[BLOGTOUR] REVIEW Siwa + GIVEAWAY

img_20161024_130056

Jika seluruh rakyat sadar akan tugasnya masing-masing, tidak ada lagi yang perlu memperjuangkan hak-hak mereka. Karena hak semua orang akan secara langsung terpenuhi oleh kewajiban orang lain. (hlm. 49-50)

Kisah ini terjadi ribuah tahun silam di Lembah Sungai Indus. Orang-orang di kurun itu menyebutnya Meluha. Penduduknya berumur sangat panjang berkat ramuan misterius bernama Somras, yang dicipta dari pohon Sanjiwani dan tirta suci Saraswati. Negeri yang dihuni Wangsa Surya ini menghadapi ancaman hebat ketika sungai utama mereka mongering perlahan-lahan. Mereka pun dirundung serangan para pengacau dari timur: negeri Wangsa Chandra. Keadaan bertambah gawat ketika Wangsa Chandra tampaknya bersekutu dengan kaum Naga, bangsa yang sangat lihai berperang.

Ketika kejahatan merajalela, rakyat Meluha berharap pada sebuah ramalan kuno tentang seorang kesatria yang bakal tiba dan membebaskan mereka dari malapetaka. Dalam keputusasaan, muncul seorang pengungsi liar dari Gunung Lailasha, Tibet. Siwa namanya. Ciri-cirinya persis seperti ramalan. Apakah ia memang kesatria pembebas yang diramalkan? Dan apakah ia berhasrat menjadi juru selamat yang diharapkan?

14955964_10210793535694834_1396578062278061749_n

“Mohon percayalah kepada kami, Batara. Batara tidak bisa membayangkan betapa pentingnya Batara bagi Meluha. Kami telah menunggu kedatangan Batara begitu lama. Kami butuh pertolongan Batara.” (hlm. 40)

“Berapa kali harus kukatakan? Namaku Siwa. Jangan panggil aku Batara. Aku temanmu, bukan majikanmu.” (hlm. 47

“Jika ia memiliki leher nila, ia adalah sang Nilakantha. Dan jika ia sang Nikalantha, justru selamat kita? Bahwa dia ditakdirkan untuk menuntaskan semua masalah kita?”

“Benar, Paduka. Jika ia memiliki leher nila, ia adalah sang Nilakantha. Dan jika ia sang Nilakantha, maka ia adalah penyelamat kita. Ia harus menerima takdirnya.” (hlm. 86)

SIWA tidak pernah menyadari bahwa hidupnya akan berubah setelah minum ramuan Somras. Meski dia mengelak dan terus mengatakan bahwa dia hanyalah orang biasa, tapi banyak orang yang mempercayainya karena lehernya berwarna nila. Sekilas penduduk Meluha tampak makmur dan maju dalam peradaban, lalu kenapa mereka membutuhkan Siwa untuk memimpin mereka?

Butuh waktu satu minggu untuk niat membaca ini, gagal terus karena dengan segala keabrekan aktivitas. Saya pun pesimis bakal bisa menamatkan buku ini dalam waktu singkat. Di awal, memang terasa ragu karena kita diajak menelusuri awal mula Siwa. Makin ke belakang, ceritanya makin menarik. Kita serasa bukan membaca sejarah, tapi membaca roman. Terjemahannya juga mudah dicerna. Meski bahasa yang digunakan baku, tapi tidak mematahkan isi cerita yang asli. Ternyata, hanya butuh satu hari untuk membacanya seperti membaca novel roman. Jadi gak sabar baca buku berikutnya!😉

img_20161025_145815

Ada beberapa hal yang menarik dalam buku ini untuk dibahas:

