[BLOGTOUR] REVIEW Starry Night + GIVEAWAY

Kalau memang berjodoh pasti akan bertemu. (hlm. 264)

DRU pernah jatuh cinta, tapi tidak pernah segila ini. Cinta pertamanya adalah teman sekelasnya saat dia duduk di bangku SMP. Terakhir, dia pacaran dengan dosen pengganti di kampusnya yang umurnya lima tahun lebih tua dari Dru. Kisah mereka berakhir begitu saja. Lalu, Dru tidak lagi menjalin hubungan dengan siapa-siapa hingga dirinya bertemu Janina. Terpesona oleh suara Janina dan kecantikan wanita itu.

Ego Dru serasa dipelintir karena Janina tidak seperti pacar-pacar sebelumnya. Tidak mudah ditaklukkan. Tidak mudah disentuh hatinya. Karena Dru tahu, Janina bukan seperti wanita kebanyakan. Dru hanya perlu waktu untuk bisa memiliki Janina seutuhnya.

JANINA. Segala sesuatu yang dijalaninya sejak kecil harus mengikuti bapaknya. Berlatar belakang militer, bapak mendidik Janina untuk serba teratur dalam menentukan pilihan. Harus ini harus itu. Tidak boleh ini tidak boleh itu. Bahkan sampai dewasa pun, Janina dan juga ibunya begitu patuh dengan apa yang dikatakan bapak. Setelah suatu kejadian yang menimpa Janina, dia mulai hidup mandiri terpisah dari bapak dan ibu dan menjadi penyiar radio untuk memandu acara Starry Night. Tapi bukan berarti dia bisa lepas seratus persen dari keotoriteran sang bapak. Duh, kenapa saya suka miris banget kalo nemu orang tua seperti bapaknya Janina ini, dari zaman sekolah sampai kerja di sekolah masih saja ada orangtua yang menganggap anak adalah pion catur yang sesuka hati bisa dimainkan oleh orangtua. Ingat, sang anak berhak memiliki akan masa depannya sendiri. Orangtua hanya mengarahkan, bukan mendikte harus seperti kemauan mereka. Karena banyak sekali kemauan orangtua, berkebalikan dengan impian sang anak. Sudah banyak contoh kasus nyata seperti yang dialami Janina ini. Bahkan dia harus menyetujui persyaratan yang bapaknya berikan demi bisa kuliah sesuai yang dia inginkan.

“Saya nggak pernah berani bermimpi. Hidup saya sudah diatur Bapak. Mulai bagaimana saya tumbuh, hingga di mana saya harus bersekolah dan dengan siapa saya menikah. Saya tidak dibesarkan dalam keluarga yang demokratis. Saya tidak pernah berani mengeluarkan pendapat saya. Kalau bapak bilang A ya, saya harus A. Nggak boleh nggak.”

“Waktu kamu memutuskan untuk berkarier di musik, apa orangtua kamu nggak menolak keinginan kamu?”

“Bapak saya langsung marah saat saya mengutarakan kalau mau jadi penyanyi. Katanya nggak punya masa depan lah, penghasilannya sedikit lah, ini dan itu.”

“Ayah saya bilang, rezeki sudah ada yang ngatur, dan nggak mungkin salah alamat. Jatuh bangun pasti ada. Apa pun itu pekerjaannya.” (hlm. 69)

Ada perbedaan mencolok antara Dru dan Janina. Dru yang menyukai suasana sepi dan menikmatinya, Janina justru lebih menyukai keramaian lalu mengamatinya dalam diam. Begitu juga dengan keluarga mereka. Keluarga Janina yang hidup serba kaku, kebalikannya, keluarga Dru lebih demokratis. Bahkan saya suka banget kalo Dru bareng sepupu-sepupunya yang gokil-gokil. Meski terkadang Dru kesal tingkah polah mereka, Janina justru iri dengan kekompakan mereka karena Janina tidak pernah merasakan keakraban seperti itu dengan saudara-saudaranya. Konon, ketika kita menikah dengan seseorang, hal yang justru paling berat adalah ‘menkah’ dengan orangtua dan saudara-saudaranya.

Ada banyak hal yang saya suka dalam novel ini. Pertama, RADIO. Sampai sekarang, saya masih penggemar radio garis keras. Nggak hanya di rumah (radio nggak pernah mati, semacam alarm pagi jam lima sampai siaran akhir jam dua belas malam menjelang tidur), di sekolah pun saya juga mendengarkan radio ketimbang menonton televisi. Dan murid-murid pun juga jadi ikutan senang kalo dengar lagu-lagu di radio. Kenapa? Karena dengan mendengarkan radio, kita bisa sambil melakukan hal lain. Entah kenapa, meski sudah ada komputer, laptop maupun smartphone, mendengarkan lagu-lagu dari radio lebih berasa feel-nya. Mungkin kalo via laptop/komputer/smartphone kita hanya akan memilih lagu-lagu yang kita sukai saja. Berbeda halnya dengan mendengarkan lagu via radio, random sesuai pilihan penyiarnya. Oya, dari radio pula kita lebih up date pengetahuan lagu-lagu terbaru karena biasanya sebuah lagu akan lebih dulu hits di radio dibandingkan di televisi yang acara musiknya ala-ala cuci jemur cuci jemur x)) kebiasaan mendengarkan radio menjadi hobi tersendiri sejak dulu, mungkin karena sedari kecil almarhumah mama senang mendengarkan radio. Apalagi dulu kalo mama abis pulang sekolah, tidur siang sambil mendengarkan radio yang jam segitu biasanya yang diputar adalah lagu-lagu nostalgia tahun 70-an, mungkin mama serasa mengenang masa mudanya x))

Seperti halnya Kanya, saya juga punya penyiar favorit. Biasanya para penyiar seperti Janina akan ingat dengan pendengar-pendengar istimewanya, salah satunya adalah Nyamnyam yang ternyata bernama asli Kanya.

