[BLOGTOUR] REVIEW Yellow Heart + GIVEAWAY

img_20161123_140422

Jika kekerasan hati memiliki pasal hukum maka seluruh dunia akan menjadi penjaranya. (hlm. 144)

NADINA. Sejak dulu, dia kesulitan berteman dan jarang berbicara. Komunikasi adalah hal yang menjadi sumber kekurangannya. Sulit untuk mengatakan ‘jangan’, malu mengatakan ‘hai, apa kabar?, dan ragu untuk bertanya ‘jam berapa sekarang’. Itu semua sulit dilakukannya, padahal terlalu mudah untuk orang lain. Padahal dia begitu pintar berbicara dengan dirinya sendiri.

Ayahnya bilang bahwa Nadina memiliki kerusakan otak akibat trauma masa kecil. Dia masih ingat ketika dokter dengan jelas mengatakan semakin banyak trauma yang dialami maka semakin besar mengalami sakit mental di kemudian hari. Dan Nadina adalah salah satu di antaranya. Trauma masa kecil yang pernah dialaminya ternyata mengganggu sistem hormon dan senyawa kimiawi otak (neurotransmitter) serta mengalami kerusakan pada fungsi HPA Axis, yang merupakan bagian utama dari sistem saraf dan memiliki fungsi penting sebagai pengontrol reaksi terhadap stres. Dokter juga mengatakan bahwa hal itu menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun serta gangguan mood.

Trauma masa kecil membuat Nadina kehilangan pertahanan, sehingga ketika masuk di usia remaja dia semakin tidak bisa mengendalikan mentalnya. Nadina harus terkurung dalam rumah sakit jiwa setelah kejadian mengerikan setahun yang lalu.

Itu sudah berlalu dan Nadina tidak mau memikirkannya lagi. Kini Nadina bisa duduk sebagai seorang siswi di sebuah sekolah. Tapi dia masih belum benar-benar menjadi normal seutuhnya, dia harus banyak belajar bersosialisasi dengan yang lain. Ini sudah dijelaskan juga oleh dokter yang menanganinya di rumah sakit, katanya efek lain yang diakibatkan oleh trauma masa kecil adalah berkurangnya fungsi saraf bertahun kemudian, berkurangnya kecakapan verbal dan performa, berkurangnya perkembangan mental secara personal, sosial, motorik dan juga IQ.

Nadina bisa menjadi bernilai di mata para guru karena kesungguhannya dalam belajar. Kemajuannya hanya terlihat dari segi akademis, sementara dia belum bisa menyesuaikan dengan lingkungannya lagi. Dari semua hal yang dialaminya, dia sangat takut jika hal itu kembali lagi. Dia sudah muak dengan masa lalunya. Dokter sangat mewanti-wanti agar dia tidak terpancing dengan emosi sesaat, pikiran buruk, ataupun hal lain yang membuatnya kehilangan kontrol.

img_20161123_135242

“Semenjak mama kamu meninggal, ayah berjanji akan menjagamu, akan mendahulukanmu di atas apa pun. Kamu satu-satunya yang ayah punya, akan ayah jaga dengan seluruh hidup ayah.” (hlm. 46)

“Suatu hari akan ada yang mendampingi kamu. Ayah ingin kamu tidak salah pilih. Pastikan orang itu seperti ayah. Dia harus menyayangi kamu seutuhnya. Ada, saat kamu butuh. Menemani, saat kamu sendiri dan dia tidak akan membiarkan seorang pun membuatmu terluka.” (hlm. 48)

“Ayah tidak berharap kamu mengalami masalah dengan siapapun. Tapi ayah tahu kamu pasti akan mengalami sesuatu. Dan ayah percaya bahwa kamu tidak selemah itu. Biarkan mereka melihat kelemahan kamu sebagai kekuatan yang menakjubkan.” (hlm. 66)

“Kenapa kamu selalu membuat perasaanku terombang-ambing?” (hlm. 183)

Sebenarnya apa yang bisa menyebabkan seseorang mengalami stres? Nama keren penyebab stress adalah stresor. Stresor itu sendiri bisa berasal dari luar diri individu dan dalam diri individu. Stresor yang berasal dari luar diri individu, terbagi menjadi stresor fisik dan sosial. Pada stresor fisik seperti suara, polusi, suhu udara, makanan, radiasi, zat kimia, atau trauma. Sedangkan stresor sosial merupakan tekanan yang disebabkan interaksi individu dengan lingkungannya. Stresor sosial ini bersifat traumatic, seperti perceraian, kehilangan orang yang dicintai, kematian, atau masalah keuangan.

