak, kasih tahu sama dia supaya tidak takut lagi dengan kelebihan yang dimilikinya. Sukses selalu🙂

  16. Nama: Melisa
    Twitter: @ApriliMelissa
    Kota: DKI Jakarta

    Alasan:
    Aku tertarik dengan kisah ‘cinta baru setelah ditinggal mati’ seperti yang dialami Radiant. Aku selalu suka novel yang tokoh utamanya cewek minder atau penyendiri. Aku penasaran setengah hidup sama kisah misterius Calibri yang sering menulis trus yang ditulis jadi kenyataan. Kok bisa? Terus malah muncul dugaan sepertinya si Calibri ini punya semacam mental illness *soktau. Saking penasaranya aku malah ngayal huehuehehe. Eh tapi boleh juga kalo tentang mental illness, salah satu tema favoritku di novel hehehe. Sebagai penggemar novel romance, ya pasti suka lah sama Frankfurt, kalo kata temenku yang pelit gak mau minjemin novelnya sih gitu heheh. Aku juga sukaaaa sama cara Mbak Ninna bercerita dari novel-novel sebelumnya. Sayangnya… aku lagi krisis monoter #plak
    Selain kisahnya yang kusuka, judulnya juga keren! Serasa baca novel impor cuy! Juga tentang FBF yang diangkat, karena aku belum pernah sekalipun ke FBF, aku penasaran detail tempat dan kegiatan seperti apa yang ada di sana, siapa tahu bisa ke sana dan kayak Calibri *ketemucogan* hehehe. Covernya juga biru muda, fresh banget dah! Dan satu lagi, review mbak Luckty yang bikin penasaran sampe gigit jari hehehe, pengen deh bisa nge-review sebagus Mbak!!
    Semoga daku beruntung!!!!

  17. Nama: Ratna Komalasari
    Akun twitter: @dreravios
    Domisili: Tangerang.

    kenapa pengen buku ini?

    Simpel aja sih, cerita yang ada dibuku ini sangat menarik untuk dibaca. banyak rahasia yang dibuat penulis untuk menambah rasa penasaran para pembacanya. Dari review yang udah aku baca, kayaknya si calibri ini bisa melihat apa yang terjadi pada seseorang lewat kontak mata yang ia tuangkan lewat menulis.

    aku juga penasaran apa yang terjadi sama keluarganya radiant dan juga bagaimana mereka– Calibri dan Radiant– bisa dekat bukan?

    Kisah dicerita ini sangat menarik dan juga lucu. Menariknya adalah kisah masa lalu dari Calibri dan Radiant yang masih misterius. Lucunya ialah interakasi dari Calibri dan Radiant yang sedikit konyol.

    mudah-mudahan aku bisa baca keseluruhan cerita ini biar tau interaksi lainnya dari Calibri-Radiant:)

  18. Nama: Ratna Komalasari
    Akun twitter: @dreravios
    Domisili: Tangerang.

    kenapa pengen buku ini?

    Simpel aja sih, cerita yang ada dibuku ini sangat menarik untuk dibaca. banyak rahasia yang dibuat penulis untuk menambah rasa penasaran para pembacanya. Dari review yang udah aku baca, kayaknya si calibri ini bisa melihat apa yang terjadi pada seseorang lewat kontak mata yang ia tuangkan lewat menulis.

    aku juga penasaran apa yang terjadi sama keluarganya radiant dan juga bagaimana mereka– Calibri dan Radiant– bisa dekat bukan?

    Kisah dicerita ini sangat menarik dan juga lucu. Menariknya adalah kisah masa lalu dari Calibri dan Radiant yang masih misterius. Lucunya ialah interakasi dari Calibri dan Radiant yang sedikit konyol.

    mudah-mudahan aku bisa baca keseluruhan cerita ini biar tau interaksi lainnya dari Calibri-Radiant:)

  19. Nama: Ratna Komalasari
    Akun twitter: @dreravios
    Domisili: Tangerang.

    kenapa pengen buku ini?