Sebelum ini, ada beberapa buku lokal dengan tokoh utamanya berprofesi sebagai penyiar radio; Semburat Senyum Sorenya Vinca Callista dan Cinta Kamu, Aku….-nya Irfan Ihsan yang kedua-keduanya memang berprofesi sebagai penyiar radio, jadi ya dapet banget ‘aura penyiar radio’nyad di buku-buku tersebut. Untuk buku terjemahan yang bertema radio, saya pernah membaca Wonderful Radio terbitan Bentang Pustaka.

Kedua, BAND INDIE. Kalo dari sisi Janina kita akan diajak menelusuri kehidupannya sebagai penyiar radio, sedangkan dari sisi Dru kita akan diajak menelusuri kehidupannya dengan band indie. Terlihat sekali penulis memiliki banyak pengetahuan tentang band indie. Saya juga suka banget band-band indie, kalo ini mungkin karena ‘terkontaminasi’ adik cowok yang dulunya pernah hits menjadi anak band. Dan juga pastinya karena efek radio, karena lewat radio juga biasanya band indie lebih sering dipublikasikan dibandingkan televisi. Kalau kita mau mendengarkan, sebenarnya lagu-lagu band indie biasanya lebih dapet feel-nya, mungkin karena lirik-lirik lagu yang mereka ciptakan lebih idealis tanpa campur tangan label.

Ketiga, KAFE miliki Dru yang bernama Kota Koti yang menggusung konsep klasik modern. Di bagian dalam, selain ada meja bartender, di bagain tengah terdapat rak buku melingkar yang berisi buku koleksi Dru dan beberapa buku yang sengaja Dru beli sesuai minat baca pengunjung Kota Koti. Beberapa hiasan kuno menempati sisi kosong rak buku tersebut. Kyaaa….kafe milik Dru ini sekilas mirip kafe impian saya, kafe dengan aroma buku! :*

Ada dua hal ganjil dalam buku ini. Pertama, Janina kan penyiar radio, harusnya dia tahu band-band yang sedang naik daun apalagi lagu-lagu mereka diputar di radio tempat dia bekerja. Jadi agak aneh, ketika Janina baru tahu Dru, apalagi band Dru lumayan terkenal. Kedua, di halaman 46 disebutkan jika Janina familiar dengan Jamie Aditya yang pernah hits pada masanya sebagai VJ MTV Indonesia. Sedangkan di halaman 72, disebutkan jika umur Janina saat itu adalah dua puluh empat. Logikanya, jika umur Janina adalah 24, kalau dihitung mundur berarti Janina lahir sekitar tahun 1993. Sedangkan Jamie Aditya menjadi VJ MTV Indonesia era tahun 90-an bareng Sarah Sechan yang artinya untuk ukuran Janina yang lahir tahun 1993, apakah Janina tahu Jamie Aditya? Mungkin yang seumuran Janina masih masuk akal kalo familiarnya VJ MTV Indonesia seperti Nirina Zubir atau Daniel Mananta yang pernah hits di era awal tahun 2000-an 😀

Terlepas dari itu, saya menyukai kisah Dru dan Janina dalam buku ini. Mereka sama-sama memiliki kekurangan, tapi justru saling melengkapi.

Pesan moral yang ingin disampaikan oleh penulisnya melalui buku ini adalah setiap manusia pasti memiliki masa lalu, dan untuk melanjutkan ke masa depan, kita harus menutup luka masa lalu dan menjadikannya sebagai pembelajaran di masa mendatang.

Beberapa kalimat favorit dalam buku ini:

  1. Rezeki sudah ada yang mengatur, dan nggak mungkin salah alamat. Jatuh bangun pasti ada apa pun pekerjaannya. (hlm. 69)
  2. Jodoh, maut dan rezeki sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa. (hlm. 100)
  3. Nggak ada masalah yang nggak bisa diselesaikan. (hlm. 177)
  4. Semua pasti akan ada penyelesaiannya. (hlm. 225)
  5. Menikah anak gadis orang, berarti kamu memindahkan tanggung jawab orangtuanya ke kamu. (hlm. 239)
  6. Mengalah bukan berarti kalah. (hlm. 255)
  7. Lakukan apa yang mau kamu lakukan. (hlm. 265)

Beberapa selipan sindiran halus dalam buku ini:

  1. Masih muda udah pikun! (hlm. 17)
  2. Kamu punya adek diperhatiin dong! (hlm. 19)
  3. Anak ABG zaman sekarang manggil pacarnya suka aneh-aneh. (hlm. 22)
  4. Udah tahun daya tahan matanya cuma sampai jam sepuluh, sok-sokan ngajak ngopi. (hlm. 32)
  5. Jangan bicara berputar-putar. (hlm. 38)
  6. Semudah itu ya, seseorang menyukai seseorang? (hlm. 39)
  7. Jadi, kamu mau buru-buru menikah karena hanya takut diledekin? (hlm. 86)
  8. Tidak ada yang gratis di dunia ini. (hlm. 104)
  9. Anak cowok kalo nggak nakal bukan cowok. (hlm. 117)
  10. Pacaran rasa jomblo, apalagi berat di ongkos. (hlm. 218)

Keterangan Buku:

Judul                                     : Starry Night

Penulis                                 : Larasaty Laras

Editor                                    : M.L. Anindya Larasati

Penerbit                              : PT Elex Media Komputindo

Terbit                                    : 2016

Tebal                                     : 301 hlm.

ISBN                                      : 978-602-02-9809-2

Sambil membaca buku, sebaiknya sambil mendengarkan lagu-lagu indie ini yang menurut saya cocok jadi soundtrack buku ini:

MAU BUKU INI?!?