img_20161123_135222

Dulu ada seorang siswa masih kelas X, jiwanya tergoncang hanya karena ditolak oleh cewek yang ditaksirnya. Masih ingat banget, dulu pas masa-masa kritis di kelas X, kerjaannya jika nggak menyukai pelajaran di kelas, pilihannya adalah main futsal di lapangan atau ke perpustakaan untuk meminjam Naruto. Ya, komik Naruto. Maunya hanya komik itu. Tiap ke perpus pun pasti nanyain apakah ada komik Naruto keluaran edisi baru. Mungkin dikiranya komik ini keluar edisi baru setiap minggu x)) Siapa sangka, kini siswa tersebut setelah melalui proses yang panjang akhirnya sembuh. Bahkan saat kelas XII memasuki kelas unggulan, rajin sholat pula. Dan tahun ini dia lulus sekolah. Ternyata begitu dahsyatnya ya kekuatan cinta, terkadang bisa menjerumuskan. Apalagi anak zaman sekarang, masih sekolah mikirnya udah berat. Putus cinta udah berasa kiamat x))

Oya, dari beberapa masalah yang kerap dihadapi remaja zaman sekarang, awal mula maupun kuncinya adalah peran keluarga. Harus diakui, masih terdapat orangtua masa kini yag gagal move on. Mereka menganggap bahwa pola asuh orangtua mereka dulu masih relevan untuk diterapkan pada masa sekarang. Padahal zaman telah jauh berkembang, informasi dan teknologi pun maju dengan pesatnya. Otomatis orangtua masa kini dituntut untuk lebih tanggap, nggak ‘kudet, dan rajin menambah wawasan.

Selain itu dalam sebagian keluarga yang lain, berlangsung hal sebaliknya. Orangtua yang terlalu sibuk ‘mempercayakan’ sarana teknologi sebagai sahabat dan guru buat si anak, dan tak lagi punya waktu untuk mengawasi instensitas akses teknologi oleh si anak. Akibatnya, anak pun terpapar dengan berbagai pengaruh zaman dan dampak teknologi termasuk dampak negatifnya. Dampak ini pun labat laun akan berefek pada perubahan perilaku dan prestasi si anak. Jika sudah sampai pada kondisi ini, konflik antara anak dan orangtua pun sulit dihindari.

Sebagian besar murid di sekolah yang bermasalah, sumbernya berasal dari keluarga. Betapa keluarga sangat mempengaruhi karakter seseorang. Sekarang memang banyak remaja yang bergelimpang materi, tapi sedikit sekali yang berlimpah kasih sayang dari keluarga.

Sesungguhnya, masalah dapat mengajarkan kita untuk lebih bersyukur, rendah hati dan juga sabar. Kita dapat menemukan keindahan hidup saat tidak terlalu menghabiskan banyak waktu untuk melarikan diri dari masalah dan mencoba melepaskan diri dari masalah. Menghabiskan banyak waktu untuk menerima masalah sebagai sesuatu yang wajar dalam hidup, tak dapat dihindari, bahkan penting.

img_20161123_141045

Lewat novel ini, tidak hanya pada kisah Nadina semata, ada Natalie di Medusa wajah cantik tapi mulutnya setajam silet, Levi si albino yang sering membully Nadina, dan Viki yang tampak paling tenang di antara mereka juga memiliki masalah. Ya, mereka yang diceritakan dalam novel ini merupakan representasi kehidupan pelik remaja zaman sekarang.

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, peran keluarga dan lingkungan adalah salah satu kunci penting dalam pembentukan kepribadian seseorang. Yang agak mengherankan dari cerita bersetting di dominasi suasana sekolah ini adalah tidak adanya peran Guru BK. Serahasia apa pun masalah anak, biasanya guru BK tetap berperan aktif, terutama untuk siswa tipikal seperti Nadina.