  1. Kisah antara Siwa dan Sati. Dari awal mereka berjumpa, semacam benci-benci rindu. Yang akhirnya berakhir pada pernikahan meski ada beberapa rintangan yang harus dilalui. Mesam-mesem baca kisah mereka jika bertemu x))
  2. Problema tentang penduduk Meluha yang sedikit. Kenapa? Negeri ini memang kaya. Mempunyai anak adalah pilihan, tapi bukan kewajiban. Para orangtua mengangkat anak dari Maika adalah jumlah ekcil, mungkin hanya satu dua orang, sehingga dapat mencurahkan perhatian lebih banyak untuk pendidikan mereka. Di Swadipa anak-anak orang miskin sering diperlakukan sebagai pekerja paksa hanya untuk menambah pendapatan keluarga. Akibatnya, seluruh negeri, meskipun dalam kekurangan, memiliki penduduk yang sangat besar. Alasan kedua untuk menghindari perang.
  3. Siwa sangat memegang teguh yang namanya kejujuran. Dia merasa dibohongi sewaktu dia diberi Somras tanpa sepengetahuannya. Apalagi ramuan itu sangat berpengaruh besar bagi kehidupannya kelak.
  4. Urusan makanan menjadi ukuran penting bagi penduduk Meluha. Makanan yang dimakan mengandung daya, yang kemudian bisa digunakan untuk menjalani kehidupan. Itulah sebabnya juga mengapa kita merasa lemah bila tidak makan. Namun, mendapatkan daya gak hanya dari makanan semata. Di halaman 151-153, pembaca bisa mendapatkan ilmu tentang artinya makanan dalam kelangsungan hidup manusia, dan juga keberlangsungan kehidupan masyarakat.
  5. Tidak hanya makanan, air dan kebersihan adalah sumber penting bagi kehidupan. Hal itu bisa kita di era modern seperti sekarang ini betapa arti pentingnya air dan kebersihan.
  6. Di halaman 158, pembaca bisa melihat bahwa masyarakat meski zaman dahulu sudah memahami sumber pengetahuan. Di halaman ini, mereka mencari tahu kenapa leher Siwa sendiri yang berubah warna menjadi nila.
  7. Siwa seperti manusia biasa pada umumnya, selain sangat menjujung tinggi kejujuran dan tidak menyukai perbedaan manusia berdasarkan kasta, Siwa ternyata juga iseng. Salah satunya adalah ketika Wirabhadra meminta ijin Siwa untuk menikah, Siwa melarangnya, Wirabhadra terlihat malu dan kecewa, padahal Siwa hanya iseng untuk mengetes keberanian Wirabhadra x))

img_20161027_102737

Beberapa kalimat favorit dalam buku ini:

  1. Semua akan baik-baik saja. (hlm. 103)
  2. Tidak ada yang lebih berharga daripada kejujuran. (hlm. 117)
  3. Sifat seseorang tidak diuji di masa-masa yang baik. Hanya pada saat-saat buruk seseorang menunjukkan bagaimana teguhnya mereka. (hlm. 130)
  4. Kejujuran bukan hanya landasan dari sebuah hubungan antar-pribadi, melainkan juga landasasan dari setiap masyarakat yang kokoh. (hlm. 135)
  5. Ketika kita berjalan, berpikir, berbicara, bahkan melakukan apa pun yang bisa disebut hidup, kita menggunakan daya. (hlm. 151)
  6. Keyakinan adalah senjata yang sangat ampuh. (hlm. 162)
  7. Niat saja tidak cukup. Harus didukung kemampuan juga. (hlm. 217)

img_20161027_162904

Banyak juga selipan sindiran halus dalam buku ini:

  1. Beberapa ada dibuat untuk dilanggar. (hlm. 41)
  2. Makin banyak waktu yang terbuang, makin lemah tekad kita. (hlm. 87)
  3. Suatu tatanan bisa mengalami keruakan jika berjalan lama. (hlm. 101)
  4. Tidak ada yang lebih buruk bagi seorang ibu selain mempunyai anak yang tidak sesuai harapannya. (hlm. 116)
  5. Kau terlalu keras pada diri sendiri. (hlm. 119)
  6. Kadang-kadang ada baiknya kita tidak dapat menahan diri. (hlm. 235)
  7. Sungguh aneh menyalahkan kehidupan masa lalu seseorang. (hlm. 303)
  8. Pertentangan adalah bagian dari alam, bagian dari kehidupan. (hlm. 407)
  9. Jangan terlampau keras pada dirimu sendiri. (hlm. 419)

Keterangan Buku:

Judul                                     : Siwa

Penulis                                 : Amish

Penerjemah                       : Desak Nyoman Pusparini

Penyunting                         : Shalahuddin Gh.