    Simpel aja sih, cerita yang ada dibuku ini sangat menarik untuk dibaca. banyak rahasia yang dibuat penulis untuk menambah rasa penasaran para pembacanya. Dari review yang udah aku baca, kayaknya si calibri ini bisa melihat apa yang terjadi pada seseorang lewat kontak mata yang ia tuangkan lewat menulis.

    aku juga penasaran apa yang terjadi sama keluarganya radiant dan juga bagaimana mereka– Calibri dan Radiant– bisa dekat bukan?

    Kisah dicerita ini sangat menarik dan juga lucu. Menariknya adalah kisah masa lalu dari Calibri dan Radiant yang masih misterius. Lucunya ialah interakasi dari Calibri dan Radiant yang sedikit konyol.

    mudah-mudahan aku bisa baca keseluruhan cerita ini biar tau interaksi lainnya dari Calibri-Radiant:) Bismillah. Wish Me Luck.

  20. Mau novel ini ya karena pengen baca bukunya dong tentunya. Nggak cuma pengen baca aja, tapi mupeng penasaran juga deh dgn jalan cerita beserta tokoh calibri dan radiant di novel ini, plus aku pengen mengenal lebih dekat sama tulisannya kak Ninna, yg smoga bisa cocok sama seleraku. Alasan lain, sebenarnya aku pengen banget mengoleksi beberapa series yg di usung penerbit grasindo, itu lho, Novel berjudul kota-kota populer di dunia. Terus Kovernya awesome abiiz. tapi sebelum itu tercapai setidaknya aku mau melakukan percobaan pada satu buku dulu, baru ntar kalau masih kelaparan sama buku baru dan mendadak ada koin jatuh dari langit kaaan aku bisa berlanjut ke buku yg lainnya (amiiiin),hehe

    Nama: Rinita
    Twitter: @Rinitavyy
    Kota: Kediri

  21. Nama : Humaira
    Akun Twitter : @RaaChoco
    Kota Tinggal : Purwakarta

    Berikan alasan kenapa menginginkan buku ini?

    Aku sangat sangat menginginkan novel Frankfurt karya terbaru ka Ninna ini, dan setelah baca review-nya aku merasa novel ini sangat berbeda dari novel yang lain dan aku sangat tertarik dengan ide ceritanya. Apalagi aku yang baru mengenal sedikit tentang Frankfurt Book Fair disini dijadikan setting yang pasti akan banyak diulik, jadi makin #kepo abis. Betapa sulitnya hidup Calibri yang sama sekali tak bisa menatap mata seseorang hanya untuk melihat atau sekedar berbicara sambil menatap lawan bicaranya. Dan terkungkung oleh rasa menyeramkan dan menakutkan seperti sedang diteror terus menerus. Juga dengan Radiant yang kehilangan orang-orang yang ia sayangi. Bagaimana mereka berdua bertemu? Lalu apa jadinya dengan mereka berdua? Apa yang akhirnya Calibri lakukan untuk menghadapi kemampuan yang membuatnya takut? Bagaimana saat ia jatuh cinta dan menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi saat ia bertatapan dengan orang yang dicintainya? Dan Radiant untuk mengobati rasa kehilangannya? Apa mereka bisa bersama dan saling melengkapi?

    Selain itu tokoh utamanya adalah seorang penulis dan aku merasa sangat penasaran, apalagi disebutkan sama ka Luckty kalo ada trivia seorang penulis yang benar-benar digali dan dijabarkan.

