REVIEW Obladi Maria Diabla

img_20170203_065221

“Masa depan yang kalian bayangkan, hanya setengahnya yang berupa kenyataan. Setengahnya berupa kekhawatiran dan harapan kita. Namun, kita tidak tahu mana yang nyata, yang mana yang hanya harapan. Alangkah lebih baiknya jika kita tidak mengetahui masa depan agar hidup lebih bermakna.” (hlm. 127)

KIMBERLEY ORIANNA. Memiliki kemampuan telekinesis. Yaitu kemampuan untuk memindahkan barang melalui pikiran. Di dunia ini hanya sedikit sekali yang dianugerahu kemampuan seperti telekinesis, Kim salah satunya. Selain itu, Kim juga memiliki kemampuan lainnya seperti membaca pikiran orang lain. Dan banyak lainnya yang tidak ingin diceritakannya. Dia tidak ingin teman-temannya menganggapnya special. Padahal dia memang gadis istimewa. Teman-temannya bahkan menyebutnya sebagai manusia super.

Calixto, Jacky-Jack dan Molly, sahabat-sahabat Kim ini diundang ke pesta ulang tahunnya. Ternyata ini bukan pesta ulang tahun biasa. Kim sengaja mengundang para sahabatnya itu untuk menemaninya yang sedang ketakutan. Kenapa? Karena dia merasa ada orang lain di rumahnya, sering mondar-mandir di dalam rumahnya.

“Tadi aku melihat sosok misterius dengan jubah tebal muncul di pesta ulang tahunku. Padahal aku yakin sekali tidak pernah mengundangnya.” Yang kukhawatirkan adalah kotak yang ditinggalkan manusia misterius itu.” (hlm. 12)

“Tiap malam aku melihat orang berjubah ini mondar-mandir seperti hendak masuk ke dalam rumah. Jadi, aku mengundang kalian agar aku tidak takut lagi.” (hlm. 13-14)

img_20170213_100610

Pernah nonton Doraemon dengan Mesin Waktu-nya yang bisa mengantarkan kita ke masa depan maupun masa lalu, atau nonton drama W dimana sang tokoh utama bisa masuk ke dunia webtoon ciptaan bapaknya? Seperti juga dengan buku ini. Kim dan teman-temannya akan masuk ke lorong masa depan.

“Hal apa pun yang mengganjalmu selama ini. Bukalah dengan rasa ingin tahumu yang kuat. Berpikirlah dengan ‘gairah’. Kemudian, gabungkanlah kedua rasa yang sama untuk memecahkannya!” (hlm. 23)

 “Selamat datang di ruang dimensional!”

“Ruangan dimensional?”

“Ruangan ini tempat direkamnya segala peristiwa di masa lalu dan di masa depan. Dua tombol itu, tekan tombol merah untuk masa lalu dan tombol biru untuk masa depan.” (hlm. 43)

Pesan moral dari buku ini adalah seburuk atau sebagus apa pun masa depan, jangan pernah mengubahnya karena akan merusak tatanan takdir yang sudah diatur oleh Tuhan. Sebagai manusia, kita hanya bisa mengikuti dan menjalankan takdir yang sudah digariskan.

“Sebelumnya akan aku peringatkan sekali lagi. Jika di masa lalu, kalian tidak boleh bertindak ceroboh yang dapat mengubah masa lalu. Maka di masa depan, kalian juga harus berhati-hati. Jangan pula melakukan hal ceroboh yang berdampak pada masa depan kalian sendiri, mengerti?”

“Jika kalian melanggarnya, kalian akan terjebak di pintu ini. SELAMANYA.” (hlm. 45)

Beberapa sindiran halus dalam buku ini:

  1. Jangan bicara sembarangan! (hlm. 13)
  2. Keterlaluan sekali kaliam! Ulang tahun sahabat sendiri tidak tahu. (hlm. 14)
  3. Jangan sentuh apa pun. (hlm. 43)
  4. Mereka hanya anak-anak, jangan begitu! (hlm. 76)
  5. Kita memang tidak punya pilihan. (hlm. 80)

Keterangan Buku:

Judul                                     : Obladi Maria Diabla

Penulis                                 : Muhammad Anugrah Utama

Penyunting                         : Nurhadiansyah

Penyelaras aksara            : Lian Kagura, Novia Fajriani

Penata aksara                    : Tebing Cakrawala

Perancang sampul           : CDDC

Ilustrasi sampul                 : Olvyanda Ariesta

Ilustrasi isi                           : JJ Wind

Penerbit                              : Noura Books

Terbit                                    : Desember 2016

Tebal                                     : 102 hlm.

ISBN                                      : 978-602-385-170-6

img_20170213_100622

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s