Setelah membaca buku ini, banyak selipan pengetahuan tentang psikologis seseorang. Kita jadi tahu apa arti yellow heart, bukan sekedar pemanis judul buku ini semata. Saya, kamu, atau kita semua memang pernah menjadi penyandang yellow heart?!? :’)

img_20161123_141008

Beberapa kalimat favorit dalam buku ini:

  1. Cinta seharusnya dikatakan. (hlm. 81)
  2. Lupakan semua energi negatifmu, biarkan kamu melakukan hidup yang tidak membosankan. (hlm. 89)
  3. Setiap orang punya alasan dalam setiap kalimatnya. (hlm. 133)
  4. Kehidupan adalah kado terbaik yang Tuhan berikan. (hlm. 228)
  5. Pernahkah sekali saja kamu meneteskan air mata untuk orang yang kamu cintai? (hlm. 267)

Beberapa selipan sindiran halus dalam buku ini:

  1. Kamu nggak boleh lihat orang dari fisiknya. (hlm. 34)
  2. Realita di dalam masyarakat tidak perlu penjelasan lebih jauh. (hlm. 53)
  3. Segala sesuatu ada balasannya. (hlm. 62)
  4. Persahabatan dan cinta itu beda tipis. Dalam hubungan persahabatan, jalinan cinta kerap terjadi. (hlm. 105)
  5. Bukankah sebuah pasangan yang saling mencintai bisa kembali bersama setelah masa-masa sulit? (hlm. 107)
  6. Hati manusia siapa yang tahu? Bukankah akting terbaik manusia adalah berpura-pura tidak tahu? (hlm. 144)

Keterangan Buku:

Judul                                     : Yellow Heart

Penulis                                 : Vini Sadewa

Editor                                    : Yacita Editya Masyhur

Penata letak                       : Tri Kuncoro P. H.

Desainer sampul              : Febryanto Nugroho

Penerbit                              : BukuOryzaee Publisher

Terbit                                    : 2016

Tebal                                     : 288 hlm.

ISBN                                      : 978-602-73970-1-9

img_20161123_140447

MAU BUKU INI?!?

Simak syaratnya:

1. Peserta tinggal di Indonesia

2. Follow akun twitter @lucktygs dan @bukuoryzaee. Jangan lupa share dengan hestek #GAYellowHeart dan mention via twitter.

3. Follow blog ini, bisa via wordpress atau email.

4. Jawab pertanyaan di kolom komentar di bawah, plus nama, akun twitter, dan kota tinggal. Pertanyaannya adalah berikan alasan kenapa menginginkan buku ini. Mudah kan?

5. Giveaway ini juga boleh di share via blog, facebook, dan sosmed lainnya. Jangan lupa sertakan hestek #GAYellowHeart yaaa…

Event ini gak pake helikopter, eh Rafflecofter yang ribet itu. Jadi pemenang ditentukan dari segi jawabannya yaaa… ( ‘⌣’)人(‘⌣’ )

#GAYellowHeart ini berlangsung seminggu saja: 1-7 Desember 2016. Pemenang akan diumumkan tanggal 15 Desember 2016.

Akan ada SATU PEMENANG yang akan mendapatkan buku ini. Hadiah akan langsung dikirimkan oleh penulisnya! ;)

Silahkan tebar garam keberuntungan dan merapal jampi-jampi buntelan yaaa… ‎(ʃƪ´▽`) (´▽`ʃƪ)!

Pemenang giveaway kali ini adalah:

Nama: Rizki Fitriani
twitter: @Kikii_Rye
dimisili: Sidoarjo

Selamat buat pemenang. Sila kirim email ke  emangkenapa_pustakawin[at]yahoo[dot]com dengan judul: konfirmasi pemenang Giveaway Yellow Heart. Kemudian di badan email cantumkan; nama, alamat lengkap, dan no hape biar hadiahnya segera dikirim langsung oleh penerbitnya ya.

Terima kasih buat penulis dan penerbit atas kerjasamanya, sekali lagi terima kasih banyak atas kepercayaannya. Semoga lain waktu bisa bekerjasama kembali… 😉

Buat yang belum menang, jangan sedih. Masih banyaaaakkkk giveaway lainnya yang menanti!! :*

-@lucktygs-

Advertisements

30 thoughts on “[BLOGTOUR] REVIEW Yellow Heart + GIVEAWAY

  1. Nama: Haula Taqya
    Akun twitter: @Taqya1999
    Kota tinggal: Metro, Lampung

    Jawaban:
    Karena penasaran apa sebenernya arti Yellow Heart. Dari kutipan2 di atas, makin pingin punya bukunya. Sekarang ngebayangin Yellow Heart dengan penyakit hepatitis. Wkwk
    Oh iya, satu lagi. Nadina cuma punya ayah karena ibunya meninggal. Pingin baca kehangatan ayahnya Nadina sebagai Single Parent

  2. Nama: Rohaenah
    Twitter: @rohaenah1
    Kota: Jakarta
    Jawaban: pengen banget buku ini karena penasaran akan ceritanya. Baru denger ada yg namanya sindrom Yellow Heart, ingin tau kisah perjuangan Nadina dalam menjalani hidupnya.