    Aku rasa selain bikin penasaran, novel ini juga menginspirasi orang yang ingin jadi penulis dan aku juga yang memang ingin jadi seorang penulis tapi tidak tau apa yang harus dilakukan untuk memulainya. Semoga dengan ini aku berkesempatan baca dan menangin giveaway-nya🙂

    Makasih ka Luckty🙂🙂

  22. nama: nurul astri
    akun twitter: @nurulastrirmdn
    kota tinggal: tangerang
    jawaban:
    karena dari dulu aku punya keinginan untuk mengoleksi novel-novel yang berkaitan dengan dunia luar. menurutku menarik aja ketika aku membaca novelnya dan seperti menyelami langsung ke tempat-tempat yang mungkin nggak bisa kucapai, di belahan dunia lain. apalagi novel seperti ini memiliki karakteristik sendiri. sulit sekali untuk menulisnya dan membuat feelnya dengan sempurna. dalam beberapa kasus, aku pernah membaca novel yang latarnya luar negeri namun seperti ‘tempelan’ saja. sangat mengganggu dan merusak suasana yang seharusnya bisa dibangun dengan baik. so, aku ingin membaca sekaligus mencaritahu isi dalam novel ini karena reviewnya yang bagus dan membuatku tertarik. semoga aja aku bisa mendapatkannya🙂

  23. nama: nurul astri
    akun twitter: @nurulastrirmdn
    kota tempat tinggal: tangerang
    jawaban:
    karena dari dulu aku punya keinginan untuk mengoleksi novel-novel yang berkaitan dengan dunia luar. menurutku menarik aja ketika aku membaca novelnya dan seperti menyelami langsung ke tempat-tempat yang mungkin nggak bisa kucapai, di belahan dunia lain. apalagi novel seperti ini memiliki karakteristik sendiri. sulit sekali untuk menulisnya dan membuat feelnya dengan sempurna. dalam beberapa kasus, aku pernah membaca novel yang latarnya luar negeri namun seperti ‘tempelan’ saja. sangat mengganggu dan merusak suasana yang seharusnya bisa dibangun dengan baik. so, aku ingin membaca sekaligus mencaritahu isi novel ini karena reviewnya yang bagus dan membuatku tertarik. semoga aja aku bisa mendapatkannya🙂

  24. nama: nurul astri
    akun twitter: @nurulastrirmdn
    kota tinggal: tangerang
    jawaban:
    karena dari dulu aku punya keinginan untuk mengoleksi novel-novel yang berkaitan dengan dunia luar. menurutku menarik aja ketika aku membaca novelnya dan seperti menyelami langsung ke tempat-tempat yang mungkin nggak bisa kucapai, di belahan dunia lain. apalagi novel seperti ini memiliki karakteristik sendiri. sulit sekali untuk menulisnya dan membuat feelnya dengan sempurna. dalam beberapa kasus, aku pernah membaca novel yang latarnya luar negeri namun seperti ‘tempelan’ saja. sangat mengganggu dan merusak suasana yang seharusnya bisa dibangun dengan baik. so, aku ingin membaca sekaligus mencaritahu isi novel ini karena reviewnya yang bagus dan membuatku tertarik. semoga aja aku bisa mendapatkannya🙂

  25. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    kota tinggal: Serang

    Alasan kenapa menginginkan buku ini?

    Aku langsung tertarik dengan ide ceritanya, Calibri bisa melihat kehidupan seseorang dengan melihat matanya. Ini sepertinya ada unsur fantasinya ya? Penasaran banget!
    Dan yang bikin tertarik lagi adalah Radiant yang di awalnya terlihat lemah karena kehilangan anak dan istrinya secara bersamaan, tapi makin ke belakang justru terkesan playboy. Kepo banget gimana Radian bisa berubah seperti itu. Dan pengin tahu gimana ya gaya Radiant merayu Calibri yg punya hal yg tidak biasa itu. Apa berhasil ya?😀
    Kedua tokoh dari kisah ini tuh bikin penasaran.

