perpustakaan

Perpustakaan DPR

Alhamdulillah, untuk kedua kalinya dapet kesempatan masuk ke Gedung MPR/DPR. Sama seperti tahun lalu, untuk masuk ke lingkungan ini harus pagi-pagi banget. Sekitaran jam lima pagi abis Subuh, selain karena faktor takut macet juga kalo agak siang jalanan harus steril dari hiruk pikuk karena rombongan presiden jajarannya akan masuk ke gedung utama.

Mungkin karena tahun lalu sudah pernah masuk, jadi nggak seberapa norak untuk yang kali kedua ini. Sedikit banget foto selfie yang diabadikan, wkwkwk… malah lebih banyak motoin orang… x))

Dan berkaca dari tahun lalu, daripada duduk manis nan manja, lebih baik keliling stan-stan perpustakaan yang ada. Apalagi waktu itu masih pagi banget, belum ada jam tujuh pas sampe sana, yang artinya stan masih pada sepi, bahkan ada yang belum buka… x))

Alhasil langsung nyobain satu satu setiap stan yang udah buka, yang artinya berhasil cepat mengumpulkan puluhan buku gratis dan goodie bag tanpa perlu antri lama. Kalo agak siang, untuk satu stan aja antrinya bejibun cem kayak pembagian beras… x))

Malam sebelumnya memang saya sudah janjian via wa ama Teh Ika. Ya, Teh Ika ini dulu kakak kelas zaman kuliah. Beliau kini bekerja di Perpustakaan DPR. Pas keliling kok nggak nemu stan Perpustakaan DPR, ternyata tahun ini jadi satu sama stan Perpustakaan MPR, itupun jam tujuh-an belum buka x))

Jam 9-an setelah puas keliling semua stan ampe nyobain semua stan yang memberian makanan gratis, mulai dari milo sampe pop mie. Lumayan pegel juga. Akhirnya ketemu juga ama Teh Ika. Uda Nando, meski tahun lalu kita gak ketemu, tahun ini saya tuaikan janjinya ketemua Teh Ika yaaa…. :’)

Setelah ngobrol lumayan panjang sekitar 15 – 30 menitan, Teh Ika ngajak makan. Tapi di sini kan saya bareng rombongan (yang separuhnya duduk manis di Nusantara IV yang super dingin itu, saya nggak kuat jadi mending keliling stan :p) karena takut terpisah dari rombongan, saya akhirnya mengajak Kak Veni dari Aceh dan Pak Jurianto dari Bengkulu yang waktu itu nggak jauh berdiri dari tempat kami mengobrol. Jadi jikalau terpisah, masih ada temannya x))

Saya usul dengan Teh Ika, daripada kita makan, mending kita diajak ke Perpustakaan DPR, soalnya kan kapan lagi bisa masuk kalo nggak kenal ama pustakawannya x)) Teh Ika, setuju. Jadilah kami diajak ke perpustakaanya lewat jalan tikus, nerabas-nerabas gitu. Tuh kan..untung gak sendirian, kalo nggak saya nggak bisa balik, nyasar di sekitaran gedung nantinya x))

Kurang afdol kalo nggak selfie-selfie. Ya ampunnn…dari dulu pengen banget buat frame selfie kayak gini buat perpustakaan sekolah. Tapi sampe sekarang belum kesampaian… :’)

Beberapa koleksi yang ada di perpustakaan ini. Yang bisa pasti bisa ditebak berhubungan dengan aroma tema hukum dan politik.

Di pojok media center disediakan dua macam spot. Satu, tersedianya dua komputer untuk pemustaka. Dan spot kedua bagi pemustaka yang datang tapi membawa laptop sendiri. Kata Teh Ika, pernah ada kejadian pemustaka yang terkunci di sini. Untung si pemustaka nelpon Teh Ika, sementara Teh Ika udah ampe rumah. Lha kok kayak murid di sekolah ini… x))

Foto di atas pencitraan banget lah ya, cuma gaya aja baca buku. Aslinya mah ngerti isi bukunya. Berat-berat euy, segede bantal. Sok gaya buku buku, sapa tau ada nemu jodoh di sana, wkwkwk… x))

Dan ini beberapa koleksi seperti bahan materi atau karya tulis yang berhubungan dengan perpustakaan ini.

Sebenarnya ada 18 pegawai di sini dan 80% persen sudah pustakawan. Disambut baik oleh kepala perpustakaannya bahkan kita diajak foto bareng 🙂 Oya, ternyata Ajeng dari Jabar dan Pak Sem dari Maluku menyusul ke perpustakaan juga 🙂

Terima kasih buat kepala perpustakaan DPR dan para staf perpustakaan, khususnya Teh Ika. Kami diberi kesempatan untuk menjamah perpustakaannya meski hanya sebentar tapi sangat berkesan 😉

12 thoughts on “Perpustakaan DPR”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s