Pemindai aksara               : Jenny M Indarto

Penyelaras bahasa          : I Wayan Sariana

Penggambar sampul       : Imam Bucah

Penata letak                       : deenand651

Penerbit                              : Javanica

Terbit                                    : Oktober 2016

Tebal                                     : 427 hlm,

ISBN                                      : 978-602-6799-15-9

ctseknbusaamfzn

MAU JUGA BUKU INI?!? 😀

Simak syaratnya:

1. Peserta tinggal di Indonesia

2. Follow akun twitter @lucktygs. Jangan lupa share dengan hestek GA #SIWA dan mention via twitter.

3. Follow blog ini, bisa via wordpress atau email.

4. Jawab pertanyaan di kolom komentar di bawah, plus nama, akun twitter, kota tinggal dan jawaban. Berikan alasan kenapa kamu menginginkan buku ini😉

5. Giveaway ini juga boleh di share via blog, facebook, dan sosmed lainnya. Follow Penerbit Javanica. Jangan lupa sertakan hestek GA #SIWA yaaa… 😉

Event ini gak pake helikopter, eh Rafflecofter yang ribet itu. Jadi pemenang ditentukan dari segi jawabannya yaaa… ( ‘⌣’)人(‘⌣’ )

GA #SIWA ini berlangsung tiga hari saja: 31 Oktober – 6 November 2016. Pengumuman akan dilakukan setelahnya.

Akan ada DUA PEMENANG yang akan mendapatkan buku ini. Hadiah akan langsung dikirimkan oleh penerbitnya! ;)

Silahkan tebar garam keberuntungan dan merapal jampi-jampi buntelan yaaa… ‎(ʃƪ´▽`) (´▽`ʃƪ)!

-@lucktygs-

Pengumuman Pemenang Giveaway SIWA

Terima kasih dengan keantusiasan teman-teman untuk mengikuti Giveaway SIWA. Sekali lagi, makasih banyak ya buat semua!😉 #PeyukSatuSatu

Pemenang giveaway kali ini adalah:

Nama: Athaya
Twitter: @jeruknipisanget
Domisili: Tangerang

Nama: Ifa Avianty
Twitter: @ifaavianty
Domisili: Depok

Selamat buat pemenang. Sila kirim email ke  emangkenapa_pustakawin[at]yahoo[dot]com dengan judul: konfirmasi pemenang Giveaway SIWA. Kemudian di badan email cantumkan; nama, alamat lengkap, dan no hape biar hadiahnya segera dikirim langsung oleh penulisnya ya.

Terima kasih buat Javanica atas kerjasamanya, sekali lagi terima kasih banyak atas kepercayaannya. Semoga lain waktu bisa bekerjasama kembali… 😉

Buat yang belum menang, jangan sedih. Masih banyaaaakkkk giveaway lainnya yang menanti!! :*

-@lucktygs-

27 thoughts on “[BLOGTOUR] REVIEW Siwa + GIVEAWAY

  1. Nama: Nurwahidah

    Akun twitter: @wawha_cuza

    Kota tinggal: Medan

    Jawaban:

    Ada beberapa alasan aku ingin buku ini. Pertama, aku ikutin GA Siwa ini di 3 blog sebelumnya tapi belum beruntung juga. Jadi aku mau usaha terus. Kedua, aku suka cerita sejarah yang ditulis dalam bentuk novel. Lewat novel aku bisa memahami sejarah lebih baik dan bahasanya lebih nyantai daripada di buku cetak, hehe. Ketiga, aku ingin mengetahui budaya di zaman ini, seperti reviewnya, banyak sekali pelajaran dan pesan yang bisa diambil dari novel ini. Keempat, sejak tau ada blog tour siwa, aku emang udah tertarik banget padahal genrenya gak umum. Kelima, review di blog kaka sangat berkesan, aku jadi makin yakin untuk membacanya seandainya aku dapat novel ini. Hehe.
    Terimakasih atas kesempatannya.