  26. Nama : Lois Ninawati
    Twitter :@_loisninawati
    Domisili : Situbondo, Jawa Timur

    Aku pengen buku ini soalnya pertama,covernya menarik warnanya biru” gitu, terus penasaran sama cerita yang settingnya di luar negri ini. Trus
    buat nambah koleksi buku jugaaa😁😀😊

  27. Nama: Bety Kusumawardhani
    Twitter: @bety_19930114
    Domisili: Surakarta, Jawa Tengah

    Aku hobi membaca novel ber-setting kota di luar negeri dan ingin membuat novel semacam itu. Aku penasaran bagaimana pendiskripsian setting, adegan, karakter setiap tokoh dan gaya bahasa yang dipakai di novel ini. Dari situ, aku bisa belajar dan berkenalan dengan penulisnya karena saya belum pernah membaca novel karangan mbak Ninna Rosmina. Selain itu, aku juga bisa traveling ke kota impianku hanya dengan membaca buku ini. Hehe☺

  28. Nama: Bety Kusumawardhani
    Twitter: @bety_19930114
    Domisili: Surakarta

    Aku hobi membaca novel ber-setting kota di luar negeri dan ingin membuat novel semacam itu. Aku penasaran bagaimana pendiskripsian setting, adegan, karakter setiap tokoh dan gaya bahasa yang dipakai di novel ini. Dari situ, aku bisa belajar dan berkenalan dengan penulisnya karena saya belum pernah membaca novel karangan mbak Ninna Rosmina. Selain itu, aku juga bisa traveling ke kota impianku hanya dengan membaca buku ini. Hehe☺

  29. nama : Ainhy Edelweiss
    Twitter: @PrinceesAsuna
    Domisili: Makassar

    jawaban:

    Pertama kali membaca review dalam novel ini, yang terlintas dalam pikiranku, penulis sangat “berani” mengambil Frankfurt sebagai latar dalam novel ini yang semakin menambah daya tarik dan rasa penasaran akan novel ini. Terlebih lagi dengan kisah Calibri, yang karakternya sangat misterius. Kisah cinta yang unik menurutku, apalagi profesinya sebagai penulis. Itulah mengapa aku menginginkan buku ini. Aku ingin menjadi Calibri barangkali saat menyelami kisah dalam novel ini, merasakan setiap keindahan dan pesona Frakfurt.

  30. Nama: Hani Kartika Sari
    Twitter: @haniktsr
    Domisili: Sragen, Jawa Tengah

    Aku menginginkan novel ini teramat sangat karena aku sudah jatuh cinta pada novel ini pada kali pertama membaca review-nya.

    Sekedar sharing, aku berkali-kali ikut blogtour review dan GA Frankfurt diberbagai blog penulis, seperti mbak Rizky, mas Bintang, mbak Asri, semua aku ikut, dan sayang semua belum berhasil menang, makanya aku pindah ke blog mbak Luckty yang merupakan kesempatan terakhirku mendapat novel Frankfurt secara gratis, ah sulit menjadi pelajar dengan uang saku seadanya, sukanya cari gratisan wkwk. Itu aku lakukan karena aku benar-benar tertarik sama novel Frankfurt ini, yang tak lain adalah seri A Love Story City favoritku.

    Selain itu, Calibri, sang pemikat hatiku. Sukses membuat aku benar-benar ingin tahu kelanjutan kisahnya, aku penasaran bagaimana, sih, rasanya melihat kisah yang lewat di depan matanya, pasti menarik, hidupnya selalu ada sesuatu yang baru, ya walaupun mungkin tragis. Tidak seperti hidupku, yang kurasa terlalu flat.

    Next, Radiant, lelaki patah hati yang selanjutnya terkesan playboy. Oke, jujur aku suka watak lelaki ini, aku ingin mengetahui bagaimana Radiant perlahan melupakan kesedihannya, mulai menyukai Calibri, bagaimana ia meluluhkan hati Calibri, dan apa yang ia suka dari Calibri. Aku ingin merasakan bagaimana geregetannya kisah mereka.

    Lelaki patah hati dengan Gadis misterius, unik.

    Dan terakhir, dari berbagai blog review Frankfurt yang aku baca, aku selalu tertarik, nggak pernah bosan baca berulang-kali review dan quotes yang ditulis, aku juga nggak pernah menemukan kelemahan dari novel ini. Ditambah review mbak Luckty yang menurutku paling lengkap, semakin menambah rasa penasaranku, semua tentang novel ini, judulnya, pemilihan kotanya, alurnya, semuaa, semua yang mengaharuskanku memiliki novel cantik ini. Wish me luck for my last chance.