  3. nama : jawahirul
    twitter : @jawarifah
    Kota tinggal : kudus
    jawaban : karena penasaran apa maksud dari judulnya, yellow heart ? hati yang kuning,
    penasaran sama jalan ceritanya juga, kenapa bisa terjadi yellow heart.
    selain itu, aku belum pernah berkesempatan punya novel karya ka vini, jadi penasaran pingin baca
    ditambah cara review ka luckty yang menerangkan kaya buku ini terselip banyak motivasi diri. aku jadi pingin punya, karena sekarang aku lagi butuh motivasi.

    sekian dan terima kasih

  4. Nama: Lina Ernawati
    Twitter: @Linaernaw
    Domisili: Tangerang

    Karena saya tertarik sama judul bukunya. Jujur saya awalnya mengira kalau yellow heart itu nama penyakit. Tapi pas saya baca sinopsisnya ternyata yellow heart itu semacam sindrom hati yang paling ganas dan yang paling menakutkan. Dan ternyata tokoh nadina ini menderita sindrom yellow heart, dan sindrom yellow heart ini lebih parah dibandingkan dengan depresi serta penyakit yang diderita nadina. Saya pengen banget baca novel ini karena judulnya yang unik dan kisahnya nadina yang lebih unik.

    Wish me luck 😄😄

  5. nama : nurul awaliyah
    twitter : @awwaliyah03
    domisili : Batam

    Alasan menginginkan buku yellow heart?
    Awalnya aku ngerasa aneh saat baca judulnya “yellow heart” karena biasanya hati identik berwarna merah. Aku pikir ga ada filosofi apapun soal judul tsb. Sempet terlintas mungkin author hanya ingin cari sensasi / hanya sekedar nama, supaya gampang diingat karena judulnya lain dari yang lain. Tapi setelah baca sinopsis ternyata dugaanku salah besar. Yellow heart yang awalnya aku pikir hanya sekedar nama, ternyata sebuah kelainan psikologi. Dari situ aku makin penasaran dengan sindrom yellow heart. Menurut buku ini sangat unik. Author bisa membuat pembaca yang awalnya hanya mandang sebelah mata jd kepo maximal dengan isi ceritanya.
    semoga keberuntungan berpihak padaku… aamiin

  6. nama : nurul awaliyah
    twitter : @awwaliyah03
    domisili : batam

    Alasan ingin memiliki buku yellow heart?
    Jujur awal baca judulnya yellow heart kesan pertama ANEH. Karena hati biasanya identik dengan warna merah. Sempet terpikir kalo sang author hanya sedang cari sensasi supaya pembaca penasaran. Tapi setelah baca sinopsis semua pemikiran tersebut berubah 180°. Sesuatu yang awalnya aku pikir aneh ternyata memiliki filosofi yang begitu dalam. Aku ga pernah nyangka kalo ternyata YH merupakan sebuah kelainan. Sebuah sindrom yang mungkin tanpa aku sadari pernah aku alami. Menurutku YH sangat unik & lain dari yang lain. YH bagaikan minum air laut semakin banyak meminumnya justru semakin bertambah haus. Dan dari YH juga aku tau bahwa ada banyak hal yang belum aku ketahui. YH kereeennnn.

    semoga keberuntungan berpihak padaku.. aamiin

  7. Nama: Rizki Fitriani
    twitter: @Kikii_Rye
    dimisili: Sidoarjo

    jawaban:
    pertama, situasi Nadina mirip dengan saya yaitu sulit untuk berkomunikasi dan bersosialisasi. menurut saya cukup sulit utk mengawali pembicaraan, terutama thd orang asing. karena saya bukan tipe orang yg suka berbasa-basi. banyak yg bilang saya pendiam padhal sebenarnya petakilan.

