REVIEW LDR: L’amore di Romeo + GIVEAWAY

wp_20160615_014

Jika kita mencintai seseorang, keinginan untuk bersamanya sekuat keinginan murid menjauh dari buku pelajaran. (hlm. 113)

Sedangkan meninggalkan orang yang kita cintai, rasanya seberat hati murid yang harus ke sekolah. (hlm. 113)

Keberuntungan memang selalu menghampiri Carrie. Kali ini dia tak hanya mengejar cinta ke Roma, tapi juga ke kota kecil di Verona. Tempat yang selalu identik dengan kisah Romeo dan Juliet, sebuah kisah cinta yang melegenda sepanjang masa.

Jauh sebelum badai salju menerjang, jauh sebelum musim dingin membuat tubuh menggigil, jauh sebelum tangan Romeo menolong di tengah bada salju, kehidupan Carrie biasa-biasa saja. Hari-harinya masih seputar magang, bermain dengan Alfredo, dan berkhayal. Memang monoton, tetapi sungguh bahagia untuk dijalani.

wp_20160615_017

“Untuk orang sekeras lo, mungkin lo nggak percaya sama yang namanya jodoh?”

“Kenapa lo nanya pertanyaan aneh gitu?”

“Ih, jawab aja! Gue pengin tahu jawaban seorang penulis novel.”

“Bisa aja lo bikin gue tertarik buat jawab.”

“Makanya jawab! Lo emang nggak percaya sama yang namanya jodoh?”

“Gue percaya cinta itu sebetulnya sugesti.” (hlm. 141-142)

Karena novel ini bersetting Roma, kita akan menemukan beberapa tempat di sana yang bertebaran dalam buku ini. Pertama, ada Casa di Giulietta atau Rumah Juliet. Untuk mencapai tempat wisata yang paling terkenal di Verona ini, pengunjung harus melewati gerbang yang membawa ke sebuah lorong berlangit-langit melengkung. Sepanjang dinding lorong itu penuh dengan coretan dan tempelan surat-surat kecil bertema cinta. Tempatnya seperti ini:

1 2

Pernah nonton Letters to Juliet yang tokoh utamanya Amanda Setfried? Di film itu kita bisa melihat dengan gamblang rumah Juliet yang bermetamorfosis menjadi museum. Di tempat ini ada juga semacam Klub Juliet yang tugasnya membalas surat-surat dan email dari pengunjung yang meminta nasihat soal percintaan mereka. Klub ini rata-rata terdiri atas para remaja wanita. Setiap hari pekerjaan mereka membaca dan membalas surat dari pengunjung Rumah Juliet ini. Jadi, seolah-olah Juliet memang hidup dan benar-benar bisa membalas surat-surat curhatan cinta dari semua orang.

Ide menjadikan tempat syuting film Rome and Juliet ini sebagai tempat wisata yang dibuka untuk umum memang brilian. Tempat wisata ini juga didukung pemerintah Verona. Salah satu bentuk dukungannya adalah dengan mendanai Klub Juliet yang tugasnya membalas surat curhatan cinta dari para pengunjung. Romeo dan Juliet memang aset utama Verona. Semuanya berkat William Shakespeare yang menjadikan Verona sebagai kota pembuktian cinta pasangan itu.

“Semakin kita buat sugesti kalau orang ini adalah jodoh kita, maka semua kebetulan akan terlihat seperti tanda-tanda dari dewa cinta. Elo yakin nasib bakal membawa lo keliling dunia.” (hlm. 142)

Ada juga Arena Verona. Tempat ini serupa Colosseum di Roma. Bangunan ini dibangun lebih dari dua puluh ribu orang. Dulu, para penduduk Verona menonton pertunjukan teater di sini. Arena Verona ini mirip juga sama Teatro dell’Opera di Roma.