Simak syaratnya:

1. Peserta tinggal di Indonesia.

2. Follow akun twitter @lucktygs @elexmedia @larasatylaras .Jangan lupa share dengan hestek #GAStarryNight dan mention via twitter.

3. Follow blog ini, bisa via wordpress atau email.

4. Jawab pertanyaan di kolom komentar di bawah, plus nama, akun twitter, dan kota tinggal. Pertanyaannya adalah berikan alasan kenapa menginginkan buku ini. Mudah bukan? 😉

5. Giveaway ini juga boleh di share via blog, facebook, dan sosmed lainnya. Jangan lupa sertakan hestek #GAStarryNight yaaa… 😉

Event ini gak pake helikopter, eh Rafflecofter yang ribet itu. Jadi pemenang ditentukan dari segi jawabannya ( ‘⌣’)人(‘⌣’ )

#GAStarryNight ini berlangsung lima hari saja: 6-10 April 2017. Pemenang akan diumumkan tanggal 11 April 2017

Akan ada SATU PEMENANG yang akan mendapatkan buku ini. Hadiah akan langsung dikirimkan oleh penulisnya… ;)

Silahkan tebar garam keberuntungan dan merapal jampi-jampi buntelan yaaa… ‎(ʃƪ´▽`) (´▽`ʃƪ)!

Pemenang giveaway kali ini adalah:

Nama: Bety Kusumawardhani
Twitter: @bety_19930114
Domisili: Surakarta

Selamat buat pemenang. Sila kirim email ke  emangkenapa_pustakawin[at]yahoo[dot]com dengan judul: konfirmasi pemenang Giveaway Starry Night. Kemudian di badan email cantumkan; nama, alamat lengkap, dan no hape biar hadiahnya segera dikirim langsung oleh penulisnya ya.

Terima kasih buat Mbak Larasaty Laras atas kerjasama dan  kepercayaannya. Semoga lain waktu bisa bekerjasama kembali… 😉

Buat yang belum menang, jangan sedih. Masih banyaaaakkkk giveaway lainnya yang menanti!! :*

-@lucktygs-

Advertisements

28 thoughts on “[BLOGTOUR] REVIEW Starry Night + GIVEAWAY

  1. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    kota tinggal: Serang

    Berikan alasan kenapa menginginkan buku ini?

    Dari pertama buku ini terbit tahun lalu membaca beberapa review dan ngikutin GA-nya, aku sudah tertarik dengan novel ini. Nuansa kisahnya baru pertama aku temui. Perpaduan radio, band indie, dan kafe, juga kisah cinta yang membuat ceritanya semakin menarik dan bikin penasaran. Sudah suka sama tokoh Dru. Pendekatannya pada Janina juga bikin aku yang baru baca reviewnya udah meleleh senang. Aku juga tertarik dengan perbedaan Dru dan Janina. Dru yang menyukai suasana sepi dan menikmatinya, Janina justru lebih menyukai keramaian lalu mengamatinya dalam diam. Bagaimana ya mereka memadukan perbedaan ini?

    Aku sendiri menyukai keduanya, menyukai suasana sepi dan menikmatinya, juga menyukai keramaian lalu mengamatinya dalam diam. Bisa dibilang aku perpaduan Dru dan Janina deh 😀
    Makanya pengin banget buku ini 😉

  2. Nama: Resi
    Twitter: @resikuntie
    Kota: Bekasi

    Alasan kenapa menginginkan buku ini?

    Alasannya karna… pertama, udh baca cerita-cerita Ka Laras di wattpad, Eat Zone & Tinderology. Ceritanya seru-seru banget, bahasanya nggak berat, asik banget pokoknya!

    Nah yg Starry Night ini udh pernah dimasukkin ke library tapi terbengkalai sampe akhirnya di terbitin :’)

    Alasan kedua, covernya lucu banget!!

    Alasan terakhir, karena lagi krisis moneter anak SMA yg udh kelas 12, bentar lg ujian. Kalo dapet buku ini lumayan buat bacaan refreshing setelah berkutat dgn soal-soal ujian.

  3. Nama: Hamdatun Nupus
    Twitter: @HamdatunNupus
    Kota Tinggal: Depok, Jawa Barat

    Berikan alasan kenapa menginginkan buku ini?

    Pertama, aku suka kedua nama karakter utama di novel ini Dru & Janina , Dru mengingatkanku pada tokoh sentral di komik H2O Reborn besutan komikus Indonesia Sweeta Kartika (meski disini wanita) digambarkan begitu tegas, independent dan handal sebagai seorang prajurit. Sementara Janina sendiri, langsung kebayang wajah Jannine Weigel, penyanyi remaja asal Thailand yang rupawan dan imut sekali awaknya.

    Kisah dua orang yang memiliki perwatakan dan kisah hidup yang berbeda memang selalu bisa dinikmati mau alurnya seperti apapun. Dari yang kubaca perwatakan keduanya (Dru & Janina) ada di dalam diriku sebagian, karena kadang aku merasa butuh sesunyi dru dan dihari berikutnya aku ingin berkawan dengan janina karena tak ingin sendirian.

    Dan yang paling menarik dari review ini mengenai segala hal mengenai musik nya. Band Indie saat ini pun tak akan bisa lepas dari pengaruh Radio, karena musik mereka setidak nya bisa menarik pendengar berawal dari Radio. Apalagi saat ini, Band Indie mulai marak lagi, dan musik-musik nya sangat nyaman untuk dinikmati.

    Semoga aku bisa menikmati alunan indah musik yang bawakan Dru yang diperantari oleh Janina,

    Wish me luck ({}).

