catatan kehidupan, perpustakaan

Daftar Bacaan 2020

This image has an empty alt attribute; its file name is 2-1.jpg

Pikiran kita harus istirahat. Karena sesudahnya pikiran akan menjadi lebih baik dan lebih tajam. (hlm. 287) #FilosofiTeras

Seperti yang aku bilang di postingan tahun lalu, aku akan ‘istirahat’ sejenak dari hiruk pikuk baik dari sisi pekerjaan maupun. Ada semacam kelelahan dalam menjalani hidup. Dan aku baru tahu itu ada istilahnya, yaitu burn out.

Maka, untuk menjaga kesehatan mental yang menurutku buruk selama dua tahun kemarin, aku memutuskan untuk istirahat. Pertama, meski tidak off dari blog tapi akan membatasi diri untuk giveaway/blogtour. Aku hanya akan menghabiskan buku-buku yang selama ini tertimbun dan belum sempat dibaca. Kedua, aku tidak akan mengikuti lomba apa pun di dunia perpustakaan maupun pustakawan. Ketiga, aku detox sosmed di facebook selama setengah tahun awal 2020. Lumayan juga ya, dari November 2019 sampai Februari 2020. Lalu, Mei 2020 sampai Juli 2020.

Dan itu ternyata wajar dialami, karena setiap manusia akan mengalami titik itu. Rasanya kayak pengen keluar dari rutinitas tapi ya nggak mungkin juga cuti terlalu lama.. ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™‰๐Ÿ™Š Ternyata alam berkonspirasi, dampak dari wabah Corona ini sebenarnya mengajarkan kita untuk ‘istirahat sejenak’ dari rutinitas yang tiap hari kita alami.

This image has an empty alt attribute; its file name is 1-1.jpg

JANUARI. Sebenarnya sudah mulai aktif seperti biasa. Awal tahun, menjadi salah satu juri di Perlombaan PMR antar sekolah. Dulu jaman sekolah, aku sempat jadi Ketua UKS, jadi lumayan masih mengingat masa-masa ikut eskul PMR meskipun sudah samar-samar, hahaha… x))

This image has an empty alt attribute; its file name is 36.jpg
This image has an empty alt attribute; its file name is 37.jpg

Pertengahan sampai akhir Januari cukup menguras tenaga. Pertama, ada syuting dari TVRI buat kegiatan di sekolah. Karena aku memegang dua amanah, sebagai koordinator perpustakaan sekaligus pembina ekstrakurikuler mading, lumayan terbagi pikirannya.

Ini syuting buat liputan eskul Mading.

This image has an empty alt attribute; its file name is 9-1.jpg
This image has an empty alt attribute; its file name is 13.jpg

Ini syuting buat liputan perpustakaan

This image has an empty alt attribute; its file name is 18.jpg
This image has an empty alt attribute; its file name is 19.jpg

Lalu FEBRUARI, udah kayak hajatan rasanya. Tiap hari pualng sekolah nyicil ngedekor semua sudut sekolah buat acara BOLIGA, semacam event tahunan ulang tahun sekolah yang biasanya nanti diisi perlombaan antar sekolah.

This image has an empty alt attribute; its file name is 8-1.jpg
This image has an empty alt attribute; its file name is 38.jpg

Tahun ini anak-anak kordinator dekornya cewek semua. Meski begitu, mereka strong semua. Kuat begadang bahkan nge-dekor abis subuh pun dijabanin x))

This image has an empty alt attribute; its file name is 39.jpg
This image has an empty alt attribute; its file name is 40.jpg

Awal MARET, mengikut undangan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kota Metro untuk tahun 2021. Dibandingkan kabupaten lain yang ada di Lampung, Metro cukup berani mengundang para pemuda dari berbagai komunitas yang ada. Bahkan Ibu Wakil Gubernur, Bu Nunik, mengacungi jempol untuk keberanian Kota Metro dalam hal ini. Apalagi saat acara berlangsung, cukup banyak pemuda yang kritis perihal pembangunan yang ada di Kota Metro.

This image has an empty alt attribute; its file name is 3-1.jpg

Mumpung bisa ke luar di saat jam sekolah masih siang, sekalian mampir ke Dinas Perpustakaan & Kearsipan Kota Metro karena penasaran dengan isinya yang habis renovasi. Dan ketemu langsung dengan Kasi Layanannya, Mbak Liza.

