Uncategorized

REVIEW The Candy Makers

Jangankan anak kecil, orang dewasa pun banyak yang menyukai makanan manis ini. Yup, PERMEN!!

Saya pernah punya pengalaman dengan makanan manis ini, errr…walaupun sedikit memalukan sih… :p Sekitar Juni yang lalu, adik sepupu menikah. Menjelang sore, makin banyak orang yang berjualan di pinggir jalan. Saya tergoda mencicipi arum manis, warna pinknya bikin air liur menetes! Gengsi donk kalo beli sendiri, akhirnya saya merayu adik yang paling kecil untuk beli empat sekaligus, dimakan bareng-bareng ponakan, biar nggak keliatan kalo sebenarnya saya yang pengen, wkwkwk… 😀 Ternyataaa….besok tenggorokan sakiiiitt banget!! Pasti ini gara-gara zat pewarna di arum manis. Byuh…udah tau bahaya tetep aja dimakan, habis itu kapok deh… >.<

Buku yang kovernya unyu-unyu ini memang sungguh manis. Tak hanya kovernya, isi ceritanya pun tak kalah manis. Bapak peri baik banget, saya minta buntelan ini ternyata dikabulkan! *cium tangan *sungkem

Kontes adalah kontes. Kau tidak akan pernah ingin terlalu dekat dengan subjeknya, tentu. Kau bijaksana jika mengikuti nasihat itu. Mungkin suatu hari nanti, itu akan memberimu kesempatan untuk memenangkan sesuatu. (hlm. 48)

Ada empat anak bernama Logan, Miles, Philip, dan Daisy. Mereka semua baru saja berulang tahun kedua belas, dan meskipun mereka tidak tahu apa-apa sebelumnya, hidup mereka tidak akan pernah sama lagi. Mereka berempat terpilih dari Region Tiga untuk mengikuti kompetisi membuat permen terbaik di dunia. Selama dua hari mereka akan menemukan rahasia cara membuat permen di pabrik LIFE IS SWEET. Persaingan mereka dipenuhi oleh berbagai kecurangan demi memenangi kontes tersebut. Hingga akhirnya, mereka mengetahui ada orang yang ingin menghancurkan pabrik kesayangan mereka itu. Ada banyak rahasia yang terjadi diantara mereka.

Kadang-kadang, dalam dunia bisnis, orang-orang bisa begitu kejam. Mereka bisa mengarang sesuatu. Kita tak bisa mengambil resiko. (hlm. 450)

Dari keempat anak ini, favorit saya adalah Miles. Kenapa eh kenapa?!? Karena dia sangat suka BUKU dan PERPUSTAKAAN:
1. Kau tidak akan pernah tahu apa yang akan kau ketahui saat membuka sebuah buku. Dan jika isinya adalah suatu cerita, kau akan tenggelam ke dalamnya. (hlm. 146)
2. Dia jauh lebih menyukai perpustakaan daripada tempat mana pun di dunia ini. Dia rela tinggal di dalam sebuah perpustakaan, jika bisa. Seluruh pengetahuan itu. Seluruh dunia yang tersembunyi di dalam sampul-sampul buku. (hlm. 158)
3. Dia tahu bahwa buku-buku itu akan memberitahu segala hal yang ingin dia ketahui. Buku-buku selalu begitu. (hlm. 170)
4. Aku pun tidak setuju jika seseorang harus dijauhkan dari sebuah perpustakaan. (hlm. 53)
5. Trusss…dia bersahabat dengan pustakawan:
– Mrs. Chen. Perempuan itu adalah petugas perpustakaan anak-anak di kota. (hlm. 153)
– Mrs. Gepheart melanjutkan pekerjaannya mengecap. Suaranya sangat berirama. Buka, cap, tutup, geser. Buka , cap, tutup, geser — Bwalah…ini saya banget, gyahahaha.. 😀

Kalimat favorit dalam buku ini:
1. lupa menghibur orang asing karena itu mungkin bisa menghibur malaikat tanpa disadari. (hlm. 23)
2. Uang tak bisa membeli kebahagiaan. (hlm. 29)
3. Rahasia perusahaan adalah sesuatu yang tidak akan dibuka oleh seorang pengusaha. Jika ada yang mengetahui rahasia itu, mereka pasti mampu meniru produknya. (hlm. 40)
4. Semua orang memiliki keanehan pada diri masing-masing. (hlm. 80)
5. Beberapa orang tidak memiliki imajinasi… mungkin beberapa orang hanya tidak mau mencobanya. (hlm. 84)
6. Keadaan berubah saat semua siap untuk berubah. Orang-orang juga berubah saat mereka siap. (hlm. 94)
7. Berbaik hatilah kepada siapa pun yang kau temui. Mereka bertarung dalam sebuah pertempuran yang sama sekali tak kau ketahui. –Plato- (hlm.95)
8. Persiapan adalah menuju sukses. (hlm. 106)
9. Selalu adaa pertama bagi segala hal. (hlm. 161)
10. Ingatlah semua karunia yang diberikan padamu, dan kau akan berjalan melewati gerbang-gerbang berhias rasa syukur dan menuju ladang kebahagiaan. (hlm. 471)
11. Hanya karena kau ahli dalam sesuatu, tidak berarti kau harus melakukannya. Mungkin kau memiliki jalan hidup lain. (hlm. 540)

Oya, untuk tahu lebih lanjut info tentang buku ini dan penulisnya, coba main-main ke:

1. http://www.candymakersbook.com/

2. http://www.wendymass.com/

Keterangan Buku:
Judul : The Candy Makers
Penulis : Wendy Mass
Penerjemah : Maria Lubis
Penyunting : Jia Effendie
Penyelaras Aksara : Fenty Nadia
Pewajah Isi : Husni Kamal
Penerbit : Atria
Terbit : Juli 2011
Tebal : 556 hlm.
ISBN : 978-979-024-482-5