  31. Nama : Heni Susanti
    Akun twitter : @hensus91
    Domisili : Pati – Jawa Tengah

    Alasan aku menginginkan buku ini :
    Pertama, aku tertarik dengn tokoh Calibri. Penulis yang mempunyai ‘kelebihan’. Ini karakter baru yang belum pernah aku tahu sebelumnya. Jadi aku ingin tahu asal usul ‘kelebihan’ yang dimiliki Cal. Adakah suatu kejadian yang membuatnya bisa ‘melihat’ atau memang dia memperoleh ‘penglihatan’ itu sejak lahir?

    Kedua, ‘kelebihan’ Cal untuk melihat kisah seseorang dengan menatap mata mereka membuatnya bisa menuliskan kisah istri Radiant. Yang mau aku tahu Cal di sini melihat ke dalam mata istri Radiant – yang berarti dia bisa melihat arwah – atau justru Radiant sendiri – yang berarti mereka pernah bertemu sebelum Radiant penasaran dengan Cal.

    Ketiga, kisah cinta Cal dan Radiant. Bagaimana cara Radiant patah hati tapi berubah jadi playboy untuk meluluhkan Cal. Bagaimana Cal menghadapi banyak kejadian saat menatap mata Radiant dengan kenangan tentang istri dan anaknya, yang pasti membuatnya tahu seberapa besar cinta Radiant untuk sang istri. Apakah itu membuatnya cemburu atau tidak. Dan apa yang dia lakukan untuk mengatasi perasaan cemburu atau apapun itu. Apa yang membuatnya akhirnya luluh pada Radiant. Juga bagaimana akhir kisah mereka. #semogahappyending

    Terakhir, penasaran dengan interaksi Cal dan keluarganya. Kehidupan Cal di luar kisahnya dengan Radiant. Apakah mereka tahu tentang kelebihan Cal atau tidak. Bagaimana sikap Cal saat menghadapi keluarganya. Apakah menghindari mereka uatau ‘kelebihan’-nya sudah kebal pada orang yang seumur hidup dikenalnya. Ini Cal tinggal sendiri atau bersama mereka? Apalagi disebutkan Cal hanya mau bertemu dengan Emil kecuali jika berkaitan dengan hidup dan mati. Sedangkan keluarga kan tidak mungkin diabaikan.

    Demikian dan terima kasih🙂

  32. Nama : Tsary Aristawati
    Akun twitter : @tsary_arista
    Domisili : Salatiga – Jawa Tengah

    Alasan kenapa aku menginginkan buku ini?

    Jawabannya simple, Calibri mengingatkanku tentang diriku sendiri. Kenapa? Aku pernah mengalami hal yang sama. Bukan, masudku bukan tentang melihat kejadian-kejadian yang menyeramkan seperti Calibri. Dengan penglihatanku yang sudah mulai buruk, terkadang membuatku melihat benda mati di kejauhan seperti binatang hidup.

    Seperti pagi itu, daun gugur dengan warna coklat yang berada di tengah jalan terlihat seperti seekor katak untukku. Aneh? Ya. Aku juga merasakan hal yang sama. Ketika aku mengatakan hal ini pada beberapa orang terdekat, mereka hanya tertawa kecil dan mengatakan “Imaginasimu parah sekali, berhentilah menulis untuk sementara waktu.”

    Aku mengikuti saran itu? Tidak. Untukku menulis sama dengan membaca buku, dua hal itu adalah cara untuk menghabiskan waktu dengan bermakna. Meski pada akhirnya saran itu lakukan. Ketika membaca Review buku ini, aku sempat tidak percaya. Buku dengan cerita seperti ini benar-benar ada? Aku bahkan men-scroll up untuk membacanya ulang.

    Sekarang banyak sekali pertanyaan yang muncul di kepalaku, “Ketika aku berhenti menulis sementara waktu, semuanya kembali membaik. Tapi kenapa tidak dengan Calibri?”