Beberapa spot di Dinas Perpustakaan & Kearsipan Kota Metro yang sempat kuabadikan. Tampak sepi soalnya memang jam istirahat. Ada BI Cornernya juga.

Masih di awal Maret, mendampingi murid untuk mengikuti lomba Wall Magazine di Teknokrat. Entah kenapa waktu itu feeling aja, mendaftarkan dua tim sekaligus, karena mikirnya kapan lagi bisa ikut lomba di event yang bergengsi. Dan alhamdulillah, salah satunya terpilih sebagai Best Content.

Minggu kedua Maret, mengikuti undangan liputan dalam acara Pengukuhan Bunda Literasi Kota Metro, baik kecamatan maupun kelurahan.

Acara bulanan, biasanya DISCAPIL ke sekolah-sekolah untuk pendataan murid yang sudah cukup umur untuk membuat KTP. Dan biasanya lokasi di ruang terbuka perpustakaan.

Udah siap banget, bahkan udah nyicil mau dekor acara FLS2N yang kebetlan sekolah jadi tuan rumah. H-3 diumumkan jika semua sekolah libur karena Corona, hingga berakhir tidak hanya ditunda tapi ditiadakan. Begitu pula dengan cara perpisahan Kelas XII yang hanya dua minggu lagi juga ditiadakan x))

APRIL. Diajak Dinas Perpustakaan & Kearsipan Kota Metro untuk kali pertama mengadakan event NGOPI (Ngobrol Seputar Literasi) yang akhirnya menjadi acara rutin selama pandemi ini. Karena, waktu itu masih pertama banget, jadi masih banyak gangguan teknis, seperti lupa di simpan di IGTV dan juga youtube. Apalagi waktu itu lokasinya diadakan di rumahku, sinyal kadang timbul tenggelam, maklum pelosok, hahaha.. x)

This image has an empty alt attribute; its file name is 66.jpg
This image has an empty alt attribute; its file name is 67.jpg
This image has an empty alt attribute; its file name is 68.jpg

Ternyata pandemi ini tidak hanya hitungan hari, tapi juga hitungan bulan. Untuk mengatasi rasa bosan, aku mencoba hal baru, salah satunya adalah bersepeda dari rumah ke sekolah. Lumayan jauh, satu jam perjalanan, hahaha… x)) Capek sih, tapi aku lumayan puas, soalnya ini salah satu hal yang selama ini belum kesampaian aku lakukan. Nah, selama pandemi ini kan kalo berangkat ke sekolah gak musti pagi-pagi banget demi gerbang belum tutup kayak hari-hari biasa, jadi ya bisa kulakoni naik sepeda ke sekolah. Demi menjaga kesehatan dan juga kewarasan hati menghadapi pandemi, hahaha… x))

MEI, meski bulan puasa, disibukkan dengan pengembalian buku paket. Perpus udah kayak kapal pecah, soalnya sampe gak muat buat naro buku-buku pinjaman murid x))

This image has an empty alt attribute; its file name is 48.jpg
This image has an empty alt attribute; its file name is 47.jpg

JUNI, setelah lebaran, sekolah langsung PPDB, dan aku sebagai salah satu operator kudu stand by di sekolah menghadapi para pendaftar. Tahun kesepuluh jadi panitia PPDB. Tiap tahun selalu dapet pendaftar yang unik-unik. Kalo tahun ini: mulai dari beberapa sekolah nomer ujiannya salah semua, nomer ujian gak tercantum di SKL, nggak jujur udah daftar sekolah lain, susunan raport berantakan sampai ada yang daftar malah yang dikumpul foto pake dasi merah alias waktu masih SD, wkwkwk.. ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™‰๐Ÿ™Š .
.
Yang epik itu adalah belum juga daftar, udah nanya nanti gimana kalo nggak lulus. Semacam mau nembak gebetan takut ditolak, hahaha.. ๐Ÿ‘ป๐Ÿ‘ป

JULI sudah masuk ajaran baru. Tapi masih sama seperti semester lalu, meski guru-guru dan juga pustakawannya ini masuk tiap hari, muridnya masih belajar via daring. Ada rasa sedih, karena tidak bisa kegiatan eskul yang kumpul-kumpul rame seperti ini lagi.