  4. Membaca review di atas, saya langsung teringat akan hubungan saya dengan pasangan. Kami sangat bertolak belakang, mulai dari karakter bawaan keluarga masing-masing sampai ke masalah dunia pergaulan. Dia menerima ajaran kebebasan dari keluarganya, sementara saya anak rumahan yang bahkan kalau diminta untuk jadi tour guide keliling kota tempat saya tinggal pun tidak mampu.
    Dia mengenal beragam genre musik, sementara saya hanya setia mendengarkan beberapa lagu yang sama sejak zaman SD sampai sekarang.
    Menurut saya, buku Starry Night bisa memberikan referensi kepada saya dan pasangan bagaimana menyelami hubungan beda latar belakang ini, terlebih karena kami berdua hobi baca buku.
    Harapan saya melalui cerita ini, pikiran kami semakin terbuka dan kami bisa lebih saling memahami satu sama lain, bisa saling mewujudkan impian kami yang lagi-lagi juga berbeda.

    Riska Ratnasari, @riskaratnaa, Semarang.
    #GAStarryNighy

  5. Nama : Mifta Rizky Wiratnasari
    Twitter : @keyminoz
    Domisili : Gresik – Jatim

    Berikan alasan kenapa menginginkan buku ini
    Menarik. Pertama tokoh utama bekerja sebagai penyiar radio , waktu masih SMP aku pernah bermimpi menjadi seorang penyiar radio, menurutku, penyiar radio itu keren! Bisa sharing pengalaman dan curhat tanpa harus bertemu secara langsung, asyik pula. Aku pernah baca novel ini di wattpad tapi enggak sampai habis karena keburu di terbitin. Kedua karena novel ini juga memberikan sedikit pengetahuan tentang band indie kebetulan aku juga suka sama band indie seperti payung teduh, senar senja dan banda neira. Ketiga, ceritanya pasti menarik, dari review nya aja udah bikin greget perbedaan antara Dru dan Janina. Dru yang menyukai suasana sepi dan menikmatinya, Janina justru lebih menyukai keramaian, lalu dengan perbedaan keluarga Janina dan Dru. Nah dari sini aja udah bikin greget.

  6. Nama: Erlina Dwi Novitasari
    Twitter: @erliynaDN
    Domisili: Mojokerto

    Alasan mengapa menginginkan buku ini yaitu:
    1. Alur ceritanya yg saya baca di review bloh kak luckty dangat menarik.
    2. Covernya keren, perpaduan warnanya cocok. Saya jadi tertarik untuk membacanya, karena hal pertama sebelum membaca novel adalah saya melihat covernya dulu, jika covernya menarik daya juga tertarik membacanya.
    3. Saya ingin mengetahui ceritanya secara keseluruhan.
    4. Saya ingin menambah koleksi novel saya.
    5. Saya ingin merasakan bagaimana menjadi pemenang dalam GA blogtour hehehee

  7. Nama: Cahyati Rizky H
    Nama akun: @crhkiki
    Kota: Jakarta

    Penasaran banget sama cerita lengkapnya setelah baca review orang-orang di twitter, ig, bahkan blog. Aku belum pernah baca di wattpad juga. Cerita kak laras yang baru aku baca di wattpad itu tinderology dan itu setelah starry night terbit dan aku suka gaya tulisan kak laras. Dari situ juga aku makin penasaran sama starry night ini dikemas sama kak laras seperti apa.

    Kalau novel kak laras ini emang rezeki aku, bukan cuma aku aja yang akan baca novel ini tapi mama aku juga bakal baca, karena setiap novel yang aku punya, pasti dibaca juga sama mama. Bahkan mama bisa berkali-kali bacanya (lebih banyak mengulang baca novel yang sama dibanding aku). Aku seneng bisa menghadirkan novel-novel di rumah, selain karena suka baca novel dan mengkoleksi novel, aku senang karena mama punya kegiatan lain di rumah yaitu membaca novel, karena aku tau, pasti bosen sekali di rumah terus dengan kegiatan yang sama setiap harinya.

  8. Nama: Feby Aulia Ayundita
    Twitter: @febyaulia316
    Domisili: Bogor

    Alasan aku mau novel ini karena aku suka musik tapi blum pernah denger musik indie, dan dari lewat novel ini siapa tau membuatku tau lebih banyak lagu dan band indie. Terus yang buat aku pengen novel ini cover kece banget, elex covernya memang selalu kece simple tapi menarik. Dan, lewat baca beberapa review dari blogger maupun bookstagram, novel ini emang menarik banget. Beda dari yang lain istilah, penasaram sama kisah Dru dan Janina. Ini genre yang beda dari novel novel yang aku baca jadi bikin aku penasaram sama novel ini 😂

  9. Nama: Didi Syaputra
    Twitter: @DiddySyaputra
    Domisili: Tembilahan, Riau

    Kenapa aku menginginkan buku ini?

    Sederhana saja, alasan mendasarnya ya karena aku tertarik dengan profesi tokoh di Starry Night milik Larasaty Laras ini – Janina, Penyiar Radio.

    Jujur saja, profesi ini sebenarnya sama sekali gak asing bagi aku pribadi. Selain karena memang aku punya temen yang profesinya sama seperti Janina, sebenarnya aku pernah punya keinginan untuk menggeluti profesi ini, bahkan hingga sekarang masih ada keinginan itu, hanya saja terkadang terbesit pikiran-pikiran yang kerapkali menyangsikan akan profesi ini. Namun di luar itu masih gak bisa mungkir kalau profesi satu ini cukup menggiurkan untuk digeluti. Lebih lagi keseharianku yang cukup gak bisa lepas dari Radio. Dengan kapasitas tempat tinggal yang listriknya cuma nyala malam hari, mau gak mau hanya radio dan radio yang bisa dinikmati. Tapi sekarang momen leha-leha mendengarkan radio sedikit berkurang, selain karena sibuk kuliah, di kos-kosanku juga gak ada radio, berasa ribet aja kalau harus dengerinnya via handphone, terkecuali kalau sudah pulang kampung, Rere – alias radio kesayanganku gak bakalan diem tuh seharian. Sedikit rindu juga dengan si Rere ini ;D. Makanya, seenggaknya dengan adanya Starry Night sedikit banyak bisa membantu untuk bernostalgia dengan Radio. Juga pastinya banyak sekali yang dapat aku pelajari dari profesi ini dan mungkin saja bisa kembali terdorong untuk ikutan cast penyiar Radio.