    review YellowHeart yg disajikan mbak Luckty suskses membungkam pikiran saya dan tidak menemukan jawaban utk pertanyaan yg sedikit banyak hadir setelah selesai baca review.
    Apakah Nadine berhasil mengatasi kekurangannya dlm hal berkomunikasi? jika berhasil saya ingin berguru kpd Nadin agar dpt berkomunikasi dg baik:v lalu trauma macam apa yg bisa menyebabkan Nadin menjadi sosok spt yg digambarkan di review?

    penasaran dg maksud YellowHeart yg dijadikan Judul, dan apa kaitannya dengan isi novel tsb? saya merasa YH wajib saya punya karena mengandung banyak pelajran dlam hidup.
    wish me luck ajalah, karena saya selalu tidak berjodoh dg mr.random dan sebagainya. semoga jawabn saya kali ini berkenan di mbak luckty

  8. Nama: Nurwahidah

    Akun twitter: @wawha_cuza

    Kota tinggal: Medan

    Jawaban: Aku suka tema yang diangkat. Tentang remaja yang memiliki kesulitan dalam beradaptasi. Kebetulan ketika SMP aku juga sempat menjadi sangat tertutup (introvert) padahal sebelumnya aku cukup ceria. Hal ini dikarenakan aku merasa ditinggalkan sahabat2ku. Aku merasa tidak bisa beradaptasi dengan lingkungan baru. Aku mulai menarik diri dan sering membaca serta menulis cerita berdasarkan imajinasiku. Kemudian, di SMA aku berusaha keras membuka diri, bersahabat dengan teman sekelas. Namun, hingga saat ini aku sering dijadikan objek bully-an. walaupun mereka bercanda, namun sesungguhnya hatiku sakit. Makanya, ketika aku membaca sinopsis dan resensi dari kakak dan host sebelumnya, aku sangat tertarik. Di tambah lagi di postingan ini dijelaskan mengenai psikologi (pelajaran yang aku sukai). Aku juga mengalami trauma salah satu stresor yang di jelaskan di atas. Jadi, tidak ada alasan aku tidak menginginkannya. Semua aspek novel ini kusukai.

  9. Nama: Haidaroh Sholeh
    Domisili: Sidoarjo
    Akun Twitter: @haidarohsholeh

    Kenapa pengen novel ini?

    – karena penasaran apa yang dimaksud dengan yellow heart. Sejenis penyakitkah atau apa sih?

    – karena sampulnya amat menarik

    – karena tertarik dengan review yang mbak Luckty paparkan.

    – karena suka dengan nama Nadina, sebab aku punya saudara sepupu yang lucunya bukan main namanya Nadine. Mau aku pamerin nantinya ke dia kalau aku ada bukunya. Seperti dulu di novel orange tokohnya bernama Faye, aku kasih tunjuk ke sepupuku yang bernama Faye.

    – ingin tahu kisah Nadina dengan lebih lanjut. Bagaimana jalinan kisahnya dari awal hingga akhir.

    -ingin mempromosikan juga jika aku yang dapat novel #yellowheart ini.

    Terima kasih.

  10. Nama: Khuznul Hatimah
    Twitter: @khuznul_nhunu
    Domisili: Makassar

    Jawaban:
    Novel ini salah satu terbitan BO yang udah lama aq incar, kenapa? Alasannya penasaran dengan kisah antara Nadina, Levi dan teman-temannya. Dari ringkasan kk Luckty bisa d ketahui bahwa novel ini juga banyak memberikan pelajaran kepada segala pihak tentang Cinta, Kasih sayang, ketulusan dan kepercayaan. Terkadang seseorang menutup diri dari orang lain bukan karena membenci melainkan orang tersebut memiliki ketakutan akan masa lalu oleh karena itu butuh orang lain untuk menyadarkan bukan hanya dari seorang teman atau sahabat tapi dari orang yang qta anggap musuh sekalipun.

    Jujur novel ini sudah aq pengenin lama banget tapi gak pernah terealisasikan, sosok Nadina banyak d kehidupan nyata dan Aq pengen tahu serta belajar banyak dari kisah ini selain karena ingin menambah koleksi novel Buku Oryzaeeku 😊😊

  11. Nama: Bety Kusumawardhani
    Twitter: @bety_19930114
    Domisili: Surakarta

    Karena aku suka warna kuning *kaya’ spongebob aja* hehehe. Aku sedang tertarik mempelajari tentang sindrom maupun penyakit psikologis manusia dan baru mengetahui ada sindrom bernama yellow heart dari review novel ini. Novel ini cocok bgt sebagai jawaban keingintahuanku yg besar. Aku pikir novel ini juga bisa sedikit banyak menjelaskan apa itu yellow heart secara mudah dan ringan kepada pembaca yg masih awam dengan istilah sindrom tsb.

