buku, resensi

REVIEW Once Upon a Star + GIVEAWAY

Setiap buku tua itu punya kemampuan untuk menenangkan. (hlm. 20)

MILTON. Walaupun sama-sama yatim piatu, kondisinya jauh lebih baik daripada Andrea. Dia punya wali, Dale namanya. Dengannya, bagi Milton, semua seperti transaksi bisnis. Dia sering mengingatkannya bahwa dia itu dibayar untuk menjadi walinya. Kerjanya memang memastikannya bahwa dia baik-baik saja dan tercukupi semua kebutuhannya. Tapi sekali-kali, ketika dia sedang tidak waspada, ketika dikiranya Milton tidak sedang melihat, dia bisa merasakan perasaan sayangnya merembes keluar.

Baginya, segalanya bertambah baik sejak ada Andrea. Setiap pagi Milton bangun, dia bersemangat karena tahu dia mungkin akan melihat wajah Andrea dan akan mendengarnya berbicara. Mereka memang tidak menghabiskan semua waktu bersama-sama. Mereka berdua bukan tipe seperti ini. Tapi mengetahui bahwa dirinya ada di sekolah yang sama. Dan karenanya kemana saja dia melangkah, ada kemungkinan dia akan bertemu dengannya. Hal itu membuatnya ingin tersenyum seharian.

Percayalah, jika ada yang ingin kucuri di dalam gedung perpustakaan ini, itu sudah pasti bukan buku-buku tua ini. Yang ingin kucuri adalah hatimu. (hlm. 37)

ANDREA tidak punya siapa-siapa. Dia tidak tahu dimana ibunya berada. Dulu dia punya seorang bibi yang menyayanginya tapi sayangnya meninggal karena serangan jantung. Dia sangat kehilangan. Matanya selalu berkaca-kaca setiap kali dia membicarakan bibinya.

Andrea suka buku-buku tua. Sampulnya yang lunak dan punggungnya yang bergaris-garis menunjukkan bahwa mereka telah berulang kali menghangatkan hati pembaca, dan bahwa mereka telah dicintai dan dipeluk oleh pembaca mereka di malam-malam yang gelap dan dingin.

Dia juga suka buku tua. Baunya berbeda dari bau baju tua yang seperti bau kamper. Juga berbeda dari bau bangunan tua yang seperti bau rayap. Setiap buku tua itu punya kemampuan untuk menenangkannya.

Apa sih maunya? Apakah dia belum mengerti juga bahwa aku tidak ingin berurusan dengannya? Sudah cukup buruk setiap kali dia berusaha menyamai langkahku atau memanggil namaku, semua teman-temannya bersiul meledek kami. Ditambah lagi cara gadis-gadis itu memandangnya, lalu memandangku dengan pandangan heran mengapa seseorang yang begitu populer mau berurusan dengan seseorang yang bukan siapa-siapa seperti diriku ini. (hlm. 31)

Sekilas kisah hidup Milton dan Andrea seperti remaja pada umumnya hanya seputaran kisah kasih di sekolah. Yang cowok kaya raya, yang cewek miskin. Bukan Mbak Arleen namanya jika tidak menyajikan kisah yang anti mainstream. Ini adalah buku ketiga yang aku baca dari puluhan bukunya yang terbit. Ya, Mbak Arleen ini termasuk penulis yang sangat produktif.

Sebelumnya aku sudah membaca The Lady in Red yang mengisahkan tiga generasi yang masih berhubungan dan Now & Then tentang kisah beda kasta di Pulau Rana Rui yang ternyata didasarkan pada Esater Island (Rapa Nui), pulau yang letaknya paling jauh dari daratan mana pun, yang sampai hari ini misterinya belum terpecahkan. Di buku ini juga mengangkat sesuatu yang tak kalah unik. Milton dan Andrea sebenarnya berasal dari tempat lain di luar bumi. Bintang Cetix pada cerita ini didasarkan pada bintang Tau Ceti yang merupakan bintang terdekat yang spektrumnya paling mirip dengan Bumi.

Sedangkan Proxima Centauri adalah bintang terdekat dengan matahari yang berjarak 4,22 tahun cahaya. Sedangkan Tau Ceti ini berjarak 11,9 tahun cahaya dari matahari. Tau Ceti dikelilingi lima planet, dua diantaranya berada di dalam jarak yang tepat dari Tau Ceti untuk kemungkinan adanya kehidupan. Sedangkan Planet Cori di cerita ini dibuat berdasarkan planet kita sendiri, Bumi.