    “Bagaimana mungkin Calibri bisa melihat hal itu jika ia mengurung dirinya di dalam kamar dan hanya sesekali keluar rumah?”

    Juga, “Bagaimana akhir dari cerita Calibri dalam buku ini? Kapan Calibri bisa berhenti melihat hal-hal seperti itu? Dan bagaimana caranya?”

    heukk… ini sangat panjang >.< Wish me luck.

  33. Nama: Kitty
    Akun twitter: @womomfey
    Domisili: Jakarta Timur
    Link share: https://twitter.com/WoMomFey/status/784547237909127169

    Kenapa aku kepengen buku ini?
    1. Penasaran berat!
    Awalnya kupikir buku ini sama seperti buku lain yang menggambarkan kisah cinta berlatar kota asing. Ternyata bukan!

    2. Buku ini “berbau misteri”
    Aku selalu suka dengan misteri, sehingga ketika membaca reviewnya yang berbau misteri, aku makin penasaran sama buku ini. Penulis yang kisah rekaannya ternyata terjadi sungguhan?! Wow!

    3. Terbitan Grasindo
    Aku selalu menyukai buku2 terbitan Penerbit Grasindo karena kebanyakan ceritanya berbobot dengan cover menarik.

  34. Nama : Aurel Febrianti
    Akun Twitter : @aurelfebrianti2
    Domisili : Bogor

    Kenapa aku ingin buku ini?
    Karena aku sangat tertarik dengan buku ini. Alur nya Misteri, aku sangat menyukai buku yang alur nya Misteri. Ceritanya juga tidak membosankan, tidak seperti cerita lain yang biasanya mengisahkan Cinta para remaja. Buku yang mengisahkan cinta para remaja banyak dijumpai di berbagai sudut toko buku, tetapi tidak yang satu ini. Dari covernya, buku ini memang sudah terlihat menarik. Aku jadi makin penasaran dengan akhir ceritanya.

    WishMeLuck God..

  35. Nama: Fitra Aulianty
    Twitter: @fira_yoopies
    Alasan mau buku ini:
    Awal tahun ini saya patah hati karena setelah setahun belajar menulis di facebook (cuma khusus cerpen puisi sih sebenarnya, dan target saya novel), saya belum menghasilkan satu buku pun. Alasan pertama, pertengahan tahun 2015 saya udah bikin sampai 40 halaman dan saya ngerasa aneh. Dan saya akhirnya belajar lagi di bagian bagaimana cara membedakan karakter tokoh. Setelah selesai, saya bosan dengan naskah saya yang itu dan pengen ganti lagi dengan naskah saya yang lain. Dan terstop juga dengan alasan saya harus nyari bagaimana cara menyusun alur yang baik dan benar. Dan ternyata terstop lagi, jadi saya nyari bagaimana cara menyusun premis dan outline yang benar. Dan saya nyerah dengan outline, traumis pokoknya ngeliat kata ‘outline’, abis penjelasan di internet bikin saya pengen nangis darah. Jadi dengan kenekatan yang beneran nekat saya akhirnya bisa menyelesaikan naskah. Tapi mbak ada lagi masalahnya, saya sekarang alerginya sama kata ‘revisi’ dan stop ngeliat naskah sama ngeliat novel T_T jadi alasan saya pengen novel ini adalah karena saya bingung apa yang harusnya saya kerjain T_T saya harus baca novel dulu, nulis premis baru atau revisi dulu. Mungkin saya bisa nemu jawabannya di novel ini T_T oh iya saya juga belum pernah baca novel yang tokoh utamanya penulis, dan saya juga gak begitu berani show up di profil saya kalau saya sedang merancang masa depan kepenulisan saya T_T *ini alasan apa curhat coba wkwk*

