REVIEW Se7en: Seduction

img_20170124_092720

“Fiksi bisa menjadi sesuatu yang dipercaya. Semua tergantung bagaimana kau memandang.” (hlm. 50)

IST adalah organisasi detektif kepolisian yang dibantu oleh sebuah organisasi keamanan negara-negara non blok. Karena itu, untuk gedung dan kantornya terlihat lebih mentereng dan bergaya futuristic. Hanya ukiran-ukiran bergaya Pajajaran dan relief-relief adegan wayang perang Baratayudha di kaca-kaca dinding yang membuat gedung ini terlihat lebih Indonesia. Pimpian IST pertama, Basuki Rahendra, membuatnya atas filosofi kemenangan kebaikan melawan kejahatan.

Sebuah pembunuhan telah terjadi. Sekitar pukul sepuluh lewat dua puluh menit di Vittorio Tower, daerah Vittorior Town, Kemang. Kamar 906. Korban bernama Kimberly Daryanto, , artis sinetron FTV yang tidak begitu top. Ditembak di bagian jantung. Ada tanda-tanda sebuah hubungan seksual. Sementara pria yang bercinta dengannya ditemukan di kamar yang sama. Orang yang bersama korban adalah Jacob Herlambang. Ditemukan tak sadarkan diri, namun membawa pistol di tangannya. Tidak ada DNA, sampel darah, atau sidik jari lain di TKP. Beberapa peluru melubangi tembok dengan posisi aneh. Empat lubang membentuk tanda seperti angka empat di sebuah dadu. Keterangan tentang tersangka, kerabatnya semua adalah orang penting; ayahnya, Antonius Herlambang diisukan maju dalam pemilihan presiden., ibunya, Lindia Herlambang adalah ketua umum Partai Kesejahteraan dan Keadilan yang kini menjadi anggota DPR, dan kakak laki-lakinya, Johan Herlambang adalah wakil direktur PT. Hera Laksana, perusahaan keluarga Herlambang. Harus diiterogasis satu per satu.

“Kau hanya mencariku untuk memperalatku.”

“Tidak ada yang perlu kukatakan.”

“Semudah itu kau menyimpulkan kalau dia Dante.”

“Itu yang kau katakana setengah tahun lalu, kan? Kalau dia bukan Dante, kau tidak akan lari darinya. Hanya dia yang memiliki keberanian menyembunyikan seorang wanita yang sedang buron. Dia yang menolongmu, bukan?”

“ Sebenarnya aku berharap, yang menolongku adalah Kak Bagas atau dirimu.”

“Seharusnya kau bersyukur, masih bisa selamat hingga saat ini.”

“Meski jadi buronan?” (hlm. 17)

Semua sekutu dan orang-orang yang mendukung Anton telah mendapatkan posisi layak. Yang menentang disingkirkan paksa. Semua telah berjalan lancer. Sampai kini, terjadi kasus pembunuhan yang melibatkan Jacob, anaknya.

Kematian Kimberly Daryanto menjadi duri tajam bagi Anton. Dia membenci kebodohan Jacob. Mengapa Jacob bisa begitu saja dikambing-hitamkan? Meski Jacob membunuh gadis itu, Anton tidak akan melarang. Namun dia ingin pembunuhan itu dilakukan secara cerdik, tanpa merepotkan keluarga.

Apakah Jacob adalah pembunuh sesungguhnya, atau adakah tersangka lain? Dan apakah motif rangkaian pembunuhan ini, yang tidak hanya satu, tapi ada korban-korban lainnya setelah Kimberly ini? Untuk menjatuhkan nama baik keluarga Herlambang atau ada motif lain?

Ada banyak hal yang membuat kasus ini harus ditutupi. Salah satunya, karena melibatkan putra kedua keluarga Herlambang.  Membaca buku ini seperti membaca kehidupan nyata seseorang. Tahu sendiri kan, menjelang pemilihan apa pun ini, presiden maupun gubernur selalu panas, berbagai macam berita mengalir begitu deras tanpa bisa dibendung. Segala macam aib bahkan borok, pasti akan dilontarkan oleh sang lawan. Yang salah seakan benar, begitu pula sebaliknya. Dan herannya masyarat gampang banget tersiram berita hoax.

Mengaku dosa, buku ini tertimbun lumayan lama, beberapa bulan. Baru sadar ada buku ini saat membereskan timbunan dan ih nyesel baru baca :’) Kalau suka cerita ala-ala detektif plus thriller, buku ini pilihannya! 😉

Beberapa sindiran halus dalam buku ini:

  1. Anda berniat menyogok saya? (hlm. 30)
  2. Nama baik adalah segalanya. (hlm. 35)
  3. Jangan merendahkan dirimu sendiri. (hlm. 64)
  4. Kau terlalu banyak ikut campur. (hlm. 95)
  5. Setiap orang punya rahasia. (hlm. 97)
  6. Kadang-kadang kau perlu pendekatan lunak. (hlm. 102)
  7. Ada terlalu banyak wanita yang ingin kau urus. (hlm. 127)
  8. Hati-hati dengan rasa ingin tahumu. (hlm. 129)
  9. Hanya pria murahan yang merayu wanita di mana-mana. (hlm. 206)

Keterangan Buku:

Judul                                     : Se7en: Seduction

Penulis                                 : Putu Felisia

Editing                                  : Anggrek Lestari

Design Cover                     : Tim LovRinz

Penerbit                              : LovRinz Publishing

Terbit                                    : Mei 2016

Tebal                                     : 247 hlm.

ISBN                                      : 978-602-6921-43-7

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s