    Dan terlepas dari profesi keren satu ini. Aku menginginkan Starry Night juga karena sangat-sangat penasaran dengan kelanjutan kisahnya. Terlebih dengan latar belakang kehidupan Janina dan Dru yang memang benar-benar menarik untuk disimak, bertolak belakang namun saling bertautan untuk tujuan yang sama- saling memberi dan menerima untuk melengkapi kekurangan masing-masing. Dan juga jika diberi kesempatan menikmati lembar demi lembarnya, ini akan jadi kali pertamanya aku membaca novel dengan fokus profesi tokohnya penyiar radio, tentunya ini akan jadi pengalaman yang sangat-sangat berkesan. Mungkin saja juga aku bisa nyaranin program Starry Night ini sebagai program baru di radio tempat temenku bekerja- SNADA FM 105.2 MHz. Apalagi radionya sebagian besar memang mengusung tema untuk kalangan remaja dan anak-anak muda. Sangat dapat dipastikan Starry Night ini akan jadi program unggulan. Sebab kebanyakan pendengar memang sangat suka dengan program radio yang berbaur menyatu secara langsung dengan penyiarnya, entah itu program curcol, intip alias informasi dan tips, bahkan hingga ucapan-ucapan spesial buat orang-orang terkasih. Very awesome for it. Karena itulah sangat-sangat berharap berkesempatan memiliki novel keren milik Larasaty Laras ini. I hoped.

    Terima kasih!

  10. Nama: Rosi Eksa
    Akun twitter: @Arthms12
    Kota tinggal: Bandung

    Kenapa aku menginginkan buku ini?

    Whaa…nggak perlu alasan untuk mencintai sebuah buku wkwk 😀 Emang dasarnya dari dulu suka baca buku, terutama novel. Suka gemes sendiri deh liat covernya yang cantik dan fotoable gini. Judulnya Starry Night mengingatkanku sama lukisannya Van Gogh, jadi penasaran juga apa ya hubungannya Starry Night dengan isi novel ini? Apa karena menceritakan penyiar radio yang berudara di malam hari?

    Lalu, aku suka ide cerita yang diambil. Musik dan penyiar radio, beda dari yang lain deh pokoknya. Aku juga tertarik sama dunia penyiaran radio, suka seneng kalau dengerin penyiar lagi ngomong, kayak nggak pake titik koma tapi asik. Apa di novel ini juga dijelaskan secara detail tentang penyiar radio nggak yah? Saya mau banyak belajar 😀 novel yang bagus itu pastinya yang memberi banyak wawasan, bukan?

    Terakhir, saya lagi mupeng banget sama novel yang dikirim langsung penulisnya, karena suka dapet tanda tangan :’) Dua kali saya dapet novel dari penulisnya langsung tapi nama saya salah ditulis karena saya ngasih alamat kantor kakak saya dan alhasil, nama kakak saya yang ditulis oleh penulisnya di buku itu. Yhaa saya nyesek T_T

    p.s kalau dapet buku ini, saya juga pasti bakal review di blog saya. Karena saya lagi belajar review sebuah novel:)

    Terima kasih atas kesempatannya 🙂

  11. Nama : Uniek Kaswarganti
    Twitter : @uniekkas
    Domisili : Semarang

    Eh serius nih ada nyebutin Jamie Aditya? Woogghhh… itu idola akuwh bangettzz *ketauan umurnya malah bangga 😀 😀

    Aku pengin buku ini karena ada anak bandnya sih. Tau kan ya klo anak2 band itu adalah bocah paling keren sedunia. Menurutku loh yaaa… apalagi yg gondrong dan cool bawaannya, waaahh… pacarable 😉 Meski bukan anak band, suamiku dulu ya pacarable gitu loohh.. mana hobi banget sama musik metal. Meski aku pusing denger musiknya, tapi kalau pas pacaran berasa cewek paling keren karena punya cowok doyan musik, gondrong dan ganteng (klo ganteng sih subjektif banget ya hehee..).

    Pengin banget baca dinamika hubungan Dru dan Janina. Mana itu si Janina bapaknya kayak bapakku banget. Bedanya, aku enggak penurut kayak Janina, jadinya ya bapakku yg puyeng karena anaknya ‘stubborn’ hihihii..maapkan aku bapak.