  36. Nama : Gilang Maulani
    Twitter : @gemaulani
    Domisili : Bandung
    Jawaban :
    Aku ingin novel ini karena profesi tokoh utamanya penulis “Calibri.” kemudian nama tokoh utamanya mirip font di Ms. Word. Penasaran juga dengan alasan Calibri yang tiba-tiba mengadakan talkshow. Dan apa yang selanjutnya terjadi ketika hati Calibri luluh oleh Radiant. Terakhir karena di review ini kak Luckty bilang, Calibri mengalami kejadian yang sama persis dengan apa yang dia tulis. Agak serem sih bayanginnya, iya kalau yang terjadi itu yang baik-baik, kalau musibahnya? tapi jelas bikin penasaran dan keinginan mendapatkan novel ini naik dua kali lipat🙂

  37. nama : dewi marini
    akun twitter : deverzstyle
    kota tinggal : solo jawa tengah

    aku pngen baca buku ini karna dari judulnya udah bikin tertarik kaya nama negara trus aku pngen tau kisahnya calibri dan radiant🙂

  38. Nama: Ayu Calista
    Twitter: @ayucalista18
    Kota: Jakarta
    Karena, aku suka cerita yang bertema masa lalu seorang yang kelam. Aku suka karakter Radiant lewat deskripsi Kak Luckty. Meski, aku belum tahu novelnya tapi aku langsung jatuh hati ke karakter itu dibanding Calibri. Menurutku, karakter seseorang yang kelam justru yang semakin menarik untuk dibahas. Meski dalam dunia nyata, aku setuju dengan statement jangan membahas masa lalu seseorang.

  39. Nama : Erika Putri Gustiana
    Twitter : @ErikaGustyana
    Domisili : Majalengka

    Karena aku suka novel-novel yang berlatar di luar negeri. Aku suka mengeksplore dan mempelajari bahasa, budaya, kota, dan suasana dari novel berlatar luar negeri tersebut. Rasanya banyak banget yang bisa didapatkan dari novel-novel berlatar luar itu, disamping alur ceritanya. :3
    Dan hey, tokohnya seorang penulis! Aku punya kecenderungan suka dengan tokoh yang punya profesi atau hobby dalam bidang literasi, atau seni. Seperti penulis buku, penerjemah, tokoh yg gemar membuat puisi, fotographer, pelukis, arsitektur, tokoh yg gemar memainkan intrumen klasik. Yah, yang semacam itu. Jadi aku pengen dan penasaran banget sama novel berlatar Frankfurt ini. ≧﹏≦

  40. Nama : Ratih M
    Twitter :@Jju_naa
    Kota ; Palembang

    Alasanku yang pertama adalah, aku suka coverny 🙂 pas liatny bawaanntny jadi tenang gitu.
    YG kedua, setelah baca reviewan mba, aku jd penasaran sama Calibri ini, dia itu misterius banget. Penasaran dengan cerita² Calibri, dia itu menulis kisah yg sdh kejadian atau kejadian yg akan terjadi (semacam Light Deat Note). Kenp juga dia milih kisah yg teragis? knpa ga yg happy²? atau dia memang cuma bisa liat kisah² yg teragis doang?
    Dan alasan kenapa Calibri mau ngadain talk show demi buku baruny ini? ada apa dgn bukuny kali ini? dan penasaran dengan kalimat reviewan mba
    ” Hal ini akan menjadi jalan pembuka takdirnya..”
    takdir yg kaya apa? .

    Berharap banget bisa baca novel ini🙂

  41. Nama : Mifta Rizky Wiratnasari
    Twitter : @keyminoz
    Domisili : Gresik – Jatim

    Kenapa menginginkan buku ini? soalnya aku udah punya seri a love story city grasindo yang Roma & San frasisco, jadi pingin koleksi seri yang lain. Penasaran juga sama jalan ceritanya ada unsur misterinya.

  42. Nama : Titah Rizky Dwi A.
    Twitter : @xxyztrda
    Domisili : Gresik

    Kenapa ingin buku ini?
    Tentu pingin ngoleksi seri-serinya. Soalnya aku udah punya yang Roma dan udah kubaca dan (lagi) masyaallah bagus 😀 jadi pengen banget punya koleksi lainnya dari seri “a love story city” wkwkwk. Semoga menang. Amin.