Sesuai judulnya, buku ini juga menyelipkan problematika pasangan LDR. Ketika menjalani hubungan jarak jauh, kesabaran, pengertian dan teknologi adalah tiga hal yang dapat diandalkan. Apalagi jika perbedaan waktu antarkota sepasang kekasih terlalu jauh. Di sana, si cowok sedang bersiap-siap tidur, mungkin di beda tempat si cewek baru bangun tidur. Dan lagi, jika berjauhan kita tidak tahu apa-apa yang dikerjakan. Ada yang pernah ngalamin?!? X))

Pesan moral dari buku ini adalah sejauh apa pun atau sekeras apa pun kita menyangkal, yang namanya jodoh pasti akan bertemu meski banyak halangan dan rintangan menghadang x)) #eaa

wp_20160615_013

Beberapa kalimat favorit dalam buku ini:

  1. Jika kita mencintai seseorang, berarti kita juga harus menghargai masa lalunya sebagai bagian dari dirinya. (hlm. 31)
  2. Namanya naksir orang mungkin bisa berkali-kali! Tapi, cinta sejati cuma satu! (hlm. 107)
  3. Semakin kita buat sugesti kalau orang ini adalah jodoh kita, maka semua kebetulan akan terlihat seperti tanda-tanda dari dewa cinta. Elo yakin nasib bakal membawa lo keliling dunia. (hlm. 142)
  4. Pengorbanan adalah salah satu bukti dari adanya cinta di hati. (hlm. 186)
  5. Tuhan menciptakan seseorang dalam hidup kita bukan untuk menjadi jodoh kita, melainkan sebagai sosok yang memotivasi dan lebih menghidupkan hidup. (hlm. 230)
  6. Kamu tahu apa itu cinta. Kamu nggak perlu merangkai kata-kata indah yang bisa kamu persembahkan untuk seseorang. Tanpa kata-kata kalau memang kamu mencintai seseorang, dia juga akan menyadari bahwa sesuatu yang kamu bawa adalah cinta. (hlm. 233)
  7. Cinta itu bukan sekedar kata-kata. Tapi, sesuatu yang dapat dibuktikan dengan sikap dan dirasakan oleh hati yang tulus. (hlm. 233)
  8. Itulah cinta. Kalau kita ikhlas mempersilakannya masuk ke hati, kita harus mampu menanggung segala kebahagiaan dan luka yang diakibatkan rasa itu. (hlm. 236)

 

wp_20160615_015

Banyak selipan sindiran halus dalam buku ini:

  1. Mungkin bodoh jika mengharapkan, apalagi mencintai seseorang yang mungkin tidak berusaha sama sekali menggapai kita. Akan tetapi, hati tidak bisa disangkal. Di sanalah, rasa cinta bersemayam, mengendap, tak dapat membeku. (hlm. 74)
  2. Jangan cepet ge-er kalau ada yang ngajak kita temenan. Bukan berarti kita asyik atau dia bisa menjadi sahabat yang bisa nemenin kita dalam suka dan duka. (hlm. 101)
  3. Cinta itu bukan cuma dibaca atau dihafal, tapi dirasa. (hl. 106)
  4. Emangnya nyari duit cuma dengan jalan bekerja? (hlm. 153)
  5. Orang bohong di dunia ini harus tetap eskis. Yang harus dihilangkan itu justru orang bodoh yang jumlahnya akan semakin banyak kalau orang bohong itu nggak ada di dunia ini. (hlm. 174)
  6. Kenapa cewek selalu luluh kalau lihat cowok nangis? (hlm. 177)
  7. Emang harus ngerasain pahit dulu baru manis, ya? (hlm. 184)
  8. Jangan tolak kebaikan orang. (hlm. 227)
  9. Terkadang manusia perlu egois untuk mendapatakan sesuatu yang berharga ini. Apalagi kalau hal yang ingin didapatkannya itu adalah cinta yang dimengerti oleh hati. (hlm. 234)

Keterangan Buku:

Judul                     : LDR: L’amore di Romeo

Penulis                 : Cassandra Massardi & Silvarani

Cover designer : Marcel A. W.

Photos                  : Frans Hambali/ Maxima Pictures

Penerbit              : PT Gramedia Pustaka Utama

Terbit                    : 2015

Tebal                     : 256 hlm.

ISBN                      : 978-602-03-1813-4

wp_20160615_011

MAU BUKU INI?!?