    Makanya nih pengin tau banget klo dari sisi anak penurut kayak Janina, jalinan ceritanya jadi kyk gimana. Aku dulu suka dipelototin bapak karena mas pacar suka pake celana jeans robek2 dan rambutnya gondrong. Nah kalau Janina gimana niiyy kisah asmaranya… Boleh ya boleh yaaa bukunya buat aku Mba Laras 😉 :*

  12. nama: julia dwi
    twitter: @juliakartika326
    kota tinggal: nganjuk, jatim

    ini dia 10 alasanku kenapa pengin novel Starry Night:

    1. Karena ini gratis. Jujur saat ini kantongku menipis banget tapi pengin punya novel baru buat nambah koleksi.
    2. Karena cerita di novel berhubungan tentang radio. Dulu waktu kecil aku pengin jadi penyiar radio tapi cita-cita itu kandas gitu aja karena ditolak keras sama orang tua. Moga dengan baca ini semangatku muncul lagi buat jadi penyiar radio.
    3. Karena dalam novel ini bercerita bahwa orang tua janina itu otoriter banget. Sama. Orang tuaku juga kayak gitu, menuntut secara halus bahwa aku harus begini begitu dan lainnya. Aku pengin tahu bagaimana janina menyikapi sifat orang tuanya itu. Barang kali bisa aku tiru?
    4. Aku pengin tahu lebih banyak mengenai band indie. Cuma payung teduh yang aku tahu sebagai band indie sampai saat ini. Itu pun juga karena dikasih tahu saudara.
    5. Karena pengin baca novel dari kak Laras. Aku belum pernah tahu gimana gaya penulisan kak laras baik yang di wattpad maupun yang udah jadi buku.
    6. Tertarik sama cover yang ungu unyu dan blur yang menarik.
    7. Suka sama cerita tentang kisah cinta si penyuka ketenangan dan si penyuka keramaian yang bertolak belakang.
    8. Pengin novel ini karena penerbilnya dari elex media. Soalnya novel dari elex media biasanya punya bacaan ringab tapi selalu nyelipin pesan moral yang aku suka banget.
    9. Karena ingin tambah wawasan tentang dunia kepenulisan agar bisa belajar menulis lebih baik. Siapa tahu dengan baca novel ini aku bisa memperbaiki tulisanku yang belum jadi dan punya semangat buat menyelesaikannya.
    10. Yang terpenting! Karena aku dipamerin review novel starry night ini dari kak luckty. Reviewnya buat aku pengin peluk novel starry night ini dirumah. Aku suka Reviewnya karena detail dan menunjukkan apa kekurangan novel ini. Jadi seimbang antara menunjukkan keunggulan dan kelemahan novelnya.

    Udah tabur-tabur garam keberuntungan nih, kak! Semoga aku yang dapet. Aamiin!🙇🙇

  13. Nama : Riza Putri Cahyani
    Twitter : @Zhaa_Riza23
    Domisili : Bogor

    Alasan aku sih pengen dapetin novel ini karena aku belum pernah baca novel yg karakternya itu penyiar radio sama personel band indie. Soalnya kebanyakan novel yg aku baca itu pasti karakternya mahasiswa, pekerja kantoran atau semacamnya. Apalagi dikisahkan keluarga si cewek yg kaku padahal kan biasanya keluarga cowok yg kaku dan menginginkan si cowok jdi penerus keluarga. Jadi rasanya beda dan sesuatu yg baru bagi aku, jadi aku ingin memilikinya.

  14. nama: Fembi Rekrisna Grandea Putra
    akun twitter: @fembi_rekrisna
    kota tinggal: Karanganyar

    Yuk ikutan #GAStarryNight-nya kak @larasatylaras dari kak @lucktygs dan @elexmedia di https://t.co/3ZeK94874G!— Fembi R. G. Putra (@fembi_rekrisna) 7 April 2017

    //platform.twitter.com/widgets.js

    Aku tertarik sama novel ini karena ide ceritanya yang unik. Aku memang suka dengerin radio dan juga suka musik. Aku ikutan giveaway ini juga sambil dengerin radio. 😂 Selain itu desain kovernya juga menarik, suka sama nuansa warna birunya. Semoga aku bisa dapat novel ini buat nambah koleksi, karena udah lama juga nggak berburu novel baru. 😊

  15. Nama : Utami
    Akun twitter : @zellmhyzz
    Domisili : Jawa Tengah
    Jawaban :

    Sebelum di blog ini, aku sudah beberapa kali membaca review novel Starry Night. Semuanya menunjukkan kalau novel ini menyajikan cerita yang menarik. Kalimat-kalimat yang dituturkan sang penulis blog sukses membuat aku penasaran untuk membaca keseluruhan isi novel ini. Semoga saja melalui GA ini aku bisa mengobati rasa penasaranku. Bisa menikmati tiap kata yang disuguhkan sang penulis. Bisa menuntaskan rasa ingin tahuku tentang kisah Dru-Janina. Dan yang pasti bisa membuktikan sendiri kalau novel Starry Night adalah salah satu novel yang menarik untuk dibaca.

  16. Nama: Rina Fitri
    Akun Twitter: @Rinafiitri
    Kota tinggal: Banda Aceh

    Cerita Starry Night merupakan cerita yang aku ikuti perjalanannya di wattpad. Jadi secara keseluruhan aku sudah mengetahui bagaimana jalan cerita serta endingnya. Dan karena hal itu, aku jadi tidak ragu untuk memiliki novel karya kak Laras ini. Tak kusangka dari sekian banyak cerita yang ditulis kak Laras, cerita inilah yang hadir dalam bentuk buku. Dru, Janina, musik indie, dan radio, benar-benar mewakili novel ini. Semoga aku menjadi yang beruntung di blog mba Luckty untuk mendapatkan novel ini, sehingga bisa menikmati Dru-Janina dalam bentuk fisik. Aku juga sangat suka dengan pembatas bukunya, kak Laras memang sangat berbakat dalam mendesain apapun.

  17. Nama : susiam ayu lestari
    Akun Twitter: @ayu_susiam
    Kota tinggal : Depok

    berikan alasan kenapa menginginkan buku ini?

    Pertama kali kenal mbak Laras adalah pas aku baca karyanya yang tinderologi, dari situ aku tahu bahwa mbak Laras adalah penulis favorit aku karena ceritanya easy tapi berkelas, dan pas aku buka akun wattpad nya aku lihat ternyata udah ada yang diterbitkan namanya starry night.