This image has an empty alt attribute; its file name is 52.jpg

Masih di bulan yang sama, dapat kesempatan diwawancara oleh Mas Murad untuk profil pustakawan di website pustakawan.web.id: https://www.pustakawan.web.id/2020/07/sang-pustakawan-dan-blogger-buku.html

AGUSTUS. Akhirnya tembus ikut webinar-webinar. Jika bulan-bulan sebelumnya susah sekali, baru di bulan inilah bisa tembus. Berawal dari coba-coba hingga akhirnya semacam ketagihan. Sehari bahkan bisa dua sampai tiga webinar sekaligus. Seringkali ada yang bertanya-tanya, kenapa aku rajin banget ikut webinar selama pandemi?!? ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™‰๐Ÿ™Š

Jadi begini, dulu setiap ada seminar/bimtek/worskhop yang berhubungan sama perpustakaan hanya bisa mupeng. Soalnya rata-rata di Pulau Jawa semua ๐Ÿ‘ป๐Ÿ‘ป

Sebagai pustakawan level jelata, kudu rajin nabung. Salah satu event yang selalu diikuti adalah SLIMS Community Meetup yang biasanya hanya ada setahun sekali. Salah satunya ini, ketika Kota Malang sebagai tuan rumah, November 2015 โคโค

Apakah sebanding dengan pengorbanan yang ada?!? Oh tentu. Selain menambah wawasan dan juga pengetahuan, juga menambah teman-teman baru. Meski habis itu berakhir jadi gembel & kencangkan ikat pinggang untuk beberapa bulan berikutnya ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

Oleh sebab itu, siapa yang gak bahagia kalo ada webinar bertema perpustakan dengan pembicara-pembicara yang keren mulai dari pustakawan berprestasi sampai level menteri. Apalagi GRATIS โคโค

Mendapat kesempatan mengisi materi tentang Mereview Buku kolaborasi dengan Komunitas Tapis Blogger.

Seperti yang aku bilang di awal tahun ini. udah bertekad tidak akan mengikuti lomba-lomba baik di bidang perpustakaan maupun pustakawan. Hanya mau menyelesaikan urusan naik pangkat yang berbelit-belit sejak tahun 2017. Rasanya sudah lelah banget. Bahkan tahun 2018 sebenarnya pernah ingin resign jadi abdi negara, salah satunya karena lelah dengan birokrasi, tapi dimarah bapake dibilang gak bersyukur, hahaha… x))

Akhirnya perjuangan panjang itu berbuah juga. Agustus 2020 baru dapet SK naik pangkat, ibarat anak sekolah, baru sekali ini naik kelas, hahaha.. x))

SEPTEMBER. Biasanya cuma jadi peserta, kali ini jadi salah satu narasumber. Entah ngomong apa itu, diantara pustakawan-pustakawan senior, mana bapak-bapak semua pula, hahaha.. ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™‰๐Ÿ™Š

Kali kedua mengisi event NGOPI (Ngobrol Seputar Literasi) yang diadakan Dinas Perpustakaan & Kearsipan Kota Metro. Kali ini bertema Hari Kunjung Perpustakaan dari Masa ke Masa.

Sepanjang September ini sebenarnya senang di sekolah. Soalnya ada mahasiswa PPL yang kebetulan dulu murid di sekolah. Karena mereka PPLnya daring, mereka setiap hari di perpustakaan. Jadi serasa ada teman di perpustakaan, minimal obat hati karena sepinya sekolah tanpa murid-murid unyu di sekolah ๐Ÿ˜€

This image has an empty alt attribute; its file name is 61.jpg

OKTOBER. Mendapat kesempatan untuk mengisi Seminar Online bertema ‘Milenial Mereview Buku’.

Meski tahun ini tidak mengikuti lomba-lomba di bidang perpustakaan maupun pustakawan, tapi masih ikut berpartisipasi untuk menyimak memeriahkan Pemilihan Pustakawan Berprestasi tk Nasional secara online. Ada rasa haru, akhirnya karena pandemi ini, justru jadi bisa melihat berbagai angkatan.

Suprise banget, ada liputan @perpussmanda di Webinar yang diadakan oleh KEMDIKBUD bertema Promosi Perpustakaan di Era Digital

Di bulan inilah akhirnya mulai memberanikan diri untuk mengikuti event-event dengan bertemu banyak orang secara langsung. Salah satunya adalah acara Sosialisasi PEMILU yang diadakan oleh KPU Bandar Lampung dengan menggandeng Komunitas Tapis Blogger. Nggak sia-sia berangkat dari Metro, aku terpilih sebagai salah satu dari tiga foto terbaik selama acara berlangsung ๐Ÿ˜€

Selain itu, semenjak pandemi, ini kali pertama di tahun ini mengikuti event langsung bertema pustakawan yang diadakan di sebuah hotel di Bandar Lampung. Sempat khawatir, soalnya malam sebelumnya demam akibat kehujanan. Alhamdulillah saat hari H kondisi membaik dan bisa mengikuti acara sampai selesai.