  12. Nama : Jeinny Daly
    Twitter : @jeinny_daly
    Domisili : Raha sulawesi tenggara

    Kenapa harus Yellow Heart? Emang ada hati yang berwarna kuning? Pertanyaan-pertanyaan yang ada dibenak itulah yang membuatku ingin memiliki novel ini. Dan setelah membaca review mbak Luckty, aku baru tau YH itu sebuah penyakit. Bagaimana kerasnya perjuangan hidup seorang gadis yang memiliki penyakit seperti itu, yang bisa tahan dengan kerasnya kehidupan sekitar. Aku ingin mengetahui selengkapnya seperti apa kehidupan seorang Nadina. Insya Allah kali ini rezeki berpihak kepadaku. Aamiin….

  13. Nama: Ummi Haniefa
    Akun twitter: @ummi_hnf
    Kota tinggal: Samarinda

    Jawaban:
    Karena penasaran banget apa itu Yellow Heart. Apa lagi saat ditulis begini ‘Saya, kamu, atau kita semua memang pernah menjadi penyandang yellow heart?!? :’)’ Nah kan, jadi tambah penasaran. Enggak pernah nyangka aja bahwa kita semua mungkin bisa jadi penyandang yellow heart. Who knows? Tanpa kita sadari.

    Selain itu, aku juga ingin menyusuri kisah Nadina dan Ayahnya. Kisah tentang Nadina dan penghuni lain di rumah sakit jiwa itu. Karena jarang banget ada novel bercerita tentang remaja yang di rawat di rumah sakit jiwa. Kadang-kadang, aku memang kepengin baca novel yang enggak biasa ku baca.

    Wish me luck!

  14. Elsita F. Mokodompit
    @sitasiska95
    Gorontalo

    Aku tertarik dengan isu mental illness yang diangkat dalam buku ini. Orang-orang dengan gangguan mental adalah mereka yang sangat membutuhkan support, apalagi kalau hal tersebut berakibat pada kondisi fisik mereka seperti yang Nadina alami. Dengan membaca buku ini saya rasa saya dapat memperoleh apa yang disebut esensi memahami dan berempati yang sesungguhnya. Dan juga, saya penasaran dengan perjuangan Nadina. Tentunya akan banyak sekali pesan moral yang saya dapatkan darinya

  15. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    kota tinggal: Serang

    Berikan alasan, kenapa menginginkan buku ini?

    Judulnya sudah bikin bertanya-tanya, apa itu Yellow Heart? Karena yang familiar itu hati berwarna merah atau pink 😀
    Dari membaca review ini jadi tahu kalau Yellow Heart itu semacam penyakit psikologis. Tema yang unik ini membuat makin menarik dan menambah pengetahuan. Jadi pengin banget baca buku ini.

  16. Nama : Aziza Avita
    Twitter : @azizaavita
    Tempat : salatiga

    Kenapa saya ingin buku ini ?

    Karena saya ingin sekali menambah koleksi novel saya (kebetulan koleksi baru sedikit hehe), selain itu saya juha ingin menambah pengetahuan saya melalui berbagai novel yg saya baca. Saja juga penasaran sama cerita novel ini gara gara baca review di atas 😊

  17. Nama : Mulya Saadi
    Twitter : @Mulyasaadi_San
    Tempat : Yogyakarta
    Jawaban :
    Saya tertarik sama novel yang ambil tema mental illness. Bisa dibilang saya suka dengan tokoh cerita yang jiwanya terguncang. Saya penyuka bacaan bertema psikologi, terutama prikologi kriminal dan psikologi abnormal, so novel ini kayaknya bakal asyik untuk mengisi pikiran ke-psikologi-an saya dari sudut fiksi. Saya juga dibuat penasaran dengan Yellow Heart. Apakah itu sejenis sindrom? Di akhir review dikatakan kalau kita semua penyandang yellow heart. Nah, penasaran deh yang gimana sih yellow heart itu.