Aku sampai googling Proxima Centauri ama Tau Ceti ini loh:

Proxima Centauri klik link INI

Tau Ceti klik lik INI

Aku berlari ke arah Astrica dan berlutut untuk memeluknya. Aku merapatkan tubuhnya pada tubuhku sekuat tenaga untuk menghirup aroma tubuhnya, aroma rambutnya. Karena aku tahu aku tidak akan dapat melakukanya lagi selama lima belas tahun ke depan. Jika umurku tidak sepanjang itu, percayalah, besar kemungkinannya bahwa aku memang tidak akan hidup selama itu, ini akan menjadi kali terakhir aku bertemu dengan putriku. Ini akan jadi kali terakhir aku menghirup aroma tubuhnya yang masih menyisakan aroma khas bayi. Sepertinya baru kemarin aku mengandungnya. (hlm. 8)

Penasaran kan ama kisah Milton dan Andrea ini, siapakah mereka sesungguhnya jika di luar bumi? Dan dengan alasan apakah mereka harus terdampar sementara di bumi? Misi apa yang mereka bawa? Pas baca ini sekilas kayak drama Korea yang dimainkan Kim Soo Hyun di My Love from the Star. Dia berperan sebagai mahluk lain yang telah menetap di bumi selama 400 tahun. Meski begitu, jalan cerita buku ini tentu jauh berbeda dengan drama tersebut walaupun sama-sama mengambil tema yang sama: mahluk dari suatu bintang yang jauh dari bumi.

Beberapa kalimat favorit dalam buku ini:

  1. Bukankah setiap ibu pasti punya hubungan batin dengan anak gadis mereka? (hlm. 17)
  2. Bau buku tua adalah bau paling enak karena adalah gabungan bau kertas tua dan kenangan. (hlm. 20)
  3. Sebaiknya kita tidak terburu-buru memutuskan sesuatu. (hlm. 209)
  4. Setiap hari membawa harapan yang begitu berharga hingga saat harimu tidak bisa lebih buruk lagipun, kau selalu punya sesuatu yang membuat hidup begitu menjanjikan. (hlm. 269)

Beberapa selipan sindiran halus dalam buku ini:

  1. Uang memang menyelesaikan banyak masalah. (hlm. 11)
  2. Jangan menilai buku dari sampulnya. (hlm. 41)
  3. Jadi orang jangan bodoh. Yang namanya keangkuhan itu tidak bisa bikin kenyang. (hlm. 48)
  4. Hidup punya kemampuan menyajikan kejutan raksasa untukmu di saat yang tidak disangka-sangka. (hlm. 133)
  5. Tidak ada pesta yang terlalu besar. (hlm. 171)
  6. Apakah kau tahu bahwa waktu berjalan dengan lebih perlahan saat kau menunggu? (hlm. 197)
  7. Waktu selalu relatif dan tidak pernah absolut. (hlm. 212)
  8. Tidak mudah merencanakan pertemuan rahasia. (hlm. 220)
  9. Jika kau belum pernah mengalaminya sendiri, kau tidak akan tahu betapa sakitnya mengetahui bahwa orang yang kau cintai ternyata mencintai orang lain. (hlm. 269)
  10. Jika kau belum pernah mengalaminya sendiri, kau juga tidak akan tahu betapa menyenagkan bila orang lain itu tiba-tiba pergi, meninggalkan orang yang kau cinta untuk kau gapai. (hlm. 269)
  11. Selama apa sepatutnya seseorang menanti sebelum mulai mengejar seseorang yang putus cinta? (hlm. 270)
  12. Berapa lama kita harus menunggu untuk memastikan kita bukan hanya dijadikan pelipur lara? (hlm. 270)
  13. Hal terburuk dari patah hati adalah bila kau tak dapat memberitahukannya pada dunia. (hlm. 271)

Keterangan Buku:

Judul                     : Once Upon a Star

Penulis                 : Arleen A.

Penerbit              : Ayna Books

Terbit                    : 2020

Tebal                     : 291 hlm.

ISBN                      : 978-623-7495-19-2

MAU BUKU INI?!?