Simak syaratnya:

1. Peserta tinggal di Indonesia

2. Follow akun twitter @lucktygs dan @silvarani. Jangan lupa share dengan hestek #LDRomeo dan mention via twitter.

3. Follow blog ini, bisa via wordpress atau email.

4. Jawab pertanyaan di kolom komentar di bawah, plus nama, akun twitter, dan kota tinggal. Pertanyaannya adalah berikan alasan kenapa menginginkan buku ini. Mudah kan?

5. Giveaway ini juga boleh di share via blog, facebook, dan sosmed lainnya. Jangan lupa sertakan hestek #LDRomeo yaaa…

Event ini gak pake helikopter, eh Rafflecofter yang ribet itu. Jadi pemenang ditentukan dari segi jawabannya yaaa… ( ‘⌣’)人(‘⌣’ )

#LDRomeo ini berlangsung lima hari saja: 31 Oktober – 6 November 2016. Pemenang akan diumumkan tanggal 7 November 2016.

Akan ada SATU PEMENANG yang akan mendapatkan buku ini. Hadiah akan langsung dikirimkan oleh penulisnya! ;)

Silahkan tebar garam keberuntungan dan merapal jampi-jampi buntelan yaaa… ‎(ʃƪ´▽`) (´▽`ʃƪ)!

Pengumuman Pemenang Giveaway LDR: L’amore di Romeo

Terima kasih dengan keantusiasan teman-teman untuk mengikuti Giveaway LDR: L’amore di Romeo. Sekali lagi, makasih banyak ya buat semua!😉 #PeyukSatuSatu

Pemenang giveaway kali ini adalah:

Nama : Lorenta
Akun Twitter: @LorentaErika
Kota Tinggal:Parapat (Danau Toba) – Sumatera Utara

Selamat buat pemenang. Sila kirim email ke  emangkenapa_pustakawin[at]yahoo[dot]com dengan judul: konfirmasi pemenang Giveaway LDR: L’amore di Romeo. Kemudian di badan email cantumkan; nama, alamat lengkap, dan no hape biar hadiahnya segera dikirim langsung oleh penulisnya ya.

Terima kasih buat Mbak Silvarani atas kerjasamanya, sekali lagi terima kasih banyak atas kepercayaannya. Semoga lain waktu bisa bekerjasama kembali… 😉

Buat yang belum menang, jangan sedih. Masih banyaaaakkkk giveaway lainnya yang menanti!! :*

-@lucktygs-

23 thoughts on “REVIEW LDR: L’amore di Romeo + GIVEAWAY

  1. Nama: Nurwahidah

    Akun twitter: @wawha_cuza

    Kota tinggal: Medan

    Jawaban:
    Pas ikutan #GALDR1 aku udah ngerasa kenapa ada angka satunya, berarti ada lanjutannya. Nah, liat postingan ini jadinya bener dugaanku. Haha. Ada beberapa alasan kenapa aku pengen novel ini:
    1. Gratis
    2. Aku sebentar lagi bakal baca novel pertama, jadi aku pengen punya yang ini supaya komplit.
    3. Aku baru buat blog khusus untuk buku dan ingin ngeresensi dua novel mbak Silvarani sekaligus di sana.
    4. Reviewnya bikin baper ya. Nggak spoiler tapi justru bikin makin pengen tau dan aku yakin sehabis baca L’eternity di Roma, aku pasti mau baca lanjutannya.

  2. Nama: Haula Taqya
    Akun twitter: @Taqya1999
    Kota tinggal: Metro, Lampung

    Reviewnya bikin penasaran. Berisi tentang cinta, dan logika yg harus digunakan dalam percintaan. Gk melulu mewek dan baper, tapi kita bisa lebih menjadi lebih baik karena cinta.

  3. Nama: Sharie
    Twitter: @nAshari3
    Domisili: Cikampek
    Jawaban:
    1. Karna aku sudah pny novel yg pertamanya yaitu LDRoma, jd rasanya kurang lengkap kalo gak pny novel #LDRomeo
    2. Karna aku pengen menambah koleksi novel-novelnya kak nadia yang sudah aku punya.
    3. Pengen tau siapa yang menjadi romeo’nya Carrie, bebeb Demas atau babang paul.