  18. Nama: shinta Novelisa
    Twitter : @09twety
    Alamat : Jambi
    Jawaban : saya tertarik dan sangat tertarik dengan novel ini. Saat membaca sinopsisnya saya merasa bahwa saya juga seperti nadine. Karena berbagai macam guncangan di real hidup saya membuat saya trauma. Saya ingin mengikuti GA ini dan berharap menang karena saya ingin mengetahui cara menghilangkan trauma sifat negatif dan cara untuk lepas dari trauma.

  19. Annisa Nurul, Bau-Bau.

    Kenapa harus dapap novel ini? Karena dari resensinya udah buat aku tertarik, tentang penyakit mental, cinta, keluarga, sahabat menurutku cerita yang seperti ini wajib banget untuk dibaca semua orang apalagi anak remaja yang masih labilnya agar bisa tau caranya hidup bersosialisasi dan mengetahui ada orang yang memiliki penyakit seperti ini dan bagaimana kita harus lakukan saat dekat orang seperti itu. Dan juga salah satu cita-citaku ingin jadi psikologi 😊😊😊

  20. Vena dwi
    @venaquict
    Tulungagung-Jatim

    Kenapa aku pengen buku ini?
    Ya karena buku ini bercerita soal perang sama dirinnya sendiri. Musuhnya ya si tokoh utama itu sendiri. Pastinya beda dong dari kebanyakan remaja zaman sekarang yang musuhan sama temennya sendiri ^^

  21. Nama : Heni Susanti
    Akun twitter : @hensus91
    Kota tinggal : Pati – Jawa Tengah

    Yellow Heart, sering lihat judul ini di FP Buku Oryzaee dan dulu kupikir ini hanya konotasi dari salah satu kisah cinta. Ternyata kisah dibalik judul ini justru lebih kompleks dan berat. Penyakit Nadina tidak pernah kudengar sebelumnya, baru ini tahu ada jenis penyakit seperti ini. Jadi aku ingin lebih memahami bagaimana penyakit Nadina sebenarnya, penyebabnya dan penanganannya. Karena kadang kita menganggap perubahan sikap secara berlebihan setelah seseorang mengalami kejadian buruk hanya bentuk pemberontakan dan pelarian dari rasa sakit dan terluka. Ternyata justru bisa ada penyakit mental yang berbahaya untuk hidupnya.

    Mungkin selanjutnya saat ada perubahan sikap dari seseorang setelah kejadian pahit kita jangan langsung mencap nakal, bandel atau kata-kata buruk lain dulu ya?

    #mikiranakdidik

  22. Nama: Erry
    Akun Twitter: @erry1945
    Kota: Palangka Raya
    Alasan: Penasaran dengan nasib Nadina, apakah ia mampu bertahan di tengah kekurangannya atau malah makin terpuruk.
    Selalu tertarik dengan kisah2 bertema psikologi karena bisa mengajarkan kita melihat sisi lain dari kehidupan dan bersyukur atas segalanya.

  23. nama: insan gumelar ciptaning gusti
    akun twitter: @san_fairydevil
    dan kota tinggal: surakarta
    Pertanyaannya adalah berikan alasan kenapa menginginkan buku ini.
    Karena ingin manambah daftar bacaan. Buku koleksi.

  24. Nama: Fitriana
    Akun twitter: @ffitriana_
    Domisili: Samarinda
    “Kenapa aku pengen banget buku ini?”
    First, dulu aku nggak tau buku ini siapa yang nulis dan tentang apa ceritanya tapi aku sering liat buku ini di akun kakak2 yg pencinta buku katanya this’s recomended book. Dulunya juga aku sama ngirain judul ‘Yellow Heart’ disini tuh kayak pemanis atau kupikir hati yang ceria atau bagaimana jadiya kukira ini buku sejenis romance. Tapi ternyata saat kubaca reviewnya sanasini malah hal yang gapernah kusangka kutemuin, cerita ini keren! Dengan mengangkat ‘kelainan’ atau ‘penyakit’ yang bersumber dari trauma aku tanpa sadar menyadari kalau ternyata aku juga pernah begini:’) Sejak itu aku penasaran banget gimana Nadina bisa menjalankan hidupnya secara normal setelah bisa keluar dari rumah sakit jiwa itu. Kalau aku pikir2, pastinya akan sangat menderitanya apalagi dia sering mendapat bully disekolahnya, itu memperparah keadaannya menurutku. Kalau sosok Nadina itu beneran ada didunia ini, aku sangat menyayangkan hal itu, semua remaja harusnya bisa menjalani hidupnya dengan normal, bukan?
    Second, setelah penasaran dengan sang tokoh utama dan segala permasalahannya, aku pengen banget punya buku ini. Sampe ngikut2 giveaway sana sini dan.. sampe sekarang blum pernah menang:’) Seandainya aku dibolehin beli buku gini sama mama pasti aku beli tapi sayangnya daridulu aku gapernah dibolehin beli buku sejenis novel dkk:’)
    Third, aku udah ngerules dan jawab pertanyaannya secara jelas, jadi aku harus menang, oke?