Simak syaratnya:

1. Peserta tinggal di Indonesia

2. Follow akun instagram @lucktygs , @arleen315 dan @naminabooks

3. Tidak ada pertanyaan, cukup tinggalkan nama, akun twitter/instagram, dan kota tinggal di kolom komentar. Mudah bukan? 😉

GA #OnceUponAStar  ini berlangsung 24-28 Agustus 2020. Pemenang akan diumumkan setelahnya ya.

Akan ada SATU PEMENANG yang akan mendapatkan buku ini. Hadiah akan langsung dikirimkan oleh penulisnya! ;)

Silahkan tebar garam keberuntungan dan merapal jampi-jampi buntelan yaaa… ‎(ʃƪ´▽`) (´▽`ʃƪ)!

PEMENANG yang mendapatkan buku ini adalah:

Nyi Penengah Dewanti

@nyipenengah

Pemalang.

Selamat buat pemenang. Sila kirim email ke  catatanluckty[at]gmail[dot]com dengan judul: konfirmasi pemenang Once Upon a Star. Kemudian di badan email cantumkan; nama, alamat lengkap, dan no hape biar hadiahnya segera dikirim langsung oleh penulisnya ya.

Terima kasih buat penulis dan penerbit atas kerjasama dan  kepercayaannya. Semoga lain waktu bisa bekerjasama kembali… 😉

Buat yang belum menang, jangan sedih. Masih ada giveaway lainnya yang menanti!! :*

14 thoughts on “REVIEW Once Upon a Star + GIVEAWAY”

    1. Nama : Devina
      IG : @dev.reads
      Domisili : Solo, Jawa Tengah

      Terimakasih kak atas reviewnya yang racun banget. Penasaran banget sama novel ini. Udah ikutan dibeberapa akun bookstagram yang lain tapi lagi gak beruntung, semoga kali ini bisa dapet kesempatan untuk baca dan juga mengulas novel ini. Amiin, wish me luck kak:)

  1. Hai kak, sebelumnya terimakasih udah adain GA novel ini. Kali ini aku berharap bisa dapetin novel karya kak Arleen, karena sebelumnya udah pernah ikutan tapi nggak dapet 😭 jadi kali ini aku berharap bisa dapet novelnya kak Arleen. Karena ceritanya itu bagus menarik .
    Aku udah follow semua kak,
    Akun instagram : @ssaa._9
    Banyumas – Jawa Tengah

  2. Nama : Natasha
    Instagram : @oyyeenngg
    Askot : Surabaya, Jatim

    Terimakasih Kakak sudah mengadakan giveaway ini. Semoga sukses ya kedepannya! :))

  3. Nama : Natasha
    Instagram : @oyyeenngg
    Askot : Surabaya, Jatim

    Terimakasih Kak sudah mengadakan Giveaway! Sukses terus ya kedepannya.

  4. Nama : Natasha
    Instagram : @oyyeenngg
    Askot : Surabaya

    Terimakasih kakak sudah mengadakan giveaway ini! Sukses terus ya kedepannya, Kak.

  5. Nama : Didi Syaputra
    Twitter/Instagram : @DiddySyaputra/@bookishman95
    Kota Tinggal : Tembilahan, Riau

    Sejak awal, sejak kali pertama melihat kavernya aku sudah curiga buku ini akan menyiapkan kisah fantasi di luar kisah percintaannya. Dan sebagai penggemar fantasi lokal aku sangat menyambut senang kehadiran buku kak Arleen ini. Kebetulan juga aku belum pernah baca karyanya, jadi jelas sekali aku sangat berharap bisa membawa pulang buku ini hehe.

    Sebagai pengagum cerita dengan genre seperti ini yang kadang di luar nalar, karena memang seorang penulis fantasi selalu punya cara sendiri untuk menghadirkan kisah yang menarik perhatian, aku selalu terbawa dengan cerita yang dituliskan mereka, selalu out of the box dan aku menyukai itu.

  6. Nama : Natasha
    Instagram : @oyyeenngg
    Askot : Surabaya

    Terimakasih kakak sudah mengadakan giveaway ini! Sukses terus ya kedepannya, Kak.

  7. Hai, Kak. Perkenalkan saya Hanat. Izin ikutan giveawaynya ya, Kak.

    Twitter/IG: @hanatfutuh
    Domisili: Banyumas

  8. waaaa bukunya Bu Arleen😊👍 izin ikutan yaaa..
    nama : Putri Regina
    ig : reginelisa
    kota : Bandung Barat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s