  4. Nama: Haula Taqya
    Akun twitter: @Taqya1999
    Kota tinggal: Metro, Lampung

    Reviewnya bikin penasaran. Berisi tentang cinta, dan logika yg harus digunakan dalam percintaan. Gk melulu mewek dan baper, tapi kita bisa lebih menjadi lebih baik karena cinta.

  5. Nama: Rohaenah
    Twitter: @rohaenah1
    Kota: Jakarta
    Jawaban: mau banget punya buku karya kak Silvarani ini. Baca reviewnya bagus jadi penasaran pengen baca terusan kisah Carrie. Yg pasti cerita dari awal LDR yg pertama bikin mupeng sama nih buku,mudah-mudahan giliran saya yg beruntung dapetin hadiahnya. Tenang aja kak aku juga ngga bakalan minta hadiahnya dianter pake helikopter soalnya ntar kemahalan ongkirnya,cukup lewat ekspedisi aja😊😍

  6. Nama: Ulva Novitasari
    Akun twitter: @ulvanov
    Kota tinggal: Blitar – Jawa Timur

    LDR La’amore da Romeo ini kelanjutannya LDR L’eternita y mbak? Kalo iya. Ini yg bikin penasaran, aku paling suka novel sekuel sih. Gimana perjalan carrie menemukan cintanya, gimana perjalanannya selama menjelajahi roma dan verona. Aku juga penasaran dengan detail tempat” di Verona, pasti mbak silvarani mendeskripsikan dengan menarik 😄

  7. Nama: Bety Kusumawardhani
    akun twitter: @bety_19930114
    domisili: Surakarta

    Jawaban: karena aku akan mengalami LDR sebentar lagi sehingga novel ini sangat cocok aku baca. Aku akan mendapatkan banyak inspirasi dari situ. Nanti aku akan meminjamkan buku ini padanya agar dia tidak ragu untuk menjalani hubungan jarak jauh yg menjadi momok menakutkan bagi banyak pasangan.

  8. Nama : Heni Susanti
    Akun twitter : @hensus91
    Domisili : Pati – Jawa Tengah

    Alasan menginginkan buku ini selain karena penasaran dengan akhir kisah Carrie dan Demas versi cetak juga karena ternyata aku sama sekali belum punya buku karya Silvarani, dan itu menyedihkan setelah melihat banyak sekali karya beliau yang bertebaran akhir-akhir ini.

  9. Nama: Ahmad Azwar Avisin Alhaidar
    Akun Twitter : @azwaravisin
    Domisili : Sidoarjo – Jawa Timur

    Alasan menginginkan buku ini penasaran banget sama ending Carrie yang menjatuhkan pilihan hatinya pada siapakah? Demas, Or?

    dan dari blog tour di twitter serta ulasan – ulasannya makin membuat saya ingin baca lebih lanjut kisahnya Carrie ini, juga saking amazingnya. BTW italia memang membuat saya penasaran dan ingin datang kesana, kalau memang datang masih menjadi sesuatu yang dalam angan – angan, membaca cerita yang bersetting di sana menjadi hal yang baik.

    saya rasa saya juga sudah kadung jatuh hati sama cara bercerita mbak @silvarani saya sudah membaca di novel beliau sebelumnya, cara berceritanya tidak terlalu berbunga – bunga namun membuat saya bisa ikutan sedih dan juga bahagia oleh rangkaian katanya. terus apalagi ini tentang LDR juga, saya menjalani LDR juga kan, walau LDR saya tidak berjalan mulus. wkkkekek

    sudah dulu ya kolom komentarnya, semoga saya bisa menang GA ini.
    makasih.

  10. Nama : Rizky Tria
    Twitter : @Octannow_
    Domisili : Brebes, Jawa Tengah

    Kenapa menginginkan novel L’amore di Romeo ini?
    Pertama lihat, langsung suka sama covernya yang manis dan terlihat cantik. Selalu dibuat penasaran sama kisah cerita ini. Apalagi sudah ada baca bareng, makin penasaran. Penasaran bagaimana cara penulis menuangkan kisahnya dan filosofi dari makna judul. Nah, cerita ini kan latarnya di suatu negara, aku suka belajar budaya dan tempat-tempat di berbagai negara dari sebuah novel. Ibaratnya baca sekalian belajar. Setidaknya setelah membaca membuat aku seolah berpetualang ke berbagai tempat bahkan saat aku tidak dpt beranjak dari tempatku saat ini. Omong-omong, aku yakin sekali kalau cerita ini akan lebih menarik dari secuil review kak Luckty yang dikemas dengan sangat apik dan berisi. Selain itu, aku juga belum pernah baca novel karya penulis.