  2. Nama: Haditha

    Akun twitter: @hahahaditha

    Kota tinggal: Tangerang

    Jawaban:

    Alasan betapa saya menginginkan buku ini adalah…
    mengenai citarasa nusantaranya..
    dan kebetulan saya ini gemar dengan yang bernuansa nusantara atau ke-Jawaan
    karena berdasar ulasan dari teman selingkaran, gaya selarasan bahasa dalam buku yang berjudul SIWA ini lebih “nJawani” itulah yang bikin saya jadi lebih greget pengen punya.

    saya gemar dengan budaya yang berkaitan dengan nusantara, sebisa mungkin bila saya berkarya, kekentalan citarasa nusantaranya bisa terasa. Dan saya pikir, inilah yang bakalan saya dapat dari novel SIWA terjemahan baru total ini. lebih dapet. lebih membumi lokal. Siapa pun tahu, keterikatan mitos dewa dewi yang nusantara miliki, erat dengan yang di India sana.

  3. Nama : seffi soffi

    Akun twitter : @seffiii

    Domisili : Bandung

    Karena penasaran sama cerita nya, liat dari sinopsis menarik. Apalagi buku nya best seller di beberapa negara. Truss dapet rekomen juga dari temen, makin aja penasaran. Udah ikutan beberapa kali GA di blog sebelum nya, tapi belum beruntung😀

  4. Nama: Rohaenah
    Twitter: @rohaenah1
    Kota: Jakarta
    Jawaban: semangat berjuang untuk dapetin buku ini,tak pernah lelah ikutan giveaway yg berhadiah buku, yg sesuatu banget buat aku☺ Buku yg menceritakan sejarah tapi tetap menyimpan kisah romance,yg selalu bikin penasaran untuk dibaca. Pastinya senang kalo bisa membaca tentang cerita ini,selama ini cuma kenal dewa Siwa dari film India. Mudah-mudahan sekarang bisa baca versi bukunya.

  5. Nama: Bety Kusumawardhani
    akun twitter: @bety_19930114
    domisili: Surakarta

    Jawaban: Karena aku ingin mengetahui perbedaan antara karakter siwa di novel dan pada pelajaran sejarah di sekolah. Melalui buku ini para pembaca termasuk aku bisa banyak belajar dari sejarah seorang siwa tentang kehidupan dan alam semesta sehingga ajaran-ajaran yg baik dari novel siwa bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari. Aku juga salut pada penerbit javanica yg menerbitkan novel terjemahan dengan tema anti-mainstream yg tidak terpikirkan oleh siapapun.

  6. Nama: Hapudin
    Twitter: @adindilla
    Domisili: Cirebon

    Jawaban: Buku ini memiliki karakter cerita yang kuat, ada unsur Hindu-nya. Saya menginginkan buku ini untuk menambah keragaman bacaan saya yang masih didominasi cerita cinta lokal dan barat.

  7. Nama : Rizky Tria
    Twitter : @Octannow_
    Domisili : Brebes. Jawa Tengah
    Berikan alasan kenapa kamu menginginkan buku ini.

    Kenapa menginginkan buku Siwa?
    Yaaa, dari mata turun ke hati. Kesan pertama liat covernya itu sangat sangat menarik (pria gagah dengan background yang apik). Lalu novel itu kan bercerita tentang sejarah, sejarah dinovelkan itu lebih mudah dipahami karna ada bumbu-bumbu kisah romannya. Jadi gak kerasa monoton. Menyelami sejarah juga nambah ilmu loh. Terus reviewnya kak luckty, jempolan banget. Padat dan berisi. Setiap kalimatnya kayak ada ‘magic’nya, akhirnya tumbuh benih-benih keingintauan atas novel Siwa itu. Penasaran bagaimana kehidupan masyarakat pada zaman itu, bagaimana budayanya. Serta bagaimana ajaran-ajarannya sehingga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