  43. Nama : Titah Rizky Dwi A.
    Twitter : @xxyztrda
    Domisili : Gresik

    Kenapa ingin buku ini?
    Tentu pingin ngoleksi seri-serinya. Soalnya aku udah punya yang Roma dan udah kubaca dan (lagi) masyaallah bagus 😀 jadi pengen banget punya koleksi lainnya dari seri “a love story city” wkwkwk. Semoga menang. Amin.

  44. Nama : Titah Rizky Dwi A
    Twitter : @xxyztrda
    Domisili : Gresik

    kenapa ingin buku ini?
    Tentu ingin ngoleksi seri-serinya. soalnya aku sudah punya yang Roma dan udah kubaca dan (lagi) masyaallah bagus🙂 . jadi pengen banget punya koleksi lainnya dari seri “a love story city” wkwkwk. Semoga menang. Amin.

  45. nama: pramestya
    akun twitter: @p_ambangsari
    kota tinggal: temanggung

    Pertanyaannya adalah berikan alasan kenapa menginginkan buku ini. Mudah kan?

    Alasannya adalah buku ini bergenre romance misteri. Genre favoritku yang punya ciri khas bikin terbawa suasana ketima para tokoh menyelidiki sesuatu lalu berbuah pada penciptaan chemistry yang selalu romantis. Genre seperti ini tentunya bikin deg-degan karena kasus yang diangkat dan deg-degan akan seperti apa kisah cinta para tokoh atau akankah keduanya selamat dari misteri itu? *imajinasi liar*

    Dalam bayanganku, novel ini akan membuatku: menyumpah serapah karena plot dan twist, melorot di tempat tidur karena chemistry tokohnya (biasanya sih pas tegang-tegangya malah muncul adegan yang bikin teriak “aaargh! Ya ampun so sweet banget!” kayak drakor DOTS gitu. Sekalipun di situasi nggak memungkinkan, tetap ada bagian mellownya)

    Bayangan lainnya ketika aku membaca beberapa review Frankfrut, aku selalu keingat dengan film Ink-Heart. Dan itu imajinasi liar yang kusuka.

    Aku pengen baca buku ini karena beberapa alasan di atas dan karena aku sepertinya mirip dengan Callibri walau nggak separah itu. Aku selalu membayangkan(menebak dengan perhitungan, pengamatan, dan feeling) sesuatu hal dan hal tersebut terjadi. Rasanya aku ingin tahu apa sebenarnya yang ingin penulis sampaikan di sini. Karena sesuatu yg penulis ingin sampaikan itu sepertinya akan bermanfaat bagiku.

  46. Bintang Maharani
    @btgmr
    Palembang, SumSel

    Saya tertarik dengan karakter Calibri. Dia adalah salah satu orang yang bisa melihat hal-hal yang tidak bisa dilakukan oleh kebanyakan orang. Tetapi dia justru bisa memanfaatkan itu sebagai sarana menjadi seorang penulis.

    Selain itu karena novel ini roman-misteri. Unsur misterinya membuat saya tertantang untuk berkenalan dengan Calibri sebagai wanita tertutup dan sangat pendiam. Seolah pembaca bisa mengulik lebih jauh tentang Calibri dan kehidupan di sekitarnya.

  47. Nama: Leny
    Akun twitter: @Lynlainy17
    Kota tinggal : Rantau-Kalimantan Selatan

    Aku ingin baca buku ini karena aku suka sama buku yang berbau misteri gitu. Dengan membaca buku misteri aku diajak berpetualang untuk memecahkan misterinya, dan bagiku itu menyenangkan dan seru sekali. Aku suka dengan buku ini. Aku penasaran sekali. Aku ingin diajak berpetualang jalan-jalan di Frankfurt bersama buku ini. Dan aku penasaran sama tulisannya kak Ninna dan buku ini sudah berhasil buat aku jatuh cinta. Semoga rasa penasaranku terjawab.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s