  11. Nama: Rinita
    Akun twitter: @Rinitavyy
    Kota tinggal: Kediri

    Ingin buku ini, karena aku ingin membacanya, ingin tahu cerita versi lengkapnya (novel/buku asli) selain dari sinopsis dan reviewnya saja yg sudah membuat aku penasaran pada kisah Cherie, juga pengalamannya yg luar bias untuk di kupas lebih lanjut.

  12. Nama : Lorenta
    Akun Twitter: @LorentaErika
    Kota Tinggal:Parapat (Danau Toba) – Sumatera Utara

    Alasan ingin mendapatkan buku ini:
    Sebagai bahan referensi untuk mengerti arti Cinta yang sesungguhnya.
    dan sebagai penambah jumlah koleksi untuk Perpustakaan Sekolah saya.

    Kiranya saya bisa mendapatkan buku ini .
    Terimakasih

  13. Nama : Lorenta
    Akun Twitter: @LorentaErika
    Kota Tinggal:Parapat (Danau Toba) – Sumatera Utara

    Alasan ingin mendapatkan buku ini:
    Sebagai bahan referensi untuk mengerti arti Cinta yang sesungguhnya.
    dan sebagai penambah jumlah koleksi untuk Perpustakaan Sekolah saya.

    Kiranya saya bisa mendapatkan buku ini .
    Terimakasih

  14. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    kota tinggal: Serang

    Berikan alasan kenapa menginginkan buku ini.

    Aku tertarik membaca pesan moral yg mba Luckty simpulkan dari buku ini.
    “Sejauh apa pun atau sekeras apa pun kita menyangkal, yang namanya jodoh pasti akan bertemu meski banyak halangan dan rintangan menghadang.”
    Jadi pengin mengikuti kisah ini dan membuktikannya sendiri pesan moral yg terkandung di dalamnya ini.

  15. Nama : Vadia Rahman Salsabila
    Twitter : @vadiamendes98
    Kota : Sukabumi

    BIsmillah:’v

    Kenapa pengen buku ini? Karena sekali lagi aku ini pencinta buku, ya kalo dapet gratisan Alhamdulillah:’v aku sampe ikutan GA sana-sini buat dapet buku baru, sebenernya beli sih bisa, tapi novel dapet GA itu beda rasanya kak:’v ada bangga2nya gitu:’v ditambah sekian banyak ikutan di blog ini aku belum dapet2:’v whaha.. terus aku juga penasaran sama novel LDRnya kak silvarani, pernah liat filmnya sih, tapi kadang banyak hal dalam film yang gak semendetail di buku. emang banyak orang mikir lebih enak liat film tinggal pasang mata dan menikmati saja. padahal kalo baca buku, imajinasi kita bisa lebih luas daripada film yang kepaksa harus gitu ya gitu:’v kalo baca buku kan, kita bisa berimijanisa semau kita jadi lebih enak. Jadi, hanya untuk bisa berimajinasi lebih dari apa yang aku liat dari film:’v

  16. Bismillah Jum’at barokah semoga beruntung.
    Nama : Khaerunnisa
    Twitter : NhisaMinoz75
    Alamat : Kolaka, Sulawesi Tenggara
    kenapa pengen buku ini? Pertama buku ini gratis, kedua gak ada yg jual di kampung, ketiga setelah baca Reviewnya saya jadi penasaran sama masalah apa saja yg di alami oleh pasangan LDR di novel ini? Ada Orang ketiga kah? Pasangannya mulai cuek kah? Atau kah sama dgan masalah pasangan LDR biasanya?
    Pokoknya penasaran sama cerita di Novel ini. apa lg novel ini bersetting Roma, jadi penasaran juga bgaimana penulis mendeksripsikan tempat ini?. Kata kata sindiran halusnya yg di review sama mbak juga sangat menarik. Apa lg sindiran yg di hal 74 dan 101.
    Terima Kasih.

