REVIEW Rahasia Batik Berdarah

img_20170111_074625

Orang yang tega menyingkirkan nyawa orang lain, cuma ada dua kemungkinan; kalau bukan karena sakit hati, orangnya memang berhati keji. (hlm. 31)

FISKA masih dongkol dan sakit hati, tahu bahwa sesungguhnya Dion memutuskannya karena perempuan lain yang lebih seksi, wangi dan tajir. Ia yang kurus, dada yang rata, sering bau keringat, dan berpenampilan kumal –terlebih saat baru pulang meliput, tentu saja tak percaya ketika Dion memutuskan hubungan mereka dengan alasan Fiska tidak punya waktu untuk pacaran.

Hal ini nggak hanya berdampak pada kehidupan pribadinya, tapi juga pada pekerjaannya. Dia bolos kerja lumayan lama, hingga bosnya ‘menghukumnya’ untuk meliput kasus pembunuhan. Fiska yang biasanya hanya meliput artis-artis dengan gossip picisan, menjadi sebuah tantangan besar untuk tugasnya kali ini. Nggak hanya itu, nyawanya pun jadi taruhannya.

“Tapi kan gue penakut. Meliput kasus pembunuhan yang hantunya gentayangan –memang nggak ada kerjaan lain, ya? Mending berhadapan sama penjahat terus bak-buk=bak-buk deh, ketimbang konfrontasi sama demit.”

“Ya, gue doain lo dapet dua-duanya; berhadapan sama demit sekaligus penjahat yang berujung pada cerita bak-bul-bak-buk. Ini kemajuan karier yang cemerlang loh. Dari wartawan gossip yang kucel karena keringatan ngejar-ngejar seleb yang notabene selalu wangi, menjadi wartawan peliput mahluk yang wangi juga –hantu cewek!”

“Seleb wangi parfum, body lotion, dan apalah itu. Sementara hantu wangi kembang kuburan! Dasar gila, lo!” (hlm. 11)

Ada dua penulis thriller lokal favorit selama ini, Mbak Ruwi Meita dengan Misteri Patung Garam-nya ama Brahmanto Anindito dengan Rahasia Sunyi-nya. Nah, lewat buku ini, saya juga jatuh cinta dengan tulisan Leikha LA yang profilnya juga semisterius bukunya. Nggak hanya thriller, novel ini juga mengandung unsur-unsur mistis, maka jangan heran jika ada beberapa kejadian yang di luar logika yang mengingatkan saya akan novel Alias yang ditulis Mbak Ruwi Meita. Selain itu, sesuai judulnya buku ini sangat mengandung unsur batik. Misalnya di halaman  77-78 ada selipan tentang unsur sejarah batik. Nuansa jogjanya juga dapet banget, mungkin karena penulisnya memang berdomisili di Yogyakarta. #UpsHampirSpoiler x))

Kalau kamu suka novel bertema thriller dan juga ada bumbu mistis, buku ini pilihan yang tepat! 😉

img_20170111_074508

Beberap kalimat favorit dalam buku ini:

  1. Orang kreatif biasanya mudah mencari ide. (hlm. 70)
  2. Hidup ini memang tidak pernah lepas dari masalah. (hlm. 71)
  3. Takdir tak bisa dicegah, bukan? (hlm. 82)

Banyak selipan sindiran halus dalam buku ini:

  1. Cowok macam apa yang kepincut sama harta dan kekayaan cewek? (hlm. 10)
  2. Memangnya cewek itu punya banyak waktu buat ngeladenin? (hlm. 10)
  3. Nggak usah ngomongin hantu terus! (hlm. 12)
  4. Lo jadi kelihatan jelek, tahu. Ngomel panjang nggak pakai berhenti, kayak nenek lampir. (hlm. 14)
  5. Hati yang merana dan nelangsa itu butuh obat, salah satunya dengan menyendiri dan menangis. (hlm. 19)
  6. Sibuk bekerja? Terlalu sibuk bekerja sampai-sampai nggak sempat jatuh cinta? (hlm. 20)
  7. Jatuh cinta saja nggak ada waktu, apalagi patah hati. (hlm. 20)
  8. Tetap saja yang namanya dibohongin dan dikhianatin itu sakit. (hlm. 25)
  9. Cowok brengsek kayak begitu nggak usah ditangisin. (hlm. 25)
  10. Serius banget mukanya. Kayak kain pel basah. (hlm. 29)
  11. Nggak usah lagi ganggu gue kayak arwah penasaran kurang kerjaan. (hlm. 33)
  12. Kenapa sih, pakai sungkan ngomongin cowok? (hlm. 34)
  13. Punya cowok tapi kalau cuma bisa nyakitin dan ngebohongin buat apa lagi? (hlm. 34)
  14. Lo sudah ketularan drama sekuter –selebritis kurang terkenal- nih! Melebih-lebihkan hal kecil yang nggak penting. (hlm. 39)
  15. Jangan pernah gegabah dalam berbicara atau mengumbar informasi. (hlm. 45)
  16. Tuduhan tanpa alasan dan bukti kuat malah bisa dibilang fitnah, kan? (hlm. 58)
  17. Apakah orang jahat memang diciptakan untuk bisa menguasai panik dan tetap tenang? (hlm. 71)
  18. Kalau pacarmu mati, perasaanmu gimana? (hlm. 84)
  19. Memangnya cinta itu bakal bikin orang menjadi sedikit bodoh? (hlm. 144)

Keterangan Buku:

Judul                                     : Rahasia Batik Berdarah

Penulis                                 : Leikha Ha

Editor                                    : Selviana Rahayu

Desain sampul                   : Orkha Creative

Penerbit                              : PT Gramedia Pustaka Utama

Terbit                                    : 2016

Tebal                                     : 192 hlm.

ISBN                                      : 978-602-03-2554-5

img_20170111_074313

Advertisements

2 thoughts on “REVIEW Rahasia Batik Berdarah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s