NOVEMBER. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, menjelang akhir tahun biasanya ada pemeriksaan aset sekolah. Buku menjadi salah satu yang disorot. Jika dulu suka khawatir dan cemas, sekarang sudah kebal menghadapi hal-hal semacam ini, meski kadang mual juga sih, hahaha… x))

Jika Hari Kunjung Perpustakaan biasanya diadakan sepanjang September, kali ini bergeser di bulan November. Dan jika tahun sebelumnya, terpilih sebagai salah satu juri lomba menulis artikel yang para pesertanya adalah para guru, tahun ini terpilih sebagai salah satu juri lomba video mereview buku yang diadakan oleh Dinas Perpustakaan & Kearsipan Kota Metro.

This image has an empty alt attribute; its file name is 56.jpg
This image has an empty alt attribute; its file name is 74.jpg

Di bulan ini juga mengisi di acara yang diadakan oleh Komunitas Payungi bertema Perempuan dan Buku.

DESEMBER. Alhamdulillah banjir orderan sablonan dan masuk liputan di Tribun Lampung, 4 Desember 2020.

Di penghujung tahun, alhamdulillah terpilih sebagai salah satu Tokoh Lokal Inspiratif yang diadakan oleh Naradipta Arunasweta – Lembaga Pengelola Dana Pendidikan.

Berikut daftar bacaan sepanjang 2020 yang makin meluncur bebas:

JANUARI

  1. Mantappu Jiwa https://luckty.wordpress.com/2020/01/16/review-mantappu-jiwa/
  2. Berani Tidak Disukai https://luckty.wordpress.com/2020/01/21/review-berani-tidak-disukai/
  3. Off the Record 2 https://luckty.wordpress.com/2020/01/27/review-off-the-record-2/

FEBRUARI

MARET

  1. Two Lost Souls https://luckty.wordpress.com/2020/03/05/review-two-lost-souls/
  2. Kata Dalam Kotak Kaca https://luckty.wordpress.com/2020/03/07/review-kata-dalam-kotak-kaca/
  3. Aku Tahu Kapan Kamu Mati https://luckty.wordpress.com/2020/03/08/review-aku-tahu-kapan-kamu-mati/
  4. Waspada Jacket Syndrom https://luckty.wordpress.com/2020/03/11/review-waspada-jacket-syndrom/
  5. 75 Dongeng Klasik Dunia https://luckty.wordpress.com/2020/03/14/review-75-dongeng-klasik-dunia/
  6. Cerita Tentang Kebijaksanaan https://luckty.wordpress.com/2020/03/15/review-cerita-tentang-kebijaksanaan/
  7. Seni Membuat Hidup Jadi Lebih Ringan https://luckty.wordpress.com/2020/03/17/review-seni-membuat-hidup-jadi-lebih-ringan/
  8. Jangan Membuat Masalah Kecil Menjadi Masalah Besar https://luckty.wordpress.com/2020/03/18/review-jangan-membuat-masalah-kecil-jadi-masalah-besar/
  9. Tak Mungkin Membuat Semua Orang Senang https://luckty.wordpress.com/2020/03/20/review-tak-mungkin-membuat-semua-orang-senang/
  10. Korupsi Dengan Hati https://luckty.wordpress.com/2020/03/21/review-korupsi-dengan-hati/
  11. Bijak Meminjam Uang & Menggunakan Uang Bank https://luckty.wordpress.com/2020/03/22/review-bijak-meminjam-uang-menggunakan-uang-bank/
  12. Candy Series: Si Guanteng Dunia Impian Para Gadis https://luckty.wordpress.com/2020/03/23/review-candy-series-si-guanteng-dunia-impian-para-gadis/
  13. Langen & Si Cowok Robot https://luckty.wordpress.com/2020/03/26/review-langen-dan-si-cowok-robot/
  14. Semesta Cerita Kita https://luckty.wordpress.com/2020/03/26/review-langen-dan-si-cowok-robot/

APRIL

MEI

JUNI

JULI

AGUSTUS

SEPTEMBER

OKTOBER

NOVEMBER

DESEMBER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s