  17. Hai jeung Luckty…
    Saya ikutan ya
    Nama : Ifa Avianty
    Twitter: @ifaavianty
    Domisili: Depok

    Why do I want this book? Coz I heart Rome. Pertama kali jatuh cinta sama Roma waktu nonton film Roman Holiday-nya oma Audrey Hepburn waktu saya kecil. Lupa kayanya nonton di video VHS gitu ya. Filmnya terus terbayang sampai sekarang sampai bela2in beli VCD ori-nya. Suatu saat pingin bisa ke Roma ikutan Writers in Residence, dan bawa keluarga…mauuu banget. Sekarang belum kesampaian ke sana tapi tetap memelihara semangat dengan baca novel keren ini.

  18. Nama : Aini Eka
    Twitter : @ainekayul
    Domisili : Samarinda

    Baca novel yang kemudian jadi film itu sudah terlalu biasa. Sudah lumrah. Nah kalau dari film yang dinovelisasi(?) itu saya belum pernah, makanya saya ingin mencoba seperti apa. Saya penasaran, ingin tahu apakah plek dari film yang dinarasikan atau diselipkan beberapa hal yang tidak ada di film. Berkali-kali ikut GA novel dari film tapi belum pernah berhasil, semoga berjodoh dengan yang satu ini.

  19. nama: Ella
    akun twitter: @ellaverina_
    kota tinggal: Bangkalan
    Saya menginginkan buku ini karena beberapa hari sudah memantau event baca buku bersama #LDRomeo via akun twitter Mbak @WoMomFey dan dari situlah awal ketertarikan saya. Kesan saya setelah memantau adalah… selain menjual konten cerita yang unik, dalam buku ini juga mengeksplorasi destinasi populer di Italia. Nah, ini juga kebetulan karena beberapa bulan terakhir saya sedang kursus Bahasa Italia juga, jadi saya pikir buku ini juga akan membuat minat saya untuk belajar semakin terpompa😀
    Oh iya Mbak Luckty, kenapa waktu pengumumannya tanggal 6 Oktober? Bukannya bulan Oktober telah lewat? Atau itu typo? Oke maafkan saya yang telah tanya hal kecil macam ini :”D
    Sukses terus Mbak Luckty dan Mbak Silvarani ke depannya!

  20. Nama : Jawahirul arifah
    Akun twitter : @jawarifah
    Domisili : Kudus

    Jawaban :
    Aku pingin punya buku ini karena banyaaaaak hal kak
    1. Karena uda punya yg LDR1 ka, jd pingin melengkapi dngn yg LDR2 ini
    2. Review dr ka lucky bagus, jd penasaran pingin baca lengkapnya.
    3. Karena aku lg latihan bikin review di blog pribadi ka, jd pingin sekalian nambahin koleksi gitu ka.
    4. Karna ini uda dijadikan Film. Penasaran beda alur film sama yg novel ka. Apa banyak yg berbeda atau bagaimana ya kak?
    5. Gratis. Hehe. Kado yg membahagiakan bagi seorang penggemar baca buku, yaaa buku itu sendiri ka 😀

    Sekian dan terima kasih.

  21. Nama: Leny
    Akun twitter: @Lynlainy17
    Kota tinggal: Rantau, Kalimantan Selatan

    Aku ingin baca buku ini karena aku suka sama genrenya, suka sama covernya dan yang pasti suka sama ceritanya. Aku suka sama tulisannya kak Silvarani dan penasaran sama tulisannya kak Cassandra. Aku juga ingin jalan-jalan ke Roma gratis, dan pastinya jalan-jalannya lewat buku ini. Aku ingin mengenal budaya Roma lewat buku ini. Aku juga suka sekali dengan pesan moral buku ini: sejauh apa pun atau sekeras apa pun kita menyangkal, yang namanya jodoh pasti akan bertemu meski banyak halangan dan rintangan menghadang. Dan terakhir aku ingin menambah koleksi bukuku juga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s