  8. Nama: Athaya
    Twitter: @jeruknipisanget
    Domisili: Tangerang

    Aku ingin banget buku Siwa. Karena awalnya kepincut dari mas DIon lalu saat ada blogtour untuk buku ini aku langsung ikutan. Tema dewa-dewa India termasuk bacaan kesukaanku. Dan aku sangat berharap bisa baca buku ini. Awalnya sempat mau menyerah karena nggak juga kepilih di beberapa host sebelumnya. Aku berharap banget bisa dapatin buku ini di blog kak Luckty. Semoga tercapai Amin🙂

  9. Eni Lestari
    @dust_pain
    Malang

    aku pengin banget buku Siwa karena melihat dari seting tempatnya di Lembah Sungai Indus, kupikir ada sedikit unsur agama Hindu di dalamnya. sinopsisnya pun menarik, perpaduan ramuan abadi, ramalan, kesatria, ada bumbu romancenya, juga pertarungan. wah, bayangin aja ceritanya pasti bakal seru banget. aku juga pengin kenalan sama sosok Siwa ini. dari punggungnya sih tegap gitu, so sexy, hehe. apa wajahnya semenarik punggungnya? untuk tahu, mesti baca sendiri. semoga aku dapet novelnya deh. aaamiiin!!

  10. Nama: Ahmad Azwar Avisin Alhaidar
    Alamat twitter: @azwaravisin
    Domisili: Sidoarjo

    Saya mau buku ini karena saya gagal di giveaway sebelumnya dan saya ingin mengetahui benar – benar kisah dewa di agama Hindu ini, di tanah Hindustani sana.

    Saya juga tertarik dengan sampul buku tersebut. Sangat menarik. Seperti ada daya tarik tersendiri.

    Dan dari review mbak Luckty saya jadi terpikat dengan diksi – diksi dan quote – quote yang memikat hati. Saya jadi tertarik dengan plotnya. Penulisnya juga sepertinya memang mahir kok dan bukan penulis newbie. Benar – benar penasaran.

    Saya benar – benar penasaran dengan novel Siwa ini semoga saya bisa menang di giveaway kali ini.

  11. Nama : Heni Susanti
    Akun twitter : @hensus91
    Domisili : Pati – Jawa Tengah

    Alasan menginginkan buku ini : sudah mengikuti blogtour dari host pertama dan semakin baca review-nya semakin penasaran bagaimana sebenarnya seorang Siwa bisa didewakan sebegitu agungnya. Terlebih aku sama sekali belum pernah membaca novel karya penulis India, jadi penasaran dengan gaya bahasanya dan lingkup kisah dewa-dewi yang biasanya hanya aku kenal nama dan rupa dari film-film India yanpa tahu kisah dibalik keagungan dan pendewaannya. Jadi semoga bisa membaca kisah Sang Siwa melalui ini.

    Demikian dan terima kasih🙂

  12. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    kota tinggal: Serang

    Alasan kenapa menginginkan buku ini, karena dari membaca reviewnya, buku ini berkisah tentang sejarah Siwa, namun dengan penulisan serupa roman yg membuatnya lebih menarik untuk dibaca dan tidak membosankan.

  13. nama : Ana Indriyani
    akun twitter : @Anaindriyani
    kota tinggal : Yogyakarta

    Saya selalu saja “terjebak” antara cerita-cerita seperti ini karena Ayah saya yang suka bercerita tentang tokoh-tokoh pewayangan. Setiap penulis memiliki alasan tersendiri dalam mengambarkan sosok pewayangan/kesatrian ataupun tokoh kolosal. Siwa. Tokoh ini begitu terkenal untuk agama hindu, untuk pewayangan kita. Pasti sangat menyenangkan membaca kisah-kisah panji seperti ini. Latar yang khas, budaya yang khas, dan juga nilai yang akan diwariskan pada pembaca. Tentunya novel seperti ini sangat worth untuk dibaca. tidak hanya hiburan tapi juga pelajaran yang bisa diperoleh. Mau dong kak bacaa…..

