[Serba-serbi] 6 Buku yang Bersetting Kota/Pulau Unik

Lagi senang bahas novel-novel dengan tema tertentu. Kali ini dengan tema mengambil setting kota/pulau yang unik dan jarang kita ketahui sebelumnya. Ada banyak manfaat membaca novel, salah satunya kita mendapatkan pengetahuan seputaran tempat atau profesi. Sekarang ini banyak sekali novel dengan setting luar negeri. Sayangnya sih gitu-gitu aja, kurang terekplorasi atau bahkan terkesan tempelan semata. Berikut beberapa buku dengan setting kota/pulau yang unik.

6. Copellia

WP_20151221_011

Nefertiti memang menghilang dari dunianya yang dulu. Kalau boleh memilih, di tempat yang dia pilih ini tidak ada satu pun yang mengenali masa lalunya. Santorini, itulah daerah pilihan Nefertiti. Saya sampai googling daerah ini karena di awal BAB memang diceritakan daerah ini indah. Dan…wow…Santorini pemukimannya seperti di surga!! Bisa cek info lengkap tentang daerah ini di WIKIPEDIA:

santorini

5. Negeri Van Oranje

WP_20160103_003[1]

Untuk secara keseluruhan, saya menyukai dua sisi baik film maupun novelnya. Versi buku pasti memperlihatkan lebih detail karakter masing-masing tokoh, tidak hanya menampilan cinta dan persahabatan tapi juga tentang cita-cita dan tujuan hidup mereka masing-masing. Versi film, kita akan dimanjakan dengan tempat-tempat cantik di Belanda; Belanda, Leiden, Rotterdam, Utrecht, maupun Wageningen.

negeri van oranje 1

4. Tentang Kamu

img_20161230_121116

Melalui buku diary dan surat-surat Sri untuk Nur’aini ini, Zaman akan berkeliling ke tiga negara, lima kota dalam menelusuri kehidupan Sri. Dari sini kita bisa lihat bahwa kemampuan literasi Sri meski terkesan sederhana akan menguak tabir kehidupannya yang selama ini terpendam. Salah satu pulau yang dikunjungi Zaman adalah Pulau Bungin. Ini adalah salah satu pulau terpadat dunia. Saking padatnya, pulau ini hampir tidak memiliki lahan hijau. Bahkan untuk pasangan baru, syaratnya harus menimbun tanah atau semacam reklamasi gitu.

Hasil gambar untuk pulau bungin

3. All You Need id Love

Hal menarik dari novel ini adalah tentang Brigadoon yang diselipkan dalam cerita masa lalu Granny sewaktu muda. Saya pernah nonton sekilasdi sebuah acara televisi (dan penulisnya ternyata juga terinspirasi oleh acara tersebut untuk menuliskan kisah kota tersebut) tentang Brigadoon sebuah kota yang hanya muncul 1 hari dalam 1 abad. Habis baca ini pun saya makin penasaran, dan saya langsung googling!

Hasil dari googling berbagai sumber, Skotlandia selain terkenal dengan legenda Nessie, monster di Danau Lochness, juga memiliki sakibul hikayat yang penuh misteri, yakni kota Brigadoon.Kabarnya, kota ini hanya muncul selama 1 hari saja dalam 100 tahun. Kota kecil ini terletak di dataran tinggi bonny Scotland. Dikisahkan, Brigadoon tiba-tiba hilang ditahun 1754. Anehnya, penduduk di kota ini seolahmenjadi panjang umur, karena setiap muncul satukali dalam seabad, usia mereka hanya bertambah satu hari. Mereka tidur selama 100 tahun – dalam hitungan penduduk Brigadon, waktu tersebut seperti malam hari saja. Bisa diterka, bila seseorang yang tinggal di Brigadoon meninggal pada usia 70 tahun artinya ia hidup selama 25 ribu abad lebih! Siapa pun yang beruntung bisa memasuki Brigadoon pada hari kemunculannya akan merasa begitu gembira, seolah masuk ke taman surga. Sayangnya, hanya bisa tinggal sehari saja karena desa ini kembali tertutup kabut dan menghilang. Kini setiap 100 tahun sekali menjadi hari peringatan Brigadoon dengan parade dan tarian.

Gambar terkait

2. Then & Now

Judulnya, sangat merepresentasikan cerita di bukunya. Suka, suka banget covernya. Konsepnya ala-ala koran jadul gitu. Lewat catatan penulis di akhir buku, pembaca mendapatkan banyak pengetahuan dari kisah Ruita dan Atamu. Pulau Rana Rui yang menjadi setting kisah cinta mereka ternyata didasarkan pada pulau Easter Island (Rapa Nui), pulau yang letaknya paling jauh dari daratan mana pun, yang sampai hari ini misterinya belum terpecahkan. Mengapa pulau itu ditemukan dalam keadaan tidak berpenghuni padahal semua tanda peradaban ada di sana? Siapa yang membangun lebih dari delapan ratus patung ukuran raksasa yang sudah pasti tidak dapat dibangun dengan tanga kosong tanpa peralatan apa pun? Dan apa penyebab hilangnya semua penghuni pulau?

Saking penasarannya saya sampai googling pulau ini, dan OMG…langsung merinding pas liat ada ratusan patung raksasa di sana sementara pulau ini kini tidak berpenghuni:

1. Love in Blue City

WP_20160606_007

Menumpang rencana bulan madu Tristan, Nada memutuskan mendatangi kota yang terletak di wilayah Barat Laut Kerajaan Maroko ini. Tidak hanya untuk Haykal, tentu saja! Atau setidaknya itu yang dia akui.

Sebagai pecinta maniak biru, Nada merasa bahwa kunjungan wisata ke Blue City adalah semacam kewajiban yang harus ditunaikan. Alasan itu yang dia katakan pada kakaknya.

Seperti halnya Nada, saya juga suka banget. Tanpa disadari, banyak barang yang dimiliki dengan dominasi warna ini. Kreatifnya, Mbak Irene menjabarkan jenis-jenis biru sebagai pergantian BAB dalam buku ini. Totalnya ada lima belas jenis biru; mulai dari baby blue sampai royal blue. Lucu juga ya kalo nanti punya anak, kalo cowok namanya navy blue dan kalo cewek namanya sapphire blue x)) #TolongJanganDicontek

Subhanallah…kece bingit kota Chefchaouen yang serba biru ini:

blue city 1

blue city 2

blue city 3

Advertisements

8 thoughts on “[Serba-serbi] 6 Buku yang Bersetting Kota/Pulau Unik

    • Aku baru tahu Pulau Bungin sejak baca Tentang Kamu. Dan ternyata pas googling, pulau ini lumayan ngehits karena kepadatan penduduknya 😀

  1. patut dimasukkan di list nih Kak 😂 sering sih baca novel yang hanya menjadikan setting tempatnya cuma tempelan, kadang nama tempat dijadikan judul tapi isinya ngga sesuai. lah malah curhat 😂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s