    Pas aku baca review-nya ,dalam hati aku bilang “harus baca nih novel!”, cerita yang simpel tapi bisa dibungkus dengan apik, apalagi ini mengisahkan tentang anak yang nurut banget sama ayahnya ,salut sama janina. Dan ini cerita gak mainstrem, kisah cinta penyiar radio, gak kayak novel yang lain paling ceritanya melulu tentang CEO yang jatuh cinta sama orang g yang biasa-biasa aja kurang masuk akal.

    Pokoknya cerita ini unik dan antimainstream.

  18. Nama: Bety Kusumawardhani
    Twitter: @bety_19930114
    Domisili: Surakarta

    Kenapa menginginkan buku ini?
    Karena aku memiliki kesamaan dengan Janina yaitu profesi sebagai penyiar radio (Meskipun sekarang aku sudah pensiun hehe.. ). Paling tidak, novel ini bisa menjadi obat penawar rindu jika aku kangen dengan suasana siaran. Selain itu, kafe Dru mengingatkanku pada kafe-kafe menyenangkan yg sering aku kunjungi di Jogja; kafe dengan tema library contohnya: Luk Coffee and Book, Roti Papi dan Blanco Coffee & Book. Kafe yg menjadi surganya para bookworm sepertiku 🙂

  19. Nama : Hanum Bella Ardya Garini
    Twitter : @Hanumbellaa
    Kota tinggal : Sragen, Jawa Tengah

    Alasannya?
    Sebenarnya nggak ada alasan untuk nggak menginginkan buku ini ‘kan?
    Bagi pencinta buku sepertiku, apapun bukunya, berapapun harganya—asal tidak buku bajakan/non ori—tetap terlihat menarik untuk dilahap.

    Terlepas dari kisah Dru dan Janina yang agaknya menarik untuk ditelusuri, nggak ada alasan spesifik mengapa aku menginginkan buku ini. Intinya aku ingin karena aku seorang pembaca. Pembaca yang butuh akan tabokan sebuah novel. :”)

  20. Nama: Rohaenah
    Twitter: @rohaenah1
    Kota: Jakarta
    Jawaban: Mengapa menginginkan buku ini? Karena aku suka baca, jadi kalau dapet buku ini alhamdulillah bisa tahu isi ceritanya yang membuat penasaran. Pada dasarnya aku suka buku fiksi segala genre, sepertinya buku ini menyajikan sesuatu yang menarik.

  21. Elsita F. Mokodompit
    @sitasiska95
    Morowali

    Kenapa mau buku ini?
    Yang paling menarik minat saya adalah keotoriteran bapak janina. Kisah antara ayah dan anak ini pasti mengandung pesan yang amat bermakna terutama dlm hal parenting.
    Yang kedua perbedaan budaya dalam keluarga itu lumrah. Dan saya penasaran dgn sikap Janina maupun Dru dalam menghadapi situasi ini

  22. Nama: Rinita
    akun twitter: @Rinitavyy
    kota tinggal: Woromarto-Kediri
    Q: berikan alasan kenapa menginginkan buku ini?
    A: Lihat pertanyaan diatas, Aku merasakan jatuh cinta pada tokoh-tokoh ceritanya. Dru Dan Janina. Btw, pengambilan pekerjaan sebagai radio jugalah yang menjadi akar mengapa aku menginginkan baca buku ini. Terus terang, aku pernah baca satu buku Ilana tan yang berhubungan dengan penyiar radio. Semenjak itu, aku langsung dibuat susah move on sama cerita di dalamnya dan punya harapan bisa baca buku yg ada prnyiar radionya.
    Makanya, Aku pikir buku ini pun punya kemenarikannya tersendiri seperti yang ada dalam bayanganku saat aku baca reviewnya. Dan aku juga penasaran bagaimana awal pertemuan Dru yang berkecipung di band indie pun dengan Janina yang seorang penyiar radio. Apakah akan semenarik yang ada di benakku. Yeah, harapanku yang sedang menginginkan buku ini, aku berharap bisa membacanya lengkap kisah dru n janina.

  23. Nama: Ratna Komalasari
    akun twitter: @imratnasr
    domisili: Tangerang

    Novel ini antimaenstream.
    Pernah baca review dari seorang bookstagramer di IG dan mengatakan bahwa, “Novel ini mempunyai daya tarik tersendiri, dengan perpaduan antara radio, musik indie dan sesuatu yang berbeda dari cerita romance manapun.”

    Aku jadi penasaran banget sama kisah Dru dan Janina ini, dan sama kayak kak Luckty, aku juga masih dengerin radio sampe sekarang, Ayah itu dulu pengemar musik, radio punya banyak, banyak kan yang rusak sih hehe tapi masih ada yang bagus. Jangan lupain mixtape juga, Ayah aku punya banyak banget dari Chrisye, Koes Ploes, The Beatles, Whitney Houston, Nike Ardila banyak deh dan aku suka banget sama mixetap jadi bakal seru kayaknya punya bacaan yang dalam artian menyukai hal yang sama, serasa punya temen main wkwk

  24. Nama : Cintantyo Yosi Putri
    Twitter : @Cintantyo
    Kota : Yogyakarta
    kenapa ingin buku ini, saya ingin tahu akankah dua tokoh yang mempunyai perbedaan karakter ini akan saling melengkapi. Review yang kak luckty tulis menggambarkan perjalanan hidup yang didalamnya terdapat luka masa lalu dan juga akhirnya bisa melewatinya, karena saya butuh mengolah rasa saya dengan membaca buku ini. Berharap saya dapat buntelan buku ini supaya dapat mengolah rasa

  25. Nama: Siti Nihlatul Fuadah
    Domisili: Tangerang
    Twitter: @Nihlafuadah09
    Alasan mengapa menginginkan buku ini?

