REVIEW Dilatasi Waktu

img_20170110_124839

“Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini.” (hlm. 155)

Tidak banyak orang yang begitu yakin dengan apa yang dilakukannya selama beberapa jam terkahir.” (hlm. 73)

SHINTA. Dulu, saat dia masih kecil dan tak mengerti mengapa ibunya begitu ingin bercerai dari ayahnya, sehingga Shinta marah dan kabur dari rumah sebagai bentuk protes. Baru dua tahun kemudian Shinta mengetahui bahwa ayahnya ternyata telah selingkuh dan kini menikah dengan wanita yang diselingkuhinya itu. Shinta pun menyadari bahwa keputusan ibunya untuk berpisah adalah keputusan terbaik bagi mereka.

“Mengutil ya? Anak zaman sekarang moralnya memang sudah rusak.” (hlm. 9)

“Jadi begitu, setelah mencuri sekarang menipu? Kecil-kecil sudah jadi penjahat.” (hlm. 14)

RAKA. Seorang polisi yang suatu hari menilang Shinta saat melewati jalanan. Scoopy yang dikendarai Shinta mempertemukannya lagi dengan Raka yang telah diimpikannya selama bertahun-tahun. Sayang pertemuan kembali mereka nggak semanis yang dibayangkan Shinta, apalagi Raka nggak mengenalnya lagi.

Alam berkonspirasi, setelah kejadian tilang-menilang itu, mereka bertemu kembali. Kali ini saat Raka menyelidiki suatu kasus pembunuhan.

Saya jadi tergelitik untuk mencari fungsi-fungsi polisi yang ternyata ada lima; samapta, lantas, binamitra, intel, dan reskrim. Lantas adalah fungsi yang sudah dikenal banyak orang, bahakn mungkin dijuluki malaikat pencabut SIM/STNK apabila pengendara tidak memakai helm atau tidak membawa SIM/STNK. Fungsi ini bertanggung jawab atas kelancaran, ketertiban, keamanan pengendara di jalan raya/ umum. Sedangkan reskrim bekerja apabila ada suatu terjadi tindak pidana. Mereka bertugas mengumpulkan barang bukti, yang bertujuan untuk mengungkap kasus yang telah terjadi mulai dari awal hingga akhir. (Sumber: http://pelayanmasyarakat.blogspot.co.id/2008/01/5-fungsi-umum-kepolisian.html)

Dari penjabaran fungsi polisi di atas, Raka ini termasuk polisi yang mana ya? Saat Raka menilang Shinta, bisa dipastikan dia adalah polisi lantas. Tapi, dia juga menyelidiki kasus pembunuhan dalam buku ini, yang berarti dia merupakan polisi reskrim. Polisi lantas biasanya berseragam, sedangkan polisi reskrim biasanya nggak berseragam seperti polisi intel.

“Bukan tidak mungkin suatu saat hal yang sama terjadi pada kita, saat orang dari masa depan melakukan santet, kita akan berkomentar ‘ini sihir’ padahal sebenarnya santet hanya salah satu penemuan fisika baru di zaman mereka.” (hlm. 37)

“Kita memanfaatkan ilmu fisika setiap hari dan setiap waktu tanpa kita sadari, karena jerih payah orang Fisikalah kita bisa menikmati banyak fasilitas sekarang ini. (hlm. 35)

Judul buku ini adalah Dilatasi Waktu. Menurut ilmu fisika, dilatasi waktu adalah fenomena yang dijelaskan dalam teori realitivitas di mana waktu yang dirasakan oleh sesuatu yang diam akan terasa lebih lama dibandingkan dengan waktu yang ditempuh benda yang bergerak dengan syarat benda yang bergerak tersebut memiliki kecepatan mendekati kecepatan cahaya. Jadi kalau kita hendak pergi jauh da nada yang menanti kepulangan kita, sebaiknya kita cepat-cepat kembali. Orang yang diam dan menunggu pasti merasa lebih sakit, dan lebih rindu dibandingkan dengan orang yang meninggalkannya. (Sumber: http://diarumon.blogspot.co.id/2011/02/time-dilation-dilatasi-waktu.html)

Dilatasi waktu di sini mungkin ada dua maksud. Antara Shinta dan keluarga, tapi juga antara Shinta dan Raka. Shinta yang sewaktu masih SMP bertemu Raka yang menyelamatkannya, dan semenjak itu Shinta berharap bisa bertemu kembali dengan Raka yang sudah berprofesi menjadi polisi.

Nggak hanya dari judulnya, sebenarnya isi ceritanya juga memuat unsur fisika. Jadi, selain disebut novel thriller, novel ini juga masuk novel science. Jika kamu menyukai cerita detektif ala-ala Detektif Conan, pasti juga menyukai buku ini! 😉

Keterangan Buku:

Judul                                     : Dilatasi Waktu

Penulis                                 : Rachmah Wahyu

Editor                                    : Ananda Nizma

Layout                                  : Sari Maryandesti

Cover                                    : MangaFox, Google

Penerbit                              : Rafferty Publishing House

Terbit                                    : 2016

Tebal                                     : 183 hlm.

ISBN                                      : 978-602-74908-02

img_20170110_124854

 

Advertisements

One thought on “REVIEW Dilatasi Waktu

  1. Pingback: REVIEW Wish: Sexual Harassement | Luckty Si Pustakawin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s