    Wish me luck!^^

  25. Nama : Rizky Tria Octasiana
    twitter : @Octannow_
    domisili : Brebes, Jawa Tengah
    Mau..mau..mau :v
    Mau nambah koleksi novel.
    Aku penasaran apa filosofi dari makna judul “Yellow Heart” dari novel ini (?)
    Yuhuu temanya bagus. Novel ini semakin menarik karna mengangkat representasi kehidupan pelik remaja zaman sekarang. Kisah persahabatan & keluarga nampaknya sangat kental. Direview pun sedikit ada gambaran karakter dari beberapa tokoh. Poin plus, ada pengetahuan psikologi seseorang. Ah yampun, aku penasaran dg kisah Nadina -,-
    aniway, direview tokoh mama Nadina meninggal kan ya. Mungkin saja itu ada kaitannya dengan trauma masa lalu Nadina. Dan kejadian mengerikan spt apa yang dialami Nadina setahun yang lalu? Semoga beruntung, biar bisa menjawab pertanyaan yg udah muter-muter dikepala ☺

  26. Nama Usup Supriyadi
    Akun Twitter @usupsupriyadi_
    Kota Tinggal Bogor
    Alasan

    Selain dari judul yang kece dan menarik minat ingin tahu tentang apa padanan yang sesuai untuk yellow heart itu adalah salah satu kutipan sindiran yang disajikan dalam review kali ini: “Realita di dalam masyarakat tidak perlu penjelasan lebih jauh. (hlm. 53)” Hal itu yang membuatku jadi mau novel ini. Menurutku, pernyataan itu cukup berani, dan penasaran juga, apakah bisa baik si tokoh utama dan yang lainnya melihat segalanya apa-adanya tanpa perlu penjelasan lebih jauh? Bagaimana kita bisa dengan mudah mengerti segalanya yang terlihat dan terjadi itu? Adakah kita bisa menghindar agar tidak mengalami Yellow Heart ataupun penyebab Yellow Heart? Hm… ada banyak pertanyaan terkait novel ini…

  27. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    Malang, Jatim

    Untuk sebuah novel remaja, konfliknya cukup berat tapi sangat menarik. Stres bisa dialami oleh siapa saja, apalagi sampai menyebabkan gangguan kejiwaan di masa muda. Tertarik banget dengan novel ini. Dari reviewnya jelas pembahasan tentang apa yang dialami oleh Nadina dari segi kesehatan. Aku suka novel yang ‘kaya’, bisa nambah pengetahuan juga.
    Selain itu, udah kenal nama penulisnya dari grup. Tapi emang belum pernah baca karyanya, semoga kesampaian lewat novel ini 🙂

  28. Leny
    @Lynlainy17
    Rantau, Kalimantan Selatan

    aku ingin baca novel ini karena aku sangat tertarik dengan tema yang diangkat di novel ini, aku juga penasaran dengan apa sih yellow heart itu, sesuai judulnya. aku penasaran sekali, aku juga ingin berkenalan dengan penulis lewat novel ini. selain itu dalam novel ini juga banyak selipan informasi yang tertunya sangat bermanfaat. wish me luck.

  29. Bintang Maharani
    @btgmr
    Palembang, SumSel

    Kenapa saya pengen baca buku ini?

    1. Novel ini bukan genre roman. Quite refreshing for me.
    2. Ada pengetahuan tentang psikologi.
    3. Sifat Nadina persis kayak saya hehe (tapi bukan karena penyakit itu ya) dan sepertinya akan mudah bagi saya untuk mendalami karakter Nadina karena kesamaan tersebut.
    4. Novel remaja dengan ‘kemasan’ cerita yang berbeda.
    5. Karakter tokoh-tokohnya menarik.
    6. What is yellow heart?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s