    Jawaban:
    Gak tau kenapa pas buka akun wattpad aku yang beberapa pekan ini udah jarang banget aku kunjungin karna mood baca lagi turun drastis aku nemu “Starry Night” di halaman utama jadi cerita rekomended. Yah sebenernya aku udah tau buku ini, tau dari GA kedua diakun blog ka Rizky Mirgawati, sempet mau ikutan juga kalau gak salah, tapi karena pertanyaannya terlalu sulit tentang lagu indie gitu, akhirnya gak jadi ikutan, karna aku bener-bener buta genre aliran musik indie itu kayak gimana. Hanya sekedar suka musik, yang jelas menjadi pendengar yang baik untuk musik-musik yang didengarkan oleh orang-orang disekitarku. Jarang banget soalnya kalau aku yang tiba-tiba dengerin lagu gitu. Tapi jujur, aku belum tau kalau cerita itu berawal dari wattpad sempet mau baca, dan ternyata dari judul aja udah diganti [Sudah Terbit] dan itu yang buat aku mundur buat baca, takut, takut penasaran, takut tiba-tiba jatuh cinta, takut tiba-tiba masuk list buku wajib punya aku. Dan itu yang nanti ujung-ujungnya bikin mood aku rusak selama belum punya buku itu. Sedih kan? Miris banget hidup aku kalau udah jatuh cinta tuh kayak gitu. tapi penasaran, penasaran pake banget pas baca beberapa review di goodreads sama beberapa di IG. Jadi pingin punya buku ini biar aku gak penasaran dan rewel tiba-tiba kalau sudah jatuh cinta nanti. Serius deh, tapi aku ikut GA ini juga karna nemu update terbaru dari akun blog ‘sIPUSTAKAWIN’ Hehehehe.. ketauan bangen aku stal blog mulu.

  26. Nama : Fridalia Septiarini Hikayat
    Twitter : @frdliashi
    Domisili : Purwakarta, Jawa Barat
    Jawaban :
    Jujur, saya kemarin² saya baca² review orang lain tentang buku ini. Kebanyakan membahas tentang band Indie, saya jadi tertarik, seperti apa sih band indie itu, masalahnya memang aku tidak terlalu menyukai musik, dan di kota tempatku tinggal juya tidak banyak band band lokal gitu. Nah jdi review yang lain kebanyakan tentan band indie. Tapi mba luctky menceritakannya dengan berbeda, di awal diceritakan tentang seseorang yang hidupnya selalu diatur oleh orang tua, aku jadi penasaran bagaimana janina menghadapi sikap orang tuanya itu, soalnya dikehidupan nyata aku sering dicurhatin seperti itu. Jdi mungkin cerita dibuku ini ada yang bisa saya ambil hikmahnya kalau kalau nanti ada yang curhat tentang orang tuanya lagi hehe.
    Alasan terakhir saya menginginkan buku ini karena daoat buku grartisan hehe. Siapa sih yang ngga seneng dikasih gratisan. Tapi yaa kata kutipan di novel ini juga Rezeki sudah ada yang mengatur, dan nggak mungkin salah alamat. Jadi yaa insyaallah kalau emang rezeki mah pasti ke tangan, hehe.
    Makasih untuk kesempatannya mba Luckty! 🙂

  27. Nama: Rizki Fitriani
    twitter: @Kikii_Rye
    domisili: Sidoarjo

    aku pernah merasakan posisi Janina ketika segala sesuatu harus sesuai keinginannya. emang gak enak banget. kita sebagai manusia yg punya mumpi dan cita jadi tidak bisa bergerak luwes sesuai keinginan hati.

    aku penasaran dg novel yg tampilan covernya cukup eyecatching dan menjanjikan isi di dalamnya.
    penasaran dari akhir kisah hubungan Janina dg otangtuanya, lalu Dru dan cerita cintanya.

    ingin bernostalgia dg musik mendayu di radio dg novel ini..
    akankah di novel ini terdapat playlist lagu band indie? dan yah, tema sebagai penyiar radio tergolong baru bagi saya karena biasanya aku terlalu banyak melahap adegan action.

    ingin mengupas novel ini utk mrnghilamgakn dahaga akan rasa oenasaran yg melanda.
    penasaran dg konflik sesungguhnya yg bakal di kupas novel ini. lalu, apa sevenarnya pesan yg ingin disampaikan oleh kak laras melalui novel ini?

  28. Nama: Leny
    Akun twitter: @Lynlainy17
    Kota tinggal: Rantau, Kalsel

    Alasan aku menginginkan buku ini? Karena aku ingin tahu kehidupan seorang penyiar radio itu seperti apa. Aku suka kagum loh sama seorang penyiar radio yang tahu info-info up to date gitu. Aku ingin belajar dari tokoh Janina. Ada juga yang sangat menarik menurutku di dalam novel ini, yakni kehidupan Janina yang selalu di dekte ayahnya dan harus mengikuti semua keinginan ayahnya. Padahal kan seorang anak itu seharusnya dialah yang menentukan masa depannya sendiri. Sedangkan keluarga Dru malah kebalikannya dan demokratis. Lalu aku penasaran sama Janina yang bisa menjadi penyiar radio, bagaimana awalnya apakah ini keinginannya sendiri atau justru juga keinginan ayahnya?. Aku juga penasaran sama kafenya Dru, pasti keren banget. Oh ya aku juga suka sekali mendengarkan radio dan setuju banget sama kak Luckty kalau kita mendengarkan radio itu bisa sambil mengerjakan sesuatu yang lain bahkan aku jadi suka sama lagu-lagu yang awalnya ku dengarkan lewat radio dan sampai hafal. Dari radio juga aku bisa mendapatkan banyak informasi-informasi penting.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s