  14. Bismillah🙂
    Nama: Khaerunnisa
    Twitter : NhisaMinoz75
    Kota : Kolaka, Sulawesi Tenggara.
    Pengen buku ini karena buku ini gratis, saya juga penasaran tentang cerita ini, penasaran sama isi ceritanya, dan pesan yg ingin disampaikan penulisnya. Aku Belum pernah baca cerita tentang dewa dewa begini😀 Baik itu cerita di Novel maupun Wattpad jadi mumpung Ada GA ini saya berharap bisa menang dan menuntaskan semua rasa penasaran saya terhadap cerita ini..
    Terima Kasih

  15. Bismillah🙂
    Nama: Khaerunnisa
    Twitter : NhisaMinoz75
    Kota : Kolaka, Sulawesi Tenggara.
    Pengen buku ini karena buku ini gratis, saya juga penasaran tentang cerita ini, penasaran sama isi ceritanya, dan pesan yg ingin disampaikan penulisnya. Aku Belum pernah baca cerita (Novel) tentang dewa dewa begini😀 Baik itu cerita di Novel maupun Wattpad jadi mumpung Ada GA ini saya berharap bisa menang dan menuntaskan semua rasa penasaran saya terhadap cerita ini..
    Terima Kasih

  16. Nama: Vindy Sekar Pangestu
    Twitter: @davindy_
    Kota: Batang, Jawa Tengah
    .
    Alasannya: jujur saya pertama kali jatuh cinta sama covernya😀 dan yang kedua, memang pada dasarnya genre fiksi sejarah dan spiritual seperti ini selalu berhasil memikat jiwa kepo saya /eaaa/ terlepas dari pelajaran sejarah dulu yang pernah menyinggung-nyinggung soal dewa Siwa, saya sendiri belum pernah membaca/mendengar detail kisahnya jadi saya penasaran sekali, apalagi selama mengikuti blogtour ini selalu diiming-imingi spoiler-spoiler yang menarik, baik dr segi roman, peperangan, nilai moral yg ingin disampaikan….duh jadi tambah mupeng kan hehehe😀 okee semoga saya menjadi salah satu yg beruntung di kesempatan GA ini🙂 terima kasih…

  17. Bintang Maharani
    @btgmr
    Palembang, SumSel

    Dulu pernah mencoba untuk mengikuti kisah Siwa di sineteon Mahadewa yang tayang di salah satu channel swasta. Tapi saya nggak sanggup buat ngikutin tiap harinya. Gemes. Saya orangnya nggak sabaran buat langsung namatin haha.

    Saya bukan salah satu orang yang paham betul tentang bagaimana mitologi ini, tapi tidak ada salahnya untuk lebih memahami, bukan? Lagipula sepertinya akan lebih puas kalau memahaminya lewat membaca buku ini melalui kisah yang ada daripada ngikutin yang di tv. Nggak harus nunggu lama buat namatin hihi.

  18. Nama : Aini Eka
    Twitter : @ainekayul
    Domisili : Samarinda

    Alasannya kenapa saya pengen banget punya novel ini, karena saya sangat menyukai mitologi dan sejarah, dari mana pun asalnya. Saya penasaran mengapa buku ini bisa menjadi bestseller di mana-mana. Juga, saya punya terjemahannya versi Mizan Fantasi, dan saya ingin memiliki juga versi yang ini supaya bisa membandingkan terjemahannya. Apa yang membedakan, dan kenapa bisa satu buku ini diterjemahkan dalam dua versi oleh dua penerbit yang berbeda🙂

  19. Nama: Yesi Novia
    Twitter: @yesi_novia
    Domisili : Surabaya

    Saya menginginkan buku ini seperti saya menginginkan cinta yang jatuh pada pandangan pertama. Ya iyalah i judge this book by its cover. sekali-kali tak mengapa kan?
    Saya membayangkan akan membaca buku ini seperti membaca Illusion of the palace-nya Chitra Banerjee atau sekolosal Pitaloka-nya kak Tasaro. Novel sejarah tapi jauh dari kata membosankan.
    Dan juga beberapa kutipan yang diambil kak Lukcty ikut memompa semangat dan memotivasi saya untuk jadi lebih baik. Seperti salah satu kutipan kak Luckty yang jadi favoritku , “semakin banyak waktu terbuang, semakin lemah tekad kita.” Sama seperti punya cita-cita harus segera dikejar agar tekadnya tidak keburu luntur. Jadi aku berharap bisa segera punya buku ini dan memenangkannya dari GA ini.
    Terimakasih kak Luckty

  20. Haiiii jeung Luckty

    Nama: Ifa Avianty
    Twitter: @ifaavianty
    Domisili: Depok.

    Mostly aku suka-cinta-dan penggila sejarah. Dan, buku ini banyak filosofi nya. Akuuu sukaaa gabungan keduanya. Itu sebabnya aku pingin banget buku ini….

  21. Kiki suarni
    @Kimol12
    Batubara-Sumut

    Kenapa ingin novel ini? Well, dari judulnya sangat history sekali SIWA. Menurutku membaca novel ini adalah sebuah tantangan tersendiri buatku. Kebanyakan bacaanku adalah romace masa kini atau novel terjemahan yang masih bisa diimagjikan tempat kejadiannya. Tapi dari review di atas, novel SIWA ini berlatar cerita sejarah dengan istilah-istilah zaman-zaman kerjaan. Membaca cerita dengan istilah kuno dan bahasa baku adalah sebuah tantangan tersendiri.

    Terima kasih.

  22. nama: afifah khoiriyah
    akun twitter : @Afifah_1412
    kota tinggal : Yogyakarta

    Cerita historikal… Wah aku belum pernah baca cerita kayak gini dikenal modern… Karna terkadang cerita historis membuat bosan. Selain itu kesannya cukup serius dan andainya. Maka aku penasaran bagaimana novel ini menyajikan bacaan yang sejarah tapi menarik para pembaca khususnya anak muda agar mencintai sejrah…makannya aku pengin banget buku ini

  23. nama: Asep Nanang
    akun twitter : @asepnanang59
    kota tinggal : Jambi

    Buku yang cukup menarik, sampul beken dengan gambar punggung siwa dan senjata mirip garpu khas dari sang dewa. Setelah saya baca review dari mbak Luckty saya semakin ngiler pingin baca, terutama kisah cintanya Siwa dengan Sati yang bisa bikin mbak Luckty mesem-mesem, pasti seru dong kisah mereka. Dan saya juga ingin tahu lebih jauh tokoh Siwa yang katanya sangat menghargai kejujuran.

  24. Nama: Haidaroh Sholeh
    Twitter: @haidarohsholeh
    Alamat: sidoarjo

    Mau sekali novel Siwa sebab saya suka dengan kisah mitologi India, selalu menarik untuk dipelajari dan diketahui. Dewa Siwa, kisah ini pernah difilmkan dan ditayangkan beberapa waktu lalu. Saya merasa ingin tahu dalam versi bukunya. Sebab membaca ceritanya akan lebih menarik daripada hanya menonton secara visual saja.

    Dan salut untuk tim pendesain sampul Novel Siwa, sungguh saya kagum dan jatuh hati dengan sampulnya. Menjadi daya tarik tersendiri untuk saya menikmati kisah roman dan mitologi Siwa ini.

    Thank you.

  25. nama : Wening
    twitter : @dabelyuphi
    domisili : Ambarawa

    mempelajari dan membaca sebuah cerita mitologi dari berbagai belahan dunia selalu menjadi hal yang menarik buatku.. yah meskipun ceritanya tidak 100% asli dan pasti ada bumbu fiksi fantasinya. lalu kenapa aku menginginkan buku Siwa ini adalah karena dari kecil dulu aku udah suka dengan kebudayaan dari india—mengingat akar budayanya hampir sama dengan Indonesia. sebagian besar rasa sukaku dipengaruhi oleh bapak, yang sering antusias saat menonton acara tv india yang budayanya masih kental, terutama yang masih berhubungan dengan dunia perwayangan. dan semoga dari buku Siwa ini pengetahuanku mengenai budaya india semakin bertambah mengingat penulisnya sendiri yang asli orang india. karena sejauh ini sejarah mitologi yang aku ketahui hanya berasal dari tontonan di tv, dan aku ingin sekali mencicipi karya sastra tulis dari india.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s